Halo semua rekan yang tertarik dengan kesehatan kulit, semoga artikelnya berguna... Ditunggu selalu komentar dan inputnya... Khusus untuk intermezzo, adalah pengalaman unik selama praktek yang menurut saya cukup menarik untuk dishare... Happy reading...

Thursday, December 3, 2009

Tampil Cantik dengan Mikrodermabrasi

Mungkin sebagian besar masyarakat belakangan ini sangat sering terdengar istilah skin rejuvenation. Istilah populer ini berarti proses peremajaan kulit, ditujukan untuk mendapatkan kulit sehat, segar dan cantik dilihat. Berbagai metode tersedia pada saat ini untuk memperoleh kulit idaman semua orang itu, mulai dari penggunaan krim-krim malam, chemical peeling, mikrodermabrasi,sampai metode tercanggih yakni laser rejuvenation. Pada kesempatan ini akan dibahas mengenai mikrodermabrasi secara lebih mendalam.

Mikrodermabrasi adalah salah satu metode peremajaan kulit secara fisik yang sangat sering dilakukan. Pada prosedur ini dilakukan proses pengikisan/abrasi bagian kulit terluar dengan menggunakan bahan bertekstur atau kristal yang digosokkan secara gentle/lembut di atas permukaan kulit. Tujuan mikrodermabrasi adalah membuang lapisan kulit mati, mengexpose kulit baru sehingga kulit tampak lebih cerah dan lembut.

Berbeda dengan berbagai metode peremajaan kulit lainnya, mikrodermabrasi dapat secara aman dilakukan serial dengan interval lebih singkat, yaitu 1-2 minggu sekali.

Walau sampai saat ini, efek mikrodermabrasi masih diperdebatkan, namun terdapat beberapa literatur yang menguraikan secara lengkap manfaat mikrodermabrasi.

Perubahan kulit yang terjadi
  • Lapisan kulit epidermis (lapisan kulit terluar) dan dermis menjadi lebih tebal. Ternyata proses pengelupasan kulit epidermis pada akhirnya akan memicu pertumbuhan kulit baru lebih optimal sehingga kulit menjadi lebih tebal secara keseluruhan
  • Kulit menjadi lebih kenyal. Hal ini terjadi akibat pembentukan baru serat kolagen dan elastin. Pada pengunaan rutin, dapat memperbaiki tekstur kerut halus dan menghaluskan pori-pori.
  • Kulit menjadi lebih cerah oleh karena berkurangnya zat melanin (pigmen) pada lapisan kulit
  • Peningkatan kadar ceramid (moisturizer alami kulit) → walaupun pada 1-2 hari pertama kulit terasa kering, namun hasil akhir yang didapat adalah kulit yang lebih lembab pada 1-2 tindakan pertama.

Tentu saja manfaat di atas dapat diperoleh bila dilakukan secara rutin. Perlu juga diingat, manfaat tersebut hasilnya dapat berbeda untuk orang yang berbeda, dengan tingkatan keberhasilan yang berbeda pula. Hasil segera yang didapatkan pasca mikrodermabrasi adalah kulit yang jauh lebih halus dibandingkan dengan kulit sebelumnya.

Peristiwa 'pengamplasan ringan' kulit melalui proses mikrodermabrasi ini ternyata juga membantu meningkatkan penyerapan obat/krim/cairan yang dioleskan dibandingkan bila dioleskan pada kulit yang intak (utuh). Tidak heran, masker vitamin C yang dioleskan pada akhir prosedur akan memberikan efek pencerahan kulit yang lebih baik.

Mikrodermabrasi dapat memberikan manfaat pada kelainan kulit menua yang ringan. Namun kurang bermanfaat untuk kasus kerut dalam dan lubang-lubang jerawat, karena memang mikrodermabrasi bekerja superfisial (di bagian permukaan kulit), tidak mencapai lapisan dalam. Untuk pasien dengan kasus demikian, diperlukan metode peremajaan kulit yang lain, misalnya laser rejuvenation.

Banyak pasien lebih memilih tindakan mikrodermabrasi dibandingkan dengan metode peremajaan kulit lainnya untuk kasus penuaan kulit yang ringan. Hal ini dikarenakan mikrodermabrasi adalah tindakan yang aman dengan risiko efek samping minimal, nyeri sangat minimal sehingga tidak diperlukan penggunaan krim pembuat baal sehingga mempersingkat waktu pengerjaan, serta pasien dapat langsung bekerja setelah tindakan.

Efek samping mikrodermabrasi

Mikrodermabrasi merupakan metode peremajaan kulit yang sangat aman, terutama bila dilakukan oleh operator yang berpengalaman. Efek samping sangat jarang terjadi, walaupun tetap mungkin terjadi pada sebagian kecil kasus, misalnya efek kemerahan kulit yang berkepanjangan dan luka lecet. Yang juga mungkin terjadi adalah reaksi alergi terhadap kandungan masker vitamin C yang digunakna pada akhir prosedur. Segera hubungi dokter bila terjadi reaksi yang tidak diharapkan sebelumnya.

Tipe-tipe alat mikrodermabrasi

Terdapat 3 tipe alat mikrodermabrasi yang dapat dijumpai. Perbedaan terletak pada zat/alat yang digunakan untuk mengikis lapisan kulit ari pada bagian terluar kulit.

  • Kristal alumunium
  • Diamond tip
  • Geometric matrix point (GMP)

Pada mikrodermabrasi menggunakan kristal, biasanya micro-crystals alumunium oksida atau sodium bikarbonat steril dikeluarkan dari sebuah selang kecil, diabrasikan pada kulit, dan pada waktu bersamaan terdapat alat vacuum untuk menyedot kembali kristal yang dikeluarkan bersama kulit mati yang dilepaskan pada proses ini. Kekurangan dari tipe ini adalah banyak kristal yang akan mengotori pakaian, dan risiko terhirupnya kristal oleh pasien.

Pada penggunaan mikrodermabrasi diamond, pada ujung hand piece terdapat mata yang terbuat dari berlian. Alat ini membutuhkan pembersihan dan pensterilan ujung mata berlian dari satu tindakan ke tindakan lain. Perlu dipastikan proses pensterilan diamond tip ini dilakukan dengan baik oleh klinik pelaksana, untuk menghindari risiko penularan penyakit. Namun sekarang ini sudah tersedia alat mikrodermabrasi dengan disposable diamond tip.

Mikrodermabrasi menggunakan ujung GMP adalah mikrodermabrasi yang digunakan di RS Puri Indah. Pada alat ini, ujung pengabrasi merupakan suatu alat kecil berupa metalic rim, menyerupai logam bertekstur dengan kekasaran yang merata, sehingga mampu mengabrasi kulit secara efektif. Alat kecil ini disebut GMP tip yang disposable, jadi satu pasien akan menggunakan satu tip baru, sehingga tidak ada risiko penularan penyakit. Selain itu pada alat mikrodermabrasi ini, terdapat LED (light emitting diode) yang dipercaya akan menstimulasi sel untuk membentuk serat kolagen dan elastin baru sehingga memperkuat efek peremajaan kulit yang diharapkan. Selain itu, LED mempunyai efek membunuh bakteri.

