Halo semua rekan yang tertarik dengan kesehatan kulit, semoga artikelnya berguna... Ditunggu selalu komentar dan inputnya... Khusus untuk intermezzo, adalah pengalaman unik selama praktek yang menurut saya cukup menarik untuk dishare... Happy reading...

Saturday, July 21, 2012

Jangan maksa peeling yaaaaa.....

Sebenarnya kasus pasien datang minta peeling dengan "setengah maksa" banyaaaaak banget... cuma karena baru ada kejadiannya jadi kepengen nulis dech....


Kejadiannya 5 hari yang lalu, ada bapak datang berobat ke erha clinic Kemanggisan... sebenarnya beliau adalah pasien lama, yang biasa berobat ke dokter lain (bukan ke saya maksudnya hehehe). Karena ada kesalahan di bagian administrasi dan kartu berobat juga sudah memudar, maka medical recordnya gak ketemu... padahal udah dicari-cari sampe pegel ama orang ngurusin... Eh teteup aja gak ketemu...


Saya tanya biasa pakai krim apa... eh si bapak juga gak ingat (jadi ragu... dipake gak ya???)... Terakhir beliau mengaku pakenya gak teratur sih dok... walaaaaaahhh..


Saya bilang, wah kalo gitu kita tunda aja pak...pake krim dulu yg bener minimal 2 minggu, baru peeling.... Supaya hasilnya maksimal, bukannya malah unpredictable dan risiko malah jelek.... Saya berikan surat pengantar peeling untuk 2 minggu lagi... Eh si bapak tetap maksa...


Saya sih tetap kekeuh gak mau ngasih peeling.... Trus saya bilang ke perawat, klo tetap maksa, coba ke dokter yang lain aja aaaahh... kebetulan ada 2 dokter lain yang praktek berbarengan.... Hehehe, tapi tentu aja dokter yang lain juga gak mau.... khan ilmunya sama.... hahaha


Semua tindakan (peeling, laser, IPL, roller, dll) harus dimulai dengan priming yang bener..... Maksudnya kulit tuh harus memang dalam kondisi siap mendapatkan perlakukan berbeda.... karena semua tindakan berisiko untuk menimbulkan reaksi yang gak diinginkan... klo ada reaksi yg gak diperkirakan, gak cuma pasiennya... dokternya juga stressss.... huhuhu


Yang buat heran, pasien tuh kok tetap aja ada yang maksa, bahkan marah kalo dibilang peelingnya sebaiknya ditunda.... pdhal untuk kebaikan mereka sendiri...
Ooooohhhhh... bikin pussssiiiiingggg!!!

168 comments:

  1. hello dok, nama saya rava 18th dari banten, saya mau tanya nih dok, apa yg dimaksud dermalpunch,dermaroller,peeling? dan tujuannya untuk apa dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dermalpunch Dan dermaroller baca Aja di blog saya ya... Peeling adalah pengelupasan kulit, biasanya dengan bahan kimia, bisa juga secara fisik yg mirip diampelas. Tujuan ya terutama utk peremajaan kulit

      Delete
  2. halo dokter saya ica,kenapa ya dokter kalo saya mau datang bulan suka muncul kayak jerawat di paha dan dibokong jadi kelamaan jadi koreng bekasnya banyak banget.saya udah ke dokter kulit dikota saya tapi hasilnya nggak ada. kira2 untuk pencegahan apa ada obat yang bisa saya minum ataupun salep yang dapat mencegah itu menjadi koreng? apa itu ada hubungannya dengan gangguan hormonal atau berat badan saya yg berlebih juga berpengaruh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin bisul ya... Makin gemuk, biasa makin sering... Krn kulit Lebih lembab Dan tergesek... Coba Aja pakai sabun antiseptic 1 mingguan sebelum menstruasi ya...

      Delete
  3. halo dr susie, saya billy 19thn. sudah 1 minggu ini saya kena penyakit kulit, saya udah ke dokter kulit dan di bilang saya kena alergi. sampe 5 hari setelah obat habis tetap tidak ada perubahan. karena saya penasaran, saya telusuri tanda tanda kulit yang saya alami di internet. hasilnya saya mendapat kesimpulan kalau saya terjangkit psoriasis. kulit kepala saya sangat gatal dan tampak bersisik seperti ketombe, terkadang juga jika digaruk berlebihan akan mengeluarkan carian dengan bau tak sedap,di kuku tangan saya terdapat kuku yg tumbuh tidak sempurna dan bintik bintik yang muncul di leher blkg, telinga blkg, sikut, lutut dan akhirnya menyebar ke seluruh tubuh saya. rasa gatal nya sangat membuat saya kesal.yang saya khawatirkan setelah membaca beberapa artikel di internet kasus psoriasis ini tidak bisa di sembuhkan. apa benar separah itu dok? namun saya yakin pada diri saya bahwa saya bisa sembuh. dan menurut dokter tindakan apa yang seharusnya saya lakukan secepatnya. terimakasih dok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Billy, paling tepat lakukan biopsi dulu supaya mendapatkan diagnosis yg pasti....

      Delete
  4. Halo dok..salam kenal yah, nama saya selvie
    Gini dok, sy baru saja laser fraxel kemarin di erha surabaya, untuk mengatasi problem scar bekas jerawat yg sudah lama

    Sekatang sih masih agak merah sedikit, dan kalau saya lihat agak lumayan hasilnya, bisa angkat sedikit scarnya
    Tp yg lebih signifikan, scar yg tergolong masih baru (th 2008 lalu), benar begitu ya dok

    Jadi kepengen laser fraxel yg ke-2
    Sebenarnya utk laser lagi, selang waktunya berapa lama ya dok ? Dan berapa kali lagi hrs dilakukan supaya hasilnya bagus ?
    Dan apakah bisa dilakukan treatment aja supaya tidak stop, maksud saya apa perlu chemical peeling tiap bulan begitu ? Supaya sekalian bisa irit (ga perlu laser lagi yg ke-2 hehehe

    Tlg advicenya ya dok, thank you so much !!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya selang 4-6 minggu ya... keculai masih merah, sering ditunda juga... Perlu 4-6x juga...
      Hasil peeling tentu beda dengan laser... Laser tentu lebih efektif... Peeling buat maintenance aja klo scar sudah lebih baik

      Delete
  5. Salam kenal dok..sy Via..sy uda bermasalah dengan jerawat sejak SMP sampai sekarang umur sy 22thn. Akhir2 ini saya perhatikan kulit kening saya teksturnya kasar, kering dan banyak garis2 halus. Kenapa yah Dok kulit kening sy bisa begitu? Padahal sy jarang berjerawat didaerah kening. Dan gimana cara yg tepat untuk mengatasinya?
    Ohiya Dok, akhir2 ini sy rutin facial. Apa mungkin gara2 facial kulit kening sy jd begitu? Soalnya pas di facial lumyan banyak komedonya.hehe...
    Terimakasih Dok :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kulit kering di dahi mungkin akibat krim jerawat yg kamu oleskan di dahi.... Pakai sesuatu gak ya di dahi?

      Delete
    2. bener dok,sy pakai krim jerawat..lebih baik sy berhentikan saja pemakaiannya?

      -Via-

      Delete
    3. Coba dihentikan sementara Aja... Evaluasi apakah membaik...

      Delete
  6. Hai dok, saya Aya. Saya punya masalah pada kulit telapak kaki saya. Kulit telapak kaki saya kering dan pecah2 hampir di semua bagian. Kadang rasanya perih kalo untuk berjalan. Sudah 2x ke dokter kulit, tp dokter cuma lihat sekilas trus ngsh resep. Dan hasilnya nihil. Kira2 apa obat yg bisa menyembuhkan kulit saya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mesti cari penyebab, misalnya apakah karena sering kontak dengan sabun deterjen? apakah sering kontak dengan obat pembersih lain? Atau malah gak cocok dengan alas kaki... Obat yng dikasih cuma untuk membantu.. yg penting penyebab mesti dihindari...

