Halo semua rekan yang tertarik dengan kesehatan kulit, semoga artikelnya berguna... Ditunggu selalu komentar dan inputnya... Khusus untuk intermezzo, adalah pengalaman unik selama praktek yang menurut saya cukup menarik untuk dishare... Happy reading...

Thursday, June 3, 2010

Pakai krim jangan terlalu sedikit yaaa....


"Kok gak ada hasilnya ya, dok? padahal saya sudah rajin lho pake krimnya...."
"Kok krimnya berubah warna ya, dok? Sayang, padahal masih cukup banyak..."
"Maaf dok, baru datang kontrol lagi, soalnya krimnya baru habis..."

Banyak lho pasien datang dengan kalimat pembuka seperti kalimat di atas.... Keberhasilan suatu terapi dipengaruhi oleh banyak hal, misalnya frekuensi pemakaian krim, ketepatan pemilihan krim, rasa kepercayaan kepada dokter (hehehe, ini beneran lho... kalo dari awal aja udah gak yakin sama dokternya, biasanya hasil juga gak oke lhoooo....!), dan yang juga gak kalah penting adalah jumlah krim yang dipakai pada setiap aplikasi....

Sebenarnya berapa banyak sih jumlah krim yang harus dioleskan??
Sebagai pasien jangan ragu-ragu ya untuk menanyakannya pada dokter yang dikunjungi... untuk yang masih bingung, semoga penjelasan di bawah ini bisa membantu....

Ada suatu istilah dalam penentuan jumlah krim, yaitu istilah finger tip unit (FTU). Yang dimaksud dengan FTU adalah jumlah krim yang dikeluarkan dari tube (diameter lubang tube kira-kira 0.5cm), sepanjang kira-kira dari ujung jari sampai garis ruas pertama (lihat gambar yaaa...)

So... tiap orang memang agak beda-beda, ya.... tapi gak beda banget kok, untuk orang dewasa jumlah tersebut beratnya kurang lebih 0.4-0.5 gram. Nah, aplikasi untuk seluruh wajah diperlukan 1 FTU, sedangkan bila wajah+leher memerlukan 2 FTU....
Dari pengalaman saya, biasanya 1 FTU ini kira-kira ukurannya 1/2 ruas jari terakhir kelingking (bila krim dicolek dari pot sediaan krim perawatan) ....

Biasa 1 pot krim untuk perawatan wajah isinya +/- 10-15 gram, sehingga harusnya bila digunakan dengan benar, akan habis setelah 20-30 kali pemakaian, or untuk gampangnya... seharusnya 1 pot habis 1 bulan.....
Biasa saya anjurkan ke pasien, maximal 1.5 bulan, krim harusnya sudah habis... sehingga kita dapat menganalisis keberhasilan atau kegagalan terapi dengan benar..... Kalo pakainya terlalu sedikit, tentu saja hasil akan kurang memuaskan.....

Selain itu, untuk krim yang mengandung pemutih, bila pot dibuka tutup setiap hari, biasanya dalam waktu lebih dari 1-1.5 bulan, krim sudah mulai berubah warna....

Semoga info ini bermanfaat ya.... sehingga hasil terapi juga bisa dimaksimalkan....

2 comments:

  1. dok, rada bingung sama kalimat di artikelnya...

    "Yang dimaksud dengan FTU adalah jumlah krim yang dikeluarkan dari tube (diameter lubang tube kira-kira 0.5cm), sepanjang kira-kira dari ujung jari sampai garis ruas pertama " (contohnya liat gambar)

    "Dari pengalaman saya, biasanya 1 FTU ini kira-kira ukurannya 1/2 ruas jari terakhir kelingking...."


    Kalau berdasarkan gambar kan kira2 1 ruas jari tangan apa aja kecuali jempol :) .. tapi kok di kalimat kedua dinyatakan dengan 1/2 ruas jari terakhir kelingking... maksudnya setengah ruas aja dok... mohon penjelasannya dong dok..

    ReplyDelete
  2. Halo Eddy... sebelumnya thank buat koreksiannya ya...orry kalo jadi rada bingung ya.... Sebenarnya kalimat ke-2 maksudnya kalo mengambil krim dari pot... bukan dari tube yang diameter keluar krimnya udah tertentu.....

    jadi 1 FTU kira-kira kita harus mencolek krim sebanyak 1/2 ruas ujung jari kelingking....

    Semoga sekarang dimengerti ya... Nanti akan saya tambahan kalimat tambahan agar jelas... Thanks ya

    ReplyDelete

Sebutkan nama terlebih dahulu, bila ingin mendapatkan respons...thank you.. Tanpa nama akan langsung saya hapus ya......

Note: Only a member of this blog may post a comment.