Halo semua rekan yang tertarik dengan kesehatan kulit, semoga artikelnya berguna... Ditunggu selalu komentar dan inputnya... Khusus untuk intermezzo, adalah pengalaman unik selama praktek yang menurut saya cukup menarik untuk dishare... Happy reading...

Saturday, December 24, 2011

Merry Christmas n Happy New Year!!

Buat semua followers dan penanya setia blog saya...saya ucapkan Merry Christmas buat yang merayakannya... Happy New Year for all of us....
Semoga di tahun yang baru...penyakit jauuuhhh...hehehehe...gak mungkin ya....


Btw...saya akan off buka blog selama 1 minggu ya...mau cuti...perlu istirahat panjang nih...beberapa hari ini bahkan tak praktek karena kena sinusitis....


Jadi saya akan kembali menjawab blog mulai tanggal 1 Januari ya.....


See ya...!!

153 comments:

  1. Hi Doc Susie.. Merry Christmas and Happy New Year juga. Wish you all the best :)

    ReplyDelete
  2. Hai Mimi...happy New Year ya...udah lama gak dapat komentarnya.. :) .. GBU

    ReplyDelete
    Replies
    1. dok saya mengali alergi setelah makan ikan tonggkol kemudian bekas alerginya meninggalkan bercak hitam dan sempat saya obati dengan dermifar. namun karena kurnag memuaskan saya menggunakan vitaquin ketika saya menggunakan vitaquin kulit say mngalami pansa dan menjadi merah , sehingga saya menghentikan oemakainya dan saya beri obat bufacort n. tpai masih merah juga . untuk rasa gatelnya sudah tdak ada yang ada adalah bekas alerginya mohon resepnya untuk mnghilangkn noda beksa alergi tersebut, apa yang harus saya lakukan soalanya nodnya diwajah jadi agak mengganggu aktifitas saya donk.

      Delete
    2. Bekas merah Akan hilang...cuma perlu waktu... Klo gak hilang, kadang perlu laser vbeam... Tapi mendingan tunggu 3-4 bulan... Klo bekas hitam bisa coba dengan hidrokuinon 2% yg dijual bebas,tapi tetap ada risiko iritasi Dan jadi merah lagi.... Tipis2 aja

      Delete
  3. hi Dok... ini Margaretha :) sebelonnya, Merry Christmas and Happy New Year ya..God bless you abundantly...
    then saya mo tanya :)

    kini, si bayi uda 6 bulan + yaaa ampir 7 bulan deh.. di bahas dong tentang food allergy,terutama si kacang, karena rancu banget di Indo semua dibilang kacang, kacang tanah, kacang ijo, kacang panjang, kacang polong..pdhl klo diingrisin ada sih Nuts sama beans..jdi yang selalu disebut pemicu alergi kan si nuts, klo si beans begimana? bingung ni mo kasi bebi maem, mo kasi apalagi selain semuanya..*praise the Lord, she's okay so far...* tq jawabannya ya dok

    ReplyDelete
  4. Halo Margaretha....hehehe ditunggu ya...lagi sibuk soalnya...makanya udh lama gak posting artikel baru....Klo punya anak alergi yang penting ngaih makannya satu persatu..jangan banyak mixed food supaya bisa dianalisis penyebabnya...

    ReplyDelete
  5. halo dok, saya mau tanya. Glycore 10 itu boleh dipakai setiap hari gk ya? Dan apa glycore 10 itu aman? Saya tau produk ini dr teman forum. Saya tertarik dgn produk ini krn kandungan glycolic acid d dalamnya mngkin dapat menghilangkan bekas" jerawat dan komedo saya.

    lalu sebenarnya glycore 10 yg d pasaran itu dlm bentuk tube atau pot/jar? krn ada yg blg d pot/jar, tp saya googling dan hslnya gbr glycore 10 berbentuk tube.

    ReplyDelete
  6. Hai Jane...sorry telat jawab...gak sempet huka internet...boleh...aman...bentuknya tube ya....Ada merk lain glycare..bentuknya pot..isi sami mawon.. :(

    ReplyDelete
  7. dokk..saya mw tanya2 tentang keloid atau hipertropic scar, tapi dokter sepertinya belum membuat post ttg itu jd saya komen disini aja ya..saya jatuh dari motor dan luka2..saya ada sekali pakai bioplacenton..tp cuma sekali saja. tw2 ada 2 luka yang berbekas timbul. kalo saya baca2, sepertinya saya tidak punya bakat keloid dok, karena dari kecil sudah sering jatuh tapi ga pernah berbekas timbul. yang ini jg cm 2 yang jadi timbul, yang lain bekas biasa saja.saya sudah 3x suntuk di rs puri, dan tidak ada kemajuan. dan 2x sntuk di dokter umumk dekat rumah, juga tidak ada kemajuan. bagaimana yah dok?apa operasi saja?kalau operasi kira2 seperti apa, dan berapa biayanya. terima kasih dok.
    christina

    ReplyDelete
  8. Hai Christina...dokter kulitnya sudah memastikan itu keloid ya? Klo benar, keloid gak dianjurkan untuk dioperasi krn tetap berisiko jadi keloid lagi... Bisa saja dikombinasi dengan cryotherapy...biaya tergantung dokternya.. :)

    ReplyDelete
  9. hallo dokter. sy mau bertanya, dok. sy sekarang sedang menggunakan tretinoin 0,1% dan Glycore 10 cream. keduanya sy gunakan di malam hari, untuk jerawat, hyperpigmentation, dan anti agimng. siang sy pake sunblock. bagaimana cara penggunaannya agar mendapatkan hasil yg optimal ya, dok??? apakah sy oleskan tretinoin dulu, baru sy timpa dengan glycore? atau apakah malam ini tretinoin, lalu malam berikutnya glycore, jadi selang-seling? karena sy baca2 artikel dermatolog di LN, ada dua pendapat dimana ada yang membolehkan krna akan memberikan hasil yg optimal, tapi ada juga yg berpendapat bahwa malah akan meng-inactive kandungan satu sama lain jika digunakan bersamaan. mohon pencerahannya, dok. karena sy ingin mengetahui penggunaan yg benar sehingga tdk serampangan. oya, kulit sy berpori besar dan cenderung berminyak. terima kasih, dok.

    ReplyDelete
  10. Halo Bram... Sy Biasanya minta pasien pakai aha atau glycore dulu.....baru timpa tretinoin... Jadi inaktif klo dicampurkan pada wadah yang sam a....