Bagi anda yang berminat memiliki kulit halus, sehat dan bercahaya, maka tindakan mikrodermabrasi ini layak dicoba.

Segera hubungi dokter kulit anda untuk mendapatkan penjelasan mendetail dan pelayanan terbaik. Selamat mencoba!

157 comments:

  1. Eddy dok, ada artiel baru ternyata :D

    wah yang Geometric matrix point (GMP) ini jarang banget kedengerannya, tapi 2 tipe yg lain sudah sering banyak yg dipakai.. tapi dari penjelasan dokter, seperti yg tipe 3 yg punya daya kerja lebih maksimal...

    great article dok ..

    ReplyDelete
  2. dok treatment ini bisa untuk menghilangkan bekas cacar? berapa biaya per treatment?

    ReplyDelete
  3. Bekas cacarnya klo bentuknya lubang hasilnya gak maksimal....

    ReplyDelete
  4. Apakah MD bisa jg untuk menghilangkan flek hitam pada wajah?

    ReplyDelete
  5. Tergantung flek yang bagaimana... Untuk flek yang ringan akan sedikit membantu... Namun diperlukan sesi berulang tentunya..
    Tapi tentu saja harus dipahami bahwa MD tak dapat menggantikan kedudukan krim malam....
    Seringkali tindakan seperti mikrodermabrasi, peeling bertujuan mengurangi tebalnya lapisan kulit mati... sehingga hasil pemakain krim menjadi lebih maksimal ya...

    ReplyDelete
  6. dok,rambut sy rontok parah dr ats jidat smp ubun2....mulai rontok SMP trz sembuh n kambuh lg SMA lalu sembuh n kambuh lg pasca melahirkn,trz pake KB suntik 3bln slama 8thn stlh tu sy lepas n ni rontok lg....digaris keturunan emg berambut tipis n sebagian yg usia senja emg da yg pitak...pa da pengobatan yg bener2 manjur y dok cz sy udh stres bgt ma kondisi rambut sy....
    skrng sy umur 28thn....udh pake berbagai mcm produk g mempan....kadang udh g rontok lg tp kok kliatane rambutnya g mo tumbuh cz udh sy amati smp 1thn ni....stres sy dok.....minta bantuannya y dok...thx bgt

    ReplyDelete
  7. Coba dech kamu baca tentang female pattern baldness.... biasanya pengaruh hormona..memang susah disembuhkan...beberapa orang mencoba dengan cairan tonik seperti minoxidil 2%... biasanya juga perlu obat minum.... tapi semuanya gak bisa didapat bebas...
    Coba ke erha clinic kemanggisan ya... karena obat minumnya lumayan lengkap...ketemu dokter umum yang khusus analisis rambut...

    ReplyDelete
  8. dok, muka saya pernah jerawatan parah dan sekarang ada bekas2nya aga lekuk2 gitu. Kira2 pake metode ini bisa mulus lagi ngga ya dok? trimakasih.

    ReplyDelete
  9. Biasanya sih kalo bekas jerawat berlubang yang parah gak banyak perbaikan dengan microdermabrasi... coba kamu baca tulisan saya di bagian dermalpunch ya

    ReplyDelete
  10. sy udh prnh pake REGROU MINOXIDIL 2% tp bukannya tumbuh malah rontok akhirnya nggak sy lanjutin cz rambut sy udh tipis bgt....dok ada nggak sih injeksi yg disuntikkan dikepala biar rambutnya tumbuh?? dok mnta bantuannya obat minumnya tu pa y??cz sy tinggal dimadiun jawa timur jdnya dokternya nggak selengkap di jkt...makasih y dok....

    ReplyDelete
  11. Pake minoxidil biasanya ada fase rontok dulu...sempat pake berapa lama? Untuk perempuan harus diliat pasti penyebabnya apa... obat minum utk perempuan agak sulit...udh coba browsing female pattern baldness?

    ReplyDelete
  12. Dok,mau tanya..sekarang banyak teman teman yang pake cream siang n malam, katanya racikan dokter, tapi ga jelas dokter mana, karena beli nya dah mellui rantai yang panjang, kira2 cream malam itu kandungannya apa ya dok ?

    ReplyDelete
  13. Walah bingung ya...saya gak bisa nebak isinya...biasanya sih tretinoin , hidrokuinon...tapi untuk pastinya mesti lasngsung tanya dokternya ya...

    ReplyDelete
  14. Dok, mau tanya untuk teknik microdermabrasi di Kota Bogor ada rekomendasi? Berapa biaya kisaran sekalinya...Tk

    ReplyDelete
  15. Mikrodermabrasi bukan teknik baru kok...mestinya di klinik-klinik kulit di Bogor ada...
    di erha Bogor mestinya ada...

    ReplyDelete
  16. Dok, apakah besarnya biaya MD tergantung luas kulit yang diobati? Semakin luas semakin mahal, begitukah dok?

    ReplyDelete
  17. halo biasanya sih gak begitu..tergantung area..perhitungannya biasanya untuk seluruh wajah, seluruh leher, dll...

    ReplyDelete
  18. Dokter, kulit saya tipe kulit kering tapi udah putih en tanpa jerawat. masalah kulit saya cuma komedo en pori2 besar....Apa mikrodermabrasi pas untuk saya? Dan jika saya mikrodermabrasi, apakah saya harus menggunakan obat yg diberikan oleh dokter kulit tersebut? Rasanya takut ganti kosmetik. Thanks dok.

    ReplyDelete
  19. Boleh aja dicoba...asala gak punya bakat alergi ya...soalnya klo kulit kering alergi suka biduran dimikrodermabrasi...
    Sebagian dokter sih mintanya pake perawatan dulu klo mau mikro...
    salam

    ReplyDelete
  20. dok, microdermabrasi efektif ga buat ngilangin bopeng" bekas jerawat? maksimal ga hasilnya mengembalikan wajah seperti semula? terima kasih dok :)

    ReplyDelete
  21. Halo...mikrodermabrasi gak terlalu efektif buat scar jerawat ya

    ReplyDelete
  22. Nama saya Manik.
    Dok, keluhan sy adl bekas jerawat dipipi kiri kanan, bopeng dipelipis ki-kan, kmdian ada bercak hitam bekas jerawat n pori2 besar disamping hidung ki-kan krn kulit sangat berminyak. sy mencoba minum spt vit c, e 250 ui, nurish skin dan collagen u/ pengobatan dr dalam. dari luar sy coba rajin facial n melakukan microdermabrasi. apakah langkah sy sdh tepat?

    ReplyDelete
  23. Halo Manik..klo udh tinggal bekas vitamin E boleh saja...Klo kamu merasakan perbaikan dengan treatment yg kamu jalani sekarang...teruskan saja

    ReplyDelete
  24. thank dok, jawabannya, nanti saya laporan degh bagaimana progresnya, kalo memang masih kurang memuaskan, saya minta sarannya ya...

