Halo semua rekan yang tertarik dengan kesehatan kulit, semoga artikelnya berguna... Ditunggu selalu komentar dan inputnya... Khusus untuk intermezzo, adalah pengalaman unik selama praktek yang menurut saya cukup menarik untuk dishare... Happy reading...

Tuesday, March 8, 2011

Amankah suntik jerawat??

Paling sebel liat jerawat besar.... apalagi kalo munculnya gak tepat waktu... hehehe, benernya sih buat kita jerawat memang selalu salah waktu dan tempat khan :)..
Seringnya muncul menjelang menstruasi (pada perempuan tentunya).. gak banyak sih, paling 1-3 buahjerawat besar...tapi khan tetap aja bikin sewooot... kalo lagi stress juga sering nambah ....

Mo dipencet takut bekasnya gak ilang-ilang,... mau pake obat jerawat kok ya susah banget niyy kempesnya...
Gimana dong ngilanginnya secara instant??

Biasa kalo kamu datang ke dokter kulit.. yang ditawarin paling sering adalah metode suntik jerawat... Iiihhh serem gak sihh??

Suntik jerawat biasanya menggunakan jarum yang paling kecil ukurannya.. yaitu 30G... sakitnya minimal sih waktu ditusuk... yang paling sakit waktu obatnya masuk....
Yang disuntikkan adalah steroid golongan triamcinolon acetonide... punya efek antiinflamasi ato antiradang... jadi akan bikin jerawat kempes.. cepet lagi..biasanya sih dalam waktu 1-2 hari pasca suntik.. Makanya jadi pilihan kalo pengen cepet kempesnya.. Biasanya terasa nyut-nyut pasca suntikan ya...

Nah karena efeknya ngempesin jerawat... maka pada beberapa orang yang tipe kulitnya kering dan udah tipis dari awalnya... mungkin saja kulit tempat suntikan jadi malah terlalu kempes... alias agak dekok... sayangnya keadaan ini rada susah diprediksi...

Sebenarnya cukup aman, asal yang disuntik gak banyak banget... karena tetap aja ada batas maksimal penyuntikkannya...

Beberapa tips kalo minat suntuk jerawat:
- Jangan minta suntik untuk tempat yang sama terlalu sering, karena risiko dekok jadi besar
- Suntik yang ukurannya besar aja.. terutama yang menonjol gak ada matanya...
- komedo, milia dan jerawat kecil mendingan pake obat luar aja ya...
- Buat ngurangin risiko dekok, obat suntiknya bisa juga dibuat lebih encer
- Kalo gak tahan sakit, mendingan pilih pake obat luar atao obat minum dulu aja

Jadi gak semua jerawat perlu disuntik ya.....


73 comments:

  1. mau nanya dok, kalau saya sudah disuntik jerawat beberapa hari kemudian langsung kempes, tapi selang kurleb seminggu kemudian ditempat yang sama muncul jendolan seperti jerawat tapi gak sakit, tapi sangat mengganggu karena warnanya merah sekali, dan ga ilang2 sudah berbulan2.

    umum tidak dok keadaan seperti ini?

    ReplyDelete
  2. Halo..kadnag-kadang jerawat gede perlu suntika lebih dari sekali...tapi tetap saja perlu hati-hati supaya tidak atrofi
    Atau kemungkinan ada debrisnya...sia jerawat yang belum bersih...biasanya perlu dikeluarin isinya..

    ReplyDelete
  3. Dok mau nanya? Jerawat saya kecil kecil..."dan tidak terlalu banyak"hanya saja bekas hitam2 diwajah yang tidak mau hilang "bagaimana mengatasinya dok.."mohon bantuan saranny dok"karena saya mau bertemu calon mertua jadi gak PD"

    ReplyDelete
  4. Halo Etiancute..bekas hitam mesti dikasih penghilang bekas... tapi rata-rata bersifat iritasi...ke dokter terdekat aja ya...