    ReplyDelete
  11. thx doctor. kemarin sy coba untuk mengaplikasikan ke muka seperti yg dokter sarankan dengan glycore lalu timpa tretinoin, tapi benar2 muka sy tidak kuat. lalu besoknya sy coba selang seling. malam ini pake tretinoin saja. malam besok pake glycore saja. begitu seterusnya. is it ok, dok? apa khasiat masing2 masih bisa sy dapatkan semua dengan selang seling seperti itu? oya dok, kenapa kalo sy pake sunblock selalu mengkilap di muka? padahal sy sdh pake yg lotion bahkan yg gel. apa karena bawaan sy tipe berminyak di daerah T? apa perlu sy mengaplikasikan suatu oil control gel sebelum pake sunblock? tapi oil control gel nya mengandung alkohol, is it ok for me that used tretinoin or glycore at night? iritasi gag ya dok ntar? GBU doctor...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selang seling juga boleh kok...pakai krim tujuannya biar bikin bagus..klo malah jadi merah dan gatal mendingan dosis dikurangi atau frekuensinya yang dikurangi... both are okay..
      Pemakaian sunblok pasti bikin lebih berminyak daripada gak pake...walaupun dikatakan oil free... pake oil control gel boleh aja...tapi semua ya dicoba dulu...yg mukanya kuat bisa gak masalah...tapi yg muka sensitif bisa tambah inritasi

      Delete
  12. dok, ak jerawatan di daerah dada dan punggung... jerawatnya si ga seberapa... tp bekasnya itu mengganggu bgt... surfing2 di internet katanya bisa pake tretinoin atau glycore... kira2 pakai yang mana ya? kalau pakai tretinoin yg berapa kadarnya? terima kasih dok~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo didiamkan..hilang sendiri dalam 4-6 bulan...boleh coba pake tretinoin 0.025% atau hidroquinon 2%...klo iritasi frekuensi dikurangi

      Delete
  13. halo dok, ini heny, sya mau tanya mslh laser vbeam dok, sy pasien erhaclinic jogja, dijogja blm ada alatnya, sy mau ngilangin bbrp telangiektesia dipipi sy. laser vbeam itu prlu wktu brp lama ya dok? seandainya sy ke jkt cm buat laser vbeam dan hari itu jg lgsg plg ke jogja bs g ya dok?
    apakah ada cara lain selain dilaser utk mghilangkan telangiektesia dok? terima kasih sblumnya dok :)

    ReplyDelete
  14. Halo Heny...cepet kok...paling 15 menit... jadi bisa pulang hari...cuma biasanya perlu 4-5 sesi, selang 1 bulan...
    Bisa coba laser lain misalnya Nd-YAG atau IPL..

    ReplyDelete
  15. halo dok...
    sy avri..mau tanya dok..udah 3minggu ini daerah lipatan paha/selangkangan ada timbul bintik2 merah dan gatal, tapi tidak berair..sy sudah mengoleskan daktarin dan gatalnya sudah berkurang sedikit, dan malah meninggalkan bekas yang menghitam di daerah yang gatal tersebut. Namun bintik2 merah tersebut malkin lama makin melebar dok ketempat yang lain.Yang ingin sy tanyakan apa nama penyakit sy & apa yang harus sy lakukan untuk menghilangkan gatal2 + bekas kehitaman?tolong dibantu don..tks

    ReplyDelete
  16. Halo Avri...masih mungkin infeksi jamur..kemungkinan candidiasis...biasanya klo pakai krim yang mengandung miconazol minimal 2 minggu ya... Klo soal bekas kehitaman sih memang lama hilangnya.... Jangan lembab aja...klo CD agak basah sebaiknya segera ganti ya.... Mesti liat juga apakah kadar gula darah kamu tinggi ya...

    ReplyDelete
  17. pagi dok...senang deh ada dokter yg buka konsul online kyk gini. aku mo tanya dok, klo mo ilangin tanda lahir yang ada di dagu+leher dengan metode laser tu butuh brapa kali treatment? oya tanda lahirnya berupa daerah berwarna gelap(kecoklatan).makasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Wida...tergantung besar tanda lahirnya ya...biasa pakai lase Nd-YAG harganya 1.5juta perkali, untuk ukuran selebar kartu kredit...

      Delete
  18. Toni
    mlm dok... mau tanya untuk menghilangkan flek hitam bekas jerawat... pke cream apa yg cepet hasilnya selain melanox sm vitaquin.... soalnya melanox sama vitaquin mengandung hydroquinon... efek sampingnya serem bgt.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Toni... hidrokuinon gapapa asal dipakai dengan hati-hati...Bila muncul efek smaping segera hentikan... Yg lain dengan tretinoin..ini juga punya efek samping kulit perih mengelupas pada pemakaian awal... Coba ke dokter terdekat supaya mendapatkan evaluasi dan managemen dengan benar

      Delete
    2. TONI
      halo dok mw tanya lg... kalo suntik putih (vit c) ada efek sampingnya g? dan glycore 10 itu fungsi yg sebenarnya buat apa y? thx atas sebelumnya..

      Delete
    3. Klo fungsi ginjal kamu ok...mestinya sih gak masalah... aha untuk smoothing cream, buat konclong... juga spy krim seperti tretinoin bekerja maximal

      Delete
  19. Hi dr. Susie, saya Yuliana, pasien baru Erha. Saya ingin menghilangkan bekas2 merah jerawat dan bekas merah karena peeling yg sebelumnya saya lakukan di tempat lain. Dari dokter Erha, saya mendapatkan cream AF2 untuk cream siang dan malamnya. Apa ya fungsi dari cream AF2 ? Soalnya setau saya kalau untuk menghilangkan bekas jerawat biasanya dapet cream yg berlabel CC gitu.

    Untuk menghilangkan bekas merah jerawat dan bekas peeling tsb, apakah efektif bila pakai laser V Beam ? Perlu berapa kali di-laser V Beam ya, Dok ?
    Kalau untuk lubang kecil bekas jerawat, apakah bisa juga dengan laser V Beam ini ?

    Kenapa ya Dok wajah saya jadi belang setelah peeling, padahal sebelumnya nggak belang. Sekarang area yg tadinya nggak merah malah jadi merah akibat peeling ( sehari setelah peeling memang di bagian pipi iritasi dan ini meninggalkan area merah yg cukup luas, padahal sebelumnya gak merah ).

    Terima kasih dr. Susie :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. AF2 bagus buat bekas merah ... Ada azelaic acidnya.... Vbeam blh di coba bila gak Ada perbaikan dgn krim saja... Klo lagi iritasi hindari peeling yaaaaa

      Delete
  20. Hi dokter susie , saya oly .. tiap mau datang bulan saya selalu muncul bintik terus bernanah jadi koreng .. terus bekasnya item banget banyak lagi .. ganggu banget .. saya udah konsul ke dokter spesialis kulit dan kelamin cuma dikasi vitamin c pencerah ... buat ngilangin bekas hitamnya itu , pake salep apa ya dokter .. ?

    terima kasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Oly... boleh coba dulu pemutih yg dijual bebas ya... milsanya hidroquinon 2%... tapi hati2 bisa iritasi... stop bila perih....

      Delete
  21. Hi dok, saya udah 6 minggu pakai cream tretinoin, 2 mgg pertama pakai yg 0,025% next sampai sekarang pakai yang 0,05% tapi wajah masih purging alias keluar jerawat kecil "white head" di dagu banyak bgt, tapi saya gak mengalami yg namanya perih kulit kelupas dll yg mau saya tanya sbb :
    1. Apakah saya harus mengganti dosis tretinoin jadi 0,1%
    2. Lalu apakah glycore 10mg aman apabila dipakai di muka yg byk jerawat?

    Thanks in advance dok.. GBU :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. umur berapa Dian? Klo masih 20-an gak usah naik dulu dosis tretinoinnya...Klo whitehead sebaiknya dikeluarkan... di dokter ya biar gak malah radang... Glycore aman

      Delete
    2. Hi Dok..

