Halo semua rekan yang tertarik dengan kesehatan kulit, semoga artikelnya berguna... Ditunggu selalu komentar dan inputnya... Khusus untuk intermezzo, adalah pengalaman unik selama praktek yang menurut saya cukup menarik untuk dishare... Happy reading...

Sunday, September 5, 2010

Surat sakit...bak surat sakti

Perbedaan surat sakti dan surat sakit? wah, wah gak beda fungsinya...:)..Abizz sering banget dicari dan diminta... Surat sakit diminta oleh pasien yang datang berobat,... mungkin berfungsi sebagai surat sakti untuk membuktikan pasien benar-benar sakit dan datang berobat... jadi gak cuman sekedar alasan tidak datang bekerja, kuliah atau sekolah...

Sebagai dokter, tentu sering berhadapan dengan pasien yang minta surat sakit.... /bila keadaan pasien memang membutuhkan, tentu akan diberikan... tapi biasanya sesuai kebutuhan badan di pasien... biasanya berkisar 1-3 hari....

Beberapa pengalaman yang berkaitan dengan surat sakit kadang-kadnag suka bikin sebel...
Hehehe, soalnya sering terjadi "pemaksaan" meminta surat sakit... Jadi bikin bete kami sebagai dokter....

Kejadian paling baru terjadi 2 hari yang lalu... Ada pasien yang sudah mengalami perbaikan dari kondisi sebelumnya.. dan harusnya sudah bisa bekerja normal.. minta surat sakit untuk minggu depannya..kebetulan pasien datang pas hari Sabtu...
"Dok, minta surat sakitnya lagi donnnggg..."
"Lho buat apa, bu?", tanya saya.
"Buat minggu depan, dok..."
"Wah, gak bisa bu... ibu udah sehat kok, jadi hari Senin sudah bisa bekerja lagi.." sahut saya
"Wah, gimana ya, dok? Siapa yang bisa buatin ya?", tanyanya memelas.
"Bu, surat sakit sya buat berdasarkan penilaian saya, sesuai kondisi kesehatan pasien."
"Dimana saya bisa dapetin ya, dok?" tanyan ibu itu lagi, masih berusaha
"Saya gak tau bu siapa yang mau buatin.." saya jawab dengan tegas.

Walah-walah... setiap orang harus bisa bertanggung jawab dengan rencananya dong.... Kalo punya rencana gak masuk kerja,.. ya cuti aja... or izin ke atasan langsung...
Kalo jatah cuti udah habis... yah paling jelek ambil unpaid leave...

Ada lagi yang minta surat sakit untuk waktu kontrol yang ditetapkan... misalnya pasien disuruh kontrol minggu depan,.. ada pasien yang minta surat sakit in advance... untuk kasus begini, saya juga gak pernah kasih.... takut disalahgunakan... Gak berobat, tapi nanti ngakunya sakit lagi....

Yahg juga pernah saya alami adalah pasien datang berobat malam hari.. untuk suatu keadaan yang sangat ringan... trus minta surat sakit untuk hari tersebut karena pasien gak masuk paginya..... Wadaooo, puusssiiingggg dech...

Coba semua pasien menempatkan diri sebagai pemilik perusahaan... bisa mengurangi sakit kepala saya saat berhadapan dengan pasien yang minta surat sakit abal-abal...hehehe

God bless...

3 comments:

  1. Hahahah... saya malah kalau ke dokter selalu di luar jam kantor dan tidak suka minta surat sakit, karena tetap senang ngantor. Thanks doc for sharing :P

    ReplyDelete
  2. Wah two thumbs up dech... patut dicontoh...:)
    emang harusnya begitu... pasti cepet maju dech negara kita ya....
    Salam ya....

    ReplyDelete
  3. Thanks dr. Susie, saya juga 'sangat terkesan' dengan website ini. Kalau saja setengahnya dokter spesialis mau bersosialisasi dengan meluangkan waktu menulis dan berkomunikasi dengan pasien seperti dr. Susie, saya yakin atmosfer kedokteran akan lebih maju di negara kita. Harapan saya semoga dr. Susie tetap setia dengan website ini. Have blessed days and GBU ;)

    ReplyDelete

Sebutkan nama terlebih dahulu, bila ingin mendapatkan respons...thank you.. Tanpa nama akan langsung saya hapus ya......

Note: Only a member of this blog may post a comment.