Halo semua rekan yang tertarik dengan kesehatan kulit, semoga artikelnya berguna... Ditunggu selalu komentar dan inputnya... Khusus untuk intermezzo, adalah pengalaman unik selama praktek yang menurut saya cukup menarik untuk dishare... Happy reading...

Wednesday, September 21, 2011

Wow semua penyakit menular seksual ada di sini... Safe sex pleaseeeeee!

Pussssing nyari judul.......
Gak ada yang sreg.... akhirnya kasih judul di atas dech...semoga isinya sesuai dengan judulnya yaaaa....


Sebenarnya ini cerita praktek minggu lalu.... tapi terus saya ingat.....soalnya semua jenis penyakit menular seksual ada pada hari itu......ooohhhh sedihnya...


BTW kenapa kok sedih?
Soalnya semua yang datang berobat memiliki status "single".... usianya di awal 20an semua...  Ada yang diantar pacar...ada yang datang sendiri...


Weeeiii..kalo yang datang udah dalam ikatan perkawinan bukannya lebih menyedihkan ya???? Wadowwwww...dimana arti kesetiaan sekarang ini..... Bukan cuma soal kesetiaan sih...tapi potensi menularkan penyakit kepada suami dan istri sah.... :(


Secara garis besar, penyakit menular seksual ada 3 jenis:
1. Abnormal discharge
Artinya ada pengeluaran/produksi cairan tak normal atau berlebih...pada wanita kerap disebut keputihan... pada laki-laki disebut uretritis..
Penyebab keputihan pada perempuan berbeda dengan uretritis pada laki-laki ... Pada perempuan penyebabnya bisa bakteri misalnya chlamidya, bisa jamur misalnya candida, atau parasit misalnya trichomonas... Kalo gonore sering gak ada gejalanya...
Pada pria yang paling sering adalah gonore....


2. Vegetation
Hal ini berarti ada penyakit yang bentuknya menimbul di atas kulit normal...yang paling sering adalah kutil kelamin...baca tulisan saya tentang jengger ayam/kutil kelamin yaaaa


3. Ulcer/erosion
Kalo yang ini malah kebalikan dari vegetasi...yang ini malah ada borok atau luka... jadi bukannya ada yang tumbuh, tapi malah ada kehilangan jaringan..
Yang terutama adalah herpes kelamin dan sifilis atau dulu sangat terkenal dengan sebutan raja singa....


Kayaknya semakin hari, semakin banyak saja pasien datang berobat untuk keluhan STD (sexually transmitted disease) ....what should I do??? Semoga tulisan-tulisan saya bisa 
memberikan pencerahan ya....


You are not alone! Itu aja sih yang saya bisa simpulkan ......saking banyaknya kasus penyakit menular seksual ini.... semoga rantai penularan dapat segera dihentikan!!!


God bless....

87 comments:

  1. halo dok nama saya indra
    saya mau menanyakan hasil tes lab saya

    sebagai berikut :

    | Jenis Pemeriksaan | Hasil |

    - Serologi

    | VDRL / RPR | Non Reaktif |
    | TPHA | NEGATIF |

    - Virologi

    | HSV I IgG | 0.2 |
    | HSV I IgM | 0.1 |
    | HSV II IgG | 0.4 |
    | HSV II IgM | 0.2 |

    - MIKROBIOLOGI
    Hapus Urethral Gram

    Epitel 3-4 ( Sedikit - cukup banyak )
    Leukosit 3-4 ( Sedikit - cukup banyak )
    Batang Gram Negatif 3-4 ( Sedikit - cukup banyak )
    Coccus Gram Positif 3 ( Sedikit )
    Diplococcus Gram Negatif 0 ( Tidak Ditemukan )
    ekstraseluler
    Diplococcus Gram Negatif 0 ( Tidak Ditemukan )
    intraseluler
    Jamur 0 ( Tidak Ditemukan )


    yang saya mau tanyakan itu yang ada angkanya hasil test apa dok ? dan maksudnya gimana ?

    lalu yang serologi itu bagaimana dok ?
    dan serologi itu penyakit apa ?

    terus yang mikrobiologi itu juga maksudnya gimana dok ?

    Terima kasih sebelumnya dok.

    ReplyDelete
  2. Indra... Untuk serologi HSV mesti cantumkan nilai normalnya... Tiap lab beda2 soalnya... Yg lain, kamu gak kena sifilis, urin normal... Utk herpes blom bisa nyimpulin, Tanya angka normalnya dulu

    ReplyDelete
  3. Halo Dr Susie,

    saya indra, mau info nilai normalnya Virologi/HSV dok


    | HSV I IgG | HSV I IgM | HSV II IgG | HSV II IgM |

    < 0.80 Negatif
    ≥ 0.80 - <1.10 Borderline
    ≥ 1.10 Positif

    Nilai yang di atas ini, nilai normal untuk semua HSVnya dok


    oh iyah dok, saya mau tanya lagi untuk
    Epitel, Leukosit, Batang Gram Negatif, Coccus Gram
    angka2 itu menunjukan apa yah dok, kenapa bisa ada angkanya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Artinya kamu gak terkena infeksi herpes.... Secara normal, Ada epitel yg dilepaskan Dari dinding sayuran kemih... Tapi jumlah ya sedikit... Demikian juga dgn sel darah

      Delete
  4. Hallo Dr. Susie,

    saya indra mau menanyakan lagi tentang herpesnya maksudnya gak terinfeksi secara normal bagaimana ?
    berarti saya ada herpes juga yah ?

    apa bisa menularkan?
    bagaimana bila berhubungan intim?

