Halo semua rekan yang tertarik dengan kesehatan kulit, semoga artikelnya berguna... Ditunggu selalu komentar dan inputnya... Khusus untuk intermezzo, adalah pengalaman unik selama praktek yang menurut saya cukup menarik untuk dishare... Happy reading...

Monday, May 21, 2012

Tobaaaaat...kenapa sih susah diminta nulis nama?

Toloooonggg... 
Kenapa sih orang tuh mau bertanya tapi gak ngikutin aturan... pusing dech...
Sekarang gak pake ampun..gak ada nama langsung delete... SORRY!

122 comments:

  1. hi, Bu dokter.
    Saya Silvie..
    mau tanya tentang demoroller boleh ya Dok :)
    Kebetulan sejak SMP saya mengalami jerawatan yang parah
    Nah baru pas zaman kuliah, jerawat itu pada menghilang
    Selama masa jerawatan itu, saya down, jadi kalo ngaca, suka saya pencet2in d tu jerawat2 bandel
    hehe...
    then now, kenang2an masa lalu ya berupa bekas dan lobang2 di muka akibat tu jearawat2
    kebetulan saya baru tau mengenai demoroller now
    mau tanya demoroller ada efek samping ya ga, Dok?
    Apakah luka2 itu pasti hilang sempurna?
    akan kelihatan hasilnya setelah treatment yang ke berapa?
    Terimakasih DOk... Maaf ya nanyanya dah kayak ngerampok alias banyak banget
    wkkkk
    Thanks Bu Dokter :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo silvie... scar yg terbentuk tidak bisa hilang sempurna ya.. dengan metode apapun yg tersedia saat ini... bisa perbaikan... tapi gak bisa pulih 100%... Perlu treatment 4-6 kali... Hasil tergantung individual

      Delete
  2. Dok, sy Yenny mau tanya tuk alamat praktek dokter & jadwalnya dimana aja?
    Utk biayanya kira2 brp setiap konsultasi?
    Apa ada facialnya juga?
    Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. RS Pondok Indah --> Puri Indah (telp 25 695 222) dan Pondok Indah (765 75 25)
      Erha Clinic Kemanggisan (telp 53666070)
      Kisaran biaya konsul 175-240rb

      Delete
    2. dok, apa praktek di erha pondok indah???

      Delete
  3. Dok,saya Fina.. Saya pasien erha sby.. Bbrp bulan yg lalu,saya pernah tny k dokter mengenai kulit wajah saya yg berjerawat,dan merah.. Puji Tuhan skr kulit wajah saya sdh membaik.. Saya rajin menggunakan obat2 yg diberikan,dan saya telah melakukan 3x laser yaitu V-beam, Vbeam rejuv, dan rejuv.. Yg skr ingin saya tanyakan,
    1. Mengapa laser yg saya lakukan berbeda smua (saya yakin berbeda krn cara+alat lasernya jg berbeda)?
    2. Tidak bahayakah utk seusia saya (24thn) melakukan laser2 trs bbrp kali?
    3. Saat ini,punggung saya justru berjerawat makin parah dok.. Jika sblmnya hanya bbrp,skr byk dan berbekas hitam2..
    Pdhl wajah sdh jrg berjerawat.. Obat apa yg dpt saya pakai? Note: hingga saat ini saya blm pernah konsultasi dgn dkter erha sby mengenai punggung..
    Mohon bantuannya ya donk.. Thanks before :) Gbu

    ReplyDelete
  4. Halo Fina... Klo mslh knp laser beda2 trus... Mending langsung Tanya ke dokternya.... Krn Belau yg melihatnya langsung kondisi kamu mestinya yg plg tahu alasannya....jerawat punggung bisa disebabkan oleh keringat berlebih.... Langsung tanyakan ke dokter erha surabaya Aja ya....

    ReplyDelete
  5. Halo dok, saya Cicil salah satu pasien dokter di erha kemanggisan. Saya minta maaf dok krn bertanya lewat blog ini krn waktu kontrol terakhir kemarin saya lupa untuk tanya ke dokter. Begini dok, wajah dan leher saya sudah lumayan jauh berbeda warnanya, lebih putih wajah saya. Sekarang saya sedang liburan semester kira2 2bulan saya tdk bs konsultasi langsung. Saya mohon saran dari dokter baiknya bagaimana? Apa saya perlu mengurangi pemakaian obatnya atau bagaimana? Mohon bantuannya dok. Terimakasih Banyak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Cicil... Kamu pake apa buat mukanya skg?

      Delete
    2. Saya pakai cream ZGplus,evalen,aft dan ast utk malam. lalu amg1 dan af4 utk pagi/siang dok.

