Halo semua rekan yang tertarik dengan kesehatan kulit, semoga artikelnya berguna... Ditunggu selalu komentar dan inputnya... Khusus untuk intermezzo, adalah pengalaman unik selama praktek yang menurut saya cukup menarik untuk dishare... Happy reading...

Saturday, April 14, 2012

Kutil Kelamin: semua nanyanya ke sini ya...

Berhubung pertanyaan di artikel kutil kelamin udah penuuuuhhh banget...kalo yang mau bertanya sehubungan dengan hal tersebut coba di artikel ini yaaaaa...

347 comments:

  1. Halo dok ap kbr? Salam knl y.sy deny 25 thn,pria menikah,tinggi 177cm,berat 73kg. sy sangat senang dgn dpt bergabung diblog anda ini.
    Lgsg saja sy mau tanya knpa dibatang Mr.P sy bagian atas kulitnya tipis sekali hingga pas tdk saat ereksi seperti kulit keriput,lalu ada timbul bintik2 kecil seperti cacar,tp kadang ada bintiknya,kadang hilang tinggal kulitnya aja yg tipis & keriput..yg sy tnyakan apa sy terkena PMS & apakah ini menular?trima kasih dok

    ReplyDelete
  2. halo dok, saya andi. dok sya membaca bahwa vaksin gardasil bisa menekan kutil kelamin.
    1. apakah vaksin tsb efektif diberikan ke org yg sudah memiliki HPV?
    2. saya memiliki kutil di anus saya. dulu kutil saya sudah dibedah. tp skrg tumbuh lagi sepertinya dan masih kecil dan sedikit. apakah dgn ti totol TCA kutil tsb bisa rontok dok? karna saya tidak mau di bedah lagi berhubung biayanya yg cukup mahal.
    trims dok untuk jawabannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Andi...biasanya sih tetap boleh divaksin ya... berguna untuk mencegah infeksi baru...
      Yang bisa dilakukan selain bedah adalah dengan totol podofilin dan TCA... bisa dicoba menurut saya..

      Delete
    2. dok saya andi lagi, apakah kalau kita menyentuh org yg memiliki kutil kelamin, trus secara tidak sengaja memegang alat kelamin sendiri, maka kutil itu akan menular ke kelamin kita? trims dok jawabannya

      Delete
    3. Biasanya sih gak tertular kalo gak ada luka...makanya sering pada hubngan seksual yang memungkinkan timbul friksi...

      Delete
    4. dok saya andi, dok saya mau tny apakah podofilin itu dijual bebas? itu obat racikan yah dok? karna saya disuruh beli trus setiap mau ditotol di bawa podofilinnya. kira2 sekitar brp yah dok harga podofilin? trims

      Delete
    5. Gak dijual bebas...dikerjakan langsung di tempat oleh dokternya... ke rumah sakit biasanya baru ada...

      Delete
  3. halo dokter, nama saya Johan, beberapa hari ini sy menyadari (maaf) di lubang anus sy seperti tumbuh daging2 kecil, bentuk dagingnya seperti kutil gitu. Memang pasangan sy dulu pernah kena kutil kelamin juga, yang sy heran kenapa bisa tumbuh di lubang anus ya? Padahal sy tidak pernah melakukan anal sex. Terus sy agak ragu, ini sy cek ke dokter kulit n kelamin tepat ga ya? Takutnya salah bidang.

    Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Johan... kalo ukurannnya kecil-kecil sih mgk kutil ya...klo besar harus dibedakan dengan hemoroid kecil sih... Boleh saja ke spesialis kulit dan kelamin terdekat ya....

      Delete
  4. Halo Dok, Saya Arfian umur 22th dan belum menikah.. Mau tanya seputar kulit, saat ini saya mengalami gatal-gatal di alat kelamin saya, beawal dari pemakaian celana dalam yang belum saya cuci dari beli baru. Setelah saya pakai cd itu langsung terasa gatal-gatal, dan langsung saya lepas tetapi gatalnya tidak hilang-hilang. Gatalnya menyerang paling parah waktu saya tidur, sehingga secara tidak sadar saya telah menggaruk-garuk secara luar biasa sehingga menimbulkan lecet.

    Dan pada saat menulis ini, saya ingin pergi ke rumah sakit Puri Indah tetapi Dr tidak praktek di hari minggu. Saya sudah bingung dengan hal ini..
    Apakah ada krim jamur sementara untuk mengatasi hal ini? mohon bantuannya...

    Terima Kasih,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Arfian...wah kalo karena cd yang baru belum dicuci mestinya gatalnya gak lama yaaa.... Saat udh gak nempel lagi...akan hilang perlahan..walau mungkin perlu berhari-hari... Lain kali cuci dulu ya...
      Semoga skrang udh sembuh ya...
      Klo langsung nempel lgs gatal..mestinya bukan jamur

      Delete
  5. Halo dok... saya alan. Dok di anus saya pernah ada kutil kelamin. Pertanyaan saya apakah kutil kelamin juga bisa tumbuh di dalam anus? Terus cara penyembuhan untuk kutil yang ada di dalam anus seperti apa dok? Thanks sebelumnya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa aja sih... perlu pemeriksaan anuskopi untuk memastikannya dulu ya..

      Delete
  6. Hallo Dok, nama saya Adi, saya ingin bertanya.
    1. Di bagian kepala penis saya kadang-kadang muncul 1 titik merah(tidak menonjol/sakit/gatal/berair) kemudian biasanya 2-3 hari ilang sendiri, itu knp ya dok?
    2. Di pagi hari, kalau saya menekankan Tissue pada lubang kencing, tissue tersebut menjadi sedikit basah, tapi tidak ada bau(klo ga pk tissue tidak ada warna/tidak terlihat seperti cairan)
    3. Di bagian kepala penis saya, 1 hari setelah onani, muncul smegma, dan di bagian tertentu smegma tersebut seperti daki, bila tidak diusap tidak muncul. Namun setelah diusap bagian tersebut menjadi merah.
    4. Kalau saya perhatikan kepala penis saya, kadang2 terlihat berkerut(bisa berlangsung 1-2 hari)/ada garis seperti retakan gtu(hanya sebentar/ kurang dari 1 hari)

    Disamping hal-hal diatas, saya tidak memiliki keluhan lainnya.
    Sebagai tambahan data untuk dokter :
    1. 2 Bulan lalu saya pernah di diagnosa terkenal NSU, diberikan Doxycline 100 mg 2x 1 selama 7 hari, dan dinyatakan sembuh (kencing tidak sakit + tidak mengeluarkan cairan lagi)
    2. Semenjak saat itu belum pernah melakukan hub sexual kembali
    3. Saya Tidak disunat.

    Apakah hal-hal diatas berkaitan dengan NSU yg pernah saya alami, atau berupa penyakit lain, atau wajar Dok?
    Terima Kasih Dok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. NSU biasanya jarang kronis..
      Periksa aja ke dokter terdekat klo masalahnya banyak...karena kelainan itu mesti dilihat..gak semua bisa didekripsikan seuai yg dipikirkan

      Delete
  7. Terima kasih atas balasan dokter,
    saya tadi melakukan cek urine lengkap.

    Hasil dari tes Urine, saya yang ditandai dengan warna merah, berada di bagian Kristal
    ya itu CA Oksalat dan Amorf +, lalu warna Kencing : kuning agak keruh.

    Selain itu normal.
    Pertanyaan saya, apakah mungkin itu ada kaitan dengan batu ginjal?

    Terima Kasih dok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh ini balasan yang mana ya? mestinya tanyanya langsung dibawah komentar saya...
      Masih mungkin ada kelainan batu...bisa di ginjal, di saluran ureter, di kandung kemih.... cek ke urolog ya....