      Thanks for advice.. Umur saya 30tahun dok, kalo umur 30thn boleh naik dosis kah? Hehehe.. Kepengen purging selesai buru2 nih.. Hehehe..

      Oiya dok, di RS Pondok Indah praktek hari apa aja dan jam brp ya dok?

      Thanks dok.. :)

      Delete
    3. Supaya cepet hilang, dikeluarkan Aja... Aal yg ngeluarin bener kerjanya... Cuma biasanya klo banyak banget tetap gak bisa langsung dikeluarkan semua....cuma jumat j13-17

      Delete
  22. Hi dr Susi
    Nama saya Ina, usia 35thn' currently just tried perawatan tretinoin untuk ambil manfaat anti agingnya. Saya pakai retin a 0,025%. Pertanyaan saya boleh gak retin a ini dicombine dgn serum botulike (warna hijau tua untk deep wrinkle). Jadi' cara pakainya saya pakai treti dulu tunggu 30menit baru serum botulikenya. Ada saran sebaiknya treti ini dicombine dgn apa? Thanks ya Dok' GBu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh Aja.... Lebih baik kombinasi dgn AHA... Tapi suka buat perih

      Delete
  23. Halo dokter Susi yang baik.
    Nama saya Maya. Saya mau tanya buat mama saya yang usianya 55, sudah menaupouse. Mamaku mukanya ber-flex lumayanlah di pipi (memang nurun juga ke saya sih dokter, sayapun 36 sudah flex juga, mana jerawat ilang timbul, dan di area tulang pipi seperti ada bayangan hitam tipiss, seperti dishading make up di salon hehehe).
    Kemarin ada yg saranin mamaku pakai tretinoin 0.05, mamaku beli, juga dengan sunblock parasol. Menurut dokter cukup tretinoin saja atau boleh dikombinasi dengan hidroquinon atau dengan AHA (glycore yah dok AHA itu?). Biar kinclong gitu dong muka mamaku. Beliau sih ga jerawatan.
    Terus dok sekalian, kalau saran dokter buat aku anaknya, yg tzone oily, suka jerawatan ilang timbul (jadi suka ada bekas coklat coklat di bbrp area :') apa ya...Lalu ada rekomendasai obat minum antioksidan ga dok supaya badan dan kulit segar dan sehat...
    Makasih banyak ya Dokter xoxo :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh kombinasi... Tapi hati2 kemungkinan iritasi ya... Segera ke dokter bila timbal masalah....
      Kamu coba sabun jerawat dulu supaya kadar minyan berkurang ya... Antioxidant banyak merek..penting Ada vitamin A,C,ALA, E, dll

      Delete
    2. Halo dokter Susie yang baik, terimakasih yah respon dan jawabnnya....semoga doketr mendapatkan banyak kebaikan in return...:*
      Maya

      Delete
  24. hi dokter susie.. sya putri 19 tahun saya mempunyai kulit berminyak,muka tidak halus karena seperti ada jerawat kecil2, bekas jerawat merah dan hitam.. saran doktr saya harus menggunakan glycore 10% ato tretinoin dan tretinoin yag bgus vitacid apa nuface? sya ingin kulit halus kembali dan bersih dok.. makasih sebelumnya mohon blsnnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semuanya bagus, tapi tergantung kondisi kamu... ke dokter kulit terdekat aja biar diperiksa dan gak salah terapi... Saya gak bisa merekomendasikan merk tertentu ya...

      Delete
  25. Hallo dokter Susie, selamat siang..aku bertanya lagi boleh ya....:)
    1. Dok, kalau hydroquinone dipakai buat campuran tretinoin boleh ga sih dok, kayaknya banyak yg campurin tretinoin dan hydroquinon dalam satu wadah (resep dokter maksudnya).
    2. Itu boleh dipakai se-muka buat mencerahkan kulit /flek berarti ya dok?
    3. Atau lebih baik oles tretinoin dulu 1 muka baru oles hydroquinone 1 muka ya dok atau di area flex nya aja?, tapi kalau yang mukanya ga berflex cuma mau mencerahkan kulit, mereka bisa pakai krim hydroquinone ga sih, dok?
    4. Trus sunblock yang paling baik menurut dokter yang kriterianya seperti apa, apalagi kalau kerjaannya sering outdoor panas panasan.
    Makasih banyak ya dokter Susie buat waktunya yang terpakai buat kita-kita, jawabin dan bagi bagi ilmu...xoxo

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh Aja, dicampurkan atau sendiri2... Boleh Aja semuka..asal hati2 iritasi ya... Sunblock outdoor minimal SPF 30

      Delete
    2. Makasih yaa Dokter Susie, enaknya aku berkunjung ke dokter ya biar puas konsultasinya plus pulang pulang bawa obat perawatan yang amann :*

      Delete
  26. dinda di bandung
    hi dokter,, kulit saya kusam ada bintik putih, komedo n ada bekas jerawat,,, kalo siang siih aku pake parasol33 ajaa, aku pengen ngilangin bintik putih, komedo n bekas jerawat,biar bersih n enak diliat dokter, pake apa ya?? makasih sebelumnya dok :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Komedo n bintik putih mest dikeluarin sama yg biasa ngeluarin... Bekas sih ke dokter terdekat Aja Biar efektif Dan aman...

      Delete
  27. dok mau nanya..saya sekarang udah dua minggu pake tretinoin 0,05 %, purgingnya parah sekali dok, bisa sampe kapan tu ya dok?soalnya muka bnr2 hancur.trs yg saya dengar boleh di kombinasiin sama krim mediklin-TR pada siang hari,dan malam minum obat climamycin 300 mg atau yang paling bagus re-occutane, bnr aman ga?makasih sebelumnya ya dok :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walah kamu gak ke dokter ya? Siapa yg bilang mediklin TR pake siang hari ya? Mending ke dokter dulu ya...krn obat2 yg kamu pakai obat keras...

      Delete
  28. dok saya mw tanya,, saya sekarang menginnjak umur 21thn.. sekarang sedang tidak memakai perawatan apapun karena abis break out gara2 stop perawatan skin care yang ternyata kandungan mercuri dan hq nya tinggi banget (pengelupasan banget pas masih perawatann jadi putih mayat gtu).. gara2 stop jadi jerawatan, nah udah hampir 3 bulan saya g pake perawatan apa2,, jerawat sudah jauh lebih baik,, tinggal bruntusan kecil dikit dan sesekali jerabat besar muncul 1-2 klo lau haid..
    tapi bekas jerawatnya ga ada yang mau ilang sama sekali sampe berasa kaya ngeflek gtu saking banyknya.. nah mungkin ada solusi dari dokter,, karena saya sudah sangat bingung dan malu.. sudah ke dokter kulit terdekat juga ga ada efek apa2.. yang ada malah keliatan tambah kusam.. sempat di kasih saran juga sama temen2 banyak yang nyaranin pake glicore 10.. maksih dookk..ditunggu balasannya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh Aja coba glycore Soalnya aman.... Hasilnya dilihat setelah pemakaian minimal 1 bulan.... Tipis Aja ya... Walau ringan, tetap bisa bikin iritasi....

