Halo semua rekan yang tertarik dengan kesehatan kulit, semoga artikelnya berguna... Ditunggu selalu komentar dan inputnya... Khusus untuk intermezzo, adalah pengalaman unik selama praktek yang menurut saya cukup menarik untuk dishare... Happy reading...

Saturday, October 1, 2011

Bayi gosong....ya ampunnnn!!!

Dua hari yang lalu..waktu menyetir, sambil mikir-mikir judul tulisan...tiba-tiba aja teringat pasien bayi yang pernah diajak berobat ke tempat praktek saya.... 
Kejadian ini sih udah lama..kira-kira 1-2 tahun yang lalu... tapi masih menarik dan relevan kok untuk diceritakan kembali..... karena masih menyangkut kebiasaan orang-orang kita...

Tepatnya kebiasaan para orangtua muda yang punya bayi....terutama bayi baru lahir...yaitu menjemur bayi di bawah sinar mentari pagi....

Waktu itu ada sepasang suami istri datang membawa bayinya yang berumur kalo gak salah 1-2 bulan... terbaring dalam stroller...sedang tertidur dengan tenang...
Yang membuat mata saya terbelalak kaget adalah ...bayinya gosong...ya ampun....hitam agak legam bercampur sedikit kemerahan...OMG!!

Dalam pikiran saya...waduh pasti perih tuh kulitnya ya...bayinya belom bisa komunikasi lagi... bayangin aja kalo kita kelamaan berjemur...sunburn ...pasti perih, pedes, campur gatal!! Oh owwww....

"Walah...bayinya habis diapain bu??"
"Habis dijemur dok...kelamaan...hampir 1 jam"
"Pake baju gak?
"Telanjang dok..."

Wah...gawat juga ya...
Setelah saya pikir-pikir memang sih selama ini orang-orangnya tahunya sinar matahari bagus buat pembentukan tulang ....jadi orang-orang berasumsi makin banyak sinar ultraviolet yang didapat, pembentukan tulang juga semakin bagus... Apa benar sih??

Selama ini yang selalu saya ajarkan kepada orang tua adalah:
- jemur antara jam 7-9 pagi, maximal 30 menit
- pakai baju..jangan telanjang bulat
- tidak perlu sinar matahari langsung, jadi diteras rumah aja juga boleh

Tapi setelah kejadian tersebut..saya jadi bertanya-tanya..gimana ya yang bener?? Hahaha, soalnya ilmu yang didapat biasanya juga ilmu turun-temurun..hehehehe...jujur aja neh...makanya saya mesti cari-cari mengenai cara yang benar...

Anehnya..kalo saya berusaha browsing mengenai menjemur bayi di pagi hari...ternyata sulit lho..maksudnya dari kebiasaan/literatur luar negeri... Apalagi untuk kulit bule..yang mudah sekali mengalami sunburn..mereka takut..karena sunburn meningkatkan risiko kanker kulit pada orang kulit putih... Hahaha..sebenaranya saya tertawa juga baca kesimpulan ini...soalnya waktu bayi disayang-sayang jangan sampai mengalami sunburn...eh waktu dewasa mereka malah sueneeeng banget berjemur..atau istilah kerennya sunbathing...aneh ya

Balik lagi ke kulit orang Asia seperti kita...baiknya gimana ya?
Kulit orang Indonesia sebenarnya gak mudah sunburn (terbakar matahai yang menjadi kemerahan)..yang sering terjadi adalah suntan (jadi lebih gelap, efek lama)...
Tapi bukan berarti gak ada kanker kulit lho pada orang Indonesia.......tetap ada kok.. cuma insidensnya lebih rendah... Belum lagi risiko katarak...walaupun sulit dibuktikan.. 

So mendingan gimana ya??
Jemur tetap saja boleh dilakukan selama mengikuti rambu-rambu di bawah ini:
- Sebaiknya sebelum jam 8 pagi
- Gak perlu lama-lama, cukup 15 menit saja (makin putih kulit, makin pendek waktu untuk jemur yaaaa..)
- Jangan ditelanjangi ya...jadi tetap pake baju dech..
- Gak perlu matahari langsung ya... di teras cukup kok....

