Halo semua rekan yang tertarik dengan kesehatan kulit, semoga artikelnya berguna... Ditunggu selalu komentar dan inputnya... Khusus untuk intermezzo, adalah pengalaman unik selama praktek yang menurut saya cukup menarik untuk dishare... Happy reading...

Tuesday, October 2, 2012

Sorry ya... jangan tanya soal kutil di postingan lama

Saya sudah pernah infokan untuk pertanyaan kutil kelamin tolong diposting di judul " kutil kelamin: nanyanya di sini ya"... Jangan posting di judul yang lama, soalnya udah kebanyakan, jadi sering error...

Tolong diperhatikan yaaaaaaaaaaaaaa....

92 comments:

  1. halo dok, nama saya bagus.
    saya mau nanya dok. saya pake krim malam anc4 untuk menghilangkan bekas jerawat, tapi saya bingung dok, kenapa putihnya tidak merata, dibagian jidat saya malah terkesan coklat kemerah2an dan tidak sinkron dg pipi saya. kenapa ya dok?
    dan kenapa kulit saya gampang kusam ketika lebih dr 4 jam setelah cucimuka, (kembali coklat ketika kulit saya berkeringat atau berminyak)

    *saya tidak memakai krim pagi, karena krim pagi membuat jidat saya terlalu kinclong (bisa dibuat ngaca itu jidat dok :( huhuu ) mohon bantuan saran dan solusinya dok. terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin kulit dahi ya belum mengelupas ya..jadi warna Lebih gelap.. Klo pake krim malam, sunscreen wajib dipakai ya..Biar gak gelap mukanya

      Delete
  2. Salam dok.. saya shavo,23th. sudah hmpir 2bln ini,kelamin saya terasa gatal. awalnya panas&gatal lama2 timbul bintilan kecil dikepala penis. tdk skt,hanya gatal. saya tdk pernah berhubungan badan. sudah sempet saya periksakan ke dokter spKK,diberi salep & obat tp blm ada perubahan. sekarang bintil&gatalnya sudah nyebar ke kulit telor. mohon bantuannya. trims.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wh bisa macam2 penyebabnya ya.... Coba jangan pake sabun antiseptic ya..Biar gak terlalu kering...kering bisa memicu gatal...

      Delete
  3. Hi Dokter, nama saya Nina, Saya sedang hamil 6 bulan. Pada saat usia 4 bulan saya baru menyadari (atau mungkin juga baru numbuh) ada seperti daging seperti nonjol dan tajam ada 3 buah berurutan dan di antara vagina dan anus ada daging tumbuh berwarna kemerahan. Yg ingin saya tanyakan apakah ini merupakan kutil kelamin? Apakah berbahaya ke Janin saya? Saya baca di beberapa artikel di internet bahwa nanti bisa menyebabkan penyakit kanker leher atau kepala ke bayi saya nanti. Apakah benar dok? Dan apakah bisa di obati atau harus tunggu lahiran dulu ya? Mohon saran dan solusinya. Terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya kemungkinan kutil kelamin.... Biasanya sih disebabkan virus Hpv jinak.... Boleh Aja dikauter.... Biasanya klo Ada kutil, dianjurkan melahirkan dengan Caesar.... Sering mudah besar saat hamil ya

      Delete
  4. Halo dok saya dea 19th. Sejak kecil saya sering digigit nyamuk dan selalu digaruk hingga berbekas, sekarang sih bekasnya tinggal bekas hitam samar, sebenernya nantinya hilang sendiri tapi lama, hilang satu ada lagi yang baru, kalo mau cepat hilang apakah bisa pake v-beam? Kalo v-beam berapa dok kira kira?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Vbeam utk bekas merah ya... Untuk bekas hitam pakai laser nd yag.... Biasanya perlu 3-6 sesi

      Delete
  5. Halo dokter Susie.... Saya Via, salam kenal dok. Gini bu dokter, sblmnya kan saya gak prnh jerawatan, nah ini menjelang menstruasi tb" muncul jerawat yg super gede". Skrg bekas" jerawatnya merah dan lebar, itu knp ya dok? Kok saya lihat bekas jerawat tmn2 saya cm kecil dan hitam warnanya. Apa awalnya emang gitu dulu ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bekas jerawat yg sudah sembuh gak bisa diprediksi.... Ada yg jadi hitam, Ada yg jadi merah, Ada yg scar.... Tergantung kecenderungan seseorang....