      Delete
  8. lina : dr. saya wanita 24 tahun baru berhubungan satu kali... kenapa di mrs>v saya ada bintik@ datar seperti mata ikan kata dokter kulit itu cuma jerawat gpp.... cuma dikasih salp.sagestam... tapi sekarang masih gatal dan mata ikan itu tidak hilang@,,,, kata dokter kandungan itu kondiloma... jadi saya harus bagaiman ?? saya stresss sekali

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Lina... mesti ke dokter kulit dan kelamin terdekat untuk memastikannya dan cari second opinion... jangan stress dulu... Klo bener kondiloma mestinya dokter kandungan bisa kok ngobatinnya

      Delete
  9. Hallo dok, saya timus(nm samaran) , yg selasa(sore) ke clinic erha (milia) n bsok(rabu,barusan) ke rs puri untuk podofilin, mungkin dokter maseh ingat, koq setelah di podofilin nga berasa perih/sakit yah dok? Klo misalkan tuh kutil nga kabur jg, baiknya saya berobat lebih lanjut ke rs puri / ke erha yah dok? Thanks dok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Timus... masih inget dong... coba tunggu beberapa hari ya...klo gak lepas,,,dikauter aja... terserah dimana...sesuaikan dengan jadwal kamu dan saya aja

      Delete
    2. Timus: Iya dok, saya mau sembuh, beban psikologis na gede neh, kira2 brp biaya yg hrus saya siapin yah? Lbih murah mn dok erha apa puri? thx yah dok yg ramah ..hehe

      Delete
    3. Harga gak banyak beda kok... yg penting sesuaikan kamu bisanya dtg kemana aja...

      Delete
    4. Timus: dok saya mau nanya lgi neh, stelah 4 hri di podofilin, kenapa ga ad yg jadi koreng / menghitam n ga ad yg mengelupas yah?ga ad rasa sakit apa2 jg waktu di podofilin dan setelah podofilin.
      Tp yg kek jeger ayamnya itu sedikit menipis, tp bentuknya tetap dan ga ad gejala mau copot yah?
      Yg bintik2 kecil n satu satu itu ga ad perubahan apa2.
      Apa mungkin bukan kutil kelamin dok? Thx yah dok jawabannya.

      Delete
    5. Itu kutil kelamin kok...cuma memang ad ayg tidak responsif terhadap podofilin... pilihannya kauter kalo sampe begitu

      Delete
  10. hai dok, nama saya rosa umur 31 thn. bbrp tahun yg lalu saya sudah pakai erha tapi karena mau hamil saya stop. skrg saya pakai erha lagi.
    1. amankah saya konsumsi isotret (pil yg warna merah itu) skrg sudah hampir setahun dengan dosis awal pemakaian 1hr x 1, skrng 2hr x1.
    soalnya sampai sekarang jrwat saya masih suka tumbuh dan kt dr rony masih banyak bintik2nya. saya rencana mau punya anak lagi 2tahun kedepan

    2. minggu yg lalu saya baru balik dari liburan slm 1minggu di korea, dan selama disana hampir tiap hari saya pakai mineral make up. ketika disana kulit baik2 saja malah beberapa jerawat jadi kempes.
    setelah 1minggu di indonesia mulai terasa kulit jadi kasar kalau dipegang, dan sekarang tumbuh jerawat kecil kecil, dan muka jadi kemerahan juga kasar.
    apakah ini reaksi alergi krn cuaca atau krn mineral make up yg saya pakai dok (sblmnya saya sudah sering pakai make up ini dan tidak pernah bermasalah spt ini sebelumnya)
    apa yang harus saya lakukan? skrg saya pakai zg2 dan af2 pagi dan sore, amg3 dan af2 malam hari,

    ditunggu responsenya yah dok, terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Rosa...aman selama kamu gak hamil... perlu penghentian isotret 1-2 bulan sebelum merencanakan kehamilan..tentu dengan KB yg benar ya selama konsumsi isotret
      cuca pengaruhnya cukup besar...ditambah lagi sedang liburan sehingga stress berkurang, muka jadi bersih dech :)
      Klo soal terapi yang didapat langsung tanyakan dr Ronny yaaaa

      Delete
  11. Halo Dok,
    Nama saya pendi, 26 tahun.
    Bbrp hari yg lalu, saya memendekkan rambut kemaluan menggunakan gunting. Dan ternyata, di daerAh tumbuhnya rambut kemaluan, terdapat 2 tonjolan kecil seperti bagaimana kalau kulit terkena api rokok bgitu (tonjolan dan sepertinya berisi cairan). Sama sekali tidak gatal dan tidak sakit walapun dipegang. Saya terkena apa yah dok? Dan obat/salep apa yg cocok? Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo berisi cairan biasanya herpes... klo bukan cairan bisa molluscum atau jerawat biasa

      Delete
    2. kalau molluscum, obat nya apaa nih dokt?????
      Thanks

      Delete
    3. cryotherapy, kauter, keluarin manual

      Delete
  12. dok saya adit.. mo nanya nih dok.. kok di bagian anus saya tumbuh smcm daging ya? tpi ga sakit seh cuma jdi ga nyaman aza dok.. klo boleh tau itu apa ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hlo Adit...mungkin aja kutil kelamin ya... atau masih mungkin wasir...coba cek ke dokter untuk memastikan ya

      Delete
  13. Dok nama saya adit usia 21 tahun... Saya ingin tanya dok... Kok tba2 disekitar anus (ada jga yg kdlm sdikit) ada semacam daging sebesar jagung.. Saya pnsaran lalu saya tarik dan berdarah terus bau amis.. Itu apa ya dok? Saya diperiksa ke dokter.. Tpi dokter ga cek anus saya..cuma saya perlihatkan fotonya aza.. Dan dokter pun mmbrikan cream berloson - N cream
    Betamethasone17 - Valerate, Neomycin Sulphate.. Itu manjur ga dok? Sbnarnya itu pnykit apa dok? Mhon bntuannya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba dicek secara benar ya...supaya bisa pasti..jgn lewat foto aja

      Delete
    2. Adit: dok wasir itu apa? Terus fungsi salep yg dkasih dokter buat apa ya?

      Delete
    3. pelebaran pembuluh darah balik di area anus/rektum... biasanya salap untuk mengurangi bengkak, nyeri dan cegah infeksi

      Delete
  14. hay dok, sya didi sya br masalah dgn kulit penis saya yg jd kring tp sbagian sja dan di pangkal nya sprti ngelupas" gt dok gmn ya dok cara ngilangin nya trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo didi coba browsing tentang infeksi jamur dan eksim ya...karena keduanya masih mungkin

      Delete
  15. Hey dok, sya didi yg bermslah dgn kulit penis sya, menrut sya itu bukan eksim atau jamur dok krna scra umum itu mnibul kn gatal, tp ini tdk gatal dok gmn tuh dok...? dan juga kulit x tu agak timbul klo d raba, mhon mta solusi x dok trimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekedar kulit kering juga bisa... salah pakai sabun misalnya... Coba dech ke dokter kulit terdekat...gak semua penyakit bisa dideskripsikan... perlu diliat...

      Delete
  16. halo dok, sy lala (wanita - 25 th) belakangan sy ada masalah dengan daerah sekitar labia sebelah kiri sudah 2 minggu-an, entah kenapa rasanya seperti dicubit pelan, tapi ga tll sakit (sama sekali ga ada gatal2 jg). Dan sakit-nya tu kadang2 aja, ga constantly berrasa sakit gt. padahal saya ga pake celana yg terlalu ketat. Rasa sakitnya memang bertambah kalau sy pake celana yang ketat seperti skinny jeans terlalu lama. kalau cuman legging gt ga sakit dok. Sempet penasaran, sy coba liat2 sendiri di cermin ga kelihatan ada luka ataupun kemerahan. Sekarang ini sy sedang datang bulan. seharian pakai pads rasanya makin ga nyaman. Kira2 kenapa ya dok rasa sakit-nya itu? Trs gimana mengatasinya? Thanks sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aduh Lala kalo cuma sekedar rasa gak enak aja sih banyak... iritasi juga mungkin... herpes ringan juga mungkin... Cek aja ke dokter terdekat klo masih gak hilang ya

      Delete
  17. halo dokter
    Nma sya eri knp ya kepala penis sya tu kasar tidak halus & licin sprti dlu lg....??
    dan 1 lg dok gmn ya cara x supaya air mani sya terpancar lbih dras dok...?? makasih....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eri... terlalu kering mungkin... Klo soal pancaran air mani itu bukan kapasitas sy utk menjawab..

      Delete
  18. sya didi dok gmn ya cra ngilangin bekas luka gatal
    apa obt x tu dok...??
    dan juga gmn cra ngilangin kutil yg ad d kaki dok ,,,??
    trimakasih mhon jwban x dok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung jenis luka... kutil boleh coba obat bebas... tapi klo gak memapn biasanya perlu dikauter(bakar dengan listrik)

      Delete
    2. Bekas gatal kan jg hitam gt dok kulit nya....