Hopefully gak ada lagi cerita bayi gosong yaaaa...!!

God bless....

57 comments:

  1. dokter susie..
    saya Guco. lanjut nanya dsini gpp kan? di chatbox ga bs panjang ngetiknya hehe..

    Ohy, jd bgini dok. saya dikasih obat sm dokter kulit saya, acne gel dan acne lotion (setelah pemakaian 2 minggu, jerawat saya hilang tetapi muka saya kusam dok)..
    saya check up lg.. krim malam diganti dg evalen gel.. belum genap seminggu (saya make evalen dr tgl 25, sampe kmrn mlm)
    muka saya mulai bersih dgn evalen.. tapi setelah pemakaian lbh dr 4 hari, mulai muncul jerawat baru dok.. knp ya dok? apa yg hrs saya lakukan?? ini jerawat gede bgt -_- .. masa back to back bgini? huhuhu.. mohon solusinya ya dok.

    ReplyDelete
  2. evalen bagus buat ngilangin bekas...tapi klo sbnrnya biji jeraawt belum bersih bener..biji jerawat itu masih bisa jadi besar... solusinya adalah evalen tetap dikombinasi dengan obat jerawat sebelumnya...ngobatin jerawat gak bisa instant..perlu waktu 4-6 bulan baisanya

    ReplyDelete
  3. makasih ya dok sblmnya :) still Guco here..
    hemmm dg kata lain, boleh ya klo saya make evalen full face terus acne gel nya saya totol aja di jerawat??
    atau.. saya pake evalennya full face tp ga ngenain jerawat yg sedang meradang.. di jerawat yg meradang saya pakein acne gel.. gimana dok?

    ReplyDelete
  4. bisa cara kedua ya..jeraawt hanya kena acne gel...tapi paling bagus kamu langsung tanya dokter kamu aja..soalnya tiap dokter gak sama metodenya

    ReplyDelete
  5. Guco here..
    iya dok,saya insya allah ke rs. puri deh klo nnti uangnya turun dr ayah (impossible klo skrg2 ini)..
    makasih ya dokter susi :)
    semangat dok bikin artikel2 nya heheheee..

    ReplyDelete
  6. hehe..emangnya kamu pasien saya ya? dioana?

    ReplyDelete
  7. halo dok, maaf bru bls, saya baru langganan internet lg nih hahahaa..
    guco here..
    hmm, saya bkn pasien dokter susi, tp saya pasiennya dokter suksmagita.. dan pernah sih bbrpa x nemenin tmn saya ke dokter susi untk check up.. hehehee..
    ohy, skrg, jerawatnya kempes dok, saya hampir seminggu make acne gel.. heheee.. tp galau nih mulai kpn make evalennya.. hemm..

    ReplyDelete
  8. klo udh kempes semua..evalen boleh mulai dipake

    ReplyDelete
  9. guco here.
    wah lama ga bls maaf ya dok, sibuk jd pengacara ini hahaa..
    okee dok, makasih ya infonya.. skrg jeerawatnya ga membandel hehehe.. smoga akan trs bgini, amin.

    ReplyDelete
  10. hu uh dok, thanks god bgt. kmrn iseng facial di eva mulia, muka saya yg dpcencet jd ada yg jerawatan -_-
    skrg mulai kempes lg abis dikasih acne gel.

    ohy, dok.
    saya kan make krim mlm evalen gel yah, kok efeknya ga sama kaya anc3 atau anc4 yg obat erha ya dok?
    kinclongan pake anc3 atau anc4..
    pertanyaannya, klo di rs puri bisa ga ya, konsul nya di rs, tp bbrpa obatnya bs beli di erha??

    ReplyDelete
  11. Ini Guco? krn ANC3 dan 4 pakenya treatinoin yg lebih kuat dari evalen...anti jerawat evalen lebih bagus...jadi tergantung kebutuhan..
    Bisa aja bilang aja ke dr Gita...

