Halo semua rekan yang tertarik dengan kesehatan kulit, semoga artikelnya berguna... Ditunggu selalu komentar dan inputnya... Khusus untuk intermezzo, adalah pengalaman unik selama praktek yang menurut saya cukup menarik untuk dishare... Happy reading...

Saturday, February 13, 2010

Bayiku kok jerawatan ya?

Jerawat pada bayi? Lho, kok bisa ya...? Bukannya jerawat biasa muncul pada remaja dan dewasa muda? Apa mesti pakai obat jerawat juga? Apa akan terus bertahan sampai besar? Apa jadi petanda nanti kalo remaja bakal jadi jerawatan?

Semua pertanyaan itu seringkali muncul jika saya mengatakan "Bintik-bintik merah di muka bayi itu adalah jerawat..."
Muka sang bunda biasa akan mulai mengerut, dan mungkin terlintas pikiran "Bener gak nih dokter diagnosisnya??"...:))

Ternyata, jerawat bukan monopoli remaja dan dewasa lho.... Jadi jangan heran kalo bayi juga bisa jerawatan...

Jerawat pada bayi, biasa disebut sebagai acne neonatorum, neonatal acne atau acne infantil, adalah kelainan kulit pada bayi dengan gambaran tersering adalah komedo (biasanya jenis tertutup). Bentuk jerawat yang meradang juga dapat dijumpai walaupun agak jarang. Kelainan jerawat ini dapat mengenai 20% bayi. Lokasi tersering adalah di hidung dan pipi bagian yang dekat ke hidung, kadang-kadang juga mengenai dahi.

Jerawat bayi ini bisa dijumpai pada bayi newborn (baru lahir) atau pada neonatus (umur di bawah 1 bulan), bahkan bisa juga baru terjadi pada saat usia bayi 2-3 bulan. Kelainan ini terjadi akibat pengaruh hormon ibu yang bersirkulasi masuk ke dalam tubuh bayi dan merangsang kelenjar minyak (sebasea) bayi, sehingga terjadi pembentukan lesi jerawat.

Untungnya, kelainan ini biasa akan pulih dengan sendirinya, tanpa bekas, dalam waktu beberapa minggu sampai dengan 3-4 bulan, seiring dengan berkurang dan menghilangnya pengaruh hormon ibu. Jadi pertanyaan mengenai perlukah pemakaian obat jerawat sudah terjawab ya.... Jadi tidak perlu diobati. Walau demikian, pada keadaan yang berat, kadang diperlukan juga pengobatan. Tapi saya biasanya akan menunda pemberian pengobatan. Saya akan meminta ibu pasien untuk 'berani' membersihkan wajah bayinya dengan sabun menggunakan washlap yang lembut. Hal ini saya lakukan karena ternyata banyak sekali ibu-ibu yang tidak menyabuni wajah bayinya tercinta. Asal dilakukan dengan hati-hati, wajah bayi boleh dibersihkan dengan sabun. Bila cara konvensional ini kurang memberikan hasil, barulah saya akan memberikan pengobatan... itupun bila orang tua si bayi bersikeras meminta....

Apakah jerawat bayi menjadi petanda si bayi bakal jerawatan saat besar nanti? Sayangnya, beberapa studi yang pernah dilakukan memperlihatkan hal tersebut.... Masalah jerawat ternyata banyak dijumpai pada remaja yang saat bayinya menderita jerawat infantil yang parah...

Semoga informasi ini bermanfaat ya....

3 comments:

  1. pagi Dok, saya Ita putri kedua saya (2,5 bulan)terkena dermatitis atopik di pipinya oleh dr SpA diberi salep perderm. tiga hari dipakai merah2nya berkurang namun tidak hilang sama sekali hanya tersisa sedikit.yang ingin saya tanyakan apakah aman menggunakan krim tersebut selama 2 minggu berturut-turut? sekarang saya hentikan dulu pemakaian krimnya, apa dermatitis atopik dapat sembuh? sebab saya pernah membaca bahwa ini penyakit kambuhan karena alergi. terima kasih jawabannya dok

    ReplyDelete
  2. Halo Ita....memang sulit dealing with dermatitis atopic ya.... Pemakaian krim steroid jangka panjang tak dianjurkan...saya biasa beri batasan maksimal 7 hari saja....yg penting pakai pelembab...Dan cari pemicunya...yg sering susu sapi, tungau debu rumah...dll

    ReplyDelete
  3. terima kasih dok jawabannya :) sebenarnya perbedaan jerawat infantil dgn dermatitis atopic itu apa? apakah saya perlu membawa anak saya ke dr SpKK untuk pemeriksaan lbh lanjut? sekalian menanyakan apa dokter bisa merekomendasikan dr SpKK di wilayah depok, kebetulan saya tinggal di depok. terima kasih -ita-

    ReplyDelete

Sebutkan nama terlebih dahulu, bila ingin mendapatkan respons...thank you.. Tanpa nama akan langsung saya hapus ya......

Note: Only a member of this blog may post a comment.