      Delete
  7. Hi Dok, saya Kimmy

    ReplyDelete
  8. Dok, Nama saya Fatihatun, saya punya tahi lalat agak besar di hidung, saya pengen menghilangkan tahilalat saya untuk kecantikan. saya pernah berkonsultasi dengan dokter kulit di semarang dari konsultasi saya mendapat penjelasan tentang cutting dan bekas luka line scar, saya tidak menyetujui. Bagaimana solusi yang terbaik menurut dokter? teman saya menyarankan laser atau curettage/cukur?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tindakan apa pun tetap Ada risiko meninggalkan bekas... Klo mau bagus, laser bertahap... Jadi gak bisa 1x Aja.... Tapi risiko bekas tetap Ada, namun bukan garis..... Pengerjaan bertahap risiko bekas Lebih baik....

      Delete
  9. Halo dokter susie, saya icha.. untuk pencegahan jerawat conglobata apa ya dokter? apakah bekas jerawat conglobata yang ada di paha dan bokong bisa menghilang ? jerawat ini sering sekali muncul saat menjelang menstruasi ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin bisul atau kista atherom ya? Muncul di tempat yg sama apa beda?

      Delete
  10. halo saya icha dokter, muncul nya di paha saama bokong aja dokter .. ditempat yang beda . pencegahan biar gak muncul lagi apa ya dokter ?

    ReplyDelete
  11. bentuknya seperti bisul atau jerawwat tapi lama kelamaan bekasnya jadi koreng menghitam dan terkadang meninggalkan jaringan parut .. itu jerawat conglobata atau bisul ya dokter ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mestinya bisul.... Atau kista atherom...kayaknya mesti berobat Aja ke dokter terdekat.... Penyebab bisul macam2.... Makin gemuk, risiko bisul makin sering

      Delete
  12. hallo dok .. saya fika di aceh.. disekitaran mata saya tumbuh seperti jerawat dan tumbuh nya banyak sekali. sudah di 2 kali dilaser , namun tetap tumbuh. apa ya dok solusi nya ? saya sudah cukup bingung mikirinnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apakah yg kamu maksudnya syringoma? Atau millium? Coba browsing dulu ya...

      Delete
  13. Malam dokter Susie,saya Evi pasien ERHA klp gading..sy mendapat rekomendasi dari teman Utk ke dokter Susie di RSPI/puri..saya ingin tanya dok,apakah krim perawatan dokter di RSPI/puri sm dgn krim perawatan di ERHA dok? trimakasih yaa dokter maaf mengganggu malam2 :)
    GBU

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada yg sama..Ada yg beda... Klo mau obat erha, saya resep in obat erha kok

      Delete
    2. Dokter sy maunya Mlh jgn resep ERHA dok hehe..okey dokter sy mau ke RS puri aja yaa dokter ketemu dokter langsung..makasih dokter

      Delete
  14. Siang dokter, dengan Eddy, dokter mau tanya untuk di RS Puri tempat dokter praktek, ada alat vbeam yang generasi baru gak (yang dengan DCD cooling device) ? atau di Indo dimana yang punya vbeam with DCD ya .. Boleh gak yah kalau saya buat perjanjian ketemu dengan dokter untuk tindakan post acne mark (red scar gitu, HPI) dengan laser vbeam ...

    Terima kasih sebelumnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dri dulu vbeam lama juga udah Ada DCD nya kok..... Cuma skg erha kemanggisan udh pakai vbeam generasi Baru juga...

      Delete
  15. Dok, Eddy lagi...Oh gitu dok, maksud saya Vbeam Perfecta hehe, katanya yg Perfecta lebih ga buat brusing ya. Di Kemanggisan udah pake ini jg ya dok..

    Boleh ga ya dokter saya bikin jadwal di Erha Kemanggisan utk vbeam ini, tapi utk topical cream nya pake yg dari Erha Balikpapan .. Soalnya di Balikpapan belum ada alatnya. Dokter di Kemanggisan tiap hari apa aja ya dok ?

    Makasih sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya..udh pake vbeam perfecta.. klo mau begitu, mesti bawa pengantar vbeam dari dokter di balikpapan ya... itu prosedurnya

      Delete
  16. Mungkin lebih enak konsul di sana dulu kali ya dok dgn dokter susie, setelah konsultasi , kalau memang bisa tindakan saat itu, jadi langsung saya tunggu tindakannya.. anyway terima kasih dokter susi.

    regards,

    Eddy

    ReplyDelete
  17. Dok mau tanya kenapa tangan saya tiba2 keriput seperti habis berenang lama, n lama2 jadi terkelupas..
    itu kenapa ya dok.?
    n cara sembuhin nya gmn ya.?
    Thx dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emg bisa begitu klo berenang lama... Pake moisturizer Aja... Ntar juga pulih kok.... :)

      Delete
  18. ini kejadian nya sma mama saya dok..
    padahal mama sya ga berenang..
    tapi kulit nya keriput sampe ganti kulit n lama2 jadi luka..
    kalo kek mama saya itu pake moisturizer bisa sembuh ya.?

    ReplyDelete
    Replies
    1. walah sorry...salah baca... hehehe... ada penyebab yang pasti gak? misalanya banyak kena deterjen? Klo ya, coba hindari.. perbanyak moisturizer dulu ya....

      Delete
  19. penyebab pasti saya krg tau dok..
    soal nya biasa kena detergen jga gpp, tba2 tngan nya buka kulit smpe korengan n berdarah2 kdng2..
    lage dalam kondisi luka berdarah gpp pake moisturizer ya..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin pompholix ya... Dengan infeksi sekunder.... Klo Ada luka sebaiknya ke dokter... Biasanya perlu antibiotic dulu

      Delete
  20. Halo Dok salam kenal, saya ayu. Sy mau tanya dok, di wajah sy sering tiba2 muncul jerawat tp tdk ada mata/nanahnya, hanya benjolan merah2 saja. Tapi kalo sdh muncul yg spt ini pasti sekitar 2/3 hari kemudian lgsg jadi jerawat besar dok, dan kalau sdh kempes yang satu nanti muncul lagi yg lain. Pdhl sy sgt merawat wajah spt rajin mencuci muka dan memakai masker alami (tomat, timun, madu). Sy pasien erha dok dan masih memakai krim2 dari erha, tapi akhir2 ini pemakaiannya tidak teratur dok, sy suka selang seling antara memakai krim dr erha dgn pelembab cussons baby(kalau sdg buru2 brgkt kuliah sy pakai pelembab cussons). Atau cussons baby ini penyebabnya ya dok? Saya sampai stress dok krn jerawat2 ini, dan jadi takut keluar rumah krn ngeri jerawat sy makin bnyk kalau terkena polusi mengingat wajah sy sgt sensitif. Mohon sarannya dok. Trmksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Ayu... Penyebab jerawat banyak sih... Stress kuliah juga bisa :).... Untuk mudah ya stop pelembab bayi ya... Trus klo mau maskeran, hindari madu dulu ya Biar gak terlalu lembab dulu...

      Delete
    2. Terimakasih banyak dok atas sarannya :)

      Delete
  21. klo liat di google luka tngan mama saya seperti luka pompholix..
    itu parah ga ya dok..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa parah bisa gak... Berobat Aja ke dokter terdekat ya

      Delete
    2. Oh iy dok mau tnya lge...
      itu bisa menjalar ke areah laen ga ya, seperti badan dll.?
      mama saya di ajak ke dokter ga mau..
      bilang nya gppa cmn bgni doank..

      Delete
  22. Selamat malam dok, saya Wina. Begini dok, 4 hari yg lalu tumbuh jerawat besar di pipi saya. Krn sdh keluar matanya saya pikir jerawat ini sdh mateng dan saya iseng memencetnya krn kesel jg jerawat ini sgt mengganggu penampilan. Dan saya nyesel sekali dok krn stlh dipencet jerawat ini malah meninggalkan bekas luka yg lebar. Saya pakai dermatix ultra dok dibekas luka jerawatnya dgn harapan bs cepat kering dan memudar, menurut dokter bagaimana? Nah skrg tepat disamping jerawat yg kmrn saya pencet itu muncul jerawat2 baru dok yang blm membesar tp terasa kalau diraba. Skrg saya sgt panik dok harus bagaimana. Mohon sarannya Dok. Terima kasih banyak. GBU

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Wina... Klo habis mencet sebaiknya dioleskan gel antibiotic Biar gak infeksi... Coba pake obat jerawat yg dijual bebas dulu ya... Obat penghilang bekas baru bisa digunakan setelah luka kering ya... Klo gak sembuh juga, segera ke dokter terdekat ya

      Delete
    2. Baik dok. Makasih bnyk ya dok balasan dan sarannya. GBU

      Delete
  23. halo Dok, Saya Sugiarto.

