Halo semua rekan yang tertarik dengan kesehatan kulit, semoga artikelnya berguna... Ditunggu selalu komentar dan inputnya... Khusus untuk intermezzo, adalah pengalaman unik selama praktek yang menurut saya cukup menarik untuk dishare... Happy reading...

Monday, April 4, 2011

DERMAL FILLER: Tampil Menawan Tanpa Bedah

Siapakah yang akan merasa senang dan gembira dikatakan “bermutu” alias bermuka tua? Tak seorangpun mestinya. Tak dapat dipungkiri semua orang ingin selalu tampak muda, baik diakui secara terbuka maupun tidak. Tak perlu malu untuk mengakui karena hal tersebut sangat amatlah normal. Sangat wajar bila berbagai metode dan cara dikembangkan untuk meremajakan kulit dengan tujuan menyembunyikan umur yang sesungguhnya. Salah satunya melalui filler yang akan dibahas pada tulisan kali ini.

Saat usia mulai menua, bahan utama lapisan kulit bagian tengah yaitu kolagen, elastin dan asam hialuronat mulai berkurang. Kolagen merupakan protein utama penunjang kulit. Asam hialuronat memiliki kapasitas yang tinggi untuk mengikat air sehingga akan memberikan volume dan bentuk. Serat elastin membantu kulit tetap elastis dan kenyal. Berkurangnya ketiga bahan utama ini pada kulit menua menyebabkan kulit menjadi lebih tipis, muncul kerutan dalam, dan kulit menjadi kendur (kerap disebut sagging skin). Salah satu tanda yang paling terlihat misalnya garis tawa (garis lengkung antara ujung cuping hidung dengan sudut bibir) yang semakin dalam, baik saat tertawa maupun diam. Tanda lain yang juga sering kita lihat adalah punggung tangan yang semakin tipis, tak bervolume dengan urat-urat yang semakin jelas terlihat.

Pada keadaan ini, dermal filler berperan penting untuk memulihkan volume kulit yang berkurang. Dermal filler merupakan salah satu pilihan untuk meremajakan kulit, terutama bagi mereka yang masih enggan melakukan tindakan pembedahan atau operasi plastik. Keuntungan dari dermal filler adalah proses pengerjaan yang relatif cepat, hasilnya yang dapat segera dilihat, dan natural look.

FREQUENTLY ASKED QUESTIONS

Berikut ini beberapa pertanyaan beserta jawabannya yang kerap diajukan pasien. Semoga bermanfaat untuk menambah pengetahuan tentang dermal filler, terutama bagi mereka yang masih ragu untuk melakukannya.

Kelainan apa saja yang dapat dikoreksi oleh dermal filler?

Banyak kelainan yang dapat diperbaiki dermal filler. Diantaranya smiling lines/nasolabial folds (lengkung antara cuping hidung dan sudut bibir), lubang bekas jerawat, lubang bekas cacar air, kerut diam misalnya kerutan dalam di antara 2 alis, bekas luka cekung, punggung tangan yang tak “berisi”, marionette/sad lines (garis yang yang menarik sudut bibir ke bawah sehingga tampak sedih) bahkan sampai lip augmentation (membuat bibir lebih penuh)

Berapa lama efek dermal filler dapat bertahan?

Lama efek bergantung dari jenis dermal filler. Berdasarkan lama kerja, terdapat 2 macam dermal filler yaitu permanent dan temporary filler. Paling banyak digunakan adalah filler temporer, dengan lama kerja 4-18 bulan. Sifat temporer ini bagai pisau bermata dua. Bila hasil baik, maka akan merugikan karena tetap memerlukan pengulangan. Bila hasil kurang memuaskan maka kulit akan kembali ke kondisi semula dalam hitungan bulan. Berbeda dengan hasil operasi plastik yang akan bertahan jauh lebih lama.

Apa yang harus saya lakukan bila berminat?

Langkah pertama adalah Konsultasi awal dengan dokter. Hal ini memungkinkan dokter untuk mengevaluasi apakah anda merupakan kandidat tepat. Pengisian filler akan dilakukan bila dokter menilai anda akan mendapatkan manfaat baik. Bila filler tak akan bermanfaat, maka pertemuan ini sangat berguna untuk mendiskusikan alternatif lain yang lebih tepat guna sesuai kondisi anda.

Apakah saya akan merasa nyeri saat prosedur dilakukan?

Sebelum di-filler, akan dioleskan anestesia topikal pada area penyuntikan. Diperlukan waktu 30-60 menit agar kulit menjadi baal sehingga nyeri menjadi minimal.