      Delete
    3. biasanya pakai hidrokuinon yg kadarnya ringan...dijual bebas di apotik..tapi sering buat iritasi

      Delete
  19. Pagi dok..apakah cauter itu efejtic untuj kutil kelamin?dan berbekas?dan kira2 brp biaya cauter doj? Saya johan 30 thn

    ReplyDelete
    Replies
    1. Efektif dalam arti bisa dihilangkan dengan cepat... namun risiko kambuh tetap ada... bekas minimal... biaya tergantung banyaknya kutil ya

      Delete
  20. Halo dokter,
    Saya nina,sdh menikah, 35th. Di sekitar rambut kemaluan saya terkadang muncul seperti benjolan gigitan nyamuk agak keras, awalnya tdk sakit. Setelah bbrp hr berubah mjd seperti jerawat yg pada akhirnya jika dipencet keluar seperti komedo, Tp tanpa darah. Setelah itu hilang, Tp kadang muncul di bagian lain. Itu apa ya dok? Penyebab dan ngatasinya gimana ya dok?
    Mohon jawabannya ya dok... Trimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Nina... udah coba brosing tentang molluscum contagiosum? kayak gitu gak gambarannya?

      Delete
    2. sepertinya enggak begitu deh dok.. ini bentuknya lebih seperti bentolan gigitan nyamuk yang jika diraba terasa agak tebal.sepertinya dalamnya isinya bukan cairan. warnanya biasa seperti kulit disekitarnya. kalau sudah muncul, bisa lebih dari 2 mingguan berubah seperti jerawat yang jika dipencet keluar seperti komedo putih agak besar dari jerawat biasa. sudah itu hilang. penyakit apa itu ya dok?

      Delete
    3. Kalo berdasarkan penjelasan kamu..itu sih molluscum, dalamnya emng kayak nasi.. jadi bukan cairan... Ke dokter kulit n kelamin terdekat aja ya biar pasti

      Delete
    4. kalo itu molluscum, penyebabnya apa ya dok? menular gak? pengobatannya gimana? makasih dok....

      Delete
    5. Virus.... Menular... Dikauter... Dicryotherapy... Baca dulu ya

      Delete
  21. dok saya remaja laki - laki dan belum pernah berhub seksual... tapi sudah 3 bulan di kelamin saya (bagian kepala dan kulit skrotum) terdapat benjolan seperti kutil kelamin dan rasanya gatal,kalau di kepala itu berwarna merah kayak jerawat dan kalau di kulit berwaran hitam agak merah.. itu sakit apa ya dok?? apa bahayaa?? makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo... Wah sulit menjawab pasti berdasarkan deskripsi kamu semata.....bisa pearly penile papule... Atau juga fordyce spot.... Tapi tentu saja herpes tidak bisa disingkirkan., mestipun sangat jarang bila kamu gak pernah kontak sensual....

      Delete
    2. menurut ukurannya sih tergolong besar besar dok (menurut saya)... hampir sebesar kacang namun agak kecilan.... namun ad juga yang kecil... gatalnya itu lho yang membuat susah.... hadech.... kalau hubungan gituan 100% kagak pernah dok.....

      Delete
    3. Klo sempat coba datang ke dokter kulit terdekat ya biar pasti....

      Delete
  22. dok nama saya angga. saya kena molluscum dok dan saya sudah di laser oleh dokter. awalnya saya "jajan" terakhir itu bulan september 2011 dok. dan selama itu saya tidak pernah "jajan" lg karena saya berhubungan dengan pacar saya. kurang lebih jerawat ini muncul di bulan maret-april 2012. namun masih kecil" dan tidak banyak dok, saya tidak menyangka ini adalah penyakit kulit yang dapat menyebar dok. dari bulan maret sampai may ini saya masih main dengan pacar saya namun pake kondom dan yang sangat saya sesalkan pacar saya blowjob saya punya dok. sekarang saya pusing dok gimana cara ngmng ke pacar saya padahal saya taon depan mau married. OHH TUHAN tolong saya.. GAK AKAN terulang lagi jajan-jajanan...!! enak sesaat doang T_T

    ReplyDelete
    Replies
    1. Supaya gak pusing dan stress, yg paling tepat adalah pacarnya di ajak periksa dokter.... Meanwhile, minum 'vitamin dulu aja... Molluscum ringan kok pada individu sehat....bila individu sehat... Jarang membuat molluscum berkembang.....Bisa ilang sendiri pada beberapa kasus...

      Delete
  23. dok,, saya dewi 22 tahun dan belum menikah. sudah 2 bulan ini saya merasa ada kejanggalan di vagina saya. ada benjolan seperti gigitan nyamuk di bagian atas dekat bulu kemaluan. jika sedang haid, benjolan ini menjadi keras dan kadang terasa sakit jika dipencet. tapi kalau di diamkan rasanya biasa saja, tidak sakit. dan jika sudah selesai haid, benjolan ini akan kempes dan tidak sakit jika dipencet. akan kembali mengeras bila saya haid. itu benjolan apa ya dok? apakah berbahaya? bagaimana cara mengobatinya. dan apabila saya harus pergi ke dokter, saya harus ke spesialis apa? saya takut salah bidang. terimakasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Dewi... bisa saja bisul biasa, atau moluscum.. coba ke dokter kulit dan kelamin terdekat ya saat bintik membesar agar dapat dievaluasi secara maximal

      Delete
  24. hallo doker susie ,,nama saya rizki umuur 27 th.dok saya laki-laki.
    Di kulit perut dekat pangkal alat kelamin, tepatnya dimana rambut kemaluan tumbuh, muncul 1 buah benjolan kemudian sampai 3 benjolan dan makin lama makin besar, bentukny sebagian ada seperti jari memanjang.
    Warna merah, ketika di otak atik akan mengeluarkan darah.
    Setelah 2 minggu ini saya amati, dia mulai menyebar dan semakin terasa gatal. Sebelumny saya memang pernah melakukan hubungan sex dengan gonta ganti pasangan,,tapi saya selalu memakai alat pengaman (kondom). Apakah ini yg dinamakan kutil kelamin dokter ? atau penyakit yg lain !!!
    satu lg dok,,,apakah obat COLLOMACK TOPICAL dapat menyembuhkan,, karna baru saya beli 2 hari yg lalu.
    terimakasih dokter telah meluangkan waktu ny

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin kutil kelamin, mungkin kutil biasa... Collomack gak dianjurkan untuk yg kelamin... Berobat aja ke dokter terdekat

      Delete
  25. dokter susie,saya faiz 23 tahun. keluhan saya timbul luka di sekitar kepala penis berwarna merah dan berair,sebelumnya gatal gatal pada buah zakar dan membengkak,.nyeri sekali dok luka di kepala penis. saya berhubungan seks dengan pacar baru 3 bulan yg lalu tapi dia masih perawan,. saya pikir tidak mungkin tertular penyakit seks, tapi saya sering sekali onani, apa ini sipilis dok?? 2 tahun yg lalu saya berhubungan seks dengan 3 wanita,bukan PSK.kenapa gejalanya baru muncul sekarang dok,. terimakasih waktunya dokter,.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Faiz.. Mungkin herpes ya... Coba cek darah dulu ya... Ke lab Aja... Cek igG Dan igM HSV 1 Dan 2 .... Bilang org lab juga tau

      Delete
    2. halo dok,

      saya indra. ingin menanyakan apa bisa gejala herpes ini muncul setelah 2 tahun kemudian atau lebih dari 2 tahun ?

      dan biasanya gejala herpes apa saja dok?

      Thanks.

      Delete
    3. Semua tergantung daya tahan... Browsing Aja ttg herpes kelamin

      Delete
  26. Ni rizki lg dokter.
    Penyebab terjadiny tonjolan di kulit perut dekat pangkal alat kelamin seperti kutil tu dok, awalny gatal2 kemudian saya garuk2, maka timbullah semacam putih2 di daerah yg saya garuk tersebut (bau ny gk enak).
    Apakah ini virus, bakteri atau jamur dokter ?

