Halo semua rekan yang tertarik dengan kesehatan kulit, semoga artikelnya berguna... Ditunggu selalu komentar dan inputnya... Khusus untuk intermezzo, adalah pengalaman unik selama praktek yang menurut saya cukup menarik untuk dishare... Happy reading...

Saturday, March 19, 2011

Tahi lalat... bikin pusinggggg..!!

Siapa sih yang gak kenal titik hitam ini??
Rasanya gak ada orang yang gak punya tahi lalat ya..... bedanya ada yang banyak... ada yang cuma dikit...

Bahasa medisnya adalah nevus... bahasa Inggrisnya mole....
Hehehe.. orang Indonesia memberi nama yang antik... tahi lalat... Gak tahu siapa yang pertama kali punya ide ngasih nama itu... Saya nge-browse juga gak ada sumber yang dipercaya... Padahal gak ada yang tahu kotoran lalat seperti apa lhooooo... Hehehe, emang orang Indonesia kreatif kalo ngasih nama... Ada juga yang nyebutnya andeng-andeng.. kalo ini mungkin bahasa Jawa ya....

Nah kembali ke masalah medis tahi lalat ini ya...

Banyak lho yang datang untuk berkonsultasi mengenai masalah yang satu ini...
Sebagian datang untuk "menyingkirkannya"... karena mungkin mengganggu pemandangan.. :)
... sebagian karena percaya mitos tertentu tentang keberadaan si titik hitam manis ini... Sebagian lagi ingin memastikan apakah tahi lalat yang dimiliki termasuk jenis yang berbahaya atau tidak.....

Tentu saja untuk menghadapi penyakit dan kelainan apapun, bertindak hati-hati adalah hal yang paling bijaksana... Beberapa jenis tahi lalat tertentu memang merupakan cikal bakal tumor ganas... bahkan sudah ada yang merupakan tumor ganas itu sendiri... Untuk yang tipe ini sebaiknya tahi lalat diangkat dan diperiksa potongannya secara mendalam untuk menyingkirkan kemungkinan ganas...
Segeralah berkonsultasi bila andeng-andeng yang anda miliki Asimetris, Border irregular (batas tak teratur), Color yang tak homogen, Diameter lebih dari 6 mm. Selain itu juga bila terasa gatal, nyeri, mudah berdarah, letaknya di kulit kepala, selaput lendir dan alat kelamin, serta membesar dengan cepat...

Untungnya sebagian besar tahi lalat biasanya jinak.... gak punya potensi ganas...terutama bagi kita bangsa Indonesia yang termasuk kulit berwarna...
Nah untuk yang tipe ini biasanya tahi lalat gak wajib dibuang... tergantung kebutuhan aja...

Banyak pengalaman lucu kalo berkaitan dengan mitos tahi lalat...
Beberapa mitos yang terkenal adalah:
  • tahi lalat di dekat mata... si empunya akan sering dirundung kesedihan
  • tahi lalat di punggung... beban hidup akan menjadi berat..
  • tahi lalat di kelamin... punya libido yang tinggi .. :)
  • tahi lalat di bibir... orangnya banyak ngomong, alias cerewet (hehehe... saya cerewet banget tapi kok gak ada tahi lalatnya ya di bibir...)
Malah ada yang mengartikan berbeda untuk lokasi serupa di kiri dan kanan... walahhh pusiiing banget nih ngapalinnya ya... Hehehe

Paling aneh adalah kejadian kira-kira 2 tahun lalu...
Ada pasien datang sekeluarga dengan tujuan membuang tahi lalat. Yang mau berobat adalah bapak kepala keluarga yang ternyata punya banyak banget tahi lalat di badannya...
Mereka membawa semacam chart gambar orang dengan berbagai titik yang menyatakan letak tahi lalat... Di gambar tersebut.. ada keterangan lengkap... tahi lalat yang mana yang bagus... yang mana yang jelek n harus dimusnahkan....
Bapak tersebut buka baju atasnya... terus berkata, " dok, tolong bantu liat dan ukur tahi lalat mana aja yang harus dibuang sesuai dengan gambar ini...."