    ReplyDelete
  25. Dok,saya mau tanya,
    saya dulu pernah pakai whitening cream yg 'ga jelas' sekitar 1 thn,karena ga ingin ketergantungan,saya berhenti dan pake produk 'G****er,krim siang dan krim malam,tapi kulit saya malah tambah hitam dari pada sebelumnya.Setelah sekitar 2 tahun pake produk tersebut tp ga ada perubahan,saya pun beralih ke produk P**D's.Diimbangi dengan masker buah,madu,susu.Tapi saya blm juga dapat hasil yg memuaskan.malah belakangan ini,saya tersadar kalo wajah saya banyak flek hitam dan kulit kering di sekitar bawah mata,padahal saya baru berumur 23thn dan wajah saya pun jenis kombinasi,apakah ini yg disebut penuaan dini ataukah memang efek dari whitening cream yg pernah saya pakai?saya berharap dokter membantu saya,perawatan apa yg cocok untuk saya??pori2 saya pun besar2,,,apa MD ini solusi buat saya?Thanks before,,

    ReplyDelete
  26. Saya rasa sudah waktunya kamu berobat ke dokter kulit terdekat yang jelas dibanding trial and error trus ya.... Klo tipe kulit kering emg lebih sulit krn lebih sensitif

    ReplyDelete
  27. gitu aja ya,dok??saya pikir saya akan mendapat apaa gitu,,dari ibu dokter,,hehe,,(ngarep,,).
    tapi saya bingung,dok,,
    saya mesti pergi ke rumah sakit bertemu dokter SpKK kayak ibu dokter,atau harus pergi ke klinik2 kecantikan gitu?dan kira2 mahal ga ya dok,biayanya???:D
    tenkyu,,,

    dewi,,

    ReplyDelete
  28. Hai Dewi soalnya compliacted banget ya...jadi mendingan dilihat benar...ke dokter SpKK...supaya gak mahal ke RSU aja ya...

    ReplyDelete
  29. Dok, sy baca disalah satu artikle MD bisa untuk memutihkan selangkangan. Aman gak tuh, dok? kemungkinan efek sampingnya apa? karna sepengetahuan sy daerah selangkangan harus tetjaga kadar ph nya buat wanita. pls advise nya. thanks

    ReplyDelete
  30. Tolong sebut nama kamu terlebih dahulu ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sorry kelewat. nama saya miska, doc. thanks

      Delete
    2. Microdermabrasi bisa membuat kulit cerah dimana Aja.... Cuma klo di selangkangan krn area lipatan yg kulitnya tipis..mendingan coba krim dulu Aja ya.... Gampang lever klo MD...

      Delete
  31. Dok, 4 hari yll saya ke klinik perawatan kulit wajah di sebuah RS swasta untuk mikrodermabrasi dan facial. tp stlh itu kok di bekas luka akibat pengambilan komedo malah jadi menghitam ya? jd ada bbrp bercak hitam di sekitar hidung dan dahi. sampai brp lama ya ini akan hilang?

    Rara

    ReplyDelete
  32. Halo Rara..bekas hitam kalo gak diberi pemutih akan hilangnya agak lama...bisa 1-4 bulan.... Minta obat supaya lebih cepat hilang aja ya ke dokter kamu... salam

    ReplyDelete
  33. halo dok,nama saya windi.. di pipi saya ada bbrpa bekas jerawat,ada yg hitam n merah..trs bolong bekas jerawat juga...tp ga terlalu dalem ce dok...cuma bekas facial aja,kan suka d ambilin jerawatnya tu dok jadi ada bolong2 deh... apa dengan MD bekas jerawat n bolong2 itu ilang dok? soalnya bolongnya ga dalam? trs suka muncul jerawat kecil2 juga apa dngn MD ini jerawat kecil2 itu ga akan muncul lg? di tunggu jawabannya ya dok... thanks...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hlo Windi... sebenarnaya utk lubang efek microdermabrasi gak terlalu bermakna sih...walaupun ada perbaikan yang terlihat klo rutin dikerjakan... Jerawat kecil masih mungkin muncul...jadai tetap harus treatment dengan krim antijerawat juga

      Delete
  34. Hii dokter Susie, saya ruchika..saya berencana utk mengkombinasi diamond microdermabrasi dengan laser reju..kondisi kulit saya flek coklat..
    yg saya mau tanya berapa lama jeda waktu yg tepat untuk laser reju setelah saya treatment diamond microdermabrasi? Apakah boleh dalam 1 hari yang sama? mohon penjelasannya ya dokter...thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak boleh dalam hari yang sama...sayanghasil laser rejuvenationnya ketutup ama merah akibat micodermabrasi...lagipula apa tujuannya? Laser rejuvenation akan mengambil alih fungsi MD...jadi klo afford utk laser...ya laser aja lebih baik... Klo tetap mau keduanya...saya biasanya minta jeda minimal2 minggu

      Delete
  35. Halo dokter Susie, nama saya Yulia. Bisakah MD digunakan utk menghilangkan stretchmark?. Sy baca stretchmark tdk bisa disembuhkan tp bisa diminimalisir dg MD. Jika bisa, kira2 berapa kali treatment agar hasilnya terlihat?. Terima kasih ....

    ReplyDelete
  36. Halo Yulia... menurut saya sih kurang efektif ya.... coba kamu baca tentang dermaroller pada stretch mark atau dengan laser dan radiofrequency...

    ReplyDelete
  37. hi dok, saya Fanny. kalau 'vit C MD' yang dijual bebas aman ga ya? seperti penjelasan di atas harus dengan yang ahli atau profesional. secara saya jauh dari perkotaan. agak di daerah2 hutan.

    ReplyDelete
  38. Halo Fanny..saya kurang mengerti...alatnya seperti apa? klo cuma sekedar vitamin c aja sih oke...

    ReplyDelete
  39. hello dokter susi mau nanya nih untuk kulit normal sebaiknya micro dilakukan sebulan sekali setelah facial atau @ minggu sekali,sebaiknya mulai umur berapa ya ,thanks

    ReplyDelete
  40. yth dr. Susie.. nama saya patricia, kulit tangan & kaki saya kering bahkan sampai pecah, namun bila disentuh lembut, karena dulu sering alergi kulit saya jadi skrg banyak flek bekas luka alergi, apakah MD dapat membantu menghilangkan? atau ada treatment lain yg lebih tepat? trm kasih

    ReplyDelete
  41. Halo Patricia..biasanya saya berikan krim pelembab yang mengandung pencerah/pemutih dahulu...bila perbaikan minimal baru diperlukan tindakan lanjutan misalnya mikrodermabrasi, chemical peeling maupun laser..

