Halo semua rekan yang tertarik dengan kesehatan kulit, semoga artikelnya berguna... Ditunggu selalu komentar dan inputnya... Khusus untuk intermezzo, adalah pengalaman unik selama praktek yang menurut saya cukup menarik untuk dishare... Happy reading...

Saturday, February 18, 2012

Jangan minta putih, pleaseee....

" Ada masalah apa yang bisa saya bantu?"
" Saya kepengen putih dok.."


Minggu lalu ada pasangan (masih pacaran nihh..) datang ...yang perempuan memang warna kulitnya lebih gelap dari sang arjuna.... Saat datang, si perempuan cantik ini bilang pengen putih... Saya cek datanya... dia sudah berkali-kali datang berobat..ke dokter yang berbeda-beda... Tapi isi tulisan dokter tetap sama..ingin putih, merasa belum putih, ingin putih.... walaaaahhhh!!
Seperti biasa saya selalu bertanya kenapa sih pengen putih?? ... soalnya hal ini berhubungan dengan harapan pasien.... Saya udah pasti gak akan memberikan harapan yang saya tau gak mungkin dicapai..... eh, yang jawab sang arjuna ganteng... " Yah minimal bisa putih seperti saya doook..."
Uups!!


Saya gak bisa menduga dari wajah kedua sejoli tersebut... apakah mereka berasal dari ras yang sama ataukah berbeda.... soalnya klo berbeda, kayaknya sulit banget ya untuk memenuhi harapan mereka....


Saya selalu minta pasien untuk melihat area yang cukup pribadi... misalnya (maaf) bagian bokong.... Coba lihat warna kulit di area tersebut... bila warna area tersebut tidak putih, rasanya hampir tak mungkin memutihkan warna wajah seseorang....


Warna kulit yang kita peroleh merupakan genetik...diturunkan...makanya kita mengenal istilah kulit putih, kulit kuning, kulit langsat.... Ini merupakan warna dasar seseorang..
Lihat di bokong yang hampir tak pernah terkena pengaruh jelek lingkungan luar (misalnya sinar matahari)... itulah warna dasar kulit kita...


Jadi jangan pernah minta warna kulit wajah lebih putih dari area pribadi tersebut ya.....
hahaha minimal waktu datang ke saya...karena pasti saya jawab..tidak mungkin!!!!

22 comments:

  1. halo dok, mau tanya. Baru" ini sering denger kosmetik yg megandung hyaluronic acid sbg moisturizer.. Tp krn judul"nya "acid" saya jadi agak takut kalo digunakan sbg moist.. Apa aman dok kalau memakai kosmetik berbahan 'acid' untuk pemakaian jangka panjang?

    Ada 1 produk yg merupakan perpaduan dari Glycolic acid dgn Hyaluronic acid.. Saya tertarik krn produk ini mengklaim dapat menghilangkan jerawat, bekas jerawat, pori besar, sun damage, dll tanpa mengeringkan wajah..
    Berikut link produk tsb http://www.makeupartistschoice.com/products/Gly_Luronic_Acid_Serum-305-82.html
    Mohon pencerahannya dok, terima kasih

    ReplyDelete
  2. Halo Rena...aman kok...bagus buat pelembab... kulit kita juga memproduksinya secara alami...

    ReplyDelete
  3. dok saya andi.. usia saya 16 tahun.. saya berjerawat besar besar dan banyak.. muka saya merah merah... trus sya brobat ke dokter dan dberi.resep evalen . krim racik . interdoxin100mg. acne aid... pertanyaan saya knp setelah pke evalen jd makin parah jerawatny... ? dan cara untuk hilangkan jerawat yang besar pke obat apa ... udh 2 mgg nih dok... Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kamu pasien saya? Soalnya amat jarang saya memberikan adapalene untuk jerawat meradang...Soalnya bisa tambah meradang pd beberapa org walau pun adapalene punya efek anti peradangan... Klo gak hilang juga, kadang perlu suntik utk yg besar ya

      Delete
  4. salam Dok...saya Alyacha. Kulit saya kuning langsat tetapi kenapa ya paha bagian bawah/tempat menempel di alas duduk sedikit hitam. Saya sudah memakai krim pemutih selangkangan dan ketiak, lulur scrub maupun handbody, tetapi tidak ada hasil. Ternyata sy baca di net banyak wanita yang memiliki keluhan seperti ini. Saya tidak memiliki riwayat obesitas. Saya pernah membaca di salah satu klinik kecantikan kalau mereka bisa memutihkan selangkangan dalam seminggu. Apakah itu benar dok? Lalu sebenarnya obat apa yang cocok untuk kasus saya ini? Apakah suntik vitamin C bisa jadi solusi? Thanks ya Dok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Area yg mengalami gesekan cenderung Lebih mudah gelap.... Biasanya diberikan pemutih kadar rendah supaya gak iritasi...Soalnya klo sampe iritasi, akhirnya bisa hitam lagi.... Suntik vitamin c boleh di coba, tapi biasanya gak terlalu berhasil sih... Wah seminggu?? Hebat klo bener...

      Delete
  5. dok, saya cheysha. mau tanya dok, dulu bb saya 47 kg. selama 1 th terakhir ini menjadi 61 kg. naik drastis. dan timbul banyak strect mark merah di betis, pingang, lengan, paha. ada salep ga dok biar bisa ilangin strecmark itu? trus ada pantangan makanan gak dok? dan untuk mencegahnya bagaimana/ makasih dok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Stretch mark smp sekarang masih susah ya... Biasanya krim racikan.... Boleh coba dulu krim yg dijual bebas... Kadang perlu laser... Pantangan makanan gak Ada... Yg penting jangan nambah berat lagi ya...

