Halo semua rekan yang tertarik dengan kesehatan kulit, semoga artikelnya berguna... Ditunggu selalu komentar dan inputnya... Khusus untuk intermezzo, adalah pengalaman unik selama praktek yang menurut saya cukup menarik untuk dishare... Happy reading...

Wednesday, November 28, 2012

Cacar air on Delta FM 99.1 sore ini yaaaaaaa

Stay tune on Delta FM jam 5 sore ini yaaaa...
Kita bincang bincang tentang cacar air......

53 comments:

  1. dok bisa pesen isotret/Accutane 15 kapsl aj dr dokter? Kalo bisa email ya dok wisnuyosa@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh saya gak jual roaccutane... Coba di apotik roxy

      Delete
    2. nama saya eddy dok, apakah roaccutane boleh dikonsumsi bebas ??thanks

      Delete
  2. Dokter,sy keysha.dah sminggu ni pk vitacid 0,025.g da ngelupas,g perih jg.yg ada jerawat jd byk+gd2 pula,komedo,kulit jg tlihat kusam.
    Dokter..jerawat&komedo ni bolehkah dbersihkan?maksut sy,difacial?ato dbiarkan saja?
    Makasi dokter utk jwbanny..gbu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang realsi pakai tretinoin adalah muncul jerawat kecil2.... Klo di facial dengan benar bisa membaik... Tapi hanya boleh untuk Komedo... Jerawat besar sebaiknya disuntik... Klo yg ngeluarin Komedo gak bener, juga bisa jerawatan ya

      Delete
    2. dokter saya david,bolehkah saya hanya facial di klinik erha tanpa menggunakan obat dari dokter??apakah facial itu diperbolehkan untuk segala jenis kulit wajah??
      thanks atas jawabannya

      Delete
    3. Boleh.... Walau pun bisa utk semua jenis kulit, tetap Ada risiko gak cocok dgn krim atau masked yang digunakan ya

      Delete
    4. efek dari masker yang ga cocok itu apa dok??
      jadi sebaiknya bagaimana agar kita mengetahui facial dimana yang cocok buat kulit kita??thanks

      Delete
    5. Jadi merah Dan gatal tetap mungkin terjadinya...tapi jarangggg banget...
      Coba Aja ya....

      Delete
    6. oh begitu dok,tapi mau tanya dok apakah jerawat itu sewaktu di facial boleh dipencet gitu??apakah untuk facial di erha semua jenis masker dan sabun yang digunakan itu sama untuk semua orang?thanks

      Delete
    7. Yg boleh dipencet cuma Komedo.... Gak sama

      Delete
  3. Halo Dok, saya Sari salah satu pasien di erha kemanggisan. Saya memakai erha sudah cukup lama, skitar 2 tahun. Terahir, sy bepergian ke luar negeri selama 2 mggu ketika musim dingin, n stelah pulang, muka sy yg biasanya bersih menjadi berjerawat. Sy melanjutkan perawatan dg krim AMG1 erha 7 n CC25 erha 6 serta totol jerawat AG2 namun sudah ampir 1 bulan jerawat tdk sembuh juga. Ahirnya sy kontrol lg ke dokter n diberikan AMG6 erha7 n CC50 erha 6 serta obat jerawat AL1 serta dokter ybs menganjurkan tindakan BHA peeling minggu depan. Apakah mnurut dokter sy perlu melakukan BHA peeling pdhl sy masih berjerawat? N bekas jerawat sy di daerah pipi kanan masih tumbuh jerawat baru pdhl sudah pake AL1, apa pemakaian AL1 trus sy lanjutkan? Saat ini di muka sy tetap tumbuh jerawat kecil" serta bruntus pdhl rajin memakai krim diatas. Apa pemakaian krim ttp sy lanjutkan? Mohon penjelasannya. Terima kasih banyak dok :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Peeling BHA tujuannya untuk ngeringin jerawat.. Boleh Aja...
      Klo jerawat muncul trus di tempat yang sama biasanya krn Ada debris, sisa jerawat kecil yang keras, ini hrs dikeluarin Biar gak kambuh...
      Untuk pertanyaan lain sebaiknya diajukan ke dokter kamu ya...beliau yang paling tahu alasan pemberian krim krn beliau yang liat langsung kondisi kulit kamu