      Delete
  29. Pagi Dokter Susie..
    Maaf sebelumnya Dok, boleh tanya lagi Dok,
    1. Kalau konsul ke dokter berapa perkiraan biaya konsulnya Dok (kalau tanpa tindakan suntik/facial)...
    2. Dokter praktek dimana aja ya kalau aku mau berobat ke Dokter...
    3. Terus kalau aku dikasih obat/krim perawatan oleh Dokter Susie boleh ada copy resepnya ga Dok, kan biasanya kalau ke dokter kulit lain suka dikasih krim racikan tapi ga ada copy resep, ga tertera isinya apa, jadi kita cuma pakai aja, ga tau apa apa. Lagipula kalau kuitansiinya ga ada copy resep, aku ga diganti kantorku hehe kan lumayan banget ya Dok..Kalau resep yang ada copy resepnya, kantorku mau ganti, karena ada ingredients nya....
    Thanks in advance ya Dok...Maaf banyak nanya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kisaran 160-240 rb.. Copy resep sesuai Nama obat...gak dirinci isinya... Isinya saya yang kasih tau...biasa gak diganti kantor sih pasti.... RSPI yg di puri indah Dan pondok indah... Erha kemanggisan

      Delete
  30. Selamat pagi dokter,

    Saya ana.Umur saya 25 tahun.
    Dokter saya minta saran dong.
    Beberapa minggu yang lalu saya melakukan laser fraksional di wajah.Dan efeknya jadi timbul noda kecoklatan di pipi saya. Noda kecoklatannya agak banyak dan sedikit menganggu dok. Saya bingung mau menghilangkannya pake apa.

    Apakah pemakaian Melanox berbahaya dok?
    Apakah dokter punya saran obat lain?
    Terima kasih ya dokter untuk respon dan jawabannya.
    GBU

    ReplyDelete
    Replies
    1. Post laser biasanya suka di kasih krim untuk Perawatan selanjutnya khan?

      Delete
    2. Iya dok, dikasih 2 krim : krim anti merah dan krim yang memperecepat pengeringan luka. CUma setelah pemakaian krim itu, muka saya memang sembuh. Hanya bbrp hari setelah semua lukanya rontok, ternyata timbul flek coklat yang lumayan banyak di pipi.

      Kira-kira kalau pake Melanox atau Glycore, better yang mana ya dok?

      Terima kasih for the reply ya Dok :)

      Delete
    3. Yg paling bijaksana adalah datang ke dokter yg ngerjain lasernya..yg langsung liat muka kamu.... Supaya pasti di kasih apa sesuai kulit kamu

      Delete
  31. dok, saya mau tanya sudah sekitar 1 tahun ini kulit jadi sangat sensitif. di area tertentu sering merah2 dan gatal. dan jika sdh sembuh berganti tempat. saya bingung apa ini jamur atau dermatitis.
    saya sudah ke dokter kulit awalnya gatal di area lengan diberi salep inerson oleh dokter kulit. lalu sembuh. setelah sembuh muncul lagi di paha dan pk inerson lagi tdk sembuh malah makin merah (kan esperson teksturnya agak berminyak, gatalnya kali ini makin lama kering).
    kemudian diberi lagi trosyd tiokonasol, sembuh, lalu pindah area lagi. dan trosyd ga mempan lagi.
    sampai saya mencoba byk sekali salep tp kadang mempan kadang tidak. saya bingung itu sakit apa ya dok kok tdk sembuh2 dan salepnya berbeda2.
    apakah alergi karena debu & bulu?(saya pelihara kucing di rumah)
    dokter kulit tsb hanya memberi salep inerson dan trosyd saja katanya cukup, pdhl saya tdk sembuh2. dan diberi obat minum lincomycin juga saat itu, tp hanya membantu kering aja saat itu blm sembuh. katanya saya alergi pergantian musim dan dermatitis.
    salep yg saya gunakan inerson, trosyd tiokonasol, betason-n betamethasone neomycin, iflacort, liposin, bioplacenton.
    mandi dgn sabun baby. pernah dgn cetaphil cleanser tp tdr pengaruh apa2.

    lukanya merah2, tdk berair, ada yg gatal ada yg tidak, tp mengganggu krn jadi tdk mulus. apa saya ke tempat praktek dokter saja ya? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mungkin dermatitis...bisa dipicu oleh macam2 penyebab, misalnya kulit kering Dan stress...bila perlu, cek darah utk cari kemungkinan penyebab

      Delete
  32. dok, glycore sama AHA itu sama gak??
    kegunaan glycore, AHA, sama tretinoin itu apa dok? lebih bagus pake glycore, AHA, apa tretinoin utk menaikan skin tone dok?
    aku hampir 3 bln pake perawatan dokter. tapi pengen selingkuh ke glycore atau AHA atau tretinoin untuk bisa nambah naikin skin tone. bolehkah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama... Biasa dipake kombinasi aha Dan tretinoin... Obat dokter juga pasti isinya itu kok..cuma ditambah beberapa krim lain seperti arbutin, Kojic acid, dll

      Delete
  33. Dok, saya 2 minggu laalu mengalami semacam alergi, jadinya kaki dan tangan saya gatal-gatal (sangat amat gatal) dan menjadi lebih parah gatalnya saat cuaca gerah. Pas digaruk dibagian gatal, timbul bintil2 kecil (kayak bruntusan gt) malah di kaki ada timbul juga bentol yang ukurannya lumayan besar (seperti digigit serangga). Kulit tangan dan kaki saya yang terkena gatal itu juga jadi sangat kering jika dibandingkan dengan bagian lain yang tidak terkena gatal. Setelah sudah tidak gatal (setelah 1 minggu), luka bentolnya jadi susah kering tapi (sukurlah) setelah saya pakai Decoderm bentol yang susah kering itu jadi kering dok (setelah 2 hari).
    Sekarang saya hanya tinggal menghilangkan flek hitam itu dok, di kaki saya flek hitam itu jadi banyak sekali dok, karena area gatalnya paling banyak tersebar di kaki. Di tangan juga masih tersisa bekas menghitamnya dok. Lalu kulit bekas alergi saya itu jadi sangat kering (kalau ketarik, kulit saya jadi kayak hampir tekelupas gitu dok).
    Bagaimana cara menghilangkannya dalam waktu singkat ya dok?
    Terima Kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba pake pemutih yg mengandung hidrokuinon 2% yg dijual bebas dulu ya... Boleh campur dengan aha...klo gak berhasil dlm 1 bulan mesti ke dokter terdekat ya

      Delete
  34. Hallo Dr.susie, nama saya Yoyok.
    saya mau nanya nih dok.
    Kandungan dibawah ini yang bikin exfoliant yg mana?
    aquadest,glycerine,glyceril monostearate,silicon oil, stearic acid, arbutin,liqorice,cetyl alcohol,triethanolamine,vit E acetate,methyl paraben,propyl paraben
    Karena saya pakai produk berkomposisi ini,jadi kelupas kulit saya,trus bersih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Arbutin Dan licorice extract bisa punya effect pengelupasan ringan

      Delete
  35. dok. mohon infonya. nama saya rita.
    semenjak hamil dan menyusui kulit saya jadi banyak jerawat , dulu kalo sekarang bekasnya banyak dan susah hilang. kalo lagi menyusui amannya bagaimana ya dok. dilema banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selama masih menyusui targetnya mengurangi jerawat dulu ya... Soal bekas nanti Aja setelah tak menyusui... Bila tetap ingin diterapi selama menyusui diberikan yg paling aman, tapi biasanya efektifitas juga tak maksimal

