Halo semua rekan yang tertarik dengan kesehatan kulit, semoga artikelnya berguna... Ditunggu selalu komentar dan inputnya... Khusus untuk intermezzo, adalah pengalaman unik selama praktek yang menurut saya cukup menarik untuk dishare... Happy reading...

Sunday, March 27, 2011

Biar sehat, jangan ditutup terus dooonggg....

Khusus untuk mereka yang tidak disunat......

Hehehe... jangan pusing baca judulnya ya... soalnya saya sendiri bingung mau kasih judul apa.... soalnya takut terlalu vulgar... nanti dibredel kayak jaman orba... hahahaha...

Ini cuma sedikit pesan agar para laki-laki yang tak bersunat...

Banyak sekali pasien saya yang adalah masalah dengan kesehatan alat kelamin (terutama bagian kepala penis) adalah mereka yang tidak disunat...
Biasanya kalo mau diperiksa.. saya meminta pasien untuk menarik dahulu kulit penutup kepala penis... tapi kalo udah diperiksa biasanya secara otomatis pasien selalu menarik lagi kulup yang menutup kepala penis tersebut.... wah... jadi lembab terus dooongg...

Tolong ya...untuk tidak terus menarik kulit kemaluannya untuk menutup alat kelaminya ya... soalnya jadi lembab terus dech.... Kelembaban yang tinggi akan menyebabkan berbagai kelainan kulit lebih susah diatasi... berbagai mikroorganisme akan berkembang lebih cepat pada kondisi lembab... terutama infeksi jamur....

Memang masalah sunat tak dapat dipaksakan (kecuali pada mereka dengan keyakinan tertentu dimana sunat wajib hukumnya)... tapi kalo kamu mau alat kelamin kamu lebih sehat dan bersih, yang dapat dilakukan adalah:
  • Bersihkan, tarik dan buka kulit yang menutup kelamin anda... emang pasti terasa nyeri dan ngilu pada awalnya ya... tapi maju terus pantang mundur ya...
  • Lakukan sirkumsisi....
Apa sih bedanya kelamin yang sudah disunat/terbuka atau tetap tertutup?
Kalo sudah terbiasa tertutup, maka kepala penis akan terus basah, lembab... berupa selaput lendir... jadi penyakit mudah berkembang
Kalo sudah terbuka untuk waktu tertentu, maka selaput lendir itu secara perlahan berubah menjadi jaringan yang lebih kering, menyerupai kulit di bagian batang penis...dan akan menjadi lebih sehat...

Memang ada juga pasien yang udah coba terus menarik kulit penutup... tapi eh turun lagi sendiri... kalo begini anjurannya tetap harus disunat yaaaa...
Gak cuma yang laki-laki jadi sehat tentunya... ternyata juga sangat membantu pasangannya untuk terhindar dari penyakit... terutama kanker serviks.... Mari bersama berpartisipasi berjuang menurunkan angka kanker serviks dengan berbagai cara yang kita bisa yaaa..

Buat informasi.. saya gak mengerjakan sunat lho ya... jadi tulisan ini bukan dimaksudkan agar kalian disunat oleh saya yaaa...hehehehe

351 comments:

  1. dok jadi gimana kalau laki2 yang gak disunat jika berhubungan suami istri,terlebih jika setelah berhubungan tidak mencuci penis nya?kan sisa sperma masih ada di bagian kepala penis??
    trus satu lagi dok apa bleh mencuci kepala penis dengan sabun dettol?kan katanya membunuh kuman?thanks

    ReplyDelete
  2. Memang sebaiknya setelah berhubungan dibasuh... gak perlu sabun, cukup air aja juga boleh...
    Saat mandi lebih baik digunakan sabun yang lembut ya... klo pake sabun kesehatan kadang suka terlalu kering dan bisa memicu gatal...
    Yang penting biasanya kepala penis selalu terbuka ya...

    ReplyDelete
  3. bukan nya menggunakan sabun kesehatan itu lebih membunuh kuman di area kepala penis??
    dok dianjurkan kepala penis selalu terbuka,tapi kalau tidak di sirkumsisi,terbuka nya juga kan bersifat sementara..
    sewaktu kita beraktifitas juga bisa tertutup otomatis??thanks atas infonya

    ReplyDelete
  4. Halo... sabun antiseptik diperlukan kalo emang ada gambaran infeksi... klo buat sehari-hari saya bisanya gak menganjurkan... Klo mau pakailah 1-2x perminggu aja ya... Soalnya bila kering ntar malah gatal

    Kalo gak bisa terbuka permanen, sebaiknya memang sunat sih... Apalagi kalo kamu sering banyak keluhan di area penis ya...
    Kalo gak pernah ada keluhan, anjuran sunat cuma optional aja...

    ReplyDelete
  5. dok kalo pada kepala penis itu ada bercak putihnya apakah normal? mirip panu, tidak gatal,tidak perih atau rasa apapun..apakah ada indikasi pms? saya kurang memperhatikan jadi tidak tahu apakah bercak ini sudah lama atau belum? tapi seiingat saya sudah lama.. terima kasih dok..

    ReplyDelete
  6. Mungkin juga vitiligo... coba kamu check vitiligo of the glans penis.... Bukan PMS..

    ReplyDelete
  7. Dok, Vitiligo ini berbahaya dan menular tidak?
    thx before

    ReplyDelete
  8. Halo.. gak nular...cuma masalah estetik aja...
    Kadang ada pasien vitiligo yang juga menderita penyakit lainnya misalnya diabetes...

    ReplyDelete
  9. Mau nanya dunk dok, kalo udah sunat, tapi sekarang ada nampak seperti bercak hitam gitu... tapi ga sakit dan ga gatal.. itu kenapa ya? bisa diobati?

    ReplyDelete
  10. Bercak hitamnya seperti apa? Menonjol apa gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hanya bercak hitam tetapi tak gatal, tak sakit,dan tak menonjol dan juga tak bergaris

      Delete
    2. mungkin cuma lentiginoses...semacam tahi lalat

      Delete
  11. halo Dok, salam hangat ya mau tanya dongg :) kalo kulit batang penis saya sangat tipis dan mudah perih kenapa ya Dok? jadi setiap saya berhubungan dengan istri mudah perih. saya tidak disunat, tapi kulit sudah dibuka Dok. Thanks so much ya

    ReplyDelete
  12. rasanya untuk lubrikasi sudah cukup deh, karena yang paling tidak enak adalah pada saat ereksi saja sudah bisa perih (spt robek kulitnya), dan pada saat mandi dan dibersihkan dengan sabun bisa perih juga. saya khwatir apa ini infeksi, tapi tidak ada rasa apapun.. saya bingung..

    apa boleh tau dokter praktik dimana?

    thanks..

    ReplyDelete
  13. Coba dech hindari pemakain sabun antiseptik di bagian kelamin...spy gak terlalu kering dan mudah lecet...

    Saya di RS Puri Indah, RS Pondok Indah dan Erha Clinic Kemanggisan

    ReplyDelete
  14. sabun yang saya pakai sabun biasa lho dok, kdg saya pakai sabun batang biasa, kadang pakai imperial leather juga suka perih dan sakit.

    apakah ini bisa diperbaiki dengan sunat ya?

    soalnya kalo diperhatikan pada saat tidak ereksi bagian yang lecet itu tertumpuk dengan lipatan kulit, jadi sptnya lembab

    praktiknya hari apa aja dan jam brp di puri dok?

    ReplyDelete
  15. halo dok,salam.. saya mau tanya, kulit di batang penis bagian atas (dekat pangkal penis&rambut) saya ko kering terus ya dok? klo dipegang kasar,klo sedang dalam keadaan basah kulitnya menjadi licin.. kondisi ini cuma dibagian atas batang penis saja.. kalau dalam keadaan ereksi kadang2 kulitnya suka mengelupas seperti daki berwarna putih lalu menjadi lecet atau luka.. apakah ini jamur atau indikasi PMS dok?? saya tidak merasakan gatal,panas atau yg lain2 dok di penis saya.. terima kasih..

    ReplyDelete
  16. Halo..bisa saja infeksi jamur...tapi biasanya gatal...bisa juga penyakit kulit lain...mesti diliat soalnya..
    coba langsung konsultasi dengan dokter kulit dna kelamin terdekat ya...