    ReplyDelete
  12. iya dok, ini guco (udah kaya penghuni tetep artikel bayi gosong haha)

    hohh gitu oke deh dok..
    abisan bekas jerawatnya lama bgt ilang, dan produksi jerawat tiap kempes pasti ada bekas.
    thanks ya dok infonya ;)

    ReplyDelete
  13. maaf dok saya henny...mau tanya obat yang cepat ngilangin bekas jerawat memerah..skrg saya lagi pake melanox...tp kok makin merah bekas jerawatnya ya...apa evalen lbh bagus daripada melanox? atau ada obat lain yg lebih bagus? evalen ada di jual di apotik kan dok?...please bantu saya ya dok

    ReplyDelete
  14. Sorry ya baru jawab...kemaren sakit flu berat gak sempet buka internet..
    Bekas merah emg lebih susah...pake hidroquinon suka tambah merah...pake evalen juga kadang tak membantu...yg cukup berguna adalah azelaic acid..tapi harus pake resep dokter..dan sering buat iritasi...

    ReplyDelete
  15. iritasi gimana ya dok? soalnya wajah saya sensitif banget...henny

    ReplyDelete
  16. maksudnya banyak yang gak cocok ama azelaic acid... ke dokter terdekat aja

    ReplyDelete
  17. Sehubungan dgn crita dokter di atas,sy mengalami jg,tp ringan aja. Bayi saya 3m,baru lahir kulit nya putih tapi karena selalu berjemur,kulitnya jd gelap :( padahal saya jemur hanya 5-10 mnt di kisaran jam 8-9 pagi.
    Pertanyaan saya,msh bs kembali normal ga ya warna kulit bayi saya Dok?abis jd agak coklat se kulitnya

    ReplyDelete
  18. malam dok saya riska, mau tanya dokter, kalau sabun yang cocok digunakan dengan evalen gel apa ya?? soalnya dalam keterangan interaksi obat, jangan menggunakan produk yang mengandung sulfur resolsinol atau asam saliat, terus kalau untuk sabun JF Sulfur gimana ya dok, bisa g di kombinasikan dengan evalen?? trimakasih dokter sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Riska...kalo sabun sebenarnya pengaruhnya gak banyak ya...karena kontak sangat sebentar... jadi pake apa aja boleh...

      Delete
  19. malam dok, saya farah.mau tanya nih dok. saya selama 2 hari ini sedang menggunakan evalen gel. saya ragu. penggunaan evalen itu sbnrnya untuk seluruh wajah atau hanya ditutul tutulin aja di bagian yg jerawatan. dan satu lagi dok evalen itu menyebabkan kulit mengelupek atau tdk ya dok? atau menyebabkan jerawat keluar semua saat pemakaian tahap awal? terimakasih dokter :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Farah..biasanya seluruh wajah ya...skalian biar warnanya rata...bisa pengelupasan ringan ya... n punya efek anti peradangan...namun pd beberapa org tetap mungkin mengeluarkan jerawat pada awal pemakaian ya

      Delete
    2. terimakasih sebelumnya dok atas jwbnya, ini masih farah dok, mau tanya lg dok hehe. jd tuh saya di beri resep evalen dan jg lotio kumereldhi. dan menurut info yg saya tangkep penggunaanya tuh harus diselang seling. pertanyaanya, pemakaian evalen itu perlu diseling brp malam ya dok dgn lotio tsb? terimakasih banyak dokter :-)

      Delete
    3. selang tiap malam.... klo jerawat udh bersih..lotion kummerfeldi stop aja... evalen tiap malam

      Delete
  20. siank dokter. saya galuh. sy abiz konsul ke dokter masalah jerawat saya. jerawat saya bukan jerawat parah tp mrintis2 ky kringet buntet gt. trz doktere kasi resep sabun erasul, evalen gel, innobloc cream spf24. obat minumnya prolic n seloxy (ini untuk apa yah..harganya mahal dok).untuk pemakain evalen katanya dihindari daareh mata n mulut soalnya ituh daerah sensitipp,, yg sy kuatirkan nanti warna kulit muka saya jadi belank. pemaakaian yg benr gmn dok. terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Prolic itu antibiotic terutama untuk jerawat yg meradang.... Seloxy vitamin... Area mata Dan mulut emg sensitif.... Jarang belang kok... Klo belang, bilang ke dokternya Biar dapat krim utk area sensitif