    ReplyDelete
    Replies
    1. trm kasih jawabannya dokter, bisakah saya menggunakan krim pelembab dan pencerah muka untuk kulit tangan & kaki atau harus krim lain? bila memang begitu brp lama baru bisa dinilai perbaikannya minimal?

      maaf dok, diluar konteks MD untuk kulit yang pecah-pecah (saya lupa istilah medisnya, namun bila dilihat kulit tangan & kaki saya seperti tanah yang kekeringan) apakah ada harapan bisa diperbaiki dok? soalnya dr. SpKK saya duly pernah bilang tidak bisa saya sedih sekali, sekaligus bingung karena banyak yang menawarkan minuman ber kolagen maupun suplemen glutathione, mereka klaim bisa menyembuhkan, saya takut mencoba karena belum yakin aman untuk ginjal, bgmn menurut dokter maaf bila pertanyaan saya banyak :)

      Delete
    2. Boleh aja sih...cuma saya biasanya gak menganjurkan begitu...soalnya cost bisa besar banget... hehehe
      Minimal evaleuasi 1 bulan ya...
      Mungin kamu menderita ichtyosis vulgaris....biasanya bawaan tipe kulit kering...krn kulit kurang mampu produksi pelembab alami...jadi perlu tambahan pelembab dari luar...
      Saya gak pernah pakai minuman kolagen...coba saja kamu search ya... glutathione banyak untuk antiaging/pencerah

      Delete
    3. trm kasih jawabannya dok, iya sepertinya ichtyosis v ringan dok...kalau saya ke jkt pengen ke tempat dokter :)sukses buat dr

      Delete
  42. halo dr. Susie.. nama saya Afi. apakah MD aman untuk remaja? terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Afi...bahaya sih enggak...cuma apakah memang kondisi kulit kamu memerlukannya??

      Delete
  43. Halo Dok,,nama saya wawan..

    Saya mau tanya beberapa pertanyaan ttg mikrodermabrasi ya..

    1. Saya sdh beberapa kali MD (8x);namun stlh MD bila terkena debu ketika naik motor atau terkena asap rokok dr org lain,,wajah saya rentan berjerawat..kenapa ya dok? Apakah setelah MD,kulit wajah jadi sensitif?

    2. Dokter SPKK saya berkata kalau setelah MD,malam harinya saya tidak bisa menggunakan krim malam? Itu kenapa ya dok?

    3. Saya juga ada bekas2 jerawat di daerah rahang. Apakah MD bisa menjangkau daerah rahang? Karena dokter umum yg biasa menangani MD tidak pernah menjangkau rahang saya,meskipun diawal saya bilang agar rahang saya juga di-MD.

    Terima kasih ya dok atas bantuannya.

    ReplyDelete
  44. Halo Wawan...sbnrnya mikrodermabrasi itu sangat ringan...tapi klo emg bawaan kulit kamu sensitif bisa saja jadi masalah..biasanya mudah merah..
    Malam hari setelah MD kulit masih sensitif..klo pake krim malam sering lebih perih dan iritatif...
    bisa aja ke area rahang... asal pengerjaannya lembut...terlalu kasar terus luka bisa keloid ya di area rahang

    ReplyDelete
  45. halo dok, mau tanya nih..

    kalo usia yang pas buat mikrodermabrasi minimal di usia berapa ya?
    saya mau coba MD tp khawatir bermasalah, usia sy skg 24th..

    terimakasih ya dok atas jawabannya

    Rie

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Rie... wah gak ada batasan usia sih... klo dokternya menilai akan ada manfaatnya dari kondisi kulit...boleh aja...

      Delete
  46. Salam kenal Dok, artikelnya menarik sekali. Saya Hanida, bekerja di majalah kesehatan OTC DIGEST. Bolehkah saya mengutip sedikit tulisan Dokter untuk artikel saya? Boleh minta e-mail Dokter? terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Hanida...silakan dikutip ya.. tolong tulis aja sumbernya... seperti biasa etika penulisan...
      Boleh kamu kirim ke comment alamat email kamu? ..gak saya publish...

      Delete
  47. Halo dokter,

    bagaimana saya bisa menghubungi dan berkonsultasi langsung dengan dokter? Apakah ada informasi mengenai tempat praktek dlsb?

    Thx
    cemananya@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. @cemananya: saya prakt di RS Puri Indah (telp 021 25 695 222), RS Pondok Indah (telp 021 765 75 25) dan erha Clinic Kemanggisan ( telp 536 66070)....

      Delete
  48. halo dokter.saya Dira,19th. mau tanya apa mikro bisa menghilangkan bekas jerawat? Kira2 hasilnya akan terlihat stlah brp kali mikro? (bekas jerawat saya tidak menonjol, hanya rata) .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo bekas jerawat tak menonjol, hasilnya lumayan... namun harus dilakukan berulang ya interval 2-4 minggu... kadang bisa sampai 10 kali lho...

      Delete
  49. setelah mikrodermabrasi H+ berapa kulit langsung terlihat normal?dan bisa memakai bedak ringan?maksud saya apakah setelah tindakan ini kulit kita akan terlihat kemerahan hingga tidak dianjurkan memakai bedak dulu Dok?trima kasih.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Teewi...cepet kok... 1-2 hari udh nomral... malah ada yg lgs make up juga gapapa.. merahnya ringan..
      Saya anjurin pasien gak make up 1 hari aja

      Delete
  50. alo dok,

    saya mw nanya di bagian alat kelamin saya ada
    seperti jerawatnya, apakah namanya dan bagaimana
    ngobatinnya?
    makasih

    salam yoga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Yoga... bisa furunkel (bisul), bisa molluscum contagiosum, bisa herpes...

      Delete
  51. Salam kenal Doc,sy Denny, dimana memberi diamond tip disposible?hrgnya brp? cara mensterilkan diamond tipnya bgmn?tmks

    ReplyDelete
  52. halo dokter, saya wiwik. kebetulan saya baru 1 kali melakukan mikrodermabrasi, secara tidak sengaja. Waktu itu saya mau facial tapi malah ditawari mikrodermabrasi, katanya lebih efektif untuk mengangkat komedo yang kecil2, dan bisa membantu mengurangi flek. pertanyaan saya, apa bener mikrodermabrasi bisa mengangkat komedo?thanks ya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya sih bisa... cuma memang perlu rutin ya Wik

      Delete
  53. Doc, saya iendhy kmren hbis MD.kt docternya "klo terjadi pengelupasan jgn di kasih krim mlm" 1 hr stlh MD mmg tdk terjdi pngelupasan. tapi dihari berikutnya waktu sy pki bdak "terliat jelas pengelupasannya (tapi ndak sakit). waktu cuci muka sy pijatkn k wajah agak keras dr biasanya.. tapi beberapa waktu stlh itu, wajah sy merah2 perih tapi terasa halus. sy disruh priksa sbln s-x doc. dan sy jg tdk mmkai krim mlmnya sesuai anjuran. klo kasusnya seperti itu kira2 butuh waktu brapa hari yc doc. jujur malu klo ktemu sama rekan2 dan teman2 (saya ndak brani pki bedak, kelihatan jelas pengelupasannya klo pki bedak doc). wajah terlihat kusam kurang "PD" doc. trms

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebanarnya pasca MD, wajah harus dipelakukan dengan lembut...hindari gosokan/pijatan terlalu keras... karena memicu perasangan... biasanya pengelupasannya ringan, paling lama juga 1 minggu... Pakai pelembab ya..

