Halo semua rekan yang tertarik dengan kesehatan kulit, semoga artikelnya berguna... Ditunggu selalu komentar dan inputnya... Khusus untuk intermezzo, adalah pengalaman unik selama praktek yang menurut saya cukup menarik untuk dishare... Happy reading...

Thursday, May 24, 2012

Kulit tetap OK selama kehamilan.....


Masa kehamilan adalah masa penantian yang menyenangkan sekaligus mendebarkan bagi calon orang tua. Selama periode 9 bulan ini, tubuh perempuan akan terus menerus beradaptasi untuk memberikan yang terbaik bagi bayi yang dikandungnya. Beberapa perubahan tersebut ternyata memberikan dampak kurang mengenakkan dari segi estetis, yang didominasi oleh perubahan pada kulit.


Selama masa kehamilan, terjadi perubahan-perubahan pada tubuh wanita. Perubahan hormonal paling bertanggungjawab terhadap hal ini. Sebagian perubahan bersifat temporer dan dapat dihilangkan, namun sayangnya sebagian lagi tidak. Sangatlah bijaksana melakukan tindakan pencegahan untuk mengurangi risiko problem kulit yang tak diinginkan, agar selama kehamilan dan usai persalinan kulit tetap sehat dan cantik.

Beberapa perubahan selama kehamilan dan tindakan preventifnya:

  1. Gangguan pigmentasi
Paling mengganggu bila terjadi pada wajah, disebut juga mask of pregnancy. Kulit wajah (terutama pipi dan dahi) dan area lipatan tampak lebih gelap.
Pencegahan: walaupun tak membantu sepenuhnya, tetap gunakan tabir surya minimal SPF 15 setiap hari. Hindari pajanan sinar matahari berlebihan. Tetap hindari penggunaan pemutih.

  1. Stretch mark
Terjadi pada perut, paha atas dan pinggul berupa garis-garis vertikal kemerahan, menyerupai kulit pecah, kelamaan menjadi lebih putih dari kulit sekitar. Dapat disertai gatal.
Pencegahan: paling penting adalah hindari pertambahan berat badan berlebihan yang terlalu cepat. Penggunaan krim pelembab dengan efek anti stretchmark dapat dicoba sejak awal kehamilan.

  1. Kulit kering dan gatal
Kulit badan cenderung lebih kering saat kehamilan, akhirnya akan menimbulkan rasa gatal. Rasa gatal akan memicu garukan, sehingga dapat menimbulkan bekas kehitaman.
Pencegahan: gunakan pelembab secara teratur, gunakan sabun lembut dengan kandungan moisturizer yang tinggi dan kurangi penggunaan air hangat saat mandi. Guntinglah kuku dengan rapi agar tak melukai bila sampai menggaruk.

  1. Wajah dan kulit kepala lebih berminyak
Hormon progesteron menyebabkan produksi minyak wajah dan kulit kepala menjadi lebih banyak. Hal ini menyebabkan risiko jerawat (terlepas dari jenis kelamin anak), dan risiko ketombe menjadi lebih tinggi.
Pencegahan: cucilah muka dengan frekuensi sedikit lebih sering dari biasanya, namun jangan terlampau sering yang menyebabkan wajah terlalu kering. Penggunaan shampoo antiketombe juga dapat membantu bila digunakan secara teratur.

  1. Varises
Peningkatan aliran darah memicu pelebaran pembuluh darah balik, terutama pada tungkai. Terlihat sebagai “urat” di area betis berwarna kebiruan yang berkelok-kelok. Dapat disertai nyeri.
Pencegahan: jangan berdiri/duduk terlalu lama, hindari peningkatan berat badan berlebihan, olahraga berjalan kaki secara teratur serta gunakan stocking antivarises (terutama bila anda cenderung mengalami varises)

Semoga tulisan ini membantu dan selamat menjadi ibu!

25 comments:

  1. pagi dok, OOT dr thread yg di atas ya.
    nama saya rizky.

    saya mau nanya dok, hidung saya tumbuh bnyk jerawat, dan itu besar2, sakit bila tersentuh, dan ada bbrpa jerawat yg dr dulu dulu ga kunjung hilang (jd kaya bekas jerawat sisa gtu, dipencet ga sakit, tp kaya jerawat)..
    saya suka parno, klo ada jerawat mulai muncul di bagian hidung, tkt jd "jerawat sisa".. gmna ya dok untuk ngilangin dan mencegah pembentukan jerawat sisa?

    hmm, biasanya klo pake AG2 dr erha, cpt, tp ini kaya ga berefek gitu. ada solusi ga dok pake obat apa?
    last, knp ya cm bagian idung yg bner2 berimbas jerawat expert? :'( ..

    makasih dok. dibls ya. maap curhat huhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. OOT itu maksudnya apa ya? :)
      Mksdnya jerawat sisa tuh yg agak keras ya?
      AG2 skg memang ringan... Gak kayak dulu... Yg kuat itu AST
      Hidung area minyak jadi rentan jerawat

      Delete
  2. rizky again.
    OOT = out of topic.

    iya, agak keras, tp ya itu dia, di dlm jerawat kaya ga ada apa2 gitu -.-" .. klo ga slh, tmn saya blm itu millium. hmm..

    ooh AST ya dok skrg. i see. maacih dokter.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya biasanya debris (sisa jerawat) atau millium... sebaiknya dikelaurin biar gak jadi membesar lagi...