      Delete
  21. Malam dok, saya Yuki..mau tanya dok ,saya sempat diresepkan oleh dokter kulit saya vitacid, dan benzolac, tapi kemudian saya merasa memakai benzolac membuat wajah saya beruntusan , kemudian dokter kulit saya menggantinya dengan Retin A ..dan ternyata memakai Retin A malah makin memperparah wajah saya ,jerawat kecil-kecil seperti keringat buntet, meradang dan semakin banyak . Saya kemudian pindah ke dokter kulit lainnya , diberi racikan bioacne dan locoid cream, katanya pakai ini saja dulu sampai jerawat tidak meradang , setelah itu dilanjutkan memakai evalen. Apakah memakai evalen nantinya akan mengeluarkan semua jerawat yang ada didalam kulit juga dok ? saya jadi takut kalo efeknya demikian. Terimakasih dok...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bisa mengeluarkan jerawat juga...tapi lebih ringan..
      Sebenarnya gapapa...bersihkan dulu semuanya, biar perawatan antiaging bisa maximal...

      Delete
  22. hallo dokter susie,saya lady,saya mau tanya,apakah evalen dapat digunakan untuk menghilangkan flek2 hitam bekas jerawat yang sudah berbulan2 menghitam di daerah punggung?duluu punggung saya berjerawat namun sekarang tinggal bekas2nya saja yang menghitam cukup dalam sepertinya,apakah ada saran cream / salep apa yg bisa saya gunakan? dulu saya sempat konsultasi ke dokter,dan diberi cream,tapi stelah saya menggunakan,justru jadi meraah2 dan malah perih seperti terbakar rasanya, dan dokter hanya menyuruh hentikan penggunaan creamnya, alhasil skrg bekasnya hitam lagii. Terima kasih dok, saya tunggu jawabannya :).

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh di coba...cuma risiko iritasi tetap Ada ya... Klo sampe iritasi juga, biasanya bekas hitam akan menghilang sendiri dalam 3-6 bulan ya

      Delete
  23. Salam kenal dok,,aku Lyan, pengen tanya nih,mukaku jerawatan kecil2,bruntus,,dulu pake sabun erasul langsung bersih mulus,karena di apotik kehabisan,aku ganti dengan acne aid,,apakah efeknya sama? Erasul atau acne aid yg lebih baik dok?
    Terima kasih sebelumnya,mohon dijawab,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagus kok acne aid.... Coba Aja dulu ya... Mana yang bagus hasil berbeda untuk tiap orang

      Delete
    2. hallo dokter...saya dea..belum lama ini saya datang ke dokter spkk yg ada di wonosobo. muka saya jerawatan,terus ada bekas jerawatnya yang agak menghitam,sya dikasih resep pake krim mlemnya diganti evalen gel,dipake keseluruh muka. obat ini bisa bener2 ngilangin bekas jerawat n jerawatnya g dok?
      mksii sebelumnyaa :)

      Delete
  24. Halo dok, saya Leni, sedang hamil 6 bulan dan memakai AC BP, AMG 1, AF 2 dan evalen untuk cream malam. Apakah semua cream tersebut aman untuk ibu hamil. Terimakasih atas sarannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Evalen itu adapalen coba browsing supaya pasti ya... Klo saya sih gak kasih ... Yg lain ok

      Delete
  25. halo dokter, mau ikutan nanya nich, muka saya ada flek hitam dan dokter kulit meresepkan interquin 5% dan dermanide cream dipakai malam hari, yg mau saya tanyakan fungsi masing2 obat apa ya dok? dan untuk pemakaiannya gimana, di tempat yang berflek aja ya, apa nantinya tidak belang ya dok klw dipakai di area yang berflek aja. makasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Interquin pemutih, dermanide untuk ngurangin risiko iritasi
      Klo cara pakai mesti tanya langsung ke dokter yang kasih...iasanya dermanide hanya jangka pendek ya

