Halo semua rekan yang tertarik dengan kesehatan kulit, semoga artikelnya berguna... Ditunggu selalu komentar dan inputnya... Khusus untuk intermezzo, adalah pengalaman unik selama praktek yang menurut saya cukup menarik untuk dishare... Happy reading...

Wednesday, January 26, 2011

Cacar air: seputar mitos dan fakta

Belakangan ini kasus cacar air lagi banyak.... Memang susah mencegahnya (walau vaksin udah ada, namun karena gak wajib dan mahal, jadi cakupan belum merata).... susah dicegah soalnya penularan sudah mulai terjadi saat pasien baru berasa demam-demam, gak enak badan, walaupun lesi cacar belum muncul....

Cacar air/chicken pox/varicella sebenarnya penyakit ringan, bisa sembuh sendiri, kecuali kalau terjadi pada usia ekstrim (bayi atau lansia), disebabkan oleh virus varicella-zoster... (jadi penyebabnya sama dengan virus herpes zoster/cacar ular). Penularan biasanya terutama melalui udara pernafasan (droplets), jadi sangat susah dicegah... Cacar air biasanya lebih ringan pada anak kecil... pada dewasa biasa lebih berat dan risiko terjadinya komplikasi juga lebih besar....

Sebelum muncul lenting-lenting, biasanya ada gejala prodromal, mirip keadaan saat kita mau flu (flu like syndrome) yaitu antara lain demam, sakit kepala, lemas, pegal-pegal... tapi tentu saja gejala ini bervariasi tingkat keparahannya... dari gak ada/sangat ringan sampai berat... Gejala prodromal ini biasanya berlangsung 1-2 hari.

Saat fase akut, muncul lenting-lenting berisi air. Secara terotitis bentuknya dikatakan seperti tetesan air... hehehe, walau mata saya lebih sering melihat bentuknya bundar biasa....
Lenting/vesikel ini biasanya sangat mudah pecah... Setelah pecah ini maka ada risiko terjadi infeksi bakterial... bila terjadi infeksi bakterial, maka bekas yang ditimbulkan akan lebih sulit hilang dan sering menimbulkan sedikit lekukan (bopeng). Makin tua umur seseorang saat terkena cacar air, biasanya risiko bopeng lebih tinggi....

Cacar air ini bisa disertai gatal....makanya sering digaruk-garuk. Tak heran risiko infeksi akan bertambah. Makanya bila gatal banget, diberi obat penghilang gatal.

Biasanya cacar air diobati dengan anti virus... mulai dari asiklovir, valasiklovir sampai yang baru famasiklovir...

Harus mandi dong....!
Ada mitos yang sering ditanyakan pasien... apa bener sih gak boleh mandi??
Wah ya gak bener... Namanya juga lagi ada infeksi yang mengenai kita, jadi mandi diwajibkan... Kalau bersih, tentu risiko infeksi sekunder akan berkurang...

Boleh makan kecap dok??
Hehehe, kadang saya bingung juga jawabnya... habis gak ada bukti ilmiahnya sih... Orang-orang dulu bilang kalo makan kecap, nanti bekasnya hitam-hitam....
Jadi saya selalu jawab... "Sebenarnya sih gak hubungannya... tapi kalo ibu/bapak meyakini hal itu, yah jangan makan kecap dulu aja, toh kecap bukan menu wajib...."
Hehe, soalnya kalo nanti bekasnya beneran hitam (oleh berbagai sebab) dan saya mengijinkan pasien makan kecap... nanti saya juga yang disalahin... hehehe

Kalo udah pernah, masih bisa ketularan gak ya??
Kita biasanya hanya kena cacar air sebanyak satu kali.... Hampir tak pernah orang terkena cacar air sampai 2 kali, terutama bila daya tahan sangat rendah...
Yang sering terjadi adalah pada kejadian berikutnya, pasien yang pernah kena cacar air, mengalami herpes zoster atau cacar air, atau shingles. Penyebab kedua penyakit ini adalah virus yang sama. Virus penyebab cacar gak pernah hilang dari tubuh kita seumur hidup... pada saat daya tahan turun, cacar ular akan muncul... Cacar ular ini bisa kambuh berkali-kali... tapi bentuk cacar airnya biasa hanya 1x....


Yang paling penting sebenarnya istirahat ya... karena namanya infeksi virus, sangat dipengaruhi oleh daya tahan seseorang... Makanya untuk penyakit yang satu ini, saya selalu memberikan surat istirahat 3-5 hari.... Selain untuk si pasien supaya bisa istirahat beneran, juga supaya gak nularin kemana-mana.....

Tapi kalo lingkungan sekitar sampai ketularan juga... hehe, jangan salahin pasien ya... karena biasanya waktu awal-awal dia juga gak tau kena cacar, padahal waktu itu udah mulai menular......

337 comments:

  1. Oh yah dr. Susie, mungkin bisa dijelaskan lagi bagaimana dengan orang yang sudah pernah mengalami cacar air, apakah masih bisa tertular lagi dan lagi? Dan apakah cacar air berikutnya ini sama dampaknya dengan yang pertama? Karena sebagian orang masih ada yang meyakini kalau sudah pernah mengalami cacar air maka tidak perlu khawatir akan tertular lagi. Thanks yah doc. Have a nice day.

    ReplyDelete
  2. Nice input mimi... saya langsung tambhain di artikel ya..... thanks a lot... GBU

    ReplyDelete
  3. Dr. Susie, apakah sakit cacar air sama sekali tidak ada pantangan makanan? Soalnya kl dr kebiasaan turun temurun byk jenis makanan yg menjd pantangan. Kl dr sisi kedokteran, makanan apa aja yg bener" tidak boleh dikonsumsi? Tq.

    ReplyDelete
  4. Halo Lizzy... sebenarnya gak ada sih pantangan makan yang mutlak.... Tapi kalo kamu percaya dengan mitos lama, selama tidak membuat keadaa tambah buruk, ya silakan saja.... biasanya buat saya yang penting asupan gizi dan nutrisi harus cukup... karena tubuh kita sedang melawan infeksi.
    Trus kalo cacarnya gatal banget... biasa saya minta seafood agak dikurangin, soalnya kadang bisa menambah gatal pada beberapa orang...

    ReplyDelete
  5. Dr.Susie,apakah bener Acyclovir salep dapat meringankan sakit cacar air ini?bila bener saya bisa mendapatkanya dimana? makasih

    ReplyDelete
  6. Halo Randi.... teori yang terbaru sebenarnya asiklovir krim tak bermanfaat ya........... Yang bermanfaat asiklovir tablet yang diminum.......... Di apotik juga jual, tapi perlu resep dokter... Kamu pasti menderita cacar air?

    ReplyDelete
  7. dr. usia saya sudah 20 thn. sejak kemarin badan saya panas, lemas, pegel2, dan pusing,, apalagi klo udah mulai sore.. lalu di tangan, leher, dan wajah muncul bintik-bintik yang berisi air.. apa saya terkena cacar air? belum sempat cek ke dokter soalnya hari minggu dokter libur nih.

    kira2 lemas dan panasnya sembuhnya berapa lama ya dok...?

    ReplyDelete
  8. Haloo Seth... memang kasus cacar air lagi buanyaaaak banget akhir-akhir ini...
    Kalo muncul lenting.. kemungkinan besar emang kena cacar air... klo dewasa harus minum obat.. trus istirahat.. gak boleh ekrja/kuliah dulu soalnya menular...
    Lemas dan panas bergantung... ada yang 3 hari membaik... ada juga yang sampe 5 harian... minum obat turun panas aja dulu...

    ReplyDelete
  9. hmm...
    sekedar sharing pengalaman....
    saya belum pernah kena cacar air tapi tiba2 terkena cacar ular...
    padahal banyak bacaan seperti artikel dokter yang menyatakan bahwa cacar ular itu ada jika penderita sudah terkena cacar air....

    ReplyDelete
  10. Halo Kimi... yang sering terjadi adalah pasien pernah terkena cacar air yang bersifat abortif... sangat ringan hampir tak disadari oleh penderitanya.... Atau yang sering terjadi juga adalah pernah vaksinasi cacar air, sehingga virus udah pernah masuk sebelumnya... hehehe, jadi maksudnya cacar ular seringnya terjadi karena virus sebenarnya udah ada di badan kita.... tinggal dia reaktivasi aja...

    ReplyDelete
  11. dok setiop orang pasti kena cacar ga si?
    klo yg uda di vaksin bs kena? apa pasti kena?

    trus pereda rasa gatal dari cacar air ini apa ya yang ampuh.. kasian istri saya ga bisa tdr krn gatel,,,

    ReplyDelete
  12. Gak selalu kena, Viki...
    Vaksinasi menurunkan angka kejadian dan bila tetap kena biasanya lebih ringan... jadi gak memberikan perlindungan 100% ya...
    Biasanya dikasih antihistamin untuk meredakan gatal... memang gak dikasih obat gatal sama dokternya?

    ReplyDelete
  13. dok saya mau nanya, badan saya gatal2 setelah teman saya tadi yang kena cacar masuk ke kampus..
    tapi saya udah pernah kena cacar sebelumnya.. apa ini cuma suggest doang apa memang saya kena cacar untuk kali ke 2?

    ReplyDelete
  14. Halo Vino... cacar airnya stadium apa? klo nular juga 1-2 minggu kemudian baru keliatannya...
    Cacar air hampir gak pernah 2x...kalo kambuh jadinya cacar ular...

    ReplyDelete
  15. Hallo dokter, saya sudah pernah kena cacar air (waktu kelas 6 SD). Hari Rabu minggu lalu punggung saya dan sedikit dibawah ketiak agak nyeri dan terasa sensitif. Hari Sabtu pagi kemarin muncul ruam/rash seperti cacar air dan sakitnya bukan main kalau tersentuh. Apakah ini cacar ular? Anyway, saya sudah daftar untuk konsultasi hari Senin jam 9.15 di RS. Puri Indah dengan dokter.

    ReplyDelete
  16. Apakh hanya pada satu sisi? Bila ya..kemungkinan emang cacar ular... OK dech... CU tomorrow klo gitu

    ReplyDelete
  17. cacar ular gimana tuh dok??
    saya sih cuma berasa gatal2 doang, trus juga gak ada demam... dan sejauh ini gak ada benjolan2 pertanda cacar...