    Thanks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu dua kalimat terpisah... Yg normal epitel maksudnya ..... Gak Ada herpesnya

      Delete
  5. adduuhh, syukur dhe kalo gak ada herpesnya

    Terima kasih untuk jawaban2nya yah dok

    bermanfaat banget untuk saya, semoga juga bermanfaat bagi yang lain,
    semoga dokter selalu di berikan yang terbaik dunia dan akhirat. :)

    -Indra- ( Bukan nama sebenernya )

    ReplyDelete
  6. Dr. Susie,

    Saya Wawan mau bertanya. Jadi intinya saya melakukan tindakan beresiko tanggal 17 Mei kemarin. Dua minggu kemudian saya test dan hasilnya sebagai berikut:
    HSV II IgG = 0.86 (borderline 0.8 - 1.1)
    Karena hasilnya borderline, saya memutuskan untuk melakukan tes lagi 8 bulan kemudian (atau 10 bulan setelah tindakan beresiko). Hasilnya:
    HSV II IgG = 0.3 (negative <0.8).

    Apakah saya perlu untuk melakukan tes ulang dok?

    Terima kasih atas perhatiannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak perlu Wawan...kecuali klo kamu melakukan tindakan berisiko lagi... :)

      Delete
    2. Sore dr.Susie
      Saya pria,nama Josh mau tanya kalau hasil lab seperti ini apa kesimpulannya y.
      Pewarnaan gram-sekret uretra
      Batang gram negatif : positif+1
      Batang gram positif : positif+3
      Coccus gram negatif: positif+2
      Coccus gram positif: positif+3
      Lekosit 3-5/lpi
      Epitel 0-2/lpi
      Tdk ditemukan diplococcus,
      Tdk ditemukan trichomomas
      Tdk ditemukan sel ragi dan hyphae/pseudohyphae.

      Sebelumnya sy terkena klamidia dan sdh mengkonsumsi zithromax 2gr dosis tunggal,selisih 1 hari diberikan single dosis lg. Apakah klamidia tersebut msh ada atau tidak y dok?
      Trima kasih banyak dok.

      Delete
    3. Hasil gak khas... Klamidia positif dicek dgn metode apa?

      Delete
  7. Hello dok, salam kenal.
    Saya Herman, mau tanya mengenai hasil test saya sbb:

    Hapus urethral gram
    Epitel 3-4 (sedikit-cukup banyak)
    Leukosit 3 (sedikit)
    Batang gram negatif 3 (sedikit)
    Dipplococcus gram negatif ektraseluler 0 (tidak ditemukan)
    Dipplococcus gram negatif intraseluler 0 (tidak ditemukan)
    Jamur 0 (tidak ditemukan)

    Apakah hasil diatas semua normal dok ?
    Apa arti batang gram negatif 3 dok ?

    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Normal kok... Batang gram negatif, artinya kuman berbentuk Batang, pada saat pewarnaan tidak memgambil warna ungu... Pertanyaannya apakah kamu Ada keluhan? Krn yang diobati keluhannya..bukan sekedar hasil lab...

      Delete
  8. Dear dokter Susie,

    Selamat tahun baru dokter,
    Dokter dengan Eddy ini, dokter saya tertarik dengan GO ini, soalnya ada teman saya (yg kebetulan kaum gay) yang baru saja cerita ke saya kalo diriya tiba2 kena GO dari pasangan gay nya, kebetulan saya pernah baca ttg GO ini, setau saya GO hanya ditularkan oleh penular GO juga kan Dok.

    Nah case nya teman saya ini, dia bingung kenapa pasangan gay nya itu sama sekali tidak menunjukkan gejala GO seperti sakit tenggorokan yg berkepanjangan, ataupun penis yg bernanah, ataupun juga nyeri/merah di bagian anus..

    Hanya teman saya tertular GO setelah ada aktivitas seksual dengan pasangannya itu melalui luka kecil yg ada di kepala penis akibat gesekan.

    Apa mungkin seseorang (laki-laki) tidak menunjukkan gejala GO / gejala yg timbul sudah hilang sama sekali tetapi sebenernya di dalam tubuhnya memiliki bakteri GO ?