      Delete
    3. Semua krim itu gak Ada pemutihnya sebenarnya... Tapi af4 boleh ganti sunscreen lain ya... Misalnya asg, af2

      Delete
  6. halo dokter. nama saya melisa. saya membaca artikel dokter ttg kutil kelamin. saya terkena kutil tsb bulan maret kemarin. saya obati dan sembuh. lalu kemudian kutil tersebut tumbuh lagi di bagian dalam vagina saya. di dinding vagina, dokter. saya tidak mengetahuinya dan kemudia kutil itu mulai tampak dan menutupi liang. yang saya ingin tanyakan. dimana alamat praktek dokter saat ini? dan berapa anggaran yg kira" harus saya sediakan dok? terima kasih

    ReplyDelete
  7. dokter mohon dibalas secepatnya. karena saya sangat cemas.

    melisa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo kmrn berobat sudah sembuh, coba Aja dulu dgn treatment yg sama.... Biaya bisa berbeda tergantung procedure yg dipilih

      Delete
  8. hallo dok, saya anisa.. saya ingin menanyakan mengenai kulit kepala.. saya sempat di smoothing berapa kali rambut saya, dan skrg rambut kering sekali dok dan cenderung rusak dan menjadi lebih tidak beratur dibandingkan rambut saya dulu.. dan lebih terasa lebih keriting dari pada rambut saya sebelum smoothing.. saya baru saja ingin mencoba datang ke erha clinic.. apakah kondisi rambut saya bisa diperbaiki dok? supaya terasa lebih bisa diatur dan lurus.. huhu terimakasih dok :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah gak bisa... Kamu mesti minum vitamin.... Supaya rambut yg baru tumbuh menjadi Lebih sehat... Bagian rusak tetap harus digunting....

      Delete
  9. Halo Dok,
    Saya Tian 22thn.. saya ada masalah di kepala penis saya, dan saya juga sudah sunat...

    yang saya permasalahkan adalah, ada bercak hitam di kepala penis dan dibatang, ga gatal, ga menonjol, ga perih.. itu kurang lebih 1 minggu bercak hitam itu ada... bercak hitam itu pudar, dan tidak seperti tahi lalat.. bagaimana cara menghilangkan itu dok ? apakah perlu salep atau apa gitu buat hilangin ini.. sumpah saya takut kenapa" dok..

    Terima Kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener baru 1 minggu ya? Pernah merah gak? Coba browsing penile lentiginoses...kayak gitu gak?

      Delete
  10. ya dok 1 minggu...
    pernah 1 bintik kecil kayak digigit nyamuk.. dipencet hilang, ga dipencet timbul lg...

    kalo yg dikatakan dokter penile lentiginoses itu parah bgt dok...
    ga seperti itu... tp apa bakalan seperti itu dok ?

    dan saya dikasih Mycoral Ketoconazole Crim + Tablet dok...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bekas hitam juga masih mungkin... Penile lentiginoses bisa mulai Dari yg Samar sampai berat

      Delete
    2. tapi bercak hitam nya sampai ke kulit² donk...
      kata org sih, tahi lalat mati... kalo tahi lalat hidup kan nonjol dok... katanya akibat kebanyakan makan daging.. bnr dok ?
      trs sodara saya ada yg serupa donk.. tau² muncul bercak hitam itu dok..

      tp ini kenapa muncul di kepala + dibatang penis saya dok... apa yg mesti saya lakukan dok ?

      Delete
    3. Ke dokter kulit Dan kelamin terdekat Aja...Biar pasti penyakitnya ya

      Delete
  11. dok, nama saya yanti

    buat menghilangkan bekas jerawat yang merah dan hitam, treatment yang terbaik apa ya dok, peeling, derma roller, laser atau apa ya dok?

    plus minus laser ada gak?

    makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buat bekas hitam semua bisa di coba...tapi mulai dgn peeling Aja... Bekas merah seringkali perlu laser vbeam

      Delete
    2. Laser biasanya Lebih efektif..tapi Lebih mahal

      Delete
  12. halo dok, saya erna dewi dan umur saya 23 tahun.

    rencananya akhir bulan ini saya ingin coba untuk ke erha clinic karna saya ingin mengobati jerawat saya yang tak kunjung selasai ckckckck.
    apalagi kalo saya udah mau datang bulan pasti jerawatnya panen, belum juga ilang jerawatnya tp udah muncul lagi yang lain. saya mulai jerawatan itu dari SMA dan saya sudah perna berobat ke salah satu RS namun tidak ada perubahan dan saya mendapatkan saran dari teman untuk mencoba di erha clinic.
    yang saya ingin tanyakan adalah karna saya calon pasien baru di erha, apa saya nanti hanya sekedar konsultasi saja atau konsultasi dan di lanjutkan dengan pengobatan?

    makasii dok :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya sih konsultasi dulu... Perlu tidaknya tindakan baru diketahui setelah pemeriksaan yaa....

      Delete
    2. dok saya sudah menjadi pasien erha kemanggisan sejak 3 bulan yang lalu dan nanti saya konsultasi yang ke 4 kalinya. yang saya mau tanyakan apa yang bisa saya lakukan untuk mencegah timbulnya jerawat ketika saat datang bulan karena jerawat saya muncul ketika datanga bulan sehingga untuk fase mematikan jerawatnya aga lama di karenakan jerawat yang muncul itu dok. dan mohon infonya kalau peeling itu maksudnya apa iya dan fungsinya untuk apa?