      Delete
  6. Dr. Susie yg baik hati.
    saya mau tanya. saya pernah kena jengger ayam sekitar 5 tahun lalu. tp setelah ke dokter kelamin. di olesin cairan trus rontok dan hilang. setelah itu beberapa bulan kemudian mulai muncul lg tapi kecil dan hilang sendirinya. setelah itu hampir 4 tahun lebih tidak menunjukkan gejalanya lagi. yg ingin saya tanyakan, apakah tubuh saya sudah kebal terhadap virus tersebut? kl memang iya, amin puji tuhan. lalu saya skrg lagi dilema. saya lg sayang sekali sama kekasih saya dan ingin menikah dengannya. tp dengan kondisi seperti ini saya takut untuk mengungkapkan penyakit ini. Skrg P saya sudah tidak menunjukan adanya kutil, misalnya saya berhubungan dengan kekasih saya tanpa kondom, akankah dia tertular? apakah nanti saya bisa punya anak kl memang menikah dengan dia? apakah anak saya bisa bebas dari condyloma ini?

    maaf yah dok kl nanyanya terlalu banyak en sekalian curhat.. hehe
    makasi bu dokter Susie atas jawabannya.

    Viktor

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang sulit untuk mengatakan kpn sudah sembuh... Sampai sekarang tidak Ada kriteria Baku, malah Ada beberapa text book dikatakan sulit disembuhkan.... Tapi bila sudah Lebih Dari 1 tahun gak pernah kambuh, biasanya dapat dianggap sembuh... Tapi gak Ada yg bisa memastikan apakah tetap bisa menularkan...
      Pesen saya hindari seks pranikah.... Bila tak bisa menahan, tetap pakai kondom...
      Gak masalah dgn punya anak...

      Delete
    2. jd saya ms bisa punya anak yah dok.. puji tuhan. saya pingin sekali berkeluarga.. Btw Bu DOkter, virus condyloma ini bisa menular lewat air liur, darah atau sperma? Misalnya P saya sudah tidak menunjukkan adanya gejala atau inaktif, apakah tetep bisa menular ke pasangan saya? terima kasih atas jawabannya.

      Delete
    3. Gak Ada gejala bukan berarti gak bisa nularin... Krn bisa Aja subklinis...
      Ada kasus Hpv di lidah... Jadi mungkin Aja menularkan lewat air liur... Tapi biasanya pada keadaan Ada luka misalnya akibat French kiss

      Delete
  7. nama saya mira. Saya sdh menikah 1thn dan belum dikaruniai anak. Sehingga minggu lalu saya coba untuk periksa dan konsultasi dng SpOG. Pd saat dokter SpOG tsb memeriksa miss V saya, katanya banyak condilnya. Lalu saya diobati (ga tau namanya apa) dan terasa panas sekali. Karena saya kuatir, esoknya suami saya periksakan ke SpKK dan dokter SpKK tersebut berkata kalau suami saya bersih.

    Yang ingin saya tanyakan:
    1. Apakah treatment SpOG saya itu kauterisasi namanya?
    2. Apakah benar ada kemungkinan, suami saya tidak terinfeksi HPV
    3. Apakah pap smear bisa mengetahui jenis virus HPV yg menginfeksi saya?
    4. Mengingat kami belum dikaruniai anak, bagaimana solusinya?

    Terima kasih dok atas kesediaannya menjawab. Tuhan memberkati

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin bukan kauter, tetapi dengan cairan podofilin...
      Sulit memastikan suami...krn banyak infeksi subklinis... Maksudnya Ada Hpv, cuma gejala belum terlihat...
      Bisa Hpv typing kok.... Saat Pap smear... Ingetin Aja dokternya
      Obati kutilnya... Punya anak gak masalah kok...

      Delete
  8. Selamat malam dokter, saya Renata pasien dokter di Erha kemanggisan. sy punya keluhan tentang komedo disekitar pipi dekat hidung saya (di punggir/sela-sela hidung juga ada) yang terusssss muncul dan cukup banyak dok belakangan ini. Kalau dikeluarkan isinya seperti beras kecil2 berwarna putih/kekuning kuningan. Disamping penggunaan rutin krim2 dari Erha, bagaimana ya dok baiknya agar komedo2 ini dapat berkurang? pori-pori saya pun kelihatannya skrg semakin melebar.
    Trmksh dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. Renata coba pakai acne comedomal lotion ya...beli di erha... Pake malam aja

      Delete
  9. dok saya Roro 23 m, mau tanya ni, ko ditelapak tangan & kaki saya ada bintik merak banyak. gejalanya mirip dengan sifilis sekunder, memang sebelumnya saya pernah berhubungan dengan pacar saya. kalau memeng itu positif, berarti pacar saya itu yang telah menularkan kepada saya atau gimana tu dok ? mesalahnya saya belum pernah berhubungan selain dengan dia dok. mohon infonya dok. trimakasih

    ReplyDelete
  10. Dok,sy mau tanya merk dagang azelaic acid di indo apa ya?
    Apakah harus pemakaian tunggal atau bisa dipakai dgn bedak misalnya.trims.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Skinoren... Aza cream... Klo saya pasien jerawat gak boleh bedakan

