Halo semua rekan yang tertarik dengan kesehatan kulit, semoga artikelnya berguna... Ditunggu selalu komentar dan inputnya... Khusus untuk intermezzo, adalah pengalaman unik selama praktek yang menurut saya cukup menarik untuk dishare... Happy reading...

Sunday, April 22, 2012

Duuuhh...saya dipanggil encik...!

Sebenarnya kejadian begini sih udah beberapa kali....
Terakhir baru terjadi 2 hari yang lalu...makanya ditulis di blog...biar betenya cepet ilang... hehehe


Muka saya memang muka oriental...
Yah namanya juga saya keturunan Tionghoa...jadi ya gak aneh kalo muka saya oriental dooong... Muka saya tipikal Chinese banget... kulit putih dengan mata sipit dan rambut lurus.... hahaha...lengkap dech...


Ada beberapa pasien yang awalnya memanggil saya dokter.... eh kemudian dengan seenaknya mengganti dengan sapaa "cik...., encik.."
Biasanya sih saya gak peduli... cuma mungkin yang kemarin pasiennya juga nge'betein.... 


Jadi supaya gak berulang dan bikin saya tambah gondok, saya bilang aja, " eh, emangnya kamu lagi belanja di Glodok ya......?"
Dalam hati saya pikir...bentar lagi dia mau nawar biaya konsul nih...


Mending kalo di Glodok dianggap shinse...lah kalo dianggap tukang obat pinggir jalan???


walah...hahahaha

95 comments:

  1. Dokter, ini Eddy... masih ingat kan dok ? duh saya senyum senyum sendiri baca tulisan dokter... :)

    Dok, saya mau tanya dikit soal AF 2 - obat erha , itu untuk penggunaan longterm , safe atau gak ya ? soalnya setau saya kode obatnya AZAF ya dok. Seinget saya dulu pernah nanya ke dokter dsini, katanya isinya asam azalea+sunblock. Cuma kok jarang ya dokter yg ngasih untuk long term. Apa ada kandungan yg ga boleh untuk long term nya. Terima kasih dokter Susie.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Safe kok... baca aja tentang azelaic acid, Eddy

      Delete
  2. Saya Mustari..geli sendiri baca tulisan Dokter. Sabar...sabar ya bu Dokter. Orang sabar disayangi Tuhan. Katanya orang yg mafhum kepd org lain adalah orang yg bijak. Gitu lho katanya Bu Dokter yg baek....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha... pak Mustari pasien saya di Puri? Baca blog saya juga ya pak...

      Delete
  3. Bener bu Dokter. Saya baru tahu ada blog Bu Dokter, dan saya suka karena sangat informatif sekali. Konsul ya Bu Dokter. Beberapa waktu yg lalu, koq badan saya gatal di beberapa tempat trus koq udahannya spt merekah. Saya kasih obat dari Dokter yg utk tangan & leher dulu. Eehh malah jadi hitam bulat2. Nakal yaa saya pakai obat sembarangan? Gmn ya apakah saya perlu ke Bu Dokter lagi di Puri Indah? Salam. Mustari.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo pak...kalo hitam cuma bekas saja masih mungkin terjadi...biasanya setelah merah, kemudian mengering..dan jadi hitam akhirnya... Biasanya bekas hitam menghilang perlahan 3-4 bulan..klo gak hilang juga baru berobat ya pak...

      Delete
  4. dokter Susie, ini Eddy lagi, pengen nanya sekalian make sure biar ga was-was... sekarang kan regimen saya AMG7 + AF2, (kadang2 AF2 dituker AF4), ini biasanya diulang2 aja, udah 3 taunan.. so far sih aman2 aja.. Malamnya cm CC25, kadang2 dilayer pake AG2 (kalau lagi muncul acne)... kira2 aman ga dok ... (di pertanyaan atas soalnya saya cuma nanya AF2 aja).. Makasih banyak dok

    ReplyDelete
  5. Halo dokter susie, saya shilvi dok...
    Saya jadi ketawa sendiri membaca postingan dokter yang ini...mungkin betenya sama seperti saat saya dipanggil bu Haji krna sy berkerudung...hehehehe..
    Dok, saya mau tanya wajah saya berkomedo dan karenanya sy rutin facial utk membersihkan komedo, biasanya saya facial dan mesoterapi 1-2 kali sebulan. Pertanyaannya, apakah facial memiliki efek samping semakin memperbesar pori2? terima kasih dok atas penjelasannya...:-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Shilvi...heheh mungkin ya... pokoknya bete dech...
      Selama facial dikerjakan dengan benar, tidak penuh "paksaan", sebenarnya malah membantu agar sumbatan komedo yang berisiko menyebabkan pori besar permanen dapat dikurangi...