      Delete
    3. Pengaruh hormon gak bisa 100 % hilang... Jadi klo muncul 1-2 jerawat sih biasa...
      Peeling itu pengelupasan...

      Delete
    4. dok saya krim malamnya pakai AMG6 + AG2 dan saya baru pakai 1 hari. saya pakai di malam hari tp besok paginya kulit muka saya jadi aga kasar gitu dok, kaya biang kringet gitu, sebelumnya saya pakai AMG2 + AG2 dan itu tidak kenapa kenapa, itu kenapa iya dok kira kira? apa saya teruskan aja pakai AMG6 + AG2 nya atau gimana dok lebih baiknya?

      Delete
    5. Stop Aja...trus balik ke dokter kamu lagi

      Delete
  13. Hallo Dokter nama saya Dony.Saya Ada pertanyaan Di Batangan Penis Dan Bagian Bulatan Penis saya ada Beberapa Bintik Hitam Seperti tahi lalat Ada 3 Kelihatan dan 3 Mau Timbul.Apakah Itu Dokter?apakah Berbahaya.Apa yang harus saya lakukan.Apa Menular.jarak Satu Sama Lain Berjauhan dan semuanya berada di Sebelah Kiri Batangan Penis Saya.tolong jawabanya.Terima Kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menonjol atau tidak ya? Klo menonjol, bisa Aja kutil... Klo gak menonjol bisa lentiginoses

      Delete
  14. Selamat Sore Dokter Susie. Nama saya Nazarius, belum lama ini saya diperkenalkan dengan suatu alat yang berfungsi untuk mengubah partikel air menjadi ukuran nano. Nama alatnya nano spray, Dokter dapat melihat info lengkapnya di http://zonabeli.com/obat-jerawat/507-mgi-nano-spray.html - Saya berpikir alat ini dapat membantu penyerapan cream lebih maksimal atau dapat digunakan untuk penggunaan serum vitamin agar serumnya dapat meresap ke dalam kulit.

    Yang ingin saya tanyakan adalah saya berniat untuk memperkenalkan alat ini ke dokter2 kulit dan mengajak bekerja sama mereka. Bisakah saya langsung datang ke klinik untuk bertemu dengan Dokternya? dan menurut Dokter Susie apakah alat ini dapat membantu?

    Terima kasih sebelumnya atas waktunya Dokter. Saya sangat berharap Dokter dapat menjawab pertanyaan saya ini. Saya tunggu jawabannya ya Dok.

    Nazarius

    ReplyDelete
    Replies
    1. Langsung Aja ke klinik... Klo saya sementara belum berminat ya

      Delete
    2. Makasih ya Dokter atas jawabannya..

      Delete
  15. Halo dokter saya rosa,
    Saya punya masalah bekas jerawat yg lumayan bikin puyeng :(
    Bekas merah n kehitaman,kulit wajah bolong2 kecil, pipi ki-ka ada spider vein, sama hidung saya prmukaan ny tidak rata (kaya benjol sana sini).Perawatan yg cocok apa y dok?Selain laser kalo bisa dok.Boleh minta jadwal praktek dokter & kisaran biaya nya :).
    Oiya, saya juga ada bakat keloid kaya ny dok.Abis luka jatuh waktu kecil masih membekas "njendol" mpe sekarang.
    Maap dok banyak nanya^^.Terim kasih Dok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah ribet... Mesti terapi macam2... Utk spider vein pasti harus laser... Hidung hyperplasia debase juga harus laser... Lasernya beda jenis lagi...klo lubang bia coba TCA cross... Atau coba co2 fractional...

      Delete
    2. Hufff ribet y dok.Jadi bingung kudu mulai yg mana dulu.Di RS Puri bisa laser co2 fractional juga dok?Trims.

      Delete
    3. Gak bisa.... Coba baca dulu tentang terapi TCA CROSS

      Delete
  16. Halo dok, saya Rosa.
    Wajah saya banyak bekas jerawat.Kadang hitam atau merah.Lalu agak bolong2 juga.Permukaan hidung saya agak benjol sana sini/g rata (kenapa y DOk?).Perawatan untuk saya yang cocok apa y Dok?Saya juga ada bakat keloid.Saya tertarik sama dermalpunch (baca artikel di blog ini).Bisa minta jadwal praktek dokter.

    Terima kasih sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. RSPI puri indah Dan pondok indah.... Ke website ya Aja ya utk liat jadwal... Atau ke erha clinic kemanggisan

      Delete
  17. Halo dokter,
    Saya pasien di erha banjarmasin dengan keluhan wajah berjerawat, komedoan dan skar berlubang,tapi udah 2 bulan lebih ini udah ga konsul sama berobat kesana karena ga ada waktu..saya sempat pake cuma sebulan. sebagai gantinya saya pake vitacid 0,05%, mediklin dan sunblock untuk pagi hari. udah 2 bulan 2 minggu masih seperti ini, kira-kira sampai kapan ya dok sembuhnya?pengobatan saya pake vitacid dsb itu udah benar ga dok?benar ga katanya nanti ketika jerawatnya udah kering pake vitacid yang 1% skarnya bisa hilang?apa saya harus ke dokter lagi untuk menghilangkan bekasnya,di erha bisa?treatment apa aja yang ada yang ga terlalu mahal?buat info saya ada bakat keloid dok.makasih ya dok, maaf nanyanya kebanyakan :).