    ReplyDelete
  17. dok mau tanya dibatang penis dikulit tu timbul bercak hitam dulu sih cm bercak kecil trus tambah banyak sbagian menyatu jadi agak besar bercaknya..tp ga mnonjol..pnyakit apa ya dok apa pms??tlng dok pencerahannya..aq takut klo pms..mksh

    ReplyDelete
  18. HAlo...coba dech kamu baca tentang penile lentiginoses dulu ya...

    ReplyDelete
  19. dok.. jadi kalu penutup penis dibuak terus gpp ya? g berbahaya ya?

    ReplyDelete
  20. tujuan sirkumsisi memang supaya kepala penis terexpose...lebih kering dan lebih sehat...

    ReplyDelete
  21. dok kl di penis ada selaput tipissss bgt warnanya putih gitu, suka mengelupas sendiri, ga sakit dok itu apa ya donk, kadang muncul kadang ngga

    ReplyDelete
  22. munkin saja balanitis/balanopostitis..sudah disunat belom? klo belom, sunataja..biasanya hilang

    ReplyDelete
  23. udah sunat koq dok, ada efek sampingnya ga ya dok

    ReplyDelete
  24. Coba pastiin diagnosis penyakitnya ke dokter kulit terdekat ya...biar saya biasa jawab pertanyaan kamu..

    ReplyDelete
  25. dok kalau udah sunat n saya pernah terkena go,dan sekarang sudah gak sakit lagi karna saya pernah berobat ke dokter sepesialis klamin,tp kok masih aja ujung penis kalau dibuka basah terus ya???

    ReplyDelete
  26. Coba cek ulang ke dokter kulit dan kelamin ya...biar jelas yg kamu maksud... mungkin saja ada infeksi lain

    ReplyDelete
  27. @Anonymous2 : alow dok, mat tanya donk, klo bercak hitam pada kpala penis itu apa ya? apakah itu penyakit kulit? di bagian perut sblh kiri suka terasa gatal2 ada bercak merah menonjol kecil2 seperti biangkringat kdang berair.. saya obatin dengan purol dan sembuh tp bekasnya jadi flek coklat... tp rasa gatal itu msh suka datang dengan bintik kecil merah seperti sebelumnya.. mohon penjelasannya apakah itu dok

    ReplyDelete
  28. Dok, kegunaan kulup itu sebenarnya apa? Bukankah diluar negeri secara global malah persentase yg disunat jauh lebih sedikit daripada yg disunat? Saya baca malah gland penis bila dibiarkan terexpose malah jadi kasar keratinised dan kering sehingga bila berhubungan seks, lubrikan banyak menggunakan lubrikan dari wanita. Di indonesia sepertinya kok dokter malah rekomendasi sunat terus ya? apa karena faktor edukasi dan lingkungan yg mayoritas muslim mewajibkan sunat? di amerika yg mayoritas sunat, sekarang sudah mulai menurun angka persentase sunatnya, bahkan di San Fransisco ada undang-undang yg melarang sunat lho baru-baru ini. bagaimana tanggapan dokter? sebenernya apabila kulit kulup tidak ada gunanya kenapa diciptakan oleh Yang Diatas? saya pikir semua anggota tubuh itu ada kegunaannya masing-masing. terima kasih dok

    ReplyDelete
  29. Halo Rudi... Sunat emg gak wajib kok buat yg non Muslim...asalkan kepala penis dapat terbuka secara baik dan kulubnya gak balik nutupin lagi....tujuannya Meg supaya terjadi keratinisasi...jadi kulit Dan Lebih kering...sehingga gak lembab dan mikroorganisme gak mudah tumbuh...
    Klo masalah lubrikasi saat kontak seksual sih emg dari pihak wanita....
    Klo masalah undang2 di SF...biasanya berkaitan dgn hak asasi... Jadi gak boleh sunat waktu bayi...individu dewasa lah yg punya hak utk mutusin mau sunat apa gak...
    Hahaha...saya juga jadi mikir fungsi kulub...menurut saya untuk melindungi kepala penis di masa bayi....

    ReplyDelete
  30. dok kalo prosesnya itu sendiri kira kira berapa lama ya biar kepala penisnya tidak ngilu lagi setelah membuka kulit penutupnya??
    lama kah??
    ada 1 bulan dok??

    ReplyDelete
  31. Halo..boleh sebutkan nama kamu dahulu untuk dijawab? thanks ya

    ReplyDelete
  32. dari Herman:
    hai dr Susie.. saya termasuk yg mempercayai bahwa kulup itu ada bukan tanpa sebab yg positif, makanya saya pertahankan dgn konsekwensi harus lebih rajin membersihkannya. sejauh ini tdk ada masalah, hanya saya ingin mengetahui bagaimana caranya supaya warna glans-nya itu lebih cerah, apakah ada cara atau bahan tertentu untuk mengatasi masalah itu? trims ya dok.

    ReplyDelete
  33. Halo Herman...soal warna mestinya sih udah dari sononya... :)
    Yang perlu kamu tahu, kulit di area tertutup merupakan area dengan warna dasar...Area yang terexposed menjadi lebih gelap dariw arna dasar karean pengaruh dari luar terutama sinar matahari..sedangkan kulup sih mestinya khan tak terjemur yaaa.... Kalo mau diberi pencerah juga ...wah kayaknya sulit karean rata-rata krim pencerah punya sifat iritatif...apalagi pada kulti kemaluan yang tipis dan sensitif....

    ReplyDelete
  34. dr hendra:

    Hallo dr. Susie saya mau bertanya ne kalo ada bercak hitam di kepala penis saya..cma ada 2 bercak hitam saja..seperti tahi lalat..tetapi tidak menonjol dan tidak gatal atau pun terasa yang aneh2...bercak hitam itu apa ya dok?mohon penjelasannya dok..trims dok..

    ReplyDelete
  35. Halo Hendra..yang paling sering lentiginoses sih...coba cek penile lentiginoses ya

    ReplyDelete
  36. Dr hendra:
    itu berbahaya ya tidak dok..biasa dokter praktek dimana saja dok..kalo misalkan saya mau berkonsultasi tentang ini dok??

    ReplyDelete
  37. Gak bahaya..tapi tetap observasi sendiri ya...karena yang juga dipikirkan sebagai pembandingnya adalah melanoma ( ini kanker kulit)..baca dulu tentang lentiginoses ya...di rs puri indah, rs pondok indah dan erha kemanggisan

    ReplyDelete
  38. Hallo saya egi dr. Susie saya mau bertanya kalo ada bercak hitam di kepala penis saya..seperti noda hitam saja..tetapi tidak menonjol dan tidak gatal atau pun terasa yang aneh2...bercak hitam itu apa ya dok?mohon penjelasannya dok.. apakah itu termasuk ims? atau hal kulit yang biasa? saya pernah baca penile lentiginoses tp kurang mengerti..

    ReplyDelete
  39. @Egi: mungkin aja penile lentiginoses..gak bahaya..cuma kayak flek biasa... Tapi tetap observasi klo hitam banget dan warnanya ada campuran coklat n hitma..tetap didagnosis banding dengan melanoma of the penis....

    ReplyDelete
  40. Permisi dok, saya fairuz.
    Mau nanya, di daerah ujung penis terdapat bintik2 besar tidak menonjol warna kecoklatan, rasanya sangat gatas sekali kalo habis mandi. Dan disekitar penis juga sangat gatal. Apakah itu termasuk jamur dok, ?
    N obatx apa?
    Trimakasih sebelumx..

    ReplyDelete
  41. Halo Fairuz...klo jamur sih biasanya ada bercak putih ya....dan lebih sering pada yang belum sunat karena lembab...atau ada penyakit yang mendasari misalnya kencing manis...tapi obat jamur biasanya aman kok...coba aja dipakai 1-2 minggu...tapi bila gak ada perbaikan...segera ke dokter terdekat ya...

    ReplyDelete
  42. permisi dok saya mau tanya

    saya sudah sunat, di batang sama kepala penis saya terdapat bercak merah tetapi tidak menonjol dan tidak gatal, tetapi kadang kadang kayak mengelupas

    apakah ada infeksi jamur dok?
    klo iya apa obatnya dok?

    ReplyDelete
  43. Zacka...coba baca tentang balanoposthitis ya....

    ReplyDelete
  44. bisa coba obat jamur..misalnya miconazol, kotrimazol, ketokonazol...langsung tanya ke apotik aja .. ini nama generiknya...minimal pakai 2 minggu ya...

