Halo semua rekan yang tertarik dengan kesehatan kulit, semoga artikelnya berguna... Ditunggu selalu komentar dan inputnya... Khusus untuk intermezzo, adalah pengalaman unik selama praktek yang menurut saya cukup menarik untuk dishare... Happy reading...

Friday, April 20, 2012

Susah banget untuk nulis nama ya.....

Toloooongg...pleaseeeee...
tulis namanya dulu kalau mau direspons...
di sini konsultasi free... tapi tolong tulis nama....

59 comments:

  1. dok, saya mau nanya kalo overdosis steroid itu apakah kulit bisa normal/sehat kembali? terus kalo meninggalkan flek kehitaman treatment nya sebaiknya gimana dok? fleknya kadang kemerahan juga, kulit jadi sensitif.. makasi dok responnya :)

    ReplyDelete
  2. dokter, nanya lagi.. hehe, kalo produk nourish skin itu gimana ya dok untuk muka yang berminyak dan berjerawat? soalnya kalo lagi mau bulanan selalu muncul meradang gitu.. mendingan seloxy aa atau nourish skin ya dok ? terima kasih

    ReplyDelete
  3. Halo Erika...klo yg terjadi striae (garis-garis merah kayak org hamil) atau telangiektasia (muncul urat-urat halus)..biasanya gak bisa hilang spontan... :( .. biasa perlu laser
    Untuk produk saya gak bisa kasih pendapat ya... soalnya hasil ke tiap org beda-beda....

    ReplyDelete
  4. dok mau tanya nih, aku baru 14 taun nah kulit tangan ku itu ada kaya. bintik2 gitu? pertama tangan, terus ke punggung. paha juga ada sekarang. banyak gitu dok? pernah beberapa kali ke dokter. tapi semua jawabannya sama katanya hormon? ada alternatif lain nga? ato kapan aku konsul langsung sama ibu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Paulin kemungkinan itu keratosis pilaris dech.. coba browsing dulu ya

      Delete
    2. sorry dok nanya lagi. bisa hilang total nga ya? kalo liat dari google sih foto2 ya sama dok kaya aku punya,gambar sih sama tapi aku nga gatel dokk._. hehe thankyouuu

      Delete
    3. memang gak gatal.... bisa membaik...cuma klo hilang total sih susah... klo malas pake pelembab, muncul lagi...

      Delete
  5. dokter saya mau tanya. kalau lotion pemutih kulit dari china seperti xiafei atau silky veil yang di jual di salon itu aman atau tidak ya dok? Dan kalau misalnya saya pakai selama 3 bulan, terus saya berhenti kemudian saya teruskan dengan memakai sunblock apakah kulit saya akan kembali hitam dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh Sarah...sy gak bisa komentar soalnya gak tau apa kandungannya... sorry :)

      Delete
  6. Oh begitu ya dok. Kalau di erha ada perawatan untuk kulit ga ya dok? Tapi selain bleaching dok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyak sih... langsung aja ke erha untuk minta brosur-brosurnya ya

      Delete
  7. Dok kalo untuk menghilangkan noda-noda bekas jerawat sama lubang-lubang bekas jerawat bagusnya pakai apa ya? Kebetulan saya masih di bawah 18 tahun.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba ke dokter kulit terdekat ya... Biar pake krim dulu selama beberapa waktu sblum men coba treatment lainnya

      Delete
  8. Oh begitu ya dok. Terimakasih dok. Oh iya dok saya jug mau tanya, kalo untuk menghilangkan bulu-bulu di sekitar kemaluan, dokter bisa merekomendasikan produk waxing tertentu mungkin?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah saya gak pernah mengevaluasi produk waxing.. Jadi gak bisa kasih pendapat NIH...

      Delete
    2. do,sy sdh 1,5tahun perawatan wajah d erha,to putihny cm klo abis home peeling(malam) aj.slain it wajah sy kmerahan.klo spt it gmn ya dok?a pa sy hrs berhenti perawatan d er a??