    Thanks dokter

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang gejala teman kamu apa ya?
      Biasanya sih kalo pasien perempuan, GOnya bisa ada tapi gak bergejala

      Delete
  9. Halo bu dokter....saya frans....3 bulan lalu saya melakukan tindakan beresiko...tp pakai pengaman....untuk pengecekan di rumah sakit puri saya harus pilih test apa?
    Lalu brp budget untuk test nya bu dokter,....?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk tes apa? Yg penting sifilis...cek TPHA, VDRL.... Untuk HIV klo merasa perlu... Telp Aja untuk Tanya harga ya langsung ke rs puri indah

      Delete
  10. Halo dokter, katanya sih tidak bergejala apa2, justru bingung karena ini cowok, tapi tadi denger2 katanya yg tidak bergejala tapi bisa nularin penyakit dengan gejala seperti GO itu ada kemungkinan klamidia ya dok ...

    ReplyDelete
  11. Dear dr. Susie...

    Saya mau bertanya dokter, suami saya VDRL & TPHA nya positif dan pada hari yang sama saya juga test lab dan VDRl, TPHA saya non reaktif (negatif).

    Jarak antara hari dimana saya cek lab dengan terakhir berhubungan badan ada sekitar 2 bulan Dok. Apakah ada kemungkinan VDRL & TPHA saya bisa berubah? Mengingat sejak menikah beberapa bulan yang lalu saya kena penyakit keputihan yang berulang

    Terima kasih dokter
    Tuhan memberkati

    ReplyDelete
    Replies
    1. Risikonya kecil... Minta suami kamu berobat dulu ya

      Delete
    2. Dear dr. Susie

      Maksudnya kecil kemungkinan resiko saya vdrl dan tpha saya menjadi positif ya dok? Lantas mau tanya dokter, suami saya tuk HSV2 IgM dan IgG nya positif, tapi test saya negatif, apakah saya bisa kena juga? Apakah HSV2 bisa sembuh total dok?

      by. Ririn

      Delete
    3. iya mestinya kecil vdrl dan tpha kamu jadi positif... tapi risiko tetap ada ya karena pada beberapa orang masa inkubasi bisa 3 bulan
      HSV2 tetap ada dalam tubuh sehingga risiko penularan terus terjadi....

      Delete
    4. Dear dr. Susie..
      Semoga makin dipulihkan kesehatannya ya Dok.

      Dokter, apakah sifilis bisa sembuh total? Saya mendapat info bahwa vdrl 1:8, katanya masih diragukan positif apa tidak terkena sifilis. Bagaimana jika TPHA 1:320? Apakah artinya?

      Apakah ada vaksin HSV2?
      Terima kasih sebelumnya dok

      by. Ririn

      Delete
    5. VDRL 1:8, TPHA 1:320, ini positif siflis dan harus diobati
      Tidak ada vaksin HSV

      Delete
    6. Dear Dokter..
      Apakah sifilis bisa sembuh total? ataukah tetap ada di dalam tubuh?

      Jika hasil lab vdrl & tpha non reaktif, papsmear juga tidak ada masalah, kenapa selalu keputihan ya dok? Apakah ada indikasi penyakit lain?

      Tq dokter

      Delete
    7. Bisa sembuh...cuma angka TPHA Akan trus positif
      Penyebab keputihan banyak...jarang akibat sifilis.... Mesti cek ke dokter terdekat ya

      Delete
  12. halo dok saya tika 23 tahun, saya seorang mahasiswi
    begini dok, semenjak dari remaja awal smp saya mengalami keputihan terus sampai sekarang, menjelang mens atau tidak selalu keluar dok,bahkan setiap hari entah kapan selalu ada dok bercak di celana saya..memang tidak berwarna sih dok, tidak berbau menyengat juga. Padahal saya sudah menjaga kebersihan, mulai dari selalu ganti CD jika terasa lembab, mengeringkan miss v dengan tisu jika buang air, saya sempat menggunakan sabun khusus miss v yg d jual bebas, tp karena takut kenapa2 saya tidak menggunakannya lagi dok. Yang mau saya tanyakan..
    1. apakah itu sangat bahaya dok?
    2. untuk menghentikannya bagaimana ya dok agar tidak selalu muncul? apakah ada obat untuk itu?
    3. apakah itu merupakan tanda gejala kanker serviks (saya takut dok)?
    4. apakah itu mengganggu untuk memiliki keturunan jika saya menikah nanti?

    terimakasih dokter, maaf kalau panjang ya dok.... hehehe :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak semua keputihan krn infeksi kok.... Gangguan hormonal juga bisa...
      Lha klo kamu stress trus juga bisa.. :)
      Cek lab klo kuatir utk memastikan....
      Tenang Aja klo kamu gak sexually active, risiko penyakit jauh kok...

      Delete
  13. halo dok saya subianto 65 tahun , saya baru menjalanin test darah lengkap dan hasil untuk sypillis reactive CSO dan RPR/VDRL pos(<1:8). apakah saya terjangkit sypilis bu dokter?
    soalnya dokter yang memeriksa saya bilang ga ada masalah. sedangkan dari yang saya liat di test kok ada reactive dan positif dok? apakah saya perlu menjalanin test sekali lagi ?

    terima kasih untuk sebelumnya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagaimana dgn TPHA ya? Coba test dulu ya...klo perlu test ulang di tempat lain...untuk memastikan

      Delete
    2. halo bu dokter kalo di lihat dari hasil lab saya T.pallidum nya 2.86 unit nya C/SO sebelahnya lagi tulisnya reactive bu. RPR/VDRL nya POS (<1:8). apa saya memang terjangkit sypilis yah bu dokter? apa saya perlu konsultasi lagi ke dokter lain?
      baru apa artinya <1:8 bu dokter?

      terima kasih untuk sekali lagi dok

      Delete
    3. Saya minta bapak cek TPHA dulu... Skalian ulang VDRL bila mungkin ya...