    ReplyDelete
  5. Dosis yang dsuntikan itu berapa banyak?
    secukupnya itu kira" berapa ya?

    ReplyDelete
  6. Nama saya alina dok. Salut dg sharing dr susie. God bless u.

    ReplyDelete
  7. dok mau nanya?,saya udh 2thn berjerawat,saat ini sudah menggunakan produk perawatan TJE FUK selama 1minggu,tp bukan'a hilang malah tambah banyak tp jerawat'y kecil-kecil dok, kata dokter kulit terdekat bilang itu efek dr tje fuk karena racun dlm kulit'y dikeluarin smua jd muncul banyak jerawat'a..
    yg saya tanyakan,benar ngga sih dok tentang pernyataan dokter kulit trdkt yg udh ngsh opini k saya ?
    .thx untuk perhatiannya dok.. ; )

    ReplyDelete
  8. Halo Sandy...tergantung isinya...beberapa krim yang mengandung tretinoin, adapalen, aha..bisa mengeluarkan jerawat bila masih banyak microcomedone...biasanya klo dipake trus lama-lama bersih.... Tapi untuk produk yang kamu sebut..saya gak bisa komentar karena saya gak familiar dengan isinya... sorry ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih ya dok untuk perhatian dan sarannya .. ; )

      Delete
  9. dok, kalau sudah dekok akibat suntikan itu bisa dihilangkan ga?
    karena saya mengalaminya sekarang. dan ada di bagian yg baru sekali disuntik sudah dekok.. :(

    ReplyDelete
  10. Tunggu aja 3-6 bulan...klo masih dekok biasanya perlu treatment khusus supaya pulih...rata-rata sih dekoknya gak permanen....

    ReplyDelete
  11. dok, mau tanya dong. saya suntik jerawat seminggu yg lalu. kempes sih, tp kemudian jerawatan lg ditempat yg sama. jadi apakah saya tidak cocok dg metode seperti ini?

    ReplyDelete
  12. Halo Citra...bukan begitu...mungkin suntiknya belum optimal...atau masih ada sisa bintik putih kecil yang harusnya dikeluarkan...klo gak, sering kambuh...

    ReplyDelete
  13. Halo dok, saya sistri, mau Tanya tentang suntan steroid utk jerawat, apakah Ada side effect yg berbahaya? Apakah Ada larangan untuk pasien dengan kondisi tertentu ataukah aman untuk semua orang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sistri...kamu sebaiknya membaca artikelnya lebih teliti ya... klo keseringan bisa dekok..tetap ada risiko alergi walaupun aman sangat kecil

      Delete
  14. Malem dok, saya ayu, mau tanya kalo pake injeksi Acnecitro aman kah?? Resikonya apa ya?? Terima kasih sebelummya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Ayu... Sori gak bisa kasih comment... Soalnya sy gak pernah pakai.... Semoga sukses ya ngobaton jerawatnya...

      Delete
  15. selamat pagi dok...
    saya indah mau nanya dok saya jerawatan agak bnyak dan ada beberapa bekas jerawat flak2 hitam lebih efektifnya pakai obat cream atau suntik ya dok?
    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Suntik cuma untuk yg gede... klo kayak kondisi kamu anjuran saya sih pakai krim dulu, sampai mendingan.. sisanya yg bandel disuntik

      Delete
  16. Selamat Malam Dok, saya Susan. Mau tanya, yang dimaksud dengan bintik putih harus dikeluarkan itu dengan cara apa Dok, dipencet sendiri?apakah jerawat yang dibersihkan dengan cara dipencet pasti akan berbekas atau tidak?saya mencoba pencet tidak bisa kluar bintik putih, karena jerawatnya ga ada mata-nya, sudah hampir 1bulan tidak kempes dan tidak bermata, hanya berjendol. Apakah sebaiknya disuntik saja?tapi saya juga kuatir kalo jadi dekok. Mohon sarannya Dok. Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya sih yg ngeluarin dokter ya..krn hrs ditusuk dulu... Klo jerawat gede suntik boleh.... Tapi klo kecil keras hrs dikeluarkan

