Halo semua rekan yang tertarik dengan kesehatan kulit, semoga artikelnya berguna... Ditunggu selalu komentar dan inputnya... Khusus untuk intermezzo, adalah pengalaman unik selama praktek yang menurut saya cukup menarik untuk dishare... Happy reading...

Wednesday, January 6, 2010

DERMALPUNCH: versi baru dermaroller untuk peremajaan kulit

Dengan kemajuan teknologi yang sangat pesat di abad 21, banyak dikembangkan berbagai metode dan alat untuk meremajakan kulit. Kulit “remaja”, yang identik dengan kulit mulus, halus bercahaya, menjadi dambaan setiap orang, terutama oleh orang yang merasa kulitnya sudah mulai menua. Kulit yang menua biasa ditandai dengan kerutan (halus dan dalam), warna kulit tidak merata, flek, penipisan kulit dan berkurangnya kekenyalan kulit.

Berbagai meode yang tersedia antara lain dengan pengelupasan kulit secara kimiawi (chemical peeling), mikrodermabrasi, penggunaan visible light (misalnya IPL), skin needling technique, sampai yang paling canggih dengan laser treatment.

Pada kesempatan ini, akan dibahas metode skin needling technique. Metode ini bertujuan meremajakan kulit dengan meningkatkan produksi kolagen, sehingga disebut juga metode percutaneous collagen induction.

Sejak mulai diperkenalkan di Indonesia sejak 3-4 tahun terakhir, alat yang digunakan untuk keperluan ini adalah roller kulit. Bentuknya seperti roll untuk mengecat tembok berukuran kecil, kira-kira 1.5-2 cm dengan jarum-jarum halus di permukaannya.

Alat terbaru dengan prinsip peremajaan kulit yang sama mulai dipasarkan sejak 1 tahun terakhir di Indonesia. Versi terbaru ini disebut DERMALPUNCH. Alat ini berbentuk tabung yang menyerupai bolpen. Pada bagian ujungnya yang berdiameter kurang lebih 0.8-1cm, dapat dipasangkan disposable tip, yang terdiri dari 9 buah jarum halus, yang akan bergerak naik turun.


Cara kerja DERMALPUNCH
  • Alat dipegang operator seperti memegang bolpen, dan digerakkan di seluruh permukaan kulit wajah.
  • Jarum halus yang bergerak naik turun akan menimbulkan perlukaan ringan pada kulit yang ditandai dengan kemerahan kulit sampai perdarahan sangat halus
  • Selama tindakan, dioleskan larutan kental yang berfungsi sebagai growth factor. Perlukaan halus di kulit akan membantu meningkatkan penetrasi obat yang dioleskan.
  • Selesai tindakan, muka akan dikompres dengan larutan bersifat antiseptik selama beberapa menit
  • Pengolesan masker peel off vitamin C akan dilakukan paling akhir
  • Perlukaan kulit ini, ditambah dengan pengolesan growth factor, akan merangsang pembentukan serat kolagen dan elastin baru
  • Setelah 4-6 kali tindakan dengan interval 1 bulan, kulit tampak lebih halus, mulus, kencang dan bercahaya

Perlukaan kulit yang timbul biasanya akan sembuh sempurna dalam waktu 3-5 hari kemudian. Pada sebagian besar pasien, dapat langsung kembali beraktifitas seperti biasa, karena saat tindakan selesai, perubahan yang terlihat adalah kulit sedikit lebih merah dari biasanya. Yang penting dilakukan adalah hindari sinar matahari sebisa mungkin agar hasil yang didapat lebih sempurna.

Salah satu keuntungan DERMALPUNCH dibandingkan dengan roller kulit yang konvensional adalah ukurannnya yang kecil, sehingga lebih mudah untuk mengatasi keluhan yang terdapat di area yang kecil, misalnya hidung. Perdarahan yang muncul biasanya juga lebih halus dibandingkan dengan roller konvensional, sehingga penyembuhan umumnya berlangsung lebih cepat.


Kegunaan DERMALPUNCH
  • Peremajaan kulit sehingga memperbaiki kulit wajah dengan kerutan halus, warna kulit tidak merata dan flek.
  • Membantu mengatasi lubang-lubang bekas jerawat menjadi lebih halus dan samar

Anda berminat? Hubungi dokter kulit terdekat, atau datang aja ke RS Puri Indah ya..

333 comments:

  1. thanks banget dok tadi dikasih sharing link ke sini... kayak dermastamp yah dok, mirip2 gitu... cm ini lebih kecil lagi yah... harganya berarti lbh murah dari dermaroller dong yah dok...

    di Indonesia sendiri, tempat dokter praktek sudah ada treatment ini ? (maksud saya yg klinik itu :D )

    ReplyDelete
  2. Iya lebih murah dari dermaroller, terus enaknya tidak pakai sistem paket, karena tipnya diganti setiap tindakan, kalau dermaroller kan bisa untuk 4-6x, makin lama makin sakit karena jarum makin tumpul.
    Belum ada di klinik, adanya di RS Puri Indah

    ReplyDelete
  3. sebelumnya salam kenal dok.. saya amanda.. infonya bagus bgt dok.. o iya mau tanya dok,kalau untuk noda merah bekas jerawat tetapi ada lubang yg kecil/tdk dalam di noda merah tersebut sebaiknya pakai teknik yg mana ya dok? di laser, peeling atau dermalpunch?

    ReplyDelete
  4. Hai Amanda, salam kenal juga. Mungkin yag kamu maksud adalah EPA (erythema pasca acne) atau kemerahan bekas jerawat. Bekas merah termasuk sulit diatasi. Pada beberapa orang bisa hilang sendiri, tapi ada juga yang sulit hilang walau telah ditunggu dalam hitungan bulan. ?untuk yang sulit hilang dan sudah ditunggu selama 3-4 bulan tanpa perubahan, biasa saya menganjurkan laser v-beam. Coba brosing dulu tentang v-beam ya.

    ReplyDelete
  5. sip dok..hehe.. kira-kira biaya laser vbeam untuk noda merah yg sedikit/kecil kisarannya brapa ya dok?
    o iya dok, kalo ada warna kulit yang belang di pipi(belangnya = lebih putih dari area sekitar) akibat pemakaian krim malam yg terfokus di daerah yg belang tsb (karena daerah yg belang itu dulunya ada noda hitam bekas acne dok, makanya sy terlalu terfokus sm daerah ini,hehe) sebaiknya diapain ya dok biar warnanya rata lagi dengan warna pipi sekitar?
    thx b4 dok ;))..
    -amanda-

    ReplyDelete
  6. Tanya langsung ke erha clinic kemanggisan aja, ya... saya praktek di situ juga, tapi gak tahu perhitungan biayanya.
    Untuk belang, memang sebaiknya krim malam pakai seluruh wajah untuk blending effect, agar yang lain juga ikutan cerah. Sementara ini, yang daerah putih malah hindari krim malamnya.

    ReplyDelete
  7. berarti mesti ganti krim juga dong dok kalo ke erha?
    kalo misalnya dilakukan chemical peeling, kira2 kulit kita yg belang itu bisa kembali merata warnanya ga dok?
    -amanda-

    ReplyDelete
  8. Memang sekarang berobatnya kemana? Soalnya memang rata-rata klinik gak terima tindakan kalo gak pakai obatnya. Alasannya karena gak tahu pasti isi krimnya. Peeling boleh dicoba, yang ringan dulu aja, pakai asam glikolat. Btw, tau blog ini darimana? Dishare ke temen-temennya ya....

    ReplyDelete
  9. sy brobat di slh satu dr spkk di bekasi dok, ga enak nyebut merek, hehe.. sbenernya sy udah pewe sama krim yg skarang soalnya blajar dari pngalaman2 sbelumnya bnyk krim yg bikin muka sy ngelotok2 parah , merah2 kyk kepiting rebus, entah krna kulit sy yg sensitifnya keterlaluan ato krimnya yg terlalu kuat..risih dok soalnya sy kuliah sminggu cuma hr minggu aja libur kuliahnya..malu ktemu tmn sm dosen kalo mukanya merah2 gitu,hehe.. nah krim sy yg sekarang ga bikin merah2 dok, ngelotok sih ada sedikit2 tp sayangnya dokter sy yg skrng ini ga suka ngelakuin tindakan2 kosmetik,ky peeling ato yg lainnya (ato sy yg ga tau, hehe) padahal sy pengen bgt ngilangin EPA ini..
    sy tau blog dr susi baru sminggu ini hasil googling2..hehe.. informatif bgt blognya dok.. hehe.. jadi pengen konsul k dokter.. hehe..
    okeh.. pasti sy bakal ngeshare k tmn2 sy dok.. ;))
    -amanda-

    ReplyDelete
  10. Thanks ya for the complimentary. Kalau begitu coba ditanyakan saja ke SpKK yang di Bekasi, siapa tahu beliau juga menyediakan/ mengerjakan prosedur lain yang dapat membantu masalah kamu. Sementara itu, coba kamu baca-baca tentang laser vbeam dulu ya.

    ReplyDelete
  11. Slam knal Dr. Susie Rendra,
    saya mau menanyakan apakah lubang2 bekas jerawat & merah2 bekas jrawat bisa hilang dgn melakukan derma??
    brp biaya yg dikelurkan u/ pengobatan ini?
    saya lokasi d bdg ...Pm andyfrdy@yahoo.com
    terima kasih u/ infonya...

    ReplyDelete
  12. Halo Andy... prinsip dermaroller biasanya bisa dilakukan untuk mengurangi lubang bekas jerawat, walaupun lubang bekas jerawat tidak dapat pulih 100%. Pilihan lain adalah dengan laser. Sednagkan untuk bekas merah yang paling baik adalah dengan laser untuk pembuluh darah. Biaya dermaroller bervariasi di tiap klinik, bergantung dari merk roller yang digunakan. Coba hubungi klinik kulit terdekat untuk masalah biaya ya... Semoga mendapatkan manfaatnya ya...

    ReplyDelete
  13. dok saya cowo 24 tahun, nah di bagian pipi banyak bopeng bekas jerawat dan lumayan dalem, kalo pake tehnik diatas butuh berapa lama treatmentnya dan brapa kali dateng?

    biaya perkali datang berapa dok?

    terima kasih

    ReplyDelete
  14. Halo... terima kasih atas pertanyaannya. Yang penting kamu tahu, dengan metode apapun yang sekarang tersedia, penyembuhan scar tidak pernah 100% ya, bervariasi 30-70%. Untuk metode CIT, misalnya dermaroller atau dermalpunch, biasa dibutuhkan 4-6 kali, dengan interval 2-4 minggu. Untuk harga dermalpunch, mungkin bisa hubungi sendiri RS Puri Indah ya, di (021) 25 695 222 ext. 2220.