      Delete
  14. ciank dok. .

    Nama saya boy umur 22 Sya mau tanya dok saya kena sifilis berserta ciri.cirinya saya sudah berobat dan cuma disuntik dan dkasih penurun demam setelah 3 bulan saya kambuh dengan ciri.ciri demam.lesu.mual.flu.serta lelah saya test darah vDRl tapi hasil y negatif . .test apa lagi dok yang benar2 akurat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cek ulang VDRL Dan TPHA ya... Kamu heteroseksual atau homosexual ya?

      Delete
  15. malam donk, nama saya David, saya mau tanya untuk anak saya umur 2 tahun 5 bulan, ini hasil sekret vagina labnya
    hasil : -bakteri : -gram negative batang
    -diplococcus gram negative extracelluler
    -diplococcus gram negative intracelluler
    -lekosit :30-35 / LPI
    -Epitel : 1-2 / LPI
    seberapa parah yah donk kondisi anak saya ? bisakah penyakit / virus ini menular dari sentuhan tangan ? atau memberikan makanan ke anak saya dengan tangan ?

    terimakasih Dok atas bantuannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pak...coba anaknya dibawa berobat ke dokter kulit Dan kelamin ya agar dapat diperiksa dengan benar... Hasil lab sesuai dengan GO karena ditemukan diplococcus gram negative... Pertanyaannya ditukarkan oleh siapa ya?? Segera berobat Biar diobati ya pak

      Delete
    2. saya dengan David, iya dok saya sudah berobat ke dokter anak, kita curiga dengan susternya sih dan susternya jg tidak mau diperiksa ke dokter kelamin padahal kami sudah bilang dokter kelaminnya jg perempuan kok. dan ini kejadian yg ke dua kali dalam kurun waktu 3 minggu, yg pertama kali dikasih obat antibiotik oleh dokter dan sudah sempat hilang. penyakit GO ini biasanya ditularkan dengan hubungan sexual atau sentuhan ke kelamin yah dok ?

      Delete
    3. Ok...sebaiknya anak bapak dibawa ke dokter kulit terdekat.... yang paling penting singkirkan kemungkinan adanya pelecehan ya pak...buat jaga2... sebagian besar lewat hubungan seksual..walaupun risiko penularan lewat cara lain misalnya handuk dll masih mungkin..

      Delete
  16. Malam Dok, nama saya budi, saya mau tanya, dulu saya tes TPHA : non reaktif, VDRL : 1,2

    trus 4 bulan kemudian saya tes lagi TPHA : non reaktif, VDRL : non reaktif

    trus 6 bulan kemudian (tadi), saya tes lagi : TPHA : Non reaktif, VDRL : 1,2
    pada saat pengecekan, kondisi lagi tidak fit, lg flu

    apa ada kemungkinan kena penyakit sefilis? atau kena penyakit lain, atau saya harus tes darah, dengan jenis yang lain

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tes TPHa dan VDRL sangat dipengaruhi mata yang membaca hasil... Jadi lakukan tes lab di tempat semula ya...
      Trus VRL (+), tapi TPHA (-), masih mungkin disebabkan oleh hal lain ya... tapi tolong cek ulang di tempat yang sama dulu ya

      Delete
    2. Saya Budi lagi Bu Dokter, berarti nanti saya harus cek ulang lagi ya dok..trus apa saya harus melakukan tes yang lain bukan hanya TPHA dan VDRL??
      saya memiliki alergi kulit dari makanan dan cuaca, apakah itu juga mempengaruhi hasil tes??
      terima Kasih Dok. -- Budi--

      Delete
    3. Selama TPHA non reaktif, biasanya VDRL dianggap false positive... Beberapa penyakit bisa membuat keadaan ini misalnya beberapa infeksi lain seperti hepatitis, obat...

      Delete
  17. dok, nama saya dini. saya mengalami keputihan yang amat bandel sudah setahun. udah coba obat ini itu tetep az keputihan. awalnya cairan berrwarna kuning flek sedikit di cd. tapi akhir2 ini jadi coklat kadang juga flek2 merah dan sedikit gatal. hasil pap smear radang kronis non spesifik. menurut hasil swab:
    gram: tampak banyak bakteri gram (-) batang, cluee sel (+) dan banyak leukosit
    natif: tampak banyak leukosit, banyak eritrosit dan banyak epitel sel serta jamur(+)
    Bagaimana menurut dokter, adakah obat yang manjur untuk keputihan saya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kamu mesti berobat ke dokter kulit Dan kelamin terdekat ya supaya dapat antibiotic.. Clue cell biasanya pada bacterial vaginosis...