      Delete
  54. salam kenal dok saya gun, punya masalah dengan pori-pori membesar terutama di hidung dah bawah kelopak mata. karena pori besar di hidung jadi banyak blackhead
    apa dengan mikrodermabrasi pori besar & blackhead bisa teratasi?kalau pori mengecil apa nantinya kadar minyak di wajah berkurang y?
    terima kasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. Efek terhadap pori bisa aja...cuma perlu telaten ya... gak bisa cuma sekali... Kadar minyak mestinya tak terlalu berpengaruh... tapi dengan MD pengelupasan optimal dan teratur.. diharapakn semua sumbatan berkurang sehingga pori membaik

      Delete
  55. halo dok saya henry

    dok muka saya ada bekas bekas jerawat tapi ga bolong kok dok cuman rata" umur saya 16thn ( male ) apakah saya bisa menjalankan MD ? apakah hasilnya maksimal ? terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Henry.... Boleh Aja di coba MD... Walau pun biasanya saya selalu memulai menghilangkan bekas dgn krim dulu...

      Delete
  56. hai dok,nama saya dian. saya mau nanya nh dok, cara yang paling tepat untuk menghilangkan noda bekas jerawat (yang rata) itu apa ya dok? dan 1 lg dok,wajah sayaa tidak berjerawat tp terdapat white comedo,caara menghilangkan bgaimana dok? sy dulu udah pernh peeling tp white comedonya muncul lagi dok. jd masalah saya ddisini adlh noda bekass jerawat dan white comedo..tlg saran nya ya dok,thank's:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Macam2 caranya.... Klo cuma bekas hitam, bisa dgn pemutih.... Klo bekas merah ini yg sulit... Kadang klo gak hilang stlh berbulan2 perlu laser... White head comedones sebaiknya dikeluarkan...kekambuhan kemungkinan besar terjadi...

      Delete
  57. Dok ini bisa buat bekas rig=ngworm yah? Biasa butuh berapa kali treatment? Kalo boleh tau biaya per kali treatment brp yah? Makasih.:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo bekas infeksi jamur...coba pake pemutih biasa dulu aja ya... misalnya hidrokuinon 2% yg dijual bebas... hati2 iritasi ya

      Delete
  58. Dok, sya berumur 19 th, sy pernah coba pake masker telur yg ktanya bisa ngilangin flek hitam. tp sya pake ke daerah sekitar mata, alhasil bawah mata sya ada kerutan, sya gak tahu klo putih telur tu bner2 ngencengin kulit. sya nyesel bgt dok.
    mikrodemabrasi bisa ngilangin flek dan kerut dibawah mata kan dok ?
    klo bisa, brp ya kira2 biaya utk mikrodemabrasi dan brp lama prosesnya ?
    terima kasih sblumnya dok :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba pakai pelembab mata yg banyak dijual bebas Aja dulu ya....

      Delete
  59. dok kalo untuk menghilangkan bekas jerawat dan bekas cacar yang berlubang itu sebaiknya pake cara apa ya?facial bermanfaat gak?
    makasi di tunggu jawabannya
    Lia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya dimulai dengan krim perawatan yg mengandung adapalen atau tretinoin, Lia.. cuma perlu resep dokter dan siap dengan reaksi iritasi yg mungkin timbul... jd tetap dianjurkan berobat ke dokter kulit terdekat..
      Facial gak bisa utk bekas bentuk lubang ya

      Delete
  60. Nama sy ose....sy sdh MD sbyk 3 kali..wajah sy brminyak dan byk komedo d sekitar hidung dan dagu dan berpori besar....kt dokternya sy hrs treatment 6 kali..tp knp skrg wajah sy malah d tumbuhi jerawat dan byk dtumbuhi komedo pd daerah sekitar dahi,pipi,pelipis pdhal sblmnya tdk pernah sehingga wajah sy mnjadi kasar..apakh sy tdk cocok atau alergi dok?...thanx be4 dok...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ose... Respons tiap orang bisa berbeda... Coba langsung tanyakan ke dokter yg mengerjakan ya .... Belum tentu akibat MD... Bisa Aja akibat krim...

      Delete
  61. Dokter, saya Tika, umur 24 tahun.
    Sejak tahun 2010 sy memakai krim anjuran dokter kulit dan melakukan chemical peeling, di rumah sakit ibu dan anak,hanya tidak teratur. Terakhir 2 minggu yg lalu sy melakukan whitening peel, karena ada noda2 coklat bekas jerawat dan facial. namun sampai saat ini, efek yang timbul kulit saya menjadi kering (tidak kusam) dan setiap habis mencuci muka terlihat sisik2 keputihan karena kering di sekitar pipi dan rahang. Dan noda2 bekas jerawat dan facial sy juga tidak hilang.
    Awalnya didaerah ujung hidung dan lipatan hidung muncul sisik2 putih, tapi saya pakai krim nutrisi, jadi hilang.
    Dokter kulit saya menganjurkan melakukan MD. Tapi sebelum itu, saya mau mencari pendapat dari dokter lain.
    Apakah tepat jika melakukan MD? kalau iya, apakah MD menyebabkan ketergantungan?
    Mohon sarannya, Dok.
    Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. MD boleh Aja.... Cuma menurut saya hasilnya juga gak akan maksimal kalo cuma1-2 x Aja l... Yg utamanya adalah tetap penggunaan krim2 malam... Pelan2 Akan membaik....

      Delete
  62. Dok,sy Ani,kebetulan sy lg menyusuin krn takut efek krim malam mempengaruhi air susu (biasany krim mlm ad whitening),sy dianjurkan MD unt membuat kulit cerah n mengangkat kulit mati,apakah bnr fungsi krim mlm n MD sama?makasih

    ReplyDelete
  63. Dok, Saya Rina (27 thn) saya punya masalah dengan kulit diwajah saya, di sekitar hidung ada seperti jerawat tapi didalamnya seperti ada butir putih, white head ya kalo ga salah namanya. ini tidak hilang dalam waktu yang cukup lama. apa cara MD ini dapat mengatasi masalah kulit saya? ada yang bilang kalo masalah kulit seperti ini harus dilakukan tindakan couter alias dibakar ya?mohon masukannya ya dok..terima kasih ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus dikeluarkan Ato enukleasi.... Bisa pake kauter, laser atau jarum biasa.... Mesti dokter yg ngerjain ya.....

      Delete
  64. dok.. micro ini bisa untuk ngilangin jerawat yg kecil2??? thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya sih gak anjurin utk kulit yg masih jerawat...kadang malah jadi gede...