      Delete
  6. Salam kenal dokter yg baik :)
    Nama saya DINA Carolina
    Stlh baca2 forum , sy putuskan buat coba Vitaquin hasilnya so far so good... Moist,skin tone naik,dan jerawat jg ga tmbuh... Yg mau sy tnyakan apakah aman kl sy cmpur vitaquin dan vitacid dg prbndgn 1:1 dok ??? Tq before

    ReplyDelete
    Replies
    1. vitaquin biasa dipakai pagi krn ada sunbloknya... vitacid biasa malam... tapi klo mau dicampur boleh aja...tapi pakenya tetap malam ya

      Delete
  7. Halo Dok,
    Saya Thesy
    Saya mau nanya kalo bekas luka yang dikorek korek pake kuku itu apa bisa hilang dengan vitaquin saja? Ohya bekas luka saya ini sudan kayak tompel, apa iya bisa jadi kanker kulit ? Saya takut sekali dok, luka saya ini hitam tapi tidak timbul, tapi tidak hilang-hilang. Saya juga mau tanya apa vitacid sama vitaquin itu kalau dicampur bisa di oles di wajah? Dioles dibagian wajah atau kulit uang bermasalah aja?
    Makasih Dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo soal jadi kanker kulit, mesti periksa ya..yang pasti tanda kanker adalah mudah berdarah, luka gak sembuh2...
      Biasa vitacid pakenya malam ya.... Boleh seluruh wajah sebenarnya...tapi mulai ya dengan konsentrasi paling ringan dahulu

      Delete
  8. Halo, Dokter. Nama saya Julie. Saya ingin mengajukan pertanyaan nih, Dok. Kulit saya kan putih, tapi apabila saya garuk sedikit langsung memerah dan lama-kelamaan akan menimbulkan bekas seperti flek hitam. Biasanya, flek hitam atau spot hitam itu kalau sudah ada di kulit sulit untuk dihilangkan (bisa sampai berbulan-bulan, bahkan ada yg sudah satu tahun lebih tapi belum hilang total). Nah, kira-kira, apa kulit seperti itu cocok untuk memakai bleaching krim seperti krim merek Vitaquin? Saya lumayan ragu karena waktu saya baca, krim itu mengandung 5% hidrokuinon. Mohon bantuan dan sarannya yah, Dok. Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh dicoba kok...hidrokuinon yang aman untuk pemakaian bebas tanpa supervisi dokter adalah 2 % ya... Klo Lebih, harusnya dalam pengawasan dokter

      Delete
  9. hai , dok... saya olivia.. saya suka banget baca blog dokter .. sangat mendidik..
    kalo boleh tau.. dokter paraktek di mana saja yah? & dalam kasus penangan kulit berminyak dan jerawat.. dokter mengajur kan untuk memberikan obat minum? seprti doxy? atau roaccutane?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rspi puri indah, pondok indah Dan erha kemanggisan..
      Tergantung jenis jerawat..klo meradang perlu antibiotic...klo banyak white head, mesti dikeluarkan... Minum roaccutane untuk yg membandel...

      Delete
  10. Hay dokter , nama saya andre
    Muka saya berjerawat dok , tapi gak besar besar jerawatnya !! Dan yang sa'at ini jadi masalah adalah bekas jerawatnya dok yang banyak di wajah saya !!
    Saya pake vitacid 0,05 sama minum clindamicyn kapsuul

    Sebaiknya saya memakai salep apa dan minum obat apa ya dok , biar bekas jerawat saya cepet hilang ??
    Dan bagusan mana vitacid 0,05% sama vitaquin yang mengandung hidroquinon 5% ??
    Tolong pencerahanya dokk :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terusin Aja klo kamu merasa membaik... Klo bekasnya hitam boleh pake krim yg Ada hidrokuinonnya.... Tapi biasanya jangka pendek aja

      Delete
  11. Hai dok susie...saya vasilli...saya mau nanyakan sedikit tentang bekas jerawat dibadan atau punggung...saya sering ada jerawat dibadan and punggung (anehnya di wajah jarang bngt).,nah bekasnya itu yg kadang buat ak risih..setelah ak ke dokter kulit dikasih vitacid lotion yg 0.05%..setelah dipake 2 minggu kulit jd merah and ngelupas..apakah pemakaian ttp harus dilanjutkan atau di stop dl beberapa hari baru dilanjutkan lg..soalnya saya baca2 ada yg nyaranin buat 2minggu aja trus stop bentar baru pake lagi...saya agak cemas aja karena kulit malah kayak bekas luka bakar gitu jadinya..makin merah kehitaman..thank dok susie..ditunggu responsenya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya klo pedih banget, stop sementara... Klo udh membaik, coba pakainya gak tiap hari..misalnya 3x seminggu... Klo masih iritasi, segera hubungi dokter kamu lagi

      Delete
    2. klo utk efek dr si vitacid nya sendiri apakah emang seperti itu dok susie..? merah and kering pecah2) gitu ya..trus apa bedanya klo seandainya saya rubah pemakaiannya dr yg lotion ke salep..apakah efeknya berbeda..? terima kasih atas response nya dr. susie..semoga terus diberikan kesehatan and dilimpahkan rezeki...:)

      Delete
    3. Bisa Aja... Biasa bukan pengaruh sediaan tapi itu merupakan efek tretinoin... Coba pakai pelembab Aja...klo gak membaik, segera ke dokter kamu ya

      Delete

Sebutkan nama terlebih dahulu, bila ingin mendapatkan respons...thank you.. Tanpa nama akan langsung saya hapus ya......

Note: Only a member of this blog may post a comment.