    Tp saya sudah terlanjur menggunakan Collomack dok ! 2 hari ini, sudah 2 x saya oleskan dgn Collomack dan begitu saya periksa/pegang tonjolan tersebut ehhhh ternyata sudah bisa di cabut dengan mudah.
    Di antara 3 tonjolan yg saya cabut cuman 1 yg saya periksa hilang total, tp yg 2 tonjolan lg masih ada tp kecil sekarang, seperti tumbuh lg tonjolan cadangan yg baru d dalam daerah yg masih saya cabut.Apa ungkin induk ny dok !!
    Efekny apa dokter klo saya memakai Collomack,,karna sudah terlanjur saya pakai !
    Kalau memang tdk dianjurkan memakai Collomack, obat apa yg bisa saya beli di Apotik terdekat dok ! saya akan ke dokter jika tonjolan seperti kutil ini tidak bisa hilang, atau semakin banyak dok
    Terima kasih dokter cantik atas jawabany !

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kamu berobat Aja ke dokter terdekat di tempat kamu utk diperiksa... Gak dianjurkan krn biasanya gak efektif

      Delete
  27. dokter saya winda 22 tahun , awalnya say keputihan berwarna putih susu dan berbuih , lalu merasa gatal , dan saya garuk2 menimbulkan luka seperti bentol2 kecil di vagina saya ,,sebelumnya say belum pernah berhubungan seks ,tetapi kurang begitu menjaga kebersihan organ intim,,,apakah kutil kelamin bisa terjadi tanpa hubungan seks dan bisa terjadi krna tidak menjag kebersihan ? seharusnya saya peri ke dokter spesialis apa?apakah tes darah bisa menditeksi penyakit kutil kelamin ? trimaksih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Winda... penyebab keputihan macam-macam, selain infeksi, stress juga bisa...
      Belum pernah berhubungan sex, tapi apakah pernah petting? Krn mereka yg pernah petting tetap berisiko tertular penyakit kelamin...
      di Indonesia, tes untuk HPV gak bisa pake darah...

      Delete
    2. saya blm pernah ,melakukan petting ,dan sekarng vagina saya gatal sekali dan muncul seperti bentol2 bergelombol di dekat lubang vagina saya ,,, hingga lubang vagina ikut2 an gatal ,saya harus pergi ke dokter kandungan atau dokter kulit kelamin dokter ?trimakasih

      Delete
  28. Dokter Susie, saya Raras.

    Dua tahun yang lalu saya pernah terkena kutil kelamin. Saat itu saya di Kauter oleh dokter kulit dan kelamin. sehabis itu saya merasakan tidak pernah kambuh lagi, sehingga saya tidak pernah memeriksakan diri ke dokter lagi. Saat ini saya telah menikah dengan laki-laki yang menerima saya apa adanya. sebelum menikah dengan saya, dia telah melakukan vaksin HPV agar tidak tertular virus HPV dari saya. Yang ingin saya tanyakan dok, :
    1. Saat ini saya tengah hamil 4 bulan, tetapi saya belum menceritakan riwayat sakit saya ini pada dokter SPOG saya, apakah berbahaya atau ada dampaknya bagi janin saya?
    2. Apakah saya tidak bisa melahirkan normal dan harus caesar agar janin saya tidak tertular?
    3. Apakah setelah anak saya lahir, dia akan membawa virus HPV dari saya?
    4. Apakah saya perlu menceritakan riwayat sakit saya ini pada dokter kandungan saya?
    5. Apakah sudah pasti suatu saat saya akan terkena kanker serviks akibat virus HPV ini yang berevolusi menjadi virus HPV penyebab kanker serviks? Meskipun saya telah menerapkan gaya hidup sehat dan setia pada pasangan?
    6. Apa yang harus saya lakukan agar saya tidak terkena kanker serviks?

    Terus terang masalah ini terus membayangi saya dok. Terima kasih dokter atas waktu dan jawabannya, semoga pertanyaan saya ini bisa bermanfaat bagi semua orang yang membacanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak ada dampak ke janin kok...
      Melahirkan normal boleh aja... ilmu terbaru bilang lahir normal dengan kutil masih ada aja boleh, aplagi klo kutilnya udh hilang.... klo mau cesar gapapa juga
      biasanya hpv penyebab kutil gak bermutasi jadi hpv tipe ganas sih...
      pap smear aja ya 1-2 tahun sekali...
      Kamu juga boleh vaksin kok... gak cuma suami aja dong yg divaksin... :)

      Delete
  29. halo dokter, saya melisa 21 tahun, belum menikah. saya terkena kutil kelamin bulan maret lalu di bibir vagina dan telah sembuh dengan bantuan abotyl dan ramuan herbal. beberapa minggu stelah itu, kutilnya muncul kembali di dinding vagina saya. karena tidak kelihatan saya tidak mengetahuinya sampai kemudian kutil ini bertambah besar dan banyak. yg ingin saya tanyakan, pengobatan apa yg paling efektif untuk kutil yg berada dalam liang miss v saya? berapa lamakah waktu pengobatannya? dan berapa kira kira biaya yg harus dikeluarkan utk melakukan pengobatan dengan dokter karena saya berdomisili di luar jkt.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba cek ke dokter kandungan dulu untu periksa dalam, mengevaluasi sejauh mana kutil Ada....

      Delete
    2. baik dok. apakah berbahaya dok jika berada di dalam?

      Delete
    3. dokter, jika kutil tsb tumbuh di leher rahim apakah ada proses pembedahan nantinya? terimakasih dok

      Delete
    4. Klo yg tipe jinak gak bahaya, tapi krn bisa membesar, akan mengganggu saluran reproduksi

      Delete
    5. Klo di Leher rahim, biasanya saya minta dokter kandungan yg ngobatin ya.... Skalian lapsmear

      Delete
  30. hey ibu Susie, aq taufik 23 tahun,
    mau nanya ni dok, di panis saya ada percak putih (kayak panu),tidak gatal, tapi setelah aq olesin obat panu (sampai obatnya hmpir habis) kok g hilang hilang y, knp y dok? gmn cara ngilanginnya?..
    o ya, akhir akhir ini aq coba pakai sabun anti septik, tapi g begitu ngaruh (g ilang ilang) ...:)
    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah bisa macam2... Apakah warnanya kayak vitiligo? Coba browsing vitiligo on penis...

      Delete
    2. setelah aq baca n aq lihat warna vetiligo, g gyak vetiligo, tapi lebih mirip kyak panu, tapi percak putihnya kecil,gmn dok ?

      Delete
    3. wah jarnag banget panu disana... cek aja ke dokter kulit terdekat klo penasaran ya

      Delete
  31. sorry,dok. tadi saya ada tanya di artikel kutil kelamin yg lama. gak tau ada yang baru di sini. di kantong zakar saya ada benjolan agak hitam gitu, lumayan banyak. saya udah ke dokter spkk, katanya itu kelenjar darah aja.
    terus di batang penisnya ada bintik2 putih gitu. kata dokternya itu juga kelenjar lemak aja.gak masalah. emang ada yang seperti itu,dok ?
    tapi saya belum yakin,dok. karena sebelumnya ada hub sexual.

    ReplyDelete
  32. hai dokter susi, saya ira..
    pada 2006 saya terkena herpes pada kelamin dan pada juli 2012 kambuh..dan sampai hari ini belum sembuh (sdh sebulan lebih)
    saya tidak berani minum obat krn saat ini saya menyusui..
    apakah jika kambuh tidak bisa sembuh sendiri jika tdk minum acyclovir?
    saya baca di drugs.com u/ herpes yg kambuh acyclovir 400mg 3x sehari selama 5 hari, betul dok?

    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aman kok...tapi klo kuatir ya coba minum vitamin untuk ningkatin daya tahan aja
      Untuk herpes genital yang baru kambuh 1 kali, pakai dosis biasa asiklovir 5x200mg

      Delete
  33. Iya bener... Coba baca tentang angiokeratoma utk yg bintik merah... Dan fordyce spot untuk bintik putih

    ReplyDelete
  34. wah thanks berat,dok. setelah saya browsing emang sama persis ama angiokeratoma untuk bintik merah. untuk bintik putihnya ya rada mirip juga sih, tapi masih agak ragu.
    Angiokeratoma ini tumor jinak ya ,dok ? bener gak ini gak menular ?

    ReplyDelete
  35. dok, saya moudy. pernah jadi pasien dokter jg di rs puri. waktu itu kutil aku udah ilang. udah ga nongol2 lagi. skrg ms v aku gatal2 lagi dan bahkan sampe keputihan parah. apa kutilnya bakal tumbuh lg dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Penyebab keputihan itu macam2.... Gak selalu akibat kutil... Stress Aja bisa bikin keputihan lho...

