Halo semua rekan yang tertarik dengan kesehatan kulit, semoga artikelnya berguna... Ditunggu selalu komentar dan inputnya... Khusus untuk intermezzo, adalah pengalaman unik selama praktek yang menurut saya cukup menarik untuk dishare... Happy reading...

Saturday, July 9, 2011

Stop seks bebas!!...jilid I

Hehehe..judul ini saya buat biar eye catching... soalnya gak dipungkiri semua orang...siapa saja..tertarik hal-hal yang berbau seks...apalagi yang masih muda-muda....yang masih penasaran dan selalu ingin mencoba....

Tulisan kali saya kasih nama jilid I soalnya saya akan masukan semua hal yang berhubungan dengan dampak seks bebas berdasarkan cerita asli pasien-pasien saya ya... setiap jilid berisi satu cerita...Buat yang merasa pasien saya, tenang saja...saya tak akan menuliskan nama kalian... Rahasia kalian tetap aman....

Saya hanya berharap yang membaca tulisan ini dapat belajar dan berkaca dari cerita kalian semua.... Saya sangat banyak melihat berbagai penyakit dan akibat yang terjadi pada pasien-pasien yang melakukan hubungan seks secara bebas..apalagi yang tanpa pengaman...

Kali ini saya akan bercerita tentang pasien saya yang datang berobat 1 bulan yang lalu.. seorang laki-laki muda berusia sektar 25 tahun...sebut saja si A.
A datang berkonsultasi pada suatu malam, diantar oleh ayahnya... aneh bukan?
Dia mengeluh kulit buah zakarnya sangat kering, sehingga sangat gatal sudah berbulan-bulan...hampir 6 bulan kalau tidak salah...
Pasiennya terlihat agak cemas, sedikit linglung ... perasaan saya mengatakan ada sesuatu yang disembunyikan...

Seperti biasa setelah bertanya-tanya mengenai problem yang dihadapi pasien, saya memeriksa kulit yang dikeluhkan... Saya menemukan kulit buah zakar yang sangat kering, dengan sisik-sisik, warna agak kemerahan dengan banyak bekas garukan...
Sebenarnya yang saya temukan adalah gambaran eksim kering...
Pertanyaan standar saya kalau berhadapan dengnan eksim adalah apa merek sabun yang digunakan, apakah sering mandi air panas, apakah sangat sering dicuci, dsb....
Semua dijawab dengan, " Biasa saja dok..tak ada yang spesial..sabun biasa saja, kadang air panas kadang air dingin, dicuci cuma saat mandi..."

Rada bingung juga saya...karena gambarannya sangat kering....
Tiba-tiba saja saya ingin bertanya tentang lama mandinya...dia bilang biasa dok..gak lama...

Saya mengkonfirmasi jawabannya terhadap sang ayah.
Jawab sang bapak, " Wah dia kalo mandi lamaaa, dok..bisa 30 menit lebih..sampai orang rumah lain terganggu..karena juga pada pengen mandi.."

Nah lho....
Saya tanya..di kamar mandi apakah kulit buah zakar dicuci berulang-ulang? Akhirnya dia mengakui.. iya..dicuci berulang-ulang...udah disabuni,..rasanya belum bersih, lalu disabuni lagi.... terus begitu...
Pantesan lama yaaa...

Saya pikir wah OCD nih... alias obsesive compulsive disorders... yaitu orang yang kalo melakukan sesuatu diulang-ulang terus... misalnya kunci pintu sudah dikerjakan..tapi orang yang mengunci berulang-ulang balik untuk memastikan pintu memang sudah dikunci...dsb.

Karena poli sebelah saya adalah poli psikiater...maka saya rujuk pasien tersebut...
Pada pertemuan dengan dokter psikiater, ternyata A pernah melakukan hubungan seksual dengan pacarnya... Karena dia merasa menyesal dan merasa dirinya menjadi kotor, dia selalu mencuci kulit kelaminnya secara berulang...akhirnya sampe dech ke saya karena kulit kelaminnya jadi sangat kering dan gatal...

Saya cuma mau bilang...perasaan bersalah yang terus mengejar kita akan mendatangkan masalah pada suatu hari...

Jadi, stop seks bebas yaaaa......

19 comments:

  1. dok jadi pake sabun apa yang bagus(klu blh sebutin merk ya dok) untuk mencuci bgian penis dan buah zakar??thanks..