    ReplyDelete
  18. Cacar ular biasanya muncul lenting berkelompok pada 1 sisi aja... kalo gak ada tanda-tanda...boleh tenang harusnya...
    klo ketemu temen cacar ular hari ini, misalnya kamu ketularan, munculnya baru 1-2 minggu lagi...

    ReplyDelete
  19. Dok, Setelah makan Neurontin, saya merasakan pusing dan akhirnya muntah2. Apa yang harus saya lakukan?

    ReplyDelete
  20. Halo Pak Andy... saya sudah minta perawat saya telp bapak ya... neurontin tujuannya buat nyeri neuralgianya.. kalo gak bisa minum dosis penuh 300mg, bapak ke apotik Puri aja ya, minta di bagi 3..jadi dosis menjadi 100mg aja...Smoga dengn dosis kecil mual hilang... Tapi kalo gak hilang juga, artinya gak usah diminum aja ya pak..

    ReplyDelete
  21. Terima kasih dokter. Nanti saya ke apotiknya.

    ReplyDelete
  22. restu_ing@yahoo.co.idAugust 13, 2011 at 7:42 PM

    Dr.yth. Sy pria 29th. Kena cacar air sdah 1 minggu n glembung sdah mulai mengering. Prtnyaannya apakah sy sdah boleh brhubungan seks dg istri sy? Berapa lama waktu yg aman sbelum kembali brhubungan seks stelah cacar air? Mengingat istri sy sedang hamil 7bln apakah hubungan seks bisa berbahaya bagi janin kami? Mohon info'y Dr. Thanx b4.

    ReplyDelete
  23. Cacar air menular lewat droplet atauudara nafas..biasa sudah mulai menular -2 hari sebelum lenting muncul...
    hubungan seksual boleh saja dilakukan apalagi bila istri pernah terkena cacari air sebelumnya

    ReplyDelete
  24. dok,apa benar kalau penyakit cacar itu pasti terjadi minimal 1 kali seumur hidup? usia saya sekarang 13 tahun, yang saya takutkan adalah jika saya terjangkit cacar, betapa malunya saya. adakah cara efektif untuk menghindari cacar?

    ReplyDelete
  25. Halo...biasanya hampir semua orang terkena cacar...tapi gak semuanya... susah dihindari karena menular lewat udara pernafasan...
    Coba kamu tanya ortu kamu apakah waktu kecil kamu sudah divaksin cacar ya... cara itu cukup efektif...
    Yang pasyi mendingan kena cacar waktu kecil dibanding klo udah dewasa..karena biasa lebih parah

    ReplyDelete
  26. dok, kalo cacar air yang kedua munculnya karena apa ya dok?

    apakah karena terinfeksi lagi virus varicella dari luar atau virus dari dalam tubuh mulai bergerak lagi?

    terimakasih banyak dok

    ReplyDelete
  27. halo...sebagian besar karena reaktivasi virus yang udah ada dalam tubuh kita...saat kita lemah..virus bangkit lagi..
    Tapi menurut saya masih mungkin karena reinfeksi

    ReplyDelete
  28. Dok, apakah cacar jika disuntik akan lebih cepat membaik?
    Soalnya saya ga tahan lagi ni karna sangat gatal sampai" saya ga bisa tdur...

    ReplyDelete
  29. dok sangat perlukah minum obat Acyclovir tablet untuk kasus cacar air anak2,bukankah nanti bisa sembuh sendiri dengan meningkatkan daya tahan tubuh si anak...,

    ReplyDelete
  30. Dok, mau tanya, ada teman saya yang sedang terkena cacar, dan sejujurnya saya ragu apakah saya sudah pernah terkena cacar air atau belum. Orang tua saya sih bilang saya sudah pernah kena cacar ketika masih kecil, tapi kok seingat saya tidak. Bagaimana cara tahu kita sudah pernah kena cacar air atau belum? Terima kasih :)

    ReplyDelete
  31. Beberapa orang senang melakukan suntik vitamin C untuk mempercepat recovery... tapi bukan suntikan antivirus ya... Ada terapi imunoglobulin tapi hanya pada orang yang berisiko tinggi saja...
    Kalo gatal bisa minum obat penghilang gatal yang ngantuk..skalian biar kamu bisa istirahat n gak manggaruk

    ReplyDelete
  32. Untuk cacar air anak-anak..karean pada anak cacar air biasanya ringan, tidak terlalu perlu untuk memberikan asiklovir minum...tapi kadang diberikan untuk mempercepat penyembuhan sehingga aktifitas sekolah tidak banyak terganggu ..
    cacar air pada orang dewasa juga bisa sembuh sendiri...seperti halnya infeksi virus lainnya...tapi seringkali pada dewasa ada risiko efek samping dan biasanya lebih berat

    ReplyDelete
  33. Tentu untuk tahu pernah cacar air atau tidak langkah paling tepat adalah menanyakan pada orang tua kita... :)
    Saat ini pemeriksaan antibodi untuk melihat apakah seseorang pernah terkena atau tidak, tidak dilakukan untuk mendeteksi cacar air...
    yang penting tingkatkan daya tahan kamu ya...

    ReplyDelete
  34. Dok, kalau dirumah banyak anak" trus apa anak" juga akan tertular?
    Gimana pencegahannya ya dok?
    Anak"nya umur 4 tahun,2 tahun, dan 18 bulan.
    Terima kasih dok :)

    ReplyDelete
  35. Mom, secara teoritis penularan di rumah berisiko lebih tinggi ya...karena kontak atau frekuensi bertem dengan anggota rumah lebih besar... biasanya dalam waktu 2-3 minggu setelah anak pertama sakit...anak yang lain juga ikutan... klo sudah pernah vaksin biasanya munculnya ringan kok...

    ReplyDelete
  36. dok, saya baru kena cacar air neh, keluar bentolnya tadi pagi, trus langsung k dokter, n anak lagsung saya titipkan sama omanya. yang mo saya tanyakan, apakan bekas cacar nya ntar akan hilang?? trus apakah ada kemungkinan anak saya ketularan??

    ReplyDelete
  37. Makin dewasa usia kita..makin sulit bekasnya hilang....klo gak hilang juga..harus pake penghilang bekas.... Penularan terjadi 2-3 hari sebelum lenting muncul ya..... Klo tertular munculnya 2-3 minggu kmdn

    ReplyDelete
  38. dok umur saya 15thn:) saya mau nanya sayu baru terkena cacar air nih kira2 sudah 3 harian deh tapi sebelumnya waktu sd saya sudah terkena campak dok jadinya cacarnya hanya dikit. kira-kira berapa lama ya dok sembuhnya? terus apakah akan membekas?

    ReplyDelete
  39. dok saya mau nanya lagi saya kan lagi cacar ya saya minum melia propolis kata mama saya itu baik buat menghilangkan virus terutama saya lagi cacar.tapi jadinya ruam itu menjadi hitam dok dan mengering apa nantinya akan mengelupas dengan sendirinya dan tidak meninggalkan bekas?thanks

    ReplyDelete
  40. Numpang nanya, Dok... Saya (36 th) sudah 3 hari kena cacar air... tp keluarnya cuma sedikit sekali... (tertular dr orang rumah) - Apakah kondisi cacar air yg keluar tidak tuntas ini berbahaya, Dok...?? Terima kasih...

    ReplyDelete
  41. Halo Ivas..sebenaranya virus campak dan cacar air gak bereaksi silang..jadi gak saling mempengaruhi... Manifestasi cacar bisa ringan klo udah pernah vaksinasi sebelumnya...
    Biasa mengering dalam waktu 1 minggu...bekas tergantung..bila megering sendiri tanpa dikopek biasanya bekas minimal... Coba minum juga vitamin C dosis tinggi ya...secara teoritis mempercepat penyembuhan dan mengurangi bekas kehitaman

    ReplyDelete
  42. Halo Andi..Tidak pernah ada teori bawah cacar yang ringan akan berbahaya di kemudian hari..jadi tenang saja..malah enak khan cepat sembuhnya... :)... Soalnya cacar air mau ringan atau berat..bila daya tahan penderita rendah, ada risiko kambuh menjadi cacar ular

    ReplyDelete
  43. dok, mau nanya...gmn dengan mitos bahwa dengan minum air kelapa muda, maka lenting2nya akan cepet kluar dan itu berarti cepet sembuh jg?

    ReplyDelete
  44. Halo...makasih ya...hehehe soalnya gara-gara pertanyaan kamu..saya baca-baca lagi tentang air kelapa muda...
    dari beberapa tulisan memang benar air kelapa muda dipercayai bisa membantu mempercepat penyembuhan cacar air..namun dengan cara external application (dioleskan)..bukan diminum ya

    ReplyDelete
  45. DOk saya mw tny ada yg bilang kita ga blh mandi klo kena cacar??? apa benar?? terus apa bila kita mandi bisa memicu cacar itu bertambah ga??

    Jd, air kelapa itu dioleskan yah dok?? jd saya salah donk dok?? slama bbrpa hr ini saya meminum air klpa tersebut.... air klpanya jg murni tanpa ada campuran apa2....

    mohon dibalas yah dok??

    ReplyDelete
  46. Sekarang teorinya harus mandi...namanya juga lagi infeksi..biar cepet sembuhnya kok

    ReplyDelete
  47. Owh gtu yah dok.,., makasih atas infonya.,.,, saya hari ini mencoba jg mengoleskan air kelapa di bagian cacarnya.,., Tdk ada salahnya mencoba.,.

    ReplyDelete
  48. sip...mungkin kamu nanti bisa share hasilnya ya...

    ReplyDelete
  49. dok, suami saya kena cacar air 2 mg yl dan skrg sedah mengering dan menghitam. kemarin, gilran anak saya 3th yg muncul bintil berair di tangan dan di punggung.(mungkin masa inkubasi virus di tubuh anak saya sdh selesai). jumlahnya 3 dan rasanya sakit dan gatal. anak saya sdh divaksin varicella bln feb. saya membeli obat acyclovir salep dan td dioleskan di tempat yg ruam. kalau saya baca dlm beberapa literaur, cacar air itu kan sembuh sendiri seiring dg daya tahan tubuh. tp ada yg menyarankan penggunaan acyclovir, tp ada jg yg tdk menyarankan. saya mau tanya, sebenarnya tepat tdk ya menggunakan acyclovir salep? apakah ada efek sampingnya?