    ReplyDelete
  45. dok.. saya mau tanya, saya belum disunat, ketika saya membersihkan penis saya dengan menarik kulit penutup kepala penis, muncul bercak putih kecil-kecil sekali di bagian kulit penutup kepala penis. sebelumnya hanya muncul di bagian antara kulit penis belakang dengan bagian ujung penis, tetapi kelamaan muncul di bagian kiri dan kanan penis. bercak tersebut tidak terasa sakit dan tidak gatal. apakah ini merupakan salah satu penyakit PMS dok? sebagai info saya belum menikah dan kalau berhubungan seksual selalu menggunakan kondom. thank's.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Steven..biasanya itu smegma...tumpukan kulit mati, basil kelenjar.... Sunat Aja ya...

      Delete
  46. permisi dok, saya ical mau tanya di kepala penis saya sebelah kanan bawah ada noda hitam seperti tahi lalat tidak ada benjolan, tidak gatal, hanya saja ketika saya sentuh dibagian itu terasa sedikit perih sedangkan dibagian kepala penis yang lain tidak [saya sudah disunat]. dari jawaban dokter yang diatas ini termasuk lentiginoses, setelah saya baca itu saya kurang mengerti. yang saya tanyakan apakah hal ini berbahaya? jika berbahaya bagaimana mengobatinya?
    terima kasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak bahaya klo bener lentiginoses.... Observasi Aja..

      Delete
  47. hallo dokter susie..
    saya ihsan, di kepala penis saya terdapat luka seperti luka pada umumnya tetapi kecil tidak terlalu besar. awalnya ada 3 bintik hitam seperti tahi lalat dan tidak menonjol, saya kira lentiginosis namun terasa perih saat di sentuh dan rada kemerah2an,itu 3 hari yang lalu saat ini saya lihat lagi bintik hitamnya itu memanjang menjadi 2, seperti luka.saat saya memakai cd jika tersentuh sedikit bagian itu terasa perih. tetapi tidak ada masalah dengan kencing saya.kenapa ya dok?apakah ini termasuk penyakit kelamin?dan apa obatnya?
    terima kasih dok.

    ReplyDelete
  48. Halo Ihsan...apkah itu keropeng? luka yang mengering? Bila iya..mungkin saja herpes yang membaik... Klo lentiginoses gak ada keluhan nyeri..

    ReplyDelete
  49. dok, mau nanya. jika d gland penis terdapat bercak hitam berukuran <1cm itu tandanya apa yah? gejala klinisnya tidak gatal. sepertinya sebelumnya tidak ada, ttpi beberapa tahun terakhir bercak ini muncul. apakah ada obat yg bisa menghilangkan bercaknya agar kembali seperti semula....

    ReplyDelete
    Replies
    1. dok saya lucky....sudah disunat...knp yah kepala titit saya suka kering dan suka kyk ada putih2 nya yg mengering terima kasih dok

      Delete
    2. Kamu umur berapa ya Lucky? Putih mengering apakah gatal? Bisa eksim juga...klo jamur malah cenderung basah

      Delete
    3. dok saya 19 thn....tidak gatal sih...mengering nya di kepala nya....seperti sperma yg mengering...

      Delete
    4. Bisa saja eksim... coba pake steroid ringan aja dulu..langsung tanya di apotik ya..misalnya yang isinya mometasone furoate

      Delete
  50. halo dokter. blognya infomatif sekali :) aku mau nanya, dulu aku pernah mengalami kutil di batang penis. jumlahnya ada dua. kemudian aku periksa ke dokter kulit & kelamin. oleh dokter, diolesi cairan, yang membuat kutil menghitam, dan dalam waktu beberapa hari terlepas sendiri. bekas kutil itu menimbulkan noda hitam. saat ini, hampir satu tahun kemudian, bekas kutil itu tumbuh lagi. dan di sekitarnya tumbuh satu kutil kecil, yang aku perhatikan ukurannya semakin hari semakin besar. ini gejala apa ya dok? disebabkan oleh apa? apa bisa disembuhkan? ke mana saya harus berobat? terima kasih sebelumnya dok :) aldi.anwar28[at]gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thx aldi...
      Masih mungkin kutilnya kambuh lagi...boleh aja ditotol lagi pake podofilin..atau bisa juga di kauter..
      bisa dilakukan di dokter kulit terdekat ya..

      Delete
  51. halo dok, nm sy tono.....sy mo tny knp penis sy bagian ujungnya (kepala penis) kulitnya mudah ngilu....sehingga wkt berhub intim dg istri sy ga bs tahan lama...cpt keluar...gmn pengobatannya spy penis sy kulitnya ga terlalu sensitif ? sy sdh cb pk kondom tp ga bs, sdh jg cb pk levitra, trs gel baal buat bedah lokal, tp semua nya nihil....gmn pengobatannya dok....terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Tono, apakah udh disunat? bila disunat kulit kepala penis akan mengalami keratinisasi..jadi lebih kering menyerupai kulit...bukan selaput lendir sehingga biasanya sensitifitas berkurang... Klo belum sunat biasanya lebih sensitif kepala penisnya...

      Delete
    2. saya di sunat dok...tp emang sy kulit kepala penis selalu ngilu pd saat berhub, jd beberapa kali penetrasi udh klr...jd gampang ejakulasi....kira kira pengobatannya gmn dan hrs ke dr mn apakah ke urologi atau ke spes kelamin. makasih

      Delete
    3. dok saya sdh di sunat....maaf dok sy bnr bnr prl jwbn nya.....gmn cr pengobatannya ???? Dg cara gmn spy kulit kepala penis sy ga gampang ngilu dan Apakah sy hrs ke dokter spesialis kulit kelamin atw ke urologi atw ke dokter spesialis apa

      Delete
    4. Sorry ya...untuk jawab memang gak bisa langsung..krn gak selalu sempat buka..ke urologi aja..

      Delete
  52. hallo dok, saya agra..saya ingin bertanya, di batang penis saya ada bercak hitam kecil agak menonjol dibanding kulit lainnya, tapi tidak terasa sakit cuma klo lembab kadang terasa agak gatal..itu apa ya dok dan bagaimana pengobatanya ?
    terima kasih atas perhatiannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo agra..udh berapa lama? apakah makin besar? pernah berhubungan seksual?..klo ya..bisa saja kutil kelamin..

      Delete
    2. berapa lamanya saya kurang tau dok, ukurannya tetap , iya dok saya pernah berhubungan itupun sudah lama sekali, kutil kelamin itu obatnya a apa dok ?

      Delete
    3. mesti ke dokter --> diberi podofilin, cryotherapy atau kauterisasi

      Delete
  53. Saya Andrew dok, mau tanya kalo sunat metode apa yang paling oke? dan apa perlu frenulumnya dipotong sekalian? karena katanya di indonesia jarang sekali potong frenulum saat sunat, sedangkann diluar negri bila sunat banyak potong frenulum juga. terus ada juga di luar negri yg garis bekas jahitannya dekat sekali dgn gland penis jadi tidak terlalu kelihatan, kalo di indonesia agak jauh dari gland penis jadi kelihatan bekasnya. saran dokter bgmana? terima kasih dok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Andrew..menurut saya hal tersebut bisa langsung kamu diskusiin ke dokter bedah... menurut saya sih boleh aja dipotong... lebih baik ke dokter bedah urologi ya..

      Delete
  54. hai dok .. Nama saya adri mau nanya2 ni, saya blum disunat .. kulup penis saya stlah dibuka tidak bisa menutup kmbaLi ..
    Apakah itu berbahaya dok?
    Apakah bila dibiarkan terbuka gpp?
    Thanks sblumnya dok ..

    ReplyDelete
  55. Halo Adri... tujuan sunat dalam hal kesehatan ( di luar masalah agama) adalah membuka atau meng-expose kepala penis..supaya lebih kering dan sehat... Klo kamu tarik kemudian tak mau balik lagi...sebenarnya itu yang diharapkan...asal tidak terjadi jepitan di kepala penisnya ya....

    ReplyDelete
  56. Selamat malam dok, nama saya Anton.
    saya mau tanya, jadi kepala penis kalau tidak ditutup akan selalu basah ya?
    saya pernah coba keringkan dengan tissue, dan kulupnya ditutup lg..
    tidak lama kemudian(30-60 menit) bagian kepala penis beserta kulup penutupnya sudah agak basah kembali?
    apakah itu normal dok?