      Delete
    2. Hallo dok.. Sy melly

      Utk treatment MD perlu dilakukan berapa menit yah utk sekali perawatan? Makasiihh yaa

      Delete
  65. Hallo dok.. Nama sya dian. usia mw 24th. dok kluhan sya yaitu kulit wjah sya kering bgt tp wjah sya mulus kec komedo. shga klo facial wlpn dh d klinik kcntikn ttp sja komedo di hidung ga bs dbrsihkan smp bersih. wajah saya jg jd jrwat kcil2 smnjak sya mulai srg pke plmbab&bdak. itu apa cz pmakain make up ato cz sya cb facial d klinik y dok? saya jg bingung,sbaikx sbun wajah,plmbab&bdak yg cocok u/ kulit kering apa y dok?? apa flek hitam jg bs dhlgkan y dok??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba Aja yg Ada kandungan pha, Arbutin, Asam kojic.... Tapi semuanya di dapat Dari klinik dokter.... Klo udh coba yg dijual bebas gak bisa, sebaiknya ke dokter terdekat ya klo msh bermasalah

      Delete
  66. Malam Dokter, saya Rosa usia 23th, jakarta utara . Ada kendala di selangkangan dan di bokong saya , yaitu kehitaman (mungkin akibat gesekan paha atau keringat , dll). Adakah obat atau cara untuk menghilangkan hitam tersebut ? Terimakasih dok sebelumnya .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo mau dicoba bisa dgn hidrokuinon 2 % yg dijual bebas... Tapi krn area tersebut area yg sering bergesek, risiko iritasi akibat pemutih Lebih besar ya...

      Delete
  67. selamat sore dokter. saya wiwi berumur 19 tahun. kondisi muka saya berminyak, bekas jerawat yang tidak mendalam dan berpori-pori besar. saya telah beberapa kali konsultasi dengan dokter mengenai keadaan wajah saya. ada dokter yang menyarankan chemmical peeling dan ada yang menyarankan MD. Menurut dokter apakah langkah yang paling tepat yang sebaiknya saya lakukan? dan apakah beda dari chemmical peeling dan MD? saya juga sempat membaca bahwa MD hanya berfungsi untuk daerah epidermis. yang mau saya tanyakan. seberapa dalamnya kulit yang masih tergolong dalam bagian epidermis? (mm/cm) terima kasih dokter. ditunggu informasinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk mengurangi minyan..yg bagus peeling dengan BHA.... Klo microdermabrasion efeknya Lebih mencerahkan tapi ringan.... Tebal epidermis tergantung lokasi... Bila jerawat sudah tinggal bekas bisa coba peeling dgn glicolic acid atau TCA.... Cara terbaru untuk mengurangi minyak Dan mengecilkan pori dgn cara microbotox... Coba baca dulu ya

      Delete
  68. SElamat siang Dok, saya nunik di bOgor,umr saya 35 tahun. seminggu yang lalu saya melakukan microdermabrasi di klinik JH dengan menggunakan produk organic. SEtelah MD kulit saya bagian dagu seperti terbakar merah....dan menghitam seperti luka. SEkarang yang seperti luka sudah mengelupas...tapi ada bekas menghitam Dok. KEnapa ya itu Dok? saya tanya sama terapisnya katanya itu biasa terjadi. Apakah bekas hitamnya akan hilang dok? dan apakah di program MD saya yang kedua akan muncul hal yang sama? Terima kasih DOK...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya MD ringan kok klo dikerjakan dengan benar.... Anjuran saya tunda dulu MD kedua sampai bekas hilang....

      Delete
  69. Selamat sore dokter saya baca di atas ada jawaban dokter"Microdermabrasi bisa membuat kulit cerah dimana Aja.... Cuma klo di selangkangan krn area lipatan yg kulitnya tipis..mendingan coba krim dulu Aja ya.... Gampang lever klo MD...". apa maksudnya dok?mikrodermabrasi efek sampingnya gampang skt lever?waduh...soalnya mendiang ayah saya dulu skt lever karena over worknya alias terlalu sibuk kerja,dan saya skrg sedang rutin perawatan mikrodermabrasi di klinik 1-2 kali sebulan karena saya lihat ada perkembangan kulit jd terjaga kecerahannya dan kehalusannya...tolong jawabannya ya bu dokter,trima kasih banyak...sehat dan sukses selalu...

    ReplyDelete
  70. ohya bu dokter ada lagi yang mau saya tanyakan, teman saya wajahnya mempunyai flek, lebih efektif dg mikrodermabrasi+cream perawatan dokter di klinik atau chemical peeling+cream perawatan dokter di klinik? ...trima kasih banyak bu dokter....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oalah.... Maksudnya lecet.... Hehehe saya kok gak ngeh ya...
      Biasanya sih chemical peeling Lebih efektif

      Delete
    2. salah ketik ya dok...heehehe, ohya dok, teman saya itu mau nebeng sdg klinik yg saya kunjungi ruti itu tdk ada chemical peelingnya. Dg mikrodermabrasi 1-2x sebulan + cream malam masak tidak bisa hilang dok fleknya? kasian dok biar sekalian nebeng soalnya barengan berangkatnya....hehhehe, trima kasih banyak bu dokter yg baik hati, sukses&sehat selalu...^_^

      Delete
    3. Ya boleh dicoba...tapi klo udah berkali- kal gak banyak berubah, mesti coba treatment lain... :)

      Delete
  71. pagi dr.Susie,
    saya vita, saya mengalami jerawat kecil2 yang tdk bermata, katanya namanya komedo whitehead di wajah, paling parah dijidat. terasa kasar wajah saya ini, sdh berbagai macam obat jrwt dipasaran sy coba tp tak kunjung menuai hasil, malah tambah whiteheadnya dan jika dilihat seksama wajah tdk rata krna bintik2 kecil trsebut.
    kira2 dgn MD bisakan mengatasinya???
    pdhl saya rajin mmbersihkan wajah susupmbrsih-sabunmuka-toner, 2 hari sekali masker madu/susu.
    trimaksiah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Paling efektif minta dokter kamu keluarin langsung...baik secara manual atau pun dgn kauter Dan laser ya...

      Delete
  72. dokter saya ciko saya baru 1 minggu mikro,ktdokternya akan ada pengelupasan dan muka aga merah, tp setelah saya mikro itu tdk ada, apa itu tdk apa apa/trus dimuka aku ada flek beks jerawat dan susah ilang pake cream mlm apakan dgn mikro bisa ilang atau dgn chemical peeling? makasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mikrodermabrasi adalah prosedur ringan...gak selalu Ada pengulasan yang terlihat.... Klo gak hilang juga fleknya, berikutnya bisa dicoba chemical peeling....

      Delete
  73. halo dok saya riri, kulit saya cendeerung kering sejak pamakaian cream dr produk kecantikan Dr.E** ****A dan pengelupasan teru menerus dan pori2 saya besar. apakah dengan MD membantu dok???

