Halo semua rekan yang tertarik dengan kesehatan kulit, semoga artikelnya berguna... Ditunggu selalu komentar dan inputnya... Khusus untuk intermezzo, adalah pengalaman unik selama praktek yang menurut saya cukup menarik untuk dishare... Happy reading...

Thursday, January 28, 2010

RAMBUT RONTOK: ancaman untuk mahkota kepala

Saya teringat suatu iklan shampoo di televisi pada masa lalu (kalau tidak salah ingatan tentunya… :)). Ada seorang perempuan yang sangat panik rambutnya mengalami kerontokan hebat. Digambarkan perempuan itu kemudian mengambil pisau ingin mengakhiri hidupnya….
Siapa sih yang mau kepalanya menjadi botak?? Bisa-bisa hilang semua kepercayaan diri… juga kebanggaan diri….

Rambut adalah mahkota setiap insan, terutama bagi seorang perempuan.
Apakah rambut bukan mahkota pria? Ah, siapa bilang… ini anggapan yang salah menurut saya… Di klinik tempat saya praktek yang memberikan pelayanan untuk treatment rambut, sebagian besar pasiennya adalah laki-laki!! Jadi, rambut rontok, apalagi yang sampai menyebabkan kebotakan, merupakan masalah besar tidak hanya bagi perempuan, tapi juga untuk kaum laki-laki tentunya.

Saya pernah membaca di internet, laki-laki yang mengalami kebotakan akan berusaha berusaha memakai topi saat ingin mengajak kencan seorang perempuan. Jadi, orang berusaha menutupi kebotakannya, mungkin karena malu, mungkin dengan harapan ajakan kencannya akan lebih berhasil….

Rambut rontok


Banyak hal bisa menyebabkan kebotakan (beberapa di antaranya merupakan penyakit serius misalnya lupus)… yang bila tak teratasi secara maksimal bisa bikin kebotakan juga…

Sebagian kecil rambut kita sebenarnya secara normal berada dalam fase rontok, sesuai dengan siklus pertumbuhan rambut. Jadi adalah normal bila dalam sehari terdapat 50-100 helai rambut yang terlepas dari pangkalnya…

Bila terjadi kerontokan rambut yang lebih banyak dari biasanya dan tiba-tiba, maka biasanya barulah kita menganggap hal tersebut sebagai kelainan rambut rontok. Istilah kerennya adalah telogen effluvium.

Rambut rontok bisa mengenai siapa saja, laki-laki dan perempuan, tanpa batas umur. Tidak diketahui secara pasti berapa insidensnya. Namun suatu laporan mengatakan setiap orang dewasa pasti akan/pernah mengalami satu episode kerontokan rambut yang abnormal pada masa hidupnya.

Penyebab rambut rontok

Rambut rontok disebabkan oleh berbagai hal:
  • Kekurangan zat gizi tertentu. Sering terjadi pada pasien kurang darah (anemia) dan orang yang menjalani crash diet/diet super ketat sehingga asupan nutrisi sangat berkurang
  • Penyakit fisik, baik bersifat akut (misalnya demam tinggi, infeksi yang parah, operasi besar) atau kronis/menahun ( misalnya keganasan/kanker, kelainan ginjal dan liver)
  • Penyakit kejiwaan, misalnya stress, depresi, serangan cemas
  • Perubahan hormonal misalnya saat kehamilan, pada orang kekurangan hormone tiroid, penghentian pil kontrasepsi
  • Keracunan logam berat
  • Konsumsi obat-obatan minum tertentu misalnya obat darah tinggi, obat jerawat, obat pengencer darah dan obat kerjang.
  • Pajanan sinar matahari yang berlebihan
  • Adanya penyakit di kulit kepala juga memicu kerontokan misalnya eksim
  • Reaksi iritasi/alergi terhadap bahan/zat tertentu yang dioleskan (misalnya shampoo, tonik)
  • Beberapa persen penyebab tidak diketahui

Mengatasi rambut rontok

Banyak ahli beranggapan rambut yang rontok/lepas dari akarnya terjadi akibat dorongan rambut yang baru tumbuh di bawahnya. Sehingga dipercaya telogen effluvium ini akan pulih dengan sendirinya dalam waktu 6 bulan. Jadi dikatakan rambut rontok ini bersifat temporer.

Bila penyebab diketahui, penghentian dan penghindaran dari penyebab akan sangat membantu proses penyembuhan.