    ReplyDelete
  15. Dok, untuk perawatan 1-2 minggu sebelum dermalpunch itu dikasih cream perawatan terlebih dahulu dari dokter?

    apa boleh datang konsultasi dan langsung bikin janji untuk dermalpunch? (bukan utk perawatan)

    ReplyDelete
  16. Halo...
    Ya, sebelum dermalpunch, seperti juga pada dermaroller, perlu dilakukan skin priming untuk mempersiapkan kulit menerima prosedur tertentu. Boleh saja datang konsultasi dahulu, namun tetap sebelum dermalpunch sudah pakai krim perawatan untuk skin priming.

    ReplyDelete
  17. dokter, ikutan nanya dong :). sy jg disarankan oleh dokter kulit sy utk dilakukan dermalpunch. wajah sy berjerwat dan memiliki peninggalan2 peradaban jerawat sy yg dulu. dalam2 dan lebar2. tapi stlh liat videonya di youtube sampe berdarah-darah, jd serem gitu yach :). yg jadi pertanyaa sy:
    1. amankah. krn ini berhubungan dg jarum, sy khawatir alat yg mirip bolpen tsb tdk steril?
    2. spt chemicalpeeling dr artikel2 yg sy dikatakan bs menyebabkan kanker kulit, lalu apa efek samping dari dermalpunch ini?
    trmksh.

    ReplyDelete
  18. Halo Lian... sebenarnya yang dituju memang perdarahan kecil-kecil... tapi tenang aja... saat pasien pulang, gak ada sisa darah sama sekali.. cuma merah aja...
    Alat ini aman, karena setiap ganti pasien, ganti juga jarumnya dengan yang baru
    Efek samping yang sering adalah kemerahan yang terjadi lebih lama... dan bila dilakukan tanpa persiapan kulit yang baik.. bisa muncul hiperpigmentasi (bekas kehitaman)... Soal kanker kulit... heheh, benernya makin putih kita, tentu aja makin tinggi risiko kanker kulit... karena pigmen melanin punya fungsi proteksi sebenarnya...

    ReplyDelete
  19. halo dok. saya oki 22 tahun. sekitar bulan juni lalu saya melakukan dan tindakan laser L-man di erha clinic kelapa gading untuk mengatasi jerawat atau komedo putih di bawah jaringan kulit. tetapi masalahnya setelah tindakan itu menimbulkan banyak scar di wajah. apa itu mal praktek?

    ReplyDelete
  20. Halo Oki... keadaan yang kamu maksud biasanya adalah milium/milia. Bila kamu mencari mengenai terapi milium, biasanya harus dikeluarkan, baik dengan ekstrasi langsung dnegna needle, laser CO2 atau electrosurgery dengan Ellman.
    Tidak ada tindakan yang tidak berisiko, semua tindakan apapun mempunyai risiko. Nah biasanya risiko ini dijelaskan dan dapat dibaca pada lembaran informed consent yang harus kamu tandatangani sebelum memulai tindakan... risiko skar meningkat bila kamu memiliki bakat keloid...

    Untuk kasus kamu, anjuran saya adalah kamu datangi saja dokter yang melakukan tindakan ini untuk mendapatkan penjelasan dan terapi lebih lanjut...

    Smeoga sukses ya, Oki...

    ReplyDelete
  21. kata dokter yang menangani saya bahwa saya miliumnya itu sudah dalam sekali. sebelum menjalan prosedur operasi tersebut, saya tidak ada pemberitahuan apapun dan tidak menandatangani apaun. bahkan, sebelum menjalani tindakan tersebut saya sempat bertanya apakah tindakan ini dapat menimbulkan scar? terus jawabnya tidak! Kalau seudah begini terapi apa yg harus saya jalankan untuk mengatasi scar ini. scar saya tidak parah mungkin ringan sampai sedang. jadi nyesel jg dok jalanin terapi itu! btw thanks dok buat infonya.

    ReplyDelete
  22. Kamu punya bakat keloid gak ya, Oki? Terapi untuk mengatasi scar ada macam-macam dengan tingkat keberhasilan yang bervariasi. Pemilihan terapi juga disesuaikan dengan jenis scar yang terbentuk... Scar di wajah kamu apakah scar hypertrophic (lebih menimbul)? ataukah scar hypotrophic (lebih cekung)?

    Scar hypertrophic dapat membaik dengan suntikan triamcinolone... sedangkan scar hypotrophic agak lebih sulit.... Beberapa pilihan yang dapat dilakukan mmisalnya dermatoller/dermalpunch, laser (fraxel or smartxide)...

    Setelah terjadi scar, apakah kamu sudah berkonsultasi lagid engan dokter ybs? Apa anjurannya ya?...

    ReplyDelete
  23. aku ada bakat keloid. kayaknya jenis yg cekung. justru pas ketahuan timbul scar, saya lsg konsultasi ke dokter ybs. bahkan sebelum jadwal konsul yg dianjurkan. dokter ybs memberikan saya anc3 untuk koreksi scar yg belum mature katanya. setelah satu bulan pake krim tsb tidak membuahkan hasil yg memadai, yang ada muka saya makin merah meradang. nanti rencananya selasa ini saya mau konsultasi lagi ke dokter ybs untuk tau tindakan apalagi yg harus dilakukan. saya pernah tanya ke erha soal dermaroller, harganya mahal banget dok! Mana uang saya udah kepake buat L-man surgery. sepertinya treatmentnya mahal2 semua. maklum dok saya mahasiswa. padahal saya percaya betul sama dok ybs, tapi sejak kasus ini saya jadi sedikit kecewa! Dok, kasih tips ke saya buat mencegah terjadinya milia tsb dunks? kira2 ada diskon gak ya buat mahasiswa di erha? aku jd pasien erha sejak 2005. so far... masih ok! tapi sekarang jd rada takut buat jalanin tindakan yg di rekomendasikan dokter ybs!

    ReplyDelete
  24. Dok sori banyak tanya nieh! Kalo selain Roacuttance ada lagi gak penggantinya? coz susah di cari. apotik roxy tepatnya dmn ya dok? besok saya konsul lagi ke dokter ybs. oh iya dok, saya dpt info kalo di gdg ada klinik yg ngadain pake dermaroller 1,28jt buat 4x tindakan. tp yg ngerjain itu dokter umum. kira2 aman gak ya dok? oh ya buat inputan, kenapa gak pasang artikel khusus buat keloid? thanks ya dok!

    ReplyDelete
  25. Setahu saya, apotek Roxy banyak ya... gak harus yang di jalan Roxy... kata pasien saya di sana ada...

    Untuk dermaroller yang asli... harga alatnya rada mahal... Kalo dapat murah.. coba tanya aja mereknya apa ya, Oki...

    Untuk mahasiswa, kayaknya gak ada harga khusus ya di erha...

    Untuk artikel keloid, ntar ya.. ditunggu aja

    ReplyDelete
  26. Dok, saya uda tanya ke apotik tersebut. sebelumnya memang ada, tetapi sekarang sudah tidak ada lagi karena ilegal... selain obat itu emang gak ada obat penggantinya ya dok? OK deh nanti saya tanyain mereknya apa!

    ReplyDelete
  27. Dok...aku baca info disitus berikut http://www.acne.org/accutane.html
    ternyata obat roacuttance itu banyak efek sampingnya...
    jadi lebih baik saya tetap cari atau tidak ya?

    ReplyDelete
  28. Oki... gak ada obat yahg gak ada efek sampingnya.. asal digunakan dengan tepat dan sesuai petunjuk, obat baru akan berguna..
    Roaccutane dapat diminum untuk jerawat yang agak parah... boleh diminum samapi 6-7 bulan... Efek samping yang mungkin adalah hiperkolesterol,peningkatan fungsi level, pengurangan massa tulang...juga punya efek mirip hormon.... tapi biasanya tidak terjadi pada semua orang...
    Supaya aman.. kamu harus tanya ke dokter kamu apakah kamu perlu minum? Bila minum jangka panjang, lebih baik kalo ada pemeriksaan lab segara regular....

    ReplyDelete
  29. Oya... kalo kamu perempuan... pastikan kamu gak dalam kondisi hamil atau rencana hamil ya... karena beberapa penelitian memperlihatkan roaccutane bersifat teratogenik... meningkatkan risiko kecacatan pada janin...

    ReplyDelete
  30. Dok..saya mau tanya .kebetulan sudah bebrapa bulan ini saya menggunakan krim pengelupasan..kulit muka saya seh mengelupas n putih tapi di bagian jidat saya tidak bisa mengelupas seprti di pipi n bagian lainnya..akibatnya kliatan beda bgt warnanya d jidat kliatan hitam..knp y dok..ada jln lain gk selain penglupasan.krn kyknya u/bagian jidat saya ini gk ada efeknya...mohon info y dok..mkasih

    ReplyDelete
  31. Halo La2.... daerah yang tidak banyak bergerak seperti jidat memang sangat sulit menglupas... jadi kadang perlu konsentrasi krim yang lebih tinggi di daerah tersebut... kadang juga dapat dibantu dengan peeling di daerah tersebut...

    ReplyDelete
  32. Maaf Dok saya mo tanya...
    Untuk bopeng pada wajah lumayan banyak dan bopengnya agak dalam dikarenakan bekas cacar dan bekas jerawat...
    Sebaiknya pake apa yang menurut doctor paling RECOMMENDED supaya bopengnya hilang apa laser/peeling/microdermabrassion/dermaroller dengan ciri2 kulit wajah saya berminyak dan berpori2 besar

    Terimakasih sebelumnya,

    ReplyDelete
  33. Halo... kalau mau yang hasilnya paling bagus untuk jenis scar yang kamu alami pilihannya tetap laser.... Untuk bekas cacar yang sedikit dan dalam, yang cukup baik adalah subsisi/subcision... Prinsipnya kalau mau langsung ya laser... kalau mau bertahap bisa mulai dengan dermaroller/dermalpunch....Masalahnya laser sangat mahal, sehingga cukup worth untuk mencoba dermaroller/dermalpunch terlebih dahulu.. siapa tau hasil yang didapat cukup baik...