      Delete
  26. Halo dok..saya Devi..Mau tanya sesuai dengan tulisan yang dokter tulis diatas..anak saya usia satu bulan...selama ini selalu saya jemur tiap pagi karna anak saya ikterik, sempet fototerapi juga pada usia 2 minggu, awalnya saya jemur anak spt cara lama, Karna akhir2 ini ga ada matahari saya jemur jam 9 -9.30, tapi Karna sudah dapat pencerahan saat ini saya jemur maksimal 30 menit sebelum jam 7/8.tapi anak saya sudah terlanjur gelap deh kulitnya, aslinya putiiiih n merah bgt Dok, bisa kembali gak ya Dok warna kulit aslinya, mengingat anak saya yang pertama dulu juga gosong (saya baru tau klo gosong dari SpA-nya) dan warna kulitnya sampe sekarang sepertinya tetep gelap (anak pertama saya umur 3 tahun), mohon info ya dok, terima kasih sebelumnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo... efek terbakar sinar matahari yang menyebabkan kulit jadi gelap atau suntanning sebenarnya bisa pulih begitu jarang terkena sinar matahari lagi.... warna kulit bayi gak bisa jd patokan warna kulit saat besar... bagaimana kulit kedua orangtuanya?

      Delete
    2. saya kebetulan putih dok...tapi suami "gelap" hehe...anak saya yang pertama sebenarnya tidak hitam, cuma khawatir kalo itu efek penjemuran yang dulu...terima kasih banyak ya dok atas infonya...

      Delete
    3. hehehe..klo efek jemur sih gak permanen...

      Delete
  27. Halo dokter...saya friska. Muka saya jerawatan dan jerawatnya itu merah dokter, sebelumnya saya pake perawatan dokter tpi jerawatnya gak bersih total pasti ada satu-satu dan bekasnya jadi hitam, Akhirnya saya lepas dri dokter.skrg pake pencuci muka biasa. Klu yg seperti itu jerawat hormon ya dokter?? Kira-kira obat yang cocok apa ya dokter???
    Mohon infonya ya dokter ..Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin oleh dokternya belum dikasih penghilang bekas, jadi bekasnya masih kehitaman...
      Jerawat hormon biasanya muncul di area rahang... Coba pakai sabun jerawat dulu Dan obat jerawat yg dijual bebas.... Klo masih jerawat, ya harus ke dokter lagi...

      Delete
  28. Mlm dok, nama sy sari, sy jerawatan meradang di dahi sm di janggut susah bgt ngilanginya dok,saat ini sy pake benzoyl peroxide meradangnya udah lumayan sih sampai brp lama y dok kempis nya,sy sering jerawatan meradang di janggut sakit bgt,biar g sering keluar jerawat meradang di janggut pake apa y dok,trus untuk ngilangi bekas jerawat pake cream apa y dok yg bisa buat harian , thanx dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pake rutin aka benzoyl peroxidenya ya... Supaya gak meradang lagi...skalian buat pencegahan...
      Tergantung warna bekas jerawatanya..

      Delete
  29. hallo dok, saya rifki anak sma kelas 3, muka saya jerawatan merah" banget pula, saya pake sabun muka acne aid, kalo krim buat menghilangkan jerawat sama kemerahannya, bagusnya pake apa dok ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Macam2.... Coba obat jerawat yg dijual bebas dulu ya... Klo di dokter, biasanya perlu antibiotik

      Delete
  30. Halo dok, nama saya dita..
    Saya udah 6 bulan di erha bintaro..
    Problem-nya jerawat. Terakhir sama dokternya dikasih obat acs bp, at0,5+amg7+aft untuk pagi sore, malemnya at0,5+erymed+acuatim + udah pernah bha peeling 1x.. Obat tersebut diberikan ke saya setelah dokternya curiga kalo sya resisten clindamycin, karena setelah dikasih obat yang kuat efeknya bukan mempercepat penyembuhan, tapi jerawatnya makin banyak.
    Tapi satu < 1bulan dikasih obat2an diatas jerawat saya masih banyak, bhkan jrwt nodulnya juga makin banyak, o ya dok saya masih punya milia yang belum ilang..

