Halo semua rekan yang tertarik dengan kesehatan kulit, semoga artikelnya berguna... Ditunggu selalu komentar dan inputnya... Khusus untuk intermezzo, adalah pengalaman unik selama praktek yang menurut saya cukup menarik untuk dishare... Happy reading...

Friday, December 10, 2010

Sekali lagi... pake kondom dooonnggg.....

Aduh .... saya masih merinding kalo ingat pasien saya beberapa hari yang lalu....
Seorang perempuan muda berumur 18 tahun, datang dengan raut kecut, dan terlihat sedang menahan sakit.... dengan gaya jalan yang sulit.....

Pikiran saya langsung berpikir dan berusaha menebak sebelum pasien berbicara... wah, herpes nih.... Tapi dalam hati saya berharap... semoga bukan.....bukan...jangan... dia masih sangat muda.... mungkin baru tamat SMA....

Tapi harapan saya kandas setelah saya periksa kemaluan luarnya......ooooohhhh, saya tidak pernah melihat pasien dengan lesi herpes demikian banyaknyaaaa... dan mengeluarkan cairan mirip nanah yang berbau....

Saya bertanya, sudah berapa kali berhubungan seksual? ... dan dia menjawab.. baru sekali, dok.... OMG!
Gak pake kondom ya??... gak, dok...

Hai para perempuan ABG.... janganlah mudah jatuh dalam godaan.... Jangan ragu berkata "TIDAK" bila ada paksaan dari pasangan untuk berhubungan seksual... Saya percaya masih banyak kok laki-laki muda yang tidak memerlukan pembuktian rasa sayang melalui hal tersebut......

Ceramah moral bukan kapabilitas saya...
Cuma satu yang perlu diingat saat hasrat tak tertahankan.... pake kondom donggg...

116 comments:

  1. Sedih membaca cerita ini yah doc... dalam pikiran saya mengapa sebagai perempuan kita tidak bisa bersikap cerdas? Kalaupun mau melakukan sesuatu hal seperti itu, mengapa perempuan tidak berusaha memproteksi dirinya sendiri? Apakah karena kurangnya pengetahuan tentang hal ini? Ataukah ada faktor lain...entahlah. Let's care about and protect ourselves by avoiding free sex.It's not love, because love makes people feel safe, protected, and a healthy mind & body isn't it? Thanks dr. Susie for sharing.

    ReplyDelete
  2. Yup... setuju... Makanya perlu suatu sex education sejak dini... yang sering terjadi malah orangtua malu-malu atau alah marah kalo diajak ngomong masalah sex.... Pengetahuan yang kurang membuat rasa ingin tahu makin besar....

    ReplyDelete
  3. dok klo mau tes darah herpes ini sebaiknya setelah berapa lama dari terakhir kegiatan seks beresiko? apa sudah benar2 valid?? trims..

    ReplyDelete
  4. Pembentukan antibodi yang dapat dideteksi biasanya kira-kira 10-15 hari setelah terinfeksi... Jadi bila kamu ingin tes, tunggu kurang lebih 2 mingguan ya... Valid kok...

    ReplyDelete
  5. serem dok.. tapi bener gak sih.. klo test herpes ini dilakukan hanya jika ada gejala klinis?? klo gak ada gejala ya gak usah test hsv.. apakah 3minggu setelah terinfeksi gak muncul gejala bisa dbilang aman??

    ReplyDelete
  6. Saat ada gejala biasanya yang dinilai kadar IgM ya... klo gak ada gejala IgG tetap akan positif kok klo emang terinfeksi... Tapi untuk pemeriksaan pertama kali biasanya dilakukan klo emang ada gejala ...
    Sulit untuk memakai batasan waktu... karena sering terjadi virus menginfeksi, tapi gejala klinis belum muncul karena daya tahan baik... bila daya tahan turun tetap bisa muncul....

    ReplyDelete
  7. menyambung pertanyaan yg diatas, jujur saya takut sekali dok.. sudah 3minggu setelah perbuatan bersiko tp tidak ada gejala, walaupun daya tahan tubuh saya sedang turun karena stress akibat rasa takut terinfeksi.. saya takut sekali kalo suatu saat nanti menularkan ke pasangn saya.. klo blh saya ingin bertanya lg,
    1. apakah penyakit ini benar2 bs sembuh total?
    2. apakah masih bisa menularkan meskipun sedang tidak ada herpes yg muncul ? dan karena ini virus mgkn akan tetap ada didalam tubuh selamanya, meskipun tidak sedang kambuh apa bisa menular?
    3. apakah 3minggu setelah perbuatan resiko tes darah hsv benar2 sudah valid? karena yg saya baca dari forum medhelp butuh 3bulan untuk test darah untuk deteksi virus ini?
    sungguh saya berterima kasih atas jawaban2 dokter..

    ReplyDelete
  8. Sampai saat ini teori untuk herpes adalah gak bisa dihilangkan dari tubuh... sembuh diartikan sebagai hilangnya keluhan/kelainan yang tampak dari kulit... sedangkan virus sebenarnya masih ada di kulit kita.. biasanya di area saraf

    Secara teoritis 70% kasus herpes malah ditularkan saat gak ada gejala.......... Hal ini wajar aja karena biasanya klo ada gejala orang menghindari kontak seksual...

    Sebenarnya antibodi (diukur kadarnya pada pemeriksaan lab)dibentuk kira-kira 2-3 mminggu setelah infeksi ya.... Masalah bila saat ini kamu periksa dan hasilnya negatif, dan kamu terus berhubungan dengan risiko.. tetap ada kemungkinan menjadi positif pada waktu tertentu

    ReplyDelete
  9. wah~
    cinta buta dok....
    anak remaja biasanya hasrat tinggi... jadi pikirannya ndak nempel di kepala tapi di hati...
    ini juga pelajaran bagi korbannya. dijamin kopok pok!!!

    ReplyDelete
  10. Hehehe... saya sih lebih berharap ada sx education yang benar... kalo kapok artinya udah pernah doong... maunya anak ABG belajar menahan hasrat....hehehe

    ReplyDelete
  11. Dok,boleh saya minta tolong.

    titer HSV 1 saya IgG Reaktif 4.5 sedang IgMnya Non Reaktif 0.2
    Titet HSV 2 saya IgG Non Reaktif 0.2 sedang IgMnya Non Reaktif 0.2

    Apakah saya punya herpes Dok? Trus apakah non-reaktif 0,2 itu apakah maksudnya ada tapi tidak reaktif?