      Delete
  11. Siang dok, sy Andi, sy sudah sunat, di Sekeliling kepala penis saya ada spots putih kemerahan tidak gatal dan tidak perih (di sekitar lubang kencing tidak ada). Ketika penis lemas kepala penis terlihat keriput sedangkan ketika ereksi kepala penis seperi ada retakan2. Kadang muncul putih2 seperti kulit mati, muncul cukup banyak dan sering sy kelupas (tidak ada bekas luka cuma kulit jadi kemerahan). tekstur agak menonjol. Dari yg sy ingat ada 3 kemungkinan penyebab hal ini:
    1. Dulu kepala penis sy pernah diolesi krim antijamur, dan mungkin tidak cocok atau krim terlalu keras kandungannya dan kepala penis sy sensitif
    2. Dulu sy termasuk jarang ganti celana dalam
    3. Kadang setelah penetrasi penis sy tidak langsung dibersihkan (bahkan sering ketika pakai kondom tidak langsung dilepas dalam jangka waktu cukup lama)
    Mohon pencerahannya dok, dan apa obat untuk keluhan sy ini.
    Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin kering...tapi bisa juga balanopostitis... Coba browsing dulu ya

      Delete
    2. Sy udah baca tp kayaknya bukan dok, karena sy ga merasa nyeri maupun gatal2. Browsing gambar emg agak mirip tp penis saya cenderung belang2, ada warna dasar coklat dan yg bermasalah berwarna kemerahan adan diliputi spot2 putih. Tekstur kasar dan agak menonjol (mungkin karena keriput/retak2). Dan sekarang pd bagian tsb jika saya sentuh seperti mirip kulit mati (agak kaku).

      -Andi-

      Delete
    3. Berobat Aja ke dokter kulit n kelamin terdekat klo gitu...Biar pasti

      Delete
  12. Dok saya mau tanya. Untuk menghilangkan bekas jerawat lebh baik pakai Elocon atau Glycore 10 % ? Dan apa kegunaan masing2 krim tsb ?

    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Elocon bukan penghilang bekas... Walau banyak yg pake krn bikin putih...tapi itu penyalahgunaan fungsi obat... Coba Aja pake glycore

      Delete
  13. Pagi dokter susie :)

    Saya sita, usia 23 tahun. Sejak SMP kelas 3 ( sekitar umur 14 tahun), saya divonis terkena penyakit alopecia. .. Dimana terjadi kebotakan di rambut akibat alergi makanan tertentu. Apakah dokter bisa membantu memberikan postingan di blog mengenai penyakit itu? Hehehe mmg saya sudah ga botak kg dengan brenti makan telur. Tapi saya tetap msh penasaran dengan penyakit tersebut.

    Thank you :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe... Saya mesti baca lagi apakah bisa disebabkan alergi makanan... Soalnya jarang.... Biasanya krn stress, daya tahan menurun, nutrisi kurang, pasca trauma... Nanti yaaaaa

      Delete
    2. Iyaaa..gpp kok..hehehehe

      Waktu itu jg kaget kok bisa botak2 di kepala. Sampe dsuru tes darah segala tapi hasilnya baek2 smua..akhirnya dibantu dengan suntikan di setiap daerah yang botak + brenti makan seafood n telur (kata dokter yg menangani saya mayoritas penyebab munculnya alopecia rata2 karena kebanyakan protein dari telur / seafood).

      Sampe skrg masih penasaran dan yg menderita penyakit ini cm sedikit ya dok? Apa tidak bisa dihilangkan sama sekali?hehehe

      Delete
    3. Hehehe gak juga sih...penyebab bisa macam2... Alergi, stress, ganggu an hormonal, penurunan daya tahan, autoimmune, dll... Klo penyebab ketauan bisa hilang kok... Gak ketauan juga tetap bisa di terapi...

      Delete
  14. hallo dok, sy Rika 24th. dok sy punya masalah dng kondiloma yg membandel. 2 bln lalu sudah pernah di kouter.tp pada bekas kouternya itu tumbuh lg dan sy periksakan lagi. kmdian diberi resep podofilin,karena susah di dapat diberi resep satu lagi yaitu TCA.
    setelah sminggu saya obati, bukannya malah rontok atau berkurang tp malah makin tumbuh subur dan banyak.sy hrs bgmn lg dok?bgmn klo kondi nya sampe masuk k serviks?
    mohon sousinya ..
    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selain terapi, coba minum obat utk ningkatin daya tahan... Pilihan lain dgn cryotherapy...