      Delete
  6. hi dok, selamat pagi & salam kenal ... :), senang skali menemukan blog yg brmanfaat,bs mnambah ilmu & bs konsul gratis ,tetap slalu aktif terus ya dok, biar ilmu sy & pmbaca yg lain bs brtambah.. :) oya bgini dok, nama sy eva, sy mmpunyai mslh kulit berminyak,kulit agak kasar&berjerawat kecil,pori2 besar, dan mudah berkomedo kdang jerawat besar tumbuh 2 atau 3 , skr ini sy memakai glycore & tretinoin (sbg krim mlm dgn jeda 30menit, glycore sy pkai duluan) & olay white radiance + sunblock/sunscreen dipgi hrinya... Yg mau sy tnyakan apakah bs glycore dipkai di pgi hari ? Dan 1 lgi dok apa fungsi glycore & evalen itu sama dok ? & amankah jka pagi hrinya sy ingin beralih hny memakai evalen gel + sunblock Atau glycore+evalen+ sunblock .. Krn jerawat semakin brtambah smenjak mmakai tretinoin (mungkin ini proses purging kali ya dok) .. Mohon pnjelasannya dok, apa yg lbh baik sy pakai & apa yg lbh baik tdk sy pakai .. krn sy takut krim2 tsb tdk bisa aktif jk dipakai brsamaan .. Mohon maaf dok klo prtanyaannya trlalu banyak & Trimakasih banyak ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo eva... glycore boleh di pagi hari kok..yg penting pake sunscreen sesudahnya... evalen beda dengan glycore.. biasanya evalen gak pernah dipakai pagi... coba aja glycore+ sunscreen (pagi), malam glycore+evalen... Klo masih jerawatan ke dokter terdekat ya

      Delete
  7. ok dok ini eva ...makasih atas jawabannya ... :) , sangat membantu sekali ... Trimakasih skali lgi dok ...

    ReplyDelete
  8. Maap bu dokter sy konsul di sini. Gatel2 sy yg membekas jadi hitam & bulat itu ternyata agak timbul, ada dilipatan paha, juga di seputar lingkar perut saya. Itu kenapa ya Dok? Sy juga mau tanya, kenapa kulit penis sy mudah lecet kalau kegesek agak keras & lama. Apa ini karena lembab di area kulit kepala penis saya. Apa sy perlu berobat lagi ke dokter. Mohon advisnya. Terima kasih. Mustari

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo pak... seingat saya bapak udh sunat ya? klo mudah lecet bisa juga karena terlalu kering... terlalu lembab juga bisa... gunakans abun yang lembut ya pak.... jgn over rubbing... klo kulit yang menonjol bisa saja karena eksim.... Klo bpk udh coba mengobati sendiri dan gagal, sebaiknya berobat lagi ya pak....

      Delete
  9. Terima kasih Dokter. Iya Dokter, tp mungkin sunatnya ga sempurna. jd klo lagi "tidur nyenyak" msh ketutup kulit kulup. Jd seperti tdk sunat. Ini yg membuat sy malu. Apakah karena ini jadi mudah lecet Dokter? Sy tdk pakai sabun antiseptik. Over rubbing ini apa ya Dokter maksudnya. Apakah eksim berbahaya? Apakah minggu ini, Dokter praktek di RS Pondok indah Puri Indah? Terima kasih banyak atas jawaban Dokter yc. Mustari

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksudnya kalau lagi mandi jangan disabuni dan digosok kelamaan ya pak... Klo sering ketutup, jadi agak basah ya pak...ini jadi mudah jamur... eksim gak bahaya.. Coba cek aja untuk pastiin ya pak... Saya prakt sabtu pak

      Delete
  10. halo dok,, saya nike,,
    snang nya bsa ktmu sma blog dokter ini,, :)
    dok,,saya mw tnya,, muka saya ini ada jerawat nya kecil2 dok,,skrang keliatan kusam&kulit sya jadi kering,,
    klu sya pke evalen gel,,apa muka sya bsa bersih dok??
    Trima ksih sblum nya dok, :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Nike...evalen bagus untuk j angka panjang... tapi awalnya bisa muncul jerawat-jerawat kecil juga... Klo kamu udh ada jerawat kecil-kecil..pake evalen akan bikin mudah dikeluarkan