    ReplyDelete
  50. Halo Kiky...klo udah vaksin biasanya memang ringan..apalagi masih anak ya... Krn pada anak biasa ringan makanya pemberian asiklovir minum tidak terlalu diendorse...tapi pemberian obat oles tetap dilakukan
    Kami biasanya sudah tidak memakai krim asiklovir...tapi krim antibiotik untuk lesi cacarnya

    ReplyDelete
  51. dok saya mau tanya anak saya sebulan yg lalu sepertinya kena cacar api tapi di jidat dan dibokongnya saja. 2 minggu sembuh setelah berobat muncul bisul di jidat hidung dan dagunya. berobat kembali 1 minggu sembuh. sekarang setelah 2 minggu kesembuhannya ia sepertinya terkena cacar air tapi baru muncul di badan beberapa bulatan seperti berisi air. kenapa hal ini bisa terjadi ya dok. padahal setelah berobat yang kedua itu anak saya selalu mandi dengan produk antiseptik.

    ReplyDelete
  52. Halo Renny...penularan cacar air lewat udara pernafasan..jadi gak bisa dicegah dengan mandi antiseptik..
    yang perlu dipertanyakan adalah biasanya cacar gak kena lebih dari 1 kali...mungkin ada yang bukan cacar air biasa...mungkin cacar api atau ada juga yang menyebutnya cacar monyet...

    ReplyDelete
  53. Dok, saya mau nanya.. Saya lagi sakit cacar umur sy 18 thn.. Dulu wkt kecil pernah vaksin cacar, mmg jd lebih ringan krn vaksin .. Munculnya juga cuma bbrp bentol, bahksan di wajah tidak muncul .. Tp yg sy takutin, kata bbrp tmn sy, krn munculnya sedikit takut tidak tuntas, sehingga bisa mengakibatkan cacar kambuh lg .. Apa benar dok?

    ReplyDelete
  54. Dok, saya mau nanya.. Saya lagi sakit cacar umur sy 18 thn.. Dulu wkt kecil pernah vaksin cacar, mmg jd lebih ringan krn vaksin .. Munculnya juga cuma bbrp bentol, bahksan di wajah tidak muncul .. Tp yg sy takutin, kata bbrp tmn sy, krn munculnya sedikit takut tidak tuntas, sehingga bisa mengakibatkan cacar kambuh lg .. Apa benar dok?

    ReplyDelete
  55. Tolong sebutkan nama dulu bila ingin dijawab ya...

    ReplyDelete
  56. dok, nama saya syifa, umur saya 18 thn dan saya sudah terkena cacar sejak seminggu lalu. waktu saya cek ke dokter, dokter saya bilang cacar saya termasuk ringan dan saat ini cacar saya sedang dalam proses mengering dan saya merasa badan saya sehat-sehat saja cuma sesekali saya merasa pusing, lalu saya memberanikan diri untuk kembali bekerja dengan menggunakan pakaian tertutup dan masker, dan besoknya boss saya mengeluh kalau sepertinya dia tertular dari saya, pertanyaan saya,
    apakah secepat itu cacar dapat tertular ke orang lain?
    boss ku orang asing dan berumur 36 thn, dia blm pernah cacar sebelumnya, adakah cara cepat untuk penyembuhannya dok?
    karena biar bagaimana pun saya merasa bersalah karena telah menularkan penyakit saya.
    trims.

    ReplyDelete
  57. Halo syifa...klo sampai bos kamu tertular...penularannya terjadi saat sebelumnya....yaitu saat kamu baru awal sakit...biasanya saat lenting blm keluar sudah menularkan... Cara yg cepet ya suruh berobat Biar cepetan juga dapat obat... :)

    ReplyDelete
  58. Dok saya mau tanya,anak saya 6bln kynya terkena cacar air,gmn cara pengobatannya y dok?

    ReplyDelete
  59. To long sebutkan Nama dahulu lain Kali ya.... Wah sulit kalau kayaknya kena ya....pastikan dengan berobat ke dokter terdekat.... Cacar air pada anak biasanya ringan...jadi ada yg mengatakan tak perlu diobati...tapi pemberian boat biasanya akan membantu mempercepat penyembuhan

    ReplyDelete
  60. dok saya ferdi, mau tanya, saya sudah pnah kena cacar air waktu sma, trus skarang sy kena herpes, tp herpesnya itu ga cuma di satu tempat dok, ada di lengan sama wjah. udah minum acyclovir jg, yg dwajah udah sembuh. tapi ini di jari2 tgan itu juga malah muncul bintik2 kecil gatal berair, itu gimana ya dok? mohon bantuannya. terimakasih,

    ReplyDelete
  61. Halo Ferdi...biasanya herpes zoster cuma kena di satu tempat, satu sisi...kecuali pada orang dengan imunitas sangat rendah... Mungkin yang di tangan kamu itu pompholix atau dyshidrosis...coba baca dulu ya...

    ReplyDelete
  62. dok bisa minta emailnya? mau konsultasi neh.. tar sekalian ta kirimin foto2nya..

    ReplyDelete
  63. Maaf konsultasi hanya lewat blog..dan jangan lupa sebutkan nama anda terlebih dahulu untuk dijawab...

    ReplyDelete
  64. dok sy fia nirmala 24thn.... sy ingin tanya..baru2 ini adik sy (22thn) kna cacar. .awalny ada skitar 4 lenting (dileher n wajah) hr brikutny mulai ada 2 lenting dbadan n kaki..
    lenting+eritema disekelilingnya.

    adik sy lgsg k dokter(hr ketiga muncul ruam) n dberikan asiklovir 5x800mg. .vit.c dan asiklovir salep.

    hari berikutnya lenting berubah wrn ddlm lenting lbh keruh(smpet mikir apa jd nanah)..dan mulai muncul bbrp lenting baru dtangan..punggung.. kaki..tp cm dikit

    ibu sy yg mlihat itu bingung apa memang cacar air kr jumlahnya sedikit,cepat berubah spt nanah/wrnanya lbh keruh(tp tdk sakit) dan gatal hanya jika keringatan..

    apa itu kr diberi asiklovir scptnya shg mjd ringan n tdk khas?

    skrg lenting sdh mngering n muncul spt ad kehitaman dtengahnya.. gatal jg hanya saat keringatan

    *sblmnya adik sy tdk prnh gatal ato muncul lenting saat keringatan,dok*

    apa bedanya dg lesi tsb dg rubella y dok? sy khawatir itu bukan cacar kr ktny kl cacar trkena saat hamil bs aaya k bayinya..shg apabila saat ini memang sdh kna cacar jdnya bs lbh tenang.

    terimakasi

    ReplyDelete
  65. Halo Nirmala...memang asiklovir bisa mempercepat penyembuhan...jadi masa sakit bisa memendek... Rubella bentuknya bukan lenting.... bentuknya rash/ruam kemerahan saja...rubella juga sangat berbahaya bila mengenai ibu hamil muda..bisa menyebabkan kecacatan bayi

    ReplyDelete
  66. Yth, dr susie. sy rina 29th, saya kena cacar air sudah 2minggu, skrg tinggal bekasnya. trus apa ada obat utk menghilangkan bekasnya.. dan apakah saya boleh ke salon mewarnai rambut ? ada efek nya nga..

    ReplyDelete
  67. Halo Rina...2 minggu biasanya blom saya kasih penghilang bekas... minum aja vitamin C dosis tinggi, minimal 1000mg, spy bekasnya gak hitam...
    Gak ada pengaruh dengan cat rambut..

    ReplyDelete
  68. Siang Dr.susie....saya mo tanya? anak saya umur 14 bulan sekarang ini lagi terkena cacar air udah 12hr,sempat udah bersih (di sekitar punggung,perut,kaki,muka)lenting yg berisi air y berubah menjadi item2 mengering TAPI kenapa selang 2hr tumbuh lagi yang baru (di leher,kepala,pipi).
    PERTANYAAN :
    1. Kenapa bisa tumbuh yang baru lagi???
    2. Obat yang bagus untuk mempercepat penyembuhan ya apa?? yg skrng di kasih kan cuma antibiotik,penghilang rasa gatal,salep,bedak,penurun panas aja....saya ngak tega liatnya.
    Terimakasih.

    ReplyDelete
  69. Halo bu...lain kali harus sebutkan nama sebelum bertanya ya... Yang pasti kalo bener cacar air pada anak akan sembuh 7-14 hari... mungkin yang muncul belakangan bukan cacar air? Harus dilihat bu...datang ke dokter kulit terdekat aja

    ReplyDelete
  70. saya rusli, br 2 hari kena cacar, klo saya sering keringetan gmn dok? habis dikasih bedak tabur keringetan? apa saya harus lebih sering mandi?

    ReplyDelete
  71. @ Rusli..keringat terus menerus biasanya karean demam ringan sih... jgn banyak keringatn..luka cacar lama sembuhnya...hindari bedak ya... Mesti banyak di tempatd engan ventilasi banyak..klo perlu berpendingin udara ya...

    ReplyDelete
  72. dr yth. Nama saya sentanu 29 th, sekitar 3 minggu yg lalu sy terkena cacar air, tp sampai sekarang badan saya masih terasa gatal sangat dok...
    Yg mau sy tanyakan, butuh brp lama dok sampai saya betul2 sembuh?, trus apakah ada obat yg bisa menghilangkan bekas cacar air yg ada di wajah saya?
    dan yg terakhir, apakah saya sudah bisa kiss istri saya? karena sya takut kl istri saya jd tertular jg...
    terima kasih atas jawaban dr

    ReplyDelete
  73. Dok , sy harry mau tny kalo melakukan seksual dgn istri tnpa ejakulasi apa bisa mnyebabkan kehamilan ? Trima kasih dok :)

    ReplyDelete
  74. allo dok, saya intan (30th), sedang hamil 3bln. saa sedang kena cacar sudah 2 minggu. apakah cacar bahaya untuk janin saya? dan apakan saya sudah sembuh? cacar saya saat ini sudah ada yang nglotok tapi masih ada juga yang seperti koreng mengering. terima kasih. sebelumnya.

