Halo semua rekan yang tertarik dengan kesehatan kulit, semoga artikelnya berguna... Ditunggu selalu komentar dan inputnya... Khusus untuk intermezzo, adalah pengalaman unik selama praktek yang menurut saya cukup menarik untuk dishare... Happy reading...

Friday, October 22, 2010

Perfect skin for men: Laki-laki juga perlu merawat kulit

Kulit laki-laki memang diciptakan berbeda dari kulit perempuan dari awalnya. Meskipun lebih dari 70% pasien yang datang ke klinik perawatan kulit adalah perempuan, bukan berarti kulit laki-laki tidak bermasalah. Baik perempuan maupun laki-laki dapat mengalami problem kulit, meskipun masalah yang dihadapi mungkin berbeda. Perlukah laki-laki merawat kulitnya? Apakah diperlukan perawatan khusus bagi laki-laki? Problem kulit apakah yang sering muncul pada laki-laki? Bolehkah laki-laki menggunakan perawatan wajah yang sama dengan perempuan?

Kulit sehat, segar dan bersih akan meningkatkan rasa percaya diri, terutama bagi mereka yang berhubungan dengan banyak orang. Efek positif ini tidak terbatas hanya bagi perempuan saja. Sehingga sangat wajar bila seorang laki-laki juga rajin merawat kulit secara teratur. Kulit sehat memang merupakan dambaan setiap orang, tak tergantung gender.

Penampilan seseorang tidak hanya dipengaruhi oleh kesehatan kulit wajah, tetapi juga oleh kesehatan rambut dan kulit kepala. Problem kulit yang terkait erat dengan penampilan ini secara umum dapat muncul akibat perubahan hormonal, pengaruh penuaan (skin aging) dan pengaruh lingkungan terutama pajanan ultraviolet dari sinar matahari. Semua problem ini dapat mengenai siapa saja, tanpa memandang gender. Perubahan hormonal lebih nyata setelah akil balik. Peristiwa menua adalah kejadian yang tak terhindarkan oleh siapapun.

KULIT PEREMPUAN VERSUS KULIT LAKI-LAKI

Secara kasat mata, perbedaan yang paling mudah terlihat adalah kadar minyak. Akibat pengaruh hormon testosteron yang lebih tinggi, maka produksi sebum/minyak pada laki-laki lebih tinggi dari perempuan. Tidak heran kulit muka dan kulit kepala laki-laki biasanya tampak lebih berminyak, sehingga lebih rentan terhadap terjadinya jerawat dan ketombe. Setelah berusia di atas 50 tahun, keaktifan kelenjar minyak ini mulai berkurang, maka kondisi minyak pada kulit kedua gender hampir mirip.

Perbedaan kedua, kulit laki-laki lebih tebal dari kulit perempuan. Hal ini merugikan perempuan. Dengan kulit yang tipis, kulit perempuan lebih menderita akibat pajanan sinar UV. Penelitian di Jerman tahun 2006 mempertegas hal ini, kulit wanita lebih cepat menua dan kehilangan jaringan kolagen, sehingga lebih cepat tampak menua. Untuk menghindari penuaan, maka kaum perempuan cepat mencari solusi dengan mendatangi klinik perawatan kulit dan menggunakan berbagai produk antiaging. Memang kulit pria lebih lambat menua, bukan berarti tidak bisa menua, sehingga tetap memerlukan perawatan kulit.

Faktor lingkungan juga berpengaruh terhadap kulit. Meskipun kulit perempuan lebih rentan terhadap kerusakan, namun jumlah pajanan sinar matahari pada laki-laki biasanya lebih banyak, mungkin akibat pekerjaan ataupun aktifitas outdoor yang lebih banyak, sehingga secara kumulatif, problem kulit yang muncul akibat sinar matahari lebih sering ditemukan pada laki-laki. Contoh kelainan ini adalah kutil tua dan tumor jinak lainnya. Ditambah lagi kaum laki-laki lebih sering merokok serta lebih jarang menggunakan tabr surya untuk melindungi kulitnya.