    ReplyDelete
  34. pagi dokter,saya sudah menggunakan erha kurleb 2bulan.saya berencana untuk melakukan tindakan bedah ellman untuk mengeluarkan milia dan sisa2 bakal jerawat yg kecil2,setelah membaca postingan oki diatas tntng bedah ellman yg meninggalkan scar setelah tindakan,saya jd berpikir ulang untuk melakukan tindakan.Yang mau sy tnyakan,apakah bedah L-man itu akan selalu meninggalkan scar di wajah?

    ReplyDelete
  35. Halo Novia... sEperti yang sudah saya jelaskan pada Oki... semua tindakan pasti memiliki risiko yang mungkin terjadi... namun nmemang biasanya tidak terjadi pada semua orang... Sayangnya kita sulit memprediksi kemungkinan scar pada seseorang... bila kamu kuatir, mendingan lakukan test spot dahulu... jadi lakukan ellman hanya pada beberapa titik milia dan pantau kesembuhan dan hasilnya... Bila bagus... baru kamu lakukan pada semua milianya... Atau cara lain, minta dokter kamu keluarkan milia secara manual, hanya dengan tusukan jarum dan pencet... jadi bukan dengan listrik.... Semoga membantu ya

    ReplyDelete
  36. dok, salam kenal. Kalau punya bakat keloid, apakah dermaroller tidak menimbulkan keloid ?
    tks. Dini

    ReplyDelete
  37. Halo Dini... memang repot bila punya bakat keloid ya... Walaupun secara teoritis keloid jarang terjadi di muka, namun risiko tersebut tetap ada... Saya tidak menganjurkan orang dengan bakat keloid untuk menjalani proses dermalpunch...

    ReplyDelete
  38. Halo dok saya kat, tolong dok mau tanya apakah untuk menghilangkan lubang2 bekas jerawat tidak bisa 100%? teknik mana yang paling bagus? dan biayanya paling murah hehehe tks dok

    ReplyDelete
  39. Halo Kat... dengan teknik yang ada sekarang ini, bahkan dengan laser, skar yang sudah terbentuk tidak dapat pulih 100%... Perbaikan bervariasi 30-70%. Yang paling baik dengan laser.. tapi harganya paling mahal... Teknik CIT dengan dermaroller/dermalpunch boleh dicoba karena hasil cukup baik (mesti tak sebaik laser), harganya lebih ekonomis dibandingkan dengan laser...

    ReplyDelete
  40. Dok, saya ada keloid yang sudah lama di lengan (sejak SMA).. (sekarang saya 24 thn) dan ada keloid di luar kulit vagina saya (sejak 2-3 thn lalu, saat saya kuliah).. saya sempat ke dokter kulit di RSP pertamina, sarannya sih di bedah, jika saya merasa terganggu.. tapi untuk yg di kulit luar vagina saya takut & ngeri.. jadi sejak dari dokter tsb (1 thn lalu), saya belum obati lagi.. saya diamkan.. tapi jadinya membesar.. tahun depan, saya ada rencana menikah.. dan saya khawatir ada apa2 jika saya diamkan...

    yg ingin saya tanyakan, apakah keloid di kulit luar vagina (di rambut vagina tersebut) lama kelamaan bisa berbahaya? lalu, bagaimana cara mengobatinya tanpa dibedah? jika dibiarkan, bagaimana caranya agar tidak membesar? apakah di klinik erha bisa menangani keloid? di lengan maupun di kulit luar vagina?

    terima kasih banyak...

    ReplyDelete
  41. Halo Riani... memang kasus keloid itu menyusahkan.. ya... Yang pertama-tama ingin saya tanyakan adalah dokter yang memeriksa memang mengatakan kelainan tersebut sebagai keloid ya? jjika benar keloid, sampai saat ini memang gak ada terapi yang sangat memuaskan... Keloid yang sudha terbentuk biasanya dapat dibuat menjadi datar, namun tetap merupakan jaringan parut.. jadi bukan kulit normal ya...
    Beberapa metode dapat dilakukan... yang paling sering adalah dengan kombinasi cryotherapy+suntik triamcinolon, kadang perlu dilakukan sampai 10-15x...

    Untuk pembedahan memang masih kontroversial.. karena bila dbedah, risiko keloid tetap muncul lagi.. yang paling baik adalah proses debulking dengan tetap menempelkan kulit yang sudha keloid...

    di erha ada laser vbeam, berguna untuk keloid yang warnanya masih merah....

    ReplyDelete
  42. iya dok... dokter yang memeriksa mengatakan bahwa kelainan tersebut keloid. Kakak saya yang kedua juga ada keloid di telinga. sepertinya memang ada faktor keturunan. Keloidnya masih berwarna merah.. mungkin nanti saya bisa coba konsul ke erha...

    utk pertanyaan saya yang lain, apakah keloid memang tidak membahayakan organ tubuh di dalamnya? sebelumnya, dokter yang memeriksa saya mengatakan tidak berbahaya, hanya mungkin akan menganggu secara estetika...

    Terima kasih banyak atas bantuannya ya dok.. saya tidak menyangka pertanyaan saya akan dijawab dengan cepat.. awalnya saya searching artikel tentang keloid di google, hingga sampailah ke blog ini... Menurut saya, blog ini informatif & komunikatif untuk mengetahui berbagai informasi ttg kulit... langsung dari ahlinya... Sangat bermanfaat... :-)

    ReplyDelete
  43. Thanks for the complimentary, Riani...
    Keloid tidak membahayakan oragan tubuh di dalamnya... memang lebih terkait masalah estetika... tapi pada sebagian orang keloid bisa terasa nyeri dan gatal....

    ReplyDelete
  44. halo Dok, sy mo tanya kalo microdermabrassion itu apa ya Dok?
    trus kalo laser itu pengerjaannya spt apa, hrs brp kali dilakukan?
    kenapa lebih mahal dr dermaroller? biayanya bs jutaan ya Dok?
    trus dimana saja bisa melakukan laser ato dermaroller?
    makasih banyak Dokter

    ReplyDelete
  45. Halo.. coba baca artikel tentang mikrodermabrasi yang pernah saya tulis ya... klik aja di kata bantu microdermabrasion....
    Laser apa yang ditanyakan ya? Laser biasa merupakan metode terapi menggunakan gelombang elektromagnetic dengan panjang gelombang tertentu.. tergantung apa yang mau diperbaiki... Lebih mahal karena alat lasernya memang mahal... jadi klinik harus mengeluarkan modal ratusan juta hingga 1M lebih...
    Dermaroller/laser bisa di erha kemanggisan... kalo dermalpunch bisa di RS Puri Indah ya....

    ReplyDelete
  46. dok mao tanya, saya udah perawatan 1x untuk menghilangkan bopeng di muka saya, naama perawatannya pixel, tp hasilnya belum memuaskan, kalo bole saya tau dermal punch,pixel,laser skin resurfacing, punch elevasi itu bagusan mana y dok untuk scar yg dalam (ice pick scar)

    makasi

    ReplyDelete
  47. Halo zara.... pixel/fraxel adalah fractional laser resurfacing. Harus dilakukan minimal 4-6 kali... makin tinggi energi yang diberkan, makin panas rasanya, hasil makin baik. Jadi kalo kamu sudah melakukan 1x, sayang juga kalo harus dihentikan... Tentu saja laser hasilnya lebih baik, namun harganya lebih mahal. Untuk ice pick scar yang jumlahnya sedikit, pilihannya adalah punch excition/punch graft. Kalo banyak lebih baik dicoba dengan laser pixel/fraxel saja. Semoga berhasil ya...

    ReplyDelete
  48. salam kenal dokter, saya adalah wanita pekerja yg mempunyai masalah dgn bekas jerawat yg membuat saya kurang PD. saat ini saya sdh melakukan perawatan dokter kulit di sebuah RS di jakarta Timur, perawatan yg saya lakukan adalah perawatan Peeling. Tapi s.d saat ini hasilnya sangat tidak memuaskan dok. Bekas jerawat saya yg sdh belasan tahun tidak juga berkurang/menipis. Mohon sarannya dok, kira2 sebaiknya saya harus melakukan apa utk menghilangkan bekas jerawat saya apakah dgn laser itu lebik keliatan hasilnya?

    terima kasih dok

    ReplyDelete
  49. Halo... salam kenal juga... Untuk mengatasi skar... harus dilihat bentuk mayoritas skarnya... skar yang sudah terbentuk tidak bisa menjadi rata kembali dengan metode apapun yang tersedia sekarang... namun dapat menjadi lebih dangkal. Peeling biasanya dilakukan sebagai langkah awal, namun biasanya hasil kurang memuaskan. Sampai saat ini, laser fractional resurfacing masih merupakan laser dengan hasil cukup baik, dengan efek samping tidak permanen yang tolerable.....

    ReplyDelete
  50. dok makasi ya jawabannya, sy masi mao nanya neh (sorry agak bawel hehehehe), pixel itu kenapa kulitnya harus dibuat luka dulu ya?sy agak trauma neh dok untuk laser pixel lagi karena sebelum disinar harus dilukain dl kulit2 yg ada scarnya dan itu sakit sekali padahal udah disuntik kebal dok, emang harus seperti itu ya dok prosedurnya?

    makasi banyak ya dok

    ReplyDelete
  51. Halo Zara... wah maaf saya tidak bisa menjawab pertanyaan kamu kali ini... Di erha biasa kami menggunakan laser feaxel... tidak pernah dilakukan perlukaan terlebih dahulu...

    kamu sudah pernah tanya ke dokternya mengapa dilakukan demikian? hehehe, jadi khan saya juga bisa belajar....

    ReplyDelete
  52. halo dok
    hmm kata dokternya itu laser cuma bisa numbuhin kulit baru di kulit yang luka, gitu dok..sy pertama kali dibikin luka dl pake alma laser ya kl ga salah, alatnya ky dermaroller gitu tp elektrik dok jadi ada pedal buat ngejalanin itu alat, setelah itu baru di sinar dok...begitu ga ya dok prosedurnya?

    ReplyDelete
  53. Alat mirip dermaroller pake pedal ya mungkin kayak dermalpunch ini.... tapi saya gak tau kenapa sebelum pixel harus dilukai dulu ya?? Kalo ada luka trus dilaser sih setahu saya merahnya jadi lama.., kemungkinan ada bekas jadi lebih gede jugaa.....