      Delete
  36. hallo dok saya gugun
    saya mau tanya dok,,
    muka saya ada bekas jrawat tp cuma bekas"ny saja., kalau coba Nuface Tretinoin atau Vitacid dan bagusnya yg 0,5 , 0,1 atau 0,025% dok? makasih bnyk ya dok sbelumnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mulai dri konsentrasi paling kecil... Hati2 iritasi ya

      Delete
  37. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  38. dok, selamat malam dok nama saya jody. saya mau tanya dok, kmaren2 kan saya baca2 blog ini akirnya saya memutuskan buat beli glycore 10 cream soalnya saya mau menghilangkan bekas2 jerawat dok, tapi muka saya kan kadang masih suka ada jerawat 1 ato 2. skarang setiap saya apply glycore 10 cream d muka saya, muka saya jadi sedikit merah dok. yang saya mau tanya dok, si glycore 10 cream kan mengandung AHA ya dok, terus saya baca2 klo BHA itu lebih soft dari AHA. klo AHA kan produknya si glycore 10 cream bisa saya dapetin d apotik ya dok, klo produk buat si BHA namanya apa ya dok yang d jual bebas d apotik dok?

    oh iya, saya juga beli hidroquinon 2% dok buat saya pakein d bekas luka jatoh dari motor, hopefully sih ilang ini bekasnya soalnya kan rada coklat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. beda fungsi... gak bisa dibilang lebih ringan... bha bagus utk jerawat
      gak ada yg dijual bebas
      hidrokuinon silakan dicoba ya

      Delete
    2. jadi klo BHA yang dokter bisa recommend apa dok kira2? thanks in advance ya dok udah d bales.

      Delete
  39. sore dok nama saya titi, saya punya flek hitam di wajah, sepertinya faktor genetika, flek timbul sejak kelas 2 SD, sekarang menebal, melebar dan tambah banyak, di couter pernah (tdk hilang) di peeling 3x tapi muncul lagi, pakai cream AHA iritasi(merah, perih dan gatal) padahal penggunaannya sudah sangat tipis. setiap hari pakai sunblock spf 20, ada saran tdk dok, agar flek saya hilang dan tidak bertambah.terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo semua diatas tak membantu..bisa coba laser pigment.....

      Delete
  40. Sore dok, nama saya Andy. Saya mau nanya, saya mau mencampurkan intersun-sahne-biolastin jadi satu untuk jadi krim wajah. Apakah itu aman dilakukan dan dapat digunakan dok ke kulit wajah dok? Terima kasih dok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe boleh Aja klo mau coba... Cuma nanti SPFnya bisa gak sama ya

      Delete
  41. Blognya inspiratif bgt dok,,
    Nama saya Lian,saya mau nanya dok.
    Kemarin wajahq kan ada jerawat di pipi kanan kiri,trus aq ksih benzoil peroxide 2,5% dan ada fleknya hitam aq ksih hidroquinon 2%.
    Tpi skrg jerawat2q tu jdi gosong gtu dok.
    Dan fleknya jdi kemerahan,
    smpe dilema dok.
    Tpi kemerahane agak mendingan,stelah aq stop 2hri,tpi gosong2nya masih tetep dok.
    Mnurut dokter gimana cara mengatasi gosong2 akibat pemakaian benzoil peroxide ini ya dok??
    Makasih sebelumnya dok,,
    Jawaban dokter menolong saya banget,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benzoil peroksida memang bisa bikin jerawat jadi hitam.... Nanti juga hilang lama2.... Asal jangan tambah di kopek-kopek ya....stop dulu benzoyl peroksidanya...

      Delete
  42. dok nama saya dian. di pipi kiri saya kayak ada flek hitam gitu ya dok. wktu ke dokter dbwa ke ruangan yg glap ktnya sih hiperpigmen. dksh sunblock parasol spf 30 sm tretinoin 0.025%. udh agak lma sih pke tp gk ada hasil. yaudah gak pake lg. sebaiknya gmna ya dok dipake lg atau gmna ? tertarik sm glycore 10 ? trus penggunaannya klo dcampur sm sunblock dan tretinoin gmna ya dok ? mksh. GBU

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mesti kombinasi...tretinoin Lebih kuat Dari glycore.... Tapi di kombinasi Akan Lebih baik

      Delete
  43. nama saya hendra ermansyah,dok sya mw minta bantuan tentang pnyakit eksim basah saya yang udh 6 bulan tak kunjung sembuh,sudh ke dkter mnapun blm smbuh2 dok,,kira2 obat yg baik untuk pnyakit saya apa dok?mkasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak pernah sembuh atau sembuh tapi kambuh kembali? Sudah ke dokter kulit pak? Yang penting pemiicu harus di cari untuk pencegahan

      Delete
  44. Dokter, nama saya yuli, saya mau tanya, saya dulu waktu kecil pernah kena cacar dan sedihnya meninggalkan bekas di kulit saya, dan juga kulit saya ketika luka mudah sekali meninggalkan bekas, dulu beberapa kali ke dokter kulit buat berobat cuma ga kuat di biaya nya. kira-kira obat apa yang bisa saya gunakan untuk menghilangkan bekas luka lama yang ada dikulit saya dok? juga untuk selangkangan yang menghitam cara mengembalikan warna asli nya menggunakan obat apa dok? makasih dokter susie.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bekas lukanya bentuknya apa? Warna gelap di selangkangan sulit hilang krn gesekan kronis...boleh coba hidrokuinon 2 %... Tapi Ada risiko iritasi...

      Delete
    2. seperti bekas luka cacar atau koreng dok, tipis dikulit dan sangat mengganggu karena banyak sekali dibagian kaki. apa dengan menggunakan hidrokuinon bisa cepat menghilangkan bekas nya dok? oia, kalau terjadi iritasi, apa yang harus saya lakukan nantinya, dihentikan kah penggunaan obat nya atau beralih ke obat lain dok? untuk warna gelap diselangkangan bisa hilang sama sekali atau tidak dok? dan kira2 butuh waktu berapa lama untuk mengembalikan warna kulitnya ke semula dok? makasih ya dok.. :)

      Delete
    3. Hidrokuinon gak bisa buat bekas bopeng...bisanya buat bekas hitam...
      Susah ngobatin selangkangan...ke dokter yang paling dekat Aja dech... Saya pribadi sih jarang banget ngobatin selangkangan klo gak hitam banget

      Delete
  45. Siang doc... nama saya Esti di Bandung..
    ada beberapa hal yang mau saya tanyakan..
    saya udah menggunakan tretinoin selama hampir 3 minggu,,efek yang saya rasakan kulit wajah jadi agak mengelupas dan tone wajah jadi agak mutung...
    kira2 supaya stabil lagi jadi kuning langsat seperti semula harus bagaimana ya doc..??
    apakah perlu dicombine dengan yang lain atau bagaimana...??
    selain itu saya juga menggunakan vitaquin untuk menghilangkan bekas2 jerawat sisa purging.. kiranya apakah akan ada efek sampingnya..?? efek dari vitaquin agak perih setelah diapply,,dan dipakainya selang seling dengan tretinoin...

    terima kasih doc atas bantuannya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Vitaquin klo gak salah Ada tretinoinnya juga kok...cuma Ada tambahan pemutih...
      Pengelupasan memang realsi yang sering muncul... Biasanya di kombinasi dengan aha...tapi hati2 bisa Lebih pedih..
      Ke dokter kulit terdekat Aja Biar maksimal pengobatan ya dibandingin coba2 sendiri...