    ReplyDelete
  57. dari joe..tangerang
    dok..kalo kulup penis dari bayi ga bisa dibuka..itu gimana..kt dr anak ga masalah..nanti ketika remaja akan terbuka sendiri apakah benar?
    tks dok

    ReplyDelete
  58. @Anton: kalau tidak dibuka, akan selalu basah...makanya disunat biar kering dan sehat

    @Joe: biasanya saat bayi belum bisa ditarik, pelan-pelan baru bisa..biasakan ditarik sedikit demi sedikit kalo udh besaran...tapi tetap hati-hati ..jangan sampai kejepit

    ReplyDelete
  59. dok nama saya cepi..dari jabar
    dok saya mo tanya kulit kepala penis saya seperti ngelupas klo kering dan ereksi...bagian yang sudah ngelupas itu nanti nya berwarna merah (tidak gatal/ menonjol).sebelum nya saya terkena GO..saya sudah bolak balik ke SPKK.tp skarang kekurangan uang,,untung ada blog anda jadi sangat membantu...dan mo tnya lagi klo cairan bening saat ereksi itu knp yah dok? apa kah saya masih terkena GO?..pertanyaan saya yang terakhir dok..sebelum saya tw terkena GO saya gesek2 kan di kemaluan istri saya,,apakah dya tertular juga atau tidak...mohon info secepatnya,,,dan terima kasih sebelum nya dan sebesar-besarnya karna saya masih khawatir pada saya dan istri saya....mohon bbantuan nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Cepi... sering merah mengelupas mungkin saja jamur... Kalo GO biasanya sih penyembuhan tuntas...gak ngaruh ke kepala penis..
      cairan bening bisa saja...biasanya produksi kelenjar..
      GO pada perempuan gejalanya keputihan...kalo sampai sekarang gak ada keluhan ..ya tenang saja...tapi kalo sampai kamu gak sembuh-sembuh, sebaiknya pengobatan GO dilakukan untuk suami istri agar gak terjadi pingpong

      Delete
    2. klo jamur pke obat apa yah dok? kisaran harga nya berapa? klo GO saya belum tau sembuh nya dok. apa saya sudah di bilang sembuh? klo nanah itu sudah tidak keluar lagi, kulit memerah itu sesudah mengelupas aja dok & kaya retak2 gitu...saya waktu berobat ke spkk cuma di kasih obat saja dok...untuk 2 minggu...tp itu dah 3x berobat.klo keputihan berbau dan ber warna kuning si ga katanya dok..saya juga pernah menahan kencing gara2 kerjaan pagi nya ada nanah di CD, dan saya pijit penis saya keluar sedikit...habis itu sudah ga kluar lagi...saya jadi tkt klo nahan kencing sekarang2 dok...jadi saya masih terkena GO apa saya harus cek lab dulu? sebener nya saya paling anti minum obat dok tp demi kesembuhan kemaren saya paksain...terima kasih...mohon di info lagi yah dok..mohon maaf bila saya panjang bercerita tentang keluhan saya...saya sedang bingung...

      Delete
    3. ow iya dok ketinggalan cairan bening itu ada pengaruh gak yah sama kesuburan reproduksi? cairan bening nya keluar sesudah ereksi kadang saya kencing(sesudah ereksi) terakhir nya suka keluar gitu..apa yang harus saya lakuin yah dok...??klo istri saya di kasih obat saja bisa dok klo ga ada keluhan,,soal nya saya sering baca2 klo sama wanita itu tida kerasa...kerasa nya jangka panjang saja...maaf yah dok jadi bertambah pertanyaan nya...sekali lagi mohon di info yah dok..terima kasih...

      Delete
    4. Untuk tahu masih ada kuman GO atau gak ya mesti cek ke dokternya lagi.... Pertanyaan buat bingung...saran saya mendingan langsung konsultasi ke dokter kulit dan eklamin terdekat ya...biar gak tambah bingung juga.... Yang pasti kalo panyakit menular seksual, sebaiknya pengobatan dilakukan untuk 2 pihak

      Delete
    5. terima kasih atas saran & itikat baik untuk menjawab keluhan saya dok....sukses selalu

      Delete
  60. Siang dok, nama saya indra. Ketika berhubungan intim dengan istri sayamenggunakan pelumas durex play, sebelumnya saya mengoleskan pelumas tersebut sangat banyak supaya istri tidak merasa perih, keesokan harinya bagian belakangbatang penis saya spt iritasi, kering dan mudah mengelupas. Jika berhubungan kulit akan terlihat sangat tipis. Sejak itu saya berusaha tidak berhubungan intim dulu dan kulit nya sudah tidak kering, namun masi agak tipis. Apa ini dikarenakan oleh pelumas tsb dok? Sblm pakai pelumas tdk begitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Indra..mungkin saja kamu alergi sama pelumas tersebut...sehingga muncul keluhan perih, merah, kering, mengelupas..biasanya kalo udh lama gak kena pelumas, kondisi akan pulih kembali....Untuk memastikan apakah benar alergi, kapan2 boleh dicoba lagi klo kondisi udh pulih...klo muncul keluhan sama, kemungkinan besar memang alergi....

      Delete
  61. Dokter Susie yg baik, sy Insan. Maap sy post lg. Sy mo tanya dokter. Dilipatan kulit kulup sy di balik kepala penis, ada warna putih spt tonjolan yg mulai menyebar. kata saudara sy yg calon dokter itu anogenital lichen sclerosus. Itu apa? Sebabnya virus, bakteri, kuman or jamur? Apa itu termsk penyakit kelamin? (krn hub sex?). Bisa sembuh ga Dok? Obatnya apa. Sy bingung n cemas nich. Oh ya sy untight circumsized (jd klo penis lg tidur, kulup msh nutup. Apa penyakit ini pengaruh dari kondisi penis spt ini? Apakah kulit kulup bawah yg mengglawir/frenulum hrs disunat lg?). Sy suka oral dgn pasangan, apakah ini berpenagruh tidak? Terima kasih Dokter atas jawabannya. Sy sungguh cemas, Dok.

    ReplyDelete
  62. Halo Insan...klo nanya emng dijawabnya gak langsung ya..krn gak buka blog tiap hari... Lichen sclerosus bukan penyakit kelamin...penyebab gak jelas..biasa dikasih krim kortikosteroid... Mestinya gak berhubungan dengan oral sex.... Klo cemas mendingan langsung ke dokter kulit dan kelamin terdekat supaya jelas penyakitnya apa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dokter Susie terima kasih atas jawabnnya yg bikin tenang saya. Oh yaa..dokter praktek dmn aja? Jadwalmya hari apa? Salam hormat, Insan.

      Delete
    2. sama-sama pak... di RS Puri Indah, RS Pondok Indah dan erha Clinic
      Kemanggisan

      Delete
  63. Pertanyaan tanpa nama penanya TIDAK AKAN saya post dan tidak akan dijawab...
    Mohon kerjasamanya

    ReplyDelete
  64. Siang dok, nama saya Ari. Sejak beberapa hari terakhir saya punya masalah berupa bercak putih di kulit bagian bawah kepala penis, terasa perih/gatal kalau tersentuh. Itu kenapa ya dok, dan gimana pengobatannya? Terima kasih banyak dok.

    ReplyDelete
  65. Halo Ari... wah bisa macam-macam... coba baca smegma, balanitis... ad ayang mirip gak?

    ReplyDelete
  66. Mao nanya dok,sy herry..
    Di kulit selangkangan sy da bercak pth kyk pulau,gatal n keriput..
    Sebelumny sy prnh kena GO tp dah sembuh cm kadang2 gatal di dlm batang penis kambuh..
    Itu jamur apa kuman dr GO yg blm sembuh ya ?
    N obat tu gatal di selangkangan apa ya ?
    Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Herry..biasanya jamur... coba aja krim yang mengandung miconazol, klotrimazol atau ketokonazole..

      Delete
  67. Hallo dok, saya anton dok.
    mau tanya lg dok.

    lubang kencing saya kok seperti lengket dok bila berusaha untuk dibuka (setelah 1-2 jam selesai kencing)?tp hanya didalam lubang kencing saja..

    pertama saya takut akan penyakit2 sperti GO/NSU namun
    tidak ada keluhan nyeri/gatal/panas ketika kencing dan tidak ada cairan bening/kuning/hijau yang keluar.
    kemudian saya takut terkena batu ginjal.
    tp saya pun tidak merasakan gejala seperti sakit pinggang,air kencing keruh.

    apakah itu wajar? atau ada infeksi lain dok?

