Halo semua rekan yang tertarik dengan kesehatan kulit, semoga artikelnya berguna... Ditunggu selalu komentar dan inputnya... Khusus untuk intermezzo, adalah pengalaman unik selama praktek yang menurut saya cukup menarik untuk dishare... Happy reading...

Wednesday, October 26, 2011

TOLONG SEBUTKAN NAMA YAAAAA

Walah penanya-penanya blog ini kenapa malaaaaassss banget sebutin nama....
tolong sebutkan nama anda,....saya tidak peduli nama benar atau alias...supaya saya bisa enak jawabnya ditujukan untuk siapa....


Apalagi pertanyaan makin banyak...saya tidak tau penanya merespons buat yang mana.....


Pusssiiinggggg...


Tanpa menyebut nama, pertanyaan tidak akan saya respons.... Sorry jadi mesti ada pemaksaan niyyy...Biar enak buat semuanya...biar yang baca gak bingung, yang nanya gak bingung..yang jawab juga gak bingung... hehehehe

57 comments:

  1. Halo dok. Nama saya amelina. Saya udah konsultasi ke dokter kulit sekitar 5 hari yg lalu buat ngilangin jerawat saya daerah dagu. Obat2 yg dikasih pada hari pertama ga berefek apa2, kecuali yg toner, krim malam dan sunblock,bikin muka perih. kemudian 3 hari kemudian muka saya mulai merah dan terkelupas, saya konsultasi kembali, dan diberi obat penghilang merah2 nya dok. Obatnya udah mulai saya pakai, dan merah nya agak mendingan dan terkelupasnya tetap ada. saya masih tinggal dengan orang tua dan orang tua saya tidak setuju saya kembali ke dokter kulit tersebut. Tetapi saya tetap memakai obat penghilang merah2 tersebut. saya takut dok, jerawat saya makin banyak. Please help :'(

    ReplyDelete
  2. @Amelina: krim penghilang merah, klo udh gak merah distop aja...klo dipakai kelaman sering muncul jerawat kecil-kecil...tapi lebih baik klo kembali ke dokter ybs spy pasti...

    ReplyDelete
  3. hallo dok, nama saya leni, saat ini hamil 28 minggu, di bag perut, punggung, dada ampe ke leher timbul bintik2 merah seperti biang keringat, kalau nga di sentuh sih nga gatal dok, gimana cara ngatasinya ya? ada yg blg pakai herocyn atau caladine cair, apakah aman untuk ibu hamil dok? terima ksh

    ReplyDelete
  4. Halo Leni...mungkin prurigo in pregnancy...Biar pasti ke dokter kulit terdekat ya...sementara pa{e herocyn n caladine boleh Aja.. Cuma buat ngilangin gatal sementara dulu....

    ReplyDelete
  5. Malam dok, saya fara umur 21 tahun. saya ada masalah jerawat kecil2 di dahi dan dagu saya,bnyk yg blg ini jerawat batu.tp setelah saya mencari2 info di internet,saya malah berkesimpulan ini komedo whitehead.selain itu muka saya juga sangat berminyak dan pori2 besar. sebaiknya treatment apa yg harus rutin saya lakukan? terima kasih.

    ReplyDelete
  6. Halo Nara...keadaan kamu itu disebut whitehead atau millium...cara yang paling baik untuk membersihkannya adalah denga dikeluarkan..tapi sebelumnya perlu di-prick dulu biar ada jalan terbuka untuk keluarnya gumpalan minyak.... gak semua tempat facial bisa melakukannya...klo salah, malah jadi jerawat gede

    ReplyDelete
  7. Di prick itu gimana ya dok? klo hrs ke skincare/klinik kecantikan nama treatment nya ap? apa prick itu nama treatment nya? saya juga sedang mempertimbangkan beberapa treatment seperti mesotherapy maupun superpeel, mana yg lbh cocok? trima kasih bnyk jwabannya dok,maaf klo pertanyaan saya terlalu banyak. hehe

    ReplyDelete
  8. Maksudnya harus ditusuk dulu..jadi ada jalan buat minyaknya keluar..bisa pake jarum..bisa pake laser..bisa pake electrokauter...