      Delete
  15. Halo, dokter ... nama saya Novi. Saya ingin menanyakan podofilin dijual dalam merk dagang apa ya? Juga TCA dijual dengan merk apa ya, dok? apakah bisa dibeli dengan mudah? Terima kasih banyak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak dijual Nov...biasanya apotik rs bikin sendiri utk dokter

      Delete
  16. Selamat siang dok, saya niky...
    lokasi saya di jogja, yg saya mau tanyakan sebenarnya soal bapak yg sakit dok..
    bapak saya sakit gatal2 bintil hampir diseluruh tubuh(tangan,badan,kaki,kepala), bintilnya tidak berwarna, tidak berair dan tidak menonjol, melainkan berada dibawah permukaan kulit..
    bapak tidak memiliki alergi makanan, debu atau cuaca. hanya saja gatal2 itu tetap ada sampai saat ini kurleb sudah 10tahun...
    kami sudah pernah kunsul ke dokter lalu di cek darah, hasilnya dikatakan darah normal, yakni
    (leukosit: 14,3 rb/mmk,
    trombo: 603 ribu/mmk,
    erytrosit: 4,8 juta/mmk,
    hematokrit: 45%)
    kemudian kami ke dokter spkk di rs panti rapih, diberi obat racik cair botol dan Talion..
    namun hingga saat ini bapak masih tetap gatal2 dok, saya kasihan melihat kulit bapak yg bintil gatal tersebut... sebenarnya apa yg terjadi terhadap bapak saya ya dok..
    mohon sarannya bu dokter.. terima kasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sorry ya lama jawabnya..lagi sibuk banget...
      Penyebab bisa macam2... Bisa prurigo.. Coba cek kadar eosinofil darah Dan IgE total ya...

      Delete
  17. dok kalau mau beli krim dokter untk jerawat gmana cara.ny?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak bisa beli bebas... Tapi kamu bisa coba ke erha, skg Ada yg bisa dibeli bebas lho

      Delete
    2. dok kl ekstrakseluler diplococcus gram negatif(-)mskdnya ap ya?apa kuman go uda kebal diindonesia dengan antibiotik?

      Delete
    3. Biasanya kuman GO yg udah keluar Dari sel yg pecah... Gak juga..klo takut resisten harus uji resistensi Dari kultur

      Delete
  18. Met malam dokter Susie, saya Hendi berusia 26 tahun. Awalnya dulu saya pernah konsumsi antibiotik dlm jumlah banyak (sekitar 4-5 macam sekaligus dlm 1x terapi,diberikan 2-3 thn lalu krn terkena H-pylori. sejak itu daya tahan tubuh saya jadi menurun (cd4 sekitar 500an) dan jadi lemah. Sekarang cd4 sy sudah normal (986) dan kondisi tubuh juga sudah hampir mendekati kondisi awal. Masalah yg tersisa adalah sy didiagnosa terkena infeksi jamur malasseiza & candida albican (melalui tes kerik kulit), kelenjar minyak sy jadi overaktif sekali(sedikit bergerak/aktifitas langsung menimbulkan bisul2 di muka, kepala, leher, tubuh, sampai paha).Saat ini dokter memberikan ketoconazole 200mg selama 4 minggu namun sensifitasnya belum hilang (bagian punggung dan paha hilang, kemunculan di wajah dan kepala masih peka sekali).Pertanyaan saya :
    1.Apa yg mesti sy lakukan?krn saya mulai tertekan secara psikologis akibat kemunculan bisul2 diwajah dan sekitarnya (malu dok karena muka saya belum pernah seperti ini). Saya jadi seperti orang jerawatan di seluruh muka padahal saya tidak pernah jerawatan sebelumnya.
    2.Penyakit / gangguan apa saja yg dapat menyebabkan overaktifnya kelenjar sebasea?selama ini saya memang sudah pantang makan kacang, lemak, gorengan, cabe dan sebagainya. Sehingga kalau dari segi makanan juga sudah terbatas kemungkinannya.

    Sori dok klo penjelasan saya sangat banyak, semoga dokter tidak keberatan membacanya. Thanks dok, dan mohon bantuannya.GBU n fam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa dipicu oleh stress Dan hormon.... Btw punya faktor risiko HIV? Misal pengguna obat, homosexual, dll... Buat jaga2.... Selain cek cd4 pernah cek yg lain gak ya?

      Delete
  19. dok...saya alex,, sepertinya saya mau konsultasi ke dokter karena saya khawatir ini virus HVP di tubuh saya.. dulu saya pernah nanya tentang benjolan yg ada di pangkal batang penis dekat rambut, saking penasarannya saya lihat gambar ternyata skin tag, permasalahannya skin tag itu pecah dan ternyata keluar darah,, skrng bentuk benjolan itu mirip sama hvp.. saya serem dok... kira2 bisa bertemu kapan ya dok???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin pyogenic granuloma ya.... Coba kamu telp rspi puri indah Dan pondok indah untuk sesuaikan jadwal kamu...

      Delete
  20. Dok saya Riri, 29tahun, saya hanya melakukan hubungan seks dengan pasangan saja. 4 hari yang lalu vagina saya terasa gatal, kemarin lusa saya cek dengan kaca ternyata ada seperti 2-3 daging tumbuh kecil (tipis, paling besar kira2 2mmx3mm) di lipatan tersembunyi di bawah dekat lubang vagina.