      Delete
  11. Salam kenal Dr. Susie, saya nana mau nanya.. dokter praktek di RS Puri hari apa aja n jam praktek kapan aja.. saya sepertinya terkena eksim pada tangan dan kaki. Kulit kering seperti berkerak dan ditangan bintik-bintik merah banyak. Bagaimana ya dok mengatasinya.. saya ingin ketemu dokter untuk pengobatan. Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Nana... di RSPI-Puri Indah hari Senin, Selasa, Rabu dan Sabtu... telp ke RS aja ya untuk buat appointment.. 25 695 222

      Delete
  12. Dokter Susie yb. Sy mustari, pasien dokter. Sy sdh 2 X berobat ke dokter utk penyakit di leher kelamin sy yg spt urat yg menonjol (sy lupa nama penyakitnya). Sdh dikasih obat. Tapi sekarang, koq malah ada di kepala penisnya. Apakah memang penyakitnya bs menjalar n melebar kemana2. Atau karena kepala penis yg agak lembab, krn kadang suka tertutup oleh kulit kulupnya. Apakah boleh sy obati dgn obat yg sama(sy lupa nama nama obatnya). Atau sy berobat lagi ke dokter. Mohon advisnya, Dokter. Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pak Mustari... Nama penyakitnya lichen sclerosus...memang kasus sulit.... Coba baca Aja dulu ya pak...

      Delete
  13. good morning dok,,nama saya cleo
    wajah saya ada bekas jerawatnya ,apakah dengan AG 2 bisa hilang dok,
    jika bisa .jangka waktunya brp lama trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. AG2 utk ngilangin jerawat... Bukan utk bekas...

      Delete
  14. Hai dokk.. Sy anggraeni..

    Pengen ketawa sih bacanya.. Tapi emang kalo oriental look suka bgituu.. Abis kejadian di sy jugaaa.. Heheheee..

    Dok sy mau nanya nih.. Setahun yg lalu sy hamil.. And di betis muncul benjolan gitu n gatel.. Sy garukin terus sampe luka n kluar kaya air gitu.. Lama2 sih kering.. Cuman sekarang jadi bekas kaya kesolot knalpot.. Bisa disalepin gak ya bwt ilangin bekasnya? Salep yg dijual bebas di apotek gitu..

    Trus kalo mau ilangin keloid di luka bekas cesar juga ada salep yg dijual di apotek gitu gak ya? Ato sy harus konsul dulu ke SpKK.. Soalnya koq jadi timbul keloid gitu sih.. Pdhl 8bln lalu abis sc alus2 aja..

    Sy tunggu advice nya ya dok.. And TIA ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo bekas hitam boleh di coba hidrokuinon konsentrasi rendah 2% yg dijual bebas.... Untuk keloid, coba krim yang ads centella asiatika... Mrekmya buanyaaaakkk... Hehehe

      Delete
  15. dok,, ini nike lgi,, sya dh pke evalen gel ny,, tpi skrg muka sya lbih bnyak komedo ny dan menjadi kemerahan dok,, apa evalen gel ny msih bsa d lnjutin dok?? Atw obat apa yg bsa sya pke untuk mghlangkn komedo&wjah kmerahan sya dok,, mksih dok :)
    di tggu saran ny dok,, :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mending ke dokter kulit terdekat aja ya..biar pengobatannya bisa tuntas

      Delete
  16. Apa kabar dokter yb. Sy mo konsul lg. Maaf ya dok. Sy pernah berobat ke dokter bbrp kali. Di pinggang & seputarnya sy itu gatal, kemudian digaruk, lama2 jadi hitam. Ada di bnyk tempat, sdh dikasih obat o/ dokter tapi kayaknya belum sembuh. Ini kenapa ya Dok. Apa sy bs berobat ke dokter lg, agar penyakit kulitnya tdk melebar ke mana2. Salam. Mustari

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo bekas sih memang lama pak...apalagi bila usia sudah di atas 40 an... klo eksim, emg hilang timbul