    ReplyDelete
  18. dok ketinggalan kayanya ada milia jg deh di wajah saya, apa pake tretinoin/ vitacid itu bisa sembuh?dijawab ya dok, udah putus asa nih..makasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo jerawat masih gede... Biasanya pemakaian tretinoin di tunda sih... Jadi harus fokus ngobatin jerawat dulu... Milia dilema...Ada yg hilang dgn tretinoin, Ada yg nambah banyak dgn tretinoin...
      Ke dokter supaya evaluasinya tepat..jadi gak keliru pakai krim

      Delete
  19. Selamat siang dok, saya lrma, di wajah saya ada spider vein dan flek hitam di bawah mata. Apakah dg laser v beam keduanya bisa di atasi? Dan apakah efek laser v beam? Oh ya maaf satu lg, apakah bekas luka yg hitam dan tlh lama bs hilang? Terima kasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya bisa... Cuma klo di erha biasanya utk flek pakai laser ndyag... Vbeam untuk pembuluh darah

      Delete
  20. Halo, Dok.. saya Lia.
    saya salah satu pasien di erha Central Park.
    sudah 2bulan saya ke erha central park. dan jerawat saya berkurang sekarang. tapi saya mempunyai scar di pipi kanan dan kiri. di erha central park tidak menyediakan tindakan perawatan kulit, hanya bisa konsultasi dan mendapatkan krim. yang ingin saya tanyakan.. perawatan apa yang terbaik (di erha kemanggisan) untuk mengatasi scar/bopeng pada pipi saya? dan berapa kisaran biayanya? usia saya 18tahun. Terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pilihannya dermaroller, Fraxel Dan smartxide..... Tanya ke dokter kamu perlunya apa...minta beliau kasih pengantar tindakan... Dokter yg merawat Dan melihatnya langsung kondisi kulit kamu yg tentu paling tahu treatment terbaik ya...

      Delete
    2. diantara dermaroller, fraxel, dan smartxide.. perawatan manakah yg harganya paling murah?
      #mengingat saya seorang mahasiswa..
      hehehe.. terimakasih Dokter.
      Lia.

      Delete
    3. Dermaroller yg paling murah untuk hitungan perkalinya....

      Delete
  21. Halo Dok, saya rara...
    saya ingin bertanya. biaya untuk operasi pengangkatan kutil di tempat dokter praktik berapa ya? kutilnya kecil sekali berada di jari. mohon jawabannya. terima kasih dok....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pake kauter ya.... Kayaknya 300-500 dech...

      Delete
    2. Bisa juga pakai cryotherapy..sekitar 200

      Delete
  22. dok nama saya dana umur 15 tahun
    muka saya punya scar ada yang dalem ada juga yang gak.. kira" orang seumuran saya ini bisa ga di treatment menggunakan laser fraxel kalau bisa.. harga paket nya brapa dok yang buat 5x treatment ?
    kalau tidak harga derma roller brapa per treatment nya dok ? Thx before

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh dicoba.... Tapi sebaiknya coba krim dulu... Fraxel dihitung per treatment...gak Ada paket... Dermaroller di erha hitungan paket... Tergantung luas yg Akan di roller...

      Delete
  23. Halo dok, Nama saya Stephanie dan saya pasien erha kelapa gading.
    Saya mau tanya, saya akhir2 ini sering minum vit C esterC, tapi saya merasa semenjak saya sering minum vit C, muka saya jadi jerawatan.. Apakah vit C bisa bikin muka jerawatan? Jenis muka saya oily. Saya stress banget dengan jerawat saya :'(
    Mohon bantuannya dok. Thanks before :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe mestinya sih ngak... Vit E bisa bikin jerawatan, biasanya vit C gak. Coba stop Aja vit C Nya...trus ketemu ama dokter kamu di kelapa gading ya....

      Delete
  24. Halo Dok..
    Nama Saya Vanny...

    Jika memilki keluhan tyerhadap pori pori besar dan bekas jerawat yang bopeng
    tindakaan apa yang paling efektif dok untuk menghilangkannya?
    Kulit saya berminyak sekali.
    Jika melakukan dermaroller, apakah bisa hilang bopengnya?

    Dok kalau saya mau minum vitamin untk kulit seperti nourish skin apakah boleh unmtuk kulit muka yang agak gampang berjerawat sepeerti saya?

    Thanks dok.. ^^
    Ditunggu jawabannya ^&^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dermaroller bisa dicoba untuk kulit bopeng...tapi klo kulit berminyak sulit ya... Coba baca tentang botox intradermal for oily skin and enlarged pore...
      Saya biasanya me minta pasien menghentikan vitamin E saat berjerawat.

      Delete
    2. Dari: fanie

      Botox dok? Bukannya ada bbrp yg blg kl skrg botox tu dah ga boleh ya? Krn bisa mematikan syaraf gt?