      Delete
  36. ini uda tumbuh kutil dok pas aku coba raba tadi pagi. sama persis tempatnya sama yang dulu pertama kali kena. kambuh lg dok :( belakangan emg kondisi badan drop trs. saya kmungkinan mau konsul minggu depan dok. tapi saat ini kluar coklat2 dr v saya, seperti darah haid tp saya hrusnya saya haid tgl 20an. gimana ya dok? bisa konsul kl kondisi kayak gni? :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Moudy ya? Tungau bersih Dari mesntruasi Aja ya

      Delete
  37. nama sy TIO, umur saya 20 th,belum pernah berhubungan seksual, dok di kantung testis sy ada beberapa benjolan putih yg paling gede sebesar biji jagung tidak sakit, sepertinya sudah lama ada sejak SMA(4 th yg lalu), ada yang kemudian bengkak hingga bisa di pencet kyak jerawat tp kebanyakan keras ( bukan keras kyak kutil tp dipencet ga mau keluar/alot ) , sy mau periksa ke dokter blom siap secara materi, berikut saya berikan link foto benjolan di testis saya= http://photoserver.ws/images/b7l45026cad7c3df1.jpg

    nah mohon informasi dari dokter obat apa kira2 bisa saya beli sendiri di apotek dan penyakit apakah ini..terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak konsultasi foto... Coba cari ttg fordyce spot... Klo ini gak usah diapa-apain

      Delete
    2. maaf dok sy TIO lg, memang fordyce spot bsa membsar sampe sebiji kacang ya dok?
      cara menghilangkan gimna ya dok?

      Delete
    3. jarang sih...yg bisa sampai gede biasanya steatocystoma... tapi ini isinya seperti mentega... Sementara diamkan saja ya, jangan pecncet-pencet

      Delete
    4. sy TIO dok, ehmm seprtinya sih yg pernah berhasil sy pencet dan isinya keluar memang sprti mentega putih warnanya dan bau sperti isi jerawat gt dok..
      lalu yg mesti sy lakukan apa ya dok supaya bsa hilang dan ga timbul lg,

      Delete
    5. Gak usah diapa-apain dulu ya... Observasi Aja... Coba cek kolesterol kamu ya

      Delete
    6. saya TIO lg dok, kalo saya observasi dan sy bandingkan dg foto2 yg beredar di internet kyaknya emg pnya saya steatocystoma multiplex dok,,nah jika ga diapa2in apa bisa ntar jd kanker dok?

      kemarin cek kolestrol jg normal dok 170, seandainya saya bawa ke dokter solusi dr dokter apa ya dok?

      Delete
    7. Klo gak ganggu gak usah diapa2 in... Gak bahaya kok... Klo ke dokter, biasa dikauter..

      Delete
    8. dikauter itu kayak operasi kecil ya dok? sakit ga kalo dibagian scrotum..
      tp ada yg pernah bilang kalo steatocystoma multiplex itu ga mungkin hanya muncul di bagian tubuh aja,,apa benar pernyataan itu dok?
      terima ksih sebelumya..

      Delete
    9. Dibaailin kok..Biar gak sakit...
      Steatokistoma Ada yg simplek...cuma muncul di tempat tertentu.... Yg bisa banyak multiplex...

      Delete
    10. apakah hanya cara kauter aja ya dok menghilangkanya?
      dengan obat oral atau oles seperti salep ga bisa dihilangkan?
      terima kssih dok

      Delete
  38. slmt siang dok, salam kenal
    sy Joni,29 th,sy mau tanya tentang pengangkatan benjolan pad Mr.P, jd sy punya 1 benjolan kecil di area rambut Mr.P dan satu lg di sudut L Mr.P,sy kedokter dan hanya melihat saja beliau infokan virus pox atw moluscumm cong,dokter ya langsung bilang bisa hilang di kuret aja yah, imajinasi sy di kuret adalah pake pisau bedah,dokter nya sy tanya2 kurang informative,sy coba cr di internet ketemu blog ini, yg sy mau tanyakan,

    1. metode terbaik apa yg rendah resikonya,di mana Mr.P banyak jaringan pembuluh darah nya,itu yg sy baca,
    2. apa bedanya,Elctrocouter dan kuret, atau laser dan pisau listrik

    mohon pencerahnya, karena besok sy mau cr dokter lg,untuk operasi boleh tau biayanya kisaran berapa juta, terima kasih dok atas jawaban dan waktunya,,GBU

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo bener molluscum, dikeluarkan massa putih di dalam yg mirip nasi... Bisa juga dgn kauter, laser atau cryotherapy .. Risiko minimal kok utk semua cara.... Harga tergantung yg ngerjain... Jd langsung Tanya ke dokter yg bakal ngerjain ya....

      Delete
  39. Dok Saya Mau Tanya. . . Saya Suka Sekali Memakai Boxer Kalau Dirumah, Nah Berhubung sekarang musim kemarau Nyamuk Banyak Sekali Dok. . . Dan Tampaknya Ada nyamuk yang mengigit Kemaluan saya. . awalnya cuma satu dok di bagian buah zakarnya, dan Ya Ampun dok Gatalnya bukan main. . Saya ndak kapok dan besok besoknya bentol nya nambah jadi Tiga. . dan bertambah hebat gatalnya. .

    Berselang 3 hari bentol mulai mengecil dan ada yang kering dan gatal menghilang. . namun dok esoknya saya menemui bentol lagi namun kali ini di Batang Kemaluan saya Tepat di batang penis di bagian antara kepala penis dan batangnya. Awalnya cuma bentol biasa dan sakit kalau tersentuh lama lama seluruh batang saya kalau lagi kumat bentolnya jadi sangat gatal dok. .dan bentol tadi jadi berair terus. . saya lap kering, tak lama basah lagi. .

    Asumsi saya itu bentol gara gara digigit nyamuk, namun saya tidak tahu lagi dok. . kalau itu merupakan penyakit atau bagaimana. . Menurut dokter saya harus bagaimana? karena kalau lagi kumat gatalnya, seluruh batang kemaluan saya rasanya ingin saya garuk dok :( Terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan bisa juga scabies ya.. Ke dokter kulit terdekat dech ya

      Delete
  40. dok sy sintia.22 tahun saya mau tanya untuk memastikan saya terkena kutil kelamin itu ada test2 gk? Sy udh ke dktr tp dktr tdk bs memastikan..apakah kutil kelamin bsa tmbuh di lubang vagina? Dan apakah kutil kelamin pertmbuhanya cepat ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak ada pemeriksaan darah di Indonesia klo itu gak kamu maksud... Observasi aja, klo membesar terus, ambil sedikit jaringan, trus cek PCR...

      Delete
  41. dokter, saya gunadi n sudah married. saya mau konsultasi kalo di batang P saya ada benjolan spt jerawat sebesar beras yg warnanya sama dgn warna kulit. sy sdh cek ke dokter kulit n kelamin minggu lalu yg kata dokter benjolan tsb adalah kelenjar minyak yg tersumbat, kebetulan di batang P saya banyak kelenjar minyak tp ada 1 yg lbh gede aja.. apa kondisi ini normal utk di kemaluan? kelenjar minyak ini biasanya bisa sebesar apa yah? dan apa bisa bertambah besar? gimana terapinya agar bs kempes? thanks dok...

    ReplyDelete
  42. Dokter kulit yg kamu kunjungi bilang harus diapakan? Klo bener kelenjar minyan membesar, gak perlu ditreatment.... Tapi klo menganggu, boleh dikauter....

    ReplyDelete
  43. Slmt Siang Dokter Susie Rendra. Semoga dokter selalu dalam keadaan sehat, Terima kasih telah memberi kesempatan pada kita semua untuk berkonsultasi dengan dokter.

    Saya Tongfeng, saya sudah menikah dan setia dengan istri (tdk pernah berhubungan sexs dgn wanita lain). Sudah 3 bulan kulit selangkang saya ada bintik2 kecil bila digaruk mengeluarkan cairan dan gatal saking gatalnya hingga rasanya bila sudah menggaruk gak bisa berhenti hingga lecet dan perih. Bila mengering kulit jadi berwarna gelap dan mengelupas. Sudah saya olesi obat kulit yg dijual scr bebas "dak****n", setelah diobati bintik2 bisa hilang namun beberapa minggu akan muncul kembali.

