Halo semua rekan yang tertarik dengan kesehatan kulit, semoga artikelnya berguna... Ditunggu selalu komentar dan inputnya... Khusus untuk intermezzo, adalah pengalaman unik selama praktek yang menurut saya cukup menarik untuk dishare... Happy reading...

Saturday, October 15, 2011

Maaf ya bu...saya juga gak bisa bantu (sendirian)..!!

Hehehe...
Ini adalah perkataan saya pada seorang ibu yang berobat beberapa hari yang lalu....

Si ibu ingin berobat flek...diajak oleh seorang temannya yang sudah menjadi pasien saya...

Berikut adalah percakapan saya dengan sang ibu.


Susie: " Banyak aktifitas di luar ruang gak, bu?"
Ibu   : " Gak kok dok...banyakan di rumah..."
Susie: " Masak gak bu?"
Ibu   : " Iya dok...tiap hari...gak bisa gak...lama lagi di dapurnya.."
Susie: " Wah repot ya bu...soalnya kalo sering kena radiasi dan uang panas dari kompor dan
           masakan juga jadi gampang flek ya bu..."


Memang demikian ya...jika ingin mengobati flek memang ada rambu-rambu yang sebaiknya diikuti...tujuannya biar hasil pengobatan menjadi maksimal...gak sia-sia...
Soalnya selain panas dan sinar matahabi bisa memicu flek...ternyata semua obat pemutih rata-rata bersifat fotosensitif...


Maksud dari fotosensitif adalah membuat pemakainya menjadi sensitif terhadap panas dan sinar...jadi gak heran orang yang pakai pemutih jadi gampang merah kalau kejemur dan kepanasan...


Jadi jangan heran kalau ada dua yang orang yang sama-sama kejemur..maka yang pakai krim pemutih biasanya akan mengalami sunburn yang lebih parah...terutama bila tak terlindungi secara maksimal dengan tabir surya...


Balik lagi ke kasus ibu di atas...
Teman ibu tersebut ikut menganjurkan, " Pakai masker aja dech kalo masak."
Ibu     : " Wah gak bisa....repot"
Susie  : " Kurangin dulu aktifitas memasaknya mungkin gak, bu?"
Ibu     : " Gak bisa dok..."
Teman: " Coba pake masker aja bisa gak sih?"
Ibu     : " Gak bisa...pokoknya gak bisa...gak mau pake masker...harus tetap masak"
Susie  : "Wah sulit ya bu kalau begitu...soalnya hasil terapi pasti gak akan maksimal...bisa-
             bisa nanti mukanya malah merah terus...kebakar...malah gampang hitam bu.."
Ibu     : " Tapi saya gak mau pake masker dok...kalo saya gak masak, gak mungkin"
Susie  : " Waduh maaf ya bu...saya juga gak bisa bantu kalau begitu...soalnya untuk dapat 
              hasil maksimal..ibu juga harus membantu..."


Walah pusssiiiinggg...!!


Tolong diingat ya...hasil terapi tidak hanya bergantung dari kompetensi dokter....tapi juga sangat diperlukan kerjasama dari pasiennya....


God bless....!


22 comments:

  1. hallo dok,,,
    jadi penasaran ney,,
    emang penyebab flek tuh apa aja sih,dok????
    koq masak bisa jadi salah satunya???

    ReplyDelete
  2. Bisa aja karena memasak...karena radiasi infra rednya... penyebab lain karena hormon, aging, pajanan matahari, obat-obat tertentu..

    ReplyDelete
  3. maaf dok nama saya wiwi ,saya bs minta no telp ,terima kasi

    ReplyDelete
  4. Sorry ya wiwi..saya gak memberikan nomer HP..lewat blog aja

    ReplyDelete
  5. Dear Dok, saya Florentine..kebetulan saya juga punya masalah flek2 coklat..kira2 apa saja ya yang harus dilakukan untuk menghilangkan atau memudarkan flek2 ini? Dan jika beraktifitas diluar ruangan, berapa lama sunscreen / sunblock mampu melindungi kulit saya? terima kasih

    God Bless..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba pakai krim-krim pencerah yg dijual bebas dulu aja..yg mengklaim bisa menghilangkan flek... klo tetap gak hilang, harus ke dokter sih
      Proteksi sunscreen tergantung nilai SPFnya