      Delete
    3. Waah siapa bilang... botox banyak dipakai untuk menghilangkan kerutan, kekakuan otot, tic movement, dll... melemahkan otot, gak permanen, sesuai kebutuhan...

      Delete
  25. Mona
    Halo dok, Warna kulit badan saya itu tidak rata. Warna kulit daerah bagian depan (wajah, leher depan, dada dll) itu cerah, sedangkan kulit bagian belakang (punggug, dll) itu rada gelap. Saya mau coba light peeling. Itu kira2 membantu gak ya dok? Atau ada treatment yg lebih tepat selain peeling? Kalau boleh tahu peeling tangan, kaki dan punggung di erha berapa ya dok? thanks b4 ya bu dokter.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ooo baru pernah denger.... Coba krim pelembab dengan kandungan pemutih ringan dulu di erha...klo gak membaik boleh coba peeling.... Harganya kalo gak salah sama dengan peeling muka dikali 4... Sekitar 1 juta kayaknya..coba langsung Tanya erha ya...Soalnya Ada dokter yang khusus menangani peelng

      Delete
  26. dok, saya amin,25 tahun,M, di bintaro.. kalo bekas scabies menghitam yang terlalu banyak.. terutama di paha, selangkangan, lipatan belakang lutut, ketiak itu cara menghilangkannya dengan apa? pernah dikasi obat salep bentuknya tube kecil.. tp kan ga mengcover luasnya bekas2 hitam yg ada dok dipake.. ad solusi laen?

    trimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba pemutih yang mengandung hidrokuinon 2% dulu ya... cuma memang perlu waktu...biasa akan hilang sendiri bisa 6 bulanan

      Delete
  27. Dok saya orin 22th,, uda 2 th saya ga ke erha dulu saya erha di mall PP,, saya selingkuh sana sini,, karna (aduh mahalnya yah..mklum dlu mhasiswa,hehe...) Nah smnjak itu saya pindah2 klinik kecantikan alhasil timbul jerawat dn muka jadi kombinasi.. Apalgi akhir2 ini sering maen ke pantai,, alhasil mukaku jadi kusem.. :(,, dok saya mau ke erha kemanggisan.. Tapi saya ga tau jadwal dr hari apa aja,, boleh tau gak jadwalnya dr kpan? Biar saya bisa persiapan kesana.. Makasiih :)

    ReplyDelete
  28. Malam Dok, nama saya Agnes umur 29th saya pasien dokter sejak tahun 2009-2010. dulu muka saya tidak terlalu berjerawat setelah saya menjadi pasien dokter muka saya mulus dan kinclong. awal tahun 2011 saya pindah kantor ke karawaci dan tidak sempat ke kemanggisan akhirnya saya berobat ke erha puri indah dengan dokter andreas & dokter lina tidak ada perubahan pd jerawat di sekitar muka dan dahi.

    tahun 2012 saya ke RS.Puri karena tau dokter praktek disana mencoba mengulang kesuksesan mulusnya wajah saya tp di rs. puri hanya dapat obat-obatan standard yang hasilnya tidak terlalu memuaskan.

    yang jadi pertanyaan saya :

    1. apakah dengan bertambahnya umur dan berat badan maka kondisi muka saya berubah dari yang tidak terlalu berjerawat jadi yang mudah jerawatan.
    2. kenapa dokter2 yang lain tidak memberikan hasil yang memuaskan/ tidak cocok padahal berasal dari institusi yang sama.
    3. saya ada rencana konsul dengan dokter di rs.puri tapi bisa atau tidak ya kalau diberikan resep RH (atau resep lain yang kiranya lebih manjur), mengingat setelah jam kerja lbh memungkinkan jarak karawaci - puri indah.

    Terima kasih dok atas waktunya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Penyebab jerawat macam2.... Stress, hormon, makanan tertentu...makin nambah umur penyembuhan Lebih sulit
      Di erha, dokter dikasih kebebasan kok.... Semua dokter punya pendekatannya masing2...
      Boleh Aja pake obat erha kok...

      Delete
  29. brian
    dok,sy pake erha sebulan,resep AM,ASCP5,ASG,ZG2 klo ga salah...kulit sy sensitif & berkomedo kusam,skrg udah agak lmyn...mo tanya klo warna kulit muka & leher kbwh biar sama gimana,dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Minta aja krim leher ama dokternya klo kamu berobat lagi ya

      Delete
  30. Dok, nama saya hana. Yg saya mau tanyakan, kalo laser di erha berapaan yah dok, saya takut kalo laser bs over budget pas bayar d kasirnya, mgkn estimasi nya dok jika berkenan ksh tau, hehehe...saya sih baru sekali dtg k erha dan 1 bln memakai erha, tp mengingat saya mau menikah bln 8 nanti, dokternya blg saya hrs laser (sy tdk tahu tipe tindakan laser nya yg mana) u/ kunjungan kedua kalinya,(keluhan awal sy komedo, dan pori2 besar) tp sy kesulitan berkomunikasi dg dokter tsb krna tdk ad open blog spt dokter, trims sblmnya dok :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh susah juga jawabnya....krn harus tau mau laser apa? Klo photo rejuvenation sekitar 2 juta.... Tapi banyak yang lain sesuai tujuannya....