    Trus apakah tes TPHA bisa valid bila diambil jarak waktu 19 hari?

    Terima kasih, Dok. Mohon informasinya

    ReplyDelete
  12. Bisa sebutkan Nama anda terlebih dahulu?

    ReplyDelete
  13. Oia, Maaf Dok
    saya Yudi

    ReplyDelete
  14. @Yudi: artinya pernah ada riwayat terinfeksi HSV tipe 1 (IgG reaktif), sedangkan klo IgM reaktif saat pemeriksaan sedang terinfeksi....maksudnya non reaktif adalah tidak terinfeksi
    Bisa untuk TPHA...jgn lupa periksa VDRL juga utk follow up pengobatan

    ReplyDelete
  15. O begitu... waduh, berarti saya positif HSV 1 ya Dok :( apakah titer saya ini termasuk terlalu tinggi? Apakah itu pertanda riwayat infeksinya sudah lama atau baru saja terjadi?

    untuk TPHA hasil saya non reaktif Dok, tapi menurut Dokter apakah saya perlu tes ulang untuk VDRL dan TPHA karena kemarin semua tes ini saya ambil H+19?

    Saya sangat menghargai bantuan Dokter. Terima kasih, Dok.

    ReplyDelete
  16. @Yudi: kita gak bisa kira-kira kpn infeksinya...sori :)..gak perlu tes ulang...pembentukan antibodi perlu 2 mingguan..jadi sudah cukup

    ReplyDelete
  17. Dok,saya sudah setahun menikah,dan skrg baru sadar kalau saya terkena herpes genital dan ternyata telh menular pd istri saya,lalu oleh dokter kami diberi valacyclovir 500 mg..untuk tujuh hari...yg saya khawatirkan adalah bgmn jika nanti istri saya hamil dan km memiliki bayi,apakah akan menular dan berpengaruh buruk pd bayi ..dan bagaimana solusinya...mohon jawabannya dok..irwan pku

    ReplyDelete
  18. Halo Irwan..penularan herpes lewat kontak intim...bisa juga menular dalm kandungan..terutama kalau terjadi herpes pertama kali saat hamil muda... klo kena sekarng trus hamil belakangan biasanya ok2 aja selama ini...tenang aja ya... yang penting hidup sehat trus..agar tubuh tetap fit sehingga mampu menekan virus ini supaya gak muncul gejala...

    ReplyDelete
  19. nama saya bowo dok,mau nanya apakah perlu tes ulang tpha mengingat ada bercak2 merah di telapak tangan dan tdk gatal,atas jawabanya sy ucapkan terima kasih

    ReplyDelete
  20. Dok nama saya daud 27 tahun sebulan yang lalu di bagian penis saya ada kayak jerawat terus saya cek ke rs kata dokter herpes genital ..dokt suruh saya cek darah karena alasan biaya saya ga cek tapi dokter akhirnya kasih resep acyclovir 200mg untuk 5 hari dan salep bactroban..seetelah seminggu jerawatnga berubah jd kayak gepeng dan jd basah ada nanah nya saya kembali lg cek kata dokter udah mau sembuh padahal saya liatnya malah kayak basah sekarang..trus dikasi resep lg acyclovir 200mg buat 4 hari dan 1 botol air warna ungu buat kompres setelah 4 hari saya jg ga sembuh jg akhirnya saya beli acyclovir yg 400mg saya makan selama seminggu ga sembuh jg dok..saya kembali ke rs lain cek lg dan dokternya kasih resep valacyclovir 500mg dan imunos ..valvir nya untuk pemakaian 5 hari setelah 5 hari saya masih ga sembuh dok..saya. Beli valvir lg buat 5 hari ga sembuh jg akhirnya saya cek lg ke dokter dan doktr suruh saya cek darah karena dia ga yakin saya herpes hasilnya baru saya ambil td vdrl no reacktif tpha non reacktif ini maksudnya apa ya dok..saya bingung sakit apa..sampe skrg lukanya ga sembuh..pas pake fucidin saya merasa mendingan tapi kmarin dok kasih salep lain lg namanya chloramfecort - h saya takut ga bs sembuh dok dan pacar saya ketularan ma saya sekarang km berobat sama2 saya benar2 merasa bersalah sekali

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Daud...klo udh berkali-kali minum antivirus gak sembuh, mestinya sih bukan virus herpes yaaa... Klo vdrl dan tpha negatif artinya bukan sifilis juga.. Mungkin ulkus dengan penyebab lain, misalnya chancroid/ulkus molle... coba kamu browsing dulu ya..

      Delete
  21. Dok nama saya daud..dok kalo hasil lab vdrl dan tpha non reacktif apa saya bukan sakit herpes genital, sipilis? Udah sebulan ini penis saya kayak ada luka pertama dokt diagnosis blg herpes genital sejak sebulan lalu saya minum obat herpes dari acyclovir 200 dan 400 mg sampe pindah dokter dikasi valvir 500mg sampe sekarang ga sembuh akhrnya dokter suruh saya cek darah dan hasilnya non reacktif saya bingung sakit apa dok saya takut ga bisa sembuh :( salep sampe ganti 3x bactroban ,fucidin,dan terakhir chloramfecort -h tolong dibalas ya dok terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. oya chloramfecort stop aja dulu.... fucidin boleh terus dulu... oya yg juga masih mungkin adalah penyakit behcet...

      Delete
  22. Nama saya budi dok..saya tes dara di Pro**a..Hasilnya VDRL: non reaktif, TPHA: reaktif 1:160..apakah saya terkena sefilis, bagaimana pengobatnya yang tepat? terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emg TPHA gak bisa hilang sih.... VDRL yg menyatakan penyakit aktif.... Ada gejala tertentu gak ya? Biasanya saya minta cek ulang TPHA di lab lain... Krn dibaca oleh mata manusia... Bukan mesin...