      Delete
  17. dekter...saya iva. sya 28 tahun.dulu saya pernah pake krim pemutih yang dijual onlen. emang si kulit tu bagus banget. bersih, kinclong, tanpa noda. muyus deh pokona mah...cuman, kemaren pas lebaran tu tiba2 ada flek hitam di pipi. karena takut makin tebel, akhirnya pemakaian krim abal2 itu saya stop. mpe sekarang saya pake serum vit C 10%,hada labo yang mengandung arbutin, kalo siang ditambah sunblock spf 35.
    flek di wajah saya emang dah samar banget, dah g kaya pas lebaran kemaren.tapi kulit wajah g sekinclong pas pake krim pemutih itu dok
    saya baru mo mulai pake glycore 8%. bolehkah di barengi serum vit C??
    ada saran g dok utk mengembalikan kulit wajah ke penampakan yang lebih cerah??
    saya pengen nyoba pake tretinoin juga mengingat walo jenis kulit saya kering, tapi ada juga beberapa jerawat kecil di kening.
    mohon sarannya dokter...
    makasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh aja coba glycore dan tretinoin... cuma awalnya jangan digabung... satu persatu dulu aja.. takut iritasi

      Delete
  18. dokter..ni iva lagi.
    maksudnya jangan di gabung tu gmn ya dok.maksude di selang seling gtu ato pemakaiannya dikasi jeda waktu??
    utk flek hitam yang di pipi itu baiknya gmn dok...dioles krim hidroquinon ato cukup dengan pemakaian glycore ma tretinoin??
    kl misale yg flek itu dkasi hidroquinon..brarti utk malem itu saya pake 3 krim dong dok...hidroquinon khusus di flek hitam, di lanjut glycore..lanjut tretinoin.gtu dok??bener ga ya..
    maap ya dok kl saya banyak nanya..maklum, awam hehe
    makasi banyak dokter utk jawabannya...sehat selalu deh buat dokter susie

    ReplyDelete
  19. Boleh coba glycore dulu selamat beberapa hari, klo gak masalah bisa ditambahkan tretinoin.... Klo ternyata pedih boleh selang seling.... Klo pake itu Aja cukup, gak usah hidrokuinon.... Tapi klo gak hilang boleh Aja ditambahkn

    ReplyDelete
  20. Hi dok. Saya harina. Saya punya masalah jerawat karena produksi minyak berlebih. Suda 2 tahun ini saya pake obat erha dan wajah saya sudah mulus cuma kadang2 muncul satu ato dua jerawat. Sekarang obat yg dikasih ke saya AMG6, AF4, ANC3 dan sabun cuci muka. Yg mau saya tanyakan, apakah obat erha bisa menipiskan kulit jika pemakaian longterm? Dan apakah dokter punya saran obat lain yg aman untuk pemakaian longterm?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semua krim yg tak mengandung steroid tidak Akan menipiskan kulit.... Krim malam Dari dokter manapun bisa menyebabkan pengelupasan ringan..tapi ini hanya terjadi di bagian kulit mati... Jadi tenang Aja....
      Untuk long term saya pribadi Lebih senang amg1 dibanding khan amg6

      Delete
  21. Hai dok, saya yomi, saya tahu blog dokter dari teman kuliah saya. Dok mohon saran nya untuk masalah jerawat saya, saya berobat di erha, dan ternyata saya alergi clyndamycin, sekarang muka saya lumayan (walau sedikit merah) ketika saya berhentikan, saya sekarang menggunakan sebamed foam, toner bha2% paulas's choice malam baru ditimpa evalen gel kalau siang pakai erha ag2 tipis sama melanox sun screen. apakah itu sudah benar dok?saya pakai ag2 tipis waktu siang sebelum sunblock.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya klo jerawatan hindari sunblock ya.... Klo perlu pakainya yang preparat gel...jgn krim... Yang lain boleh diteruskan

      Delete
  22. Hai dok... saya Lia, 25 th.. saya ada masalah jerawat yg suka timbul kecil2 dan banyak kl menjelang menstruasi,, udah hampir 6 bulan ini... akhirnya 2 minggu yg lalu saya ke erha... dikasih krim AMG3, AF2 dan AG2... cuman koq setelah pake malah jd keluar banyak jerawat ya? Apa ini artinya saya ga cocok sama krimnya ato emang ini efek krimnya jd jerawatnya dikeluarin semua ato gimana ya dok? Soalnya saya skr sdg tidak menstruasi... terimabkasih dok...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Krim di atas gak ngeluarin jerawat kok... Coba berobat lagi ke dokter kamu ya