      Delete
  46. hai saya bella,

    dok aku ingin bertanya tentang masalah jerawat, dulu waktu SMP muka aku jerawatnya hanya tumbuh di bagian dahi tapi jerawatnya kecil - kecil kok nda parah gitu, tapi sekarang (SMA) jerawat mulai tumbuh di samping hidung bagian kanan dan kiri serta di dagu, itu terjadi ketika aku facial (ini jg penalaman aku pertama kali facial) aku facial niatnya karena aku mau ngilagin jerawat di hidung, tapi lama kelamaan jerawatnya menyebar di bagian sekitar hidung itu, jerawatnya kecil2 ada juga yang sedang, aku sudah gonta ganti produk buat ngilanginnya tp nga ilang2 sampai skrg padahal jerawatnya bukan jerawat batu, dan juga di daerah yg berjerwat itu warnanya merah dok dan kyk ada bentol2 putih trus di tengahnya bolong n ada jg yg di tumbuhi bulu2 bgtu, yang aku ingin tanyakan produk apa yg cocok buat muka aku yang cepat terjadi iritasi ini? trus apakah aman kalau aku pake vitacid?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo masih merdang harusnya dapat krim jerawat yang mengandung antibiotik... tretinoin klo dipakai sekarnag akan membuat lebih meradang sementara...
      Ke dokter aja dech ya

      Delete
  47. nama saya henny susanti saya ingin bertanya tentang bekas cacar yg baru 3 minggu bagaimana cara menghilangkan bekas luka cacar hitam. bekas cacar tersebut ada di muka di seluruh badan punggung atas bawah,dada,kaki tangan. saya sampe ngeri kalo lihat badan sendiri dok toloong bantuannya. kalo perbandingan dokter antara vitaquin,hidroquinon, glycore 10, mana yg paling baik utk saya gunakan dan cara pakainya apakah harus pagi dan malam, atau malam aja dok. mohon penjelasannya saya jadi minder gara2 bekas cacar. umur saya 36th.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasa memang begitu klo baru 3 minggu...
      Semua bisa dicoba...sy gak bisa kasih Saran mana yg paling baik, krn tergantung kulitnya....malam

      Delete
    2. Oya...klo vitaquin boleh pagi ya Hen...krn Ada sunbloknya

      Delete
  48. Dokter susie, nama saya nadia.. Saya ada keluhan soal bekas jerawat, dok.. Ngga cekung atau bolong, tapi warnanya hitam coklat.. Sekarang saya lagi coba pake glycore10 hanya pada malam hari.. Pertanyaan saya:
    1. Apa saya harus tetap pake sunblock atau sunscreen di siang hari karena pemakaian glycore10 ini? Selama ini saya ngga pernah pake sunblock karena muka jadi makin berasa berminyak..
    2. Boleh ngga saya totolin vitacid 0,05% hanya di bekas jerawatnya aja setelah sekitar 30 menit sebelumnya pake glycore10 ke seluruh wajah dan leher?
    Sebelumnya terima kasih ya, dok..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya pakai sunblok...cari yang gel spy gak berminyak...
      Saya jarang banget minta pasien pakai tretinoin cuma setempat...biasa seluruh wajah

      Delete
  49. Dokter, nama saya gita, saya kan lagi pake tretinoin, kalo pas malemnya tretinoin nya dicampur sama melanoxhq 2% gitu boleh gak dok? dijadiin 1 adonan gitu, kalo pake yg 4% terlalu keras ya dok? makasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh campur...tapi campur sedikit2 pas sebelum dioleskan... Coba 2 % Aja dulu ya

      Delete
  50. Hallo nama saya Febri di Bekasi, mau tanya dok selama 8 bulan kehamilan saya hanya pakai moisturiser biasa skrg muka saya kusam karena tidak pernah pakai hidrokuinon/AHA selama hamil, untuk usia 8 BULAN kehamilan saat ini apakah aman menggunakan glycore/Aha plus tretinoin? Terimakasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. Glycore masih aman... tapi hidroquinon biasanya gak saya anjurin... Hamil secara sehat aja dulu dech,...itu lebih penting khan? :)

      Delete
  51. hallo dok.. thanks banget buat blog nya... saya ni'mah dari pekanbaru.. mo tanya dok.. muka saya ada flek nya.. di sekitara tulang pipi.. lumayan semakin melebar skrg.. :( seminggu ini baru nyoba glycore 10, tp malah jerawatan.. kira2 diterusin ato gak ya dok glycore nya.. ada saran gak dok utk flek krn hiperpigment obatnya apa yaa dok.. oya, klo pori besar ada obatnya gak dok.. terima kasih bnyk dokter.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nevus hori... Susah sembuhinnya krn letak pigment yg dalam... Gak bisa glycore Aja... Biasa perlu laser...
      Pori besar paling efektif dengan botox intrademal

      Delete
  52. Nama saya resti di bandung
    Bu dokter saya mau tanya apakah aman pemakaian cream momethasone furoate di campur sama tretinoin untuk menghilangkan bekas jerawt?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya jarang pake campuran itu..cuma klo mau pake jangan lebih dari 1 bulan ya...

      Delete
  53. halo dok, saya mira. seneng deh ada dokter yg mau buka konseling di blog gini :) anyway, saya mau tanya dok, kulit muka saya kombinasi (oily di bagian T tapi kering di jidat dan sekitar tulang pipi sampai deket telinga) plus acne prone. mulai november kemarin saya pakai vitacid 0,025%, kurang lebih dua bulan pakai itu, saya naik ke 0,05% karena yg 0,025% ga secepat kayak pas pertama kali saya pakai itu untuk atasi jerawat saya. tapi sebulan pakai 0,05% tiap malam muka jadi ngelupas disana sini, plus, jerawatnya itu dok, tambah banyak & gede-gede banget, plus merah tapi ga ada matanya, dan udahannya ninggalin bekas warna coklat gitu :(
    saya punya beberapa scar kecil di pipi yg ga begitu dalam, tapi lebar, cukup ganggu sih.. nah saya mau tanya, kalau saya ganti vitacid pake retin-A gimana dok? apa hasilnya sama aja? trus untuk bekas jerawat yg bukan scar itu gimana ilanginnya ya dok? kalau pakai BHA bisa ga ya? soalnya sebelum pake vitacid, saya udah sekitar dua minggu pakai BHA, tapi di stop soalnya katanya gabisa dibarengin sama pemakaian vitacid. thanks ya dok.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. isinya sama...
      saya pribadi jarang memberikan tretinoin bila jerawantnya sedang besar-besar...jerawatnya mesti diatasi dulu...
      BHA lebih untuk jerawat dan minyak....
      Menurt saya, konsentrasi untuk jerawta dulu...klo udah membaik dan semuanya cuma tinggal bekas, baru pakai tretinoin