      Delete
  23. Saya Budi dok..Tidak ada gejala dok...kalau TPHA masih reaktif, apakah aman melakukan hubungan suami istri tanpa pengaman dok? saya juga tes HSV 2, hasilnya igg non reaktif, igm borderline, maksudnya apa ya dok? Clamedia, igg reaktif, igm nya nonreactif. Terimakasih atas jawabanya dok..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aman pak... klo VDRL non reaktif biasanya gak menular lagi... TPHA gak bisa hilang... tapi anjuran saya cek ulang 3 bulan lagi...lihat apakah titernya menurun... Borderline, angkanya menuju naik atau menuju turun...cek ulang aja 1 bulan lagi

      Delete
  24. pagi dok...saya iman, saya mau konsultasi banyak dengan dokter pengennya ketemu di praktek dokter tapi saya msh di luar kota insyaallah ada kesempatan ke jakarta saya konsul langsung ke dokter.

    saya seminggu lalu ke dokter kulit dan kelamin, karna ada keluhan luka pada batang penis saya tepat dibagian belakang kepalanya itu kurang lebih sekitar 7 harian akibat dari adanya kaya kulit kering yang saya kopek menjadi luka, saya punya benjolan kecil di kulit buah zakar saya juga...hasil dari dokter katanya lukanya sudah kering dan tdk ada apa2, sedangkan benjolan dibuah zakar saya hanya lemak ngumpul dan sudah di angkat..
    tapi kata dokter ada banyak kondiloma kecil2 disekitar kepala penis saya. tapi kata dokter itu tidak apa2..asal tidak melakukan seks dengan aman.

    saya dulu pada usia 20an sering melakuan hubungan seks di luar nikah dan berganti2 pasangan tanpa menggunakan kondom... saat ini saya punya ketakutan tentang penyakit seks menunar, tapi untuk tanda-tanda herpes dan raja singa tidak ada secara umum...saya pernah melakukan test HIV yang caranya seperti test kehamilan namun bukan pakai urin melainkan darah...hasilnya negatif dan tidak di sarankan untuk test lebih lanjut.

    tapi dulu pernah ada luka lecet pada batang penis saya, tapi saya tidak tau penyebabnya apa terus hilang lama sekali baru muncul lagi ditempat yang beda dari yang dahulu...saat ini tidak pernah muncul lagi.
    terus saat ini saya sering merasakan kesemutan atau keram di sekitar penis saya apabila duduk terlalu lama, kalo buang air besar sama kalau naik motor
    Apakah dari ke adaan saya bisa saya tertular penyakit herpes atau raja singa...trus untuk kondiloma saya bisa tidak di obati dan apakah termasuk kondiloma yang berbahaya?

    terimaksih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo Iman... coba kamu cek darah dulu ya... TPHA, VDRL, IgG/IgM HSV 1 dan 2, serta HIV ulang ya...

      Delete
  25. Nama saya nike sedang hamil 6 bulan.
    Sebelumnya saya pernah mengalami keputihan bercampur busa dan sudah diobati dengan neo gynoxa ovula kemudian sembuh dan tidak pernah sakit lagi.
    Saya juga sempat test TORCH yang kesimpulannya adalah negatif atau tidak mengidap virus2 terssebut.

    Beberapa hari lalu saya kontrol kandungan ke dokter yang berbeda dari dokter saya sebelumnya krn merasa kurang puas dengan penjelasan ybs.
    Hasil dari kontrol kandungan yang baru ternyata plasenta saya besar, mengakibatkan seolah-olah volume air ketuban sedikit, hal tersebut tidak pernah disampaikan oleh dokter kandngan yang terdahulu.

    Dokter kandungan saya menyarankan untuk test lab untuk cek ulang Rubella, CMV, TPHA dan VDRL.
    Yang saya khawatirkan adalah, apakah jika memang saya positif TPHA dan VDRL bayi yang sedang saya kandung bisa lahir mati?
    Untuk pengobatan demi meminimalisir resiko pada bayi yang dikandung dengan cara apa ya dok?

    mohon penjelasannya, terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nike... Hasil lab udh Ada? Mending tunggu, jadi gak kuatir tanpa alasan yang jelas ya....

      Delete
  26. Dok saya wiwit..kalo tes darah apa yang harus saya ambil untuk saya tau kalo saya bebas dari herves?

    ReplyDelete
  27. Dok,saya andi 23 th,saya sudah melakukan tes lab 3 bulan setelah perbuatan beresiko dengan hasil,hiv non reaktif dan vdrl non reaktif, apakah dari hasil tersebut sudah dapat diyakini klo saya tidak terinfeksi hiv dan sigilis dok? Gejala yang saya rasakan skrg adalah kelelahan dan mengantuk terus2an,saya stress berat memikirkan kemungkinannya dok, oh ya kemudian sehari setelah perbuatan beresiko tsb pada pagi harinya penis saya mengeluarkan cairan bening yang tidak berbau,tapi hanya sekali itu saja,dan sekitar seminggu setelah saya terserang demam dok,mohon tanggapan dari dokter

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mestinya sih sudah aman... Utk HIV seringkali di lakukan tes ulang bulan ke 6... Lendir pada ujung kelamin bisa macam2 sebabnya.... Klo udh hilang gak usah terlalu kuatir ya

      Delete
  28. Salam dok, saya ardi, surabaya. Saya mau tanya dok, bagaimana program kehamilan yang baik jika saya dan istri positif herpes genitalis? Dan apabila hanya saya / suami yang positif herpes genitalis, bagaimana caranya agar program kehamilan tidak sampai menulari ibu dan anak? Terima kasih dokter. Salam sejahtera

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pusing ya jawabnya... Klo udah positif semua ya biasa Aja.. Herpes bahaya pada kehamilan bila herpes primer atau episode pertama...
      Yang pusing klo cuma satu, krn Penularan tinggi... Klo pake kondom gmn hamilnya? Yang penting jaga daya tahan Aja....

      Delete
  29. Bu dokter, bulan oktober yg lalu saya medical checkup di klinik A,hasilnya VDRL 1/2, 2 Bulan kemudian saya test VDRL diklinik B hasilnya non reaktif, kemudian saya test ulang lagi di klinik A hasilnya VDRL 1/2 , yg mau saya tanyakan apa arti VDRL 1/2 ? mengapa hasil pemeriksaan di dua klinik berbeda? terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Artinya Ada antibodi untuk sifilis dalam jumlah sangat sedikit...tapi VDRL tidak spesifik, karena pada beberapa keadaan lain bisa positif juga... Coba cek TPHA...