    ------------------

    saya jg mau tanya dok,
    skrg saya lg sakit radang, sehingga ingin banyak minum dan tinggal di ruang ber-AC.
    nah saya minum hampir tiap 1 jam 1 gelas.
    dan berakhir dengan kencing setiap 1 jam(jd abs kencing minum lg)
    apa itu wajar dok?
    atau ada hubunganny dengan infeksi?
    thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Anton...mungkin ada peradangan ringan...coba ke urolog ya..
      klo banyak minum...pasti banyak buang air kecil..tapi buat pastinya biasanya perlu cek urin ya

      Delete
    2. untuk peradangan ringan itu kira2 penyebabnya apa ya dok?
      apa mungkin ada hubunganny dengan radang tenggorokan yang sedang saya alami skrg?

      Delete
    3. Makanya harus ke dokter urolog spy jelas penyebab ya.....

      Delete
  68. Dok,nanya nih..
    Kalau org yg pernah kena penyakit kelamin sprti Go/spillis/herpes dll apa mungkin terkena atau berubah menjadi hiv/aids dlm jangka waktu yg lama ?
    Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Penyakitnya sendiri gak pernah berubah sih...cuma org yg kena sifilis Akan Lebih mudah terinfeksi HIV ... Tentu saja bila perilaku seksualnya berisiko....

      Delete
  69. hallo dok..
    saya adi, dok...
    dok kalo prosesnya itu sendiri kira kira berapa lama ya biar kepala penisnya tidak ngilu lagi setelah membuka kulit penutupnya??lama kah??
    kan kl kepala penisnya terbuka lalu kena cd kan ngilu dok..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngilunya paling lama 2 mingguan kok... :)

      Delete
    2. setelah kulit penis terbuka, kenapa waktu kencing air kencingnya bercabang dok?

      Delete
    3. Wah, masa ya? mestinya sih tak berhubungan....

      Delete
  70. saya andi, penile lentiginoses itu apa sih, bahaya ndak? dan obatnya apa?

    ReplyDelete
  71. Halo andy..gak bahaya... gak usah diterapi... klo terganggu, pakai laser..

    ReplyDelete
  72. halo dok,saya reza ada yang mw saya tanyakan ni.di pangkal penis saya terdapat bercak hitam sekitar 2mm ukrnya seperti tompel dan agak timbul.saya memang memiliki tanda lahir tahi lalat di penis,tapi untuk bercak ini saya yakin bukan bawaan lahir saya pun tdak tahu sudah berapa lama bercak ini karna memang baru tadi pagi ketahuaanya.tidak ada efek seperti gatal atau lainnya,kira2 ini apa ya dok?mohon infonya ya.thx

    ReplyDelete
  73. halo dok, nama saya andika, saya mau tanya,akhir-akhir ini penis saya ketika ereksi di malam menjelang pagi suka gatal dan biasanya setelah saya siram air dan kasih bedak, gatalnya berkurang. tapi hal ini tidak berlangsung setiap hari, kadang 2 hari 1x. kepada kepala penis ketika saya gosok, seperti ada daki bewarna putih, tp kondisi penis tidak ada yg aneh hanya brewarna lebih merah sedikit. kira-kira saya terkena apa y dok? saya sudah menikah, apakah penyakit ini bisa menulari istri saya? sebelumnya saya ucapkan terima kasih dok.

    ReplyDelete
  74. @Reza: kemungkinan besar seborrhoeic keratosis sih

    @andika:mungkin balanopostitis ya..infeksi akibat jamur candida..hindari pemberiakn bedak ya...coba aja diberikan cream antijamur yg dijual bebas..klo tidak membaik, segera berobat ya ke dokter terdekat...

    ReplyDelete
  75. dok, saya mau tanya nih. di kepala penis saya ada bercak hitam,kayak kulit mati. dan kemudian terkelupas,tpi msh ada bekas nya dok, minta solusinya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. nama saya kiki dok,

      Delete
    2. Klo beneran cuma bekas kehitaman...Akan hilang sendiri kok... 3-6 bulan..Pelan-pelan...

      Delete
  76. halo dok nama saya anto, mao nanya ni dok kalo penile lentiginoses ada obatnya gk y?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya gak pernah anjurin diapa-apain sih.... Tapi klo merasa perlu ya dilaser....

      Delete
  77. selamat sore dok, saya Adi
    saya ingin bertanya,
    apakah bila kadang2 ujung penis saya mengeluarkan Sedikit cairan?(sedikit skali dok, dan itu pun kadang2 klo sudah mau kencing saja) atau kadang2 terasa spt ada air kencing yang masih ada ditengah2 saluran kencing saya.

    saya takut terkena Infeksi saluran kemih dok, tp saya tidak memiliki keluhan
    - Kencing gatal/sakit
    - keluar nanah


    Terima kasih dok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Adi...supaya aman sih cek urinalisis dulu untuk memeastikan apakah ada infeksi saluran kemih ya....

      Delete
  78. Selamat malam dok, saya Radit...
    Umur 18 tahun dan tidak disunat.
    Meskipun demikian, saya sendiri rajin membersihkan alat kelamin saya, yaitu sejak pertama kali membuka kulit kemaluan saya sejak 3 tahun yang lalu.Pada awal membukanya memang sakit dan ternyata kotor sekali.. (Maaf bila terlalu vulgar), sehingga saya bersihkan. Namun, banyak sekali smegma yang tidak mau lepas/hilang hingga sekarang.. Seperti kotoran putih yang sudah mengeras dan tertanam pada alat kelamin.. Namun tidak gatal.. Kira-kira bagaimana caranya membersihkan ya dokter? Setiap kali membersihkan, selalu saya sabun, namun tidak hilang-hilang.
    Sekali lagi mohon maaf bila pertanyaan saya vulgar, saya hanya takut akan timbul menjadi penyakit (?)

    Trims... Saya tunggu balasannya

    ReplyDelete
  79. Halo Radit...bagi non-Muslim yang tidak wajib sunat, bila kepala penis sudah dapat terbuka dengan baik dan kulup tak lagi kembali menutup, maka sudah cukup ...tak perlu sunat lagi...
    Coba aja kompres dahulu ya dengan air bersih...selama 30 menit...dilakukan 2x/hari...usahakan kasa senantiasa basah selama 30 menit tersebut.. Bila sudha dilakukan 1 minggu tak berubah..cona ke dokter kulit ya.. supaya pasti apakah memang bintik tersbeut smegma

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke dokter, akan saya coba... Nah kira-kira apakah saya boleh meminta email dokter? Sehingga detail bisa saya kirimkan? Terima kasih banyak..

      Delete
  80. Selamat pagi Dok,saya edy
    umur 28 tahun dan tidak di sunat.
    4 hari yang lalu saya perhatikan pada kepala penis saya waktu dibuka kulitnya ada seperti bintik2 merah
    sampai sekarang masih ada bintik tersebut tetapi saya tidak merasakan apa2 (gatal atau semacamnya)
    yang ingin ditanyakan apa jenis penyakit tersebut?
    bagaimana cara penanggulangannya?
    apakah ada salep/krim yang perlu dioleskan?

    Terimakasih atas balasannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Edy...mungkin saja herpes... tapi juga masih mungkin balanopostitis (jamur)...mendingan ke dokter terdekat ya

      Delete
  81. Selamat siang Dok, nama saya Bobbi,umur 26 thn
    Saya menderita phimosis, untuk sunat yang cocok buat dewasa apa ya?
    Trus Biaya kalau di RS.Puri indah berapa ya?

    Thanks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Bobbi..itu kapasitasnya dokter bedah sih menurut saya... langsung aja tanya ke dokter bedah ya.... Salam

      Delete
  82. Malam dok. Saya putu. Mau tanya nih.. di kepala penis saya ad bercak hitamnya. Dan tidak terasa apa2 dan tidak timbul. Menurut dokter itu apa ya? Kayak tompel gitu deh. :)

    Trima kasih sblumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Putu coba kamu baca tentang penile lentiginoses dulu ya... salam

      Delete
  83. Salam kenal Bu Dokter yg Cantik.
    Sy Irwan. Kulitbawah leher penis sy koq mudah sekali lecet ya Dok (sy suka maturbasi, tp pelan2). Klo sdh lecet, sy suka kasih betadin. Kulit bawah penis kadang menutup, mengglambir gitu. Apakah karena lembab jd mudah lecet? Sebaiknya diberi obat apa ya Dokter. Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sdh, sunat waktu umur diatas 30 thn. Tp kyknya sunatnya tidak very tight circumcized. Jd belum sempurna, krn kulit kulup bawahnya msh sering menggelambir. Klo tidak lg ereksi, kulit kulup msh sering menutup. Makanya sering sy bersihkan dg sabun, tp seringkali lecet/luka. Apakah sy perlu sunat lagi?Obatnya apa ya Dok klo luka. terima kasih. Irwan

      Delete
    2. Halo Irwan...bersihinnya jangan pake sabun antiseptik sementara ini supaya gak terlalu kering dan memicu lecet ya... Klo terlalu lembab juga gampang infeksi...
      Wah mestinya klo udh sunat pd kondisi tidak ereksi pun kepala penis tetap terbuka biar sehat...