    ReplyDelete
  54. Iya dok, skrg uda sebulan aja muka saya masi merah dok...Saya mao tanya dok apakah dokter ada saran khusus jika saya mao pixel lagi yang bagus dimana dok?
    makasi dok

    ReplyDelete
  55. Coba aja tanya di tempat sebelumnya bisa gak pixel tanpa dilkuai dahulu... tapi klo masih merah mukanya mendingan tunda dulu....

    ReplyDelete
  56. dok kalo untuk remaja yang kulitnya masih ada beberapa biji jerawat dan bekas jerawat serta bopeng kecil gitu bagusnya pake apa?
    terus boleh tau gak kisaran harganya biasanya antara berapa sampe berapa?
    thanks before dok :)

    ReplyDelete
  57. ga bisa dok, prosedurnya emang begitu katanya...katanya uda bole pixel kalo uda sebulan dok, saya udah sebulan lebih dok makanya mao pixel lagi dok coz pertengahan bulan depan sy mao merit dok....sebenarnya prosedur yang benar itu bagaimana ya dok?sebelun dan sesudahnya sy ucapkan banyak trima kasi, blog ini banyak membantu sekali dok

    ReplyDelete
  58. Bopengnya banyak gak? Tergantung bentuk dan banyak bopengnya... tapi biasa saya selalu minta muka bersih jerawat dulu kalo mau maksimal hilangkan bekas... Bisa mula yang yang paling ringan misal peeling... atau dermaroller/dermalpunch aja... biasa bervariasi tergantung klinik...

    Buat Zara: thx ya 4 the complimentary... yakin mau pixel lagi sekarang? klo yang pertama aja bekasnya masih merah, apalagi kalo yang kedua ini... yakin gak merah pas marriednya? Lebih aman kalo tindakan saat muka udah gak merah.... Kalo merah kelamaan, bekasnya suka bikin muka jadi gelap....

    ReplyDelete
  59. ups...salah dok maksud saya mao meritnya pertengahan tahun depan >.<
    dok prosedur pixel yang benernya emang bagaimana ya seharusnya gitu?

    ReplyDelete
  60. Halo Zara... SOP tiap klinik mungkin aja beda ya... Kalo di erha, fraxel dilakukan langsung tanpa dilukai terlebih dahulu.....

    ReplyDelete
  61. salam kenal dok,saya yeni ingin menanyakan masalah kulit wajah yg dialami adik saya.adik saya pria usia 18 tahun saat ini timbul jerawat hampir diseluruh wajah dan juga bawah telinga,blkng kepala leher dan punggung,sejenis jerawat kita atau nodule,besar merah dan meradang.saat ini sudah minum doxicyclin 2x1 dan juga menggunakan sabun sulfur,tetapi radang tidak berkurang dan justru timbul kerak2 diatas jerawat,mesti bagaimana ya dok,dia minder sekali.terimakasih atas jawabannya.

    ReplyDelete
  62. hai dok susi,,mau tanya nih saya lagi hamil 2 bulan boleh gk sih pakai obat erha ??
    yg saya pakai skg..
    obat cuci muka RH1..ASG,,AMG3,,AG1,,dan ANC 3...
    THX DOK...

    ReplyDelete
  63. @ Yeni Eka:
    mengatasi jerawat seringkali tidak mencukup hanya dengan sabun sulfur saja... perlu antibiotik juga,baik yang minum ataupun yang oles... pada keadaan yang berat/kistik, kadang perlu minum obat isotretinoin... apakh kamu sudha mencoba berobat ke dokter kulit terdekat? Agar mendapatkan treament secara cepat... Semakin lama pengobatan ditunda.. risiko munculnya bekas yang sulit hilang makin besar ya....

    ReplyDelete
  64. @ Jenie:
    Udah berapa lama pakai krim tersebut? Kamu berobat ke erha mana? biasanya saya sangat jarang memberikan ANC3 untuk ibu hamil... AMG3 biasanya saya pakai juga untuk short term.... mendingan kamu telpon ke kliniknya saat dokter kamu praktek.. shingga bisa langsung ditanyakan ke dokternya ya....

    ReplyDelete
  65. dok saya ingin nanya setelah di dermalorer,,apakah merahya masih terlihat keesokann harinya...apakah msh bsa beraktivitas normal,,tdk ada pantangan??brp lama waktu yg di perlukan untk penyembbuhan setelah dermalorer???boleh tdk setelahnya pakai kosmetik/bedak..sblmnya terimakasih.Dini

    ReplyDelete
  66. Merah setelah dermaroller sekitar 3-5 hari ya... KAtivitas bisa aja normal.. yg sering orang malas keluar karena malu, padahal gak ada pantangan kerja. Yang gak boleh kena sinar matahari langsung ya supaya gak hitam... kosmetik dan bedak sebaiknya dihindari sampai luka menyembuh dalam 3-5 hari itu...

    ReplyDelete
  67. dok nama saya irpan, boleh saya minta alamat email nya? saya mo kirimkan foto muka saya yang banyak bopeng2, rencananya saya mo dermaroller tapi saya minta prediksi dokter dulu kira2 dengan dermaroller bopengnya hilang berapa persen? dan berapa kisaran harga untuk dermaroller tsb.trmksh

    ReplyDelete
  68. Penyembuhan scar dengan dermaroller hasilnya bervariasi, tergantung jenis dan kedalaman scar... Makin dalam biasa mata kita mapu melihat perbaikan dengan lebih jelas... Kisarannya 20-50 persen... Harga bervariasi tergantung klinik dan alat roller yang digunakan...

    ReplyDelete
  69. dok...bagaimana kalo dengan stretch mark, apakah kulit yang terkena stretch mark bisa sempurna mulus seperti semula? trus untuk tretmentnya mahal ga...heheheh, makasih sebelumnya atas informasinya saya jadi pengen coba nih.... :)

    ReplyDelete
  70. Halo... wah sayangnya biasanya stretch mark tak dapat pulih sempurna ya.... Metode collagen induction therapy dengan dermaroller/dermalpunch dapat dicoba sih... beberapa laporan bilang hasilnya lumayan.... Harga bervariasi tergantung alatnya ya... Selamat mencoba

    ReplyDelete
  71. Hi Dok, saya tertarik untuk dtg berkonsultasi. Brp ya harga sx konsultasi?

    ReplyDelete
  72. Telp aja lgs ke erha ya 53666070 ato RS Puri Indah 25 695 222....

    ReplyDelete
  73. Dok,boleh tahu jam praktek dokter? Hari minggu apakah praktek jg?

    ReplyDelete
  74. Hehehe... minggu adalah hari libur saya... biar punya waktu penuh untuk kumpul ama suami n anak-anak... erha selasa 15-20, kamis 14-18, jumat 15-20. RS Puri Indah senin 08-13, 17-20, rabu 16-20, sabtu 08-14, RS Pondok Indah rabu 12-14....

    ReplyDelete
  75. Dokter saya nisa mau nanya kulit saya banyak bekas jerawat yg sulit dihilangkan kadang2 suka merah juga, saya disarankan dokter untuk EPA (erythema pasca acne) tapi saya takut ada efeknya seteleh itu tapi saya juga mau penyembuhan yg cepat karena saya merasa malu dan sebentar lg ujian. Makasih sebelumnya dok :)

    ReplyDelete
  76. Halo Nisa... saya kurang mengerti pertanyaan kamu... EPA adalah kondisi dimana bekas jerawat berwarna kemerahan... Apa yang ditawarkan dokternya? Biasanya sih dengan laser Vbeam untuk bekas merah... Hasil cukup baik, cuma kadang perlu 3-5x....

    ReplyDelete
  77. halo dok, masalah kulit saya cm pori2 besar dok, krn dl pernah jerawatan tp dah sembuh... jadi sebaiknya perawatan yg digunakan apa ya utk mengurangi ukuran pori2nya..? bagus mana dermabrasi apa dermaroller dok..? makasih..

    ReplyDelete
  78. Di indonesia kita sudah tidak melakukan dermabrasi lagi.. karena risiko efek samping... yang ada mikrodermabrasi (versi yang jauh lebih ringan)... Efek mikrodermbrasi tidak sebaik dermaroller/dermalpunch untuk pori ataupun lubang bekas jerawat.....

    ReplyDelete
  79. Salam kenal dok .. Saya tisa udah nyoba di erha clinic tapi yang di medan. Saya mau tanya nih dok, kalo jerawat yang ada di punggung ngilangin nya gimana ya ? Di erha ada gak obat nya ? Kan kata orang kalo jerawat di wajah sembuh malh lari ke punggung jerawatnya.
    Oia, saya udah dua bulan ini ke erha ngilangin jerawat, memang udah ilang tapi bekas nya belom... Memang lama yah dok ngilangin nya ?
    Maaf dok banyak nanyak ...
    Mohon dijawab ya ..
    Trima kasih <3

    ReplyDelete
  80. Halo Tisa... di erha ada obat kocok yang biasa dipakai buat punggung... Tanya aja sama dokternya..

    Maslaah jerawat pindah ke punggung...Wah saya baru denger ada yang begitu... apa kamu banyak aktifitas yang bikib berkeringat, jadi punggung juga berjerawat?

    Bekas jerawat ada 3 biasanya, bekas hitam, bekas merah dan bekas lubang... Makin ke belakang saya sebutinnya makin susa hilangnya... Waktu gak bisa ditentukan...

    ReplyDelete
  81. assalamu'alaikum dok..
    saya pria yg memiliki flek hitam di muka , itu bisa nggak ya di hilangin semua ?
    aku memiliki jerawat , & cacar yang menjengkelkan di muka..
    aku ingin sekali menghilangkannya 100% bisa hilang..
    gimana ya caranya ?
    anda punya solusi dok ?
    & saya mau mencoba dermalpunch ini bisa hilang nggak ya dok ?
    pesannya dimana ?
    aku sekarang berada di tuban, jawa timur
    segera hubungi saya ya dok :'(
    083832059666
    saya sangat butuh bantuan anda
    trims

    ReplyDelete
  82. Bekas hitam masih mungkin hilang total... tapi bekas lubang/scar karena jerawat ato cacar biasa gak bisa hilang 100%...
    Dermalpunch dilakukan di klinik... jadi dokter yang mengerjakan, bukan pasien sendiri.... Coba aja tanya di klinik-klinik kulit di Jawa Timur ya...

    ReplyDelete
  83. Siang dok.. Di kaki sy ada kutil & jumlahnya ada sekitar 10. Sebelumnya sy sdh pake obat gehwol yg sy bli di apotik namun timbul kembali. Kira2 perawatan seperti apa yg terbaik & tersedia di erha clinic. Thx..