      Delete
  30. dok nama saya ira umur 20 th. 3 minggu ini sya sakit keputihan dan waktu periksa ke dokter ada infeksi di vagina sperti sariawan dan ada organ kwanitaan yang membsar lalu saya disuruh tes tpha vdrl , tapi belum saya test karena waktu itu saya masih mens . saya takut sekali dok masak saya terkena herpes padahal saya belum pernah berhubungan seksual. apa mngkin penyakit itu dapat tertular tanpa karena hubungan seks? terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya TPHA Dan VDRL tidak berhubungan dengan menstruasi..jadi tetap bisa diperiksa... Dan pemeriksaan ini untuk sifilis...bukan herpes...
      Apakah pernah petting?
      Bila pernah petting, penyakit terkait hubungan kelamin masih mungkin muncul...

      Delete
  31. Apa kabar Dok.. Nama saya arya. Bbrapa hari lalu saya melakukan hubungan seks dg seseorang. Dan ternyata dia mengaku pernah kena penyakit sifilis. Krn saya takut akhirnya saya coba test darah di lab dan hasilnya vdrt 1/4 posiif, dan tpha 1/20 positif. Itu artinya apa ya Dok?? Jjur, saya takut skali.. Lalu apa obatnya? Saya sudah nyoba minum obat siclidon atas saran tmn saya yg pnh kena sifilis, tp saat saya minum setelah 2 jam saya merasa panas dingin dan kepala mendadak sakit. Mohon bantuannya dok..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dengan titer VDRL Dan TPHA segitu, biasanya dianggap reaktif Dan mesti diobati.... Harus ke dokter kulit terdekat ya...supaya dievaluasi Lebih lanjut Dan diobati dengan obat lain selain doksisiklon.... Yang paling bagus infeksi penicillin, tapi risiko besar, jadi harus disuntik di rumah sakit

      Delete
  32. Selamat siang dr. Susie. Sy Yudha mau tanya.
    1. Beda mendasar antara penyakit sifilis dan herpes itu apa?
    2. Antara VDRL dan TPHA, yg menjadi patokan yg mana untuk memastikan kita kena penyakit, apakah VDRL/TPHA.
    3. Sy tdk ada keluhan. Tanda2 fisik jg tdk ada. Tapi saat mau donor darah baru2 ini tdk bisa krn ada bakteri di darah (data PMI 2011, saat sy donor kala itu), lalu disuruh periksa lab kedua item tsb.
    Mhn pencerahannya dok. Trmksh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sifilis oleh bakteri, bisa disembuhkan total hilang Dari seseorang.... Herpes oleh virus, gak hilang total, Makanya Ada risiko kambuh... Klo sifilis kena lagi biasanya krn tertular lagi...
      VDRL untuk melihat aktif tidaknya penyakit
      mungkin saja gejala ringan sekali sehingga tak disadari

      Delete
  33. Hallo dokter, saya jimmy, mohon bantuannya dok..

    Hari selasa lalu (15/1) di batang kemaluan saya (bawah kulit) muncul bintik seperti jerawat 3biji dan 1 bercak merah +/- 1mm. Besoknya tambah banyak, 2hari berikut sudah banyak biji2 jerawat itu dan gatal.
    Hari jumat saya ke dokter. Dokter satunya ngomong hanya jamur, biasa terjadi pada orang belum sunat. Dokter itu menempelkan kaca kecil pada tempat adanya ruam itu dah melihatnya di mikroskop sebelum memberikan diaknosa tersebut.
    Dokter satunya lagi mengatakan ini hanya iritasi karna tidak sunat juga, namun beliau juga menghawatirkan saya terkena herpes. Ini yg bikin saya stress berat dan tertekan. Kemudian beliau memberikan obat valvir 500mg 3x1 dengan pertimbangan jika pada hari senin (besok) saya sembuh maka itu berarti saya memang benar terkena herpes, namun jika senin masi iritasi maka itu berarti memang cuma iritasi.

    Yang jadi pertanyaan saya,
    1. Apakah iritasi atau jamur pada kemaluan tidak dapat sembuh sendiri dalam waktu 6hari? Yg membuat syaa takut adalah setelah minum obat itu mulai jumat malam, besok malamnya bintik2nya mulai berkurang namum sampai hari ini masi ada bercak merah pada kulit. Apakah cara diagnosa seperti demikian dapat dipercaya?
    2. Mulai sabtu malam dan minggu ini saya merasa pegal2 pada punggung seperti kecapekan. Dari yg saya baca di internet, herpes memang memiliki gejala fatigue /kecapekan seperti ini, namun efek dari minum valvir juga sama. Menurut dokter pegal2 saya ini disebabkan oleh penyakit atau efek obat?
    3. Pada kemaluan saya tidak terdapat gejala seperti melepuh atau timbul air dibawah kulit. Yg terjadi hanya lembab dan agak basah kalau tidak dicuci seharian. Juga tidak ada luka seberti bekas bisul. Cuma seperti jerawat kecil yg timbul kemudia hilang. Menurut dokter apa sebenarnya penyakit yg saya alami ini?

    Terimakasih untuk bantuan dan penjelasan dokter...

    ReplyDelete
  34. iritasi bisa sembuh sendiri klo penyebab sudah dihilangkan, tapi tetap perlu waktu... Klo jamur biasanya perlu pengobatan...
    Bercak merah biasanya masih ada, krn sisa penyakit, lama-lama akan membaik biasanya
    Jamur lebih sering di bagian kepala penis, makanya lebih sering pada orang yang gak sunat
    Penyebab pegal gak bisa dipastikan, mungkin saja akibat keduanya
    Klo takut herpes, cek lab aja setelah seminggu mengalami sakit. Klo kecepatan periksa, sering negatif, jadi bisa salah interpretasi

    ReplyDelete
  35. Halo dokter..saya ian..mau bertanya
    Sifilis bsa sembuh total khan dok..kmren saya cek darah hasil tpha reaktive dan vdrl reaktive 1:4 artinya apa itu dok..gejala yang timbul saat ini bercak2 merah di telapak tangan dan kaki...uda sebulan lbh..apakah tahapan sifilis saya sudah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sifilis sekunder.... Harus diobati ya... Ke dokter kulit terdekat ya... Untuk disuntik antibiotik