      Delete
    3. Kenapa ya Dok, koq klo lg tdk ereksi, kulit kulup penis sy sering nutup & spt keriput. Sy kadang malu jg, spt separuh sunat. Apa ini yg membuat lembab bawah kulup penis saya jadi mudah lecet (maaf terutama kalau lg berhubungan yg agak keras n lama). Klo lecet/luka kulit kulupnya dikasih betadin gak apa apa ya Dok. Mohon konsulnya. Irwan

      Delete
    4. Wah aneh ya.... klo sunatnya ok mestinya kepala penis dalam kondisi terbuka..biar sehat... Klo pas ada luka kasih betadine ok aja asal gak terlalu pekat biar gak malah iritasi.. Mungkin perlu rekonstruksi/operasi ulang ya....

      Delete
  84. Selamat Siang Bu Dokter.

    Saya Steven. Di Lipatan selangkangan sy kiri dan kanan dekat zakar saya berwarna hitam. Ini krn dulu (sudah sangat lama)sy terkena penyakit kulit, gatal, kemudian sy garuk jd lecet, sy kasih canesten kemudian membekas jadi hitam. Apakah ini msh bisa hilang. Saya mau berobat ke praktek Dokter utk diperiksa, bisa ya Dokter?? Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Steven...setiap ada maslaah kulit, baik alergi, iritasi, gatal akibat berbagai sebab... memang biasanya dapat menimbulakn bekas kehitaman... apalagi area selangkangan karena gesekan area tersebut terjadi secara terus menerus makanya senantiasa berwarna lebih gelap... Boleh coba pemutih ringan yang dijual bebas.... hanya hati-hati kadnag malah iritasi..Boleh saja datang ke dokter kulit terdekat... salam

      Delete
    2. nama saya wahyu, sudah berkeluarga, kemarin tidak sengaja pagi2 mau mandi saya lihat glans penis saya ada bercak kemerahan tertutup kayak sisik, diameter 0,5 cm an, tidak ada peninggian, rata, tidak ada gatal, dan tidak ada keluhan sama sekali. sebelumnya seingat saya beberapa hari sebelumnya waktu saya gosok gigi pake pepsodent herbal , pasta gigi itu jatuh dan nempel di glans penis. waktu itu terasa cool seperti itu. apakah ini jamur? aatau bisa karena pasta gigi atau infeksi yg lain ya dok? trimakasih.. pengobatan apa yg sebaiknya saya lakukan.

      Delete
    3. Masih mungkin iritasi... coba bersihkan dahulu dengan sabun yang lembut

      Delete
  85. Hallo dok..
    saya Surya. Mau tanya dok,sya tidak sunat tapi kulit Mr.P sya baru" ini sudah bisa terbuka,tpi kalo dalam keadaan tegang bagian bawah ada terasa sakit jadi saya tutup lagi kulitnya,itu ada yang terjepit atau bgaimana ya dok? terus bgaimana cara mengatasinya ?
    Terima kasih dok .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Surya mungkin ada penile web... coba ke Urolog ya...

      Delete
  86. halo dokter,nama saya eju .saya tidak sunat. saya mau tanya,di kepala penis saya,tepat nya di leher kepala penis terdapat bintil2 putih,seperti papila pada lidah, apakah itu?bagaimana cara menghilangkan nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Eju...itu biasanya pearly penile papule... normal.. gak perlu ditreatment ya

      Delete
  87. sore dok. saya mau tanya setelah saya sadari kepala penis saya kalo dibuka.dan kena gesekan saat berhubungan rada ngilu yah. sampai ke kaki. saya blum disunat. kalo untuk sunat di puri indah bs lngsung beraktifitas gak,setelah di sunat? terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Anton, biasanya sunat sih pulang hari ya.... Aktifitas normal mestinya dalam 3 hari sudah bisa... hehehe, langsung hubungi dokter bedah yaaa...

      Delete
  88. Hallo dok.. Nama saya Randy. Mau tanya dok, saya tidak sunat tapi kulit penis saya ini sudah bisa terbuka, tapi kalo dalam keadaan tegang bagian bawah ada terasa sakit, itu ada yang terjepit atau bgaimana ya dok? terus bgaimana cara mengatasinya ?
    Terima kasih dok.....!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba cek ke urolog apakah ada penile web...kadang perlu direlease bagian yang melekat tersebut...

      Delete
  89. halo dok, saya fadli. 25 tahun. sebenarnya hal ini sudah lama saya alami. saya baru tahu sekarang kalau kelainan yang dulu ada pada penis saya namanya phimosis. nah setelah disunat sampe sekarang ada bercak bercak warna kulit yg tidak merata. setelah saya baca tentang vitiligo dan penile lentigenesis sepertinnya secara visual lebih mirip dengan penile lentigenesis. dan sering ada kulit yg mengelupas seprti kulit ari gitu dok. dan lagi bentuk penis saya kok berbeda ya hasil sunatnya dengan lelaki kebanyakan, kepala penis saya tidak terbuka semua karena sulkus koronariusnya tidak kelihatan. hal ini membuat saya tidak PD dengan pacar saya dan hanya bisa bermesraan dalam kondisi gelap..tolong saya dok..
    pertanyaan saya :
    1 apa cara pengobatan penile lentigenesis?
    2 apa bisa saya di sunat lg sehingga kepala penis saya terbuka seluruhnya?
    3 kulit yg mengelupas seperti kulit ari di kepala penis itu sakit apa dok, apa obatnya ya dok?

    terimakasih banyak ya dok..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo benar penile lentiginoses bisa dilaser sih... (kalau mengganggu ya... krn gak wajib sebenarnya)... kulit mengelupas bisa saja balanoposthitis... Untuk sunat ulang coba langsung ke urolog atau bedah umum ya

      Delete
  90. Selamat malam dok. Saya bingung dengan kulit kepala penis saya yg kelihatan kering dan terkelupas kecil-kecil, tetapi tdk menimbulkan gangguan apapun seperti gatal ataupun sakit. Apakah ini adalah penyakit berbahaya?? Apa penyebab serta cara merawatnya dok?? Trima kasih dok :)

    ReplyDelete
  91. Selamat malam dok. Saya bingung dan cemas dengan kepala penis saya yg terlihat kering dan terkelupas kecil-kecil, tetapi tdk menyebabkan gangguan seperti gatal ataupun perih. Hal ini mulai terjadi sekitar seminggu lalu. Apakah ini gejalah dari penyakit dok?? Dan apa penyebab serta cara merawatnya? Trima kasih dok :) GBU

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Try... bisa saja akibat terlalu kering... Kamu ganti sabun?

      Delete
    2. Dari dulu cuma pake sabun biasa aja dok. Sabun Lux... Thx udh di respon :)

      Delete
    3. Klo begitu penyebab bisa macam-macam... eksim juga bisa...

      Delete
    4. Kayaknya bukan deh dok. Soalnya eksim tuh terlalu parah... Beda sma yg ini...

      Delete
    5. coba berobat ke dokter terdekat aja Try... soalnya memang kadang gak bisa dijelasin cuma dengan kata-kata gambarna penyakitnya

      Delete
  92. dok, saya johny.. sy belum sunat, saya penasaran nih dok..
    kalo uda sunat kan kebuka tuh kulupnya jadi keliatan kepala penis..
    kalo yg belum kan masi ketutup,
    jadi kalo mau hubungan sex gitu dibuka dulu ga kulupnya ampe keliatan kepala penisnya full ?

    tapi rasanya ngilu banget dok

    ReplyDelete
  93. ferry

    dok saya 27thn belum sunat dan mterkena phimosis.
    metode khitan yg paling bagus apa ya utk kondisi ini?
    penyembuhannya lama tidak ya? soalnya terbentur waktu kerja

    terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Ferry... rasanya pertanyaan kamu harusnya ditujukan ke dokter bedah.. karena lebih berkompeten menjawab pertanyaan kamu yaaa... :) Penyembuhan sekarang cepat kok... 3-5 hari mestinya

      Delete
    2. ok, wah blog ini informatif banget menambah wawasan. trims dok...