Waddduuuuuhhh.... puuusssiiingggg....!!
Untung akhirnya gak jadi... karena ada satu tahi lalat yang letaknya berdekatan yang membuat mereka ribut yang mana yang harus dibuang.... wadaoooo
Bisa-bisa dituntut saya kalo salah buang.... hehehehe

68 comments:

  1. Pagi dokter...

    sebelumnya saya sudah tanya mengenai laser v-beam
    sekarang mau tanya soal tahi lalat nih dok :D soalnya di muka lumayan byk, ada di pipi kanan kiri,dahi, dagu, bahkan jg ada di leher hehee tp gak gede-gede si..tp tetep aja menganggu pemandangan wajah ni hehe..
    kalo mau ilangin gimana ya dok?nanti nimbulin bekas gak?dan di erha biayanya kira2 berapa?

    saya tunggu replynya yah dok...terima kasih :)

    ReplyDelete
  2. Halo Ezra... buang tahi lalt bisa dnegan laser CO2, electrokauter Ellman, atau eksisi (potong dengan pisau bedah)... Sembuh dalam waktu 1 mingguan...
    tapi kalo laser atau Ellman tetap ada risiko muncul lagi.... Supaya gak muncul, laser harus dikerjakan lebih dalam... asalkan pasien gak punya bakat keloid ya....
    Biaya di erha bervariasi tergantung jumlah dan besar tahi lalatnya ya... juga tergantung dokternya ..:)

    ReplyDelete
  3. oh gitu..saya gak ada keloid dokter brarti bisa ya dok?..nah klo pake cara eksisi bisa muncul lagi gak dok?apa di erha ada jg?
    oh jd tergantung jmlh dan besar dan dokternya..kirain sdh dipatokin hargany gitu dok, ok nanti saya tanya erha langsung aja.

    ReplyDelete
  4. Kalo kecil-kecil mending laser atau Ellman aja...
    Eksisi bisa di erha kok... mau ke RS Puri juga boleh.. :)

    ReplyDelete
  5. oh mending laser ya?ok dok, trims infonya..
    nanti saya hub jg Rs.Puri tanya mengenai ini, thx dokter Susi :)

    ReplyDelete
  6. Pagi, Dok. Saya baru lihat blognya, ternyata isinya bagus dan bermanfaat :)
    Kalo boleh saya mau nanya nih, Dok.
    Akhir tahun ini rencananya saya mau
    ilangin tahi lalat dengan laser. Kan diatas Dokter bilang bisa ilang dalam waktu sekitar 1 minggu. Nah dalam waktu 1 minggu itu butuh perawatan ga ya? misalnya harus beli obat tertentu atau apa. Trus biasanya setelah dilaser gitu mungkin muncul efek samping apa ga ya, Dok?
    saya tunggu replynya..terima kasih =D

    ReplyDelete
  7. Halo Lidya...setelah laser tahi lalat langsung hilang, yang 1 minggu proses penyembuhan lukanya...kira-kira perlu waktu segitu...
    Biasa cuma diberikan krim antibiotik saja

    ReplyDelete
  8. Dok, saya mau tanya tiba tiba 1 bulan yang lalu di kepala penis saya muncul bintik hitam meyerupai tahi lalat tapi tidak terasa gatal/perih dan jika saya perhatikan sedikit tumbuh membesar, sekarang kurang lebih diameter sekitar 3mm, itu termasuk jenis yg berbahaya tidak ya dok? apakah termasuk penyakit kelamin? Terima kasih dok atas bantuannya.

    ReplyDelete
  9. @Mungkin lentigo, mungkin keratosis seboroik, kutil..dll... :) Klo kuatir coba konsultasikan ke dokter terdekat ya

    ReplyDelete
  10. Halo dok.... Saya Edy. Dok ada gak Cream atau obat oles untuk menghilangkan tahi lalat? Tahi lalat saya di sekujur badan ini mendekati 100 pcs kali dan ini sangat menggangu saya. thanks dok....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah di kedokteran sih gak ada...tapi beberapa apsien saya bilang berobat di shinse dikasih obat trus copot.....

      Delete
  11. hallo dok....saya sita.dok saya sudah baca penjelasan dokter diatas..nah yang saya ingin bertanya saya punya tahi lalat dipipi tapi agak besar dan tumbuh nah saya berniat untuk menghilangkannya dengan cara laser,,yang saya mau tanyakan..klo dilaser itu bisa tumbuh lagi tau benar-benar hilang yah dok?ada efek sampingnya ga?lalu berbekas ga ya dok? di erha bgus ga ya dok?
    butuh saran
    saya tunggu reply dok..makasieh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo... dengan laser risiko tumbuh lagi tetap ada... risiko bekas juga ada... klo laser pakai CO2... Konsultasikan langsung dengan dokter yg kamu tuju biar pasti ya mau pakai metode mana...