    Kemarin saya ke dokter SpKK, kata dokternya bentuknya spt kutil mungkin juga bukan krn msh dini, oleh dokter dioles,rasanya panas,kata dokter akan lepas dalam wkt 3hari, dan diberi betadine bila berdarah setelah lepas. Setelah saya cek di rumah warnanya menjadi putih.

    Padahal saya sebelumnya sudah merencanakan utk vaksin hpv gardasil, di akhir minggu ini.Saya srg keputihan, bbrp kali di cek ke lab tdk ada tanda STD, terakhir bulan mei di prodia yg postif ditemukan sel ragi (sekret vagina, jamur KOH 10%), batang gram positif berukuran besar +++, nugent score 1, yg lainnya normal dan juga pernah test HPV DNA hasilnya negatif bulan mei lalu, dan test pap smear terakhir normal, pasangan saya juga tidak ada keluhan di kelaminnya.

    Dok apakah msh bisa saya cek lab, benjolan yg sudah dioles ini benar kutil kelamin atau bukan? Apakah mungkin benjolan ini krn keputihan, krn keputihannya sering membendung dibagian tersebut? Apakah vaksin gardasil msh bisa berguna untuk pencegahan kutil kelamin selanjutnya, kalau ternyata saya skrg benar mengidap kutil kelamin? apakah kutil kelamin dapat hilang dr tubuh virusnya?

    Saya juga ada wasir dan sedang kambuh dan terasa gatal, mungkin tergesek krn banyak berjalan (biasanya hanya terasa sakit, tidak gatal), kemarin dokternya bilang tidak ada yg mencurigakan spt kutil di situ, dan diresepkan faktu ointment untuk gatalnya. apakah sekitar anus saya beresiko tertular dari vagina? Apakah ada cara pencegahan agar tidak tertular?

    Maaf ya dok kalau pertanyaan saya panjang dan terdengar paranoid (tidur ga nyenyak mikirin ini dok). Terima kasih dokter.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tes Hpv DNA di ambil sample darimana? Klo gak pas kena kutilnya pasti negatif...
      Vaksinasi tetap bisa di lakukan walau dengan riwayat kuitil... Berguna utk pencegahan berikutnya...
      Wasir dengan kutil beda bentuknya.....

      Delete
    2. Dear Dr. Susie

      Sy Tya 23 tahun (gadis)tinggi badan 165 cm berat 62 kg, sekitar seminggu lalu sy sedang belulur badan sendiri, kemudian ketika membersihkan bagaian pangkal paha, tanpa sengaja menyentuh labia minora, kemudian sy merasa janggal, sy cek dengan mengunakan kaca dan foto lewat hp. Ternyata ada banyak benjolan kecil 2-3mm di libia minora dan diikuti keputihan. Indikasi yang sy rasakan tidak gatal, tidak perih saat buang air kecil, sama sekali tidak terasa. Saya kuatir dok, sehingga sy browsing di internet, tapi semakin banyak tahu semakin binggung dan takut "apa sebenarnya ini?". Sejak itu sy mulai menjaga kebersihan, dalam sehari minimal 3x ganti cd dan malamnya tdk pakai.
      Kira-kira apa yg harus sy lakukan dok? Terima kasih

      Delete
    3. Cek ke dokter Aja Biar pasti..bisa Aja cuma vestibular papilomatosis..ini normal... Klo pernah kontak seksual baru mikir penyakit kelamin sih

      Delete
  21. pagi.dok
    nama saya TOni...2Tahun yg lalu...saya kena herpes...tapi sudah sembuh..tapi ko skarang ada banyak benjolan kecil di sekitar anus...dan skarang kalo di gigit nyamuk langsung bentol dan gatal banget..di garuk sampai luka..tapi bekasya hitam...trus juga pernah di tlapak kaki..kaya mata ikan...apakah penyakit herpes saya kambuh lagi...kira2 obatya apa dok..trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Herpes biasanya tumbuhnya di tempat yang sama dengan sebelumnya... Klo di telapak kaki sih bukan herpes... Klo digigit nyamuk mudah hitam biasanya sih prurigo... Paling gampang hindari Aja gigitannya.... Berobat Aja ke dokter terdekat supaya jelas Sakitnya apa

      Delete
  22. nama saya chris umur 36 tahun apakah vaksin HPV masih ada manfaatnya untuk saya yang sudah terinfeksi virus HPV, tanggal 29 dec lalu habis operasi kutil kelamin, kapan waktu yang tepat untuk vaksin ?mohon penjelasannya dok, terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh kok...cuma gak fungsi untuk mengobati kutil lama ya... Efektif mengurangi risiko infeksi baru...