      Delete
  17. saya rasyid remaja berumur 17 tahun... baru2 ini, saya mengkonsumsi obat gemuk yang menyebabkan hormon saya meningkat (kata temen2).. hampir d seluruh permukaan wajah saya d tumbuhi jerawat.. jenis jerawatnya juga berbeda.. jerawatnya bengkak kaya' bisul trus banyak banget.. saya sudh mencoba bnyk cara.. mulai dari yang tradisional sampai obat2an.. mohon bantuanya dok :'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah susah ya klo penyebab utamanya yaitu konsumsi hormon gak bisa dihentikan... Ke dokter terdekat Aja ya. Tapi tetap obat gemuk yang diperkirakan sebagai pemicunya harus di stop ya

      Delete
  18. dok saya Rena. saya ada jerawat tadinya kecil skarang lumayan besar. udah sekitar 2mingguan dok ga mau kempes juga. udah pake krim dokter plus minum doksisiklin(selama 5 hari 2x sehari, sesuai ajnjurannya) nah hari ini hari ke5. namun tak kunjung kempes malah saya jadi merasa kok membesar ya.
    akhirnya dia saranin suntik, cuma karena dia praktek minggu depan saya mau suntik di tempat lain aja. kira2 kalo habis suntik ada krim2 gitu ga dok? takut ga cocok soalnya kan lg pake krim dokter saya. terus sakit banget ga sih dok? saya takut nih sama yg sakit-sakit. selain suntik gimana dok?
    udah pake krimnya sekitar 2mingguan ga kunjung kempes. minum doksisiklin 5 hr pun ga ada perkembangan.
    ada saran dok?
    btw jerawat saya emang besar gitu ga ada matanya. tipe muka saya berminyak dan sptnya cukup tebal. sebelumnya saya tak pernah suntik2 jerawat ataupun sejenisnya.
    makasih ya dokter.:')

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rasanya jarang ada dokter yg mau trima suntik Aja ya... Hehehe... Tapi boleh Aja kamu coba.... Sakitnya lumayanlah.... Tapi mujarab..asal gak keseringan di tempat yang sama

      Delete
    2. dok saya sebenernya ga mau disuntik dok(takut sama sakitnya). tapi ni jerawat ga mau kempes udah 3minggu kurang lebih, maksimal besarnya sih segitu aja(tapi bagi saya udah sangat besar) dan ga ada matanya merah besar aja gitu. ga ada cara lain kah dok?:'(

      Delete
    3. Antibiotic minum pilihan lain, Lebih dipanjangin waktunya

      Delete
  19. dok, saya nana.
    mau tanya ada efek sampingnya gag dok kalau tiap 2 minggu sekali suntik jerawat?
    terus pas q udah suntik jerawat emang kempes tp dideketnya malah muncul jerawat lg. gmna dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. asal gak di tempat yang sama suntiknya sih gapapa... Mestinya gak berhubungan dengan jerawat di tempat sekitarnya

      Delete
  20. Dok saya rena.
    Waktu itu krg lebih 1 bulanan dok jerawat saya udah di suntik.
    Almost clear but kok ada bekasnya yah agak hitam gt ga besar sih cm sambil dipakein krim bekasnya udah ga sehitam sblmnya.
    Cm kn yg aku baca di blog dokter katanya ga berbekas disuntik tapi kok:(
    Oh ya dekok itu gmn sih dok? Apa ini dekok? Tp aku baru sekali ini loh disuntik.
    Oh ya dok ternyata suntik itu ga sesakit yg aku kira ya. Pas ditusuk ga terlalu sakit obatnya pas masuk jg ga sakit bgt. Parno aja nih ternyata. Sakitan difacial deh. Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dekok itu agak cekung ke dalam..... Klo gede banget jerawatnya, bisa merah dulu.... Bukan sama sekali gak berbekas, tapi sesuai dengan bekas yg biasa muncul... Gak Akan Lebih jelek akibat disuntik....