    ReplyDelete
  84. Halo... kalo udah coba obat yang dijual bebas terus masih kambuh, mendingan di kauterisasi (pake listrik, kayak disolder, dibius pake krim dulu).. atau di-cry (pake nitrogen spray suhunya -196C).... di erha ada, di RS Puri Indah juga ada...

    ReplyDelete
  85. dok kl kita yang ngedermaroller sendiri bisa gak ya dok?kan sekarang banyak tuh dermaroller yg bebas di jual..
    kira2 kl ngedermaroller sendiri resikonya apa ya dok?thanks..

    ReplyDelete
  86. Hehe sebenranya sih kalo mau hasilnya maximal, harus ada perdarahan kecil-kecil-kecil yang merata...... jadi harus dikasih krim bius dulu... Klo yang dijual bebas mungkin fungsinya cuma seperti scrub kasar aja... Hasilnya tentu beda ya....

    ReplyDelete
  87. dok , saya icha .
    saya ingin konsultasi ttg masalah kulit yg saya alami .
    saya memakai cream" cina gitu, memang kulit saya jadi bagus limit dan menjadi putih ...
    tapi , kulit saya sangat berbeda dengan kulit leher ...
    saya harus bagaimana yaah ??
    mohon sarannya ...
    terimakasih .

    ReplyDelete
  88. Halo Icha.. cara yang paling gampang tentu adalah coba pakai saja krim tersebut di leher.....

    ReplyDelete
  89. dok..kalo pake dermaroller bisa mengakibatkan Hiperpigmentasi pada kulit y?cara mengatasi agar tidak terjadi hiperpigmentasi gimana dok?apakah hiperpigmentasi bisa di hilangkan?thx dok

    ReplyDelete
  90. Semua tindakan pasti punya risiko... Pada orang kulit berwarna seperti kita... risiko yang paling sering adalah hiperpigmentasi. Untuk mengurangi risiko ini makanya diperlukan skin priming, yaitu persiapan kulit menggunakan krim-krim selama 4-6 minggu sebelumnya...

    ReplyDelete
  91. Dok, dulu saat jerawatku parah, aku berobat k dokter dan dilakukan tindakan medis. setelah itu jerawatnya sembuh tapi menimbulkan scar parah di area muka dan menimbulkan bekas permanen. Perawatan apa yang harus di lakukan untuk hasil terbaik dalam mengatasi scar jerawat tsb?

    ReplyDelete
  92. Halo... sebenarnya scar muncul tidak selalu diakibatkan oleh tindakan medis... Pada beberapa orang memang "prone to scar formation" artinya setiap jerawat memang cenderung menadji scar saat sembuh.... Yang penting kamu ingat, scar yang sudah terbentuk tak dapat pulih 100%... artinya tidak akan kembali rata... Namun jangan berkecil hati... karena dengan laser yang tersedia sekarang bisa memperbaiki scar 50-70%... Atau bisa coba dengan cara collagen induction therapy dahulu dengan dermalpunch or dermaroller.... Tapi sampai sekarang yang memberikan hasil terbaik adalah laser misalnya fraxel/pixel

    ReplyDelete
  93. dok , saya ingin tanya ...
    muka saya memang tidak terlalu bermasalah ...
    tp saya hanya ingin bekas" jerawat yg hitam" ilang , saya rasa bekas" itu sulit sekali hilangnya .
    tp terkadang jerawat saya jg sering muncul ketika mendekati msa datang bulan ...
    dan , jerawat" itu terkdang yg sering menimbulkan bekas" hitam di muka saya .
    tadinya , saya ingin melakukan perawatan di erha , tp banyak yg bilang katanya itu ketergantungan , jadi kalo ga pake lg kulit kita akan terlihat lebih kusam .
    apa itu memang benar ... ???
    dan saya ingin tanya , apa ada obat perawatan khusus yg bisa membuat kulit seluruh badan kita menjadi putih , mulus , dan bersih ....
    mohon bantuanya ...
    terimakasih dok ...

    ReplyDelete
  94. Halo... sebenarnya kamu cukup "beruntung" karena bekas kehitaman sebenarnya gak terlalu sulit hilangnya... berbeda dengan bekas kemerahan atau lubang yang sulit dipulihkan...Biasa bisa dicoba pemutih yang dijual bebas... tapi kalo gak berhasil... tentu harus ke dokter ya
    Mengenai ketergantungan obat... akan saya posting sebentar lagi... Saya nulis dulu ya....

    ReplyDelete
  95. Salam kenal Dok, saya Anny mau tanya kenapa ya dalam jangka waktu cepat semenjak berat badan turun kulit wajah saya bisa berubah terlihat seperti tidak elastis meruam seperti alergi ada bintik2 putih meyerupai jerawat kecil2 di sekitar kening pipi dan dagu, 6 bulan lalu sudah ke dokter erha dikasih AG1, AMG3,AF5,AMG2,CCMH10 DAN BP, kondsi jerawat sih membaik cuma bintik2 nya kenapa tidak menghilang ya dok dan kondisi kulit masih tidak merata masih meruam dan seperti lilin meleleh.
    tolong dok bantu analisa keadaan saya soalnya saya kurang pd karena sebelumnya belum pernah menghadapi masalah kulit wajah or jerawat seperti ini. thanks

    ReplyDelete
  96. Halo Anny, untuk mendapatkan kulit sehat dan segar diperlukan nutrisi yang cukup... Bila kamu melakukan "crash diet" biasanya kulit ikut terpengaruh... sehingga sering tampak kurang segar..
    Apakah kamu sudah kembali berkonsultasi ke dokter erha? Sebaiknya kamu konsultasi ulang... agar kondisi kulit terakhir dapat dianalisis...
    Bila saat kamu datang dan dokter di erha beranggapan kamu memeiliki kulit sensitif atau mudah merah, biasanya akan diberikan AMG3 dan
    AF5.... Namun sayangnya bila dipakai agak panjang, pada beberapa pasien dapat muncul bintik putih (millium)
    Anjuran saya sebaiknay kamu berkonsultasi ulang ya ke dokter yang biasa kamu datangi... sehingga dapat dievaluasi ulang ya... Salam

    ReplyDelete
  97. Dok mau tanya kalo CCMH 10 sendiri kegunaan nya untuk apa ya? dan mengapa sabun bp nya diberikan mengandung scrub apa tidak bermasalah kalo digunakan pada wajah yg sedang alergi? scrubnya sendiri terkadang bisa masuk ke pori2.
    thanks

    ReplyDelete
  98. CCMH isinya tretinoin untuk peremajaan tapi kadar ringan,,, scrub BP scru halus kok jadi fungsinya cuma exfoliant ringan... Kalo lagi alergi stop dulu...

    ReplyDelete
  99. dok,saya cowo 21 tahun punya masalah ama bekas jerawat,apa dermalpunch bisa atasi itu termasuk bekas yang timbul karena jerawat sudah digaruk???
    tolong dong dok biayanya berapa,kasitau ke imel aja vqanaksoleh@yahoo.co.id

    ReplyDelete
  100. Halo VQ.. sorry semua pertanyaan dijawabnya langsung di blog ya... biar yg lain juga bisa baca
    Dermalpunch buat bekas jerawat bisa... cuma yg perlu kamu tahu lubang bekas jerawat tetap gak akan hilang 100%.... membaik bisa...
    Harganya klo gak salah berkisar 700-800 ribu pertreatment ya...

    ReplyDelete
  101. termasuk yang udah kegaruk kan dok?
    trus,berapa kali treatment tuh dok optimalnya?
    kalo dokter sendiri prakteknya dimana.mau nyoba nih,tapi sama dr.susie sendiri karena merasa tertarik setelah liat2 blognya.

    ReplyDelete
  102. Hehe kok bisa kegaruk ya? dalam lukanya? Kalo gak dalam biasa masih ada hasilnya... Hasil maksimal setelah 4-6x treatment. saya praktek di RS Puri Indah, RS Pondok Indah... di erha juga tapi adanya dermaroller...

    ReplyDelete
  103. tangannya suka ngegaruk sih dok.hehe
    gak dalem,tapi jadi luka2 lecet kecil gitu dok.
    mang bagusan mana dermaroller atw dermalpunch?

    ReplyDelete
  104. haslu lebih merata dengan dermalpunch.....

    ReplyDelete
  105. maksudnya hasilnya lebih merata dengan dermalpunch... trus bisa fokus ke lubang yg agak dalam...

    ReplyDelete
  106. dok sus,saya tertarik dengan perawatan dermalpunch,tapi,apa udah ada yang buka praktiknya di luar jakarta?

    ReplyDelete
  107. Coba kamu cari dermaroller dech.. kemungkinan besar ada kok di kota besar...

    ReplyDelete
  108. Makassar ada gak dok?
    sapatau ada kerabat dokter yang juga buka praktek sama di makassar. thanks before dok.

    ReplyDelete
  109. Halo... coba dech kamu ke erha Makassar.. harusnya ada dermaroller

    ReplyDelete
  110. Salam Kenal Dok, saya Anita mau tanya gmana caranya menghilangkan millium ya dok, apakah harus di facial? ada gak cara lain tuk menghilangkannya. kalau pakai cream saja bisa hilang gak ya dok? dan kira2 harus pakai cara apa ya supaya bisa cepat hilang? thanks

    ReplyDelete
  111. Halo Anta... ngilangin milium emg gak gampang... krn gak ada jalan keluarnya.. beda sama komedo biasa... Kalo milium biasanya harus dibuat lubang kecil dulu baru dikeluarin... Cara buat lubang bisa dgn tusuk biasa dengan jarum, pakai laser atau kauter... Klo pake obat yg sifatnya komedolitik misalnya tretinoin bisa juga sih... cuma mesti sabar... soalnya lamaaaa

    ReplyDelete
  112. sorry maksudnya Anita... ngetiknya keceptan...

    ReplyDelete
  113. dok pengen nanya..hidung saya permukaan kulitnya tidak rata,ada gundukan2 gitu deh dok tapi bukan komedo (bukan di pori2nya)..udah ada sejak SMA dulu..sebenarnya gundukan itu apa ya dok soalnya aku pencet dari dulu juga gak keluar apa2 (gak ada komedo, nanah, darah)..trus penanganannya di erha tuh gimana dok klo kasus kayak punyaku..

