Halo semua rekan yang tertarik dengan kesehatan kulit, semoga artikelnya berguna... Ditunggu selalu komentar dan inputnya... Khusus untuk intermezzo, adalah pengalaman unik selama praktek yang menurut saya cukup menarik untuk dishare... Happy reading...

Wednesday, February 2, 2011

Stress: si troublemaker buat kesehatan kulit

"Bapak lagi stress?"
"Ibu lagi banyak pikiran gak?"
"Kamu lagi pusing kerjaan gak?"

Hahaha... itu adalah pertanyaan wajib yang saya ajukan buat pasien-pasien dengan beberapa kelainan kulit.... Mungkin kalau yang pernah jadi pasien saya bosen dapat pertanyaan itu...


Biasa jawaban yang saya dapat adalah:

" Mana ada sih orang gak stress dokkk...."

" Namanya juga orang kerja dok... pasti adalah stressnya..."
" Masa sih gara-gara stress dokkkk??"

Hehe... ini kita baru ngomongin masalah kulit lho....
Stress gak cuma bikin kulit bermasalah... Stress juga buat tekanan darah jadi melonjak... bikin menstruasi gak teratur...kadar gula darah pun bisa naik..... asma pun bisa kumat....

Pokoknya... stress itu troublemaker dweeehhh...!!!!

Kalo di ilmu perkulitan dan perkelaminan.... stress bisa bikin banyak masalah, al:
  • Jerawat: Yang paling terlihat terutama anak-anak SMA or kuliahan.. jerawat makin berani menampakkan dirinya menjelang ujian.... Selesai ujian.. biasanya keparahan akan berkurang dengan sendirinya..... Stress memicu ketidakseimbangan hormon, sehingga terjadi peningkatan kadar minyak kulit... yang berkaitan erat dengan terjadinya jerawat
  • Ketombe: dari yang ringan sampai yang berat yang bisa mengenai muka dan badan (biasa disebut eksim ketombe)... Ada pasien saya seorang editor majalan bulanan, eksim ketombenya pasti kambuh +/- 1 minggu sebelum dateline... Sekali lagi yang terjadi adalah perubahan hormonal saat stress... memicu peningkatan kadar minyak kulit, sehingga jamur Malassezia spp yang normalnya memang ada akan meingkat jumlahnya dan memicu reaksi peradangan berikutnya... Jadia merah dan bersisik dech....
  • Eksim: Inijuga bentuk yang sering... terutama gatal-gatal di tengkuk, punggung kaki, punggung tangan... Penyakit yang sulit diatasi karena sifatnya yang on and off .... Makin digaruk...makin enak... makin tebal kulitnya.. makin gatal lagi.... Pokoknya kayak lingkaran setan dech...
  • Keputihan: Saat stress biasanya bisa muncul keputihan... tapi biasanya bisa hilang sendiri... umumnya sih gak seberat seperti keputihan karena virus/bakteri/parasit/jamur... Biasanya terjadi karena stress menimbulkan ketidakseimbangan hormonal
  • Herpes genital: karena sekali terkena herpes..virusnya gak bakal hilang dari tubuh kita seumur hidup... maka herpes sering banget kambuh saat stress.... Hal ini terjadi karena saat stress, biasanya daya tahan kita menurun...
Banyak khan kelainan kulit yang dipicu oleh stress....
Jadi... hindari diri kamu semua dari stress ya....

Bebas stress bebas penyakit dech... hehehe... walau gak semua penyakit sihhh...

Selamat hidup tanpa stress yaaaa....

20 comments:

  1. Hi dr. Susie, Happy Lunar New Year 2011 yah. Mudah2an stress dan jerawat tidak bertambah nih di tahun Kelinci. Heheheh..
    Kapan yah dok bisa bisa hidup damai/berdampingan dengan stress? Kadang jalanan macet saja sudah cukup memicu stress sesaat... Thks & Rgds.

    ReplyDelete
  2. Hahaha... kita memang harus bisa memanage stress... karena hampir gak mungkin bisa mengusirnya pergi.... Klo macet misalnya, asal di pikiran kita sudah prepare dan tau ngomel juga gak ada guna, biasanya kita lebih bisa menerimanya khan.... Gong xi fa cai juga ya...

    ReplyDelete
  3. Heheheh, tambahan yah Doc, kebetulan baca artikel Kompas Sept 2009 tentang "Ketika Jerawat dan stress bersahabat". Di situ ada tip ringan dari ahli kulit dan psikolog klinis Richard Fried, MD, PhD (Anggota American Academy of Dermatology)yaitu :melakukan manajemen stres dengan bernafas secara perlahan. Cara ini memberikan relaksasi pembuluh darah sehingga membantu kulit untuk tetap elastis. “Tarik nafas selama 4 detik, tahan 4 detik, lalu hembuskan selama 4 detik. Ulangi ini sebanyak 4 kali maka Anda telah memberikan kulit kesempatan untuk tetap bugar. Terlepas benar atau tidaknya, semoga bermanfaat...

    ReplyDelete
  4. Thanks for the tips, Mimi.... Hopefully all readers are able to read and practice your tips...

    ReplyDelete
  5. dok..di lutut saya bagian depan ada kyak eksim gitu..kdang gatal kdang tidak..sudah lama skali..sering saya garuk2 dan bisa mngelupas..kmudian berair dan akhirnya agak keras lagi..dan biasanya saya garuk dan mngelupas..dulu sdikit tpi sekarang agak melebar..dan jg menular ke daun telinga sblah depan..di kanan maupun kiri..kadang gatal banget dok..sampe malu saya, kyak orang g prnah mandi aja..:) apkah ini psoriaris dok? apa obatnya yg manjur gtu? trims y dok...