      Delete
  23. Hi dok...saya desi 34 th,saya penderita hipertiroid, sudah 6 th minum PTU dan propanolol..dulu kulit wajah saya mulus dan cerah karena sering saya rawat dengan bahan-bahan alami.. kira-kira 8 bulan lalu kulit di dagu kiri saya ada noda bulat berwarna abu-abu kebiruan yang sangat samar kira-kira diameternya 0,5 cm...lama-lama makin lebar dan jelas...dan berubah warna menjadi coklat kehitaman...2 bulan lalu saya berobat ke dokter spesialis kulit..dan di beri mofacort 2x sehari + sunblock. Tapi gak ada perubahan sama sekali malah sekarang nodanya memanjang kearah bibir sehingga bibirpun mulai menghitam...kata dokternya karena alergi obat tertentu...tapi udah 2 bulan ini saya tidak minum obat apapun kecuali vitamin...tapi nodanya tetap saja melebar dan semakin gelap...apa penyebabnya ya dok, dan apa obat yang bisa menghilangkannya...tolong bantu saya ya dok..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah saya gak punya perkiraan.... Tapi klo warnanya hitam, bisa dicoba pakai hidrokuinon 2 % yang dijual bebas... Coba pakai 2 minggu apakah Ada perubahan.... Pake malam saja.... Pagi tetap pake sunblok ya

      Delete
  24. Hi dok, saya Nasya 29 tahun. Sudah 2 tahun ini saya pakai krim erha, karena awalnya kulit gampang berjerawat, banyak komedo dan sensitif. Sekarang kondisi kulit normal dan baik, tapi apakah mungkin saya menghentikan pemakaian krim-krim tsb? Saat ini saya sedang merencanakan kehamilan dok, saya pernah membaca artikel bahwa krim malam yg mengandung bahan aktif retinoids, salicylic acid dan sunblock tidak baik bagi perkembangan janin. Saya jadi panik dok, mohon pencerahan nya dan terima kasih banyak dokter :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya klo hamil saya menghentikan pemakaian turunan retinoic acid, hidrokuinon...yang lain sih relatif aman...

      Delete
    2. Dok, apa kbr? Terima kasih atas jawaban'nya :)
      Oia dok, konsultasi ke dr Erha Depok bbrp hari lalu sehubungan dgn program hamil saya hasilnya memang dokter menghentikan pemakaian cc5, cc 50, toner dan peeling GA 2 sementara.
      Yang saya lupa tanya bagaimana dengan perfect shield dan erha 2 facial wash for oily skin nya? Apakah boleh tetap digunakan?
      Satu lagi dok, saat ini saya mencoba produk sebamed yang clear face, berupa cleansing foam dan avne gel'nya, memang kulit jadi tidak sekinclong waktu pakai produk Erha :(, tapi apakah produk sebamed ini aman dok?
      Terima kasih dok, God bless :)

      Delete
    3. Erha 2 Dan perfect shield aman..
      Sebamed dijual bebas mestinya aman.... Tapi klo mau pasti, cek Aja kandungan aktifnya

      Delete
    4. Terima kasih banyak dok :) Senang bisa berkonsultasi dengan dokter, blog'nya sangat menarik dan informatif.
      Oia dok, saya minta jadwal dan alamat praktek'nya ya, mungkin kalau ada masalah kulit lagi saya akan bertemu langsung dengan dokter saja :)
      Have a nice day dok! God bless.

      Delete
    5. Erha kemanggisan selasa j11-16, kamis j10-15

      Delete
  25. dok tipe muka sy oily banget dan rentan jerawat. udh konsul dokter tp masih sama aja. sy pgn stop produk dokter aja kynya soalnya mahal:( masih mahasiswa jg. klo krim malam pake glycore, siang pake wardah gitu misalnya apa gpp dok? pgn agak cerahan dikit dok, biar bright gitu. hehehee..atau dokter ada advice apa yg aman, soalnya sy blm menikah jg alias msh single. dan yg aman buat jangka panjang, gk ganggu reproduksi atau sistem hormonal? mhn pencerahan:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh Aja kombinasi glycore Dan wardah...coba Aja dulu ya...