      Delete
  23. hallo dok, nama saya dian, umur saya 19 tahun....
    beberapa hari yang lalu d batang mr.P saya ada bentol kecil dok, awalnya sih cuma satu, tapi sekarang udah banyak banget dok, udah nyampe kepala mr.P saya (saya disunat dok), trus udah nyampe ke buah zakar juga, dan di lipatan antara paha dan mr.P juga ada satu dok, kalo di pegang ga krasa dok, tpi terkadang rasanya gatal banget dok........
    warnanya, klo di mr.P saya menyerupai warna kulit dok, tpi kalo yang laen gatau dah soal a ga kliatan dok.........
    yang mau saya tanya, itu penyakit apaan ya dok??
    penyebabnya apa dok??
    apa ada kemungkinan bisa sembuh dengan sendirinya??
    kalo emang bisa, itu kira2 berapa lama ya dok??

    makasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba browsing molluscum contagiosum, scabies ....apakah mirip dengan salah satu penyakit tersebut? Bila tidak, langsung ke dokter kulit Dan kelamin terdekat ya..

      Delete
    2. kalau dari bentuk a kayak nya lebih dekat sama molluscum contagiosum deh dok......
      tpi saya masi bingung dok, ini kan ada yg udah pecah dok, tpi bintil a ga ilang dok, cuma kulit a doank yang terkelupas gitu, terkadang yang pecah rasa a perih dok........

      kalo emg bner molluscum contagiosum perawatan a gmn ya dok?

      oia, maka a mulai bnyak mnyebar ktika cd saya basah dok, soal a khujanan sharian, mlam a pas sampe rumah baru saya ganti, eh tiba2 aja udah nyebar.....

      Delete
    3. Coba ke dokter kulit terdekat Biar pasti.... Klo molluscum paling cepet dikeluarin isinya..biasa pake laser..atau cryotherapy

      Delete
  24. Malam Dok nama saya Jessie. di vagina saya di arah masuk ke dalam lubang vagina, tepat dibawah klitoris ada bintil kecil yang tumbuh. cukup keras, namun warnanya sama dgn warna vagina. kalau sedang beraktivitas tidak sakit dok, tapi kalu buang air kecil kalau melewati bintil tsb, akan menyebabkan terasa ngilu dan terasa ingin buang air besar tapi tidak bisa. sudah hampir 2 minggu saya menyadari ada bintil tersebut. kadang area disekitar bintil itu gatal sedikit. dan sejak ada bintil itu, saya tidak lagi bisa menahan kencing. saya sudah 1 tahun tidak berhubungan badan dgn org lain. dulupun tidak sering. saya barusan ke dokter kandungan, beliau bilang itu tidak seperti kutil kelamin, lagipula warnanya sama dgn vagina. kamudian saya dirujuk ke dokter kulit kelamin untuk di cauter, namun dokter tsb (entah karena mata beliau sudah tidak fokus/plus atau karena warnanya sama dgn vagina) tidak dpt melihatnya. saya cuma diberi vitamin truxanthin yg harganya mahal, dan biaya kedua dokter hampir 300rb total hampir 450rb tapi cuma ini yg saya dapatkan. padahal menurut saya memang ada sesuatu karena terasa beda dgn sebelum bintil ini tidak ada.. mohon jawabannya Dok, saya kalut.. karena uang saya terbatas dan saya baru mulai 1 bulan bekerja. saya takut kalau ada apa2.. terimakasih banyak Dok..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya sulit mengatakan itu apa... Coba cari second opinion ke dokter kulit Dan kelamin lain ya yang terdekat dengan kamu.... Kutil masih mungkin...

      Delete
  25. Dok, saya nana di limpung, batang..
    Saya mau tnya, di bagian vagina saya ada benjolan seperti daging tmbuh..
    Awal mula nya mngkn krna saya keputihan, merasa gatal di daerah vagina, sring saya garuk dan saya diamkan.. Setelah agak lama, ada benjolan seperti kutil (daging tumbuh) di daerah vagina saya..
    Tadi nya 1 dok.. Saya g tau itu apa, saya klupasin smpe berdarah, dan sekarang jdi tmbh bnyak dok.. Sekitar 7.. Pdhl skrg saya sedang hamil 6-7bulan..
    Itu krna apa ya dok?? Kutil kelamin kah atau penyakit dok?? Berbahaya atau tidak?? Mmbahayakan janin saya atau tidak dok?? Cara pengobatan nya bgaimana, krna di daerah saya dokter kulit dan kelamin nya cowok, jdi mau periksa malu.. Trima ksh dok..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tetap kemungkinan besar adalah kutil kelamin... Periksa ke dokter dech untuk mastiin...gak usah malu walaupun ke dokter laki, khan tujuannnya mau berobat.. :)
      Klo bener kutil, yang paling aman untuk kehamilan adalah dengan TCA ya