      Delete
    3. Coba Aja minta dokternya kasih krim yg Lebih ringan dulu ya

      Delete
  9. Hallo dok,,nama sy Pingkan.. Sy mw nanya dok,,anak sy (1,5th) di kakinya ada luka dan smp skrg ga sembuh2 udah hampir 3 mingguan.. Skrg lukanya tinggal koreng aja cuma ttp ga sembuh2 dok.. Yg mw sy tanya dok obat apa yg bisa digunakan utk lukanya? Sy coba pake betadine tp b'gitu2 aja.. Dan kulit kaki anak sy kering bgt,,bgsnya pake cream apa y dok? Sy coba pake lotion baby ttp aja kering.. Terima kasih sebelumnya utk responnya dok... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba krim antibiotik dulu Aja...isinya bisa mupirosin atau na fusidat... Pelembabnya coba bentuk cream, jgn lotion... Klo masih mslh ke dokter terdekat aja

      Delete
  10. Chanka
    Hi,Dok...Saya gadis 26tahun. Kulit Wajah saya ntuh berminyak dan jadi jerawatan karna kalo pulang kerja saya suka males pake milk cleanser, jadi saya cuma pake tissue bassah buat wajah dan setelahnya saya semprot "Ev**N" Facial Spray.
    Senin-Jumat saya pake liquid Foundation dari salah satu merk "M*C". Ada 3 Pertanyaan nih Dok...(^^,)
    1. Boleh kan Anti biotik khusus kulit "Prolic" dkk dikonsumsi setiap ada jerawat (tanpa resep)
    2. Saya suka memakai Lemon+Gula dipagi hari sebagai scubing, dan malamnya saya ga pake cream malam. Saya cuma oake madu ajah. Apakah yang saya lakukan ini Aman Dok...???
    3 last but not least, apakah mengkonsumsi suplemen seperti "Selo*y AA" itu dianjurkan???

    Terima kasih banyak,Dok.....
    God Bless Us...(^_^)...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pemakaian antibiotic tergantung jumlah Dan besarnya jerawat.... Klo dikit, mestinya gak usah obat minum...
      Madu berguna utk pelembab, klo muka jerawatan takut ya malah jerawat jadi tambah...
      Boleh Aja minum supplement...tapi hindari vitamin E selama jerawatan ya...

      Delete
  11. saya duko dari bangka-belitung...
    Ketika saya selesai onani malam tdi... Batang kemaluan saya terasa ngilu smpe skrng dok... Knpa ya dok... Koq ga ilang ngilunya...?
    -trus d leher bawah kemaluan saya ada jerawatnya saya pencet aj tuh... Tsu sya amati tnyta ada bintik'' merah lumayan bnyak mndi 1 cumpukan dok... Itu pnyakit apa dok...? Bhaya ga...?
    -terus saya mau tnya lagi... Di kulit belakang leher saya ada benjolan dok tpi kecil,,, stngh nya kelereng... Itu pnyakit apa dok...? Saya baru tau swaktu saya merenggahkan leher... Klw di tekan sdikit ngilu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pertanyaan pertama mesti dianjurkan ke bedah urologi...
      Mungkin herpes utk pertanyaan 2
      No 3 bisa saja pembesaran kelenjar...

      Delete
  12. dok,saya irren dari jambi,saya punya syringoma disekitar area mata dan sangat mengganggu penampilan,mohon petunjuknya bagaimana cara menghilangkannya ya dok,terima kasih...,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Syringoma bisa dilaser...cuma hasil gak selalu memuaskan... Biasanya saya kerjakan 1-2 titik dahulu...bila pasien senang hasilnya baru dikerjakan semua

      Delete
  13. pagi dok saya aga...
    saya mau bertanya kalau fordyce spot atau pearly penile papules apa ad obatnya dok??
    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak Ada krim...klo merasa terganggu, laser Aja ya