    ReplyDelete
  2. Pakai sabun yang lebut..yang banyak moisturizer..tapi yang penting cucilah secara normal ya...jangan berlebihan...

    ReplyDelete
  3. dr Susie come back ... :) baca cerita awal2nya gak ada hubungan sama judulnya, ehhh ternyata endingnya sungguh twisted hehe

    from daxe :)

    ReplyDelete
  4. Hai Eddy..thx ya terus baca blog saya... GBU

    ReplyDelete
  5. Hi dr. Susie, bagusnya sang pasien ketemunya sama dr. Susie yah, yg care..., yang teliti mencari tahu untuk mengobati pemicu/penyebab penyakit, bukan sekedar akibat dari suatu penyakit. Setuju dengan pandangan dr. Susie, finally we can run but we cannot hide because we're living in the shadow of a doubt. Ditunggu yah dok episode-episode selanjutnya. Have nice days.

    ReplyDelete
  6. Hai Mimi...thx ya terus baca blog saya ini...

    ReplyDelete
  7. teringat ketika penis dan zakar saya olesin tretinoin biar ganti kulit, karna item banget. mungkin rasanya sama kayak gitu puanass. wkwkw

    ReplyDelete
  8. Hahaha...sekarang licin dong... n awet muda..

    ReplyDelete
  9. iya dok, warna lebih cerah mengkilat, tapi gland sensitif jadi bikin EDI hahahahha

    ReplyDelete
  10. Dok Aq Bayu, Mengapa Masa Remaja Rasa Ingin Tahu Tentang Dunia SEx sangat Tinggi yaw dan pengen mencoba-coba

    ReplyDelete
  11. Halo Bayu...krn pengaruh hormon seks yang lagi tinggi-tingginya... asal disalurkan dengan tepat ya... isi dengan kegiatan bermanfaat supaya gak ingetnya kesana terus... :)

    ReplyDelete
  12. Dokter perkenalkan saya Rudy

    dok, saya ingin menanyakan tentang virus chlamyda
    apakah jika virus tersebut dapat menular melalui air liur atau hanya melalui hubungan seks dan bagaimana cara mengetahui apakah kita terjangkit virus tersebut?
    terimakasih sy ucapkan sebelumnnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. CDC fact sheet tentang chlamydia dikatkan bisa menular lewat oral, anal dan vaginal sex...jadi mestinya ada di air liur walaupun jumlahnya kecil..
      Cek serologi anti chlamydia IgM, IgG bisa kok

      Delete
    2. dok, apakah saya harus konsultasi ke dokter dulu atau bisa langsung cek ke laboratorium??
      apabila terjangkit apakah ada obatnya dok??
      terimakasih

      Delete
    3. Bisa langsung periksa.... Ke dokter aja

      Delete
    4. selamat malam dok saya sudah cek darah dan hasilnya :
      anti chlamydia IgM hasilnya positif (rasio 1.51)
      anti chlamydia IgG hasilnya negatif (rasio 0.11)
      artinya saya terjangkit ya dok/bagaimana??
      terimakasih saya ucapkan sebelumnya

      Delete
    5. Iya, dengan IgM positif, artinya dianggap terjangkit chlamidia... ked okter kulit dan kelamin terdekat aja ya

      Delete
  13. hallo dokter... saya gunawan.. saya pernah posting di tapi ga bisa saya buka.. jadi saya pindah kesini.. moga dokter masih inget sama saya.. saya mau tanya di kepala penis saya ada satu bercak merah kecil sekitar 5mm, tidak ada penonjolan (rata dengan kulit), tidak gatal, tidak nyeri, keluar bercaknya sudah agak lama tapi saya tidak inget sudah berapa tahun tapi tidak membesar dan meluas ke area lain. bercak merah ini pertanda apa yah? apa bisa disebabkan jamur? tapi saya tidak merasa gatal sama sekali.. apa bercak merah ini bisa menular ke kelamin istri atau mulut apabila melakukan oral? maaf kalo kurang sopan.. mohon penjelasanya. thanks dokter

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin cuma cherry angioma atau petechie.....coba kamu browsing Aja tentang ini...
      Maaf sebaiknya kamu berkomunikasi langsung dgn dokter yg sudah saya rekomendasikan...

      Delete

Sebutkan nama terlebih dahulu, bila ingin mendapatkan respons...thank you.. Tanpa nama akan langsung saya hapus ya......

Note: Only a member of this blog may post a comment.