      Delete
    2. terima kasih dok,atas bantuannya. saya sudah ke dokter kulit kelamin dan belum ada perubahan. segala jenis obat dari metronidazol, doxyciclin, flagistatin, sampai ke obat2an paten tapi tetap az keputihan. keputihan saya sedikit gatal dok, sebenarnya tidak terlalu mengganggu. tapi yang membuat kepikiran karena flek di cd yang berubah dari kuning tua menjadi kemerahan. kemarin sempat cek dalam(vaginal toilet) dan ternyata terjadi erosi. saya takut dok, mohon pencerahan dari dokter

      Delete
    3. Erosi dimana? Sakit gak klo berhubungan?

      Delete
  18. Saya susan dok sya 22 thn,, sya mw bertnya ttng keluhan sya dok, jdi sekitar 3-4 hari yg lalu muncul seperti beberapa benjolan2 kcil di sekitar labia mayora sya, sprti daging tumbuh yg tdk ada cairan,, awalnya sangat gatal sekali terutama pada malam hari,, tpi lama kelamaan gatal nya hilang,, tpi benjolan tersebut masi ada,,
    lalu pada saat sya mentruasi bulan ini sekitar tgal 20, di tangan sya muncul bentolan sangat gatal awalnya kemerahann apabila digaruk bentolan itu semakin besar seperti daging tumbuh agak keras dan semakin gatal,, lama2 klo tdk d garuk bentolan itu mengepes dan ada yg berubah menjadi buletan kecil yg berisi cairan, sekarang bentolan itu jg ada yg berbekas jdi hitam, kira2 apa yg hrus sya lakukan untuk mengatasi masalah tersbt. Terima kasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kutil kelamin masih mungkin...lichen planus juga mungkin... Ke dokter Aja untuk memastikan diagnosis ya

      Delete
  19. Nama saya andri

    mau minta masukan dan solusi dari dokter karena jujur saya takut sekali mendapat musibah ini.
    pada tanggal 31 jan 2013 saya tes darah di lab setelah ada gejala sipilis seperti ada bintik merah di telapak tabgan dan kaki. sakit tenggorokan. ada seperti koreng di kemaluan dan pada saat test kebetulan gejalanya mulai menghilang. hasilnya :
    VDRL reactive > 1:16
    TPHA reactive > 1:640

    saya kembali ke dokter spesialis kulit dan kelamin dan terapi suntik antibiotik selama 3 kali setelah 1 bulan kemudian saya test darah lagi pada tanggal 11 maret dan hasilnya.

    VDRL reactive 1:16
    TPHA reactive 1:640

    hasilnya cuma hilang lebih besarnya saja. kemudian saya ke dokter lagi dan mendapat 3 kali suntikan obat yang sama tetapi dengan dosis yang kebih besar. selang dua minggu saya tes darah lagi dan hasilnya sama dengan hasil tes terakhir saya. dokternya bilang ada sebagian kasus yang memang angka itu tidak berkurang sama sekali atau sebagai penanda saja kalau saya pernah mendpatkan penyakit ini. tapi kuman nya sebenarnya sudah habis. tapi jujur itu masih buat saya belum tenang pikiran dan masih takut.
    bagaimana menurut dokter. apa yang harus saya lakukan ?
    mohon balasanya. terimakasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harusnya klo udah suntik berkali Kali, hasil udah Mulai menurun ya... Apakah Tanda Dan gejala sifilis msh Ada? Cek ulang 1 bulan Dari suntikan terakhir ya...

      Delete
    2. Gejala sifilis sudah tidak ada dok. Saya mau tanyakan kepda dokter. Apa ada dalam sejarah penyakit sipilis, titer penderita tidak mau sampai nol bisa dikatakan sembuh ya dok ? Karena saya dapat penjelasan begitu dari dokternya bahwa saya sudah marked sipilis dan titernya tidak bisa ke angka nol lagi. Saya cuma mau dapat bukti bahwa saya sudah sembuh.
      Mohon penjeleasannya ya dok. Terimakasih banyak

      Delete
    3. Titer vdrl harus 0 baru dikatakan sembuh... Tpha jarang sekali sampai 0... Tapi tidak harus saat terapi selesai...biasanya dilakukan beberapa Kali pemeriksaan pasca terapi, Dan hasil dibandingkan...