      Delete
  12. Salam kenal dok...
    aq mau ngilangin tahi lalat diwajah.. ada 2, dibawah hidung dan di dagu..
    yang didagu pernah gatal dan kadang luka jd berdarah.. berbahaya ga ya dok ??
    dan kalau biayanya kira2 berapa ya dok.. biar bisa siapin budgetny :)
    makasih ya dok..

    Dwie, bekasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Dwie... Coba cek dulu Aja ya.... Klo keliatannya berpotensi ganas...angkat Aja... Supaya pasti kadang perlu pemeriksaan dermoskopi... Biasa saya kirim ke dharmais.... Biaya tergantung cara pengerjaan apakah dgn operasi atau laser.... Klo potential ganas. Pilihannya operasi ya...

      Delete
  13. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  14. halo, dok. saya elizza, saya punya masalah dngn tahi lalat di wajah saya tepat di dahi tengah. saya ingin ngilanginx dngn cara tradisonal yg pake' kapur sirih dan sabun colek itu, saya mau tnx apkh cara itu aman? apkh tahi lalat saya bner2 hilang?apa ada efk sampingx, dok? saya tunggu saran dan rply dari dokter trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh Yuri saya gak pernah tau tentang terapi tradisional begitu...coba kamu tanya sama orang yg kasih saran kamu ya....

      Delete
  15. Halo dokter saya mau nanya saya mempunya tahi lalat kecil2 (6 biji) dan tidak timbul di daerah wajah. Cara apakah yg terbaik untuk menghilangkannya tanpa bekas?apa laser co2 sekali treatment cukup? dan apa biaya yg dikenakan untuk seluruh wajah ato per titik? berapa biayanya? terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Laser utk tahi lalat tetap bisa kambuh ya..... Biasa dihitung kira2 pergerjaan berapa lama....

      Delete
  16. Dok, sy ryan 21 thn blm disunat.
    Sy mau tanya nih, di belakang kepala penis sy trlihat sprti bengkak yg menyerupai cincin dan kulup saya trbuka jadi sprti sudah disunat, sbenarny tidak sakit tapi ketika kepala penis brsentuhan lgsg dengan CD sy itu terasa ngilu dan dan ketika ereksi akn terasa sakid sprti menarik kulup ke blkg.itu kenapa yah dok ? Apakah berbahaya dan ad tdk obat untuk menanganinya karena sy agak takud ke dokter ?
    Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ke dokter Aja supaya jelas apa yg terjadi...cari yg laki-laki Aja supaya enak ngomongnya...

      Delete
  17. dokter saya sudah pernah laser co2 tetapi tahi lalat di pipi saya tidak hilang2 juga,, itu bagaimana yah dok? apa saya harus kaser lg?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksudnya kambuh? Memang seringkali tak cukup 1x ya.... Perlu pengulamgan..krn Ada sel2 tahi lalat yg letaknya dalam...

      Delete
  18. dok,,biasanya kalo habis laser C02 biar tahi lalat gk nonggol lg lebih baik pake sunblock yah?atau emang tergantung kulitnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah gak bergantung sinar matahri...tergantung kedalaman pengerjaannya

      Delete
  19. dokter...saya shinki 23thn d wajah saya bnyak tahi lalat kecil2 tapi berwarna coklat kehitam2an tetapi tipis2 bulat kecil seperti flek, apa bisa d hilangkan dok? soalnya pake krim whitening g bisa ilang2, apakah bisa hilang d laser dok? mohon kejelasannya
    makasih dok...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya seborrhoeic keratosis... Coba browsing dulu ya... Biasanya perlu kauter atau laser co2

      Delete
    2. dok aku browsing seborrhoeic keratosis,aku bukan itu,,,ni tuh kayanya berada d dalem ga menonjolberwarna coklat muda, tipis bgt jika di pegang biasa ja rata, bentuknya satu2 tak beraturan, kira2 kalo pake laser co2 bisa ilang g y dok? kira2 berapa harga laser co2, makasih dok

      Delete
    3. Iya itu keratosis seboroik awal...warna muda, uk kecil... Pake co2... Harga tergantung jumlahnya.... Klo banyak banget biasanya gak bisa sekaligus.... Perkali pengerjaan max 1.7 juta di erha...

      Delete
  20. dokter saya punya tahi lalat di pipi, tapi tahi lalatnya rata dan tidak menonjol. Apa bisa dihilangkan dengan laser CO2? Apa setelah laser akan ada bekas yang tertinggal seperti kemerahan dan sebagainya? Kira kira range harga untuk tahi lalat yang kecil dan rata berapa ya dok? diatas atau dibawah satu juta?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa dgn laser CO2... Kemerahan 1-4 minggu... Harga tergantung banyaknya ya...