      Delete
  6. halo dokter susi..
    sy iwan, mau tanya bibir istri saya bagian bawah keluar bercak atau flek warna coklat agak gelap (kehitaman) rata dengan kulit dan tidak ada benjolannya atau tidak sariawan. besarnya kurang lbh spt ujung pensil.
    ini pertanda apa yah? bahaya tidak? dan kalo mau periksa ke dokter harus ke dokter kulit atau dokter yg lain? tq dokter...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin tahi lalat biasa atau lentigo...ke dokter kulit Aja ya... Untuk memastikan apakah Ada risiko ganas, perlu pemeriksaan dermoskopi...bisa ke RS Dharmais

      Delete
  7. halo dokter susie...
    saya iwan.
    menyambung input dari dokter ttg kemungkinan lentigo di bibir istri saya. lentigo itu berbahaya tidak? apa lentigo sama dengan melantotic macula? kalo sy browsing krg lbh spt melanotic macula tp warnanya bercak di bibir istri sy lbh muda aja. tq dokter susie

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak bahaya kok.... Klo cemas, coba ke rs dharmais utk pemeriksaan dermoskopi ya

      Delete
  8. Dokter Susie, saya July di Depok.
    Saya pernah rutin berobat dokter kulit lalu sudah stop sama sekali krim2nya sekitar 2,5thn.
    Sdh sekitar 4 bulan ini sy pakai tretinoin 0.025%. Cerahnya dapat tapi flek blm terlalu memudar.
    Saya mau pakai glycore saja, tanpa ditumpuk treti. Saya ingin tau pendapat dokter, baiknya sy pakai yg kadar 8% atau langsung aja yg 10% ya?
    Terima kasih banyak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selalu mulai krim dengan kadar terkecil... Krim 2 yang kamu pakai itu harus di bawah pengawasan dokter ya krn obat keras dgn risiko iritasi

      Delete
  9. siang dokter susie ,nama saya desi. saya mau nanya kalau suntik vitamin (bisa di bilang suntik putih) berbahaya ga dok?
    trus kalo saya lagi meminum antibiotik doxcycicline karna lagi pengobatan jerawat , itu berbahaya ga ya dok, klo saya melakukan suntik vitamin(suntik putih) jg ?
    mohon sarannya ya dok , trimakasih dok sebelumnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak bahaya asal gak Ada reaksi alergi n fungsi ginjal kamu ok..

      Delete
    2. oh , gitu ya dok. jadi gpp klo saya lg minum doxcycicline, terus suntik jg ?
      dok, mau tanya lagi nh :) apa minum doxycicline harus 6 blan ya dok ? klo sesudah berhenti minum, apakah jerawatnya akan bermunculan lagi ?

      Delete
  10. Pagi dok,saya Lia 24 tahun,kulit muka dan punggung saya kok bnyk terdapat flek coklatnya yah,apakah itu lentigo?berbahaya gak yah,mohon bantuanya dok.terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa juga seborrhoeic keratosis...gak bahaya
      Klo mau tau pasti, ke dokter kulit terdekat ya

      Delete
  11. Siang dokter susi.. nama saya rissa, umur 22 thn. Saya memiliki riwayat keturunan keratosis pilaris. Bintik bintik sperti jerawat yg brwarna merah di tubuh sya ini paling parah muncul di lengan bagian atas dan paha bagian dalam, ada juga di daerah pipi. Karena keadaan ini, sya jd minder utk menggunakan baju tanpa lengan.
    Yg ingin sya tanyakan dok, apakah kondisi ini tdk bs disembuhkan? Dlu prnah sya bawa ke dokter dan hanya diberi obat topikal, sya gunakan selama 2mnggu namun tdk berefek apa apa. Bgaimna ya dok urutan perawatan yg paling tepat? Utk .mengurangi ukuran atau menghilangkan bintik itu apakah ada obat topikal yg bs membantu?
    Terimakasih dok..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Risiko kambuh besar krn bakal kulitnya begitu..terutama pd kulit kering... Untuk maintenance paling bagus moisturizer yg mengandung lactic acid...paling penting jaga kelembaban kulit Dgn rutin pakai pelembab, hindari sabun antiseptik

      Delete
  12. halo dokter... sy iwan.. di dahi saya muncul bercak gelap kehitaman membentuk garis, tidak gatal dan tidak ada yg nonjol di kulit.. bercak gelap kehitaman ini apa yah? thanks...

    ReplyDelete

Sebutkan nama terlebih dahulu, bila ingin mendapatkan respons...thank you.. Tanpa nama akan langsung saya hapus ya......

Note: Only a member of this blog may post a comment.