      Delete
  20. saya Rani dok umur 23 tahun, beberapa hari yang lalu saya periksa ke lab karena keputihan saya yang sudah lama saya alami. hasil lab yang saya terima, sebagai berikut :
    preparat GO :
    - coccus gram negatif (+++)
    - ditemukan diploccus gram negatif ekstra celluler
    - batang gram negatif (+)
    preparat gram :
    - coccus gram negatif (+++)
    - batang gram negatif (+)
    - ditemukan diploccus gram negatif ekstra celluler
    - leukosit : 3-5/LpB Epitel (+)

    kemungkinan yang saya derita ini apa yah dok ? dan tindakan selanjutnya apa ?
    Terima Kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya sih gonore... Berobat Aja ke dokter terdekat ya..biar tuntas Dan dapat penjelasan menyeluruh

      Delete
  21. Saya Sukardi Do, umur 39 th, waktu hbs sumbang darah PMi memberitahukan sy klo vdrl realtif, lalu sy test sendiri hasilnya vdrl : negatif ,tpha: 1:640 lalu sy ke dr kelamin, tapi tidak ada pengobatan medis yg di berikan, hanya bilang klo tdk ush nyumbang darah lagi
    Menurut pendapat dokter saya hrs bagaimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hasil tersebut menandakan pernah kena sifilis... Vdrl reaktif artinya dianggap infeksi aktif, vdrl negatif dianggap riwayat penyakit tp saat kini sudah sembuh
      Aturan pmi, memang tidak mau menerima darah dgn vdrl reaktif...

      Delete
    2. saya Sukardi Dok,
      apakah dgn keadaan saya ini (Vdrl:- Tpha:1:640) bisa terkena penyakit kerusakan sumsum tulang belakang yg pernah saya baca di artikel mengenai penyakit spilis bu?
      tolong nasihatnya Dok mengingat saya sdh tobat 100% (1998 s/d skrg) dan sdh berkeluarga. Trim,s sblmnya

      Delete
    3. Mestinya tidak... Cek rutin tiap 6 bulan Aja untuk liat titer TPHA Dan VDRL

      Delete
  22. Nama saya bram...slam kenal dr.susie :) pd bln feb sy berhub intim dgn orglain selain pcr sy &itu sy lakukan hny satu kali(tnp kondom),lalu awal maret sy berhub dgn pcr sy.Kemudian 2minggu lalu sy mengalami kencing nanah sdh berobat sy diberi salep. cek lab. Tes vdrl/tpha/hiv: negatif (non reaktif) ,GO bakteri sdh hlg tpi,sel darah putih blm normal. sempet hilang tpi,6hr llu keluar lg tdk byk krn obat tdk dberikan lg&habis,dan sy pun msh konsultasi s/d skrg ke dr.spesialis. Yg mau sy tanyakan apakah ad kemungkinan sipilis/gonore? Apakah ini
    oleh org lain?krn 3thn ini sy berhub intim dgn pcr sy saja tdk dgn orglain begitupun pcr sy& krn slma ini tdk ad keluhan. Saya rasakan saat ini krg fit,lemas,bdn kdg dingin,demam,skt kpla ap krn sy krg istrht&takut dgn apa yg menimpa saya terlalu berlebihan?utk tes lab kpn bs sy&pcr sy lakukan lg?mnurut info yg sy baca dpt dilakukan setelah 3bln krn ms inkubasi. Makasih dok,.,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk sifilis memang biasanya bisa smp 3 bulan..walaupun pd beberapa org bisa lebih cepet... Penyebab keluar cairan tidak hanya GO...kuman lain juga bisa, misalnya klamidia, mikoplasma, dll...
      Klo sifilis bentuknya luka borok, bukan kencing nanah...

      Delete
  23. Salam kenal DR...saya ahmad ingin bertanya,saya didapati positive vdrl dan tpha baru baru ini...apa kesanya jikalau saya tidak mengambil sebarang ubat?apa akan terjadi?adakah ia akan berterusan ada dalam diri saya?penyakit ini sama seriusnya dengan hiv?terima kasih DR..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Vdrl Dan tpha positif artinya terkena penyakit sifilis... Segera ke dermatologist/venereologist supaya diobati... Bisa disembuhkan..makanya segera berobat ya

      Delete
  24. salken DR... saya HADARI positif VDRL 1/2 dan TPHA 1/80 karna saya CTKI oleh PT dirujuk kedokter umum disuntik tiap minggu selama 3 minggu... setelah cek darah vdrl 1/1 dan tpha 1/80... krna masih positif saya pindah kedokter SPKK atas inisiatif sendiri dan disuntik 3x juga... yg ingin saya tanyakan apakah efektif pengobatan saya karna berganti2 DOKTER?... ohya karna BUDOKTER bilang TPHA bisa sembuh walaupun tetap terbaca positif... apakah saya bisa kerja keluar negri... atas jawabanya trims semoga tuhan memberkati BUDOKTER amiiiin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. TPHA jarang sekali jadi negatif... VDRL masih mungkin... Tergantung pjtki nya... Sebagian negara gak mau terima...

      Delete
  25. Saya Josh,Menyambung posting sebelumnya,Ohya untuk tambahan dok.
    Di penis sy tidak mengeluarkan nanah atau sekret sama skali. tidak ada gangguan jg pada saat kencing.Tp sy merasa penis sy seperti kurang nyaman. Dengan hasil lab seperti diatas apakah ada masalah dengan kelamin saya? Trima kasih banyak dok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak Ada masalah harusnya... Klo gak enak, mesti jelas gak enak krn apa... Mungkin bukan STD...