PROBLEM KULIT YANG SERING PADA LAKI-LAKI

Yang akan dikemukan di sini adalah problem kulit yang sering dijumpai pada pasien laki-laki yang datang berobat ke RS Puri Indah dan memerlukan perawatan kulit.

Jerawat

Hormon testosteron berpengaruh terhadap produksi minyak. Kadarnya yang tinggi pada laki-laki menyebabkan muka lebih berminyak dan lebih rentan terhadap jerawat. Jerawat pada laki-laki biasanya lebih parah, lebih meradang dan besar-besar. Hal ini diperberat dengan kebiasaan sejumlah laki-laki yang hampir tak pernah menggunakan sabun untuk memberishkan wajah.

Ketombe

Tingginya produksi minyak pada kulit laki-laki juga mengakibatkan laki-laki lebih rentan terhadap ketombe. Salah satu yang berperan adalah populasi jamur Malassezia spp. yang semakin bertambah dengan tingginya kadar minyak, sehingga memicu peradangan dan akhirnya timbul ketombe.

Kebotakan

Merupakan salah satu problem laki-laki yang dianggap paling serius. Sebagian besar pasien di klinik rambut biasanya adalah laki-laki. Kebotakan pada laki-laki bisa diawali dengan ketombe, maupun akibat pengaruh hormonal, sehingga muncul kelainan male pattern baldness (kebotakan dengan pola khusus pada laki-laki). Kelainan ini ditandai dnegan semakin tipis dan berkurangnya rambut di bagian tengah, serta mundurnya garis rambut di dahi.

Tumor jinak kulit

Biasanya lebih disebabkan oleh pajanan matahari yang berlebihan, tanpa perlindungan yang memadai. Bentuk yang sering ditemukan terutama adalah keratosis seboroik, disebut juga kutil tua, sering ditemukan di wajah dengan warna coklat kehitaman.


PERAWATAN KULIT LAKI-LAKI

Seperti yang telah diungkapkan, karena kulit laki-laki juga sering bermasalah, maka sebaiknya laki-laki juga mulai melakukan perawatan kulit wajah dan kulit kepala sejak dini. Perawatan kulit dengan teratur akan menyebabkan kulit sehat, bersih dan tampak lebih cerah. Walaupun sebagian laki-laki masih menganggap kulit yang terlalu putih, terlalu bersih, terlalu cerah, akan mengurangi kemachoan mereka, namun sebenarnya perawatan kulit yang teratur lebih banyak manfaatnya, asalkan tidak dilakukan secara berlebihan.


Semoga informasi ini bermanfaat!

Catatan: Tulisan ini saya buat untuk majalah Health First milik Pondok Indah Healthcare Group..

4 comments:

  1. dok saya andi. rambut saya sering kali berketombe, apakah benar jika ketombe itu tidak boleh di garuk2, karna akan semakin bertambah banyak? apaka shampo yg cocok untuk rambut ketombe, karna saat ini saya menggunakan shampo natur herbal yang anti ketombe. trims

    ReplyDelete
  2. @Andi: iya benar...karena ketombe terjadi awal mulanya karean peradangan di kulit kepala...makin digaruk makin radang, sisik makin banyak juga... coba cari shampoo yang mengandung ketoconazole...dijual di apotik...

    ReplyDelete
  3. hallo dokter... saya gunawan.. saya mau tanya kok kulit kepala bagian belakang ada bercak merah seperti tanda lahir tapi saya pernah tanya ke ortu saya mengenai tanda lahir ini dan ortu saya tidak ingat tapi seingat mereka tidak ada tanda lahir di kepala bagian belakang.. dan saya baru tau juga beberapa bulan ini karena belakangan saya sering potong cepak jadi baru keliatan.. bercak merah ini tidak bersisik dan kulitnya dipegang rata atau tidak kasar dan juga tidak ada luka.. kadang2 gatal karena rambut saya berketombe.. bercak merah ini pertanda apa yah? mohon infonya.. thanks dok..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin port wine stain atau salmon patch.... Browsing Aja dulu ya

      Delete

Sebutkan nama terlebih dahulu, bila ingin mendapatkan respons...thank you.. Tanpa nama akan langsung saya hapus ya......

Note: Only a member of this blog may post a comment.