      Delete
  14. Siang dok, saya iekha..selama ini saya punya bnyk sekali masalah dg kulit saya, dari mulai jerawatan, komedo,berminyak..dll.
    Puncaknya ketika saya hamil kemarin saya sama sekali ngga berani utk pake cream malam dr dokter kulit langganan saya dan setelah berhenti pake cream malam itu muka saya jd jerawatan yg besar2 dan keras seperti komedo. sampai setelah melahirkan muka saya jd bertambah parah...buka hanya di muka tp di seluruh tubuh saya bayak stretchmark berwarna merah krn berat badan saya sewaktu hamil mencapai 80 kg. padahal ketika msh gadis dan baru menikah berat saya 58 kg dg tinggi 162 cm.
    Lalu setelah itu kulit saya mengalami biang keringat yg sangat gatal d bagian tangan ketika di garuk biang keringatnya makin melebar ke lain bagian tubuh..termasuk di jari..bentuknya bruntus dg isi air di dlmnya berwarna kemerahan..sdh ke bbrp dokter trmsk dokter kulit saya cm dksh vitamin dan cetirizine..ktika obat saya sdh habis maka biang keringatny kembali lg terutama ketika udara panas dan saya banyak berkeringat.
    Menurut dokter saya ini knp? knp saya bnyk sekali mengalami masalah kulit?
    terima kasih atas waktunya ya dok...saya tunggu jwbn dokter ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Krn kehamilan terjadi perubahan hormonal...jadi problem kulit bisa muncul... Ditambah lagi misalnya setelah melahirkan kurang tidur, stress, dll... Semua masalah jadi keluar dech... Masih hamil atau sudah melahirkan? Kdg klo hamil Dan menyusui...pengobatan juga sulit dioptimalkan...krn takut obat pengaruh ke janin atau bayinya

      Delete
  15. dok, seloxy aa bisa dikonsumsi oleh umur 16tahun gak ya? takut ketergantungan dan efek samping nya apa ya dok? terimakasih dok sebelumnya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh Aja...aman kok...cuma yang ditanyakan apakah memang sudah perlu umur segitu???

      Delete
  16. Pagi dok, nama saya ika.. saya pernah berhubungan seks sebelumnya, umur saya 21 tahun.. awalnyabegini dok, di bibir vagina saya muncul bentol seperti digigit serangga, lalu karna gatal saya garuk dan menimbulkan luka, dari luka ini mengeluarkan cairan berwarna kuning yang sangat banyak.. lalu sy berobat ke dokter spesialis kulit dan kelamin, saya diberi obat corvox levofloksasin dan salep garamycin ( gentamicin sulfate), setelah saya menggunakan salep ini, luka saya yang tadinya hanya di bibir kiri bertambah menjadi di bibir kanan, dan menjadi besar seperti jerawat batu berwana putih seperti nanah, terasa gatal sekali dan mudah mengeluarkan darah.. bolehkah saya teruskan penggunaan salepnya dok? Untuk antibiotik corvox nya sudah habis dok,. Saya takut sekali.. sebaiknya saya mengkonsumsi atau menggunakan obat apa ya dok? Terima kasih banyak dr. Susie..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya gak liat... Jadi tanyakan pada dokter kamu...Nama penyakitnya apa? Sebaiknya kontrol ulang ke sana bila perbaikan minimal

      Delete
  17. Malam bu dokter, saya mira, 25thun, belum pernah berhubungan seksual, yang saya mau tanyakan, sekitar 3 tahunan lalu waktu saya masih kuliah, di lipatan paha atas saya sebelah kanan tumbuh kulit menggelambir seperti kutil, posisinya dibawah tulang panggul saya seperti poto ini http://m.facebook.com/photo.php?fbid=4025402692491&id=1804240517&set=a.4025402652490.1073741825.1804240517&_mn_=5&refid=17
    Kira2 itu apa? Apakah itu kutil kelamin atau kutil kulit biasa? Dan pada bibi anus saya, saat saya raba ada kulit tumbuh seperti itu juga, tidak sakit, dulu pernah membengkak bbrapa hari nampun skarang tidak pernah lagi.. Apa yang harus saya lakukan? Terimakasih sebelumnya bu dokter..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf tidak terima konsultasi foto
      Kemungkinan adalah fibroma mole atau skin tag... Jinak
      Klo mengganggu sebaiknya dibuang Aja ya