    Apa saya ga cocok obatnya dok? ato saya mungkin mengalami purging?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya mesti minum antibiotic..klo perlu isotretinoin...
      Milia hrs dikeluarkan...

      Delete
    2. terima kasih dok, nanti saran dokter akan saya sampaikan ke beliau :)

      Delete
  31. Halo Dok Susie, saya Alice... Baby saya kulitnya belang dari umur 2 blnan( sekarang 6.5 bln). Warna badan&kakinya lebih gelap sekitar 4 tingkat dibanding mukanya. Pertama saya mengira cream muka (racikan) dari Dokter yang membuat kulit mukanya makin putih ( sekitar umur 3bln babyku ada bercak2 putih di muka dan di vonis pityriasis alba sama Dok kulit yang lain). Ternyata kebetulan minggu lalu pas imun, dokternya mengatakan baby sy kulitnya gosong karena efek minyak telon, dan dia tipe kulit sensitif... Pertanyaan saya: apakah kulit belang nya bisa balik ke warna semula dan senada ama warna wajahnya? Karena mengingat perbedaan warna sangat kontras... Hiks...hiks..., cream ato sunblok apa yang perlu dipakai? Sekarang sy sudah stop memakai myk telon dan hanya pakai lotion sebamed untuk badannya. Dan apakah bercak2 putih dimukanya bs hilang total? ( sekarang sudah samar2 tetapi bila diperhatikan tetap ada bercak putih) dan biasanya berapa lama expired cream racikan ? Terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya bisa kok..cuma perlu waktu
      Sunscreen dan pelembab wajib pakai ya...juga untuk pencegahan pityriasis albanya...
      Biasanya expired 6 bulan...bisa Lebih cepat bila Ada pemutih krn perubahan warna

      Delete
    2. Jadi Dok, sehabis pake cream racikan trus ditimpa pake sunscreen ga masalah? Atau sehabis pake pelembab di badan, ditimpa suncreen? Apakah suncreen boleh dipakai jika hanya dirumah saja dan Baby nga terpapar sinar matahari? Dan apakah bener jika penderita pityriasis alba positif mempunyai alergi dan memiliki kulit kering?

      Delete
  32. Halo Dok..

    Nama saya Debora, 36 tahun, belum menikah. Saya tinggal di Jakarta sejak 2007. Sebelumnya mmg jerawatan, tapi udah pake krim & tidak pernah jerawatan. Tapi sejak tinggal di Jakarta saya jadi jerawatan. Di Jakarta, saya udah 4x pindah klinik, mulai dari Erha dan klinik2 lainnya. Dan jerawat sembuh hanya jika saya mengkonsumsi isotretinoin. Masalahnya, 3-4 bulan terakhir ini mata kiri saya jadi sering merah. Dokter mata bilang alergi. Padahal sebelumnya saya sering minum obat itu gak ada masalah. Jadi sekarang saya hentikan konsumsi obat itu. Dan jerawat bermunculan lagi. Sedih banget. Hiks hiks..

    Kulit saya tidak terlalu berminyak, sehari 3x saya bersihkan muka, haid teratur dan rajin menggunakan krim2 dari dokter.

    Ada saran gak Dok? Harus konsumsi apa pengganti isotretinoin?

    Terima kasih. Tuhan memberkati.

    ReplyDelete
  33. @alice: boleh Aja, cuma mesti pasti apa isi krim racikannya... Pityriasis alba seringnya muncul pada pasien alergi...

    @ Debora: bisa juga coba penyinaran dengan blue light... Ada di erha besar...atau konsumsi antibiotik

    ReplyDelete

Sebutkan nama terlebih dahulu, bila ingin mendapatkan respons...thank you.. Tanpa nama akan langsung saya hapus ya......

Note: Only a member of this blog may post a comment.