    ReplyDelete
  75. @Sentanu: mestinya 3 minggu sudah pulih ya pak...kecuali utk bekas kehitaman bisa sampai berbulan-bulan...minum vitamin C dosis tinggi ya... Penularan ke lingkungan sudah terjadi sebelum cacarnya muncul kok...jadi gak masalah dengan mencium istri apalagi klo istri sudah terkena...

    @Harry: kemungkinan sangat kecil...tapi tak bisa dipungkiri kemungkinan adanya soperma sedikit di cairan lendir yang biasanya muncul saat hubungan seksual (pertanyaannya mestinya bukan di forum ini lhoooo)

    @ Intan: risiko pada bayi akibat cacar pada kehamilan trimester 1 tetap ada.... hubungi dokter kebidanan segera untuk evaluasi janin lebih lanjut ya...

    ReplyDelete
  76. Halo dok, saya febri.sudah 3hari ini anak saya (3bln 3minggu) dan saya terkena cacar air, tertular suami yg kena herpes zoster. Skrg sudah agak mengering, saya mau tanya dok, apakah setelah sembuh dari cacar ini, saya dan anak saya bisa tertular herpes dr suami bila bersentuhan? Karena luka herpes suami saya ada yg belum mengering dok. Suami saya terkena herpes zoster sudah 2minggu ini. Tolong bls dok. Saya takut anak saya ketularan lg.

    ReplyDelete
  77. @Febri: bisa terkena herpes zoster untuk kekambuhan berikutnya.... Klo sekarang sih mestinya gak ... Minum vitamin aja bu....

    ReplyDelete
  78. hallo dok, saya sentanu, 29 th...
    Mau tanya, saya bulan kemarin t'kena cacar air, dan sekarang sudah tgl bekas'y aj...,
    yg mau saya tanyakan, apa bekas cacar yg di muka saya bisa hilang? karena d'muka saya banyak sekali dok bekas'y... kl bisa, ada ga obat yg bisa m'percepat proses'y?
    terima kasih byk, saran dr dokter akan sangat membantu saya

    ReplyDelete
  79. Dokter Aq Bayu, Nich Pengalaman Pertamaku Kena Cacr Air Dah 3 hari ini,Tapi Dikaki dan tangan sedikit bintik2 merahnya. di kepala kok jga ada bintik2 merahnya yaw dok truz biar c4 sembuh apa resepnya makasih dok

    ReplyDelete
  80. @Sentanu: pertanyaan kamu sudah saya jawab sebelumnya...coba liat ke atas ya... klo mau nunggu ya berbulan-bulan... klo mau cepat segera ke dokter terdekat ya... minum vitamin C dosis tinggi ya

    @Bayu:cacar air bisa sampai kepala kok...minum vitamin C dosis tinggi supaya daya tahan membaik...spy cepet sembuhnya

    ReplyDelete
  81. Bayu Gi Nich DOk,contoh vitamin c dosis tinggi paan yaw....
    Entar Kalo Beli Ke apotek bilangnya paan Tolong Merknya ato namanya paan

    Makasih

    ReplyDelete
  82. Sori saya gak bisa sebut merek..tanya aja ke apotik..minta yg 1000mg

    ReplyDelete
  83. sangat informatif ,thankyou doc :). Aktif post lagi donk doc .

    ReplyDelete
  84. Halo dokter, nama saya Wiyanto. Seminggu ini muncul bintik2 berisi air di dada saya yang kemudian pecah dan bekas pecahnya berubah warna menjadi gelap. Berikut fotonya:

    http://img249.imageshack.us/img249/9094/img00359201201072338.jpg

    Menurut analisa beberapa teman saya yang kebetulan juga dokter, saya terkena Herpes Zoster, dan mereka menganjurkan saya untuk mengkonsumsi Acyclovir 400mg 2x5 tablet sehari per 4 atau 5 jam. Apakah sudah tepat? Bagaimana cara mengkombinasikan antara acyclovir dengan vitamin C, apakah boleh diminum bersamaan, dalam waktu berdekatan, atau harus diberi jarak waktu tertentu?

    Apakah mandi dengan air hangat (dengan sabun biasa, bukan sabun antiseptik) diperbolehkan?

    Makanan apa yang sebaiknya dihindari oleh penderita cacar ular?

    Apakah resiko penularan cacar ular ini sama berbahayanya dengan cacar air?

    Maaf pertanyaan saya banyak, tapi semoga sudi kiranya dokter menjawab semuanya karena banyak sekali mitos2 yang saya dengar mengenai penyakit ini. Semoga jawaban dokter nantinya bisa saya informasikan dan bermanfaat untuk orang lain.

    Terima kasih :D

    ReplyDelete
  85. Dear DK...thx u... :)...iya mau sih..cuma lagi sibuuukkk... ditunggu aja ya

    ReplyDelete
  86. Halo Wiyanto...sorry gak bisa buka fotonya... obatnya bisa asiklovir...dosisnya 5x800mg atau 5x2 tab... maksudnya diminum tiap 4-5 jam, setiap kali minum 2 tab... Tapi saya pribadi lebih sennag pakai obat yang lebih baru sih...misalnya valasiklovir...
    Boleh aja barenagan vitamin C...
    Lebih menular cacar air ya...krn terutama lewat udara pernafasan jadi sulit dihindari...sedangkan cacar ular risiko penularan lewat udara pernafasan lebih rendah 8x lipat kira-kira...
    Tetap harus mandi...apapun jenis air dan sabunnya...
    Bila sangat gatal..saya anjurkan untuk mengurangi konsumsi makanan yang bisa memicu gatal misalnya seafood...tapi basically makan makanan yang bergizi tinggi biar cepat pulih...
    Yang gak enak dari cacar ular adalah sering ada sisa rasa nyeri yang bisa sangat menganggu ...terutama bila usia lanjut...
    SEmoga jwabannya membantu ya...

    ReplyDelete
  87. Terima kasih atas responnya, dokter. GBU :D

    ReplyDelete
  88. Halo dokter, ini Wiyanto lagi. Cacar ular saya sudah kering dan komsumsi acyclovir juga sudah saya hentikan. Apakah dokter bisa merekomendasikan saya jenis cream / salep untuk mempercepat hilangnya bopeng/ bekas cacar pada area yang terkena virus ini? Terima kasih.

    ReplyDelete
  89. Semua obat untuk bopeng perlu resep dokter...coba berobat aja ke dokter terdekat ya untuk dilihat apakah sudah waktunya pakai obat penghilang bekas...krn semua obat penghilang bekas bisa membuat iritasi..jadi sebaiknya di bawah pengawasan dokter....

    ReplyDelete
  90. PM
    Dok tolong kasih tau dong vitamin dosis tinggi yang tadi dokter bilang .
    Soalnya cacar air ini udah sampek di muka dan banyak banget .

    ReplyDelete
  91. Vitamin C minimal 1000mg..klo fungsi ginjal bagus... klo banyak banget mesti ke dokter biar dapat antivirus..gak cukup dengan vitamin aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Dr Susie saya Maria umur 44 tahun. 4 minggu lalu saya terkena cacar air pertama kalinya. 2 hari pertama sih badan sakit semua dan agak demam. Hari ke 3 baru muncul langsung bukan lenting tp kok sudah agak besar (mungkin sudah pecah tp saya tidak tahu kalau itu cacar air). Cuma 1 biji sih.. Saya langsung ke dokter umum dan diberitahu kalau terkena cacar air. Waktu itu selain diberi salep acyklovir saya hanya diberi antibiotik Sporetik 100. Dokternya tidak menyarankan saya lain2nya, seperti banyak makan bergizi, atau diberi vitamin apapun.
      Selama 3 hari pertama saya bener2 ndak bisa makan karena di mulut sudah banyak lenting2nya. Selain itu saya jadi diare dan mag saya kumat. Saya hanya makan bubur ayam aja. Berdasarkan saran apotik kenalan saya minum juga acyklovir tablet(lupa yg brp mg). Hari ke 4 baru saya bisa makan selain bubur dan minum vitamin C (Ester C Holistin) juga suplemen kesehatan dari sari madu. Tapi muka dan seluruh badan saya sudah terlanjur penuh dg lenting2nya. Setelah 3 minggu badan saya baru enak an dan lenting2nya sudah kering 90%. Sekarang badan saya sdh merasa fit seperti sebelum sakit. Apakah sekarang saya masih menular? Cuma masalahnya bekas di muka itu seperti bekas jerawatan yg bikin jadi minder ... hehehe.. Saya mesti ke dr kulit ya dok?

      Selain itu dok, saya mempunyai 3 anak berumur 16, 12 dan 10 th yang belom pernah terkena cacar air dan belum mendapat vaksin varisella. Sampai sekarang sih mereka kliatannya sehat2 aja.. Apa itu berarti mereka memang tidak tertular ya dok? Dan kapan mereka sudah bisa menrima vaksin varisella? Masa inkubasi cacar air itu khan 2minggu - sebulan ya dok?

      Maaf ya dok kalau pertanyaan saya buanyak sekali.
      Terima kasih dok atas jawabannya..

      Delete
    2. Halo bu Maria...masa penularan cacar air mulai dari -2 hari sebelum muncul lenting samapi lenting kering...jadi skg mestinya udh tak menular....
      Masa inkubasi sekitar 2-3 minggu...bisa saja sudah punya imunitas...klo yakin belum pernah boleh aja vaksin klo bener2 tidak muncul lenting setelah masa inkubasi terlewati

      Delete
    3. Selamat pagi dok...
      Saya Maria (lagi). Vaksinasi untuk anak2 saya apa cukup 1 x aja atau harus diulang ya dok?

      Terima kasih.

      Delete
    4. Panduan imunisasi Indonesia cuma 1x...tapi saya baca di LN mulai direkomendasikan dosis ke 2 pada usia 4-6 tahun, atau lebih tua...