    ReplyDelete
  6. Halo... klo baca cerita kamu kemungkinan adalah eksim ketombe yang di depan tlinga... mungkin pula infeksi jamur makanya bisa melebar..
    Klo yang dilutut kemungkinan adalah lichen simplex chronicus... semacama eksim yang kronis...
    Yang penting jangan dikopek, makin kopek makin parah...
    Biasa diobati dengan kortikosteroid... tapi gak dijual bebas...

    ReplyDelete
  7. haloo dok,
    saya iwan dok, di telapak tangan dan kaki sering muncul totol2 putih kalo saya pencet siy ada airnya dan rasanya gatal sampe gak bisa tidur, pernah ke dr spkk, di kasih salep racikan sembuh, tp sering kumat lagi, apalagi kalo makan ikan2 nan, langsung deh.. ini sebenarnya alergi makanan, atau apa ya dok? Apa ada hubungannya dengan stress juga ya dok? eh satu lagi dok ini menular gak ya?

    Thanks ya dok
    Iwan

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo Iwan...coba baca tentang pompholix ya... supaya tau tentang penyakitnya, penyebab dan pencegahannya... gak menular

      Delete
  8. Hai dok, saya Angela
    anak saya,cowok 14th baru2 ini didiagnosa menderita eksim ketombe. dulu mula2 kepalanya yg srg ketombean,agak byk,smp saya sempat ganti shampoo bbrp x dan pakein Selsun Blue. Belakangan di bagian telinga keliatan kering2 kulitnya dan kulit muka jg kasar2. Terakhir dia ikut camp dgn jadwal yg sgt padat dan mmg sgt kurang jm tidurnya shg dipipi timbul bercak merah agak lebar. Yg Ada bbrp hal yg saya mau tny dok :
    1. apakah eksim jenis ini bs trs meluas ke area lain?
    2. apakh dgn menyentuh kulit yg sdh terkena eksim bs menulake bagian kulit yg lain yg blm terinfeksi?
    3. dokter memberikan shampoo Nizoral dan obat racik utk wajah. Apakah kl kepala sdh tdk berketombe lg shampoonya boleh kembali ke shampoo anti ketombe yg dijual bebas dipasaran, semisal Head & Shoulder, ataukah hrs trs memakai shampoo Nizoral tsb?
    4. saat ini anak saya di usia puber yg tentu saja hormonnya sdg tidak stabil. Apakah stlh melewati masa pubernya dia bs sembuh dr penyakit ini?
    Sebelumnya saya minta maaf krn pertnyan saya agak panjang Dok.
    Terima kasih Dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eksim ketombe yg parah bisa meluas... Pd area tertentu..misalnya selangkangan, buah zakar, dada, punggung....
      Jawaban no 2 tidak ya bu...
      Shampoo ketokonazol bisa dipakai maintenance 1x per minggu ... Hari lain pakai shampoo biasa boleh kok
      Masalahnya walau sudah tidak puber...eksim ketombe tetap mungkin krn stress yg utamanya bu....

      Delete
  9. Dok saya Echa.
    Saya punya ketombe yg agak parah yg susah diobatin pake sampo biasa. Nah yg cocok itu cuma sampo selsun. Yg mau saya tanyakan apa ibu hamil masih boleh make sampo selsun? Karna saya sedang hamil trimester pertama en ketombe saya makin menggila.
    Terima kasih dok :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh Aja kok...klo kuatir, pake yg blue... Bisa Aja makin banyak saat hamil, pengaruh hormon...

      Delete
  10. Hi Doc, my name is Samantha, I have rash on both of my areolas. I do not know whether this is eczema or paget's disease, I hope it's not Paget's disease. When I was a kid I used to have eczema everywhere, I first found the rash when I was 16 - im now 28, but the rash on my areolas been on and off sometimes it heals sometimes it's back, especially when wearing a bra, normally the itching is back and the rash is back too. I need your help. I have called the Puri Hospital but the said that you would be back on Saturday, what can I do before I see you on Saturday? Can I take Methylprednisolone and Betasone? Thank you Doc. Hope you have a good day.

    Sam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup..will be back to work on Saturday .... Try topical betasone first..

      Delete
  11. Hai dok..
    sy erna, pasien yang di puri..
    obat aldactone yang dokter sarankan, sy mau coba karena setelah tanya sana sini & browsing2.. tidak membahayakan..
    tapi saya harus beli yang dosis berapa ya..? 25mg / 75mg / 100 mg..?

    thx :)

    ReplyDelete
  12. Dok, nama saya Hardy. Saya gatal tiap malam 1 - 2 jam saja, dok. Di bagian paha, siku, dada, dan leher ada bintik + bentol merah, tp tidak banyak dan jaraknya berjauhan. Tmn kantor saya juga ada yang seperti ini 2 orang. Apa ini Scabies? Boleh tau ciri-ciri scabies? Adakah bedak atau sabun khusus scabies?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bentol air, atau tanpa air dengan luka...biasanya klo bener scabies, pakai permethrin

      Delete
    2. Bentol tanpa air; darah yg keluar. Sekarang ini jarang ad yang bentol, hanya merah merah satu titik. Apa ada hubunganya dengan penyakit dalam?

      Delete
    3. Wah mesti cek Aja Biar pasti..spy bisa langsung diliat ama dokternya, gak nebak2

      Delete

Sebutkan nama terlebih dahulu, bila ingin mendapatkan respons...thank you.. Tanpa nama akan langsung saya hapus ya......

Note: Only a member of this blog may post a comment.