      Delete
  18. trimakasih infonya dok.. apa itu termasuk kanker atau tumor jinak dok?? dan apakah jika tidak dibuang akan bisa menjadi ganas???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pastiin dulu diagnosisnya..klo fibroma mole sih jinak

      Delete
  19. Pagi bu Dokter.. saya sudah ke dokter, cuma karena dokter spesialis kulit pada RS tersebut cuti, saya dioper ke dokter spesialis kandungan (entah kenapa, mungkin dokter kandungan ini juga spesialis kulit sya kurang tau) saya antrian terakhir saat itu, dan si dokter terlihat terburu2 karena ada janji..setelah melihat yang di lipatan paha, dokter bilang itu tumor jinak, jadi di cauter,, selesai cauter, saya bilang di bibir anus juga ada, trus beliau katakan, aduh ada juga ya, kita lihat dulu lah itu sama atau bukan, tapi saya tidak bisa beri tindakan sekarang (sepertinya dia sudah buru2) lalu beliau lihat yang bagian bokong, menggunakan kaca pembesar.. lalu dia bilang, itu hemoroid.. harus di operasi, di dokter bedah, bukan saya.. jadi saya tidak bisa lakukan tindakan yaa..
    Karena terlihat terburu2, saya jadi ingin coba pastikan ke dokter lain, sya datang ke dokter SpOG, lalu dokternya periksa bagian anus saya.. trus beliau katakan ini bukan wasir, sebab ini sudah bertahun2 dan tidak pernah kambuh dan ukurannya hanya segini, kalau wasir tentu pernah kambuh sesekali, ini cuma kulit yang berlebih, juga sepertinya bukan tumor.. begitu kata dokter yang kedua ini dok..
    saya jadii bingung dok.. menurut dokter itu bagaimana? apa saya harus mencari dokter spesialis kulit lagi dok? apa mungkin ada kesalahan dalam menentukan itu wasir atau skintag?
    dok, jika itu wasir, apakah berbahaya jika saya hamil nanti dok? sudah hampir 3 tahun ini ukurannya hanya setengah sentimeter pipih seperti kulit menggantung dan tidak sakit.. terimakasih sebelumnya Dok..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini siapa sih? Tolong direply dong di jawaban sebelumnya...Jangan buat comment baru..soalnya merepotkan untuk trace balik..
      Cari dokter kulit utk memastikan

      Delete
    2. oiaa dok.. saya mira.. maaf saya salah buat kolom reply nya..

      Delete
    3. Coba tetap cek ulang ke dokter kulit ya...mestinya sih kutil terlihat beda kok dgn wasir... :)

      Delete
    4. okay dok, nanti saya cek lagi ke dokter kulit.. terimakasih infonya dok.. :)

      Delete
  20. sore dok..nama saya puri umur 38 th blm menikah ,, saya mau bertanya dok sudah 2 hari ini ujung vulva bagian atas) kenapa seperti ada kulit yg robek ya dok dan mengeluarkan bercak darah berwarna coklat tapi tidak disertai rasa sakit dan perih,,,saya ingat2 lagi kmaren2 kayanya tidak berbenturan atau menggunakan celana yg ketat,,,bisa bantu ga dok? itu kenapa ya?

    ReplyDelete
  21. malam dok, saya poppy, 31 th, sudah menikah. sejak januari 2013 lalu, di bibir vagina saya ada benjolan seperti kutil,enggak sakit tp sngt menganggu. saya biarkan..eh tambah lama tambah besar, saya kira kutil biasa, saya kasih obat callusol, puanasss bgt,tp 2hr kmudian rontok dan hilang. hal ini terulang lg dibulan berkutnya. sekarang malah ada 3 dan sy baru tau kalau di dekat anus saya jg ada.yg di anus rasanya gatal. apakah ini sudah pasti kutil kelamin dokter?krn sy blm periksa. bingung hrs periksa di dkter mana, dokter kandungan atau dokter kulit?dan apakah ini tidak bisa sembuh total dokter?terimaksih infonya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mesti cek supaya pasti..coba ke dokter kulit Dan kelamin terdekat ya