    Skrg juga muncul di pangkal penis dan ternyata juga dialami istri saya pada bagian bawah vagina hingga ke sekitar anus dan pantat. Ini penyakit apa ya Dok? Apa penyakit kulit biasa (Jamur) atau penyakit kelamin? Terima kasih atas jawabannya Dok.

    ReplyDelete
  44. halo dokter... saya gunadi.. menyambung respon dokter susi tgl 28 Ags 2012 mengenai kelenjar minyak tersumbat di batang kemaluan saya.. sorry saya buat posting baru karena tidak saya reply respon dari dokter susie.. dokter kelamin saya bilang dibiarin aja trs dikasi salep dulu, kalo mau ditusukin biar kempes tp ada kemungkinan akan besar lagi.. apa kelenjar minyak tersumbat ini spt kista? dikauter tu spt apa pekerjaannya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin kista atherom, mungkin juga hanya millium.... Klo pake listrik, klo Ada kantung ya bisa skalian dibakar .... Ditusuk dulu dengan listrik... Manual dengan jarum juga bisa, asal kantung ya gak besar...

      Delete
  45. Salam, dok. nama saya Nur. usia 21 thn.
    saya baru mengikuti blog dokter ini, dan sangat bermanfaat. saya ingin menanyakan sesuatu mengenai kulit d sekitar kelamin, mungkn di post ini yang agak cocok.

    Di daerah luar kelamin saya, tepatnya di bagian lipatan, kulitnya sangat kering dok. dan kering tersebut membentuk seperti pulau di peta dok (maaf saya tidak menemukan istilah yang pas dok). tidak gatal, tapi sering saya garuk. maksud saya agar kulit yg kering tersebut meneglupas. itu kenapa ya dok?
    oya dok, saya juga sering keputihan. setiap akan haid dan setelah haid. apa itu ada hubungannya? terima kasih dok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba baca tinea cruris...apakah mirip?
      Normal kok keputihan sebelumnya dan sesudah menstruasi...selama berbentuk lendir, tidak bau, tidak mirip Ingus kehijauan

      Delete
  46. hallo dokter... saya gunadi lagi.. apa kista atherom atau millium ini termasuk penyakit kelamin? mohon saran treatmentnya utk kista atherom atau millium.. apa dikauter juga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan penyakit kelamin... Kista atherom dioperasi, millium dikauter+dikeluarin isinya

      Delete
  47. mlm dok, nama saya donie 25thn saya masih single...
    Saya mau konsultasi dijidat saya Terdapat luka merah kering tp tdk gatal dan perih..jika digosok mengelupas putih seperti ketombe, sudah saya obat in dgn salep anti jamur tp tdk ada perubahan malah melebar sampe kebagian dlm kulit kepala,
    bagai mana dok solusinya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba baca tentang seborrhoeic dermatitis ya... Ada pengaruh stress gak?

      Delete
    2. mlm dok.
      sy sudah baca2 tentang dernatitis seboroik. seandainya memang itu penyakit yg sy derita lalu bagaimana cara yg paling tepat untuk mengatasinya dan obat apa yg tepat ??
      tapi dok sy blum tau penyebabnya.

      trimakasih dok sblumnya.

      Delete
    3. Ya ke dokter kulit Biar dapat obat...Soalnya bukan obat bebas

      Delete
  48. halo dok, perkenalkan nama saya sista. umur saya 19tahun dan saya telah melakukan hubungan sex selama setahun belakangan ini dengan pasangan saya. saya dan pasangan saya tidak pernah bergonta-ganti pasangan. sekitar 2 bulan yang lalu, saya tkena kutil kelamin, lalu saya diberikan salep "fucidin 5gr cream 2%", namun tidak kunjung sembuh. kutil kelamin yang saya derita masih kecil2, namun telah menyebar ke hampir seluruh bibir vagina. banyak yang menyarankan agar menggunakan cuka sari apel untuk proses penyembuhannya. apakah cuka sari apel dapat menyembuhkan kutil kelamin? kenapa salep fucidin yang saya dapatkan tidak dapat menyembuhkan kutil saya ini? mohon bantuannya dok. terima kasih. (pasangan saya tidak terkena kutil sama sekali)

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya tidak punya pengalaman dengan cuka sari apel.... fucidin bukan untukk kutil...hanya antibiotik untuk bakteri... ke dokter kulit nkelamin terdekat aja biar cepatan diobati ya

      Delete
  49. terima kasih dok atas sarannya. memang info untuk menggunakan cuka sari apel saya dapatkan dari blog2 dan juga dari mulut ke mulut dari seluruh orang2 yang memiliki penyakit yang sama seperti saya ini. apakah dokter dapat menyarankan obat apakah yang cocok untuk penyakit kutil kelamin ini yang dapat saya beli di apotek secara umum? karena biaya yang harus saya keluarkan untuk konsultasikan ke dokter kulit tergolong cukup mahal dan yang kemarin saya dapatkan hanya fucidin saja untuk obat salepnya.

    terimakasih dok atas waktu dan sarannya,
    Sista

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ke dokter kulit Dan kelamin di rumah sakit umum daerah Aja...agar biaya Lebih murah, tapi treatment tepat dgn podofilin.. Misal rscm, rs fatmawati, rsud tarakan

      Delete
  50. Halo Dokter,
    Nama saya Al,22 tahun, laki2, saya pernah memiliki genital warts di anus, kemudian diobati dengan cara totol podofilin, kmudian sembuh dalam 3 hari dan rasanya lega.
    Sekarang tumbuh lagi dok, terakhir pengobatan itu skitar bulan Juni, tp sekarang udah tumbuh lagi si kutil bandel itu dok.

    1. Apakah lebih baik pengobatan yang saya pilih totol lagi atau laser, atauada lagi yang lain dok?

    2. Di selangkangan tumbuh beberapa kutil lagi dok, ada satu yang besar yang lain masih titik2... apa ini termasuk HPV juga dok? Yang mana yang saya harus sembuhkan terlebih dahulu?

    3. Apa HPV ini berasosiasi dengan AIDS?

    Terima kasih dok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apakah kamu homosexual? Hpv meningkatkan risiko HIV.... Bila ya, sebaiknya cek HIV juga... Coba podofilin sekali lagi saja, tapi bila kambuh bisa pilih cara bedah... Kutil kecil bisa saja kutil kelamin...

      Delete
    2. iya dok sy homosex, saya juga punya masalah lain tdk berkaitan dengan kutil, alangkah senangnya bsa mengetahui jadwal dan lokasi praktek dokter

      Delete
    3. RSPI Pomdok indah Dan Puri Indah, erha kemanggisan... Telp Aja ya buat jadwalnya

      Delete
  51. dok saya aya 27 tahun saya blom menikah.. saya mau nanya dok kenapa saya lihat dilubang vagina saya ada bejolan besar" keras berbrntuk bundar" ..
    itu penyakit apa ...
    bisa disembuhkan tidakk
    saya sangat stres dengan keadaan ini dok trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh saya gak bisa bayangin yg kamu maksud... Mendadak muncul? Udh pernah berhubungan seksual?

      Delete
  52. dok saya alex..kalo timbul kelebihan kulit di atas pangkal penis dekat rambut kemaluan, hanya satu buah, tidak gatal, tetapi saya kelupasin kok ada darah, apakah ini kutil kelamin?

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak selalu kutil...bisa kutil, bisa moluscum, bisa skin tag

      Delete
    2. hallo dok, sy nita, 24.dok sy mw tanya sekitar 3 mggu yg lalu 3 kondiloma sy uda d kouter.2 kondiloma sy letaknya berdekatan setelah di kouter kq tumbuh lagi seperti menyatu bahkan lebih besar.
      saya ingin mencoba vaksin gardasil.
      pertanyaan saya,
      1. apakah kondiloma saya harus dibersihkan dulu (di kouter lg)sebelum di vaksin?
      2. vaksin gardasil bisa memberikan kekebalan sampai brp lm dok?
      3. apakah kondiloma bs mempengaruhi kesuburan wanita?

      Delete
    3. Kamu pasien saya? Klo saya sih boleh Aja vaksinasi.... Masa proteksi sampai sekarang belum diketahui pasti... Gak pengaruh kesuburan

      Delete
    4. dok ini sy nita lg,sy berdomisili di luar jkt dok.jd kondi yg tumbuh tumbuh baru skrg ini gak perlu d kouter lg tp lgsg vaksin?
      kira2 stlh vaksin, apa kondiloma yg tumbuh itu bs rontok/hilang dgn sendirinya?
      makasi dok..