      Delete
    3. dok mau nanya nih. sepintas milia.cysts sama fordyce.spots apa bedanya ya? apakah itu kelainan dan dapat disembuhkan? trims hehehe...

      Delete
    4. Milia isinya keratin.... Fordyce spot isinya kelnjar minyak

      Delete
  94. Halo dok, nama saya Ricky. Saya mau tanya. Akhir - akhir ini saya tidur mulai tidak pakai celana dalam karena menurut saya mungkin lebih memberi ruang dan napas buat Mr.P. Karena memang kalau pakai CD dari seharian sampai tidur juga rasanya tidak ada kelegaan buat Mr.P semenit pun :)
    Apakah tindakan ini benar? nah, kalau kita tidak pakai CD sama sekali walaupun beraktifitas pagi apakah normal? apakah ada efek misal penurunan/pembesaran struktur/bentuk alat kelamin kita?

    kemudian ada lagi pertanyaan saya dok, saya punya kebiasaan menarik ujung penis dengan maksud merenggangkannya dan memanjangkannya sedikit dari ukuran normal. Apakah hal ini baik?
    Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo ricky... saya menyetujuai tindakan kamu saat tidur malam... biar gak lembab juga, mengurangi tekanan yang tak perlu...
      Klo efeknya dari beraktifitas tanpa CD? wah saya gak bisa jawab apakah pengaruh gravitasi akan mengaggu atau tidak.... cuma menurut saya harusnya sih tetap pakai CD ya.. :)
      Selama menarik dan meregangkan tidak berlebihan, harusnya gak problem

      Delete
  95. selamat malem dok, nama saya rendi

    saya ingin bertanya dok.. pada kepala penis saya (belum disunat) ketika ereksi dan tergesek suka menimbulkan bercak-bercak putih seperti jamur/kulit mati.. padahal saya selalu rajin membersihkan penis saya pada saat mandi menggunakan sabun.. kira-kira apakah itu Jamur / luka pada glans penis yah dok?

    saya pernah mendengar dengan istilah "suasana kulit" dimana kepala penis perlu waktu untuk mengembalikan kondisi kulit yang mungkin pernah lecet akibat "bermasturbasi" yang tidak sehat, bagaimana pendapat dokter?

    apakah sunat bisa mengatasi masalah seperti ini?

    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Rendi... bercak putih itu mestinya tumpukan kulit mati yang bercampur dengan hasil kelenjar minyak di daerah kepala penis ya... emmang harus dibersihkan setiap hari... klo bisa terbuka trus lebih baik... cari sabun yg lembut ya...

      Delete
    2. dok, terima kasih atas respon nya.. tetapi saya selalu bingung ketika baca cari
      "sabun yang lembut" itu kira2 seperti apa yah dok?

      atau kalau boleh dokter sebut 1 merk dengan disensor namanya dok? atau ada kandungan-kandungan tertentu yang harus dihindari?

      Thank you

      Delete
    3. Sabun bayi atau yg banyak pelembab ya....

      Delete
  96. Selamat Pagi Dokter Susie, nama saya Dicky umur 40 thn sudah nikah, saya mau konsultasi dok mengenai ujung kepala penis saya merah tepat sekitar/sekeliling lubang keluarnya air seni, saya sudah mengalami ini sekitar 3 bulanan lah, sudah konsul juga ke 3 dokter SpKK + 2 dokter umum dan dapat kesimpulan sepertinya alergi,sudah coba segala macam obat malah dr dokter umum diberi antibiotik segala, saya pertama bingung juga alergi apa awal saya kira dr makanan kemudian saya menemukan kemungkinan dr sabun detergen karena sprei, baju bahkan cd yg saya pakai setelah saya rendam air keluar busa banyak. Sekarang saya bahkan sehari2 cuma pake sarung kalo di rumah dan kalo pergi pake boxer sebagai cd nya, saya bilas hanya dengan air setiap harinya, sekali2 pake produk sebamed ato lactacid tapi malah jadi merah lagi, dan hasilnya pasang surut dokter, kalo lg kambuh warnanya memerah dan agak sakit2 kalo terbentur, tapi sakit hanya di ujung penis saja. sebentar sembuh warna menjadi pink atau merah muda, dan kambuh lagi. Saya sudah capek dan stress dok, bingung karena kok lama sembuhnya. Gejala lain tidak ada Dok buang air kecil normal, batang penis di tekan2 jg ga berasa sakit. Sebenarnya saya ini sakit apa dok? Terima kasih sebelumnya GBU.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo pak Dicky.... pernah coba cek urinalisis? hasilnya apa ya?
      Selain merah, apakah pernah keluar cairan yg tidak normal dari area merah tersebut?

      Delete
    2. Terima kasih untuk respon nya Dokter Susie, saya belum coba ke urinalisis nanti saya coba cari di daerah saya apa mungkin di rumah sakit ada ya? Tidak pernah keluar cairan yg tidak normal selama 3 bulan ini dokter, bercak di cd pun tidak ada. Dokter jika saya ingin konsultasi langsung kepada dokter ke mana saya harus daftar? Saya dari Bandung, kalau bisa ada nomer telp untuk saya bikin janji, terima kasih.

      Delete
    3. Oooo jadi benar2 cuma sekedar merah saja? Pernah cek herpes pak?

      Delete
    4. Sudah cek barusan tgl 7 kemarin untuk Herpes hasilnya: anti HSV2 lgG - non reaktif; anti HSV2 lgM -non reaktif; anti HSV1 lgG-non reaktif; anti HSV1 lgM-non reaktif. Dok apa mungkin bisa hasil Lab false atau tidak akurat? Kalau Herpes bukannya semakin parah dok kalau tidak di obati selama 3 bulan ini?

      Delete
    5. Infeksi virus dipengaruhi days tahan tubuh.... Klo sehat, Akan membaik dgn sendiri ya... Coba cek urinalisis dulu ya pak....

      Delete
    6. Tapi Dok meski membaik apa itu tidak dapat terdeteksi lewat tes darah di Lab? Saya sudah cek Urinalisa dari hasil makroskopis urine hasilnya semua masih dalam nilai rujukan, dari sedimen mikroskopis juga hasilnya semua negatif, saya kurang ngerti juga karena belum di baca oleh dokter. Yang saya bingung sekarang kok ini merah terus sedangkan menurut versi dokter kalo herpes itu serangannya 5-7 hari kemudian hilang dan nantinya bisa kambuh lagi. sedangkan saya selama 3.5 bulan ini terus merah di sekitar lubang kemih, yg naik turun itu rasa sakit bila tersentuhnya itu. Saya bingung sekali dok saya sudah banyak konsul ke dokter2 di sini tapi kok hasil diagnosanya kok beda2 jadi bingung juga mau percaya yang mana dok, yg ada saya di suruh makan obat macam2 saya ga berani makan dulu sebelum pasti saya sakit apa, oo iya dok saya memang punya turunan alergi dok makanya takut sekali makan sembarang obat, karena waktu kecil kalo makan decolgen saja kulit saya langsung merah2 dok. Terima kasih sebelumnya untuk jawaban dan tanggapan dari Dr. Susie.

      Delete
    7. Iya... ,mestinya lab tetap positif walau pun kulit sudah membaik... Wah saya juga bingung... Lah dokter lain yg liat langsung juga bingung ya... Apalagi saya yg cuma denger cerita....pernah berobat ke urolog pak?

      Delete
    8. Ke Urolog saya belum Dok, tapi cek urine sudah kok dan hasilnya baik tidak ditemukan sesuatu yg aneh, Saya mengerti kok Dok, ini juga terima kasih diberi masukan. Pemeriksaan terakhir dr 2 dokter Spkk senior mereka bilang saya terkena iritasi berat akibat dari pemakaian salep2 dan sabun di awal sakit saya dan penyembuhannya butuh waktu cukup lama untuk menghilangkan dan menetralkan efek dr obat2 itu, mereka juga bilang kulit mukosa lebih tipis dan rentan terhadap bahan2 kimia. Sekarang saya hanya bisa menunggu saja dan menurut saran saya harus menghindari terkena bahan kimia seperti sabun dll. Bagaimana menurut Dokter Susie tentang kondisi terakhir saya? Apakah ada saran2 buat saya?

      Delete
    9. Bingung juga ya... yg pasti hindari lembab...