    ReplyDelete
  74. Halo dok saya devin.. saya mempunyai msalah di wajah dok. kulit wajah saya berminyak, kusam, Pori-pori yang lumayan besar, dan terdapat luka lecet bekas kuku dok. saya sudah beberapa kali konsultasi ke dokter di daerah saya tpi hasilnya nihil karena cuma diobati dengan menggunakan cream dan obat makan. nah kira2 kalau saya menerapkan treatment MD masalah di wajah saya bisa diatasi atau tidak dok? atau menurut dokter saya harus mencoba treatment yang lebih baik? thx ditunggu jawabannya dok :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh dicoba sih... Krim tetap harus dipakai untuk maintenance harian.... Tanya Aja ama dokter kamu apakah Ada tindakan yang bisa beliau lakukan untuk mempercepat hasil pengobatan...

      Delete
  75. halo dr susie nama saya tia,, saya mau nanya kl ada scar atau bercak hitam serupa koreng itu di daerah kulit kaki atau tangan bisa dihilangkan dengan tehnik microdermabrasi itu tidak dok,,, terimakasih dok ditunggu jawabannya dok :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah biasanya minimal hasilnya.... Pake krim pemutih dulu aja Dan krim yang merangsang kolagen misalnya tretinoin

      Delete
  76. Hallo Dok, saya Tina,usia 41 thn, kulit saya sangat merminyak dan berjerawat, kadang sampai meradang seperti bisul, gatal dan bernanah hitam dan menimbulkan bekas berlubang. Sudah ke dokter kulit dan beberapa klinik, tetap masih berjerawat. Dokter melarang saya minum/makan yang mengandung susu, telur dan ayam (kecuali ayam kampung). Apakah makanan/minuman tersebut penyebab jerawat sampai meradang? padahal saya rajin cuci muka dengan sabun wajah. Berapa kali dalam sebulan saya harus facial dan bagaiman cara menyamarkan lubang/scar bekas jerawat?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pemiicu jerawat pada tiap orang bisa berbeda.... Coba observasi ya...
      Saya gak pernah minta pasien dgn jerawat meradang untuk facial ya...
      Coba ke dokter kulit lain untuk second opinion ya...

      Delete
  77. hallo dok... saya nana
    kalau memang MD tidak berpengaruh banget untuk bekas cacar air, trus diapakan dok?
    bekas cacar sy sangat mengganggu karena letaknya di dahi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasa selalu dimulai dengan penggunaan krim2 pemutih penghilang bekas... Bila kurang maksimal, baru pakai cara lain... Chemical peeling biasanya Lebih efektif Dari MD... Bahkan pd beberapa orang perlu laser

      Delete
  78. hai dokter saya dian. umur 20 thn saya mempunyai masalah dengan jerawat di punggung. jerawatnya sih tidak banyak. tapi muncul terus sehingga bekasnya jadi banyak. . . bahkan jerawat ini sampai dada depan. jadi kulit saya terlihat kasar. apa dengan metode ini bisa hilang dok? saya belom pernah ke dokter kulit sebelumnya. terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Penyebab jerawat dada Dan punggung banyak...misalnya sering berkeringat.... Bisa juga bukan jerawat, tapi pityrosporum foliculitis misalnya.... Berobat Aja ya ke dokter kulit terdekat di tempat kamu

      Delete
  79. Halo Dok. Saya Aldy, mau tanya tentang scar bekas jerawat. lebih efektif mana dermaroler atau microdermabrasi untuk menghilangkannya? thx

    ReplyDelete
  80. hallo dok, saya Dinna.
    saya stress bgt nih dok sama bekas jerawat yg bolong2 (kalo kata org namanya scar ya dok?)
    saya udah ngelakuin berbagai treatmemt dari yg alami sampe yg kimia, tp gl ilang2 :(
    skrang sih saua lagi perawatan, dan diwajibin facial. apa facial gak akan memperparah bekasnya dok? soalnya saya dengar2 facial membuat pori2 besar. oh iya di akhir facial muka saya dikompres sama es batu.
    trs skr saya lagi treatment peremajaan kulit, jd kalo saya facial akhirnya dikasih kaya krim gitu dok yg perihnya kaya dikasih jeruk nipis. bener gak tuh dok namaya peremajaan kulit?
    trs ya saya baca2 katanya MD gak bisa nyembuhin bekas yg bolong2 ya, trs treatment yg tepat apa dok? harganya brp? dan rekomendasi tempat yg bagus utk treatment tsb dimana? aman gak? dan apakah akan sembuh total?
    makasih sebelumnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung jenis facial....yang pasti jerawat gede gak boleh dipencet...
      Bekas lubang paling susah, gak bisa pulih100% bahkan dgn metode yang paling baik seperti laser... Konsultasi ke dokter kulit terdekat Aja...supaya muka bisa dievaluasi Dan diberikan terapi paling sesuai

      Delete
  81. Hi saya putri
    Saya mau tanya microdermabrasi itu apakah boleh dilakukan oleh orang yang sedang hamil?

    ReplyDelete
  82. Hallo Dok, saya Siu Lan, saya pernah dengar teori yg dikemukakan dokter SpKK di kota saya, bahwa jika kita melakukan tindakan microdermabrasi maupun chemical peeling secara rutin, akan menyebabkan kulit menjadi terganggu proses regenerasinya.Pada suatu titik, kulit akan "surender" atau menyerah, tidak dapat regenerasi lagi. Mungkin itu yg menyebabkan kulit jadi menipis? Apakah teori itu betul dok? Kalau sudah terlanjur, bagaimana cara utk pemulihannya? Thanks dok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya gak pernah baca teori tersebut...:)
      Lagi pula perlu diketahui yg menipis hanya kulit mati atau kulit arinya saja....

      Delete
  83. siang dok,,namaku itta wjhku bmnyk dan ada bkas jrawatnyaa,kulitku putih tp agak kusam,,kmrn dsaranin ma dokter untuk mikrodermabrasi,,stlh di mikro,,wjhku agk halus,,tp bkas jerawat msh ada,,yg mau saya tanyakan,apakah treatmenya bisa dlakukn 3minggu skali,pdhl dsuruh dokternya 1bulan lg,.trus treatment alternatif lain slain mikro apa dok?apa saya hrus mesotherapy atw jet peel?

