Halo semua rekan yang tertarik dengan kesehatan kulit, semoga artikelnya berguna... Ditunggu selalu komentar dan inputnya... Khusus untuk intermezzo, adalah pengalaman unik selama praktek yang menurut saya cukup menarik untuk dishare... Happy reading...

Sunday, January 3, 2010

Dokter, lulusan mana ya??

Seberapa penting ya jawaban untuk pertanyaan di atas? Kayaknya selama saya praktek, sudah tidak terhitung banyaknya pasien yang menanyakan hal ini. Kenapa ya??Pentingkah untuk dijawab?

Apakah karena saya berwajah oriental sehingga orang meragukan almamater saya ya? Hahaha, mungkin ya... Karena biasanya setelah saya jawab saya lulusan UI, baru mereka diam... sejenak saja :)... dilanjutkan dengan pertanyaan berikutnya ambil spesialisasinya dimana dok? Yaelahh, belum puas juga ternyata.... Biasa saya jawab saya dari UI, baik dokter umum maupun spesialisnya.... baru mereka diam... kali ini beneran.. hahaha...Mungkin mereka baru yakin kalau saya akan melakukan yang terbaik untuk membantu mengatasi masalah kulit mereka.....


Pertanyaannya sekarang apakah benar dokter lulusan swasta tidak sebaik dokter lulusan fakultas kedokteran negeri? Apakah benar dokter lulusan FK negeri lebih berkualitas??

Jawabannya iya dan tidak.

Harusnya iya karena FK negeri biasanya memiliki RS pendidikan dengan pasien sangat ramai, sehingga calon dokter mendapat banyak kesempatan untuk belajar banyak sebelum terjun ke masyarakat... Bagi yang mau tentunya....
Bingung kenapa bagi yang mau?? Karena selama saya kuliah dokter umum di UI selama 6 tahun, banyak juga yang malas dan gak peduli... yang mungkin benernya gak minat jadi dokter, tapi mungkin ortunya dokter, sehingga didorong ambil FK juga. Coba deh ada lembaga survei yang mendata berapa persen sih dokter lulusan UI yang bener-bener praktek jadi dokter??

Mungkin juga jawabannya tidak, karena saya kenal beberapa dokter lulusan swasta yang ok punya... bertanggung jawab dan mau bekerja keras. Mungkin karena mereka membayar mahal saat pendidikan, sehingga mereka berusaha mendapatkan yang terbaik..

Jawaban yang paling benar adalah tergantung orangnya..... Ini berlaku di semua hal kan....

Any comments? hahaha

4 comments:

  1. Hahahah....ini seperti pertanyaan yang tidak bermutu, tapi penting untuk diketahui pasien yah dok. Saya jadi teringat curhat teman sekolah saya, yang sudah dokter spesialis patologi anatomi, yang lebih suka bekerja di lab dan mengajar di FK. Salah satu alasannya tidak bisa berpura-pura ramah dengan pertanyaan pasien yang tidak penting2 dan tidak sabar menghadapi kritikan pasien yang katanya belum tentu ngerti persoalan. Apalagi pasien kayak saya katanya, penyakit ringan pertanyaannya berat...... hahahah. Thanks dr. Susie.

    ReplyDelete
  2. Hehehe... Kalo saya sih gak terlalu pusing sebenarnya dengan pertanyaan pasien.... soalnya mungkin saya bisa lebih cerewet dari mereka....

    ReplyDelete
  3. hallo dokter nama saya yanti
    dokter saya kan ambil paket 5x fractional laser co2. saya ga tau kalau muka saya akan berwarna kehitaman seperti disetrika. katanya sih 5 atau 7 hari akan ngelupas sendiri. benarkah itu dokter? apakah saya lanjutin atau tidak ya dok. mohon kasih tau baiknya dok. thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang penyembuhan perlu waktu.... Tapi klo muka sangat sensitif, bisa lebih panjang utk kesembuhannya... Untuk memutuskan apakah Akan dilanjutkan atau tidak, nunggu sembuh dulu ya

      Delete

Sebutkan nama terlebih dahulu, bila ingin mendapatkan respons...thank you.. Tanpa nama akan langsung saya hapus ya......

Note: Only a member of this blog may post a comment.