Halo semua rekan yang tertarik dengan kesehatan kulit, semoga artikelnya berguna... Ditunggu selalu komentar dan inputnya... Khusus untuk intermezzo, adalah pengalaman unik selama praktek yang menurut saya cukup menarik untuk dishare... Happy reading...

Sunday, February 27, 2011

Aku hamil ,dok... tapi tetap pengen cantik.....

Hehehe, gak bisa disalahin sih.... Siapa sih yang gak pengen cantik terus??
Jangankan ibu hamil yang masih muda.... hehehe, kita-kita yang sudah masuk setengah tua ini aja pengen trus dan trus dan trus dan truuuuuuuuusssss tampak cantik... Iya khan??

Tentu saja ingin tampil cantik adalah hak asasi lho...

Namun masalah kulit itu munculnya saat hamil gimana ya?
Pengennya tetap cantik, tapi eh malah tambah jerawatan gede-gede... tambah muncul flek disana-sini.... wah gimana dongggg??? Gak pake obat, takut muka tambah parah... Mau pake obat,..tambah takut gimana ntar efeknya ke janin......

Toloooongg, mesti gimana nihhh??

Biasanya saya sih tidak menganjurkan ibu hamil pake krim macam-macam... hehehe, soalnya waktu saya hamil juga gak pake apa-apa sihhh...

Emang sih hal ini masih kontroversial...
Gak banyak textbook yang bilang secara tegas apakah krim perawatan boleh dipakai ibu hamil... Yang pasti gak boleh sih cuman satu, yaitu obat minum yang mengandung isotretinoin... obat yang dipake untuk jerawat membandel...

"Hamil aja dulu... perawatan belakangan, ya", gitu selalu kata saya...

Paling pusing kalo menghadapi masalah flek...saya gak pernah ngasih pemutih buat ibu hamil.... ke ibu menyusui aja jarang banget... apalagi ibu hamil...Biasanya saya menstop semua krim yang mengandung hidrokuinon, tretinoin, isotretinoin, adapalene, dll... Yang saya kasih biasanya cuman AHa, PHA yang hanya bekerja di kulit bagian atas saja... Tapi memang efektifitasnya juga gak tinggi...

Sedangkan untuk pasien jerawat yang pasti tanpa obat antibiotik yang mengandung tetrasiklin dan turunannya.... sedangkan terapi topikal/oles dengan antitibiotik golongan klindamisin dan eritromisin sih aman....

Tenang aja... semua kelainan yang memburuk akibat kehamilan, nanti akan membaik dengan sendirinya secara perlahan kalo sudah persalinan... Orang pasti ngertiin kok kalo kamu stop perawatan saat hamil....

Inget ada pendapat: ibu hamil gimanapun tampilannya, tetap cantik kok.... :)

Have a happy pregnancy!

No comments:

Post a Comment

Sebutkan nama terlebih dahulu, bila ingin mendapatkan respons...thank you.. Tanpa nama akan langsung saya hapus ya......

Note: Only a member of this blog may post a comment.