Halo semua rekan yang tertarik dengan kesehatan kulit, semoga artikelnya berguna... Ditunggu selalu komentar dan inputnya... Khusus untuk intermezzo, adalah pengalaman unik selama praktek yang menurut saya cukup menarik untuk dishare... Happy reading...

Saturday, December 18, 2010

Pertolongan pertama bila terkena air panas

Saat sedang praktek 2 hari yang lalu, pasien saya menelpon dengan suara panik.... ,"Tolong... dok... kepala saya tersiram air panas di salon waktu sedang cuci rambut....! Gimana ya dok... panas banget... Saya mesti ngapain ????"

Walah... gilee bener nih salon....katanya sih tukang cuci rambutnya gak sengaja nyenggol kran ke arah panas.... Wahhh... gawat bener....

Apa sih yang mesti kita lakuin kalo terkena luka bakar? Beberapa kali juga ada pasien datang akibat luka bakar... ada yang terkena kuah sop yang baru diangkat... sampai terkena ledakan tabung gas.....

Sebagian besar pasien masih bingung mesti ngapain kalo terkena luka bakar.... Banyak yang masih menggunakan cara tradisional.., pakai odol, pakai mentega....

Jadi kesimpulan saya banyak yang gak tau apa yang harus dilakukan sebagai pertolongan pertama... padahal musibah bisa datang kapan saja tanpa permisi dulu khan???

Yang harus dilakukan pertama kali tentu saja menjauhkan pasien dari sumber panasnya...
Kemudian yang paling penting adalah membalikkan suhu tinggi menjadi normal atau lebih rendah.....

Cara yang paling gampang adalah dengan menyiram air kran... lakukan selama 5-10 menit ya... kemudian boleh diberikan cream moisturizer yang bersifat soothing/ menyejukkan...
Bila pasien kesakitan, boleh diberikan obat penghilang sakit misalnya parasetamol....

Bila dilakukan secara cepat, diharapkan tidak terjadi luka bakar yang berat.. karena berisiko terjadinya penyembuhan luka yang buruk... bahkan sering meninggalkan bekas berupa keloid....

Setelah itu tentu saja pasien segera dibawa ke dokter terdekat ya.. untuk dievaluasi...

Semoga tips ini bermanfaat!!

No comments:

Post a Comment

Sebutkan nama terlebih dahulu, bila ingin mendapatkan respons...thank you.. Tanpa nama akan langsung saya hapus ya......

Note: Only a member of this blog may post a comment.