      Delete
  97. hai dok..nama saya hendry umur 21 th, dlm tradisi budaya keluarga saya tdk mengenal sunat, saya mengalami keluhan ketika saya mencoba mengelupas kulup penis saya saat lemas tp slalu kembali menutup..ketika kepala penis terbuka, warnanya merah bgt dan kalo tersentuh sedikit aja ngilu..gimana ya dok, saya pgn sunat sendiri tp takut ketauan kluarga..saya takut kalo pada saat menikah nanti,lebih banyak penyakit yg menumpuk? ada solusi lain slain sunat dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Hendry... klo sunat gak wajib buat kamu... ya gak usah... coba aja untuk buka perlahan... trus jgn tutup lagi.. Emang ngilu kok... 2 mingguan...

      Delete
  98. Dok, saya rudy, umur saya 16 tidak disunat
    Didaerah sekitar glans saya ada bercak2 putih dan kalo di pegang kasar, itu apa ya dok?
    Saya juga sring membuka kulup penis saya kemudian mecucinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya smegma... Kumpulan kulit mati Dan hasil kelenjar....

      Delete
    2. Cara hilanginnya gmn ya dok?

      Delete
    3. Bersihkan rutin saat mandi Aja.... Pake sabun yg lembut ya.. Klo gak membaik, sunat Aja Biar bersih...

      Delete
  99. dok, saya hendra, umur saya 27thn. di sekitaran kepala penis saya ada bercak putih gitu. seperti smegma. agak basah, karena saya belum sunat.. terasa ngilu/perih kalau kena air dan kepala penis jadi merah... udah berlangsung kira2 1 minggu. setiap mandi slalu saya cuci dan selalu sakit. tp kira2 setengah hari akan timbul kembali. itu kenapa yah dok ? apa solusinya ? kalau memang di perlukan, saya mau ketemu dok di rs puri. tlg respon trims.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo gak bisa diusahain terbuka secara manual... cara yg terbaik tetap sunat sih.. :) supaya gak lembab terus

      Delete
    2. sunat emang mau dok, tapi yg jadi pertanyaan apa perlu di cek dulu apa ada masalah dengan keluhan ini sebelum di sunat?
      trims dok atas replynya

      Delete
    3. Mungkin saja infeksi Jamur, tapi biasanya Ada keluhan gatal... Perih bisa saja herpes... Tapi klo pengen sunat, dokter bedah yg Akan evaluasi awal apakah Ada kelainan.... Atau ke dokter kulit n kelamin terlebih dahulu....

      Delete
  100. Dok, saya saud...
    saya berusia 28 tahun dan masih memiliki kulit (ujung) di kemaluan saya.
    saya takut menghilangkannya sendiri, takut terjadi apa-apa.
    pertanyaan saya apakah saya masih bisa melakukan sunat dan apakah ada metode sunat oleh dokter yang bisa langsung sembuh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Saud maksud kamu takut menariknya? Sunat dewasa bisa dilakukan... penyembuhan tetap perlu waktu 3-5 hari... coba langsung tanya ke dokter urologi atau bedah umum aja ya

      Delete
    2. Iya dok, saya menariknya karena tidak tau caranya.
      Jadi tidak ada penyembuhan yang instant ya dok...?
      Terimakasih atas infonya dok...

      Delete
    3. Biasanya sih ditarik kulubnya dengan hati-hati... jangan dipaasa bila nyeri, lakukan perlahan... klo udh terbuka biasanya ngilu 1-2 minggu... Gak ada yg instant.. Klo takut ya ke dokter bedah aja ya

      Delete
  101. Malam dok.

    saya jack. cuma ingin meminta pendapat dokter..

    Di bawah ini merupakan jawaban anda atas pertanyaan pengunjung blog anda. saya copy-paste.

    dr. Susie Rendra, SpKKOctober 31, 2011 8:44 AM
    Halo Rudi... Sunat emg gak wajib kok buat yg non Muslim...asalkan kepala penis dapat terbuka secara baik dan kulubnya gak balik nutupin lagi....tujuannya Meg supaya terjadi keratinisasi...jadi kulit Dan Lebih kering...sehingga gak lembab dan mikroorganisme gak mudah tumbuh...
    Klo masalah lubrikasi saat kontak seksual sih emg dari pihak wanita....
    Klo masalah undang2 di SF...biasanya berkaitan dgn hak asasi... Jadi gak boleh sunat waktu bayi...individu dewasa lah yg punya hak utk mutusin mau sunat apa gak...
    Hahaha...saya juga jadi mikir fungsi kulub...menurut saya untuk melindungi kepala penis di masa bayi....


    Kyknya banyak yang di sunat stlh baca blog ini..hehe.. Oke, sy dapat mengerti kalau anda mengatakan bahwa sunat menjadi lebih mudah dibersihkan. Anda juga berusaha objektif dlm menjawab. Namun, jawaban di atas menunjukkan bahwa sbnrnya anda cukup subjektif, bukan? (meskipun seringkali anda menulis tindakan sunat sebagai optional).

    Apakah fisiologi manusia tidak berevolusi? Apabila berevolusi, mengapa sbnrnya kulit kulup masih ada?? Apakah untuk melindungi kepala penis di masa bayi.... saja???? krn saya berpendapat kita harus terlebih dulu tau apa sebenarnya fungsi dari kulup. (barang yang sudah dibeli tidak dapat ditukar/dikembalikan). Tapi sy pernah baca ada tindakan restrukturisasi kulup, perlu waktu > 1 thn. Mohon pendapatnya dok.

    Sekian dok.
    Thanks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo anda membaca lagi dengan teliti, saya menulis bahwa kepala penis sebaiknya dibuka, baik dengan cara MANUAL, atau cara bedah (kalo cara manual gak berhasil)... Jadi tolong dibaca lagi dengan benar sebelum anda melakukan penilaian. Perlu anda ingat, saya tidak melakukan tindakan sunat, karena saya sendiri menilai saya tidak berkapasitas melakukannya.

      Anda tau amandel? Amandel sebenarnya diciptakan untuk memberikan manusia daya tahan/perlindungan.... Tapi ternyata pada beberapa orang malah menjadi sumber penyakit, makanya harus diangkat...

      Ini analog dengan masalah kulub... Saya menulis apa yang menjadi pemikiran saya, bahwa mungkin berfungsi melindungi kepala penis saat bayi/kecil... Tapi klo saat besar kemudian menjadi masalah, muncul infeksi berulang, mengapa mesti dipertahankan.... Klo gak masalah, silakan saja dipertahankan... itu hak yang punya...

      Delete
  102. sore dok saya ali
    dok pada ujung penis saya ada bercak luka
    yang awalnya bentol di tubuh kemudian bentol pada penis dan penis saya akhirnya menjadi luka dok
    kemudian di penis keluar cairan bening kekuningan
    kalau tersentuh perih dok

    apa itu dok
    saya harus bagaimana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ali sebaiknya langsung konsultasi dgn dokter kulit Dan kelamin terdekat di Kota kamu ya.... Spy pasti Dan gak nebak2....

      Delete
  103. Mlam DOk ..
    Saya putra ..
    saya mau nnya dok,saya berusia 21 tahun,tpi aaya tidak disunat ..jika saya membuka kulup penis saya,terasa sangat ngilu dok,apa lagi jika tersentung dengan celana dok ..bagaimana cara menghilangkan ngilu tersebut dok ?
    apakah tidak papa jika penisnya dipaksa dibuka semua dok ?,apa harus sedikit demi sedikt ?
    dan berapa lama menghilangkan rasa sakit itu dok ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Putra... Biasanya dibuka bertahap klo gak pernah bisa terbuka semua.... Ngilunya bisa 1-2 minggu ya....

      Delete
  104. dok , saya terkena skabies . gatal pada penis, paha, perut, ketiak, dll
    ketika gatal sekali di penis , saya liat dibagian bawah kepala penis ada semacam gundukan dan ketika saya pencet keluar putih2 seperti memencet jerawat , setelah itu gatal di penis menjadi hilang , tetapi di bagian lain(perut,paha,dll) tetap gatal
    Apakah putih2 tadi kutu skabies atau jamur ya?
    beberapa minggu lagi putih2nya ada lagi tapi dok . .

    ReplyDelete

Sebutkan nama terlebih dahulu, bila ingin mendapatkan respons...thank you.. Tanpa nama akan langsung saya hapus ya......

Note: Only a member of this blog may post a comment.