      Delete
  21. Evha
    Siang Dok saya eva, saya punya jerawat sekitar 2 tahunan ,tetapi jerawat kecil2 namun banyak.
    setelah itu saya di sarankan untuk berobat ke dokter kulit,saya pun berobat & di beri cream jerawat siang malam .akhirnya jerawat saya hilang dalam kurun waktu 1 bln +, tetapi 1 minggu kemudian jerawat saya muncul lagi besar2 dan merah gitu tetapi tidak banyak. apakah ada rekomendasi Dok untuk mengeringkan jerawat?karna saya tidak berani untuk suntik jerawat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk jerawat besar biasanya diperlukan pemberian antibiotic minum ya ya... Tapi untuk yang banded biasa tetap perlu suntik sih

      Delete
  22. Hi dok, Saya Honney mau tanya sebenernya metode suntik jerawat menggunakan obat apa sih? kenapa obat itu ga di poles aja ke bagian yg bermasalah? apa ada obat poles yg mengandung obat yg dokter suntik itu? Btw beneren ga akan ada efek soalnya kan obat tersebut jadi bercampur sama darah kalo di suntikan lgs. Thanks dok Gbu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya pakai triamcinolonn acetonide.... Klo dioleskan gak efektif... Aman kok, asal gak disuntik berulang ditempat yg sama...

      Delete
  23. dokter aku iyan (f/21) aku pernah disuntik jerawat di 3 tempat dan sekali suntik itu jerawat tidak mau kempes jadi dokternya menyutik beberapakali di hari yang berbeda dan akhirnya kempes walau masih ada bekas jerawat yang merah, asalnya bekas jerawat hanya merah saja tapi tiba2 seminggu setelah jadi dekok dan warna kulit sekitar jerawat jadi lebih putih dari yang lain. yang saya mau tanya dok apa itu permanen atau bisa kembali rata seperti semula dengan sendirinya? berapa lama dan kalau butuh obat tertentu or vit apa yang bisa membantu memulihkan bekas dekok itu juga mungkin treatment apa yang bisa saya ambil untuk mengembalikan jadi normal lagi. thanks mohon pencerahannya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang harusnya dihindari penyuntikan di tempat sama secara berulang.... Kadang perlu waktu utk jerawat menjadi Kempis... Sebagian bisa pulih dalam waktu 3-6 bulan... Klo gak pulih juga bisa dicoba suntik PRP beberapa Kali selang 2 mingguan

      Delete
    2. selain PRP apa prosedur seperti laser bisa membantu dekok jadi normal kalau iya efektif mana (lebih cepat mana progresnya), dokter di bagian yang di suntik kulitnya jadi lebih putih (bulat) bagaimana supaya tonenya sama? oh iya harga PRP kisaran berapa ya 1 kali prosedur biasanya. thanks dok :)

      Delete
    3. Jarang pake laser... Klo masih merah bisa vbeam, skalian naikkin kulitnya.... Sebenarnya utk tone warna lama2 juga Akan sama kok... PRP kisaran 500rb-1.5 jutaan

      Delete
  24. Hai dokter, saya elsa pasien dokter di RS.puri ysng saya mau tanyakan : apakah obat2 yg saya minum dan oles cara kerjanya mengeluarkan jerawat semuanya dulu ?karena skrg jerawat saya malah membesar dan banyak keluar jerawat baru dok?dan juga jerawatnya bikin gatal dan nyeri kalo sdg cuci muka, thanks dok GBU

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa gak kamu tulis krim yang saya kasih? Klo Komedo saya biasanya berusaha keluarin, klo jerawat besar mestinya diredain dulu....