      Delete
  26. Hallo dok,nama saya is (nama samaran) saya 20 tahun dan saya seorang gay. Saya mau bertanya,sekitar sejak umur 19tahun lalu saya baru sadar ada benjolan kecil di dekat lubang pembuangan air kecil seperti jerawat. Tapi saya tidak pernah menghiraukannya. Kemudian baru-baru ini saya baru sadar kalo sering terasa ngilu dan didekat benjolannya itu ada seperti jerawat dan kalo dipencet keluar seperti "nasi" seperti jerawat di pipi. Yg saya khawatirkan adalah benjolan yg sering ngilu itu,warna nya putih tp hanya 1 saja. Saya takut dan malu periksa ke dokter. Dan kalau jika itu herpes apakah oprasi nya mahal? Kira2 berapa dok? Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Herpes klo dipencet gak eluar apa-apa... jadi mungkin bukan herpes... bisa saja molluscum contagiosum... Klo herpes gak operasi, tapi minum obta kok....
      \Periksa aja ke dokter terdekat ya biar pasti dan gak cemas

      Delete
  27. halo dok nama saya vivi umur 23 tahun di bawah bibir vagina saya ada benjolan awalnya warnanya sama dengan kulit tp saat ini benjolannya menjadi warna putihputih. itu apa ya dok? kista atau kutil kelamin? dan benjolan tsb bisa kempes tidak. terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin moluscum klo ukuran kecil dan putih...coba browsing dulu ya

      Delete
  28. Hi dok, saya dave di jakarta, umur 28 thn. Mau bertanya apa bedanya hpv dan molluscum dari bentuk dan warna nya.. Karena sering shave manual rambut kemaluan saya, terakhir saya baru sadari ternyata timbul seperti kutil warna hitam dan berupa benjolan, dari situ saya sudah tidak berani shave lg. Bisa bantu untuk lokasi praktek dan jam praktek, serta no yang bisa dihubungi untuk arrange schedule, karena saya mulai risih dengan hal ini.. Dan apabila pasca kauter, saya mau vaksin hpv bisa? Mohon jawabannya. Terima kasih bu Dokter.. And get well soon dari sakitnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beda...dokter biasanya Lebih bisa membedakannya... Molluscum permukaannya licin biasanya.
      Ke rspi puri indah Aja..telp 25695222
      Belum tentu juga kutil khan? :)
      Vaksinasi Hpv bisa saja, bahkan pada pasien yang sudah menderita kutil.

      Delete
    2. Terima kasih Dok, jadi saya telp ke 25695222, dan buat janji untuk bisa disesuaikan jadwal Bu Dok. Thanks a lot.

      Delete
  29. halo dok nama saya abi, belum menikah..
    Gini dok, di sekitar lubang bagian dalam penis saya (masih bs dilihat ga begitu dalam) sudah 2 hari ada semacam jerawat berwarna merah dan sepertinya lecet terasa sakit kalo di pegang bagian itu, 2 hari sebelumnya saya habis onani.. Apakah itu berbahaya dok.?
    Mohon pencerahanya dan pengobatanya.. Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah penyebab bisa macam2... Infeksi biasa juga bisa...
      Coba krim antibiotic dulu Aja...klo gak sembuh, bobcat ke dokter terdekat ya...

      Delete
    2. apa nama krim antibiotic nya dok, dan apakah tersedia di apotek2.?

      Delete
    3. Sya gak sebutkan merk di blog...cari Aja yg isinya mupirosin atau Asam fusidat

      Delete
  30. malam dok saya didin,,,, mw nanya biaya operasi cauter kondiloma di anus sekitar brpa yah dok?
    terus kalo jalani operasi itu wktunya brpa lama dok? makasih yah dok,, ditunggu banget jawabanya dok..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biaya dan lama tindakan tergantung banyaknya.... Klo banyak banget kadang gak bisa sekali bersih...
      Berbau bisa krn infeksi..

      Delete
    2. kalo lumyan banyak, kira2 brapa yah dok,, untuk sekali operasi....
      ngurangi baunya itu gmna dok?.. makasih dokter...

      Delete
    3. oh iya dok.. untuk rumah sakit di Jkarta yg biaya cauter nya murah di mna yah dok.. maksih dok...

      Delete
    4. Coba ke rumah sakit pemerintah, misalnya rscm, fatmawati atau tarakan.... Langsung Tanya harganya di sana ya...krn range bisa sangat besar... Bau krn infeksi... Coba Bersihkan dgn sabun betadine dulu... Klo gak sembuh, hrs ke dokter supaya dievaluasi Lebih jauh ya..

      Delete
  31. halo dr Susie, saya Lise 18 tahun. mau tanya, ada benjolan seperti jerawat di daerah rambut kemaluan saya dan ditengah benjolan terdapat mata berwarna hitam. kalau diperhatikan benjolan tersebut bertambah besar dan berasa sakit. sebenarnya itu apa ya dok? bagaimana cara menanggulangi nya? ditunggu responnya dok, terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan paling besar adalah kista atherom.... Harus ke dokter ya

