Halo semua rekan yang tertarik dengan kesehatan kulit, semoga artikelnya berguna... Ditunggu selalu komentar dan inputnya... Khusus untuk intermezzo, adalah pengalaman unik selama praktek yang menurut saya cukup menarik untuk dishare... Happy reading...

Wednesday, October 14, 2009

Keratosis seboroik, kutil tua yang mengganggu

Sering kali ada pasien lansia datang dengan keluhan ada bercak-bercak hitam menonjol pada wajah. Bercak ini biasanya berwarna kehitaman, dengan ukuran bervariasi, mulai 0.2-2 cm. Walaupun biasanya menonjol, namun bisa juga datar.

10 comments:

  1. Dok, saya ratieh, 27 tahun.. saya ingin bertanya, kerotosis seboroik itu salah satunya skin tag ya dok? dan kerotosis seboroik itu dihilangkannya dengan cara apa ya dok? dibedah atau dilaser juga bisa? atau dengan pemakaian krim bisa tdk dok? saya pernah baca dapat dihilangkan dgn elektrocauter dan laser co2, itu utk masing2 tindakan dgn bedah listrik (elektrocauter) dan laser brp yah dok biayanya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Ratieh...skin tag termasuk bagian keratosis seboroik..bisa kauter atau laser CO2...saya jarang banget nganjurin bedah... Harga bervariasi, tergantung banyaknya... biasa lebih mahal Co2 sedikit

      Delete
  2. ooh begitu yah dok...klo skin tag itu penyebabnya apa yah dok? saya bingung, pas hamil malah muncul makin banyak, apa kenaikan berat badan juga pencetusnya yah dok? kebetulan pas hamil saya naik 20kg.. dan untuk cauter, dhitungnya tergantung banyaknya yah dok? kalau misalakn ada skin tag kecil2 diwajah sebanyak 30 titik itu berapa yah dok biayanya? saya rencana mau menghilangkan nya dok...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Turunan, sinar matahari dan hormonal (misal wkt hamil)... biasa bervariasi...kisarannya 800rb smp 1.5 juta perkali...klo banyak banget biasanya gak bisa 1x..bisa berkali-kali ...dikerjakan sebagian-sebagian..

      Delete
  3. Dok, saya aryo umur 32 tahun..penyebab keratosis seboroik itu apa..karena saya timbul banyak nih dok..untuk menghilangkannya seperti yang dokter sampaikan diatas sudah jelas..tetapi agar tidak timbul lagi bagaimana ya ??terima kasih sebelumnya Dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. Turunan, pajanan sinar matahari, rokok... Risiko timbul lagi besar, terutama bila ads faktor yg barusan di sebutkan...

      Delete
  4. Perkenalkan dokter, nama saya nining, usia 36 tahun. Dok,saya mau nanya. Saya punya sirigoma banyak sekali di wajah saya, dan itu mengganggu saya karena saya sering ditanyain temen-temen mukamu kenapa gt. Jadi malu kan dok. Penanganannya gimana ya dok, saya dah konsultasi dokter di salon langganan saya, katanya di cauter bisa tapi nanti juga pasti tumbuh lagi gitu. Terus saya ditanya apa punya bakat keloid? Dan saya jawab iya. Dan ternyata dokter tersebut bilang, nanti kalo di cauter malah jadi rusak wajah saya karena punya bakat keloid gitu dok. Terus denger2 katanya pake laser bisa ya dok? Terus ada efeknya samping nggak kalo pake laser? Dan apakah setelah dilaser masih bisa muncul lagi? Thank ya dok atas jawabannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benernya klo syringoma susah sih nanganinnya.... Baik dgn laser maupun kauter hasilnya bervariasi... Anjuran saya coba Aja laser 2-3 titip dahulu, observasi 1-3 bulan untuk bekasnya... Supaya kamu punya bayangin bakal gimana nantinya.... Jgn buru2... Gak banyak yg hasilnya memuaskan...

      Delete
  5. nama saya beti, dok .... setelah saya baca beberapa artikel dokter saya baru tau kalau dimuka saya ini ada keratosis seboroiknya lumayan sekitar 20 titik kecil2 timbul ... rencana saya ingin menghilwngkan dengan laser co 2 di erha banjar ... yang saya tanyakan dok, Apa laser ini amn untuk saya yang punya bakat keloid ? terimakasih sebelumnya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. muka jarnag keloid sih... cuma spy aman coba untuk 1-2 titik dulu aja ya...trus evaluasi 1-3 bulan utk bekasnya

      Delete

Sebutkan nama terlebih dahulu, bila ingin mendapatkan respons...thank you.. Tanpa nama akan langsung saya hapus ya......

Note: Only a member of this blog may post a comment.