      Delete
  26. Dokter, nama saya reva (29th&blm menikah). Wajah saya penuh komedo dan pori2 sangat besar. Komedo terbanyak berada di area hidung dan pi2. KOmedonya cepat sekali mengeras dan seperti biji2 pasir. Bahkan bisa dibilang hampir seluruh wajah saya berminyak dan berkomedo. Saya sudah berpindah2 klinik kecantikan dan tdak menemukan solusi y tepat. Akhirnya salah seorang apteker menawarkan vitacid 0,025%. Saya sdah menggunakan slama 1 minggu. Komedo jd bekurang tp wajah jd kering. Sudah 2 hari ini, pagi hari saya pakai asthin force gel. Sore sy pakai glycore dan malam vitacid. Pertanyaan saya, apakah ketiga obat itu aman di pakai dlm jangka panjang? Dlm brosur vitacid dikatakan bahwa tdk boleh digunakan dlm masa hamil atau merencanakan kehamilan. Jika digunakan dlm waktu lama apakah sy akan mandul atw cenderung memiliki keturunan ca2t?? Vitacid juga rentan trhdap cahaya. Apakah itu termasuk cahaya lampu sekalipun??
    Mohon penjelasan dokter..Maaf pertanyaannya banyak. Terimakasih atas bantuannya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aman... Gak boleh dipakai saat hamil... Tapi gak ngasih ke kesuburan kok... Trus Canada lamapu klo terlalu panas juga bisa bikin merah... Coba pakai sunscreen yang ringan selama pakai vit acid ya spy gak hitam

      Delete
    2. oke dokter..terima kasih atas jawabannya...GBU dok..

      Delete
  27. Halo Dokter nama saya Azalia, 19 tH Mahasiswa. dokter,, saya mau tanya, kalo jerawat saya sedikit beruntusan, mash ada flek jerawat juga, 2 bulan lalu sudah pernah di mikrodermabrasi 2x terus stop, karena uang saya ngak cukup(maklum mahasiswa) saya sekarang sedang pakai Hadalabo facial wash dan Benzolac 2,5 % malam hari, dan Parasol face sunblock pada pagi hari di timpa Bedak Marcs, yang saya tanyakan apakah step yang saya lakukan sudah benar, ? trus kalo saya mau pake Glycore pada malam hari bersamaan dengan Benzolac aman gak dok? trims dokter :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anjuran saya.... Bereskan masalah jerawat dahulu... Flek belakangan...
      Makin sering pake bedak, makin jerawatan ya...

      Delete
  28. siang dokk,, nama saya devi, saya mau konsultasi. apakah ada salep atau obat oral tertentu untuk menghilangkan keratosis pada wajah,,,,???

    ReplyDelete
  29. pagi dokter,,,saya sofia umur 30 th,saya ada masalah dgn kulit muka saya dok,,,awal na saya iritasi dgn krim walet kulit jd bruntusan dan berjerawat,,udah 1 bln lbh 1 mgg saya obati pakai vitacid 0,05% dan glycore tp jerawat na muncul besar2 dan meradang begitu pecah isi na nanah dan darah,apakah obat yg saya gunakan kurang tepat a/ ada saran dokter untuk masalah kulit muka saya,terima kasih sebelum na dok,,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tolong jangan sembarangan mengobati diri kamu ya.... Segera ke dokter Aja... Lagi iritasi kamu pake obat yang bisa bikin tambah iritasi ya jadi tambah parah dong...

      Delete
  30. dok saya irvan
    muka saya ini ya d bilang gimana ya
    kdang ga kluar jerawat kadang kluar jerawat kadang kalo lagi hancur2nya bisa kluar beruntun d daerah mulut, dagu, hidung
    muka saya berminyak dan mungkin bisa d bilang sensitif
    ada obat & sabun yg cocok utk saya?
    udah gonta ganti dokter kulit sih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semua pengobatan memang gak bisa dipastikan 100% pasti cocok...karena respons tiap orang berbeda... Kadang klo penyebabnya sangat kuat misalnya stress..jerawat tetap bisa keluar walaupun masih perawatan... Utnuk obat, keadaan muka harus dilihat.. Untuk sabun, coba aja acne aid dulu ya

      Delete
  31. dok, nama saya intan kalau glycore digabung dengan tretinoin pada malam hari boleh tidak dok?urutan pemakaiannya gimana?biasanya glycore sy pake untuk pagi, tp karn efeknya berminyak jd sementara gak saya pake glycore nya. kalo msh ada jerawat kecil kecil boleh kan dok ditumpuk pemakaiannya?terima kasih

    ReplyDelete
  32. hallo dr. Susie,,, saya nina, mahasiswi berumur 20 tahun,,,
    saya punya keluhan mengenai jerawat dan bekas2nya, dan di anjurkan teman untuk menggunakan vitacid cream 0,025% retinoic acid...
    yang ingin saya tanyakan apakah penggunaannya untuk wajah aman atau tidak dok...
    tolong penjelasan dan sarannya dok... :)
    trimakasihh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aman...cuma pd beberapa orang tetap bisa iritasi..pakai malam Aja ya...klo iritasi Jadi merah gatal stop sementara