      Delete
  21. dok ada yg bilang dengan cara alami mengoleskan ramuan kapur sirih dan di campur sabun colek bisa ilang ? tapi ada efeknya nggk setelah itu ?
    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe gak punya pengalaman dengan cara demikian

      Delete
  22. Dokter saya Tasya 25 th, sejak kecil saya punya 3 tahi lalat di pipi kanan, lama kelamaan saya perhatikan muncul banyak tahi lalat disekitar pipi kanan saya. skrg ini jumlahnya belasan. rencananya saya mo laser CO2, yang ingin saya tanyakan mungkinkah laser CO2 bisa merangsang tumbuhnya/ bertambah banyaknya tahi lalat baru?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak merangsang tumbuh baru kok.... Klo muncul lagi memang mau muncul di tempat tersebut saja...

      Delete
  23. mengapa bisa tumbuh lagi dok tahi lalat yang sudah hilang dengan laser? say punya beberapa tahi lalat kecil2 dan menurut saya itu menonjol.. saya ingin coba laser.. kira2 harga umumny berapa ya dok untuk laser tahi lalat kecil dan tuntas ke akar2 ny? trims dok:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. krn di bawah tahi lalt ada yang namany nevi nest...sarang-sarang tahi lalt... bila gak kena laser, masih mungkin muncul lagi... Klo maksain laser dalam, takut bekas

      Delete
  24. Dok,sy Felice 23th. kalau laser untuk menghilangkan tahi lalat sama atau berbeda dengan laser kondiloma?sy dulu prna laser kondiloma dan sebelumnya sdh dibius suntik tapi masih terasa panasnya dok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang panas biasanya dengan electro kauter atau listrik, jadi Ada efek panas...
      Klo pake laser yg dipake laser CO2 ... Gak panas...

      Delete
  25. Dokter,sy Felice 23th.Kalau laser CO2 untuk ngilangin tahi lalat dibiusnya dengan cara suntik atau pakai cream anastesi dok?krn sy mau ngilangin tahi lalat di bawah hidung dan di dagu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo saya Lebih suka bonus suntik krn pengerjaan tahi lalat agak dalam....tapi biasanya saya kasih krim anesthesia dulu supaya wkt suntik gak terlalu sakit...

      Delete
    2. Bius suntik maksudnya....bukan bonus... :)

      Delete
  26. halo dokter,sy clara.mau konsul di erha clinic sama dokter adanya hari apa dok?

    ReplyDelete
  27. dokter..saya gina, tahi lalat saya di wajah banyak.Ada yang besar&kecil.Untuk menghilangkannya,di bedah atau laser ya dok? lalu biusnya lokal atau dikasih cream?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba laser Aja klo kecil... Bius local...paling banter suntik di area tahi lalatnya

      Delete
  28. hallo dokter susie.. saya wawan.. saya ada tahi lalat di pantat(bukan di lubang anus), tahi lalat agak nonjol, tidak gatal/sakit, besarnya tidak lebih dari 5mm, warna hitam aja dan bentuknya bulat... saya sudah perhatikan dari hampir setaun lalu itu tidak ada perubahan warna dan tidak membesar.. apa ini termasuk tahi lalat yg bahaya? thanks...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasa klo berbahaya, disertai gatal, nyeri..cepet me besar Dan berdarah.... Batas biasanya gak jelas...

      Delete
  29. hallo dokter... saya wawan... sorry saya ketik comment baru karena saya coba reply dari respon dokter tgl 16 April 2013 at 6:44 AM itu selalu tidak bisa.. respon dokter : biasa klo berbahaya, disertai gatal, nyeri cepet membesar dan berdarah.. batas biasanya ga jelas...
    yg ingin sy tanyakan:
    - apa tahi lalat nonjol saya di pantat msh normal/tdk bahaya?
    - apa cukup dibiarkan saja atau harus perawatan?

    thanks dokter

    ReplyDelete
    Replies
    1. mestinya jinak...klo mau pasti cek ke dokter supaya bisa dilihat dengan kaca pembesar dengan jelas
      Observasi aja

      Delete
  30. hallo doker sussi .saya azkayla 24th .saya mau tanya sebelumnya saya sudah baca2 tentang artikel menghilangkan tahi lalat dengan cara laser karna saya sudah lama ingin memghilangkan tahi lalat dihidung tahi lalatnya timbul .yg ingin saya tanyakan apakah dhidung ada akar2 syaraf yg berbahaya jika tahi lalatnya dihilangkan..thanks dok ditunggu jwbnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak sih... kecuali tepi cuping hidung ada tempat keluar saraf...tapi klo dgn laser sih biasanya gak melukai..