    ReplyDelete
  9. halo dok. Saya mau tanya tentang produk chem-peel Make up Artist's Choice yang terkenal itu. Saya tahu produk tsb dari salah satu forum. Saya sudah menkonsultasikan ke CSnya MUAC dan mereka bilang masalah kulit saya cocok untuk menggunakan 25% Mandelic Acid, beberapa orang kenalan saya bilang 25% Mandelic Acid adalah peeling paling ringan.
    Apakah umur 17 tahun sudah boleh mengambil tindakan peeling dgn menggunakan 25% Mandelic Acid? Terima kasih dok.

    ReplyDelete
  10. Halo Ren..mandelic acid memang belakangan sering dipakai terutama untuk kosmeceutikal...karena sifatnya ringan, iritasinya jarang.... Untuk konsentrasi tergantung jenis kulit kamu... Untuk pigmentasi berat, bisa sampai 50%..sebenarnya untuk daily use seusia kamu menurut saya sih mendingan pakai yang konsentrasinya sekitar 10-15% ya...

    ReplyDelete
  11. Terima kasih dok atas jawaban sebelumnya. boleh saya tanya seputar Triclosan? saya menggunakan sabun pHisoHex dan di kemasan tertulis mengandung triclosan. Setahu saya triclosan adalah pembunuh bakteri. tapi beberapa artikel hsl googling menyatakan bahwa triclosan berbahaya apabila terkandung dalam pasta gigi. Apa triclosan jg berbahaya jika terkandung dalam facial wash? apa ada efek jangka panjang dr triclosan? terima kasih dok, maaf jika pertanyaan saya menyulitkan

    ReplyDelete
  12. Selama ini yang saya tahu triclosan aman untuk pemakaian di kulit utuh ya...memang kebanyakan di sabun muka... bisa bantu untuk jerawat juga..

    ReplyDelete
  13. Dear Dr.Susie.

    Terima kasih dengan blog ini, saya sedang kebingungan ini bu. Oh ya nama saya Octa, saya sedang di Taiwan, dan saya ke 2 dokter kulit disini.

    Dokter2 tersebut menawarkan paket
    1. Fraxel II dan(atau) CO2 selama 6x, dgn masa pemulihan 7 hari.
    2. Laser 1064nm selama 10x, masa pemulihan setengah hari.

    Saya bingung pilih yang mana, krn selama ini saya baca2 di internet Fraxel ada banyak yang gagal/tdk worth it krn kulit muka kembali seperti semula dan malah tambah parah, mana mahal lagi. Tapi ketimbang 1064 nm, katanya fraxel lebih ketara hasilnya. Tapi saya takut dengan efek kebakarnya.

    Saya sebelumnya pernah melakukan dermaroller dan menurut saya, saya tidak cocok. Krn timbul jerawat aneh yang putih, kalo dipites bisa langsung pecah. Jerawat itu diseluruh muka, dan jujur saya tidak merasa ada perbaikan. Saya lebih suka menggunakan microdermabrasi.

    Saya pernah Micodermabrasi 8-10x, dan microroller selama 3-4x di Jakarta.

    Saya merasa saya tidak cocok dengan metode ablative (kalo ga salah ablative, yg intinya merusak untuk merangsang penyembuhan). Saya kurang jelas jg, tp berdasar pengalaman saya di dermaroller saya kecewa. Saya tidak ingin terulang di fraxel, krn mahal.

    Mohon saran. Terima Kasih yah dok ^^

    ReplyDelete
  14. Oh yah dr. Susie, sya octa, lupa menjelaskan. Tipe scar saya adalah boxcar, rolling dan icepick. Tapi banyakan boxcar dan rolling, icepick ada beberapa. Yang rolling sangat ketara T.T

    Saya dulu jerawatan, tapi saya minum ro accutane dan sekarang sudah sembuh. Sudah sangat sangat sangat jarang ada jerawat.

    Tapi saya sangat mudah kena scar tampaknya. Banyak yg bilang scar saya krn dipencet, and Yes I did. Tapi tidak brp lama ini saya tumbuh satu, dan saya tidak pencet sama sekali, tapi tetap saja ada icepick scar.