Namun, bila anda datang berobat ke dokter kulit, biasanya kami akan memberikan terapi tambahan untuk mempercepat proses penyembuhan kerontokan tersebut. Yang biasa diberikan adalah larutan minoxidil 2-5% (digunakan sebagai hair tonic) , solusio/gel yang mengandung kortikosteroid untuk mengurangi peradangan dan pemberian vitamin. Selain itu, dapat pula diberikan penyinaran dengan bio-laser yang bertujuan meningkatkan aliran darah sehingga menambah nutrisi ke akar rambut.

Semoga informasi ini berguna ya….

14 comments:

  1. Dok, kalo ada waktu bisa dibahas tentang HGH dalam kaitannya dengan kulit dan Rambut ..
    terimakasih

    ReplyDelete
  2. sore bu dokter...
    saya selvi, umur 20th, mw konsultasi blh dong dok, udh desperado bgt saya,,, T_T
    jadi gini dok, saya kan beberapa minggu ug lalu, tepatnya tanggal 29 sept. warnain rambut, jujur aku pake yg murahan punya krn dlu aku udh pernah pake n ga knp2 n ga kena kulit. trs kan pas tanggal itu saya warnain rambut tuh, seluruh rambut, n pst ny kena kulit kepala kan dok.
    nah, ga berapa lama rambut saya rontok buanyakkk bgt dok, ada kali sehari itu 200helai, kira2 dah semingguan rontokny, rambut saya yg tdi ny tebel jdi tipis,,,T_T
    mohon petunjuknya y bu dokter..
    dan kalo blh tau bu dokter praktek ny dmn n kpn aja ya???
    terimakasih sebelumnya...
    mohon dibalas secepatnya ya, saya bener2 desperado bgt dok,,, T_T

    ReplyDelete
  3. Halo Selv...mungkin kamu alergi sama pewarnanya juga...kulit kepalanya ada masalah gak ya?

    ReplyDelete
  4. kulit kepala sih gapapa dok,,,
    jdi baik ny gmn y dok?? apakah ke dokter ato gmn y??? makasih

    ReplyDelete
  5. Biasanya sih rontok karean salah pewarna rambut akan membaik perlahan...biasanya kalu diperhatikan makin hari kerontokan makin dikit...Tinggal nunggu tumbuhnya lagi...tapi memang perlu waktu 3-6 bulan
    Boleh aja berobat ke dokter terdekat..Rata-rata dokter kulit sih bisa menanganinya..
    Kalau saya praktek di Rs Puri Indah, erha Kemanggisan dan RS Pondok Indah....jadwal liat di website RS dan kliniknya ya...

    ReplyDelete
  6. tpi dok, semingguan ini saya perhatiin msh aja tetep banyak rontoknya dok, rontok ny ga berkurang, tkt mengalami kebotakan dok,,huff sampe2 saya udah potong pendek niy bu dokter, saking takutnya, rambut saya tdi ny sepinggang gt, skrg tinggal sebahu,, pangkas abis dah ni rambut,, huhuhuhu,,,

    ReplyDelete
  7. Coba dech berobat aja ke dokter terdekat...siapa tahu ada penyebab lain juga...

    ReplyDelete
  8. okei deh bu,,
    makasih ya bu dokter,,,^^

    ReplyDelete
  9. Dokter Susie,
    nama saya Tika,
    besok tgl 11 Juli 2012, apakah dokter praktek di erha kemanggisan? sebab saya hubungi erha kemanggisan via telp tdk diangkat-angkat
    Thx

    ReplyDelete
  10. Malam dok,saya lilis (adiknya username)21thn..rambut saya tipis bgt di bagian ubun2..wktu kecil rambut saya pjg,lebat..5 th lalu saya pindh ke jkta,pelan2 rambut saya rontok,mmg ga sampe 100 helai per hari,tapi efeknya skrg hampir botak di bgian ubun2..saya ga prnah otak atik rambut dgn pewarnaan,catok,rebomding dll,saya juga ga gonta ganti shampoo..bisa diobatin dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada turunan gak ya? Coba baca tentang female pattern baldness ya

      Delete

Sebutkan nama terlebih dahulu, bila ingin mendapatkan respons...thank you.. Tanpa nama akan langsung saya hapus ya......

Note: Only a member of this blog may post a comment.