      Delete
    5. tetap harus kauter... vaksin yg ada sekarang fungsinya bukan untuk pengobatan, tapi untuk pencegahan.... jadi untk mencegah munculnya infeksi baru...

      Delete
  53. Selamat sore dok... saya Ayu
    dok saya mau tanya. saya punya bintik2,agak keras tidak berair seperti jarawat batu disekitar mata, ketiak juga di miss V saya.ianya sudah lama sekitar 1thn lebih. bintik2 itu sebagian didalamnya ada putih2 seperti nasi sebagian tidak ada putih2nya, yang didekat mata saya pernah mencungkilnya tapi yang keluar cuma darah dan putih2nya itu seperti daging dan berakar didalamya.
    khusus yang disekitar miss V ada yang bergerombol dan rasanya gatal dok dan lama kelama'an bertambah banyak. Kira2 itu apa ya dok,sebagai tambahan wajah ayah saya juga ada bintik2 seperti itu dan saya belum menikah dan belum pernah melakukan sex
    ohya dok bisakah penyakit kelemin ada sebelum kita melekuken hubungan sex ...trimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yg di sekitar mata bisa saja syringoma... Klo yg di kelamin mungkin millium atau steatocystoma... Coba browsing dulu ya...

      Delete
    2. mat malam dok...saya ayu
      ea seteleh saya coba broswsing yang disekitar miss V sama seperti Syringoma masquerading as steatocystoma multiplex..
      aduhh bisa dihilangkan gak dok. dan obat apa yang dapat mnghilangkannya... bingung banget. makasih doc.

      Delete
    3. Gak usah diapa-apain kok... Tapi klo bikin senewen bisa dilaser atau dikauter ya

      Delete
    4. bukan senewen dok, tpi kuatir.terutama yang disekitar kemaluan itu.. nanti pasangan mikirnya macem2... trimakasih.atas penjelasannya

      Delete
    5. mat malam dok,,, mau tanya lagi kalau yang steatocystoma sendiri,itu berbahaya dan bisa membesar gak dok trus cara ngilanginnya apa juga dengan dikauter/dilaser apa ada cara lain dok.misalnya minum obat gitu... trimakasih

      Delete
    6. Gak bahaya, bisa membesar, gak bisa cuma obat..mesti laser/kauter klo pen dibuang

      Delete
    7. mat siang dok...ma'af saya ada masalah lagi... didalam miss V sekarang ada bentol seperti digigit nyamuk, saya pikir bentol biasa tapi sudah 4 hari kenapa belum hilang juga dan rasanya gatal sekali dok sampai2 yang disekitar jadi ikutan gatal... kira2 itu kenapa dok. kalau diolesi BETNOVATE-N crem. bisa gak...

      trimakasih...

      Delete
  54. selamat pagi, dok..saya dian..
    saya perempuan berumur 22 tahun. sdh beberapa hari ini, saya kalau selesai mandi, dan pakai CD, saya merasakan panas di area sekita miss.v. tp setelah saya basuh miss.v dgn air dan ganti CD, tdk ada rasa seperti itu lagi.
    tadi pagi juga saya mengalami hal yang sama setelah mandu. saya langsung basuh dengan air dan ganti yang baru. rasa panas sdh tidak saya rasakan lagi. namun, di kulit skitar bibir miss v saya jadi merah, ada bentol kecil-kecil dan jadi agak keriput. itu knp ya dok? pengobatannya seperti apa?
    trm kasih

    ReplyDelete
  55. Selamat siang dok
    Saya yusuf, pria umur 23 tahun..
    Malam tadi saya menemukan 1 benjolan seperti beras namun agak lunak berwarna putih..
    Kemudian saya mencoba mencabut benjolan tersebut dan akhirnya terlepas. Dari bekas benjolan tersebut mengeluarkan banyak darah namun tidak sakit dok. Yang mau saya tanyakan. 1. apakah benjolan tersebut merupakan kutil atau hanya pori2 rambut yang tersumbat.? 2. Apakah tindakan saya mencabut kutil tersebut dapat menimbulkan bahaya? . 3.apakah darah yang menyebar ke area buah zakar dapat menyebabkan kutil baru tumbuh..?

    Sampai saat ini saya masih monitor bekas lukanya.. Sekadar info saya tinggal di mess perusahaan.. Apakah kelainan yang dialami saya bisa timbul akibat pakaian dalam kotor?

    Saya minta sarannya dok..

    Sekian,

    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa Aja kutil..... Apa yg kamu maksud dgn pori tersumbat ya? Menularkan bila Ada luka di kulit sekitarnya

      Delete
  56. selamat malam dok, saya david. saya mau tanya di daerah bulu kemaluan saya di deket penis dan dibatang penis terdapat seperti jerawat berwarna merah ada putih di tengah. sebelum pecah tidak gatal tp setelah pecah jadi gatal. itu kenapa ya dok? terakhir saya liat ada sekitar 4, 1 sudah pecah diantara batang bagian bawah dan bulu kemaluan, 2 titik kecil, dan 1 di batangnya. itu apa ya dok? berbahaya atau tidak ya?? terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba browsing tentang molluscum contagiosum dulu ya...

      Delete
    2. dok saya sudah liat molluscum contagiosum, bentuknya ga kaya gtu dok. bentuknya bnr2 mirip jerawat, mgkn memang cuma jerawat atau bisul ya? tapi wajar tidak ya dok?? membahayakan ga?? thx b4

      Delete
    3. Bisa Aja bisul.... Biasanya akibat Ada bulu yg tercabut trus infeksi

      Delete
    4. Dok Saya mau tanya, di kulit skrotum saya ada beberapa benjolan seperti bisul, dipencet tidak sakit, berwarna putih agak kuning. kalo isinya keluar sperti cairan semen&kalo digosok bisa keras. di sekitar benjolan jg ada benjolan serupa. tolong minta pencerahanya dok& apakah berbahaya/menular apa tidak??? langkah saya apa biar bs sembuh. trima kasih sebelumnya....


      setyo-kediri 23 tahun

      Delete
    5. Mungkin fordyce spot... Mungkin juga steatocystoma .... Browsing dulu ya

      Delete
  57. selamat malam dr susie saya joel, mau tanya, apakah gardasil efektif bila diberikan kepada pasien yang sudah kena kondiloma ? berhubung saya punya kondiloma dan sudah 4 kali kauter kondilomanya terus tumbuh ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. secara teoritis gardasil untuk pencegahan... sampai saat ini belum ada vaksin untuk terapi...

      Delete
    2. selamat pagi dok, saya joel mau tanya lagi, apakah podofilin tinctura, bisa diberikan pada kondiloma yang berada di anus dok, terima kasih

      Delete
    3. Bisa dicoba... Biasanya sih bisa sembuh juga...namun tetap mungkin kambuh

      Delete
  58. malam dok
    saya mau nanya dok..saya putra pria 24th single..saya telah berhubungan sex terakhir tanpa kondom 1bln yang lalu,setelah jalan kurang lebih 2minggu,saya memotong bulu kemaluan saya dengan foam dan pisau ccukur,setelah itu beberapa hari kemudian di daerah penis saya,tepatnya di bagian ujung dekat bulu kemaluan timbul seperti daging tumbuh gitu dok,kuranglebih sebaesar kacang dok..ada beberapa.rasa gatalnya bener" menggagu dok,dan berbau tidak enak.
    yang mau saya tanyakan ini jenis penyakit apa ya dok?
    terima kasih :)

    ReplyDelete
  59. @putra: mungkin kutil kelamin atau condyloma acuminatum atau genital warts... Mungkin pula molluscum contagiosum.. Coba browsing dulu ya

    ReplyDelete
  60. pagi,.,.
    saya hendri 26 thn dok,saya menderita gatal di penis,dan sekitarnya..
    dan jika gatal2 itu muncul,pada bagian kepala penis benjol2 kecil seperti terkena ulat bulu,dan keesokan harinya berubah warna lebih gelap,tak jarang pula keriput dan kering,kira2 apa yang saya derita ya dok,karena saya tidak mengalami sakit saat buang air kecil,atau sakit di alat kelamin saya,hanya gatal yg luar biasa