      Delete
  22. dok saya lanny 33 thn.Mau tanya dok,kalo kulit bayi umur 10 bulan muncul urat halus merah tipis di wajah itu bisa hilang ndak ya Dok? Terima kasih

    ReplyDelete
  23. Tri
    Malam dokter saya mau tanya kok ϑi kulit pangkal penis saya ªϑa benjolan kayak kutil apakah itu bahaya? Dan bisa disembuh kan dengan obat apa dokter

    ReplyDelete
  24. Halo dr.susie sy april umur 24th.
    Gini dok pasangan sy sekitar 4bln yg lalu prnh jajan dluar tp dy blg cm sekali dan pke kondom. Sktr 2 mgu ini sy ngerasa di daerah labia minora sy ada semacam kutil Kecil2 tp banyak dan tumbuh memanjang kebawah smpe ke liang vagina bagian luar.kutil ini g keras ga sakit ga gatal ga keliatan jg klo labia minora g dbuka lebar dok. sblmnya sy ud berobat ke spkk dan dblg sy harus di kauter dgn biaya sekitar sejutaan. Sy kmren lupa mnta obat podovilin atau TCA ke dr.nya, siapa tau aja bisa sembuh tanpa hrs dkauter. Selain krn biaya mahal sy jg takut dkauter dok krn ktnya sakit sekali.
    Sy hrs gmn nih dok?
    1. Klo sy bli podovilin di apotik tnp resep dokter bs g dok?
    2. Apa kauter bisa bikin kondiloma sembuh total dok? Klo sy dan pasangan sy sama2 berobat apa kondiloma bisa muncul lg nnti suatu saat dok?
    3. Ada g vaksin2 yg bisa bikin kondiloma g muncul lg dok dan bysanya brp biaya vaksin itu dok?

    Maaf dok tlg djwb ya dok..terima kasih dok sebelumnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Podofilin dioleskan oleh dokter..gak dijual bebas
      Gak bisa dijamin sembuh total, krn memang kutil sering kambuh
      Vaksinasi yg tersedia bersifat pencegahan infeksi baru..gak bisa ngobatin kutil yg udh ada

      Delete
    2. Dok sy april,
      Klo nanti setelah di kauter sy berhubungan lg dgn pasangan sy tp pke kondom, apa kutilnya bs muncul lg?
      klo tidak, apa yg bs menyebabkan kutil itu kambuh lg dok slain krn daya tubuh menurun??

      Delete
    3. Dok ini sy april lg,
      Dok ud 3hr ini kutilnya sy oles pke albothyl dan tryta kutilnya jd kempes dan kering. Tp msh ada bbrpa yg bandel. Dok ini klo sy konsulkan ke sp.og bs dok? Soalnya sy mw papsmear sklian vaksin gardasil, klo di spog bisa kauter jg kan dok?
      Kira2 brp ya dok vaksin gardasil itu?
      Soalnya sy takut biayanya overbudget

      Delete
    4. Pake metode apa pun, risiko kambuh tetap Ada... Krn gak bisa membasmi semua virus, terutama virus yg belum menimbulkan gejala namun sudah Ada di kulit

      Delete
    5. Kira2 1 juta per suntikan.. Perlu 3 x

      Delete
  25. halo dok nama saya ninta, perempuan 21 tahun
    begini dok dulu saya pernah mencabut bulu kemaluan saya, dan setelah saya mencabut nya bagian itu menjadi sakit dan muncul seperi jerawat kecil dok,awalnya sih tidak saya perhatikan karna saya pikir akan hilang sendirinya, tapi dok sekarang setelah beberapa tahun gundukan jerawat itu walaupun tidak terasa sakit tapi itu terus memnjang dan menjadi seperti gundukan daging berwarna hitam dok, kira-kira kenapa ya dok, dan bisa dihilangkan gak ya dok, terimakasih sebelum nya ya dok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin kista atherom ya...coba ke dokter kulit ya..Biar jelas

      Delete

Sebutkan nama terlebih dahulu, bila ingin mendapatkan respons...thank you.. Tanpa nama akan langsung saya hapus ya......

Note: Only a member of this blog may post a comment.