      Delete
    2. Saya ian dok..yg saya dpt malahan. Doxicor 100 mg 2 kali sehari..apakah efektif dok..itu diksh dokter selama 2 minggu..trus mengenai ruam2 merah kira2 hilangnya kpn y dok? Tanda-tanda obat bereaksi seperti apa?trims sblmnya dok

      Delete
    3. pilihan pertama obat suntik...doksisiklin pilihan berikutnya... hilang 2-4 minggu

      Delete
  36. Halo dokter Susie Rendra, saya Adi. Saya ingin bertanya, hari selasa kemarin (5/02/2013) saya ML dengan WP menggunakan kondom (tapi saat di oral, tidak make dok), saya ML baru pertama kali dok. nah malam nya saya sedikit hangat badan saya ky masuk angin, tenggorokan kering (banyak minum) dan sedikit mual. dan hari ini saya cek di penis saya, terdapat ada kyak tekukan kulit dok di dekat lubang kencing (tapi aku lihat sekitar hampir2 sama ky alur kulit sekitar). setelah saya pegang dan saya ratain tuh tekukan, gak ada apa2 dok, cuman permukaan biasa. yang ingin saya tanyakan :
    1. Apakah saya terkena penyakit PMS (HIV,herpes,sipilis) ? ato cuman perasaan saya aja ?
    2. kalo untuk pastinya apakah saya perlu cek di lab dok ? kalo mau cek, enaknya cek apa aja dok yg berkaitan dengan PMS ? waktu yang valid untuk cek kapan y dok ?

    terima kasih dok, maaf kalo pertanyaan saya terlalu banyak, terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo gak Ada keluhan yang nyata di kelamin gak usah terlalu kuatir...
      Klo mau cek HSV 1-2 minggu setelah kontak... HIV 3 bulan stlh kontak...sifilis klo Ada gejala luka borok Aja....masa inkubasi sifilis bisa smp 3 bulan

      Delete
    2. ini adi dok, selama ini saya gak ada gejala apa2 dok. tapi apakah dengan menggunakan kondom itu aman gak tertular HIV dok ? brp persen kah dok ?

      Delete
    3. Mestinya aman...walau gak 100 % Soalnya ukuran virus hiv kecil banget...beberapa laporan bilang tetap bisa lewat pori2 kondom..

      Delete
  37. nama saya ratna dok,bulan lalu saya mengalami keputihan yang luar biasa(banyak)tapi saya tetap melakukan hubungan ranjang dengan suami saya,alhasil saya mengalami infeksi saluran kemih,dan juga setelah cek usg ternyata ada kista ukuran 3 cm dekat dekat rahim saya,dan dokter nyuruh saya tunggu 3 bulan lagi buat test usg kembali,lalu saya kembali rujuk kedokter lain dan nyuruh saya tes TPHA Dan VDRL dan hasilnya dua2nya positif,saya sangat terpukul dengan semua ni dok,,hasil test TPHA Dan VDRL suami saya negatif dua2nya,padahal saya tidak pernah melakukan hubngan intim selain suami saya,,tolong beri saya saran dok??makasi sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba cek ulang dulu ya... Supaya Lebih pasti apakah memang positif...
      Pernah terima transfusi darah gak ya?

      Delete
    2. sudah saya cek dok minggu lalu dan hasilnya Vdrl:Negatif dan Tpha :Positif(1/8)dan saya hanya mengkonsumsi obat keputihan saja.saya pernah donor darah sekitar 4 tahun lalu.itu menunjukkan hasil gmn lagi dok?
      makasih dok sebelumnya.

      Delete
    3. Hasil lab menyatakan sifilis yg sudah membaik... Yang saya Tanya bukan donor, tapi apa pernah trima transfusi darah...

      Delete
    4. siang dok,saya gk pernah minum obat karna saya blom tahu mau minum obat apaan,tapi kok vdrlnya bisa berubah?? dan tpha nya 1/8 artinya ap dok?apakah bahaya??
      gk pernah saya transfusi darah dok.makasih,ratna.

      Delete
    5. Ya artinya pernah kena sifilis...Kapan kenanya gak bisa ditebak... Yang penting skg penyakit gak aktif kok...

      Delete
    6. berarti tidak perlu minum obat ya dok,,trus apakah sifilis bisa hilang sendirinya dok walaupun gak pernah konsumsi obat?makasih dok

      Delete
    7. Biasanya sih mesti minum obat...tapi bisa saja obat keputihan yg pernah diminum punya efek buat sifilisnya

      Delete
    8. malam dok,tadi pagi saya melakukan check ulang tpha dan vdrl lagi tapi lab yang berbeda dan hasilnya menunjukkan VDRL:Non Reaktif dan TPHA : 1/20 jadi yang mau saya tanyakan apakah penyakit saya bertambah parah ataukah sebaliknya dok dan saya sampai sekarang belom pernah konsumsi obat sifilis,saya sangat berharap jawaban dari dokter?makasih sebelumnya.

      Delete
    9. Coba ke dokter kulit Dan kelamin terdekat ya... Supaya bisa jelas..

      Delete
  38. Slm dok...nama saya rahmat,sebelum ini saya pernah terkena sifilis dan hasil cek VDRL : Reaktif..titer 1:2 TPHA positif,kemudian dokter memberi saya obat yg diminum slama 2 mnggu hsil nya vdrl 1:1,,,dokter mmberi lg sy obat yg jga dminum slma 2 mggu dan hsilnya vdrl non reaktif..skarang setelah satu tahun saya cek ulang,hasilnya vdrl reaktif titer 1:4...apakah pnyakit ini bisa kambuh meskipun sya tidak pernah lg melakukan hubungan badan...mohon jawabannya dok...trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. TPHA gmn? Apakah cek di tempat ya sama? Klo rabu, cek ulang VDRL lagi

      Delete
    2. halo bu dokter, Nama saya Kafflan, saya punya masalah vdrl 1:1;tpha 1:80, dari test sebelum terapi dan sesudah terapi hasilnya sama.
      Terapi pertama minum pil 17 x minum,hasil tetap,kemudian suntikan pensilin,didapatkan hasil msh sama. yakni vdrl 1:1 dan tpha 1:80, mmohon saran bu dokter,karena hasil ini pertama saya lakukan setelah pengecekan dinegeri orang hasilnya dua2nya reaktif. Sehingga umur saya dinegeri orang cuman 7 hari. sebelumnya saya tidak pernah berhubungan sex kecuali dgn istri saya. Dari hasil penelitian hasil vdrl dan tpha istri non reaktif. Mohon saran bu dokter...Trm ksh.