      Delete
  92. saya diah dok. tanda-tanda kalo cacar udah sembuh itu gmn ya dok? umur saya 20thn, saya baru tau kalo saya kena cacar sehari yang lalu. kalo saya mau ngilangin bekas cacar saya, selain pake resep dokter, boleh gak pake semacam alat yg biasanya digunakan untuk membuang flek, jerawat, yg biasanya dipromoin di TV.. hehe
    makasih banyak dokter susie :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Diah...baru boleh dicoba klo udh sembuh benar ya...jadi udah bekas doang....

      Delete
  93. Halo dokter, ini Wiyanto lagi.
    Cacar ular saya yang sebelumnya sudah kering tinggal bekasnya saja, tapi 2 hari ini kondisi tubuh saya sepertinya sedang drop karena kena flu, dan cacar airnya muncul lagi di tempat yang sama. Apakah saya harus mengkonsumsi acyclovir lagi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo memang cacar ular...sebaiknya minum obat lagi...

      Delete
  94. Hallo dokter.
    Nama saya Chelsea.
    Sy udh pernah terkena cacar, tpi udh hmpir 6 bln bekas cacar sy tdk pernah berubah/hilang. dan bekasnya berwarna hitam. Dok, apakah yg sebaiknya sy gunakan/konsumsi, agar bekas cacar sy yg sdh 6 bln ini bs hilang/berubah warna menjadi warna kulit saya semula(sblm cacar)?

    Thanks sblmnya

    ReplyDelete
  95. Halo Chelsea...coba minum vitamin C aja ya.... klo gak berhasil ke dokter kulit terdekat aja utk ditreatment....

    ReplyDelete
  96. hai doc, saya anwar anak saya umur 11 bulan dah 2 hari ini sakit cacar air,ad gak salep untuk anak seusia itu soalnya dari dokternya gak d kasih salep cuma dkasih obat doang,terus untuk makannya juga gak mau jd susah untuk kasih obatnya gmn ya doc?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya kami dokter kulit memberikan krim antibiotik..tujuannya untuk mencegah infeksi sekunder oleh kuman yang banyak di kulit....Sulit makan karean mungkin ada cacar air di rongga mulut..jadi nyeri saat makan...

      Delete
  97. hallo dokter, nama saya airin saya tertular cacar air dari suami saya, saat saya lihat ada 1 lentingan di kepala dan dibadan saya langsung ke dokter yg sama dgn suami, saya dikasi valtrex 1000mg 3xsehari untuk 7 hari. selama menderita cacar air saya cuma merasa pusing di hari pertama saja dan si cacar pun tidak banyak yg keluar. nah setelah 11 hari dari minum obat saya sudah merasa normal dan cacar sudah mulai kering lalu saya melakukan aktivitas seperti biasa tetapi keesokan harinya kepala saya sangat pusing dok dan badan pegal2x semua...apakah saya harus beristirahat kembali saya takut cacar saya akan kumat kembali....selama ini saya mengkonsumsi vitamin c dan cod liver oil....terima kasih sebelumnya dok...

    ReplyDelete
  98. Halo Airin...hampir gak pernah cacar air kamuh ya...apalagi kalo waktunya deketan gitu... mungkin karena hal lain..misalnya mau flu, dll... Semoga sekarnag udah sembuh ya

    ReplyDelete
  99. Dok, anak saya sudah 2 hari muncul bintik-bintik dan ada sedikit nanah......tapi badannya tidak demam atau pusing, saat ini saya berikan bedak antiseptik.....cuma saaat tidur memang dia agak gelisah.....perlukah saya periksakan ke dokter ? jumlah bintiknya memang tidak terlalu banyak.....perlukah saya ke dokter ??? oh iya anak saya saat ini berumur 5,8 tahun Dok.....Terima kasih sebelumya Dok....

    ReplyDelete
  100. Halo Haris... sebenarnya klo benar cacar air pada anak gak perlu obat khusus...yang penting daya tahan diperkuat dengan vitamin... Tapi klo ada yang berobat seringnya saya kasih obat agar memperpendek masa sakit...supaya cepat sembuh...bisa cepet sekolah lagi.... Jangan kasih bedak ya...

    ReplyDelete
  101. Halo Dok, saya Vivi, anak saya bayi berumur 10 bulan terkena cacar air (keadaannya lincah seperti biasanya, tidak panas, nafsu makan juga biasa), mulai timbulnya 1 bintik melenting kemarin siang, sampai saat ini hanya terlihat bertambah sedikit saja bintik2 kecil tidak melenting (tidak sampai 15 totalnya), yang ingin saya tanyakan, apakah akan bertambah banyak lagi?
    Saya dengar dari orang2 kalau terkena cacar air saat bayi dan ringan, maka ada kemungkinan terkena lagi, benarkah demikian dok?
    Satu hal lagi, perlukah bayi saya diimunisasi varisela? Karena ada beberapa pendapat yang saya dengar kalau terkena cacar air saat bayi tidak berhasil membentuk antibodi jadi tetap harus diimunisasi.
    Terima kasih sebelumnya dok.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apakah benar cacar air, Vivi?
      Kalo benar biasanya menjadi maksimal jumlahnya dalam 2-3 hari..
      Secara teoritis cacar air cuma kena 1x...tapi beberapa kasus saya temukan terkena 2x..
      Imunisasi juga tak memberikan perlindungan 100% ya...jadi tetap aja bisa kena walaupun risikonya lebih kecil... :)

      Delete
  102. halo dok,saya indah,sejak senin lalu anak saya(9 bulan) agak demam,kemudian hari selasa timbul lenting berisi air di dekat ketiak dan sikunya,tapi sampai hari rabu ini lentingnya cuma bertambah 1,apa benar itu cacar air? jika bukan apa kemungkinan sakitnya? karena sampai sekarang belum saya bawa periksa. apa ada cacar air yang lentingnya cuma sedikit? trims dok atas jawabannya

    ReplyDelete
  103. Halo Indah...masih mungkin cacar air...observasi dulu Aja ya... Klo bayinya sehat gak usah kuatir... Tapi bisa juga impetigo..infeksi bacteria... Lenting ya berukuran Lebih besar..pecah jd luka....klo lenting pecah beri krim antibiotic yg mengandung mupirosin atau Asam fusidat ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo dokter yang baik (coz mau konsul gratisan ;),saya Indah (lagi :) iya kemarin yang paling besar lentingnya dah pecah,terus kata sodara dikasih salep Betason-N,skarang dah kering,badannya jg dah gak panas. Klo benar ini cacar air,semoga dia dah imun ya dok?

      Delete
    2. wah gak ada yang tau pasti...tetap vaksin juga gapapa

      Delete
  104. Nama saya ADI , dok saya kan terkena cacar air lalu benjolan nya saya garuk terus pecah lalu saya bilas make alkohol 70% make tisue ke benjolan yang pecah .
    pertanyaan saya =
    1. apakah pecahan luka tersebut akan membekas ? (sudah di bersihkan make alkohol)
    2. apakah tidak ada efek negatif membersihkan luka yg pecah menggunbakan alkohol kadar 70% ?

    Atas jawaban dan saran nya saya ucapkan terima kasih dahulu ^^

    ReplyDelete
  105. Halo Adi... cacar yang pecah dengan paksaan kemungkinan besar meninggalkan bekas..bahaya dibersihkan dengan alkohol sih tidak..tapi tak menjamin gak berbekas...

    ReplyDelete
  106. Nama saya, thres, dokter saya mau tanya apakah mungkin cacar tidak keluar secara tuntas? Dua minggu lalu saya terkena cacar dan memang sebagian besar sdh mengelupas, hanya menyisakan bbrp cacar yg parah (besar dan mempunyai warna kuning keruh spt nanah) yang baru mulai proses mengering (tetapi blm menghitam). Akan tetapi kemarin saya temukan bentolan baru dan saya pikir hanya gigitan nyamuk biasa, hari ini bentolan tsb ada lentingan kuning keruhnya, apakah mungkin ada cacar baru? Mohon infonya. Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo bu Thres...tadi siang kita udah ketemu yaaa... Mestinya sih bukan cacar air...bisa saja bisul atau infeksi lainnya... Cepet sembuh ya bu...

      Delete
  107. Nama saya Adi, saya mau tanya dok = jika terjadi infeksi sekunder di beri obat ERITROMISIN ? , masalahnya ciri2 infeksi sekunder seperti apa dok ? gejalanya seperti apa infeksi sekunder ?.
    Atas Jawaban nya sebelum nya saya ucapkan terima kasih dok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Adi..untuk cegah infeksi sekunder cara yang paling gampang ya mandi.. hehehe... Bila lenting udah pecah, pemberian krim antibiotik akan membantu mencegah infeksi sekunder... Gejalanya bisanya lenting pecah dengan nanah dan keropeng..lebih sulit sembuh.. Eritromisin adalah salah satu antibiotik

      Delete
    2. Dok nama saya arie
      Saya tadi sudah ke dokter n di dianogsa cacar air n sudah di beri obat acyclovir 400 mg 5x 2 tab sehari. Trs dikasih juga antiboitik amoxicillin 500mg 3x 1 tab sehari n imboost force tab n cream acyclovir 5% oleskan 3x sehari. Yg ingin saya tanyakan apa dosis nya sudah tepat? Skrg sudah tumbuh banyak bintik merah si seluruh badan, tangan, leher n wajah. Tapi jg ada tumbuh 2 biji bintik di rongga mulut, apakah akan bertambah trs dok? ada obat untuk mencegah nya dok? Saya perlu menambah minum vitamin 1000mg lagi kah?
      Suami saya sudah pernah terkena cacar, apakah masih bisa terkena lagi n apa ada yg bisa dilakukan untuk mencegah agar tdk kena cacar lagi.
      Thx ya dok atas info nya.

      Delete
    3. Ha;o Arie...dosis ok kok...cuma biasanya dokter kulit udah jarnag kasih krim asiklovir..yg dikasih krim antibiotik, untuk cegah infeski sekunder... tambah vitamin boleh aja
      Biasanya klo udh pernah ketularan lagi..munculnya cacar ular....