      Delete
  54. hallo dok, saya icha. Saya mau tanya dok, saya tertarik memakai tull tje sekarang ini katanya tull tje bebas merkuri. Karena cream2 yg selama ini saya pakai tak ada yang memberikan hasil yang memuaskan untuk saya (sebelumnya saya pemakai tull tje yg kemudian saya hentikan karena katanya mengandung merkuri). Yang mau saya tanyakan apakah benar itu "bebas merkuri"? Dan lebih aman mana tull tje dengan glycore(aha). Terima kasih dok sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah saya gak bisa komentar apakah benar bebas merkuri... harusnya sih BPOM yang bisa memastikan keamanan suatu produk
      Gak bisa dibandingkan klo saya gak tau pasti isi produk tull tje nya... sori

      Delete
  55. hai dok, saya nisa. mau tanya muka saya berjerawat kemudian saya oleskan Vitaquin sebanyak 2 kali sehari pagi dan malam hari, kemudian wajah saya jadi merah dan mengelupas seperti terbakar, bagaimana caranya agar wajah saya tidak merah dan mengelupas lagi yah dok? dan apakan akan menimbulkan bekas bila menggunakan Vitaquin?. terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya sih pake vitaquin klo udah tinggal bekas aja...jgn waktu masih jerawatan....

      Delete
  56. Hallo dok. Nama saya Nindi, 23 thn. Saya jerawatan, dulu sih banyak dan akhirnya meninggalkan bekas. Sekarang sih tinggal 1-2 biji aja klo lagi PMS. Tapi bekasnya itu loh dok, ganggu banget. Seminggu terakhir saya pakai salep dari dokter, cepet sih dok reaksinya. Muka langsung jadi halus, bekas2nya pun mulai memudar. Tapi jujur saya jadi ngeri sendiri dok krn efeknya terlalu cepat. Setelah browsing2, katanya klo reaksinya cepat gitu, biasanya krn ada kandungan steroidnya. Saya sih baru pakai seminggu, tapi apa mungkin klo seminggu aja udah bisa bikin ketergantungan ? Soalnya serem juga baca threat orang2 yang kena efek dari steroid ini. Tapi saya jujur sih suka sama hasilnya dok. Klo dipakai seminggu sekali aja aman gak dok ? hehehe. Apa yang terbaik distop total aja kali yah dok ? Klo saran dari dokter buat ngilangin bekas jerawat apa ? Makasih dok buat sarannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Steroid bukannya gak boleh dipake...boleh Aja...cuma jangka pendek, maksimal 1 bulan.... Yg sering terjadi, krn hasilnya bagus, banyak pasien pengen trus dikasih...pdhal efek sampingnya banyak..... Langsung tanyakan Aja ama dokternya... Hehehe, Soalnya susah juga klo nebak2 Aja khan....

      Delete
  57. Dok,saya tika,mau tny nich,sya brhnti prwtn sdh be2rapa bln yg lalu,skrg saya cm pke produk yang ada dipasaran,kulit sya kmbinasi,dbgian T brmnyk dan sll da kmdonya,sdgkn d area lain kring dan kusam,sya pgn bgt coba vitaquin,glycore,tretinoin atau pa ya dok,sya bgug,mhon sran dr dkter bsrta cra pggunaanny,thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sya gak liat kulit kamu jadi gak bisa kasih Saran yang tepat...
      Klo mau coba semua krim yang kamu sebutkan, silakan Aja...tapi anjuran saya coba satu persatu dulu ya...Biar gak kaget kulitnya...

      Delete
  58. Saya Yulianti bu dokter..
    setelah melawati masa breakout selama hampir 2 bulan,wajah saya berangsur membaik..yang jadi masalah wajah masih seringkali terasa panas...
    Yang ingin saya tanyakan : mengapa berasa panas dan apa yang bisa meredakan rasa panas tersebut..
    Terimakasih banyak bu..Tuhan memberkati Anda.

    ReplyDelete
  59. Saya Yulianti ( penanya diatas )Bu..
    saya pake Natasha hampir 7 tahun..usia skrg 41 thn..memutuskan memakai natasha sekitar 2,5 bulan..akhirnya berakir dg breakout parah..sdh ke dokter SPKK dan diobati..skrg hanya tinggal sisa2 kemerahan,bekas jerawat serta perasaan panas dikulit muka..
    oya bu..saya jg menjalani terapi PRF ( plasma darah dengan cara dioles bukan disuntik) atas rujukan dkter saya tersebut..
    Dari 2 bulan masa yang dianjurkan terapi saya sedang menjalani selama 1 minggu ini..
    Rasa panas dan merah2 dikulit ini sangat menganggu sekali...sebaiknta apa yang saya lakukan dokter ?
    Terimakasih. Maaf panjang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bekas merah krn jerawat biasanya bisa hilang cuma lama...klo gak hilang, Pilihannya dengan laser vbeam... Klo masalah rasa panas, mesti ditanya ke dokternya ya...krn saya gak bisa menebak krim yang diberikan dokter yang ibu kunjungi... Bila merah terjadi baru2 saja, juga hrs ditanyakan ke dokter ibu ya

      Delete
  60. Sore dok,,, saya putri,umur 21 tahun,jenis kulit kombinasi... Saya punya masalah dgn noda hitam dan merah bekas jerawat...barusan saya beli melanox 2%... Apakah itu sudah benar? Pemakaiannya berapa kali dlm sehari ? Kalau mau pake sunblock,yg dipakai sunblock dulu atau melanox dulu?
    Terimakasih... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pemutih untuk bekas hitam ya..klo dipake di bekas merah kadang malah jadi Lebih merah.... Pemutih dipakai malam hari

      Delete
  61. Dokter,
    saya Ibu Riana, usia sudah 44 tahun
    sudah 1 bulan memakai glycore 8 dan vitacid 0,5. Sejauh ini aman-aman saja, tetapi lama kelamaan kulit wajah semakin kering ya, padahal aslinya saya termasuk berminyak.
    Jika saya ingin menggunakan serum anti aging apakah dipakai sebelum glycore/vitacid atau sesudah glycore?
    terima kasih ya dokter

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo kering, tambah pelembab juga boleh..
      Serum dipake sebelumnya....

      Delete
  62. Ibu dokter yang baik hati, nama saya nafsy, saya pernah terapi bells palsy diwajah sebelah kiri, terus wajah saya jadi jerawatan whitehead. Apa jerawat saya disebabkn trapi bells palsy?
    sekarang saya mencoba pake vitacid. Tpi msalah sunblock saya masih bingung karena parasol di apotek abis, yang ada panabox dan intersun. Manakah yg lbh bagus panabox atau intrsun? Trimakash dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mungkin saja...Ada yg namanya acne medikamentosa..jerawat krn obat minum. Bila obat minum mengandung steroid, bisa muncul acne steroid atau erupsi acneiformis. Sunblock sama Aja...mesti coba sendiri spy tau mana yg cocok...