      Delete
    2. from : sinta

      dok, suplemen seloxy aa bolehkah dikonsumsi busui? baby now 11m..
      oia, produk erha acne care lab jg, bolehkah dipakai o/ ibu menyusui?
      makasiii dok

      Delete
    3. Boleh utk supplement.... Klo jerawat, cuma totol di jerawat Aja ya

      Delete
    4. from : sinta

      makasii dok reply-nya...
      produk erha acne care lab yg dipakai saat ini cleanser scrub dok. boleh kan ya dok?
      toner acne care lab boleh jg kah?
      thx so much dok :-)

      Delete
  3. Dari: fanie

    Dok, mau nanya, kl AST itu amankah utk dipake slama kehamilan?
    Makasi dok...

    ReplyDelete
    Replies
    1. From: fanie

      Thank you dok utk jawabannya....

      Delete
  4. Halo dok,nama sy natalia

    Skrg ini sy sedang hamil anak ke2,umur sy 25thn. Kulit sy belang di bagian lengan dan paha. Dulu jg sy pernah mengalaminya,tp kembali normal. Koq sekarang ga balik normal yah dok? Apakah krn pengaruh hamil atau karena umur? Apakah setelah melahirkan,kulit sy bisa kembali normal dok? Makasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kehamilan sering membuat beberapa area tubuh lebih gelap krn pengaruh hormon...mslh kembali normal atau tidak, memang sulit diprediksi...makin nambah umur, makin susah hilang... :(

      Delete
  5. Dari: Diana Andri Astutik,
    Wahh bagus bgt blognya dokter.jarang bgt ada spkk seperti anda yg berbagi waktu berbagi pengetahuan seputar kulit&kelamin.
    Saya selama ini menggunakan krim dokter dr klinik kecantikan L*c.problem kulit sy adalah kusem,warna kulit yg tdk merata(pake jilbab)& flek d kedua pipi saya yg membentuk 2 garis miring#seperti indiana jones#
    Setelah memakai krim l*c slama 6bln flek sy hilang.lalu sy coba pake skincare yg ada d pasaran (loreal).ehh malah flek sy muncul lg&tambah parah muka warnanya jg merah item ga jelas warnanya,kayak gosong gitu warnanya#sampe maluuuu jln saja mpe nunduk saya#
    lalu saya balik lg pake l*c&skrg kulit sy kinclong lg.saya bingung mau sampe kpn sy hrs pake krim dktr?saya ingin pake skincare yg ada d pasaran seperti wanita pada umumnya.namun saya jg ingin flek hitam sy hilang.mohon sarannya bagaimana cara saya melepas penggunaan krim dokter itu.apakah sy meminta dosis yg paling rendah saja?apakah dg proses tappering?ada yg bilang tapperingnya pake glycore 10,bisa ga dokter?ato bagaimana dokter?trimakasih atas waktunya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Knp mesti takut pake krim dokter utk jangka panjang? Selama gak Ada steroidnya, aman kok.... Semua dokternya juga pake khan.... Terutama tretinoin, bagus, krn fungsinya antiaging....
      Klo masalah tap off, mesti ditanyakan ke dokter yg ngasih obat, spy di sesuaikan dgn krim yg diberikan...lgpula tiap dokter beda lho....

      Delete
  6. Halo dokter! Nama saya febi, saat ini sedang hamil 8 minggu. Dok, apakah cream amg3, af1 dan ag2 aman digunakan saat hamil? Thank you dokter :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aman klo jangka pendek.... Konsultasi lagi ama dokter kamu ya

      Delete
  7. Halo dokter, saya rahma, fuladic dan inflacort aman tidak ya buat ibu hamil..? Saya cari di internet referensinya sedikit sekali.
    Terima Kasih dokter :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo perlu boleh Aja digunakan.... Tapi tetap jangan jangka panjang...

      Delete
  8. halo dok, nama saya hani

    kalo selama hamil kan dilarang minum obat yg ada tretinoinnya..
    nah, kalo di spot2 yg ada jerawatnya saya oles tretinoin yg 0.025 % gt msh bole g ya dok? makasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buat apa? Tujuannya apa? Saya sih tetap gak nganjurin...