      Delete
    2. Dear Dr. Susie
      Siang dok,saya pria,nama josh,
      Dengan hasil lab seperti ini apakah bisa disimpulkan ini adalah klamidia atau bisa karena bakteri lain y dok? Dan apakah ini dapat menular?
      Pewarnaan gram-sekret uretra
      Batang gram negatif : positif+1
      Batang gram positif : positif+3
      Coccus gram negatif: positif+2
      Coccus gram positif: positif+3
      Lekosit 3-5/lpi
      Epitel 0-2/lpi
      Tdk ditemukan diplococcus,
      Tdk ditemukan trichomomas
      Tdk ditemukan sel ragi dan hyphae/pseudohyphae.
      Dokter Susie praktek dimana y?
      Trima kasih banyak.

      Delete
    3. Klamidia dgn pemeriksaan serologi... Bisa menular...

      Delete
  26. Siang, dok! Nama saya Chan. Dua bulan lalu saya divonis herpes genital dan diberikan obat acyclovir. Karena merasa tidak yakin, saya pergi ke dokter lain dan dokter tidak yakin itu herpes. Kemudia dokter menyarankan saya untuk men-stop penggunaan obat itu sambil meng-info kan 'makan obat itu malah kasih makan virus' dan diberikan obat lain yang saya tidak tahu namanya.
    Satu bulan kemudian penyakit ini kambuh, saya lekas pergi ke dokter yang kedua dan diberikan herclov. Setelah saya cari di internet, ternyata obat ini untuk penyakit herpes.
    Peranyaan saya:
    1. Untuk menyakinkan penyakit ini, apa bisa dengan cek lab IgG saja? Atau masih perlu IgM? Apa cek sekali cukup atau berkali-kali? Kalau berkali-kali, berapa interval waktunya?
    2. Sekarang penis saya sering bercak merah (tidak bentol dan tidak gatal), apa ini salah satu gejalanya?
    3. Jika kambuh, obat mana yg harus saya minum dan brp dosis nya? Jika sudah sembuh, apa perlu terapi obat dan dosisnya brp?
    4. Jika saya minum obat terus, apakah virus akan mejadi kebal terhadap obat yang saya minum?
    Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo udh 2 bulan, bisa cuma cek igG Aja..tapi untuk HSV 1 Dan 2
      Obat hanya diminum bila sedang muncul gejala... Kecuali bila terjadi Lebih dri 6 x dalam setahun, baru perlu minum obat jangka panjang... Untuk obatnya, ke dokter terdekat Aja

      Delete
  27. Salam kenal dok, Saya Faiz 21 tahun, 10 bulan lalu saya mengalami kencing nanah dan luka di sekitar daerah penis, saya periksa ke dokter dan di beri obat, sampe sekarang memang udah gak pernah ada kambuh lagi, dan tadi siang saya test lab, hasilnya
    VDRL negatif
    Protein +1
    Bilirubin +1
    Keton +4
    Leukosit 1-10 N: <8
    Eritrosit 10-20 N: <0-1
    Epitel Positif,

    Yang mau saya tanyakan apa saya terkena sifilis atau ada penyakit lain? Karena beberapa bulan yg lalu saya kena semacam herpes di kelamin saya, dan skrg saya sering flu, lemas, sakit kepala,(semacam gejala2 sifilis yg saya baca di internet), mohon pencerahan ny dok,

    ReplyDelete
    Replies
    1. TPHA gmn? Itu hasil cek urinalysis ya? Coba ke dokter penyakit dalam ya krn Ada keton dalam urin kamu..

      Delete
  28. Salam kenal dok...nama saya adit...
    2 bulan yg lalu saya test vdrl tpha dan hasilnya vdrl 1:8 reactive dan tpha 1:640 Reactive... dan saya berobat ke dokter dikasi obat yg diminum selama 2 minggu 4x1...
    Setelah mnm obat itu 2 bulan kemudian saya cek darah lg hasilnya vdrl 1:2 reactive dan tpha 1:160 reactive...

    Yg mau saya tanyakan apa saya harus mnm obat kembali tuk menghilangkan reactive vdrl dok?? Karena saya konsultasi ke dokter yg saya datangi, katanya ga perlu mnm obat lg...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba cek ulang 3 bulan setelah minum obat terakhir ya

      Delete
  29. sore dok, saya yoyok 24 tahun. langsung saja dok. saya habis test VDRL dan TPHA setelah PMI memberitahukan saya terkena sifilis. hasil lab menunjukkan:
    > VDRL= positip 1/2 dgn nilai rujukan Negatip
    > TPHA= positip 1/640 dgn nilai rujukan negatip

    pertanyaannya:
    1. apa saya positip terkena sifilis?
    2. apakah bisa sembuh total dengan hasil lab seperi itu, dok?
    3. sudah sekitar 3-4 tahun di kepala Mr.P saya ada seperti sariawan sebesar biji kacang hijo. tdk sakit dan tidak gatal. hanya kadang muncul kadang tidak. bagaimana menghilangkan total, dok?

    mohon sarannya, dok
    terima kasih




    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya kena sifilis... Biasanya nilai TPHA tetap positif walau pun sudah sembuh...
      Penyebab sariawan bisa macam2... Sifilis, herpes, chancroid...