    Kalo di Erha kemanggisan hanya melayani untuk konsultasi penyakit Kulit saja ya dok. Atau boleh juga untuk konsultasi penyakit kelamin?
    Klo RS Pdk Indah, jadwalnya jam berapa saja dok.
    Tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kok klo kamu ketemunya sama dokter kulit Dan kelamin...
      Di pondok indah hari jumat j12-16... Tapi telp dulu ya... Minggu ini gak prakt pondok indah Soalnya Ada workshop..

      Delete
  24. Halo dokter Susie, Saya Shilvi..Dok, saya baru saja membaca sebuah artikel di kompas.com mengenai chemical peeling. Judul artikelnya "jangan coba-coba chemical peeling" pada artikel tersebut seorang dokter spKK disebut namanya dan sangat tidak menganjurkan chemical peeling karena dapat menipiskan kulit dan membuat kondisi kulit justru memburuk. Apa tanggapan dokter mengenai hal ini?..Satu hal lagi, pori-pori kulit wajah saya besar dan sangat berkomedo. Saat ini saya sedang berusaha mengecilkan ukuran pori dengan chemical peeling sekali sebulan di klinik kecantikan (dilakukan oleh dokter), apakah prosedur ini cukup efektif? mudah2an kalau kurang efektif dokter berkenan memberi saran. terima kasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha saya rada pusing komentar.... Agak aneh menurut saya isi artikel tersebut.... Coba browsing Dari sumber terpercaya seperti mayo clinic.... Biar gak rancu...
      Chemical peeling aman selama dikerjakan dengan prosedur yg benar Dan persiapan baik.... Bisa untuk méngecilkan pori terutama peeling TCA...

      Delete
    2. terima kasih dok atas jawabannya..:)it really helps..

      Delete
  25. Hallo dokter, saya endah punya masalah bekas jerawat di hidung. Jadi seperti kaya keloid gitu, bejendul gitu. Sebaiknya di laser ato diapakan ya, biar rata kulit nya atau dokter ada saran lain, krn saya sdh pakai erha berhubung takut jd tdk pernah melakukan tindakan. Kira2 kalau laser ada efek samping gak ya? Dan brp kali tindakan yg mesti di lakukan? Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin hyperplasia sebasea Hidung.... Dilaser CO2 biasanya... Bisa juga yg fractional.... Bisa berkali-Kali...biasanya 2-5x

      Delete
    2. Dok, klo di laser co2 sakit gak? Dan merah2 sampai brp lama? berbekas tidak? Kt dokter ku yg di erha pik kasus ku namany HT berhubung sy takut klo berhubungan sm laser saya tidak tanya lebih lanjut. Tolong di jelaskan ya dok, terima kasih

      Delete
    3. Khan dibaalin... Bekas laser Akan merah selama 5-7 hari.... HS mungkin ya...

      Delete
  26. Dok aku kiky,kalau mau menghilangkan bekas jerawat dan cacar berupa bopeng apakah bisa di erha?bisa tidak langsung tindakan tanpa menggunakan krim krimnya? Thanks before

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf Kiky..harus pakai krim erha untuk persiapan supaya yakin persiapan baik....

      Delete
  27. Halo dokter, nama saya Bagus. Saya sudah menggunakan erha selama 3bulan. Walau jerawat saya sudah berkurang, namun masih tetap saja saya masih memiliki banyak jerawat. Padahal dokter saya bilang obat yang diberikan kepada saya sudah keras, dan saya selalu menaati regim yg diberikan. Oiya obat saya yg baru: pagi+siang: ACS BP+ AT 0,5+ AMG3 +AF3
    Malam: ACS BP + AT 0,5 + AMG5 + AL1
    Ditambah obat oral doxy. Saya juga sudah acne peeling BHA sebanyak 3x.yang ingin saya tanyakan Apakah obat yg diberikan kepada saya itu memang sudah keras dok? Tapi kenapa perbaikannya lambat sekali ya?

    ReplyDelete
  28. saya elyn 16th, dok saya kena syringoma nih, cara ngilangin selain cauter & laser ada nggak ya?
    saya udah pernah cauter 2x tapi seprtinya tumbuh lagi
    ada obatnya nggak ya dok?caurter sakit bangett hixx:(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe gak Ada obatnya.... Cuma sering diberikan aluminum hidroksida untuk mencegah yg baru.... Biasanya sih emg tetap sering kambuh

      Delete
  29. dok mo tanya apakah semua cabang erha sebelum tindakan harus melakukan priming dulu, soalny adik saya mau laser fraxel sih, nah yang gw mo tanya emang priming itu sepenting apa sih dok?, emang penting ya, nah kalau kondisi kulit tidak bermasalah (baca: hanya bopeng aja), itu perlu?.
    Terus berapa persen perbandignya hasilnya kulit yang di priming dengan tidak?, soalnya semenjak gw di florida dan pernah ke estetika juga disini, gw gak pernah di kasih priming2, langsung aja tindakan, emangg sih gk ada masalah yang lain. nah sorry biasanya kan klinik estetika di indo kebanyakan banyak pakai embel-embel, biar gk penting di pentingin, dan misalnya melalukan tidakan estetika, semestinya bisa dilakukan hanya sekali, tapi di sengaja di buat berlang2.

    Maaf ya dok pertanyaan saya agak tajam, hahahahhaah, cuma itu pendapat saya aja loh, sekian salam sukses selalu buat bu dokter.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang buat saya bingung kamu kok nanyanya ama saya, dokter Indo, yg katanya gak kamu percaya itu... Nanti saya jawab juga gak di percaya... Baca Aja tentang skin priming before laser treatment ya... Supaya bsa memgambil kesimpulan sendiri.... Apalagi untuk Fraxel...

      Delete
  30. Dok,sy risma d balikpapn. Mau tnya,wjah sy tiba2 terus2an tmbuh jrwat&merah2 d jidat pipi dan dagu. Kadang ad yg bermata,kdang cm merah2 bruntusan. Trus sy coba k erha dn dksih krim pgi amg1,af1 dan krim mlm ft ss,plus obt jrwt. Kok gda prubahan slm 2 mnggu y..atau mmg prossny lama? Lalu sy k dktr kulit lain dn pakai krim anti jrwt lumayan cpat efeknya, tp yg sy tdk suka krim itu mbuat wjah agak kusam dn ga mnghlngkn bkas2nya jrwtny.
    Nah,kalau saya k erha lg tp tetep pkai krim dokter itu buat pnangkal jrwt apakah boleh?misal cm dpkai pgi hri,tp klo mlm hr pke krim erha

    Makasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah itu mesti Tanya langsung ama dokter bersangkutan ya.... Yang pasti ngobatin jerawat mesti bertahap, jerawat beres dulu, baru urusan bekasnya ya...

      Delete
  31. Hallo dokter.. nama saya Esme, saya baru 2 bulan pake Erha Yogyakarta. Sebelumnya saya pnh pake dokter sp.kk di kota saya(dari smp kls 1 sampe sma kls 3), berhasil sih dok cerah bersih tanpa jerawat(tapi ada komedo n oily banget).Tapi namanya juga abg ya dok pengen putih gitu, terus nyobain pake kosmetik pemutih yg dijual bebas, alhasil iritasi parah dok sampe ngelupas n merah2 kayak kepiting rebus, perih. Trus balik ke dokter sp.kk lagi tapi ga bisa kayak dulu dok, tetep merah2 gt. Alhasil saya pindah ke L*riss*(6 bulan), naaa disitu tiap 2 minggu sekali facial dok, udah ga ada jerawat sih tapi bekasnya itu dok ga ilang2 dan kulit jadi super kering, desperate banget dok, sampe temen saya ngajak ke Erha 2 bulan yg lalu.