      Delete
  31. ratna dokk saya juga rencana pingin ilanginni tailalat diidungg skitar 0,5 lah trus di pipi kecil2 dok...cuman kalo dilaser itu brpa kali laser ya biayanya brpa dokk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasa sekali..cuma kadang bisa kambuh..Jadi perlu dilaser lagi...harga tergantung banyaknya

      Delete
    2. yang kecil2 ada 3 dokk trus yang agak menonjol ada 1 itu kira2 biayanya brapa???trus konsul byar brapa apa setiap control dan konsul dikenakan biayaa

      Delete
    3. Walah kamu langsung telp klinik atau rumah sakit yg mau kamu datangi...krn biayanya beda2 konsulnya... Tindakan bervariasi 800-1.2 juta

      Delete
  32. halooo,,, dok ,, saya mau nanyak inii ,, emangya taek lalat ituuuu dari mana asalnyaaa , kok bisa timbul tiba2 dok mala kata2 orng di sekitar halaman saya dok ,, taek lalat itu lantarannn hinggap di di tubuh ata di wajah terus lalat itu berak di tubuh tadi atau di wajah tadi ,,, trsapakah benar prinsip taek lalat kayak gitu, sekiranya salah dok ,,, dari mana asal taek lalat ituuu,,,?

    saya tunggu relply nya dokkkk,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak Ada yg tau Darimana Dan Akan tumbuh dimana...dianggap suatu tumor jinak, yg terdiri Dari Kumpulan melanosit atau sel penghasilan pigment

      Delete
  33. selamat pagi dok, saya yuni dari madiun usia sy 27 thn, saya punya masalah dengan nevus of ota di wajah sebelah kanan, ketika kecil dari lahir sudah ada tapi di bagian putih mata saya (tapi tidak menghalangi pandangan mata saya)ketika saya smp baru muncul dengan warna coklat tua, tadinya jumlahnya ga banyak, seiring bertambah usia nevusnya tambah.saya sudah konsul ke beberapa dokter kecantikan harus dilaser jika ingin menghilangkannya. saya ingin tanya di erha adakah program untuk menghilangkan tanda lahir seperti saya? kebetulan erha baru buka cabang di madiun. terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya biasanya perlu laser Nd yag...perlu Perawatan sebelum laser...laser perlu 5-10 kali... Namun kadang tetap Ada bayangan gelap sedikit ya... Gak tau apakah di madiun Ada laser pigment..

      Delete
  34. Salam Dok, saya wiwi, 26 tahun, saya mau tanya d muka saya ada tahi lalat yg tipis2 seperti titik & tdk nonjol, untuk menghilangkannya lbh bik gmn ya, jika dilaser akankah bertanda? Ada 1 yg hitam sekali dok & lbh besar. Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba baca tentang keratosis seborrhoeic.. Biasa laser CO2.. Bekas Akan hilang kok... Yg lebay mungkin lentigo

      Delete
    2. Maksudnya yg lebar, bukan lebay...:)

      Delete
  35. salam dok, saya angga, 23 tahun.

    untuk pengangkatan tahi lalat dengan operasi kecil(suntik dan pisau bedah) itu yang paling bagus ya dok?
    untuk operasinya itu yang kompeten gelar seperti dokter, Sp.KK (spesiali kulit dan kelamin) atau Sp.B (spesialis bedah)? atau keduanya memang bisa melakukan operasi pengakatan tahi lalat?

    makasih dok.

    ReplyDelete
  36. hallo dok, nama saya siska umur 23tahun, saya bersal dari padang. di sebelah pipi bagian kanan saya terdapat bintik-bintik hitam kebiruan, yang dari jauh kelihatan seperti memar, itu bermula pada saat saya berumur 13 tahun yang terdapat 2 atau 3 bintik hitam namun seiring bertambahnya usia bintik hitamnya semakin banyak dan melebar, dan kadang kadang terasa nyeri dok. saya mau tau itu penyebanya apa dan bagaimana cara penyembuhannya ya dok?? dan apakah akan jauh melebar jika tidak ditangani secara cepat?? terimakasih sebelumnya dok...

    ReplyDelete

Sebutkan nama terlebih dahulu, bila ingin mendapatkan respons...thank you.. Tanpa nama akan langsung saya hapus ya......

Note: Only a member of this blog may post a comment.