      Delete
    2. ear dr.susie

      Saya adit..saya mau nanya dok..2 bkn yg laku saya test darah hasil vdrl 1:8 dan tpha 1:640... dan saya konsultasi ke dokter disini dan diberi obat minum selama 2minggu 4x1hari setelah abis obat..saya cek lg 2 bulan kemudian dan hasilnya vdrl 1:2 dan tpha 1:160. Apa saya harus lanjutin mnm obat lg dok??

      Delete
    3. Kayaknya saya sudah jawab dech... Ulang 3 bulan setelah pengobatan terakhir

      Delete
  30. Maaf, Dr. Susie sy bram lagi,saya msh sgt bingung dokter. Hasil diagnosa lab saya uretritis non spesifik.
    URIN LENGKAP :
    Warna;kuning
    kejernihan;keruh.

    SEDIMEN:
    leukosit 12-14/LPB
    Eritrosit 1-2/LPB
    Sel Epitel 1+
    Berat Jenis 1.030
    Ph 6.0
    Darah/Hb Trace
    Urobilinogen 16.0 umol/L.
    Leukosit Esterase 1+
    Pertanyaan saya
    1.Utk hasil lab yg berupa angka ini apakah normal atau tdk bu dokter?

    2.Apa ini ad pengaruh dgn (UNS) yg sy derita? Karena yg saya rasakan sekarang terkadang testisnya merah pd saat sakit&keras shg keluar cairanny lalu pd batang serta bawah penis sring kluar cairan bening pd pagi hari.Tapi, cairan tsb msh stiap hari kluar smpai skrg. Intensitas buang air kecil jd sering tpi,tdk sakit.gejala lain terkadang skit kpla,bgian kaki sprti ksemutan/seperti demam nyeri tulang, demam pnas dingin, buang air besar. Sedangkan untuk konsumsi obat yang saya terima dari RS yg 1 Oxfloaxcin 400mg,Siclidon(Doxyciclin) 100mg,Hydrocholride20mg ada yg 1 minggu & 3hari. Kmudian sy pindah ke RS yg lain Obat yg diberikan hny doxyciclin 100mg 2xshri utk 1 minggu.dinyatakn smbh tdk minum obat + krg lebih 2minggu tetapi krn sy tiba2 pd pgi keluar cairan dan diperiksa leoukosit sy naik .

    3.Jk tes Lab kembali adakah Referensi dokter susie krn sy dianjurkan cek jaringan kultur?

    4. Apa memang demikian utk Efek smping dr PMS? yg sy baca jk tdk ditangani dgn baik menjadi mengingitis,prostatis,striktur uretra.vesikulitis,epididimitis.Mandul,kanker prostat, jantung,kerusakan otak dsb. saya takut. terimakasih byk bu dokter susie...sgt luar biasa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya kamu harus konsultasi pads dokter urolog ya... Krn kelainan pada urin adalah kompetensi mereka..

      Delete
  31. Dok saya revan 22tahun, 2minggu lalu berhubungan, lalu saya mengalami tiba2 muncul lesi seperti luka kecil di lengan kiri 3 lubang, di perut kaanan 2, kira2 itu apa ya? agak gatal sedikit tp saya ga garuk.. batuk2 sebelomna iya, flu, kurang nafsu makan, gusi berdarah..
    saya periksa darah spilis negatif
    hsv 1 negatif
    hsv 2 gm nya borderline
    hiv 0,06 non reaktif

    apa saya terkena hiv dok?? lesina skarang udah hilang, cm saya masih agak lesu aja... terima kasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin cuma insect bites biasa... Klo mau cek sifilis, lakukan 3 bulan setelah kontak berisiko ya... Cek HIV 3-6 bulan setelah hubungan.

      Delete
  32. Jd, menurut dokter sy tdk perlu ke dr.kulit kelamin? Yg sy sesalkan sy mau cek lab komplit tetapi sdh 2 RS yg dicek sm sprti itu tdk komplit hny cek Vdrl/tpha,anti hiv. Tetapi tdk ad cek GO, Clymidia, hsv1&2, Hbsag. Sy ingin skali cek, sy hrus bgmn sbaikny?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya cari RS lain dong... :) tapi GO hanya bisa diperiksa kalo Ada cairan gak normal Dari Ujung kemaluan

      Delete
  33. dok saya ferry mau tanya sifilis menular apa lewat hub sex saja, apa bisa melalui darah yang nempel kekulit atau cairan ketuban saat tolong ibu hamil karena lupa pakai handskun,atau teman yang kena sifilis sedang hamil menegelurkan caiuran saat pinjam motor di jok motor atau serta berhub sex di kamar mandi hotel yang belum tau kehegienisan nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menular lewat darah...hubungan sexual, transfusi, ibu ke bayi...

      Delete

Sebutkan nama terlebih dahulu, bila ingin mendapatkan respons...thank you.. Tanpa nama akan langsung saya hapus ya......

Note: Only a member of this blog may post a comment.