    Konsultasi 1:Pertama kali ke Erha, kulit saya agak kering, ga ada jerawat dok, cuma ada bekas2 di sekitar pipi dan banyak komedo. Trus saya disuruh acne peeling dan diberi resep : Acs bp, amg2,ag2,af2,toner erha 3. Setelah peeling komedo pada ilang dok dan bersih, tapi hanya 1 minggu. Setelah itu malah muncul bruntusan dan jerawat yg gede n merah dok, muka jadi oily banget, dan kusam.. munculnya jerawat satu per satu dok, 1 tumbuh, yg lain ilang, 1 tumbuh lg, dan seterusnya. Sampe sekarang bekasnya malah makin parah dok.

    Konsultasi 2:Makin putus asa dok apa ga cocok ya.. terus saya konsul ke dokter yg berbeda,yg bisa dibilang laris, banyak pasiennya, na disitu saya dikasih: acs bp, amg1,ag2,af4,toner 0,5,dan ast (totol). Sudah 3 hari saya pake krim2nya, kering ya dok, agak perih gitu. Oh iya Kok sama ya dok perintahnya saya juga disuruh acne peeling dok.

    1. Sebenarnya efek acne peeling itu terasa setelah berapa kali treatment sih dok?
    2. Bagaimana cara mengatasi komedo dan jerawat yg malah muncul ini dok? Apa saya boleh facial?
    3. Bagaimana cara untuk menghilangkan bekas jerawat?
    4. Ada cara lain ga si dok selain acne peeling? Karena saya merasa berat di ongkos gitu dok kalo sebulan harus mengeluarkan 275rb untuk peeling, 75 untuk konsul dan 400 untuk obat dok, secara saya ini anak kos dok.

    Maaf dok banyak banget nulisnya, semoga cepat dibalas sama dokter yg baik banget :D makasih dokter ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Acne peeling buat ngeringin Komedo...jadi gampang keluar... Facial juga boleh, asal ngerjain bener, yang dikeluarin komedonya, jgn pencet jerawat besarnya...
      Kadang perlu obat minum... Coba Tanya dokter kamu....
      Bekas dihilangkan tahap berikutnya...jerawat mesti hilang dulu...
      Bilang Aja ama dokternya.... Gak selalu diwajibkan kok

      Delete
    2. trimakasi ya dok atas jawabannya,, baru saja saya konsultasi ke dokter saya, dan ternyata benar dok, saya diberi obat minum serta ag2 nya diganti.. hehe mksh dok ^^

      Delete
  32. selamat malam dok, saya cahaya. saya 15 hari setelah pemakaian erha wajah saya masi terlihat bagus, dan saya puas dengan hasilnya. tapi tiba-tiba muncul jerawat dan itu cukup banyak di wajah saya. yang saya ingin pertanyakan apa memang saya tidak cocok menggunakan erha? atau ada makanan yg harus dipantang saat menggunakan erha? saya sudah balik untuk konsultasi ke dokter dan kebetulan saya konsultasi di tempat yang berbeda, plaza indonesia. ini hari ke18 setelah berjerawat dan hasilnya jerawat saya masi terus muncul. saya sangat tidak percaya diri dengan jerawat ini :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung krim yg dipakai...coba Tanya dokter yang kamu datangi utk penjelasan masing2 fungsi krim yg kamu pakai ya

      Delete
  33. hallo dok, nama sy echa dr malang nih..
    gini dok, sy dulu pernah perawatan di dokter aulya d malang, awalnya sih hasilnya bagus putih dan cling gitu dok, tp begitu berhenti muka sy jd berjerawat di daerah T (dulunya muka sy gak pernah jerawatan), kemudian sy pindah ke LBC, udah peeling 2x tp hasilnya muka jadi kusem + berminyak, jerawat juga gak ilang malah nambah ke daerah pipi, capek akhirnya pindah ke larissa dok, di larissa muka sy jadi kering dan kusem dok, tp jerawat juga gak ilang, akhirnya sy pindah lg k klinik nanissa, disini setelah peeling 2x jerawat mulai ilang sih dok, tp muka kok jd nglupas n agak merah2 ya dok? apa obatnya yg terlalu keras?
    kalo misal sy mau perawatan ke erha apa nanti gak tambah rusak ya dok?
    dan kalo misal sy pake obat tradisional gitu, jerawat bs ilang dg pake apa ya dok?

    nb: jerawat sy itu kyk keringet buntet gitu dok, jd bukan jerawat yg gede2 merah gitu..

    makasi sebelumnya dok :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Echa coba sekali berobat ke dokter spesialis kulit dan kelamin ya...jangan ke klinik kecantikan...

      Delete
  34. Hallo dok..sy Yeni..beberapa bln yg lalu sy pernah laser rejuvenation diErha cinere tp kok sy Ъ disuruh pirming dl ya pdhal sblmnya sy sdh 1 minggu tdk pakai krim krn hbs.Skr sdh sekitar 3minggu sy tdk pake krim krn hbs jg,tp kok knp ya sdh 2 minggu ini kulit wajah sy jd agak bruntusan dan bnyak skali komedonya(ky jerawat kecil2) jd kusam dan kasar gt..iya sih dok kulit wajah sy berminyak dan pori2 cenderung besar tp biasanya komedonya Ъ sebnyk ini,kira2 apa mslhnya ya dok?apa faktor makanan bs berpengaruh? Dan sy tdk ada perubahan diet makanan..mohon sarannya dok,btw apakah krim2 dr Erha bs digabung pemakaiannya dg krim yg sy beli dipasaran? Waktu itu sy tny sm dokternya ttg penggabungan krim Erha sm serum dr lancome,kt dokternya boleh,apa memang benar begitu?terima kasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tiap dokter punya cara yang beda... Jadi ikutin Aja Saran dokter kamu ya... Klo saya sih juga boleh Aja dicampurkan dgn yang lain, asal keadaan menjadi Lebih baik..klo makin buruk ya jgn campur dulu Biar bisa dievaluasi maximal....

      Delete
  35. Halo dok...
    saya selvie, sebelumnya sy sudah pernah tulis surat ke dokter, wkt itu bahas laser fraxel

    nah skrg kena masalah scar lagi nih dok, dan kali ini parah di bagian dagu
    besar banget dok, jadi sedih, tidak pede dan kepikiran terus

    saya segera berobat ke erha, dan mustinya saya minta difraxel saja
    namun, krn laser nya lagi rusak, maka saya disarankan untuk vbeam laser untuk menaikkan kolagen

    scar ini masih baru,msh rada merah/hitam

    menurut dokternya, beliau pernah punya pengalaman sendiri dengan scar dan dilaser vbeam, dan bisa menaikkan kolagen hanya waktuny lamaa sampai 6 bulan..hiks hiks

    pertanyaan saya dok :
    apa vbeam laser ini memang bisa menaikkan kolagen, krn setahu saya fungsinya untuk menghilangkan bekas merah
    berapa % hasilnya dan harus dilakukan berapa x dengan selang wkt berapa lama

    mohon advisenya ya dok, krn saya kepikiran terus dan takut tidak bisa naik kolagennya walaupun sudah divbeam

    sekian dulu dok, thanks so much !!

    ReplyDelete
    Replies
    1. scar cekung yang masih merah masih bisa membaik dengan vbeam... tapi klo yang udh sewarna kulit gak bisa...
      Hasil bervariasi

      Delete
  36. Halo dokter,

    saya mau nanya nich, di klinik dokter menyediakan fraxel repair tidak?

    saya punya beberapa acne scar yang tidak dalam, tidak besar dan masih bewarna merah-kecoklatan. Saya mau banget itu ilangnya dengan cepat. Saya research di intertnet dan menemukan bahwa fraxel repair sangat cocok untuk mengurangi secara drastis acne scar dengan hanya 1 sampai 3 treatment dan downtimenya relatively singkat.

    Kalao di klinik erha tidak menyediakan fraxel repair, apakah ada treatment yang lain yang boleh memberikan hasil dan downtime yang sama? Bagaimana dengan fractional co2 laser treatment yang ablatif?

    dan untuk mild-moderate acne scars, apakah 2 minggu cukup untuk nge"prim" muka sebelum di laser?

    Thx dok!! (maaf agak panjang)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Erha punya Fraxel... Tapi bukan jenis baru
      Klo masih merah paling bagus dgn vbeam... Co2 fractional bagus klo scar cuma dikit...