      Delete
  31. Dok, nama saya ine sy ke klinik erha sudah setahun yg lalu..awal2 sy dikasi amg1,2,3 dst dgn obat malam tdk masalah..namun 3 bulan yg lalu muka sy mulai berjerawat dan bruntusan merah semua obat amg1,2 mlh menjd bruntusan dan nanti akan jd jerawat. hanya bisa amg3 saja menjd mulus kembali tetapi kata dokter di erha tdk bisa terus menerus lbh dr sbln menggunakan amg3. kemudian pd mlm hari diberikan obat jerawat ast yg ditotolkan tetapi besok paginya menjd tmbh merah dan besar jerawatnya,apakah terapinya spt itu?ini knp ya dok?mohon sarannya sekali krn muka sy dulu mulus malah jd berjerawat..makasih sblmnya:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Penyebab jerawat macam2...stress, gangguan hormonal masih mungkin...
      AMG3 memang gak boleh jangka panjang
      klo gak bisa AST, biasanya dokter akan memberikan yang lebih ringan
      Langsung tanya aja ya ke dokter kamu ya.. tiap dokter punya pertimbangan sendiri dalam pemberian obat

      Delete
  32. Dok, nama saya adi, saya mau tanya kemaren saya di suru buat v beam di erha. nah yang saya mau tnya itu v beam itu gunanya buat ngilangin red mark bekas jerawatnya saja atau juga bisa buat memperbaiki bopengnya ya?
    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terutama untuk merahnya... Klo Ada scar atrofik atau bopeng yang masih berwarna merah, biasanya lumayan naik sih...asal masih merah

      Delete
  33. Salam Dok..

    Saya Amaliyah..
    Saya berminat untuk ke erha clinic, saya mempunyai masalah kulit, ada banyak spot2 hitam bekas cacar, gatal dan alergi obat dibadan tp g dimuka.. saya ingin menghilangkanx Dok..
    Bisa g ya Dok?Terapi apa aja dan biayax kisaran berapa Dok?
    Terima kasih..
    Sukses selalu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya diberikan krim pelembab dengan kandungan pemutih Dan pencerah...
      Biaya tergantung obat yang diberikan..konsultasi sekitar 170 rb

      Delete
  34. saya iman dok..maaf dok, saya mau konsultasi saya suka merasa kesemutan pada daerah vital saya bila duduk agak lama dan terdapat bintik hitam kecil kurang lebih ada 3 buah pada kepala penis saya, memang saya punya masa lalu yg kurang baik suka berganti-ganti pasangan dalam melakukan hubungan sex...apakah saya mungkin terkena penyakit sex menular dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah masalah kesemutan, biasanya yang Lebih paham adalah dokter neurologi..
      Bintik hitam mungkin cuma tahi lalat, lentigo, bisa juga kutil...observasi dulu ya...klo makin banyak, segera berobat ke dokter terdekat ya

      Delete
  35. dok nama saya bety ... saya mau tanya dok apa laser atau elektro cauter untuk menghilangkan milia dan flek bisa menimbulkan keloid bagi yang bakat?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Risko keloid tetap ada ya...walaupun muka jarnag keloid, tapi bisa... Biasanya coba 1-2 titik dulu untuk memastikan risiko tersebut

      Delete
  36. dok, nama saya Vinny
    saya mau nanya, kulit saya belang terlalu kontras, dari tangan, muka, dan punggung kaki. sebaik nya saya harus gimana ya?
    kalo ke erha, kira" habis berapa? oya kulit saya juga sensitif, dan punya alergi amoxicillin juga..
    saya juga bingung, muka saya kadang berminyak sekali, kadang kering sekali, itu kenapa ya dok?
    terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah gak bisa dipastiin, krn penyebab macam-macam, respons perbaikan juga berbeda-beda antar pasien...
      Terlalu sering cuci muka bisa kering dan akhirnya berminyak... stress juga bikin kulit berminyak...

      Delete
    2. oya belangnya menjipak gitu dok, misal pake sepatu, ya punggung kaki nya menjipak gitu dok..
      kalo masker pake putih telur ayam kampung bisa kan? yang disimpen di kulkas aga lama.
      terima kasih dok sudah jawab pertanyaan saya.

      Delete
    3. Area yg kena jemur ya pasti Lebih gelap...
      Saya gak bisa kasih komentar tentang masker telur..gak pernah coba...

      Delete
  37. Dok. Nama Conny. anak saya umur 10thn perempuan, sudah mulai berjerawat dan komedo didaerah dahi dan hidung. Kulit muka dan kepalanya berminyak. Selama ini dia sudah rajin mencuci muka dan rambut, serta menggunakan OTC yang mengandul benzoyl peroxide 2.5%, tapi jerawatnya tidak dapat sembuh seluruhnya. Persoalan jerawat membuatnya minder. Treatment apa yg kira2 cocok utk anak umur 10th.
    Thanks atas respons dokter.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba ke erhalogy Aja...Ada beberapa krim ringan untuk jerawat yang bisa dicoba sebelum ke dokter...klo sembuh ya gak usah ke dokter.... Ada advisornya kok... Saya gak bisa kasih advice krn gak liat kondisi kulitnya...