      Delete
    3. Biasa panduan kita adalah VDRL... Bila reaktif diobati... Klo TPHA biasanya sekali reaktif Akan terus begitu... VDRL 1:1 sih biasanya gak usah diobati lagi... Cek ulang 3 bulan setelah pengobatan selesai...

      Delete
    4. makasih bu dokter,tapi kalo memang TPHA reaktif selalu utk monitor bagusnya brp bln/tahun sekali. Bisa gak saya diketahui dari kapan saya terjangkit VDRl dan TPHA tsb. Soalnya dari tahun 2002 saya kerja selalu ada annual medical examination. Dan ga pernah ada pemeritahuan dari dokter. Apakah dengan vdrl 1:1 dan tpha 1:80 untuk Indonesia dikategorikan normal, sehingga tidak pernah disampaikaan dokter perusahaan ke saya, atau saya tertular di luar negeri hanya dalam 3 hari...

      thanks alot bu dokter (Kafflan)

      Delete
    5. Klo VDRL sudah non reaktif atao 1:1, bila perlu cek ulang 6 bulan kemudian..
      Kita gak bisa tau kapan terkena penyakit....
      Mestinya sih klo dokter perusahaan melihat angka seperti itu pasti disuruh berobat... :)

      Delete
    6. Tapi kalo hasil dari salah satu lab terbesar di Indonesia VDRL 1:1 rujukan hasil lab mrk msh menyimpulkan reaktif, msh bisa kah menuju 0, atau penjelasan 1:1 apa bu dokter, many thanks...Kafflan

      Delete
    7. Lambat sekali untuk jadi 0... Coba cek ulang VDRL 3 bulan lagi ya

      Delete
  39. Halo dok, saya anto di sidoarjo..saya positif hsv-2, beberapa waktu lalu saya tes juga anti hiv. Hasil non reaktif. Saya mau tanya, apakah virus herpes dalam tubuh bisa mempengaruhi akurasi tes hiv? Maksudnya apakah dapat memberi hasil positif atau negatif palsu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya gak... Jadi hasil bisa dipercaya kok

      Delete
  40. Maaf dok saya yanto mau menanyakan beberapa waktu lalu saya berhubungan dengan wanita di tempat pijat dok dan tidak menggunakan kondom,kemudian setelah ± 20-30hr saya merasakan panas waktu buang air kecil dok,dan setelah itu 2-3 hari ke depan saya baru sadar jika dari lubang penis saya mengeluarkan cairan seperti nanah
    Kemudian saya bawa ke dokter kulit dan kelamin hanya diberi tahu jika saya berhubungan dengan wanita yg baru saja selesai M,kemudian diberi obat siclidon 100mg sebanyak 20,ini sudah hari ke 4 saya konsumsi obat tersebut,tp dr lubang penis masih mengeluarkan nanah dan saya sering pusing dok,ada saran apa ya dok untuk saya terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cek lab untuk menyingkirkan gonore ya

      Delete
    2. Cek lab nya harus dari dokter atau bisa ke lab langsung ya bu?tes labnya namanya apa ya bu?kemudian kalau obat yg dari dokter kemarin yg siclidon 100mg itu bagaimana ya bu?apakah kurang cocok obatnya atau yg saya derita sudah lebih kebal ya bu?
      Terima kasih

      Delete
    3. Makanya hrs cek lab untuk memastikan penyebab... Coba konsultasi ulang dgn dokter tersebut ya..

      Delete
    4. Maaf bu dokter,saya mau konsultasi lg bu.
      Dari saran bu dokter kemarin saya sudah cek lab,untuk cek lab pertama tidak ditemukan bakteri go,tp ditemukan bakteri bentuk occulus,kemudian saya disarankan berobat di rs lain dgn peralatan lebih lengkap,waktu awal swab uretra negatif kemudian disarankan untuk kultur dan sesivitas,dr hasil lab itu hanya ditemukan bakteri epidermitis dan akirnya tdk diberi obt padahal saya sendiri merasa belum sembuh karena masih keluar nanah saat saya urut walau sedikit,selang waktu 2 minggu dr saluran kencing keluar nanah lg dan lebih byk dr sebelumnya dan buah zakar terasa nyeri ,kemudian saya cek up dr hasil swab uretra mendapat hasil dinyatakan positif go dan sudah komplikasi ke buah zakar kemudian diberi obt doxixiclyne 100mg 2x1 hari untuk 1 minggu dan cifixime 100mg 4kapsul sekali minum untuk 5 hari dan tes darah rprr kalao tidak salah.
      Setelah 1 minggu saya cek up lagi dan buah zakar sudah tidak sakit lg,dan dr hasil cek upswab uretra tidak ditemukan bakteri go lg hanya sel darah putih sangat byk kemudian diberi obt lanjutan doxixiclyne lg dan hasil tes darah negatif,ini sudah berjalan 5hari tetapi dr saluran kencing masih keluar cairan putih kehijauan/kekuningan saat saya urut dan kencing saya sering berwarna kuning kehijauan dok dan pernah saya onani sperma saya berwarna kekuning kuningan dok
      Menurut saran dokter apa yg harus saya lakukan dok mengingat pms ini sudah dr maret saya derita,saya takut jika hal ini tidak sembuh2 dok mohon bantuannya
      Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih

      Delete
  41. Selamat siang dr.Susie. Nama saya Daniel. Maaf, menyita waktu dokter sebentar. Pada tahun 1993 (20 tahun lalu), saya melakukan hubungan, dan sekitar 10 hari kemudian, timbul benjolan berdiameter sekitar 1 cm dengan luka terbuka Di atasnya, terasa kenyal, tidak sakit dan tidak gatal. Pada saat itu saya tidak menyadari benjolan tersebut berbahaya, dan saya hanya mengoleskan minyak gosok. Beberapa hari kemudian benjolan tersebut hilang, karena itu saya pun mengabaikannya. Setelah kurang lebih 20 tahun kemudian (2012 akhir), saya membaca artikel tentang Penyakit Menular Seksual, dan salah satunya adalah "Sipilis", fase awalnya mirip dengan yang saya alami 20 tahun lalu, tetapi saya tidak mengalami fase selanjutnya, seperti ruam kulit Di Sekujur tubuh. Saya terkejut dengan apa yang telah saya baca. Beberapa hari kemudian saya berkonsultasi dengan dokter SPKK Di sebuah Rumah Sakit. Oleh dokter saya dianjurkan tes VDRL dan TPHA serta anti HIV. Dan hasilnya, semuanya non reaktif. Dokter tersebut mengatakan saya tidak terinfeksi. Di Sini saya bermaksud menanyakan kepada dr.Susie Rendra SpKK., mengingat kejadiannya sudah 20 tahun, apakah tes VDRL dan TPHA akan akurat? Sebelumnya saya ucapkan terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Akurat.. Lagi pula yg penting kondisi sekarang

      Delete
  42. Terima kasih dr.Susie. Kondisi saya sekarang normal saja. Apakah tes VDRL dan TPHA cukup untuk menjelaskan ada tidaknya penyakit Sipilis pada setiap Fase? Apakah diperlukan tes cairan "Serebrospinal" untuk mengetahui fase "Tersier" dan "Neurosipilis"? Terima kasih sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cukup...tolong klo mau Tanya lanjutan direply Aja...biar gak nebak ini siapa

      Delete
    2. Oh! Maaf dr.Susie, saya Daniel. Apakah pernah ada kejadian seperti yang saya alami? Terima kasih sebelumnya.

      Delete
    3. Secara teoritis klo sembuh bisa saja semua parameter Jadi negatif..tapi biasanya perlu waktu sangat lama...tapi biasanya tpha tetap positive seumur hidup... Berhubung pd kasus kamu mmg kejadiannya sudah lama sekali, mestinya dianggap sembuh...klo masih kuatir, cek ulang di lab berbeda...

      Delete
    4. Terima kasih banyak atas penjelasannya ... dr.Susie Rendra SpKK.

      Delete
    5. Atau mungkin juga dulu bukan sifilis..tapi chancroid

      Delete
    6. Dulu sewaktu terinfeksi, tidak terasa sakit ataupun nyeri dan tidak mengeluarkan nanah. Letaknya Di Kulit, dekat kepala Penis. Saya oleskan minyak gosok, dan beberapa hari kemudian hilang.

      Delete
  43. selamat siang bu dokter,nama saya bambang umur saya 25 tahun,
    saya ingin bertanya,disekujur(buah jakar dan batang) alat klamin saya bintik-bintik kecil merah sperti jerawat yang kalau dipencet mengeluarkan nanah dan terkadang gatal sekali.hal ini sudah saya alami dari umur saya 17 tahun sampai sekarang.langkah apa yang sebaiknya saya lakuin dok,karna saya sangat terganggu dengan penyakit ini?makasih banyak buk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh saya gak bisa nebak..keluarnya nanah apa darah ya?

      Delete
    2. Lha bintiknya merah apa putih? Kok pertanyaan terakhir infonya putih? Klo putih itu fordyce spot..kelenjar minyak... Gak usah diapa-apain...Jgn pencet2

      Delete
    3. maaf dok setelah saya check lagi lebih condong ke putih,Foryce spot itu apa dok?dan gimana cara mengobatinya.makasih byk dok saya sangat mengharapkan bantuan dari dokter.

      Delete
    4. Khan sudah saya jelas khan di atas...gak usah diapa-apain cuma kelenjar minyak

      Delete
    5. dok kemarin ada teman yang menyarankan pake anaesthetic cream apakah itu gak berbahaya dok,,makasih byk dok.

      Delete
  44. Dok nama saya adit...saya mau menanyakan...2 bulan yg lalu saya tes tpha dan vdrl dan hasilnya 1:8 dan 1:640... Trus saya dikasi obat yg diminum selama 2 minggu 4x1 hari... Dan hari ini saya test ulang tpha dan vdrl saya berubah jadi 1:2 dan 1:160...dan masih reactive...
    Yg mau saya tanyakan dari hasil pertama dan kedua ada pengurangan virus tersebut ga dok??
    Trus kalau memang ada pengurangan, gmn caravmembuat jd non reactive?? Apa saya harus mnm obat lg dok??

    Trima kasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada perbaikan... Biasanya minum obat lagi..coba kamu datangi lagi dokter sebelumnya...TPHA hampir gak bisa jadi non reactive

      Delete
  45. Dok sy Nia, hasil lab sy menunjukan IgG HSV 2 negatif (Ratio 0,11) dan IgM HSV 2 positif (1,32). Yang membingungkan setelah suami sy di cek, ternyata hasilnya negatif, pdhl sy tidak pernah berhubungan dengan orang lain selama ini (sudah menikah selama 8 bulan.. sblmnya tidak pernah berhubungan seksual dgn siapa pun). Yg ingin ditanyakan adalah darimana kira2 virus ini menulari sy? Saat ini sy sedang mengandung 4 minggu, dokter kandungan sih bilang selama diobati tidak masalah (setelah cek lab sy ke dokter dan diresepkan valacyclovir 2*500gr selama 10hari).. tp sy baca diatas herpes primer berbahaya bagi kandungan, maksudnya bagaimana ya dok? Karna hasil diskusi dengan dokter kandungan dan baca2, katanya baru berbahaya kalau IgM tetap positif pada saat akan melahirkan, sehingga perlu operasi. Duh jd cemas dan panik, terlebih lagi rasanya stress sekali sudah merasa hidup sehat kok terkena herpes justru pada saat hamil yg ditunggu2. Terima kasih dok sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang Ada risiko bila terjadi infeksi primer herpes pada kehamilan di bawah. 20 minggu... Yg penting sudah diobati... Gimana klo coba cek ulang di lab lain? Ada gejala yg kamu rasakan?
      Yg dimaksud herpes primer adalah terkena herpes pertama kalinya...