      Delete
    2. Jadi jumlah juga pengatruh ya... Priming minimal 2 minggu, tapi lbh lama biasa Lebih bagus

      Delete
    3. Satu lagi dok maaf mau nanya.. Apakah kemerahan dan kecoklatan pada acne scarring itu bisa hilang? Kira2 berapa lama? Trima kasih dok.

      Delete
    4. klo merah dengan vbeam.... perlu 2-6x... kecoklatan bisa dengan krim pemutih

      Delete
  37. Permisi dok, saya rezha.
    Saya punya luka jahitan bekas operasi patah tulang di daerah wajah, tepatnya di bawah bibir, horisontal sepanjang 3 cm. Sekarang sudah memasuki bulan ke-3 dan menimbulkan bekas luka (keloid) tapi tidak begitu menonjol karena saya rutin memberi dermatix selama 3 bulan, tapi masih saja belum hilang bekasnya.
    Yg ingin saya tanyakan, bagaimana caranya agar bekas luka saya hilang atau minimal tersamarkan dok? Adakah treatment yg harus saya jalani, misalnya menggunakan teknologi laser gt dok?
    Terima kasih atas perhatiannya dr. Susie

    ReplyDelete
  38. Permisi dok, saya rezha.
    Saya punya luka jahitan bekas operasi patah tulang di daerah wajah, tepatnya di bawah bibir, horisontal sepanjang 3 cm. Sekarang sudah memasuki bulan ke-3 dan menimbulkan bekas luka (keloid) tapi tidak begitu menonjol karena saya rutin memberi dermatix selama 3 bulan, tapi masih saja belum hilang bekasnya.
    Yg ingin saya tanyakan, bagaimana caranya agar bekas luka saya hilang atau minimal tersamarkan dok? Adakah treatment yg harus saya jalani, misalnya menggunakan teknologi laser gt dok?
    Terima kasih atas perhatiannya dr. Susie

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba suntik Aja dulu klo warna udh normal tapi masih sedikit menonjol ya.... Tapi tetap gak bisa hilang 100 % ya

      Delete
  39. saya Rida.. mau tanya dokter..
    kulit dengan pori besar apa bisa dikecilkan ya?
    maksudnya biar kulit cantik.. (tidak seperti kulit stroberi)
    komedo banyak dan mudah berjerawat pula plus berminnyyaaaakkkkk

    mohon info nya ya dok..
    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kulit berminyak pasti cenderung berjerawat...
      paling efektif dan instant dengan botox intradermal cuma hasil tak permanen...mahal juga
      dengan perawatan rutin, peeling pelan-pelan memperbaiki kok...cuma emg mesti telaten

      Delete
  40. Malam dok, saya Randy
    Cuma ingin konsul, seminggu yang lalu saya first time dateng ke erha di tebet, sebenernya sih mau konsul masalah menghilangkan bekas jerawat, namun dokternya bilang untuk mengatasi itu harus dengan tindakan, dan pada akhirnya saya diberi obat2 yang katanya ringan seperti acs bp, amg 3 dan perfect shield. Yg ingin saya tanya : first step saya untuk menghilangkan scar bekas jerawat itu apakah dengan menggunakan obat2 itu? Thanks dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung bekasnya jenis yang mana..
      Krim tersebut biasanya utk jangka pendek Aja.. Mungkin masih Ada jerawatnya..

      Delete
    2. Iya dok, kata dokter disana kulit saya typical oily sama kusam, dan setelah 2 mingguan memakai krim krim tersebut, sepertinya belum ada perubahan yang signifikan, mungkin progressnya agak lama ya? Oiya kalo jerawat saya udah tdk ada cuma bekasnya aja hehe

      Delete
    3. Respons tiap orang memang beda... Biasanya krim Akan ditingkatkan pada kunjungan berikutnya

      Delete
    4. Ok dok, semoga ada perubahan menuju ke arah yang lebih baik di kunjungan berikutnya. Thanks for helping. Gbu

      Delete
  41. alo dokter,

    dok..kalau laser rejuvenation apa bisa mengatasi acne scar yah ?
    tempo hari saya ke erha sby dan ternyata mesin fraxel nya tdk bisa digunakan dan kelihatannya tidak terima fraxel lagi dan disarankan untuk derma roller atau laser rejuvenation saja (kalau derma roller saya kok kurang yakin ya dok apalagi melihat prosesnya di youtube yang mengerikan hehe...)

    Dari hasil fraxel yang pertama, sebenarnya saya cukup puas dan ingin melakukan fraxel lagi yang ke-2 terutama utk treatment kontinyu dari fraxel pertama end july lalu, untuk perbaikan acne scar yang menjadi masalah utama saya

    Apa bisa saya melakukan fraxelnya di jakarta ya dok ?

    dr. Susie praktek di erha mana ? apa bisa melakukan fraxel disana ?

    mohon infonya dok
    thank you

    ReplyDelete
    Replies
    1. Secara teori sih bisa...cuma menurut saya barusan Fraxel.
      Saya di erha kemanggisan Jakarta... Fraxel Ada kok di sini...

      Delete
    2. rara
      dokter, amankah menggunakan rangkaian cream yang dijual secara online,, karena saya saat ini memakainya,,
      sudah seminggu saya memakainya dan hasilnya jerawat batu saya sudah mulai berkurang,, namun masih ada timbul kecil2 dan merah didagu, pipi .sebelumnya saya pernah melakukan perawatan di klinik kecantikan di yogyakarta dan hasilnya jmenjadi jerawat batu, sehingga saya memutuskan berhenti dan membeli cream yg dijual secara online..
      mohon dokter memberikan saran,, apakah tidak ada efek apabila saya gunakan dalam jangka panjang...

      dan jika tidak aman saya berencana untuk berkonsultasi ke erha yogyakarta,, namun saya masih ragu ragu dok

      Delete
    3. Wah gak bisa jawab, krn gak tau kandungan krim yg kamu pakai itu... Klo ketemu langsung dengan dokternya, kamu bisa konsultasi tentang penyakit kamu Dan tentang krim yg digunakan...jd pasti Lebih enak, khan? :)

      Delete
  42. Dok nama saya Hendra, saya pasien baru erha di surabaya, datang ke Erha dengan tujuan mengurangi kemunculan jerawat besar (ga ada matanya) dan mengurangi bekas2 jerawat yg lubang2. Sebagai awal saya dpt obat :

    Acsbp + Amg3 buat pagi
    Erha 2 + Ag2 seling Aftss + Evalen (senin, kamis) + AST hanya di bagian jerawat (malam)

    1 minggu dipakai rutin, efek kelihatan lebih cerah, tp jerawat msh keluar. Yang mau ditanya kira2 obat2 yg di resepkan ke saya fokusnya ke apa ya dok? Soalnya saya lg pengen banget mulusin wajah saya yg banyak bekas jerawat dan komedo. Trus dokternya jg kasih rujukan buat Erha Light Peeling 50% setelah minggu ke 2. Apakah peeling ini aman buat wajah saya yg msh muncul jerawatnya?


    Terima kasih ya Dok sebelumnya. Maaf klo rada panjang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Obatnya utk jerawat aktif Dan bekas..
      Yg perlu kamu ketahui, ngobatin jerawat perlu waktu...gak bisa instant ya...jadi sampai bersih kadang bisa 3-6 bulan....
      Itu peeling ringan...pasti dokternya sudah pertimbangkan efeknya..khan beliau yg liat langsung.. :)

      Delete
    2. Saya Hendra, yg tanya di atas, terima kasih Dok atas respon-nya, saya akan lebih sabar lagi kalau begitu :D
      Kalau boleh tanya lagi Dok, jadi ceritanya saya ke Erha kapan hari barengan sama pasangan saya, dia problemnya adalah wajahnya cenderung terlalu kering yg menyebabkan banyak flek2, kusam dan beberapa komedo di hidung. Pas kapan hari dia ke Erha dikasih :

      Erha 2 + Toner 3 + AMG3 + ASG (Pagi)
      Erha 6 + CC5 seling Evalen

      Setelah pake 1 minggu, dia merasa kulitnya makin kering dan perih (rada kemerah2an), apa itu karena alergi obat Erha atau memang prosesnya seperti itu?
      Yg bingung lagi, dia dikasih AMG3 juga, padahal boleh dikatakan wajahnya ga ada jerawatnya.
      Mohon pencerahan-nya ya Dok, Terima kasih.