      Delete
    4. Hai dok...ini arie lagi.
      Kalo gitu cream asiklovir nya kurang berguna ya, apa perlu diganti dgn cream antibiotik ya, bisa tolong direkomendasikan apa nama cream nya, jd bisa saya beli n gunakan. Soalnya sampe saat ini (hari ke 4) lentingan nya makin banyak di seluruh tempat n kok masih belum pecah atau mengering lentingan nya. Kira2 proses nya masih berapa hari ya dok sampe pecah n mengering?
      Thx atas info nya ya dok.

      Delete
    5. Dok ini arie lagi.
      Saya mau tanya dong dok krim antibiotik yg bisa saya pakai apa ya?
      Soalnya pake krim asiklovir tidak begitu terasa ya sembuhnya. MAsih banyak di semua bagian n belum mengering semua padahal sudah 5 hari. thx ya dok.

      Delete
    6. Usia dewasa emg lebih lama keringnya... dibanding wkt kecil kenanya... Memang harus rada sabar ya, Arie... krim antibiotik yang dipakai biasanya yg mengandung mupirosin atau asam fusidat...tanya di apotik ya...krn mereknya macam-macam...

      Delete
    7. Dok ini arie lagi,
      Dok setelah 2 mgg saya kena cacar air, hari ini di wajah n tubuhnya sudah keluar bintik merah beberapa buah, saya rasa anak saya jg terkena cacar air dok. Anak saya usia 2thn9bln n sudah pernah diberikan vaksin cacar air varilrix. Tp kok masih bisa kena ya dok, apa penanganan yg bisa saya berikan utk mengatasi cacar nya? apa obat yg bisa di minum?kalo bedak utk mengurangi gatalnya? atau ada krim yg bisa dipake utk mengurangi gatal nya? Biasanya pada anak berlangsung brp hari ya dok? Thx ya dok.

      Delete
    8. Halo Arie... vaksinasi untuk perlindungan, mengurangi risiko penyakit tertentu, gak menjamin 100% untuk mencegah ya... jadi masih mungkin kena... sorry to say that :(..
      Pada anak, biasanya gak selalu diberikan antivirus... kecuali klo berat, misalnya karena penularan dalam rumah tangga.
      Biasanya 5-7 hari juga...
      Bedak hanya boleh klo lenting belum pecah

      Delete
  108. Halo dok nama saya diah usia 26 tahun..1minggu yang lalu saya terkena cacar air sepertinya saya tertular teman saya yang habis terkena cacar ular,yang ungin saya tanyakan selama seminggu ini alhamduliklah sudah mengering dan memang menjadi hita seperti koreng,namun saya membaca bahwa parutan jagung muda bisa meminimalisir bekas nya ya dok? Terima kasih dok sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Diah...bolah aja dicoba...mendingan di belakang telinga dulu selama 3 hari berturut-turut...karena risiko iritasi tetap mungkin ya....

      Delete
  109. Halo dr,saya arie.. anak saya usia5.5 th kena cacar air untuk mengurangi rasa gatal nya dikasih apa iya dia udah dapet antibiotik sm sanmol untuk mengurangi demam juga ada salep untuk cacar nya tp bintuk2 yg muncul di telapak tangan dan kaki sangat gatal dan membuatnya tidak bisa tidur..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah biasanya sih klo untuk anak dikasihnya obat minum penghilang gatal... krn pada anak gak mungkin dibilang gak boleh garuk, khan.... tapi gak ada yang dijual bebas obatnya.... coba aja ke apotik ya...bisa aja diberikan syrup yg mengandung cetirizin... tapi gak dijual bebas...

      Delete
  110. saya nanda dok,saya ingin tanya apakah penderita cacar boleh menggunakan atau terkena kipas angin?dan memcuci rambut mrnggunakan shampo?apa efek yg ditimbulkan apabila kita mengkonsumsi air klapa hijau?terima kasih banyak ya dok :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh aja sih...asal jangn langsung ya...ntar masuk angin.. :)
      Cuci rambut tentu aja boleh...disarankan malah...
      Air kelapa hijau boleh aja dicoba... Banyak yang bilang manjur lebih cepat kering

      Delete
  111. salam dok....nm saya jannah 22 thn.
    Sy uda seminngu lebih kenaq cacar....tp sudah bernanah dok n lum mengering(sebagian) kira2 knpa itu dok?
    trus pantangan makanan yang sbenarnya apa sich dok.....apa betul makanan berminyak ga bole sama se x...coz sya tersiksa skali ga bisa makan apa2...jdi'a lemes ne.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Jannah... makan apa aja boleh...asal gak nambah gatal... pada dewasa spy cepat sembuh, sebaiknya dapat antivirus pada awal terkena cacar...

      Delete
    2. nama: denadi, dok saya mau bertanya saya ada bentolan dikulit warnanya merah tapi ada hitam2 di kulit saya itu sakit apa dok

      Delete
    3. Halo Denadi...lokasi kelainan kulitnya dimana ya?

      Delete
  112. Halo Dokter, saya mau tanya. saya baru 2 hari ini kena cacar air. Usia saya 36 tahun dan belum pernah kena cacar sebelumnya. Begitu terlihat ada 2 titik gelembung saya langsung ke dokter. Diberikan Haclovir dan salep acyclovir, obat penurun demam dan cairan PK untuk mengkompres gelembng cacar. Dokter menyarankan untuk mengkompres gelembung cacar dengan larutan PK dan setelah kering dioleskan salep acyclovir tipis-tipis. Saat mengkompres gelembung cacar dengan cairan PK, beberapa gelembung yang besar langsung pecah. Pertanyaan saya, setelah gelembung pecah apakah boleh diberikan salep acyclovir atau diberikan bedak talc salysil untuk mengeringkan? apakah cream bioplacenta bagus untuk menghilangkan bekas luka cacar? kapan boleh mulai digunakan? terimakasih banyak ya dok atas kesediannya menjawab. Resah bagnet nih, gara-gara kena cacar air trip saya ke vietnam besok terpaksa batal *curcol*

    ReplyDelete
  113. Halo April... saya gak pernah anjurin bedak sih... biasa sih dokter kulit anjurin untuk dioles krim antibiotik.... Klo mau pakai penghilang bekas nanti klo beneran udh sembuh, keropeng udh lepas..

    ReplyDelete
  114. halo dok,,nama saya rudi 22 tahun,,,gimana cara nanganin cacar air sebelum meluas ke bagian tubuh lain,,apa ada salep khusus untuk mengobatinya,,ohh ya, ada gak pantangan makanan bagi penderita cacar air. makasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo dewasa sebaiknya minum antivirus.... Gak Ada pantangan... Cukup istirahat, makan bergizi

      Delete
  115. Halo dok..saya ita umur 26 thn dan sudah terkena cacar air saat SD dulu...skrg suami saya kena cacar air umur 30 thn, muncul bintik-bintik merah seperti jerawat banyak sekali hanya beberapa yg berair.. selama ini minum obat acyclovir, salap dan bedak salicyl utk menghilangkan gatal.
    yg ingin saya tanyakan
    apakah saya dan anak saya umur 3 thn perlu minum obat acyiclovir supaya tidak tertular?
    atau jika sudah tertular tidak parah krn cepat diobati..betul sprti itu dok?
    dan kenapa tidak dibolehkan pakai bedak ?

    terima kasih banyak dokter atas jawaban'a semoga bermanfaat bagi semua..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asiklovir untuk pengobatan... Kita tidak pakai utk pencegahan kecuali pd org dgn daya tahan sangat rendah...bedak boleh saja sbnrnya asal lenting blom pecah....klo udh pecah malah meningkatkan kemungkinan infeksi krn dpt sbg media pertumbuhan Kuman

      Delete
  116. dokter,sya muh.suaib 22 thn, sya kena cacar api. setelah 3 hari demam bru muncul bentol2nya,sekarang sudah mulai mengering bentolannya,kapan cacar ini di nyatakan sembuh atau tidak menular dok?
    kemudian apakah saya akan terkena cacar air lagi, krna saat ini sya terkena cacar api.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo...cacar air Dan cacar api adalah 2 penyakit berbeda ya... Yg satu oleh virus, yg satu oleh bakteri....sembuh klo udh kering.... Masih bisa kena cacar air...

      Delete
  117. Hi Dok, ada mitos bahwa penderita cacar air tidak boleh berhubungan selama 6 bulan? apakah itu benar??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaaahhh... Saya malah baru tahu...hehehe.. Di text book gak Ada teori itu

      Delete
  118. Dok, saya udah 3 hari kena cacar air. masa waktu pertumbuhan atau penyebaran bintik-bintik merah sama lenting nya itu berapa hari ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya 3-5 hari...penyembuhan 7-10 hari.... Tapi gak pasti juga...tergantung daya tahan pasien

      Delete
  119. Hallo Dok, saya Henny, 2 minggu lalu saya kena cacar dan sekarang sudah mulai mengering. Dokter memberi saya campuran cream tekasol oint 10 gr-20gr dan acsal 1.5 % untuk menghilangkan bekas. Tetapi setelah menggunakan cream tsb, bag dada,leher,dagu memerah, sementara bagian punggung, perut yang tidak saya olesi tidak memerah, malah menghitam dan mulai memudar. Apakah kulit saya tidak cocok atau sensitif menggunakan cream tersebut? Untuk penghilang bekas sebaiknya menggunakan cream apa ya dok? Tiap hari saya minum vit. C amway bio C plus 4 tablet per hari dan B complex 2 tablet per hari, apakah sudah cukup dosisnya dok?
    Apakah laser IPL dan microdermabrasi bisa membantu menghilangkan bekas luka cacar? Apakah perawatan tsebut sudah boleh dilakukan dok? laser apa yang bisa cepat menghilangkan bekas cacar dan bopeng dok?
    Terima kasih sebelumnya Dokter Susie

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo kulit memerah setelah diolesi krim tertentu, kemungkinan eksim kontak tetap harus dipikirkan... sebaiknya distop sementara... bila sudah membaik kemudian dipakai ulang, kulit masih merah.. stop aja untuk seterusnya
      Dosis vitamin C 500-1000mg ... coba kamu cek aja
      Ke dokter kulit aja.. soalnya mesti pakai krim perawatan dulu sebelum dievaluasi apakah perlu tindakan lanjutannya

      Delete
  120. Malam Dok,saya pingkan suami saya kena cacar air dan krn kami takut anak tertular jd sementara suami saya ngungsi ke rumah org tuanya... Skrg sdh 2 Minggu disana dan suami saya bil sudah tinggal bekasnya aja... Yg saya mau tanya dok,,Klo tinggal bekasnya aja itu sdh sembuh total atau blm? Dan walaupun tinggal bekasnya aja msh bisa nular ga dok? Soalnya suami saya udah pengen pulang ke rumah tp saya masih takut nanti ketularan ke anak... Terima kasih sebelumnya untuk jawabannya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah gak menularkan mestinya.... Tapi biasanya penularannya sering terjadi di awal saat belum tau kena cacar

      Delete
  121. Selamat malam dok, nama saya Dyah umur 18. Sekarang saya sedang terkena penyakit semacam cacar, tetapi sepertinya bukan cacar air karena saya yakin sudah pernah terkena cacar air sewaktu kecil dulu. tetapi setelah saya amati dan saya bandingkan dengan gambaran cacar ular, sepertinya ini bukan cacar ular, karena dia menyebar dan bukan hanya disatu lokasi. cacar apakah yang sedaang saya derita ini dok? terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah .... Ada juga cacar API (impetigo bulosa)...cacar air juga mungkin... Mungkin Aja wkt kecil bukan cacar tapi malah yg impetigo...