      Delete
  38. hai dok, saya ilham dok, usia saya 17 saya sudah menyerah untuk mengobati masalah jerawat ini, mucul dr kls 2 SMP dan sampe skr sy kls 2 SMA, sy berfikir nanti SMA akn hilang, tp ternyata tidak, kalau blh tau alamat jelas dan lengkap nya yang di puri itu dmn nya yah dok ?
    mksh dok .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lha kok nyerah?
      Udah pernah berobat ke dokter kulit gak sebelumnya? Klo udah pernah berobat, masa gak Ada perbaikan?
      Saya di rumah sakit pondok indah, cabang puri indah...

      Delete
  39. Salam dok, nama saya Lina usia 29 tahun. Yang ingin saya tanyakan disini adalah tentang suntik vitamin c untuk badan dan juga obat untuk penghilang luka....saya ingin kulit badan saya mulus dan putih. Kira2 biayanya berapa untuk itu semua ya dok? Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba kamu langsung Tanya ke erha ya... Cuma di erha hanya pakai vitamin c Dan glutathione Aja ya... Kayaknya sih 300-400 ya...

      Delete
  40. Salam dok,saya Denia...apa benar kalo syringoma itu hanya bisa diilangin dengan couter/laser?..akhir2 ni saya rajin pake pmbersih dan toner di bawah mata saya..dan saya perhatikan syrngoma ny udh ga terlalu timbul,masih rada keliatan..klo pake tretinoin yang prisipnya pengelupasan kulit gmna dok?terima ksih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya.. Klo mau hilang pake laser atau kauter, tapi saya biasanya gak mau ngerjain, risiko bekas cukup besar... Biasa juga diberikan lotion yang mengandung aluminum untuk menurun khan aktifitas kelenjar keringatnya... Mestinya gak bisa pake tretinoin

      Delete
  41. hallo dok saya ellen, kalo saya ingin menanyakan tentang keputihan yang sering terjadi tiap bulan , dan seperti ada serat2 berwarna putih gading itu kenapa ya dok? keputihan nya terkadang banyak terkadang tidak, dan terkadang gatal dan tidak.bagaimana cara mengantisipasinya? kalo saya mau konsul ke dokter apakah bisa di hari weekend? terima kasih dok . mohon bantuan nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keputihan penyebabnya macam2... Bisa microorganisme, bisa stress, bisa alergi, dll.. Jadi hrs cari tau penyebabnya dulu... Hari sabtu di rspi puri indah ya

      Delete
  42. Halo dok , saya Yohanes. yang saya ingin tanyakan adalah apakah benar dengan kita pergi ke klinik kecantikan dan menggunakan cream2nya (yang mengandung kortikosteroid) akan membuat tubuh kita tidak memproduksi kortikosteroid lagi secara alami? Saya merupakan pasien dari Erha Kemanggisan dan sudah 3x berganti dokter karena menurut saya perawatan yang diberikan belum efektif. Masalah sy sbtulnya bkn pd jerawat melainkan flek2 hitam bekas jerawat. Lalu apa benar bahwa klinik kecantikan akan menyebabkan ketergantungan kulit dimana saya banyak membaca di artikel2 di internet bahwa orang yang berhenti menggunakan cream perawatan langsung dihinggapi jerawat hingg abanyak sekali. Dan apakah cream2 tersebut menyebabkan efek samping? Apa ada alternatif herbal / alami yang lebih cepat dalam mengatasi flek hitam?

    Maaf bila agak panjang. Thanks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baca postingan saya tentang ketergantungan terhadap krim... Trus seharusnya mmg gak perlu dong dikasih kortikosteroid... Bila memang diperlukan biasanya jangka pendek yg tidak berpengaruh sistemik
      Saya tidak berpengalaman dgn terapi herbal..mungkin bisa browsing ya...

      Delete
  43. hallo dok, nama saya sisca.. saya pasien erha puri indah sudah 1 bulan.. saya mempunyai kantong mata yang besar dan berwarna hitam.. dikasih cream aef, namun sudah 1 bulan pemakaian tidak mengalami perubahan sama sekali. yang ingin sy tanyakan, bagaimana mengilangkan kantong mata dan warna hitam di bagian bawah mata ? dokter praktek di rspi puri indah hari sabtu jam brp ya ?
    trm kasih sebelumnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang susah klo kantong udh terbentuk...krim lebih efektif utk pencegahan.. Paling efektif dgn filler... Sabtu j8-14

      Delete
    2. apakah ada efek sampingnya menggunakan filler? bahaya/ tidak ya dok ? trm kasih :)

      Delete
    3. Hampir gak Ada...cuma memang mahal Dan perlu pengulangan tiap 4-6 bulan..

      Delete
  44. Dear Dr Sussie..