      Delete
    3. Klo mau tau pasti knp dikasih demikian langsung Tanya dokternya ya...krn beliau yg langsung liat kulitnya.... Tiap dokt punya approach berbeda.. Jadi cuma dokternya yg tau alasan pastinya..

      Delete
  43. asalamualaikum,,perkenalkan dok saya
    andi 23th saya mau bertanya batang
    penis saya gatal2 dan ada benjolan
    merah di bgian bawah batang penis ini
    di akibatkan apa dok
    penyakit ini muncul sehabis saya
    kehujanan d jalan dan celana dalam
    saya basah karna masih.di.jalan
    makanya saya tidak ganti sampai
    kering sendiri celana dalam saya,,,
    sehabis itu tiba2 gatal sekali dan ke
    esokan harinya saya lihat batang penis
    saya lecet dan ada benjolan berwarna
    merah di bawah batang penis,,,ini
    merupakan penyakit serius tidak dok
    dan bagai mana cara mengobatinya
    karna saya gak tahan dok..terima
    kasih tolong di bantu ya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin cuma insect bites Aja... Ada gigitan serangga kecil... Klo tidak membaik dalam 5 hari, sebaiknya ke dokter ya...

      Delete
  44. saya andi, saya mempunyai bintil" putih di sekitar daerah mata saya itu timbunan lemak atau syringoma ? dan untuk biaya laser nya sekitar berapa ? trima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Paling mungkin syringoma... Klo lemak bisa juga, bentuknya Lebih kecil dgn bintik putih keras... Laser harganya tergantung banyaknya ya... Klo syringoma hasilnya gak terlalu baik ya

      Delete
  45. saya dafa,dok obat makan DP saya hilang padahal baru beli,itu harus gimana ya dok ? memang kegunna obat DP itu penting tdk dok ? terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk mengurangi jerawat...isinya antibiotic Dan zinc...

      Delete
  46. selamat pagi dokter. saya sylvia di kebun jeruk. dokter saya kan mau nyoba laser fractional co2 untuk menipiskan scar2 bekas jerawat saya tapi saya agak ragu krn barusan saya browsing2 ttg laser ini katanya nga boleh untuk orang yg berkeloid. mohon penjelasannya dokter krn kaki dan tangan saya ada bekas keloid berarti saya kan termasuk tipe kulit yg mudah berkeloid dok. apa bener saya nga bisa di laser fractional co2. terima kasih sebelumnya dok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya muka jarang keloid.... Tapi spy aman, mendingan coba utk test spot...jadi dilakukan pd area kecil dahulu...

      Delete
  47. Halo dokter, saya Ranny di yogyakarta. Kemaren saya dikasih krim erha6+cc10 buat krim malam, dan erha3+amg2+af2 buat pagi,,tapi muka saya jadi ngelupas n kaya ga halus kaya biasanya dok,,oiya biasayan saya pake erha5 n at0.5,,atau karena pengaruh itu ya dok?kondisi seperti ini normal ga dok?ilang sendiri atau saya harus kontrol lagi secepatnya?terimakasih sebelumnya dok^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya perlahan menghilang kok... Cba observasi dulu ya... Bila 2-4 minggu masih demikian, kontrol ya ke dokter kamu

      Delete
  48. ima sintiya putri
    dok mau tanya, apakah pemakain foundation walaupun yang berbahan dasar air dan bedak compact walaupun free oil, masih dapat menyebabkan jerawat ? mohon dijawab dok, terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Secara teori bisa Aja.... Coba Aja dulu, segera stop klo berjerawat

      Delete
  49. halo dokter aq mhy-mhy di makassar,, kemarin abis ke erha di kasi krim erha 6 n CC 10 buat malem trus untuk pagix AMG 6 n ASG.. tapi kok tiap kali pake AMG 6 wajahq jadi kusam n perih banget yah gak tahan soalx.. aq udah make 2 mingguan tp masih perih bgt.. itu kenapa yah dok?? apa ini memang ini efeknya n masih normal2 aja atau aq gak co2k dokter??

    mohon penjelasanx dokter.. makasih sebelumx.. ^_^.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin kulit kamu terlalu sensitif... Tanya Aja ke dokternya apakah perlu diteruskan..

      Delete
    2. saya mhy-mhy di makassar.. Sesuai anjuran dokter sy dah konsultasi ni hari n dikasih krim AM.. kata dokter krim AM dipake sampai iritasi membaik.. maaf dokter mw nanya lagi.. apa sih kandungan krim AM itu??

      makasih....

      Delete
  50. hallo dok saya ika,, saya pasien baru erha cimanuk bandung,,, masalah saya mau hilangin komedo, jerawat kecil dan biar muka ga kusam. Awal berobat saya dikasih sabun cuci muka, RH7, AMG buat pagi dan siang.. malem saya pake sabun cuci dan CC 10. udah 8 hari muka sayaa perihh banget dok,, ini normal apa ga cocok ya krimnya??

    kulit saya sih mengelupas, tapi kalo make krim AMG sama RH7 perih langsung selama 15 menit. saya harus konsul lagi ke dokter saya atau gimana dok?? saya pertama datang disuruh konsul 3 minggu setelahnya atau krim habis. Dokter yang meriksa saya tidak bilang kalo bisa perih,,, paling merah atau kulit mengelupas.

    terimakasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berobat lagi Aja ya... Tiap dokter approachnya beda2... Klo pedih sekali, stop dulu Aja, kemudian tetap berobat ya

      Delete
  51. Halo dok, saya kevin di medan
    Mau tanya tentang masalah jerawat, kulit saya berjerawat sejak smp hingga sekarang sma jerawat masi sering muncul aj bekas jerawat pun makin banyak yg dari smp sampe skrg jadi ad yg bopeng dan merah" gitu ditambah komedo yg banyak dihidung, hmm.. Agk pasrah si soal ny ud bermacam obat yg saya pakai dan tidak ada hasil, pernah jg ke erha clinic yah hasil ny jg gitu" aj, menurut dokter harus gimana y? Saya sedang tertarik dengan cara laser, tapi apakah itu pasti berhasil? Terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Laser terutama untuk bekas... Klo masih jerawatan besar2 biasa sih paling efektif dengan minum isotretinoin... Kadang perlu blue light..di erha namanya acne light therapy

      Delete
  52. Halo dok, saya Randy, mau nanya lagi, kalau mau melakukan tindakan seperti micro peel atau subcision itu sebaiknya kapan ya? Soalnya setelah konsultasi yang ke 2, dokternya udah ngasih saya referral letter buat tindakan2 itu, padahal setelah dokternya ngasih saya krim2 yang beda seperti amg1 dan cc5 sehabis konsul, dia menyarankan saya balik konsul setelah 3 bulan, dan bukankah referral letter itu hanya berlaku selama 2 minggu dari pemberian ya? Thx dok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe..itu mestinya langsung Tanya dokternya..tiap dokter beda approachnya...
      Saya biasanya coba krim dulu beberapa bulan, klo gak berhasil dianjurkan tindakan...tapi Ada beberapa pasien yg pengen Lebih cepat, bisa di lakukan tindakan Lebih awal

      Delete
  53. Hallo Dokter Susie, saya Nila..utk menghilangkan keloid krn bekas bisul gmn ya Dok? Di Erha kemanggisan dokter susie praktek hari apa dan jam brp aja kalau weekend?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Paling efektif sih suntik triamcinolon acetonide Aja.... Weekend di rspi puri indah.

      Delete
  54. Halloo, dokter susie yg cantik.. Slam kenal sya july,

    Sya baru baca blog anda sngat menarik skali dan bermanfaat bgt buat pngetahuan kulit dan khususnya pda org yg berjerawat heheheee...