    ReplyDelete
  15. Halo Octa...wah pengalaman kamu udah buanyaaak ya... :) Scar muncul lebih karena seseorang punya tendensi )prone)... jadi walah jerawatnya kecil, gak dipencet..pada beberapa orang tetap muncul scar.... Memang susah kalo kamu sudah coba berbagai metode... Klo gak ada yang memuaskan, mau gak mau kita konservatif saja..hanya dengan tretinoin dan nicrodermabrasi... bisa juga dengan laser Nd-YAG 1064 ringan berulang...namun mesti sering banget

    ReplyDelete
  16. siang dok, saya citra umur 24 tahun. dok, wajah saya cenderung berjerawat. gak banyak sih, tp kalo udah muncul jadi merah2 dan bekasnya lama hilangnya. saya sering melakukan chemical peels MJP, tp spt nya membuat wajah saya sensitif deh dok (apa cuma perasaan saya aja ya), soalnya tiap muncul jerawat jd nya merah. bulan lalu saya coba mesoterapy, krn menurut dokter di klinik kecantikan, meso bisa menghilangkan bekas jerawat, tp gak ilang juga dok. pertanyaan saya, bahaya gak sih dok, sering melakukan chemical peels MJP. untuk menghilangkan bekas jerawat, sebaiknya bagaimana ya dok, krn jerawat saya juga masih sering muncul walo cuma 1 ato 2 sekali muncul langsung merah. terimakasih dok

    ReplyDelete
  17. Lha kamu khan udh nanya di bagian ketergantungan terhadap krim...saya jawabnya di sana... Tolong dibaca bagian kamu nanya sebelum mengajukan pertanyaan serupa ya

    ReplyDelete
  18. pagii dok, saya ridone mau tanya, kn wajah sy ad scar,meski ga dalem sih, tp ckup menganggu penampilan.. menurut dokter terapi apa yg cocok buat sy? dermaroller ato pke laser? kl dr segi biaya dan hasil lebih worth yang mana dok? terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung jenis scar ya ... Laser Lebih mahal... Klo banyak scar yg bentuknya dangkal, roller lumayan...

      Delete
    2. Oya yg pasti semua perlu 4-6 x treatment ya.. Dengan kesembuhan 30-70%

      Delete
  19. dok saya nisa. mau nanya dong kan saya jerawatan trs jerawat saya tuh gede gede hampir menyerupai bisul lalu saya sering mengoleskan bedak herocyn ke jerawt itu. lalu jerawatnya jadi kempes dan kering. yang ingin saya tanyakan. amankah itu dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benernya sih aman.... Cuma gak bisa dipakai utk semua org ya... Mungkin malah Ada yg iritasi.... Klo kamu ok, enak sih ya... Tapi stop ya klo ada tanda2 iritasi

      Delete
  20. siang dok, nma saya Lyna , 18 tahun ^^
    saya punya keluhan dengan wajah saya yg cnderung berjerawat.. sbelumnya wjah saya sangat jaraaaaaaang sekali berjerawat tp ntah krna apa tiba" wjah saya skrg jdi sering berjerawat terutama di daerah pipi kanan-kiri (T^T)aplg xlo udah smbuh pasti bekasnya ga bisa ilang.. slama ini jika ada jerawat tidak prnah saya apa"kan, hnya di biarkan smbuh sndiri.. tpi skrg saya risih dgn jerawat baru yg kian bayak dan bekas jerawat dmna" . Mohon rekomendasi obat/vitamin/krim/etc yg kiranya bisa mngurangi jerawat saya dan bekas jerawatnya .ah iya kondisi wjah saya berminyak n berpori" besar :'(
    Terimakasih banyak bu dokter Susie ^^
    Gbu .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh kayaknya udh mesti berobat.... Supaya dpt antibiotic juga.... Bekas perlu krim malam... Gak dijual bebas

      Delete
    2. Klo mau coba vitamin... Coba vit C dulu ya.... Jgn vit E

      Delete
    3. waow x_x
      dokter kulit mahal ga yhaa
      anak sekolahan saya soalnya :D wkwkwk
      terimakasih atas sarannya ya bu dokter ^^
      Gbu :D