    ReplyDelete
  84. Pagi Dok,
    sy Ira, kebetulan saya juga pakai produk erha di PP. Dok kalau umur 23 sudah boleh MD belum ya? lalu saya juga punya keloid. apakah MD aman dilakukan untuk yg punya keloid dok? lalu di erha ada ga ya Dok MD?
    Thx & Rgds

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh Aja sih...tapi klo pake krim udah bagus hasilnya, MD belum tentu perlu sih

      Delete
  85. pagi dokter, nama saya Citra.
    saya mau tanya, apakah boleh melakukan chemical peeling saat kulit sedang berjerawat? karena saya ketika berjerawat, saya melakukan chemical peeling jerawatnya malah tambah banyak. kalo misalkan boleh, chemical peeling apa yg cocok untuk kulit sensitif dan berjerawat? saya dengar Chemical Peeling AFA Amino Acids Peel lebih less iritation. terimakasih dokter

    ReplyDelete
  86. selamat sore dok.. Saya vina. saya mau tanya, kulit saya cenderung kering kusam tetapi sedikit berjerawat dan cukup berkomedo. Saya bingung melakukan perawatan apa yg cocok? Saya pernah di facial tetapi terasa sangat perih saat di facial (mungkin tidak cocok dengan krim yg digunakan salon tsb) sehingga tidak coba lagi melakukan facial. Saya coba menggunakan produk perawatan lightening yg ph balance. Memang membuat kulit saya sedikit lebih lembab tetapi lebih menggelap bukan malah memutih. Pernah juga coba pakai krim malam produk yg mereknya banyak diiklankan tetapi membuat kulit wajah bersisik dan terkelupas sehingga membuat saya takut menggunakan sembarangan krim malam. Bagaimana perawatan yg cocok untuk kulit sensitif saya? Apakah tepat jika saya mencoba mikrodermabrasi? saya sudah lama ingin coba tetapi takut malah semakin memperparah. Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebaiknya berobat ke dokter kulit terdekat jadi gak coba2... Klo mikrodmabrasi boleh Aja kok...asal hati2 pengerjaan juga harus benar spy gak iritasi atau lecet

      Delete
  87. halo dokter. saya risa,21 thn. saya punya masalah sama whitehead di hidung n di dagu (plg bnyak d dagu.uda kaya jenggot klo kata yg facial aku) n smile line, serta garis halus(n hitam,sepertinya) di bwah mata.

    pertanyaan saya:
    1.utk yg white headnya,mgkin aku uda ketemu solusinya mengutip dari "dr. Susie Rendra, SpKK December 20, 2012 at 8:08 AM
    Paling efektif minta dokter kamu
    keluarin langsung...baik secara manual
    qatau pun dgn kauter Dan laser ya..."
    manual itu maksudnya d keluarin spt yg d lakukan pd saat facial ya?

    2.sebenernya kalau kalau kasusnya seperri itu,kulit saya termasuk ke katagori kering atau apa ya dok? saya takut aja kloslama ini salah kosmetik krn slalu ngerasa kulitnya kombinasi =="

    3. apa dgn MD bsa mnghilangkan smile line (tdk dalam sih dok) dan wringkle (n hitam) dibawah mata saya?atau ada metode lin utk mnghiangkan itu ya dok?

    *fyi, aku skrg lg pk snail cream dr pr*via (korea) sbg krim malam. baru pake sekitar 7 harian. apa aku tetep boleh MD tnp krim dr dokter?
    jujur ajaa dokter,soalnya aku ngerasa cocok pk krimnya n white head agak bkurang (tp masih amat mengganggu) & aku takut ganti kosmetik lg..apa boleh d teruskan?

    thx for ur time. :)

    best regard
    risa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Laser atau kauter fungsinya utk melubangi saja, atau hanya dgn needle...pengeluaran tetap dipencet..
      Tipe kulit gak tau krn saya gak liat...
      MD gak bisa...smile line biasa dgn filler, klo Kerut halus mata dgn krim pelembab mata bisa Lebih baik, tapi gak ngilangin sih...
      Klo merasa Lebih baik, y terusin Aja... :)

      Delete
  88. halo dokter saya fitri (34th)akhir akhir ini saya mengalami kerontokan berat lebih dari 150 helai perhari, kemudian saya konsultasi kedokter spesialis kulit dan diberi obat pantogar serta regrou, yang saya tanyakan apakah obat itu aman dok apabila setelah rontok berhenti dan saya menghentikan pengobatan dan dikemudian hari saya mengandung, apakah janin tidak terganggu dengan efek obat yg sudah saya minum sebelumnya terutama regrou, karena saya baca dipetunjuknya efek obat akan bekerja 4.5 s/d 5 tahun setelah obat dihentikan. trimakasih sebelumnya dokter...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya sih aman... Krn minoxidil khan dioleskan... Dulu minoxidil adalah obat minum...

      Delete
  89. halo dok, saya dhia.. kulit wajah saya ada bekas jerawat (namun jerawatnya sdh tdk ada) dan kulit pori2 besa namun hanya dibagian sekitar hidung. Kemarin menalani peeling 20%AHA sebanyak 4x, 2 minggu sekali. dan peeling 35%AHA sebanyak 2x, sebulan 2x. Dan saya rutin menggunakan krim pagi dan malam namun bekas jerawat ini belum hilang juga. Boleh kah sy melakukan MD? kalau boleh sebaiknya saya menggunakan type alat MD yg mana? dan setelah MD apakah sy harus tetap menggunakan krim pagi dan malam?

    thanks,
    dhia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh dicoba...bisa Aja peeling aha dgn konsentrasi yg Lebih tinggi

      Delete
  90. nama saya ida, ,umr 19 thn.sya jrawatan dok, ,bngung jg lo mlih mna yg lbh aman dan cepat lo mmakai bhan alami sprti bwang,gram,jruk npis dll, ,rsanya ko perih yh dok klo pke jruk npis atw garam, ,sbaiknya dlnjutkan atw tdk?atw ada cara lain?muka ku trmsuk tipe yg ckup brmnyak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan coba2 klo gak yakin...saya gak punya pengalaman dgn terapi Alami...coba browsing sendiri ya..tp klo sampai pedih ya harus dihentikan... Klo gak membaik, coba ke dokter kulit ya

      Delete
  91. Dok, saya maria. Saya memiliki bekas jerawat tipe scar tetapi berwarna merah, apakah dengan microdermabrasi dapat dihilangkan kemerahannya? Terima kasih banyak dok sebelumnya :)

    ReplyDelete
  92. untuk ibu hamil muda apakah aman mikrodermabrasi ini Dok?ada alat yg dialiri semacam aliran listrik rendah setelah proses pengikisannya. Aman ga Dok?trima kasih Dokter....

    ReplyDelete
  93. dok nama saya ita. saya mau tanya mikrodermabrasi ini bisa mengatasi jerawat milia gak dok? terima kasih.

    ReplyDelete
  94. halo dokter,, sy amhy umur 23 tahun.. sy punya flek hitam di wajah akibat produk pemutih.. fleknya sudah 10 tahun.. mw tanya apakah flek itu masih bisa hilang??? perawatan apa yang harus sy lakukan apakah cukup menggunakan cream atau MD atau peeling??
    mohon bantuannya dokter.. makasih.......

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung jenis fleknya...ke dokter kulit Aja...biasa selalu mulai dgn krim

      Delete

Sebutkan nama terlebih dahulu, bila ingin mendapatkan respons...thank you.. Tanpa nama akan langsung saya hapus ya......

Note: Only a member of this blog may post a comment.