    Maaf dok, sya ini berjerawat sejak thn 2009 gk tau pnyebabnya apa, awal2 muncul jrawat 2-4 jrawat sbesar biji jagung, aplgi klo mnjelang haid bisa smpai 7 dan besar2 skali, sya sdh brobat ke klinik Spkk terdekat, sya di resepkan obat oral ISOTRETINOIN dan Doxycycyline dan obat topikalnya brupa vitacid, stelah konsumsi obat oral yg dresepkan terbut, awal2 muka jd pda breakout purging namun stelah 2minggu tidak trjadi purging dan sya konsumsi slma 1bulan sja lalu sya hentikan dok soalnya sya browsing2 trnyta Isotretinoin itu amat sangat brbahaya bagi ibu hamil dan bisa cacat pd janin, wlpun sya tidak merencanakan nikah atw hamil dlm wktu dkat, tapi sya ragu dan takut untk konsumsinya untk jngka panjang, pdhal slma sya konsumsi Isotretinoin jerawat sya drastis berkurang dan muka jd gk ada minyaknya,. Skrg sya hnya pake cream Vitacid 0.025% dan vitacid ini mengandung retinoid acid, apkah ini termasuk dlm Isotretinoin dok? Aman kah untk pmakaian jangka panjang,?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aman selama gak hamil ya... Jadi pake Aja, klo hamil, segera stop... Beda dgn isotretinoin yg harus di stop beberapa bulan sebelum kehamilan..

      Delete
  55. Salam dok, namaku Dea. Apakah ada krim / cara lain yang herbal buat ngilangin syringoma dimuka aku?? Waktu itu pernah dilaser tapi sekarang timbul lagi (lebih banyak malah). Rencananya mau laser lagi tapi aku nunggu ada liburan seminggu dari sekolah (secara lukanya baru hilang setelah 7 hari). Apa ada obat herbalnya ya dok? Dan cara ngilangin syringoma secara permanen gimana ya? Makasih banyak dok :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak pernah tau mengenai krim herbal... Yg banyak digunain steel ah laser adalah cairan aluminum hidroksida untuk pencegahan.... Semua treatment tetap bisa kambuh

      Delete
  56. hallo dok, saya hesti. saya ini udah lama banget jerawatan. udah di pake in krim buat jerawat, udah rajin cuci muka, tp tetep aja jerawatnya gak mau ilang. gimana ya biar jerawatnya itu cepet ngilang ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo udah coba ngobatin sendiri gak berhasil, coba berobat ke dokter kulitnya terdekat ya..biar bisa dievaluasi Dan diobati secara tuntas

      Delete
  57. Hi ibu dokter yg baik, saya Donna 31 thn, saat ini saya pakai krem erha sdh 1,5 thn, sebelumnya saya pakai krem dokter jg. Awalnya mslh saya jerawat kecil2, kulit kusam, ada sdkt flek diarea hidung, pertama saya diberi krem malam cc25 dan erha 6, krem siang amg2 dan af2, OP 4 kali dan rutin facial sekali sebulan, jerawat saya sdh hilang, cerah, dan flek menipis. Skrg krem saya utk malam cc50 dan erha6, siang pakai krem amg2 dan erha 7. Dmn yg saya tau cc50 dan erha 7 isinya hidroqinon, erha 6 retin- a. Yg mjd pertanyaan saya apakah semua krem saya tsb bisa saya gunakan dlm jangka panjang, mengingat sdh 1,5 th saya menggunakannya, ketika saya tanyakan ke dokternya jwbnnya,aman. So, l need second opinion. Thx before doc.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aman selama di bawah pengawasan dokter...Hanya saya biasanya mengurangi hidrokuinon klo udah kelamaan, Bahkan saya stop bila perlu...tretinoin boleh trus... Isinya gak spt itu kok..Tanya lgs pd dokter kamu ya

      Delete
  58. siang bu dokter Susi...
    saya Moniq 23 tahun, mau nanya kalau pake krim dokter dalam jangka waktu lama aman atau ga yah? krim malam mengandung pengelupasan dan 2 hari sekali memakai home peeling.

    thanks :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aman selama gak Ada kortikosteroidnya. Tapi harus pasti kandungannya apa? Perlu di tanyakan apakah aman bila kamu hamil misalnya....

      Delete
  59. sore dokter susi

    saya liana 34th, mau tanya ttg tindakan laser fractional untuk wajah bopeng. 1.apakah sblm laser diharuskan skin priming dulu ??
    2.ritual apa yg hrs dilakukan setelah laser untuk hasil yang maksimal.
    setelah 2hari tdk boleh kena air, apakah hari ke-3 sdh boleh mggunakan serum/moistured?? atau ada ritual lain??
    3.obat apakah yang hrs diminum untuk mempercepat proses pengelupasan

    thanks y dok....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Skin priming wajib, spy penyembuhan cepet Dan mengurangi risiko efek samping....kena air boleh kok... Hrs pake moisturizer biar gak kering... Hindari sinar matahari spy gak gelap... Biasa cuma minum zinc spy cepet peradangan hilang..

      Delete
  60. hai dok aku nia, 17 tahun. dok, kalo TCA yg buat peeling itu yang aman untuk muka yang berapa %? terus kan yah aku tuh dulu pernah di facial, eh sampe sekarang pori2 jd gede bgt padahal di facial di SpKK juga dok;-( pas ditawarin mikrodermabrasion, eh setengah jutaan yaa mikir2 dl deh hehehe. jd kan aku udh nabung dok, kebetulan aku dah nanya harga ke LB*, tentang peeling sm micro, nah sekarang tabunganku baru cukup untuk salah satu perawatan *curhat* menurut dokter aku lbh baik peeling atau micro dulu? aku sih mau ngecilin pori2 sm ilangin bekas jerawat, paling nanti kekumpul tabungan lagi sekitar Juni,jadi aku harus pilih perawatan yg mana dok? atau ada cara lain? makasih sebelumnya dok maaf kepanjangan:""""")

    ReplyDelete
    Replies
    1. Soal persentase TCA hrs diliat mukanya... Biasanya bisa Mulai dgn yg ringan 10-15%..
      Tindakan cuma tambahan, yg penting pake krim perawatan secara teratur... Klo udah pake krim perawatan masih gak maximal, baru tindakan...
      TCA home peeling sy gak pernah pakai...jd gak tau beli dimana

      Delete
  61. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bgn gosong mestinya akan ngelupas juga... Saya gak bisa banyak komentar soalnya jarang ngerjain peeling klo msh jerawat kecil..kecuali peeling BHA

      Delete
  62. selamat pagi dokter...saya adys umur 19 tahun...dari dulu saya bermasalah sekali sama jerawat..nah beberapa bulan ini saya melakukan perawatan d dokter kulit samarinda... hari yang lalu saya melaukan peeling atas anjuran dokter saya,,,namun setelah 5 hari peeling muka saya muncul jerawat2 kecil banyak sekali dan mengelupas....lebih baik saya lanjutkan pemakaian krimnya atau bagaimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah...klo kamu sudah ke dokter di sana...mendingan lgs Tanya ke dokternya...krn beliau yang tau isi peeling Dan kondisi muka kamu ya

      Delete
  63. Halo salam kenal dok.nama saya ida.kemarin saya baru peeling GA 25% kata dokternya.ini adalah peeling saya yg ke 2.sebelumnya pernah peeling di dokter yg berbeda tp tdk gosong seperti ini.di pipi saya ada spot2 yg menghitam lumayan besar sih dok terus klo dicuci terasa panas.kira2 kenapa ya dok sebelumnya saya tdk pernah sehabis peeling begini.apa yg harus saya lakukan menghilangkan bekas hitamnya dok? Kira2 brapa lama hilangnya ya dok?trimakasih dok..ohya saya peeling di salah satu dokter kecantikan di surabaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mestinya sih 25% ringan...cuma mungkin saja muka sedang iritasi..jadi penetrasi Lebih dalam... Jangan di kopek ya... Soal hitam tergantung krim yg diberikan..tanyakan langsung pd dokter kamu ya

      Delete
  64. siang dokter saya novi, mau nanya nih, saya sudah berjerawat sejak SMP dan sudah beberapa kali ke dokter tetapi tidak ada perubahan. saya berniat untuk ke erha clinic yg ada di medan.saya coba browsing tentang tesimoni para pengguna erha. tetapi kenapa banyak dari mereka yg bilang bahwa setelah kulit mulus dan pemakaian erha di hentikan, kulit mereka kembali berjerawat dan memerah. apa obat dari erha bersifat ketergantungan dok? terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba baca dulu postingan saya tentang ketergantungan terhadap krim ya

      Delete
  65. salam dr. Susie Rendra, SpKK

    saya rian umur 25 tahun, status lajang yah bukan jalang hehe, dok adakah solusi untuk bekas luka goresan, jerawat di muka yang sudah lama (dari kecil goresannya) bisa disamarkan, dan hilang gtuh dok.

    thanks before

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung jenis bekas..apakah cuma perubahan warna, apakah bentuk scar atau jaringan parut... Klo cuma hitam sih Lebih mudah dihilangkan..