    ReplyDelete
  114. Halo Rudy.. kelainan di hidung kamu adalah hiperplasia sebasea... jadi ukuran kelenjar minyak besar-besar... tapi gak bisa kamu pencet karena istilahnya pabriknya yg besar... mungkin hasil produksinya (minyaknya) biasa aja... Biasa di laser CO2... tapi perlu beberapa sesi... namun ada juga yg gak berhasil ya... ada yg berhasil setelah 4-5 sesi

    ReplyDelete
  115. malam Dr.Susie, salam kenal...saya mau menanyakan bbrp hal, kulit wajah saya tdk berjerawat, tp pori2 besar & oily.

    mgg lalu saya melakukan TCA chemical peeling, kmdn efeknya adl kulit wajah saya menjadi spt hangus, di hari ke 5 mulai mengelupas & skrg hasil kelupasannya menjadi pink. apakah penggunaan alat cryotherapy utk membantu memulihkan kulit wajah saya bs Dr? kok saya baca alat Cryotherapy itu utk menyembuhkan kanker?

    selain itu Dr. apakah kulit wajah saya akan nelang? sm kira2 brp lama?

    tolong Dr....semoga jawaban Dr sedikit meringankan beban saya....Terima kasih

    ReplyDelete
  116. Halo Dessy, setelah peeling TCA memang wajah akan coklat dahulu sebelum mengelupas...
    Untuk apa di-cryotherapy? siapa yang menganjurkan? Biasanya sih muka bersih dalam 1-2 minggu setelah peeling TCA.. oya TCA nya berapa persen?

    ReplyDelete
  117. Hi dok, saya anita mau tanya, kalo untuk perawatan kulit berjerawat biasanya berapa lama ya paling cepat?, dan mengapa ya obat yang di kasih selalu membuat kulit wajah tebal kering kasar merah kencang terkelupas sebenarnya proses itu harus terjadi terus ya selama perawatan dan pemakaian obat tsb? kurang nyaman ya dok kalo seperti itu trus mohon penjelasannya. Thanks GBU

    ReplyDelete
  118. Halo anita.. perawatan kulit berjerawat biasanya perlu waktu 4-6 bulan untuk bersih... gak ada hasil instant ya
    Menjadi kering karena biasanya sengaja dibuat lebih kering agar jerawat yang tumbuh menjadi minimal.... Setelah jeraat bersih biasany mulai perawatn untuk memperbaiki wajah dan menghilangkan bekas... pada tahap ini biasanya ada sedikit pengelupasan...tapi gak terus menerus biasanya beberapa minggu...

    ReplyDelete
  119. salam kenal dok,
    dok saya farhan masih 15tahun
    sekitar 1tahun lalu saya memiliki jerawat dan sudah ingin kempes tapi karena tangan saya iseng jadi saya pencetin deh jerawat yang udah kempes itu
    alhasil spot spot yang saya pencetin dan memerah
    selama 1 tahun ini saya melakukan penyembuhan ala rumahan dan tradisonal dengan menggunakan jeruk nipis,karena saya masih takut untuk di macem macemin

    tapi sekarang semua nya udah sembuh namun meninggal kan EPA gitu dok tapi hanya sedikit dan sedikit mencekung
    yang saya mau tanyakan gimana yaa cara ilangin bekas merah nya?
    dan berapa waktu yang di butuhkan dengan EPA yang sedikit dan tidak terlalu parah in dok?

    maksih sebelum nya

    ReplyDelete
  120. Halo Farhan.... bekas kemerahan (EPA) memang gak mudah dihilangkan ya..
    Pada beberapa orang bisa pulih perlahan tanpa pengobatan... tapi ada juga yang bertahan lama... biasa dicoba dengan krim yang mengandung preparat azelaic acid... kalo gak berhasil juga berarti perlu dilaser... biasanya pakai laser v-beam

    ReplyDelete
  121. makasih ya dok atas jawaban nya

    saya mau tanya lagi nih dok
    kan sebelum nya dokter pernah menjawab pertanyaan anonymous kalau

    "Pada beberapa orang bisa hilang sendiri, tapi ada juga yang sulit hilang walau telah ditunggu dalam hitungan bulan. ?untuk yang sulit hilang dan sudah ditunggu selama 3-4 bulan tanpa perubahan,biasa saya menganjurkan laser v-beam"

    kan umur saya masih dapat dibilang masa pertumbuhan,kira kira ada gak kemungkinan untuk bisa sembuh dengan sendiri nya?atau bisa gak tumbuh sel sel kulit baru lagi agar bisa nutupin si EPA ini?
    oh iya dok kira kira laser vbeam aman gak untuk di gunakan ke kulit ke anak seumuran saya?
    saya jadi minder nih dok selama ada si EPA ini,

    sekali lagi makasih dok..
    -farhan

    ReplyDelete
  122. Halo Farhan... untuk menilai bisa sembuh sendiri apa gaknya.. maka harus ditunggu untuk beberapa lama misalanya 3-4 bulan...
    Kalo gak membaik juga dalam kurun waktu segitu.. biasanya bakal lamaaaaaa banget membaiknya... mendingan v-beam aja...
    Laser aman kok karena bekerja sangat spesifik.... gak ada maslah buat seumuran kamu...
    Browsing aja dulu tentang vbeam ya

    ReplyDelete
  123. ok dok makasih banyak atas jawaban nya hehe..

    ReplyDelete
  124. maaf dok mau nanya
    bisa gak kasih contoh obat yang mengandung preparat azelaic acid
    soal nya aku udah brows gak ketemu ketemu.. :(

    ReplyDelete
  125. Mmg jarang tersedia... kebanyakan udah dalam bentuk racikan... Lagipula gak ada yang dijual bebas...

    ReplyDelete
  126. terus untuk bisa dapetin nya saya harus konsul dulu ya dok?biar bisa di racik sama dokter nya..

    ReplyDelete
  127. Bukan masalah konsul sih... azelaic acid punya sifat iritatif... biar dokter kamu bisa menilai dan mengevaluasi apakah pemberian azelaic acid bisa langsung diberikan ataukah dicampur treatment lain dahulu... Selamat berobat ya...

    ReplyDelete
  128. oh gitu
    oke deh dok
    saran saran dokter membuat saya jadi semangat 45 hehe

    ReplyDelete
  129. halo dokter..salam kenal ya...
    nama saya Venni.Gini dok,saya kan di erha juga dgn dokter sondang, baru 3 kali pertemuan si, dan kemarin itu konsul yg ke3,karna bekas jerawat yg merah-merah msh belum hilang jd dr.sondang bilang akan dilaser kalau konsul selanjutnya belum hilang juga merah-merahnya, waduhh saya pikir biayanya pst mahal bgt ya dok?trus serem jg kalo denger kata2 laser
    hehehee...
    nah efek samping dr laser apa ya dok?apa itu pst bisa hilangin?soalnya merah-merah bekas jerawatnya jg cuma dikit si...

    Maaf ya dokter, panjang bgt curhatnya hehe
    trima kasih byk atas perhatiannya

    ReplyDelete
  130. Bekas merah disebut juga EPA... biasa dilaser v-beam... coba kamu browsing aja tentang laser ini.. Harganya di erha hitungan per pulsa..klo gak salah 15 pulsa pertama 400 rb..Biasa hasil bagus.. cuma gak bisa sekali ya

    ReplyDelete
  131. dok mau tanya, dermaroller itu bisa buat menghilangkan keloid gak ya?.. kalau tidak bisa perawatan apa ya yg efektif untuk menghilangkan keloid?

    ReplyDelete
  132. Halo... keloid biasanya disuntik dengan triamcinolone.. perlu 10-15x... walaupuna da yg 3-5x sudah membaik...lebih baik digabung dengan cryotherapy....
    Salam

    ReplyDelete
  133. dok...saya seorang pria berumur 31thn dan ingin bertanya kenapa alat kelamin saya mengeluarkan nanah terus menerus. tapi nanah nya itu tidak bau.
    menurut dokter saya kena penyakit apa yah??? thx dok

    ReplyDelete
  134. Wah kamu nanyanya di artikel yang salah neh.... :)
    Check aja sebenarnya apa sih isi nanahnya? Apakah ada kumannya? ataukah terkena prostatitis... Mesti cek ke dokter terdekat ya...

    ReplyDelete
  135. oh gt ya dok..oke nanti saya browse mengenai laser v-beam..

    thx a lot dokter

    ReplyDelete
  136. dok saya dewa
    mau nanya dok kok setiap saya berjerawat bekas nya menjadi merah,padahal gak saya pencetin
    saya tau itu nama nya epa
    tapi apa ya dok penyebab epa itu?

    ReplyDelete
  137. Halo Dewa... sampe skarang gak diketahui penyebab epa...cuma yang saya perhatikan ada orang tertentu epanya mudah hilang...sebagian susah hilang..
    Tapi biasanya lebih sering pada jerawat yang meradang... jadi bila kamu mengobati dengan cepat supaya peradangan berkurang, maka risiko epa juga berkurang
    semoga jawaban membantu ya

    ReplyDelete
  138. dok, kalo paket dermaroller ituu 5 juta udah 5 kali dlm interval 2 minggu yaa? jadi memakan waktu 2 bulan yaa? kalo laser buat bekas lubang jerawat kira2 berapa yaa? kmrn sy di rujuk dari erha bogor ke kemangisan

    ReplyDelete
  139. Harga dermaroller di erha bervariasi, kalo gak salah ada 3 grade... Laser buat lubang jeraawt juga tergantung lasernya... smartxide atau fraxel... juga tergantung areanya... Sudah coba langsung telp erha kemanggisan? 536 66070

    ReplyDelete
  140. hai dok,sy mau tanya..sy ada problem bopeng bekas jerawat kmdn ke dokter di lakukan dermaroller,stlh 1mgg hasilnya lumayan bagus utk bopeng nya tp kok skrg timbul flek ya dok.kenapa dan gimana nih biar fleknya hilang.thanks

    ReplyDelete
  141. Apakah sebelum diroller sudah pakai krim malam? untuk persiapan kulitnya.... Biasanya pasca tindakan juga diberikan krim malam untuk terus merangsang kolagen dan menjaga kulit terus membaik...

    ReplyDelete
  142. salam kenal dok,,,problem sy adalah flek hitam di wajah...pdhl waktu pertama kali sy melakukan perawatan di erha fleknya msh sedikit tp setelah perawatan dan chemical peeling fleknya malah semakin banyak....kira2 kalau dilaser bs hilang total tidak? dan apakah cukup sekali laser atau beberapa kali? thanks dok.......