      Delete
    4. Lyna, 18 tahun~
      oiya saya lupa o_o
      dokter saya baru beli 1set cream walet yg (katanya) bisa mutihin dll. 1 set itu terdiri dari krim pagi yg berwarna kuning, krim pagi yg berwarna putih, sabun transparan yg wanginya sperti citrus dan sebuah krim dlam bentuk odol sberat 10 gram brnama FLUOCINONIDE CREAM .
      pertanyaan saya FLUOCINONIDE itu apa yah tepatnya?pemakaiannya harus sesuai petunjuk dokter kah? @_@
      saya jg bca di blog org yg menyatakan pngalamannya dengan walet palsu T__T saya jdi takut memakainya..
      saya juga sempat cek d daftar barang lebel pom dan tidak ada yang bernama krim walet disana, ( http://notifkos.pom.go.id/bpom-notifikasi/product_list.php) jika dokter adalah saya ,apakah yg akan dokter lakukan? T_T
      maaf sbelumnya postingannya saya kepanjangan .. --v

      Delete
    5. Fluocinolone adalah krim steroid... Bisa utk cegah iritasi.... Krn punya efek mutihin banyak yang nyalah gunain.... Gak boleh kelamaan..kulit bisa rusak...
      Biaya dokter kulit bervariasi ya... 150-250 ribu biasanya

      Delete
  21. Dear dr. Susie
    Saya Yuli, 26 thn..
    Saya punya keluhan mngenai wajah saya yg memiliki banyak tahi lalat dokter. Dan sepertinya tahi lalatnya makin lama makin bertambah. Apa itu krn bekas jerawat atau apa ya dok? Bagaimana cara mengurangi tumbuhnya tahi lalat? Apa ada cream tertentu yang bisa menghilangkan tahi lalat itu dokter? Terimakasih..:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tahi lalat beneran juga bisa nambah banyak kok.... Gak ada klo di dokter... Di shinse katanya Ada, tapi gak tau pakai apaan

      Delete
  22. Dear dr. Susie
    Saya Ida, 15 tahun.
    Saya punya keluhan mengenai bekas gigitan nyamuk di kaki yang meninggalkan bekas kehitaman. Lalu saya pakai obat melanox. Tapi sudah 3 bulan bekas luka malah melebar dan membuat bekas kehitaman tsb makin kelihatan, memang agak samar tapi melebar.Namun perubahannya juga lama sekali. Yang saya tanyakan obat apa yang ampuh dan aman? Terimakasih sebelumnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang susah ya.... Yang penting jangan sampai Ada gigitan baru sih.... Pilihannya memang hidrokuinon... Biasa bisa ditambah krim yg mengandung aha Dan tretinoin... Biasanya dapat Dari dokter krn gak dijual bebas

      Delete
  23. Nama saya Ida, 15 tahun.
    Blog-nya sangat bermanfaat. Terimakasih dokter, telah meluangkan waktu untuk berbagi.

    ReplyDelete
  24. dok, nama saya adhe usia 26 thn,
    kl gejala gatal di bagian perut pd kehamilan 7 bulan dan anak pertama (mungkin PUPPS yah dok?) apa aman dan boleh menggunakan caladine cair? soalnya saya berencana sih gausa konsul ke dokter, cm takut aja dok kl pas tidur, garuk2nya kelewatan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mungkin PUPPP.... Gak disarming pake lotion yg Ada alcohol...tambah kering, tambah gatal.... Coba pelembab Aja... Klo gak sembuh, berobat ke dokter terdekat ya

      Delete
  25. Dok, nama saya Irma, umur 35 thn.

    Masalah saya dibagian tulang pipi banyak bintik bintik hitam kecil/flek/sproten, krn saya coba pake toner yg mengandung hydroquion dan tretinoin. Kmrn saya coba toner tsb pake kapas di tempel di tulang pipi dan di bawa tidur sampe pagi, dan ternyata bagian tsb hasilnya gosong, itu bisa hilang atau permanen ya? Saya udah coba hilangkan susah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iritasi akibat pemakaian obat biasanya bisa hilang...tapi perlu waktu....