      Delete
  32. dok, saya nina sedang hamil 34minggu. pada minggu ke 32 sempat keputihan dengan gumpalan tepung berwarna kekuningan dan gatal. saya periksa ke dktr spkk diberi obat canesten sd dan obat salep untuk gatal. skrg keputihan saya warna nya sperti susu dan berlendir, tanpa gumpalan. sekitar 3 hari ini saya liat di labia minora saya ada semacam benjolan runcing kecil, satu benjolan kalo di sentuh rasanya sakit sekali seperti kena silet. tidak terasa gatal dan warnanya sama dg warna labia minora saya. klo saya liat di daerah tersebut memang kulitnya agak kasar teksturnya tpi yg saya takutkan benjolan ini mungkinkah gejala kutil kelamin dok? saya tidak pernah berhubungan selain dg suami dan apakah mungkin virus hpv bs di dapatkan tanpa melalui hubungan seksual? terima kasih infonya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hpv menular lewat hubungan sexual... Tapi biasanya gak sakit...
      Jangan nebak2 ya, segera ke dokter kulit Dan kelamin Aja klo cemas...

      Delete
    2. benjolannya jadi ada matanya mirip jerawat dok, saya pencet,sekarang sudah hilang dg sendirinya. rencananya saya mau cek ke spog saya dulu ttg keputihannya juga. kalo keputihan saya sepertinya balik lagi karena ada gumpalan2 seperti tissue kena air dan banyak yg menempel di dinding vagina saya kalo saya lihat dg cermin. apakah kalo kehamilan tua memang sering kambuhan ya dok? sya memang smpat drop karena demam kemarin dan setelah itu keputihannya muncul lagi. Dok, saya sebelumnya sudah konsul ke dktr spkk ttg keputihan, kalo msh bisa melahirkan normal tanpa mengganggu bayi saya atau tidak ada dampaknya. Benarkah begitu? maaf panjang sekali. terima kasih dok untuk tanggapannya.

      Delete
    3. Keputihannya kemungkinan krn jamur...krn pengaruh hormonal..bisa juga waktu sakit dpt antibiotic jd jamur Malah tumbuh...
      Klo soal persalinan, tergantung penyebab keputihan..tapi paling tepat tanyakan pd spog kamu ya...
      Klo yg kayak jerawat, mungkin Aja bisul biasa... :)

      Delete
  33. Halo dokter saya ryan udah 6 bulan belakangan ada benjolah di daerah mulut lubang anus saya dok, gak sakit sih kalau gk dipencet, sebulan terakhir ini mulai rada gatal dok, awalnya benjolan itu msh agak dalem tp skrng udh rada kluar jdi dia kayak tumbuh sbulanan ini menjalar kluar gedenya sih sy rasa ttp aja sama kyk pertama muncul, kebetulan sy seorang homosex stiap ingin melakukan dgn psangan pas bersih2 terasa bgt benjolannya, itu kutil kelamin atau wasir yah dok? Tp benjolannya cmn satu aja gk nambah, dan alhamdulillah sy blm liat ada yg tumbuh didaerah lain. Benjolannya muncul dibagian kanan anus saya dan sy rasa anus sisi kanan sy jdi rada tebelan dagingnya dok. Itu wasir apa kutil yah dok? Apa pasangan sy jga bsa terinfeksi? Kalau msalnya itu kutil HPV bsa diobatin gak? Sy harus vaksin yah? Vaksin sama kauter itu berapaan dok? Hehe saya masih mahasiswa dok soalnya ehhehe makasih dok. Mohon respon dan bantuannya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya wasir ya... Biasanya permukaan halus kayak kulitnya lebih Aja...klo kutil permukaannya kasar... Klo ragu, cek ke dokter terdekat ya... Biasa vaksin bervariasi...coba langsung Tanya ke klinik atas rs...

      Delete
  34. Dok saya andri 32 tahun. Di leher penis saya muncul kutil seperri jengger ayam muncul di 3 titik yg berbeda. Terus di kepala penis juga muncul titik2 hitam gitu. Kalau dilaser atau di cauter berapa lama ya dok? Apakah ada pantangan tidak boleh berhubungan sex setelah cauter? Berapa kira2 biayanya ya dok? Tem kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cepet...diolesi krim kebal 30-40 menit, pengerjaan paling 10 menit... Biaya bervariasi... Dri beberapa ratus ribu sampai sejuta lebih...

      Delete
  35. Halo Dok, saya Tom, kutil kelamin saya dah pernah di kauter, tapi masih ada 2 titik yang ditinggalan..
    Kalau saya tidak mau dikauter lagi, dan ingin coba dengan podofilin saja.
    Boleh saya minta direkomendasikan apotik yang mana untuk bikin podofilin ? Yang reliable lah.
    Terima kasih.

    ReplyDelete
  36. Dok, saya Dora umur 24 tahun saya ingin menanyakan Ada benjolan divagina sayaa seperti jerawat... Keras, putih, seperti jerawat
    Itu knp ya dok
    Makasih dok

    ReplyDelete

Sebutkan nama terlebih dahulu, bila ingin mendapatkan respons...thank you.. Tanpa nama akan langsung saya hapus ya......

Note: Only a member of this blog may post a comment.