      Delete
  9. Selamat Malam Dokter.. Nama saya Noura umur 36 th..tulisan dokter tentang kehamilan dan kulit bermanfaat skali dok...

    Sekarang sy sdang hamil anak ke 2 dok, usia kandungan 5 minggu. Sblm saya tau hamil, saya ke klinik erha kira2 10 hari yg lalu.krna ada jrwat batu yg tumbuh agak lmyn diwajah, dan jrwat kecil2 di pinggir2 wajah (di pinggir pipi) dan diskitaran mulut yg cukup byk.

    Saat konsul saya dikasih cream :
    Pagi : acsbp+at 0,5+amg3+af4+ast utk totol jerawat.
    Malam : aftss dan ast utk jrwat.
    Obat mnm :kapsul kayanya racikan, di resepnya : dozicor caps,zinc caps,mf caps dtd,s doxy plus

    Stelah 10 hari, jrwat batu mngempes tp kl dipegang msh keras sprti komedo keras, dan coklat2 gitu.serta mash ada tumbuh jerawat batu 1 buah.
    Jerwat kecil 2 sudah mndingan dok.
    Di hari ke10 itu sy baru tahu bhwa sy hamil, jd saya hentikan obat minum dan bsoknya lgsg konsul ke klinik erha (tp dokternya bukan yg pertama, krna dokter pertama ngga praktek).

    Beliau blg toner dihentikan, lalu creamnya jadi :
    Pagi : sabun erha1++amg3+af2+amg2 utk totol jerawat.
    Malam : aftss dan amg2 utk jrwat.

    Pertanyaan saya Dok:
    1. Apakah cream pertama yg saya dapat kecuali Toner smua aman utk Bumil? Krna saya sudah terlanjur pakai sblmnya, dan pas konsul dg dokter ke 2 lupa tanya..

    2. Obat mnm nya amankah utk bumil Dok? Krna saya sdh hentikan, jd ngga tanya juga ama dokternya :(

    3. Apakah cream2 yg baru sudah aman utk bumil Dok? Dan apakah fungsinya sama dgn cream2 pertama? Ast dan Amg2 bedanya apa Dok? Mana yg cnderung utk jrwat batu dan mana yg utk jrwat kecil2?lalu apakah bs jg berfungsi utk bkas2 jrwatnya? Ast nya jika saya pakai lg aman ngga Dok?

    4, Seharusnya saya acne peeling bha di minggu ke2 Dok,mnrut dokter bagaimana? Saya msh ada jrwat batu muncul kmrn Dok..

    5. Apakah cream2 yg diberikan aman utk jangka wkt lama dok? Kulit muka sy skrg sperti ketarik2 gitu dan kering , apakah normal? Dan apakah itu akan menghilang?

    Dokterr, terima kasih banyak ya mau menyimak pertanyaan saya yg banyaak .. Maaf ya Dok, agak ngeri soalnya kondisi ibu hamil, jd lebih worry...
    Ditunggu jawabannya ya dok...
    Ditunggu juga tulisan tentang "kehamilan dan penyakit2 kulit yg mgkn akan diderita ibu hamil" kok jad request yaa, sorry Dok, terlalu smangat, thks Dok and GBU always.......

    ReplyDelete
    Replies
    1. Obat minum gak boleh buat hamil... Tapi biasanya klo diminum di kehamilan awal banget sih gak terlalu berpengaruh...
      Hampir semua obat jerawat aman, tapi biasanya saya gak pernah pake amg3 utk jangka panjang... Tapi semua obat jerawat pasti memberikan efek kering
      Jangan mikirin bekas klo lagi hamil
      Pemberian krim tiap dokter bisa beda, tergantung kesukaan Dan pengalaman masing2 dokter.

      Delete
  10. Sore Dokter, ini Noura lagi..

    Thks jawabannya Dok..saya sdh tdk mnm obat dan toner ngga dipake lagi.
    Acs bp nya sy masih pake dok, apakah aman? Krna mngandung benzoil peroksida, sy dengar ngga aman,tp ngga tau kompoisinya seperti apa yg tdk aman. Ast dan af4 jg sy masih pakai dok, aman kan? Amg3 sudah dipakai skitar hampir sbulan brarti Dok, saya kontrol lg juli 15, apakah terlalu lama? Mngingat sbaiknya tdk dipakai jangka panjang?atw saya majukan wkt kontrolnya dok?

    Τнänκчöü Dokter, maaf kl mnurut dokter agak berlebihan pertanyaannya, soalnya agak was2 hamil diusia ini dok, jadi kaya anak pertama aja, soalnya anak sy yg pertama umur 8 th..

    Gbu Dok..

    ReplyDelete

Sebutkan nama terlebih dahulu, bila ingin mendapatkan respons...thank you.. Tanpa nama akan langsung saya hapus ya......

Note: Only a member of this blog may post a comment.