    ReplyDelete
  61. Dok saya Andi saat ini diujung alat kelamin saya ada titik kaya jerawat tptidak memiliki nanah layaknya jerawat.tp lebih seperti biang keringat tp makin hari makin banyak btw saya umur34.saya sebelumnya kulitnya pecah dan perih dan saya sudah ke dokter.dan setelah sembuh malah timbul totol ky biang keringat.thx untuk replynya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kutil kelamin tahap dini masih mungkin lho.... Coba ke dokter terdekat ya spy pasti

      Delete
  62. Saya andi ini sepertinya bukan kutil karena titik kaya biang keringat.dan tidak berasa gatal tp semakin banyak.kecil 2 seperti biang keringat. Thx dok

    ReplyDelete
  63. halllo dok, saya pram 23th single saya pengunjung baru diblog dokter.
    keanehan ini saya sadari ketika masih SMA timbul gatal di area kemaluan saya (didaerah punggung penis) bentuknya hampir mirip biang kringat gatal dan tersa lembab, sampai saat ini keadaan seperti itu terus, kadang muncul kadang tidak, bedannya timbul bintinknya lebih banyak, biasanya kala kondisi seperti ini saya akali dengan mengolesi bedak anti gatal/iritasi dan tidur tanpa celana walaupun prosesnya menghilangnya memakan waktu yang lama, besar keinginan saya untuk memeriksakan keanehan ini ke dokter cuman saya malu dan tidak tau harus mulai dari mana. dan beberapa hari yang lalu saya mencoba untuk tes darah dan menurut hasil lab Puji Tuhan tidak ada indikasi virus yang selama ini saya takutkan. yang saya tanyakan apa yang penyakit ini bisa disembuhkan secara permanen?? dan apakah dokter punya rekomendasi klinik di surabaya?? terimaksih dok mohon maaf bila sedikit membingungkan .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Helo Pram... Sebaiknya ke rs yang Ada dokter kulitnya ya... Punggung penis maksudnya di bagian barang khan? Biasanya herpes, tapi klo kamu periksa negative, sebaiknya ke dokter agar dapat diperiksa... Sudah cek HSV 1 Dan 2 khan?

      Delete
  64. selamat malam dok, saya joel mau tanya yang mana pengobatan yang bagus buat kutil di anus apa pake podofilin atau tca dok ? terimak kasih

    ReplyDelete
  65. Dok saya velly...
    Saya mau tanya, saya sudah hampir setahun berhubungan seks, sblum awal berhubungan, ada benjolan kecis eperti kutil d kulit atas vagina saya. Apa ini dok? Apakah berbahaya? Saya menyadari lama kelamaan kutil ini semakin membesar dan sekarang sudah sebesar kacang polong.

    Trims dok atas bantuannya.

    ReplyDelete
  66. Dok saya farel
    saya pria sudah menikah,saya mempunyai masalah di alat kelamin saya yang belum pernah terjadi sebelumnya, di kepala penis muncul benjolan kecil yang seperti memiliki mata berwarna hitam,krna saya penasaran saya pencet benjolan tersebut dengan maksud mengeluarkan benda yang seperti mata itu, tapi ketika saya berhasil mengeluarkannya ternyata seperti komedo dengan ujung warna hitam
    apakah itu normal??????terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin Aja... Komedo bisa muncul di tempat yg banyak kelenjar minyak

      Delete
  67. halo dok nama saya ryan di testis sebelah kanan saya terdapat bentol bentol berair pertamanya sih gatal gatal terus saya garuk lama kelamaan saya liat CD saya pas bangun pagi kok basah pas saya lihat testis saya taunya dari bentol itu dok bisa jelaskan itu penyakit apa? dan apa obatnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Penyebab bentol sih macam2... Yg kamu Alami mungkin gigitan serangga atau kutu... Makin digaruk ya makin lecet Dan berair.... Stop garuk, beli Aja obat penghilang gatal yg dijual bebas... Juga pakai krim yg mengandung antibiotic Dan steroid ringan

      Delete
  68. siang dokter, saya daby putra saya ada clavus / mata ikan dikaki,kalau mau di cauter di tempat dokter kira2 biayanya berapa (kalau Dr tidak keberatan) krn putra saya seorang taruna yg waktu keluarnya hari sabtu sore apa bisa saya bikin janji dulu sebelumnya dgn Dr? sebelumnya waktu libur lebaran kami di jogja sudah ke ugd sardjito dan saran Dr kulit disana diobati dgn salep racikan tapi krn dia harus menggunakan sepatu PDH nya jadi clavusnya msh suka meradang pernah dikasih obat antibiotik dan anti nyeri oleh Dr umum hanya bertahan sementara, skrng mulai sakit lagi ,sebaiknya saran dari Dr bagaimana ? terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo.... Clavus susah diatasi kalau penyebab masih terus Ada... Misalnya sepatu sempit, atau beralas keras..sehingga Akan mudah kambuh... Kauter biayanya tergantung besarnya... Bisa juga pakai obat dahulu tapi harus rajin menggunting Dan membuang kulit yg sudah mati...

      Delete
  69. dok saya iwan..
    saya ingin bertanya,.. di antara btang penis dan testikel saya terdapat benjolan, sebesar kacang hijau.
    apabila tersentuh rasanya sakit.
    apakah itu berbahaya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung pada diagnosisnya... Tapi klo sakit mungkin kista atherom kecil yg terinfeksi...atau cuma bisul biasa.... Ke dokter terdekat ya

      Delete
  70. Aduh Maaf Dok Saya Gk Tau Ada Thread Yg Baru Saya Malah Tulis Permasalahan Di Thread Lama Salam Dok Nama Saya Ronny Gini Dok Adik Saya Berumur 20 Tahun belum sunat yang saya pertanyakan di kepala penis nya terdapat benjolan tapi tidak seperti brokoli atau luka hanya seperti bentol gitu saat saya tanya dy tidak mengeluhkan ada nya gatal,perih,panas or pedih saat buang air kecil dan tidak ada cairan putih pada lubang kemih maaf dok saya upload gambar ( http://postimage.org/image/6sh0t6wkn/ ) maaf kalo DP ( Distrubing Picture ) Nanti Mohon Di Dell Saja Dok Bila Dokter Sudah MElihat Bentuk Nya Dy Tidak Ada Keluahan Perih Meski Di Cuci Dengan Sabun Cair Detol Apakah Itu KutilKelamin Atau Iritasi Atau Radang Atau Apa Dok Sebelum Nya Dy Mecukur Kemaluan Dok Apa Mungkin Tertusuk ?Dy Agak Kurang Rajin Membersihkan Kemaluan Nya Dok apaitu Kutil kelamin ? Sebelum Nya Terimakasih dan Mohon Maaf Bila Ada Kata Tidak BErkenan Pada Tulisan Saya Dok Mohon Dokter Berkenan Dan Menjawab Permasalahan Saya Dok Mohon Di Jawab Dok Dan Terimakasih Sekali Lagi Dok...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya tidak menerima konsultasi foto pak... Hanya yg perlu ditanyakan apakah pernah berhubungan seksual? Klo tidak, biasanya sih bukan kutil kelamin pak... Saya juga gak bisa buka attachmentnya... Coba oleskan krim antibiotic dulu pak..liat perkembangannya beberapa hari

      Delete
  71. Dok saya didiit surabaya
    Langsung to the point saja di penis saya di bawah helm ada benjolan putih seperti bisul gitu? Bgmn cara mengatasinya? Kalau sakit tidak sama sekali! Thx

    ReplyDelete
  72. dok,saya andi. kalo mau periksa ke dokter ,kalo beneran kutil bisa langsung dicauter gak ,dok ? biar gak bolak balik, soalnya kerja Susah cari waktunya. thx

    ReplyDelete
  73. hallo dok nama saya rama di buah zakar saya terdapat bintik2 hitam dan ada yg berwarna kemerahan setelah saya browsing2 spertinya mirip dengan angiokeratoma of fordyce, jika memang saya terkena angiokeratoma of fordyce pengobatan jenis apa yg harus saya lalukan dok? besar harapan saya dokter membalas pertanyaan saya... terima kasih

    ReplyDelete

Sebutkan nama terlebih dahulu, bila ingin mendapatkan respons...thank you.. Tanpa nama akan langsung saya hapus ya......

Note: Only a member of this blog may post a comment.