      Delete
  63. salam kenal dokter Susie yang ramah,,,,:)dok mw tnya ni.. saya mika umur 20 tahun, kulit wajah saya kusem bget dok, saya pengen memutihkan wajah saya sekaligus ngilangin jerawat saya dok,, kira kira kalo saya beli obat diapotik , obat pa dok yang bisa ngilangin jerawat(ga bnyak koq dok jerawatnya,)dan sekaligus buat wajah jadi cerah,, saya baca comment teman2 diatas koq pada pake, glicore dan vitacid ya,,, apa itu bisa dok diakai buat saya, mohon dibles y dok makasih...:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh Aja di coba... Malam hari Aja..Mulai dgn konsentrasi terkecil..tanyakan saja di apotik...segera hentikan bila Ada Tanda iritasi ya...bila iritasi, selanjutnya berobat ke dokter aja

      Delete
  64. Pagi dok,

    Dengan Steven ini dok,

    Saya pengen nanya ttg AF4 dan krim CC sekarang, itu kan ada campuran bahan aktif FA (Fluocinolone) nya , kalo liat di resepnya sih kadarnya kecil bgt ya, tapi dalam pemakaian longterm , is it safe or not ya dok ? Kalo baca di google sih katanya safe for long term , tapi ga dijelasin how long ...

    Sedangkan saya sdh pake itu cukup lama sekitar 2-3 tahun dengan AF4... Menurut dokter sendiri bagaimana ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sya biasa pake jangan pendek...max 3-6 bulan... Yg penting liat tanda2 efek samping..klo Mulai muncul, stop aja

      Delete
  65. dokter susi saya sinta 16 tahun mau tanya, wajah saya berjerawat trus disuruh pake vitaquin tpi saya msh ragu, yg mau saya tnyakan apa vitaquin aman untuk wajah berjerawat? kalau aman cara pemakaiannya gimana ya dok? terimakasih dokter susie yg cantik :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah saya sih jarang pakai vitamin untuk kulit berjerawat... Beresin jerawatanya dulu ya... Ntar klo udah bersih, boleh pake...

      Delete
  66. Salam kenal dok..
    Saya dian..mau tnya glycore bisa utk menghilangkan bekas jerawat yg merah atau enggak ya?apa ada cara lain selain laser?

    Oiya dok, sblmnya sy pakai glycore 10 jarang sekali terasa perih..tp knapa skrg saat sy pakai glycore 8 (kebetulan di apotek glycore 10 sedang habis) kok malah perih dan memerah ya kulit saya..?

    Makasih sebelumnya utk jawabannya.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya utk bekas hitam ya... Klo bekas merah, bisa coba azelaic acid...tapi pedih juga...
      Mungkin lg iritasi gak kulitnya? Hrsnya gak gitu..

      Delete
  67. Halo dokter Susi.. Saya Siska umur 19 tahun, Saya mau tanya dok, saat ini saya berencana mau pake glicore 8 karena wajah sudah kusam dan ada jerawat tapi gak meradang dok dan gak banyak juga, apa tidak papa dok saya memakai glicore, diwajah saya kaya' ada kapiler yang terlihat dibagian pipi dok,,terimakasih dokter susi:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh Aja dicoba...malam Aja ya...klo panas, merah, gatal..stop segera ya.. Krn efek tiap orang bisa beda...

      Delete
  68. Malem dok nama saya edi.oh ya dok mukasa saya warna kulitnya nga rata .kemungkinan akibat aktifitas di lapangan. yg rentan terkena sinar matahari.kira-kira untuk mengobati gimana ya dok?saat ini saya mengunakan melanox apakah langkah saya sudah tepat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh Aja dicoba..yg paling penting sunblock ya...

      Delete
  69. hy dok..in ester..23 tahun.
    gini dok..dipergelangan tngan kiri sy yg biasa sy pakein jam tngan skrg jd bintik2 merah gatal..
    wkt jam tngan ga sy pake lagi,gatal'nya hilang..+bintik2 sdah kering
    trs wkt sy cb pake jam tngan it lg..smua bgian pergelangan tngan yg biasa dipakein jam tngan it bisa gatal smua..
    klo nekat digaruk..kdg kulitnya ky nebal sndri dn lama2 dipegang perih,,
    itu kenapa+tindak lanjutnya gimana ya..makasi GBU

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya akibat alergi Logan... Jangan pake lagi

      Delete
  70. Maem dokter saya lili saya mau tanya salep apa yang bagus untuk menghilangkan bekas cacar air yg jadi bopeng di muka untuk anak saya umurnya 12 tahun, terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bopeng gak bisa dgn krim biasanya... Tapi klo gak terlalu dalam masih bisa dgn krim malam... Segera ke dokter kulit terdekat ya

      Delete
  71. Dok... sebenarnya vitacid itu kan bisa mengalami Purging... apa mediklin juga sperti itu?
    soalnya saya lgi cari salep jerawat tanpa mengalami purging..
    saya blum siap mental dok....
    Adakah salep yang manjur untuk jerawat dan tidak mengalami purging?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mediklin gak...coba Aja... Tapi cuman ngeringin jerawat Aja ya

      Delete
  72. Hollo dok,, nma sya ayu,, sya lgi purging nih, boleh ngga tiap mlm sya mkai mediklin-TR trus cmpurin sma melanox,, kan di mediklin ada tulisan tretinoin 0,025% trus di melanox hidroquinon 2%, bleh kah sya aplikasikan kduanya dmlm hri ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh Aja klo gak pedih...tapi tetap bisa purging ya

      Delete
  73. malam dok saya Fitri..
    dok wajah saya banyak jerawatnya. kalau jerawatnya sembuh pasti ninggalin bekas .... obat nya apa ya dok supaya gak jerawatan lagi dan menghiangkan bekas jerawatya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah gak bisa kasih masukan krn gak liat langsung...kamu pake Aja obat jerawat yg dijual bebas dulu..klo gak berhasil, segera ke dokter kulit terdekat dech ya

      Delete
  74. dok,..mau tanya nich akukan pakai vitaquin buat ngilangin flek hitam diwajah, pertama pakai malam hari itu rasanya panas,...trus malam ke dua gak panas itu bahaya gak dok ya?... trus flek hitamya bisa hilang gakya dok..? kira-kira diterusin gak pakenya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya coba dulu klo mau tau bisa hilang atau gak... Minimal liat dalam 1 bulan...pd beberapa pasien bisa 3 bulanan

      Delete
  75. Halo dok, nama saya Titi usia 24. Saya mau tanya ni dok, kulit saya jenisnya itu kering dan sensitif, saya mau menghilangkan bekas2 seperti flek hitam gitu di kaki saya. Letaknya itu tersebar di punggung kaki dan di sekitar tulang kering. Penyebab flek itemnya itu karena digigit serangga dan alergi. Bagaimana menghilangkannya ya dok? Sukur2 bisa hilang secepatnya. Terima kasih dok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya perlu pelembab klo bisa yg mengandung aha, Dan pemutih untuk spot hitamnya...tapi yg paling penting adalah hindari gigitan baru ya

      Delete
  76. selamat malam dok nama saya putri,kata teman saya untuk mnghilangkan flek hitam diwajah bisa pkai vitaquin,setelah saya pkai,wajah saya merah,itu kenapa dok???dan bagaimana cara menghilangkan merah diwajaah saya????

    ReplyDelete

Sebutkan nama terlebih dahulu, bila ingin mendapatkan respons...thank you.. Tanpa nama akan langsung saya hapus ya......

Note: Only a member of this blog may post a comment.