      Delete
  66. Salam kenal dokter susie, saya sarah.
    Mau menanyakan beberapa hal dokter:
    1. Bibir saya ini jadi hitam karena dulunya suka melembabkan dengan air ludah, apakah bagus jika saya peeling bibir saja dokter? tapi saya khawatir, karena usia saya masih 20 tahun.

    2. Kemudian, apakah peeling untuk bagian tubuh lain seperti area tangan dan kaki itu tidak apa2 untuk yg berusia 20 thn? ini karena saya risih sebab bagian tangan saya sangat belang dibandingkan dengan lengan saya, karena sering menggunakan baju lengan pendek dan panas2an kalo pergi ke kampus.

    Teriam kasih dokter atas jawabannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak Ada peeling bibir...coba pelembab saja, sambil kurangi lip licking..
      Area lain boleh di peeling...tapi mesti konsultasi dulu ama dokter kulit kamu ya

      Delete
  67. malam dr. Susie Rendra, SpKK
    saya resti pasien erha clinic baru 2,5bulan.dulu sebelum pakai perawatan erha saya pernah pakai tretinoin 0,05%.saya mau tanya,adepalene(evalen) apa fungsinya sama dengan tretinoin?karna baru beberapa hari saya coba oles evalen(sore rata sesuai anjuran) muncul jrawat batu kecil walaupun ga banyak tapi jadi bekas merah.apa itu purging dok?
    thnksbefore ya dok...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Fungsi mirip, adapalene Lebih ringan... Efek antiradang juga Lebih baik adapalene.... Coba kamu ceritakan pengalaman kamu pada dokternya Biar bisa dievaluasi ulang pemakaian krimnya ya

      Delete
  68. salam dr. Susie Rendra, SpKK
    Saya Rara 21th..mau tanya... bedanya syringoma sama milium itu gimana ya dok? trus cara pengobatan yg terbaik itu gmn?
    mkasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Milium Ada isinya...jadi terapinya Akan Ada pencet isi..keluar bintik putih
      Klo syringoma, gak Ada isinya... Saya sih jarang mau terapi laser syringoma krn cepet kambuh Dan bekas kurang bagus

      Delete
  69. Halo dok saya tata pasien erha clini Palembang
    aku tata berobat di erha clinic Palembang
    Mulai bulan November 2012- Mei 2013
    Nov : AMG 2 , AL 2 , AFT , Acne doxy 30 biji/30hari , acne toner 0,5 , Acne cleaning scrub with benzoil

    Des : Injeksi KIL-grade 3, AMG 1, AF3, Acne doxy 30 biji/30hari , acne toner 0,5 , Acne cleaning scrub with benzoil , AFT

    Jan : AFT,AMG2,AF3, Acne doxy 30 biji/30hari , acne toner 0,5 , Acne cleaning scrub with benzoil
    ACNE FEElLING

    Feb : AMG5, AF3, Acne doxy 30 biji/30hari , acne toner 0,5 , AG2 Acne cleaning scrub with benzoil
    ACNE FEElLING

    Maret : AMG5, AF3, Acne doxy 30 biji/30hari , acne toner 0,5 , AG2 Acne cleaning scrub with benzoil
    ACNE FEElLING

    APRIL : Acne doxy 30 biji/30hari , acne toner 1, AF3, AMG4, AG2
    ACNE FEElLING

    Mei : AMG4, AFT, AF3 , ZINC PICOLINATE & Gluconate 30 capsul, Ance toner 1


    Bisa mulus dan tanpa noda lg gak dok? Banyak bener bekas jerawat di muka saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang semuanya obat jerawat...belum Ada obat untuk bekas...mungkin dokternya liat belum waktunya

      Delete
  70. Bu dokter.. saya mau tanya,, kl saya mau perawatan laser fraxel untuk stretch mark kira2 efektif ga ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya gak pernah coba... Biasanya pakai radio frekuensi.

      Delete
  71. halo dok nama saya suryadi umur saya 21 tahun.
    mau tanya dok, saya habis melakukan laser pada wajah saya untuk menghilangkan bekas jerawat dan lubang-lubang bekas jerawat, banyak sekali...
    setelah di laser, wajah saya seperti luka-luka, terus 2 hari mulai mengelupas luka-luka nya, dan sekarang sudah 1 minggu, udah hilang luka-luka nya, tapi dok.., kok wajah saya merah,,dan kulit saya sebagian terkelupas..., padahal saya rutin make krim yg di anjurkan dokter, dan sudah 1 minggu saya cuma di rumah saja.., gak keluar kemana-mana...,semua krim ada 10 cream...
    1. apakah wajah saya yg memerah ini wajar dok..?? kira-kira sampai kapan dok wajah merah ini memudar..??
    apakah cream nya tidak usah saya pake dulu..
    mohon dok pendapat dan jawabannya...., terima kasih dok....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Laser apa ya? Mendingan langsung Tanya ke dokter yg ngerjain..Soalnya saya gak tau isi krim yg kamu pakai

      Delete
  72. haii dr. Susie...

    salam kenal, saya Ika 28 tahun, sy punya bekas koreng di kaki dan banyak dari waktu kecil, jadi ga bisa pake rok atau celana pendek. kemarin sy dtng ke Natasha skincare, untuk awal di kasih lotion pagi dan malam dlu kemudian setelah 1 bulan di anjurkan untuk micro crystal yg rasanya sakit banget, lalu setelah 2 minggu lg di minta untuk peeling. yang mau saya tanyakan

    1. adakan cara untuk kasus sy dgn biaya tidak semahal tindakan yg sdh sy lakukan. krn micro cristal itu mahal banget dok.

    2. apakah dermatix cream yg di jual bebas di apotek bisa mengatasi masalah saya?

    mohon pencerahannya ya dok, krn sy iri banget klo liat org bisa pake celana pendek.
    makasih ya dok

    Regards,
    Ika

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya sih saya cuma pake krim malam Dan pagi Aja...gak usah tindakan... Sya biasanya kasih campuran pelembab dengan pemutih

      Delete
  73. halo dokter, saya riya. Saya punya penyakit gatal2, dan alergi nyamuk. Karna sering saya garuk dok jd membekas. Bekas luka lama dan luka baru menumpuk di kaki . Udah menahun . Skarang udah ga gatel2 lg.
    Saya mau ngilangin bekas luka yg sudah menumpuk dan menahun dok.
    Saya sudah coba krim2 pnghilang bkas luka yg dijual online, tp hsilnya nihil.
    Sbnarnya bisa atau tidak bekas luka yg udah sangt lama ini dihilangkan ??
    Harus dilaser atau bgmana dok?
    Diklinik erha apakah bisa menangani permasalahan seperti ini dok?
    Tolng sarannya dok, trmakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasa pakai krim yang mengandung pemutih dulu, liat beberapa bulan..klo gak membaik, boleh laser...di erha bisa

      Delete
  74. Hello, dr. Susie..
    Saya Vania, pasien baru di erha clinic kemanggisan, saya tadi baru konsultasi dan diberi beberapa obat.. yang ingin saya tanyakan, apakah fungsi dari AMG3 ya dok? dia berbentuk gel yg lengket dan kira" apakah ada efek samping dr AMG3 tersebut? Thanks before, dok.. =)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Obat jerawat...terutama untuk yang disertai gatal Dan kulit sensitif... Coba langsung tanyakan ke dokter yg liat kulit kamu ya

      Delete

Sebutkan nama terlebih dahulu, bila ingin mendapatkan respons...thank you.. Tanpa nama akan langsung saya hapus ya......

Note: Only a member of this blog may post a comment.