    ReplyDelete
  143. Dok, mau tanya dok, saya ibu hamil pengguna erha dgn usia kehamilan 4 bulan, saya dkasih obt acs bp, amg 2 dan af 1 serta amg 1, apakah obat2 tsb aman bagi ibu hamil?

    ReplyDelete
  144. HAlo yang sedang bermasalah dengan flek...
    Untuk tipe flek yang dalam, misalnya nevus hori (yg sering di area tulang pipi dan sudut mata), maka kejadian seperti yang kamu alami sering terjadi. Hal ini terjadi karena flek yang dalam sulit dihilangkan, sedangkan area kulit lain yang tidak bermsalah mudah menjadi cerah... Sehingga dengan area sekitar yang lebih terang, flek menjadi seakan-akan lebih hitam...
    Bila terjadi seperti itu, yang harus dilakukan memang tindakan laser...sayangnya perlu 5-10 kali... Bisa hilang sampai 90%

    ReplyDelete
  145. Halo Nessa...semua obat yang kamu pakai untuk jerawat...aman kok buat hamil....asal jangan minum obat dan pakai pemutih ya...

    ReplyDelete
  146. dok,sebelum di dermaroller sy sdh pakai krim malam kok..tp bbrp hr stlh nya pipi sy timbul flek.bagaimana dok cara m'hilangkan fleknya..:'( dan kira2 brp lama bisa hilang??thx ya dok..btw,nama sy liana..salam kenal

    ReplyDelete
  147. Liana...lebih baik kamu kembali ke dokter kamu dan tanyakan apa yang kamu harus kamu lakukan.... Pemakaian krim malam yang mengandung tretinoin dan pemutih biasanya diberikan...hilangnya flek bervariasi waktunya...yang penting juga jangan lupa pake sunblok

    ReplyDelete
  148. dok
    apa di dokter bisa suntik vit c+kolagen?
    apa suntik itu bisa buat kulit jadi putih?
    dan berapa tarif nya dok?

    thomas

    ReplyDelete
  149. Halo suntik vitamin C bikin lebih cerah..tapi sebenarnya gak mengubah warna kulit lho ya.... seputih-putihnya seseorang gak bisa dibuat melampaui putih dasarnya (liat warna lengan atas bagian dalam kamu)..
    Di erha ada... di RS Puri gak sedia... coba aja langsung cek ke erha ya... tapi gak pake kolagen, pakenya plasenta dan glutation...

    ReplyDelete
  150. sy andri Dok Saya punya masalah scar jerawat yg dalam sy sering perawatan, facial dan feeling, jerawatnya dikeluar2in pk jarum dok tp sekarang ko' scar jerawat saya makin banyak yah dok. sya sudah pernah melakukan treatment di salah satu klinik kecantikan namanya D'GR**N dengan dermarollernya udah 3 kali kok saya pikir g keliatan hasilnya awalnya memang rata dengan kulit lainnya tp setelah sembuh merahnya lubangnya keliatan lagi dok.dokter selalu mengatakan laser lebih baik, sy mau tanya kl di laser biayanya berapa dan butuh brp kl treatment karena scarnya parah, mulai dr pipi keatas?maaf dok kepanjangan mohon dijawab.

    ReplyDelete
  151. Halo...memang laser biasanya lebih bagus...tapi mmg juga lebih mahal ya... coba dech kamu browsing tentang laser fraxel..fractonated CO2 laser...
    Harganya bervariasi tergantung klinik mana yang kamu kunjungi... Coba juga browsing tentang smartxide dot ya....
    Treatment biasanya 4-6x... selang 1 bulan..

    ReplyDelete
  152. hallo dok..sy intan..dlu sy prnah d drmaroller 4-5x hasil udh bgus tpi trus sy jerwt lg dn sy suntik jrwt knacort y..trus jd bopeng yg dalam krn sringkali dsuntik utk daerah yg sama..tpi itu gk byk sich cuma didaerah kanan kri dibwh bibir bwh..trus abis it sy pixel..tpi gk ngefk dn malah minmbulkn bkas luka yg kehitaman..dn jg mlah nimbulkn efek merah yg gk jg hilang stlah hmpr 1 bln..trus sy konsultasi k doktr kulit lain katany..sy hrus d lser v beam..dn ktny utk scar sy yg dalam tpi tdk byk it tindakan yg efektif pke filler darah qt sendiri..sy mo tany bner gk it tindakan yg t efektif..bgus mna filler darah dg drmalpunch?..ato tindakan apa mnrut dokt yg plg efektif utk scar yg dalem?..trimakasih..

    ReplyDelete
  153. Injeksi kenacort memang gak diangjurkan dilakukan berulang untuk area yang sama...tapi untungnya biasanya dekok krn suntik jerawat efeknya tak permanen...secara eprlahan akan pulih...
    Yang bagus ada dermalpunch tapi kemudian dioleskan dengan PRP yang diambil dari darah sendiri yang udah diroses....

    ReplyDelete
  154. biayanya biasanya berapa untuk perawatan tersebut ?

    ReplyDelete
  155. Halo Rizal..
    dermalpunch diPuri sekitar 800 rb ya... belum PRP.. PRP sekitar 700rb..

    ReplyDelete
  156. Dok, saya reza punya scar bekas jerawat cukup parah klu tidak salah jenis ice pick, saya sudah menjalani dermaroller satu paket hasilnya cukup lumayanlah walau belum puas betul, dulu wajah saya berminyak, tapi semenjak didermaroller kenapa jadi cendrung kering dan mengelupas?..saya ingin memperbaiki lagi scarnya...apakah lebih bagus dermaroller lagi..baru lanjut operasi fraxel atau langsung saja operasi fraxel..tks

    ReplyDelete
  157. halo dok., sy adi mau nany dok tntng laser fractional..
    Apakh itw bz mnybbkn kanker yah dok ?? Truz kalo mank aman, kra2 brapa persen dok amanny laser fractional ini ?
    Soalny mgu dpan sy mau nyoba laser ini dok.. Makasih yah dok..

    ReplyDelete
  158. @ Reza... sebenarnya utk tipe icepick lebih bagus fraxel... ini laser ya..bukan operasi..
    Biasa yang membuat kering secara jangka panjang adalah krim yang digunakan..

    ReplyDelete
  159. @Adi... kanker kulit adalah kejadian yang harus diikuti secara kohor....gak bisa dilihat dalam jangka pendek...biasa terlihat puluhan tahun kemudian..dengan keterlibatan berbagai faktor..
    Jadi krn laser fractional termasuk baru sulit untuk mengaitkannya dengan kanker kulit....
    Berapa persen amannya gak bisa dijawab karena menyangkut banyak aspek...keamanan terhadap apa? Atau masalah efek samping...
    Sudah konsultasi dengan dokter yg akan mengerjakannya khan?

    ReplyDelete
  160. keamann trhdp efek smpingnya dok ? Zpti mnculnya keloid n muka jd snsitif bgt stlh proses pnymbuhannya dok, dll.,
    konsul sdah tp lupa nanya ttg mslh yg ini dok. Hehe.. N jg tmpt ku ma dkter itw bda kota jdny jauh..
    Jd dok sbaikny gman, apkh sy ttp laser atw tdak ?
    Mhn jwbnya dok.,
    thx..

    ReplyDelete
  161. Keloid bisa saja terjadi pada orang yang memiliki bakat kelud..tapi kasusunya gak banyak... pada beberapa orang muka menjadi lebih sering merah pasca laser fractional...tapi gak banyak juga..
    Soal tetap laser atau tidak, mendingan langsung tanya ke dokter yang melihat langsung kondisi kulit kamu ya...

    ReplyDelete
  162. dok,
    pengobatan untuk Hori’s nevus di jakarta yang terpecaya ada dimana ya? say atakut ke ERHA karena dengar mereka banyak memberikan krim muka dan obat yang membuat kulit kita malah semakin sensitive (tergantung hanya kepada obat mereka saja, begitu tidak pakai lagi, makin parah).
    Terima kasih banyak dok!!!

    ReplyDelete
  163. brrti dok stlah pasca fractional ini muka gg merah lg yahh dokk ??
    makasih yah dok atas smua jwbnnya..

    ReplyDelete
  164. Adi... saya gak bilang muka gak merah lagi ya...krn pada beberaa orang terutama yang mukanya sensitive...juga menjadi lebih sering merah...
    Mendingan kau nkonsultasi lebih lanjut dengan dokter yang nganjurin kamu fraxl ya...biar enak

    ReplyDelete
  165. Pengobatan nevus hori dimana aja sama... biasanya gak banyak berhasil dengan krim...yang paling bagus tetap laser..biasanya pake laser Nd-YAG...
    tapi perlu 5-10 sesi...

    Semua klinik kulit dan dokter kulit biasanya pakai krim dasar yang sama... mulai dari tretinoin, hidroquinon, aha, pha, dll... tinggal bagaimana komunikasi dengan pasien maunya gimana...namun gak selalu bisa diturutin lho ya... :)..salam

    ReplyDelete
  166. dok,
    terima kasih info ttg hori's nevusnya. apakah dokter bisa melakukan tindakan laser ini?
    Dan kalau boleh tau, apakah laser yang dipakai QS 532nm Nd:YAG, kombinasi dengan QS 1064nm Nd:YAG laser?
    Maaf ya kalau terlalu technical, soalnya banyak info beredar, saya hanya mau jelasnya saja.

    Terima kasih!!

    ReplyDelete
  167. Pakai QS Nd-YAG 1064nm...karena letak nevus hori dalam makanya perlu laser...

    ReplyDelete
  168. dok,
    terima kasih. Nanti saya di jakarta akan hubungi dokter.

    ReplyDelete
  169. dok,saya banyak bekas jerawat di muka..kalo baca dari definisinya, kayanya ice pick scar deh..perawatan apa yang tepat untuk saya yah dok?kalau perawatan gitu, saya perlu pakai krim-krimnya juga ga yah?karena sejujurnya saya tidak mau pakai krim dokter lagi..

    ReplyDelete
  170. Ice pick scar paling susah ya... di beberapa negara lain ada yg coba pake totol TCA konsentrasi tinggi..cuma risiko bekasnya jadi putih...
    Paling bagus dengan laser...tapi tetap angka kekberhasilan untuk icepick cuma 50% an... itu juga perlu priming pake krim...
    Gak pake krim...gak bisa dikerjain apa-apap...krim untuk priming atau persiapan kulit... Gak priming risiko bekas lebih nyata...