      Delete
  122. selamat pagi dok,nama saya icha umur 24 tahun.hari rabu malam cacar air saya muncul 1.tapi saya ga tau kalo itu cacar air.pas hari kamis sudah muncul banyak.badan saya ga pake demam dok.tiba2 langsung muncul byk ky tetesan air.saya sudah pake salep acyclovir,minum vitamin plus minum acylovir 3 kali sehari dan bedak gatal.masalahnya sekarang saya puasa dok.apa dosis minumnya diperbanyak?saya belum ada sempat ke dokter.kira2 berapa lama penyembuhannya ya dok?dan apakah wajar jika sampai muncul di dalam mulut/langit2?terima kasih banyak dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo pake asiklovir dosisnya mesti 5x... penyembuhan 1-2 minggu tergantung daya tahun dan obat yng diminum... wajar... mesti ke dokter

      Delete
  123. pagi dok,sy Qori 30 thn br 2 hr terkena cacar air,kayaknys parah hampir disluruh tubuh sy muncul lentingan berisi caitan bening,yg jd mslah buat sy adlah bayi sy yg baru berusia 5,2 bln n msh asi ekslusif..jd slma 2 hari ini sy tetap susukan bayi dgn sblh pd sj krn yg sbelahnys bnyk terdpt lntingan. pertnyaan sy apkh bayi sy akn trtular.dan apa pngruh cacar aor thd asi? sy kangen bgt ama bayi sy udh 2 hr ini sy lps tangan mgurusnya,bhkan menciumnya sj sy gak brani,ketika menyusu diprgang sm ayhnya. mhn pnjelasannya y dok,thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cacar air biasanya bisa tetap menyusui. Setau saya hanya Ibu HIV yg tak boleh menyusui. Penularannya lewat udara nafas, jadi pakai masker.... Mslhnya 2-3 hari sblum kamu tau kamu cacar, biasa penularannya sudah terjadi... Klo tertular, biasanya 2-3 minggu lagi munculnya....cepet sembuh ya....

      Delete
  124. Pagi dok. Nama saya Imelda, umur 25thn. Saya sedang hamil 25 minggu. Saya terkena herpes zoster/cacar ular sudah 4-5 hari ini. Saya sudah ke dokter kandungan tapi tak diresepkan obat apapun karna sedang hamil dan dokter saya hanya menyarankan utk minum vitamin dan protein. Rasanya menyiksa sekali karena letaknya ada di seluruh (maaf) pantat kiri dan paha bagian depan dan samping, jadinya sakit jika duduk maupun tiduran. Kalo saya terus2an berdiri malah punggung dan tulang belakang saya yg sakit berhubung sedang hamil. Yg mau saya tanyakan:

    1. Benarkah tidak ada obat ataupun salep yg bisa saya gunakan?
    2. Berapa lama cacar ular ini akan sembuh mengingat saya tidak diperbolehkan konsumsi obat apapun?
    3. Jika saat ini tumbuhnya di bagian pantat dan paha (kiri), apa ada kemungkinan akan tumbuh di badan dan wajah juga? Kalo iya, bagaimana cara mengatasinya supaya tidak tumbuh di badan dan terutama wajah?

    Ditunggu penjelasannya ya dok. Trims.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benernya obat cacar asiklovir selama ini dianggap aman untuk ibu hamil... terutama ibu hamil trimester 1 yg baru dapat cacar air saat itu..krn risiko cacar lebih besar dibandingkan kemungkinan efek obat...
      Tapi klo herpes zoster risikonya kecil apalagi trimester 2, dan udah lebih dari 3 hari... kecuali klo parah, di buku tetap dianjurin pakai antivirus...
      Pakai salap antibiotik.... coba berobat segera ke dokter kulit terdekat ya biara gak tersiksa kamunya..:)
      Area timbulnya sih biasanya terbatas...

      Delete
    2. Malam dok. Saya tak bisa tidur beberapa malam ini karna kesakitan dan gatal, jadi atas saran seorang teman saya mengunjungi dokter yg katanya pernah menangani kasus cacar ular ini. Saya diberi salep Sagestam Gentamicin (dioles 3x sehari) yg setelah saya baca2 kok bahaya buat ibu hamil. Apa benar salep tersebut bahaya buat ibu hamil? Bukannya meragukan dokter tsb tapi karna beliau adalah dokter umum bukan specialis kulit ataupun kandungan. Mohon pencerahannya yah dok. Trims.

      Delete
    3. Ohya dok, saat saya tanya ke dokter tsb mengenai acyclovir, beliau juga tidak merekomendasikannya karna saya sedang hamil. Kenapa begitu ya dok? Saya sudah baca dari berbagai sumber bahwa acyclovir ini aman buat ibu hamil tapi dokter kandungan saya maupun dokter umum ini tidak merekomendasikannya saat saya tanya. Trims atas responnya, dok. =)

      Delete
    4. Saya gak suka pakai gentamicin, kecuali post laser.... Tapi klo masalah aman, cukup aman kok untuk pemakaian oles... Hehehe... Gak tau knp kedua dokter tersebut bilang asiklovir gak aman... Mungkin pegangannya textbook lama?

      Delete
  125. Halo dok. Sy vero umur 28th, sdg hamil 33w. Sy kena herpes zoster di bag pinggang n punggung kiri. Diresepkan zoter tablet n cream oleh dokter kandungan, tp karena tidak terlalu efek, sy ke dokter kulit. Diresepkan valvir n salep racikan. Sekarang sih udah mengering dan mengelupas tapi gatellnyaaa ga tahan. Yang sy mo tanyakan:
    1. saat mulai mengelupas, apakah penyakit ini msh bisa menular mengingat ada keponakan umur 3thn kurang (sudah divaksin cacar). penularannya lewat udara atau hanya kontak langsung dgn kulit?
    2. Apakah ada salep utk menghilangkan, minimal meredakan gatal? Gatal ini mengganggu tidur bgt
    3. Kapan penyakit ini dikatakan sembuh total? Karena sy jadi parno utk beraktivitas, takut nularin ke org lain.

    Thanks dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. Penularan cacar ular Lebih ke kontak ya... Lewat udara masih mungkin cuma minimal, sangat kurang dibandingkan cacar air... Saat udh kering penularannya gak besar, minimal.. Klo udh kering, gak Ada luka lagi, coba pakai bedak gatal Aja yg paling aman.... Soalnya kamu hamil.... Klo gak, paling efektif pakai doxepin cream...

      Delete
  126. Met malam dok, nama saya anwar umr 24thn.
    2 minggu kmren saya terkena herpes di dada,punggung,lengan dan ketiak,smua dibagian kiri dok.
    kmren2 tu udh kering karna saya tusuk pake jarum,tapi airnya langsung saya serap pake tissu dan lukanya langsung saya beri betadine dok,syukur skarang udh kering dan lukanya itu mengelupas,jadi kulitnya tipis gitu dan agak berwarna merah kecoklatan gtu.
    yang saya tanyakan,sampai sekarang kok msih gatel2 gitu ya dok?harus saya kasih obat apa ya dok?dan resepnya gmna dok?
    sbulmnya trimakasih dok udah mau baca deritaku,
    hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Penyakitnya disebut herpes zoster..atau cacar ular...
      Gatal bisa minum obat penghilang gatal misalnya cetirizine atau loratadin... Jgn lupa pakai krim antibiotic..boleh mupirosin atau Asam fusidat...

      Delete
  127. Malam dok...saya reza umur 30thn saya terkena cacar ular di bagian kepala sebelah kanan termasuk kuping yg lumayan banyak..dan bawah rahang dan dagu rada bengkak.. saat ini saya minum neurobion,valtrex valaciclovir,asam menefamat,imboost foorce dan bedak nebacetin.. yg saya mau tanya apakah ada obat lain yg dpt mempercepat penyembuhan saya? Bengkak bg rahang dan dagu krn apa ya? Apakah lentingan air itu bolej saya pecahkan? Satu lg dok,apakah propolis dapat membantu? Baik di minum ataupun oles? Ohya saya terkena gejala sangat nyeri di kepala mulai kamis malam,muncul lentingan pada selasa malam.. terima kasih banyak dok atas infonya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Obat minum udh ok... Cuma klo nyeri banget, Kdg perlu ditambah obat 2 penghilang nyeri saraf.. Bengkak krn peradangan...jgn dipecahin ya... Gak punya pengalaman dgn propolis...

      Delete
  128. halo dokter, nama saya andhika, baru jumat minggu kemarin saya kena cacar sekarang sih udah kering hitam-hitam gitu nunggu ngelupas.
    yang mau saya tanyakan:
    1. untuk bekas cacar yang kering warna hitam itu apakah masih menular??
    2. saya punya anak 3thn dan 7bulan biar engga ketularan dikasih vitamin apa ya biar daya tahan tubuhnya kuat??
    3. virus cacar itu langsung menulari atau tergantung daya tahan tubuh seseorang ya dok?? bila daya tahan tubuh seseorang kuat namun dilingkungannya ada virus cacar, dia tetap tertular atau bisa ditangkal dari dirinya??

    thanks dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. Penularannya masih mungkin walau pun kecil... Penularan umumnya udh terjadi saat awal.. Kurang berguna bila dimulai terlambat... Pada beberapa orang dgn daya tahan baik, imunitas bisa terbentuk Alamiah bila kontak dgn psn cacar air... Anak kamu mungkin sudah vaksinasi cacar, bila tertular biasanya ringan...