      Delete
    2. Kecuali klo kamu kulitnya sensitif sulfur, kadang malah bikin jerawat meradang

      Delete
    3. hai dok, untuk pagi dan siang saya dikasih facial wash - AM2 - Mediklin untuk malemnya facial wash - erymed - AG sama obat minum sehari sekali dok namanya interdoxyn untuk sebln pemakaian.apa saya suntik dulu aja yah dok jerawat yang besar2 ini?karena kok ga kempes2 ,thanks dok

      Delete
    4. Wah itu gak Ada krim yg buat ngeluarin kok....semua buat ngeringin.... Udh berapa lama pake krim? Cuci muka sehari berapa Kali?

      Delete
    5. sy ypink dok, sy jg pny kasus sm dengan temen2 lainnya, jerawat gede yg disuntik jd dekok. awalnya gk yakin muka sy bnyk dekoknya karna suntik, skrg jd paham stelah bc ulasan diatas. nah, sy mau Tanya krim apa yg bs sy temukan untuk keluarin isi jerawat saya dok, daripada sy hrs inject yg ujungnya jd dekok sana sini.
      trims dr. Susie

      Delete
    6. Minum antibiotic supaya peradangan mereda....

      Delete
  25. sudah sekitar seminggu dok,cuci muka sesuai saran dokter pagi,siang dan malam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hasil pengobatan belum terlihat... Tapi kalo seminggu lagi masih gede2 suntik Aja ya

      Delete
  26. dok saya disuntik jerawat tapi kok bekasnya belum hilang ya dok? padahal sudah cukup lama.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Suntik tidak ngilangin bekas..tapi ngempesin jerawat.... Untuk bekas biasa pakai krim...minta krim penghilang bekas sama dokter kamu ya

      Delete
  27. dok saya mau tanya, saya saat ini sedang hamil 2 minggu. muka saya tumbuh jerawat besar2 sekali, meradang dan bernanah.... amankah jika di suntik ? karna jerawatnya sakit dok, menggau aktifitas saya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aman...cuma tetap yang besar Aja ya...tetap gak boleh keseringan...

      Delete
  28. siang dok, saya andy berumur 17 th. saya sering onani sehingga banyak jerawat yang timbul di wajah saya, jerawatnya berkelompok di daerah pipi, jidat dan dagu dok. padahal dulu saya sangat bersih. saya sangat malu dengan wajah saya dok, apakah saya harus suntik jerawat juga? mohon solusinya dok, terimakasih banyak yah dok ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Suntik hanya membantu mengurangi yg besar...mestinya berobat Aja Biar tuntas ke dokter terdekat...supaya diberikan krim2 utk pencegahan Lebih lanjut juga...

      Delete
    2. saya sudah datang ke klinik dok, terus dia memberi saran saya untuk di suntik dibokong dan diberi obat minum. tapi saya takut dok, saya masih belum percaya. akhirnya saya langsung pulang dan bilang untuk pikir-pikir lagi.
      kalo menurut dokter itu berbahaya ngga dok ?
      tolong sarannya yah dok, terima kasih pertanyaan yang tadi sudah di jawab
      sukses terus dok

      Delete
    3. Wah biasanya selalu dimulai dgn obat minum dulu...coba Aja Tanya yang mau disuntik di bokong itu obat apa ya?

      Delete
    4. baik dok nanti saya tanyakan, terimakasih yah dok atas infonya
      sukses terus dok

      Delete
  29. dok, saya siti..
    konsumsi doxixycline terlalu lama it bagus g sih?
    soalnya dlu aq prnah mnum it shri 1x slma 30 hri,
    itu jerawatnya lgsg g mncul lgi.
    tp stlah aq g minum lagi,
    ini jrwatnya kluar smw.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Antibiotic buat jerawat kadang bisa diminum sampai 4 bulan...asal tidak Ada efek samping yang terjadi... Lebih baik dibawah pengawasan dokter ya

      Delete
  30. Siang dok, saya margaretha.