      Delete
  33. hallo dok. salam kenal. nama saya wawan
    saya punya masalah dengan kulit penis saya. dulu pernah merah dan keluar bintik2 kecil di pangkal batang penis. lama kelamaan menyebar dan keluar cairan bening yang baunya tidak sedap. pernah saya obati dengan salep scabisid tapi hilang sementara aja. kulit di batang penis saya sekarang jadi mudah lecet dan kadang terasa panas. sampai sekarang kadang2 masih keluar cairan beningnya dok ketika bintik2nya pecah. kira2 saya sakit apa ya dok? terus obtnya apa?
    terima kasih banyak atas bantuannya dok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mesti liat penyebabnya...coba berobat ke dokter kulit terdekat spt diobati dgn benar... Terlalu lembab juga bisa demikian..

      Delete
  34. Dok, nama saya Indah, kebetulan neh nemu dokter kulit onlen hehe...
    Gini dok mau tanya masalah kulit berminyak dan jerawat, saya tadinya pake 1 paket cream tabita, sekarang tinggal day cream aja g repurchase soalnya hasilnya biasa aja, jadi pengen berenti make sekalian. Nah tinggal mau ngilangin bekas jerawat yang jadi rada banyakan dan skrng jd rada bruntus di sekitar pipi dan rahang. Review glycore untuk bekas jerawat katanya bagus ya dok, saya jd pengen nyoba, disaat lg jerawat muncul kadang2 dan bruntus gpp ya dok? saya mau pake vitacid tapi kok reviewnya semua pada purging aduhh jadi takut secara dah bruntus aja ribet hehe...dan pagi mau saya ganti parasol, jadi glycore malam, parasol siang cocok kah untuk kulit saya dok? ato ada rekomen untuk sunblock untuk uv protect?

    satu lagi dok, tiba2 punggung saya juga jadi bruntusan itu biasanya gara2 sabun atau keringet mampet ya dok tau deh apa tuh keringet mampet gimana cara ngatasinnya y dok..makasih..mohon pencerahan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bruntusannya mesti jelas dulu apaan? Klo millium, tetap gak akan hilang sebelum dikeluarkan....krim2 sih boleh Aja dicoba..cuma keadaan pasti kulit juga mesti jelas

      Delete
    2. millium itu gimana ya dok? kalo di wajah bruntusnya kyk jerawat kecil2 gt tp ga sewajah dikit aja di sekitar pipi, ntar tiba2 suka mateng apa purging itu namanya.

      Delete
    3. Itu miliuk...Komedo putih...harus dikeluarkan...coba ke dokter kulit... Klo sembarangan bisa jadi jerawat besar

      Delete
  35. malam dok, saya ulfa 18 tahun.
    saya punya luka bakar kena knalpot, trua sama dokter saya dikasih novell smoothing crm dan asthin force gell. nah katanya itu dipake selang seling, ga boleh bareng tapi saya kurang mengerti, maksudnya apa ya dok? apa boleh dipakai untuk wajah juga? terimakasih dok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya sih maksudnya hari ini krim A, besok krim B, lusa krim A, dst...

      Delete
  36. Sore dok sy erna umur 28 tahun,sy mau tanya glycore itu manfaatnya apa?? Kemudian sy juga mau tanya apa benar kalau tiap hari pakai jeruk nipis untuk masker wajah itu bisa mengikis kulit wajah? Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Utk peremajaan... Dengan pengelupasan ringan..
      Jeruk nip is mengandung citric acid...fungsi mirip glycore

      Delete
  37. Malam dokter, sy dita.. Sy dl menggunakan erha dan cocok, salah nya jadi korban krem2 gaje akibat promosi tmn.. Tp krn takut sy berenti dan kmbali ke erha. Wlupun harus dr awal lg *karena pindah kota dan lupa resep terakhir apa. Sy dpt krem pagi amg 5, af2 dan krem sore evalen, krem malam ag2 dan obat kocok.. Stlh pemakaian 2 mggu tiba2 jerawat besar2,sakit dan bernanah muncul smua dokter, sy googling, sy coba hentikan pemakaian obat kocoknya, jerawat besar2 msh ada tp sdh berkurang, tp saat ini masih ada 1 atau 2 jerawat besar2 sakit dan bernanah.. Apa ini krn reaksi evalen dok? Rencana sabtu sy mau konsul lg, tp utk saat ini mhn pencerahannya ya dok.. Trmksh dokter..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin Aja... Spy cepet biasanya yg gede disuntik dulu... Pengaruh hormonal juga bisa lho yaaaa