      Delete
  129. Halo dok.. Nama saya yuanita,, mw nanya sy udah 1 bln yg lalu terkena cacar dan skrg sudah sembuh trus sy ingin hamil,, apakah klo saya nanti hamil bayi saya akan cacat?? Trus brp lama hrus munggu agar virus nya tidak mengganggu kehamilan?? Ditggu balasan nya dokter.. Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gapapa... Hamil Aja... Aman kok.... Yang berisiko klo lagi hamil trimester 1 trus kena cacar...

      Delete
  130. Hallo dok. saya Rifti, umur saya 19 thn, kemarin sore setelah pulang kuliah saya merasa sangat sakit badan dan pusing. tapi hari ini kepala saya terasa berat dan flu, lalu muncul bintik kecil baru 3 di daerah leher, dada, dan perut, sudah ada yang pecah 2, dan perih. apa itu cacar ?? dan tindakan apa yang mesti saya lakukan bila itu cacar dan gimana caranya supaya gak makin banyak, berhubung saya mau mudik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan cacar ya... kasusnya lagi buanyaaaakk.... Berobat aja ya, biar diberi obat dengan cepat

      Delete
  131. dok , ini anisa mau tanya nih kalau cacar air di sekitar mata berbahaya gak sih kalau gk diobati ? umur sy skrng 13

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cacar ular ya Anisa? Harus diobati dech ya... Untuk menjaga matanya Yg penting....

      Delete
  132. hai Dok, sy alvin, istri sy 24thn trkna cacar.kira2 obt yg ampuh & aman utk istri sy yg sdang mnyusui apa y?

    trims byk y

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Alvin...mudah2 an udh sempet berobat ya... Paling aman tetap asiklovir minum ya

      Delete
  133. Halo dok salam kenal,saya ani 30thn yg sedang berjuang dengan cacar.sebetulnya salep acyclovir hanya untuk lentingan yg sudah pecah ato blm pecah ya dok?dan setelah minum obat acyclovir juga dan antibiotik saya jd susah nelan,apa cacarnya sudah menyebar dok?vit c yg cocok utk penderita maag apa ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai krim antibiotic.... Mgk Ada lenting di kerongkongan ya.... Cari vitamin c dalam bentuk senyawa ester ya...

      Delete
  134. Malam dokter susie,
    Saya rika. Tadi pagi ke dokter dan divonis kena cacar air. Gejala demam sejak sabtu kmrn. Bentol2 merah kelihatan kemarin dan hari ini udah nyebar ke seluruh badan. Dari dokter dpt obat acyclovir salep dan tablet,cetirizine (semoga benar ejaannya), dan antibiotik. Setelah baca blog ini rata2 yg pernah kena cacar air harus mengkonsumsi acyclovir baik salep atau tablet setiap 4 jam sekali. Kenapa saya cuma disarankan 3x2 sehari? Dan untuk salep dibilang seperlunya dr apoteker. Apa tidak masalah dok? Ato mungkin pengaruh keluhan saya tg sbnrnya tdk terlalu banyak? Hanya demam dan kelelahan. Gatal juga tdk terlalu sbnrnya dok.

    Lalu pertanyaan berikutnya, di masa inkubasi yg 2-3 minggu itu (smoga sy membacanya jawaban dokter betul), apa tetap perlu kita 'dikarantina'? Ato kita sudah bisa aktivitas seperti biasa?

    Maaf agak panjang dokter. Terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan ke dokter kulit ya? Klo pake asiklovir, dosis yg bener 5x2.... Krim biasanya pakai krim antibiotic kok supaya gak terinfeksi bakteri kulitnya... Penularannya sangat mudah... Tapi gak usah karantina sih..tapi klo dirawat masukan ruang isolasi.... Mksdnya klo kamu ketemu org yg sakit cacar air, klo kamu tertular, gejala munculnya 2-3 minggu kemudian..

      Delete
    2. Hi dokter susie ...
      Ini rika (lagi) ... Iya dok,karena kmrn panik jadinya buru2 ke dokter internist yg praktek pagi. Lalu apa saya harus pindah ke dokter kulit? Atau sementara ini cukup ke dokter internist yg menangani?

      Thx dokter

      Delete
    3. Maaf Rika baru sempet balas....smoga keadaan kamu makin membaik ya.... Yang penting dosis obat udh bener... Klo masih banyak, silakan ke dokter kulit terdekat ya...

      Delete
  135. met sore dr susie,nama saya christine,usia 30 tahun.senin kemarin saya terkena cacar air,baru muncul lentingan tapi sampai hari ini blom menunjukkan tanda2 yg baik dok,bentolan smkn banyak dan semakin besar.pdhl saya sudah mengkonsumsi acyclovir 400mg5x1,cefspan2x1,imboost bahkan suntik vit c.apa suntik vit c bermanfaat dok untuk meminimalisasi bekas cacar? hampir seluruh wajah saya penuh ditumbuhi cacar dok, bagaimana agar cepat hilang dan tidak berbekas?rasanya gatal skali dok setiap malam tidak bisa tidur walau sudah minum celestamine..berapa lama dok sakitnya bs sembuh?vitamin apa lg yg bs dikonsumsi untuk mempercepat penyembuhan? ada yang bilang kalau baru muncul cacarnya,lalu k dokter disuntik bs cepat sembuh,paling cuma 3 hari.tapi kmrn bbrp dokter saya datangi,mereka bilang tidak ada suntikan yg bs menghentikan cacarnya..bagaimana sebenarnya dok?trims sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kamu minum obat sendiri apa berobat ya? Dosis asiklovir kurang.... Knp minum cefspan? Vitamin c mengurangi risiko bekas hitam... Saya sendiri Lebih suka pakai obat virus generasi baru yg Lebih efektif.... Klo minum celestamine, penyembuhan malah melambat....

      Delete
  136. hai dok, nama saya bia,dok saya sudah hampir seminggu terkena cacar,tapi masih belum kering juga, kira kira bekas ny bakal hilang tidak dok? saya juga sudah mengkonsumsi asiklovir,kira" saya masih harus mengkonsumsi asiklovir sampai kapan ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Minum asiklovir 5-7 hari... Bekas hilang kok cuma perlu waktu 3-6 bulan... Tapi Ada risiko masih sisa bekas dikitlah... Klo udh gitu mesti ke dokter kulit terdekat ya

      Delete
  137. Saya hilal irfan dok umur 13saya baru terkena cacar tp tdk d awali dengan gejala seperti pusing,demam apakah itu normal dok ?

    Dan satu lagi dok emang klo lg cacar tidak boleh terkena angin dok ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Hilal...normal aja klo gejala ikutan gak ada.... atau biasanya ringan sekali sehingga pasien gak sadar...
      Pasien cacar air dianjurkan banyak istirahat, biar cepat sembuh.... klo soal angin, saya gak bisa jawab alasan medisnya ya... hehehe

      Delete
  138. halo dok saya Rio 20th baru ke dokter kmrn, saya ke dokter karena sepertinya flu atau panas dalam. sebab mulut saya sariawan sampai ditenggorokan jg ada.
    Lalu saya diberi lincomycin,dexamethasone, dan paracetamol. Dan malamnya badan saya muncul bintik2 berisi air.
    Apakah itu gejala cacar air sungguhan atau hanya alergi obat/makan? soalnya saya blm pernah alergi obat jadi tdk tahu seperti apa, dan saya jg baru makan cumi.
    Jadi apakah yang saya derita ini?
    mksh dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cacar air masih mungkin... Awalnya bisa muncul flu like syndrome

      Delete
  139. pagi dok,
    nama sya putri
    anak sya wira umur 6 tahun kena cacar air dok,tapi anak nya gak suka diem dan selalu deket-deket sama adeknya yang baru berumur 5 bulan.
    rentan kena cacar air gak dok adeknya?

    terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Risiko Penularan besar ya bu...krn lewat udara... Muncul kira2 2 minggu Dari kakaknya klo tertular

      Delete
  140. Dr. Susie, kira2 untuk menghilangkan "bopeng" bekas cacar gimana ya? kalo yang seumuran saya (14thn) kemungkinan "bopeng" nya besar gak? saya malu dok, kalau sampe saya ada "bopeng" di tubuh apalagi wajah. Terimakasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo kegaruk, trus infeksi, risiko bopeng Lebih besar ya.... Seumur kamu mestinya Lebih cepet sembuh sih...

      Delete
  141. Hi dr. Susie.

    Nama saya Erick, 28 th. Baru saja kmrn saya divonis cacar air oleh dr.umum. Gejala sakit badan, sakit menelan, pusing, dirasa sejak 3 hari yl. Baru kemarin ditemukan 3 bintil air, dan sekarang bintil air sudah menyebar ke slrh tubuh.

    Saya diberi obat :
    Valvir 500 mg (3x2)
    sumagesic (3x1)
    longcef 500 mg (2x1)
    starmuno (1x1)

    Karena cacar air sembuh lewat daya tahan tubuh, saya jadi agak pesimis. Karena sakit menelan dan pusing membuat saya kurang lahap menyantap makanan2 bergizi.
    Yang ingin saya tanyakan; apa boleh saya mengkonsumsi amoxicillin 500mg untuk menyembuhkan radang tenggorokan saya? Apa bentrok dengan obat-obat yang sedang sy konsumsi?

    Terima kasih dr. Susie. GBU

    ReplyDelete
    Replies
    1. Radang tenggorok bisa krn cacar airnya... Gak usah tambah antibiotic... Khn udh dapat Longcef ya....

      Delete

Sebutkan nama terlebih dahulu, bila ingin mendapatkan respons...thank you.. Tanpa nama akan langsung saya hapus ya......

Note: Only a member of this blog may post a comment.