Berapa lama prosedur pengisian dilakukan?

Bergantung dari luasnya area yang akan diisi, biasanya berkisar 15-45 menit. Jadi total waktu yang diperlukan termasuk anestesi topikal adalah 1-2 jam.

Bagaimana dengan efek samping dan profil keamanan dermal filler?

Paling sering adalah kemerahan pada area penyuntikan, biasa menghilang dalam waktu beberapa jam sampai 2 hari. Dapat pula terjadi pembengkakan/memar. Semua ini bersifat sementara. Filler temporer biasanya lebih aman karena berisi bahan yang normal ditemukan pada lapisan kulit, sehingga didegradasi /dimetabolisme secara normal. Pada filler permanen (misalnya silikon dan filler yang mengandung polymethylmethacrylate), bahan yang disuntikkan berpotensi bersifat “benda asing”

Apakah saya tetap dapat beraktifitas normal setelah pengisian dermal filler?

Tentu saja. Salah satu keuntungan dermal filler adalah hasil langsung terlihat, hampir tanpa down time period, sehingga anda dapat segera beraktifitas normal.

Bagaimana bila saya tak menyukai hasil akhirnya?

Bila hasil kurang memuaskan, maka efek yang terlihat akan berangsur menghiilang sesuai dengan lama kerja filler temporer. Yang paling penting untuk diingat adalah jangan overcorrection! Artinya lebih baik pengisian yang kurang daripada berlebihan. Biasanya ada sesi touch up untuk koreksi hali pengisian awal. Umumnya dilakukan 1 minggu setelah sesi awal.

Anda berminat?

Hubungi segera Poliklinik Kulit dan Kelamin di RS Puri Indah atau RS Pondok Indah untuk melakukan konsultasi awal dengan dokter anda.

14 comments:

  1. dok saya mau nanya soal fillers, di bawah mata saya itu cekung dan ada dark circle nya. saya mau suntik fillers sekarang, apakah dokter menangani suntik juga? berapa yah biayanya kira2? makasi dok

    ReplyDelete
  2. Halo harap sebutkan Nama kamu dahulu yaaaaa...thx

    ReplyDelete
  3. halo bu dokter :)
    saya jenny.... masalah saya di bawah mata saya itu cekung gitu, saya lagi mau cari treatment nya, dan lagi mau cari dokter buat menangani fillers/ operasinya.. bisa tolong kasi sarannya dok?

    makasih ya

    ReplyDelete
  4. Hai bu Jenny...bisa saja di-filler... Ada eye bag ya gak ya? Tinggal daerah mana ya?

    ReplyDelete
  5. halo bu, ga ada eye bag. cekung gitu malahan. saya tinggal di tangerang sih. kalau fat grafting gimana dok? soalnya kan filler cuma untuk sementaraa, saya mau coba cari solusi permanen nya. ada ga ya dok? harga filler nya bisa tau berapa? makasi banyak dok :)

    ReplyDelete
  6. fat transfer/grafting boleh saja...kebanyakan yang ngerjain dokter bedah plastik... tapi kadang perlu pengulangan juga sih

    ReplyDelete
  7. jadi solusi yg paling baek apa ya dok? makasi :)

    ReplyDelete
  8. Halo Bu Jenny...saya rasa coba cari dokter yang mengerjakan fat trasnfer...klo perlu pengulangan juga bisanya hitungan tahun...Semoga berhasil ya

    ReplyDelete
  9. biaya nya berapa dok..?
    n ini hasil nya ga permanent ya.?

    ReplyDelete
    Replies
    1. As yg permanent, semi permanent Dan temporer... Harga bervariasi tergantung material yg digunakan

      Delete
  10. Hallo Dokter..
    Berapa biaya filler untuk acne scar? Jumlahnya sekitar 50 buah menyebar di pipi kiri kanan & sedikit di area hidung. Modelnya bervariasi, ice & box scar.
    Trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ice pick gak bagus difiller... Yg hasil paling bagus untuk rolling scar...
      Knp gak coba treatment lain? Biaya filler tergantung berapa banyak suntikan filler yg dihabiskan

      Delete
  11. Malam dokter.nama sy tia.sy mau tanya kalo filer hidung brapa ya biayany.dan hasilny tampakt natural atau tidk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Natural kok..khan di isi secukupnya...jangan berlebihan... Biaya tergantung filler yg digunakan..biasanya Antara 4-8 juta

      Delete

Sebutkan nama terlebih dahulu, bila ingin mendapatkan respons...thank you.. Tanpa nama akan langsung saya hapus ya......

Note: Only a member of this blog may post a comment.