      Delete
  38. Hallo Dokter Susie :) nama aku Oh Young.
    Aku ingin bertanya, tindakan apa yang tepat untuk menghilangkan milia? apakah laser CO2 atau Cauter dapat juga menghilangkan milia?
    Terima kasih Dokter.

    ReplyDelete
  39. septiana
    malam dok,mau tanya,karena termakan iklan saya pakai tull jye siang malam,udah 1bln tp hasilx masih kusam dan komedo.krim siangnya bikin spon bedak warna hitam,itu kenapa ya dok?apa karna ada kandungan mercury? trus kalo krim malam tull jye diselang seling pake glyicore boleh gak dok? karena wajah sya fleknya bnyak sekalidan menebal karena efek krim krim gajebo mercury masa lampau...trimakasih sekali ya dok,saran dokter berarti sekaki bagi saya..trimkash dok:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya gak bisa kasih komentar krn gak tau kandungan krim yg kamu pake... Klo hasilnya ok, boleh Aja sih diselingi glycore

      Delete
  40. doc. saya lusi, saya pengen tanya kenapa wajahnya saya jadi merahmerah setelah memakai krim erha. krim yg diberkan pada saya pagi menggunakan erha4 dan erha 7 sedangkan malam digunakan cc10 dn erha 6 dan perbandingan utk semua krim 1:1. apakahini sudah benar doc?? dan kenapa wajah saya merah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak Ada yg salah ... Yg Ada kulit kamu mungkin sangat sensitif..biasanya sih sementara Aja..klo terjadi jangka panjang coba temui dokternya lagi ya

      Delete
  41. Salam kenal dok, say tari. Sy ada flek hitam dihidung kemudian saya konsultasi ke dokter kulit dan saya dikasievalen gel 0,1% untuk malam dan glycore 8% +sunblock untuk paginya. Apakah produk ini aman? Adakah efek sampingnya? Ada saran untuk mengatasi masalah flek sy?

    ReplyDelete
  42. Selamat sore dok .
    Sy Tira di Mks , sy sdh skitar 2 bulan mnggunakan produk erha ..
    Skrng cream yg sy pakai erha2, erha3, amg1 , af4 dan cream malamnya ANC3 ..
    Tpi kenapa muka sy menjadi berkerak hitam , merah , pedih :(
    Apa wajar" saja atau ada yg salah ,.. Dan apakah kerak hitamnya akan hilang dengan segera .. Dimohon pencerahan nya dok :) trima kasih sblumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin kulit kamu terlalu sensitif...coba balik lagi ke dokternya ya

      Delete
  43. salam kenal dok, saya ayu umur 22th
    2 bulan lalu muka saya berjerawat, berobat ke dokter kulit dengan harga yang lumayan muahalll. dan sekarang jerawat diwajah saya sudah hilang, namun bekas jerawatnya masih ada. kira2 apa produk untuk menghilangkan bekas jerawat?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Macam2.. Tapi biasanya Ada kemungkinan iritasi, Makanya hrs di bawah pengawasan dokter...spy gak terlalu mahal, coba ke rumah sakit pemerintah ya...tapi sebaiknya tetap ama dokter kulit ya

      Delete
  44. mau tanya dunk soal clindamicyn dimpur dngn citra hazeline sbener na tu bermnfaat gak untuk ngilangin jerwat dan bekas jrwat????
    bles yea....

    ReplyDelete
  45. Sya tri 23 thn. .mw tnya dok, sya sdh 1 mnggu pke produk erha dksi BP, AMG 3, AF 1, AG 2 . . Muka sya jrwat n brmnyak tp kog pke produk itu mkin brminyak n kusam trz bibir jd kering, ,gmn y dok.?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba langsung tanyakan ke dokter kamu...yg pasti kamu masih dikasih obat jerawat, jd fokus jerawat dulu...blm pencerahan..

      Delete

Sebutkan nama terlebih dahulu, bila ingin mendapatkan respons...thank you.. Tanpa nama akan langsung saya hapus ya......

Note: Only a member of this blog may post a comment.