      Delete
  26. saya ati, umur 16th. muka saya berjerawat dan saya merasa risih. kemudian saya nyoba pake mentimun,tapi beberapa hari kmudian terasa gatal dan muncul bintik2. 3hr kmudian bintik2nya hilang, saya pergi ke dokter kulit untuk nyembuhin jerawat sya, tp facial wash nya terasa perih dimuka (dibagian yg dlu gatal), merek nya pHisoHex. lbh baik saya berenti dlu pakai facial wash nya atau gpp lnjut aja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo pedih sekali, mendingan stop dulu... Mukanya baru proses penyembuhan iritasi... Tapi klo mau pasti, Tanya dokter yg ngobatin kamu mestinya ya

      Delete
  27. dok,ini ati. muka saya kan iritasi, nah trus dikasih obat minum methylprednisolone itu mngandung steroid kan dok? trus di salepnya juga kayanya ada steroidnya makanya bisa cepet sembuh. nah, skrng muka udah mendingan dok, kalau diberhentiin obatnya kira2 bahaya ga dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kurangin frekuensi dulu...Dari 2x Jadi 1x...kemudian baru stop

      Delete
  28. Dokter..saya Meffi mau tanya,apakah derma roller aman untuk ibu yg sedang hamil? Thanks

    ReplyDelete
  29. Dokter susi yang terhormat,
    Nama saya rosa umur 20thn.
    Saya mau bertanya mengenai obat mungkin ya yang sejenis salep namanya vitacid sama elocon yg katanya sih kalo di blend 1:1 bisa banget buat ngilangin jerawat dan bhkan bekasnya skalipun,
    Sya mau coba sih benernya, cuman masih dipending dulu takutnya g cocok ntar :D
    Mohon kejelasannya ya dok..trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah gak bisa komentar ...krn hampir gak pernah nyampur 2 krim itu

      Delete
  30. hallo dok, nama saya feby umur 16 th. dok saya mempunyai keluhan, kulit saya berjerawat.
    saat ini saya memakai PHisohex, bekas jerawat saya sudah agak hilang tapi setelah 2minggu pemakaian diwajah saya tumbuh bintik bintik kecil dok. apakah saya ini iritasi dengan produk ini, lalu saya harus bagaimana dok , apakah saya harus berhenti atau terus memakainya ? kira-kira sabun apa yang cocok buat saya dok ? terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasa klo iritasi Ada pedih, merah Dan mengelupas... Coba Aja hentikan beberapa hari apakah kelainan membaik?

      Delete
  31. halo dok, saya chelsea 19 th. saya mw tnya, lbh bgus mesotherapy atau chmicl peeling untk menghilangkan bekas jrwat? bkas jrawat sya lumayan bnyak dan sulit hilang. sblumny trima kash dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya gak melakukan mesotherapy..pemilihan tapi tergantung jenis bekas jerawatnya...

      Delete
  32. Hello dok nama sya rendy , mau nanya nih , sya kan sudah ckup lama pakai bedak herochyn pda muka ya , ampuh sih buat ngilangin jerawat .. Tapi resiko pori2 pda wjah bisa membesar ga yah ? Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asal jangan kesumbat bedak Aja...klo kesumbat, bisa makin besar

      Delete
  33. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh krn kamu udah berobat ke dokter...coba langsung tanyakan beliau sabun apa yg cocok, krn beliau yg melihat muka kamu secr langsung khan...

      Delete
  34. Hallo dok. Aku jarno umrku 17 thn. Aku mw tnya dok, gmana cranya menymbuhkn jerawat yg meradang , aku pake sabun ap aj gx hilang2 .mlah muka ku penuh jerawat, gmana dok cara menymbuknnya ...pake sabun ap dok biar cpat hlang..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngobatin jerawat gak bisa cuma dengan sabun.... Berobat Aja klo udah coba macam2 gak sembuh juga... Ke dokter kulit terdekat ya, Soalnya klo meradang perlu minum antibiotik

      Delete

Sebutkan nama terlebih dahulu, bila ingin mendapatkan respons...thank you.. Tanpa nama akan langsung saya hapus ya......

Note: Only a member of this blog may post a comment.