      Delete
  46. Dokter, Saya Kendy. udah hampir sebulan ini kencing saya agak panas (tapi tidak ada keluar cairan seperti nanah, dll), perut tidak nyaman, saya sudah cek darah lengkap, kolesterol. gula darah, sgot, sgpt, dan test urine...hasilnya semua baik2 saja... urine juga tidak mengandung bakteri... tapi belum cek VDRL & TPHA...apakah ada kemungkinan saya kena penyakit kelamin Dok, mengingat 2 bulan lalu saya petting dengan wanita lain ....Trims Dok..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo mungkin, mungkin Aja... Cek Aja TPHA, VDRL Dan juga tes utk herpes

      Delete
  47. Selamat sore Dokter, saya Kendy yang kemarin. saya berhubungan dengan mantan pada tgl. 26 Maret 2013. sudah 3 minggu ini saya merasakan panas di perut dan kalo pipis agak panas, di bagian (maaf) anal juga panas. tapi tidak ada nanah ataupun cairan lain yang keluar dari penis...saya sudah cek darah lengkap, kolesterol, gula darah puasa, test urine juga, hasilnya ok semua...urin tidak mengandung bakteri... barusan tgl. 10 Mei 2013 saya cek VDRL & TPHA, hasilnya non reaktif...apakah apa yang saya alami ini bagian dari penyakit kelamin bukan ya Dok. apakah saya harus cek VDRL & TPHA ulang?.... Mohon saran Dokter...

    Terima kasih banyak atas waktu dan sarannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cobs cek herpes ya..HSV 1 Dan 2, igG Dan igM...

      Delete
    2. Halo Dokter, apa kabar? saya sudah tes dengan hasil:

      Anti-HSV2 IgG Positif Rasio :5.00
      Normal: Rasio :< 0.8 Negatif, 0.8 <= Rasio < 1.1 Borderline, >= 1.1 Positif

      Anti-HSV2 IgM Borderline Rasio :0.81
      Normal: Rasio :< 0.8 Negatif, 0.8 <= Rasio < 1.1 Borderline, >= 1.1 Positif

      Apakah gejala pipis panas dan kepala pusing ini salah satu gejala herpes jika hasil tesnya demikian?

      Terima kasih Dokter.

      Delete
    3. Iya iya...mungkin herpes penyebabnya

      Delete
    4. Malam Dokter, maaf mengganggu lagi. Saya sudah ke Dokter Kulit. Katanya buka Herpes, karena tidak ada luka. Diagnosa Infeksi Saluran kemih (karena gula darah sedang tinggi dan kalo malam suka menahan pipis ketika tidur) atau bisa juga klamidia (tapi kok gak ada cairan/nanah keluar di ujungnya). Akhirnya saya diberi Siclidon 200mg dosis 2x1 selama 10 hari dan juga obat sadang Nonflamin. Kondisi membaik, tinggal sedikit risih saja rasanya. kemudian dilanjut Clindamycin 300mg 2x1 selama 4 hari. baru hari kedua minum Clindamycin ini kok gejala panas mulai muncul lagi ya Dok. Jadi bingung saya sebenarnya sakit apa? Mohon bantuan saran dari Dokter. Terima kasih Dokter.

      Delete
  48. Halo dokter Susie Rendra saya andika dok, maaf dok saya mau bertanya pertanyaan saya pertama 2 taun lalu saya pernah melakukan kegiatan beresiko, setelah itu saya menjadi sangat parno, saya melakukan tes berkali2, untuk tes vdrl dan tpha saya positif dan sudah dilakukan suntik penicilin,setengah itu saya cek lg hasilnya vdrl dan tpha saya negatif semua,saya bersyukur tp yg saya bingungkan apakah tpha bisa jd negatif?atau jangan2 tes yg pertama salah?
    Pertanyaan kedua dok, bodohnya saya 3 minggu yang lalu saya melakukan perbuatan beresiko lg,saat itu saya sedang sariawan dan pecah terus berdarah,saat itu saya sempat kissing, sampai sekarang sariawan( berupa 1 benjolan berwana putih kecil awalnya merah berisi cairan di bibir bawah dalam),apakah ada pertanda saya terkena herpes?karena saya takut menular kan ke keluarga saya, selain tes hsv 1&2 IgG dan IgM ada tes lain untuk memastikan itu herpes?,saya jg berencana untuk biopsi takutnya benjolan sariawan tersebut gejala awal dr kanker mulut? Perlukah dok?
    Terimakasih atas perhatian dan jawaban bu dokter

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tes untuk herpes cuma itu...
      Klo benjolan Dan sariawan gak sembuh2 dalam jangka lama baru pikiran kanker

      Delete
  49. Salam kenal dok.saya dian.satu minggu yg lalu suami saya di vonis sifilis dengan vdrl reaktif 1:1 dan tpha reaktif 1:640 dengan nilai rujukan non reaktif.apa arti angka tersebut?apa parah atw gimana?
    Yg buat saya dan suami bingung..dia tidak ada menunjukan gejala sifilis di badan atau pun di genital.
    Apa mungkin dok sifilis bisa di tularkan melalui jarum suntik?soalnya suami saya divonis setelah melakukan
    pengambilan darah untuk medical.padahal sebelumnya suami saya sering melakukan medical setiap 3 bulan sekali dan semuanya ok.mohon jawabannya dok.terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Artinya riwayat sifilis...coba cek 3 bulan lagi...konsultasikan dengan dokter terdekat ya
      Jarum suntik untuk cek darah khan steril..gak Akan menularkan penyakit

      Delete
  50. sore dok, saya via, sya mau sdikit sharing tentang penyakit sya yg baru sya tau, bulan lalu sya MCU di klinik ternyata sya TPHA 1/320, kata dokter sya diberi obat, kemudian stelah 2 minggu cek lagi hasilnya jadi 1/160, trus kta dokter trus aja minum obat.a stelah 2 minggu sya cek lgi ternyata hasilnya msih tetap 1/160, kira2 sya kenapa ya dok bisa punya penyakit seperti itu, sdangkan sya tak pernah melakukan hubungan intim, sya bingung dok sya btuh penjelasan dari dokter, bahwa sya harus bgaimana?? terimaksih dokter.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pernah transfusi darah? Coba cek ulang di laboratories besar ya...

      Delete

Sebutkan nama terlebih dahulu, bila ingin mendapatkan respons...thank you.. Tanpa nama akan langsung saya hapus ya......

Note: Only a member of this blog may post a comment.