    Nama saya Maria,
    Saya mau tanya,minggu lalu saya ke dokter erha diber obat AF1+ untuk pagi dan AMG 1
    Malam diberi AMG1 + AG2 , AFT untuk jerawat besar, Obat oral nya Roaccutane 30kapsul (20hari sehari 1, sisanya 2 hari sekali)
    setelah sebulan setengah nanti saya disuru balik,

    Kegunaan AF1+ itu untuk apa ya dok?
    Saya merasa agak perih kl habis pakai AF1+ nya tapi tidak merah. Wajar tidak?
    Muka saya mengering...
    Lalu apakah aman meminum roaccutane?

    Thanks Dok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semua buat jerawat...aman selama gak hamil.

      Delete
  45. Dokter,sy cwe berumur 23 th,sejak februari sy mengalami kerontokan rambut dan semakin hari semakin parah sampe rambut sy tipis banget skg.sy uda mencoba shampo anti loss dan tonic tapi tetap az sama.sy mo nanya apakah dokter klinik erha bisa mengatasi masalah sy,dok?soalnya sy punya riwayat sakit tiroid sebelumnya,terakhir sy chek di prodia hasilnya emang hormon kurang seimbang tetapi yang sy herankan dulu waktu tiroid sy parah rambut sy baik2 az kok.dokter,please help me

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa ke erha Aja... Seringkali kerontokan terjadi dalam kurun waktu 6 bulan setelah terjadinya penyakit lain yg parah..gak bersamaan

      Delete
  46. Halo Dokter..
    Saya Bila, usia 22 th. Di wajah saya terdapat noda hitam, tepatnya menyebar di seluruh pipi. Noda hitam mulai muncul sejak saya sd. Treatment apa yang tepat untuk saya, Dok? makasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu freckles...ke dokter ya spy dikasih krim malam

      Delete
  47. Halo dok aku niki.
    aku waktu smp nya suka jerawatan dok, dan skrg sy udh kuliah jerawatnya ilang tp bekas2nya msh ada dan itu item2 kyk flek gtu.ngebuat warna kulit aku jd nggak rata. Perawatan apa yg harus aku coba ya dok? Trmakh sblmnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba ke dokter kulit ya..biasanya Akan diberikan krim malam yang mengandung adapalene atau tretinoin...sebaiknya konsultasi dulu krn efek samping obat bisa buat iritasi

      Delete
  48. Selamat malam dokter, saya rahma pasien dari erha klp gading. Dokter saya bru mencoba erha 1.5 bulan, tp dokter knp wajah saya menjadi tambah berjerawat n bekas jerawat tsb meninggalkan noda merah2 yg membuat saya tidak percaya diri dokter, apa yg harus sya lakukan dokter trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mesti balik ke dokternya untuk evaluasi ulang ya

      Delete
  49. dok saya dewi.
    saya punya anak perumpuan baru umur 1 tahun 4 bulan. anak saya kulitnya gampang sekali luka akibat gatal di gigit serangga atau nyamuk yang di garuk dan lukanya lama sembuhnya, kulitnya juga gampang banget merah merah kalo kringetan. ada krim atau obat gk dok untuk mengatasi hal tersebut, karena saya kasihan melihat kulit anak saya yang jadi baret baret karena bekas garukannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tipe kulit begitu Akan terus vender uang sensitif terhadap gigitan serangga...yg utama pencegahan terhadap gigitannya...jadi hindari pemakaian pakaian lengan Dan celana pendek... Maaf saya tidak memberikan anjuran obat di blog ini

      Delete
    2. Maksudnya cenderung sensitif... Hehehe..ini auto correction iPad bikin bete

      Delete
  50. Dok, saya Lili. Saya punya tahi lalat di wajah ada beberapa, tapi ada satu yang agak besar di bagian pipi. Sepertinya saya punya bakat keturunan juga karena mama saya juga punya beberapa tahi lalat yang besar di wajah. Ada juga seh seperti flek2 hitam kecil yang tidak menonjol tapi saya tidak terlalu masalah dengan yg itu, karena tidak terlalu terlihat (agak samar).
    Saya ingin menghilangkan tahi lalat tersebut, kira2 ada efek sampingnya ga ya? soalnya saya takut juga karena dengar2 kalo menghilangkan tahi lalat dengan tidak benar bisa ada efek sampingnya. Apakah akan meninggalkan bekas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak..cma klo pake laser, risiko tumbuh lagi masih Ada... Bekas bisa mirip bekas cacar klo pake laser... Bisa bekas garis klo operasi biasa

      Delete
  51. dok saya yohana dari yogyakarta
    saya pakai erha selama setaun. bersih dan mulus.konsul trakhir diberi dosisnya corective cream dinaikkan jadi cc50.. setelah itu malah ada spider vein di pipi dok tapi jika dihentikan pemakaian krim spider vein terlihat samar. apakah mungkin saya tidak cocok dengan erha 5+cc50 dok?

    terimakasih dokter

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba langsung konsultasi dokternya lagi... Spy diganti obatnya...

      Delete

Sebutkan nama terlebih dahulu, bila ingin mendapatkan respons...thank you.. Tanpa nama akan langsung saya hapus ya......

Note: Only a member of this blog may post a comment.