    Saat ini saya sedang hamil 4 bulan dan muka saya tumbuh jerawat yg besar2 dan banyak dari awal kehamilan, sampe keliatan bengkak dan sakit banget. Kemarin saya sempat konsul ke dr spkk dan diberi cream utk jerawat. Kata dokternya sya memang ada bakat jerawat dan ditambah hormon kehamilan jadi jerawat semakin parah. Dokternya bilang utk jerawat saya yg besar2 harus disuntik. Yg ingin saya tanyakan apakah suntik jerawat aman untuk ibu hamil dok? Dan apa ada efek sampingnya utk bayi saya dok?
    Mohon sarannya ya dok. Terimakasih. GBU :)

    ReplyDelete
  31. Dok...
    saya jerawatan parah udah dari SD, sekarang saya SMA tapi jerawat saya selalu tumbuh terus menerus. Hampir seluruh klinik kecantikan di kota saya telah saya coba, tapi tidak pernah memberikan hasil yang permanen. Hilang satu tumbuh seribu. Saya merasa minder kalo terus begini. Apakah jerawat ini akan hilang permanen nantinya sendirinya seiring berjalannya waktu dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum tentu... Tergantung penyebabnya... Klo penyebabnya stress, bisa Aja makin berat.... Ke dokter kulit Aja ya..jgn ke klinik kecantikan...

      Delete
  32. Pagi Dok, saya Dendi

    saya sudah 3 tahun mengidap jerawat. dah kemana mana pake obat ini itu, , dan tetep saja tidak sembuh2. dan apakah ada hubungan nya sama kelebihan hormon atau darah kotor. ?waktu 2 tahun yg lalu q pernah sempet minum obat gemuk namanya samyunwan,, dan bagaimana menaggulangin nya tqs dok atas jawaban nya.

    ReplyDelete
  33. pagi dok, saya yusuf
    saya ingin berkonsultasi dan berobat sama dokter, kira-kira dokter bekerja di rumah sakit apa yah?
    terima kasih banyak dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. RSPI puri indah Dan pondok indah...juga erha kemanggisan

      Delete
  34. Dok, Nama saya chris usia 24th
    muka saya sering banget jerawatan, apalagi ketika stress dengan pekerjaan dan kuliah, saya sudah ke skin care tapi ga k rutin dok soalnya cowo paling gak betah dtg ke skin care :D. Saya udah pernah treatment macam2 mulai dari yang disinari semacam biolight sampe pemberian serum2. Setelah treatment memang wajah saya kempes tp selang 1-2 minggu jerawat msh muncul2 lagi :(

    pertanyaannya dok :

    1. Apa ada hubungannya antara stress dg jerawat?
    2. Sempat diberi tau mesotreatment tanpa jarum, apa itu cukup efektif dok?

    Terims Kasih.. GBU...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Stress Akan meningkatkan kada hormon androgen yang ningkatin aktifitas kelenjar minyak..
      Gak punya pengalaman dengan mesotherapy without needle

      Delete
  35. Sore dokter, saya vava pasien erha sby,bbrp bln sblm hamil saya pindah kota dn blm pernah konsultasi karena jauh sekarang hamil masih 2 bulan. Apakah aman utk suntik jerawat pada usia kehamilan masih muda begini, krna saya dpengaruhi hormon jd lbh bnyk komedo dan jerawat. Dan adakah krim yg aman?Karena lokasi jauh sekali dan di kota saya tdk ada erha, saya tanya dulu ke dokter. Baru kalo bnr tidak ap2 sayaakan ke klinik.mohon jawabannya dok.terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Suntik Aja aman kok..tapi usahakan untuk yg besar Aja..yg bener2 diperlukan.. Krim jerawat Ada yg aman... Coba tanyakan kandungan krim Dari dokter yg kamu kunjungi ya

      Delete

Sebutkan nama terlebih dahulu, bila ingin mendapatkan respons...thank you.. Tanpa nama akan langsung saya hapus ya......

Note: Only a member of this blog may post a comment.