    ReplyDelete
  171. slmt pagi dok, saya nova..saya sudah berobat ke erha kemanggisan dan sudah 2x ganti dokter,di pipi saya timbul bruntusan2 kecil dan tidak ada isinya..ini termasuk milia bukan ya dok? dan kyknya smakin bertmbah, dg dokter yg pertama saya disarankan untuk laser co2 dan memang ktnya harus berulang kali baru bs hilang..( muaahaal dok hehehe), trus dg dokter yg ke 2 saya disarankan untuk peeling aja secara rutin, memang tidak menghilangkan tp minimal menyamaratakan dg tekstur kulit nya,hopeless nii dok..ga enak bgt liatnya..muka udah berseri tp ada bruntusan :(, saran dokter gmn? dokter praktek di erha kemanggisan ga? tks b4 dok ;)

    ReplyDelete
  172. Halo Nova... mungkin aja milia...apalagi klo dokternya pernah bilang begitu..hehehe saya gak liat sih...

    Milia emng susah ya... biasanya tetap harus dikeluarkan..cuma jangan fasial karena di erha beautician gak dikasih pake jarum...

    Beenernya kalo pengeluasan terus terjadi dengan baik..milia lama-lama bersih..cuma bisa lamaaaaa banget.. :)

    Saya praktek kok di erha kemanggisan..

    ReplyDelete
  173. tks dok, saran dokter gmn? atau saya ke dokter susie dulu yah ;),dokter hari sabtu praktek ga?
    kalo facial utk milia saran dokter saya facial kemana ya dok? tks dok ;)

    ReplyDelete
  174. Milia jangan difacial sembarangan...klo gak bersih malah jadi jerawat.. :(

    Saya gak praktek sabtu...cuma selasa n kamis j15-20

    ReplyDelete
  175. milia harus dikeluarin..bisa pake laser, ellman atau jarum biasa..tergantung kedalaman..

    ReplyDelete
  176. Halo bu dokter Susie
    Saya memiliki hidung yg scar-nya sangat banyak, pernah di couter agak dalam dengan dokter di daerah dewi sartika tapi malah tambah dalam karena menurut dokter tsb kulit baru akan tumbuh, itu kejadian 10 tahunan lalu, saya jdi trauma dok...saya pernah konsultasi dengan bbrpa dokter, katanya agak susah utk scar di hidung karena itu adalah tulang rawan, saya pernah melakukan dermaroller, microdermabrasi, dan peeling tapi hasilnya tdk memuaskan, fraxel di erha pernah saya lakukan tapi hanya sekali....kapan dan di erha mana dokter Susie prakteknya ya?terima kasih dokter

    salam
    Rick

    ReplyDelete
  177. Hasil fraxelnya gimana? coba dech browsing ttg TCA untuk scar ice pick..
    Saya praktek di erha kemanggisan...selasa n kamis 15-20

    ReplyDelete
  178. halo bu dokter Susie..terima kasih buat reply-nya yang cepat...mungkin karena baru sekali fraxel jadinya hasilnya belum kelihatan, dlu saya fraxel di erha gading, one day saya akan konsultasi ke dokter susie yah, cari waktu biar bisa ktemu di selasa atau kamis, terima kasih banyak dokter

    salam
    Rick

    ReplyDelete
  179. Sy Tri, Dok, thumbs up buat blog dokter. Dokter sangat sabar membalas pertanyaan2 disini.

    Sebelumnya saya dengar tentang dermaroller, tp sy lbh tertarik Punch Dermall setelah membaca bbrp penjelasan disini. Pertanyaan saya :
    1. Harga 700 - 800 rb/treatment blm termasuk PRP 700rb, PRP itu apa ya? apakah hrg itu sdh termasuk biaya alat dan dokter? Bisa sy minta harga detailnya dok termasuk hrg konsulnya. Sorry sy mau buat budget untuk treatment.
    2. Scare sy tidak terlalu bnyk hny di ada bbrp dipipi, kira2 perlu brp kali treatment ya?
    3. Tolong advice dok, dermaroller sama punch dermall lbh bgs mana? sy dengar jarum punch dermall lbh kecil jd rasa sakitnya minim, dan jarum sekali pakai saja jd tdk sakit krn jarum tdk tumpul.Apa benar?

    Rencana sy mau konsul di RS. Puri Indah, tidak jauh sih dari rumah.

    Maaf bnyk tanya :-) Thx bgt dok bantuannya

    Salam,
    Tri

    ReplyDelete
  180. Hslo Tri....thx for the compliments ya..

    Itu cuma harga dermalpunch aja... kamu telp ke RS Puri Indah aja ya untuk detail harga.. 25 695 222

    Medingan dilihat dulu apakah emng perlu diroller scarnya... atau perlu subsisi saja kalo cuma sedikit...

    Dermalpunch hasil bleeding lebih homogen dan lebih bisa diatur... Basically tergantung yg ngerjain juga...

    ReplyDelete
  181. Selamat siang dokter Susie, salam Kenal saya Heru dok. Saya mau Tanya klau hilangin bekas cacar air gimana ya dok? Caz bekasnya hitam2 and udah satu tahun belum hilang2 juga dok! Mohon informasi pengobatannya dok! Bagaimana ngilangin bekas cacar tersebut. Terima kasih dok.

    ReplyDelete
  182. Halo Heru...kalo bekasnya hitam bisa dicoba pake hidroquinon 2% dulu yg biasa dijual bebas ya...tanya aja ke apotik krn mereknya banyak... Coba minimal 1 bulan ya...hindari sinar matahri klo pake pemutih ya

    ReplyDelete
  183. Terima kasih dokter Susie Atas infomasinya. Saya Akan coba Dok. Saya mau Tanya dok. Kenapa waktu saya lagi masa cacar air, dokter saya menganjur Pakai parutan jagung muda. Katanya biar bekasnya hilang. Tapi malah kebalikannya dok. Malah bekasnya hitam and Ada scar2 gth dok!! Dokter Susie mau Tanya lagi dok: klau jerawat di punggung hilanginnya gimana ya dok? Caz udah lama juga gak hilang2. Maaf dok saya banyak bertanya. Terima kasih dokter Susie. selamat Pagi.

    ReplyDelete
  184. Hahah...krn selama ini awam percaay jagung muda punya efek whitening dan mencerahkan... tapi sebenarnya gak boleh dipakai saat belum kering lukanya

    Buat jerawat punggung, coba aja dulu sabun antijerawat...kurangi aktifitas yang buat berkeringat...

    ReplyDelete
  185. hi dok, tks a lot balasannya..kalo facial di erha utk milia bisa ga dok? kyknya di erha ga pake jarum kan dok?
    hhmm..saya pengen konsul lgs ke erha dok, tp hari kerja ya dok :(, nanti saya usahain deh ktm dokter lgs biar dokter jg bisa liat dan kasih jalan keluar utk ngilangin milia2 nakal ini,tks dok ;)

    Nova

    ReplyDelete
  186. Di erha, gak bisa facial untuk milia...krn beautician gak boleh pake jarum...pdhal untuk ngeluarin milia harus pake jarum...jadi dokter yang ngerjain... Bisa juga pake laser atau ellman...

    ReplyDelete
  187. ellman itu gmn dok? kalo laser lumayan lama hilang bekas lukanya dok,hhmm kalo saya konsul ke dokter susie di erha bs dikeluarkan ga dok milia nya pake jarum?..
    utk ellman sendiri biaya nya brp dok kisarannya? tks a lot dok ;)

    Nova

    ReplyDelete
  188. Ellman lebih mahal dari manual...tapi saya pribadi lebih seneng ngerjain manual karena bekas lebih cepet hilang karena gak ada efek panasnya...

    ReplyDelete
  189. Hi Dok, saya mau tanya kalau menggunakan krim Aselo itu apakah berbahaya untuk wanita hamil?
    apakah kegunaan dari aselo tsb?
    sedangkan utk strecth mark yang muncul pada masa kehamilan apakah dengan perawatan setelah melahirkan dapat dihilangkan? kalau bisa, dengan krim apa atau harus dgn perawatan?

    ReplyDelete
  190. hehehe boleh nanya lg ya dok..kalo manual biaya nya brp utk 1 milia dok? atau ada minimal spt biaya laser? tks dok

    Nova

    ReplyDelete
  191. Halo untuk yang nanya tentang hamil...
    Krim aselo bisa buat alergi, gatal terutama karena aksim...
    Untuk wanita hamil, boleh aja, tapi jangan lama-lama... sebutuhnya aja...bukan untuk pencegahan ya
    Strecth mark sulit dihilangkan...baca tulisan saya tentang strect mark ya di blog ini juga kok...

    ReplyDelete
  192. @ Nova: wah saya gak bakal mau ngitungin jumlah milia lah,.,..repot amat...
    Bervariasi tergantung banyaknya kira-kira... berhubungan dengan lama pengerjaan... biasanya 200-500rban....

    ReplyDelete
  193. Mlm Dokter Susie. Saya heru dok. Saya udah Pakai hidroquinon 5% buat hilangin bekas cacar yg hitam2 dok. Di Pakai obatnya memang membuat kulit itu merah2 ya Dok? Dok. Klau boleh tahu cara hilangin bekas cacar yang lebih cepat selain Pakai obat hidroquinon. Misal di laser gth dok? Mohon infonya dok!! Terima kasih.

    ReplyDelete
  194. Pakenya tipis2 aja yaaaa.... trus jgn lupa pake sunblok..
    Boleh aja dilaser kalo mau...tapi coba hidroquinon dulu 1 bulan lah...

    ReplyDelete
  195. Ok. Dok. Saya coba satu bulan. Semoga bekasnya hilang. Amin!! Btw klau di laser Dok, nama lasernya apa dok? Thanks Dok, bwt infonya.

    ReplyDelete
  196. Laser Nd- YAG...semoga berhasil ya pake krim aja..

    ReplyDelete
  197. Dok..kembali dg pertanyaan ku seputar milia hehehe jgn bosen ya Dok, kalo untuk makanan, makanan apa yg bisa buat ngurangin milia dok..dan apa yg harus di hindari, tks a lot dok..hope I'll be meet U soon ;)

    Nova

    ReplyDelete

Sebutkan nama terlebih dahulu, bila ingin mendapatkan respons...thank you.. Tanpa nama akan langsung saya hapus ya......

Note: Only a member of this blog may post a comment.