      Delete
  4. Dok sy rahma, 27 taun ada mslh jerawat timbul n tumbuh di daerah yg sama (pipi n dagu) pdhl telah memakai AL1. Lebih ampuh mana AL1 dg AST? Sy saat ini minum obat lutenyl, obt hormon krn krista. Mohon bantuan dokter, apa jerawat sy muncul d tmp sama krn pengaruh obt hormon?apa sy hrus ttp btahan memakai AL1?dr di erha bdg mengajurkan sy peeling, apa bgs peeling saat berjerawat. Trima kasih dok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Obat hormon berisiko memicu jerawat.
      AL1 Dan AST sama 2 bagus..cuma hasil sangat individual..biasanya AL 1 Lebih mengeringkan..
      Mungkin dokternya menganjurkan peeling jerawat..BHA ...bagus kok

      Delete
    2. Okay Dok makasi atas jawabannya. Sy ada ptanyaan lain, bagian bekas jerawat warna merah gpp dgn peeling jerawat BHA? sy juga disarankan DPC Facial. Mana yg lebih baik BHA peeling dulu atau facial dulu? Oya, lingkaran hitam bawah mata sudah diobati namun tetap ada, sebaiknya bgmn? Trims, Dok. Sukses selalu, Dok.

      Delete
    3. Peeling dulu baru facial....
      Kamu sering bersin? Klo iya, lingkaran hitam bawah mata pasti sulit sembuh...bisa coba filler

      Delete
    4. Iya dok sering bersin di pagi hari. Apa hub nya ma lingkaran hitam ya? Filler itu apa ya dok? Trims infonya.

      Delete
    5. halo dok saya david, mau nanya obat jerawat minum namanya accutane apakah boleh diminum bebas?saya dengar katanya sangat ampuh,mohon infonya dok,trima kasih..

      Delete
    6. klo sering bersin, biasanya lingkaran mata lebih gelap karena bendungan aliran darah balik
      Filler artinya disuntikkan obat yang b erfungsi mengisi celah yang kosong...pada dark circle, selain cekungan berkurang, warna gelap biasanya juga membaik

      Delete
    7. Accurate boleh diminum di bawah pengawasan dokter ya...krn obat keras

      Delete
  5. Hai dok, sy eddy 28thn.
    Sy mau tanya,perut sy sebelah kiri belakangan gatal dan bentol2 kyk biang keringet. Stlh bebrp lama kulit jd terasa kasar dan bewarna lbh gelap. Sy cek ke dokter umum ktnya kulit kering dan kasi medicated lotion aja. Mnrt dokter gimana?
    Terima kasih sblmnya,
    Eddy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo bener kulit kering...dengan pelembab Akan sembuh kok... Jangan pakai sabun kesehatan ya

      Delete
  6. Halo dokter, saya Putra, 21 tahun. Saya baru 2 minggu kemarin menjadi pasien Erha di surabaya dengan keluhan wajah kusam dan bekas jerawat. Kemaren obat yang diberikan: AMG3, AF2,Erha 6,CC 5. Yg saya ingin tanyakan: adakah dari obat tersebut yang mengandung kortikosteroid dok? Apakah penggunaan kortikosteroid potensi rendah (secara topikal) bisa menyebabkan moonface dan talangiectasia dok? Mohon dijawab ya dokter :D terimakasih, God Bless.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada di amg3... Boleh dipake..cuma jangan kelamaan... Gak moon face... Telangiektasia masih mungkin klo kelamaan

      Delete
  7. Malam, dokter Susie :)
    sy tien, 25 thn, blm menikah.
    Dok, sy sdh mengalami keputihan sejak SD/SMP dl sjk mens pertama. krn krg jaga kebersihan dan sering lembab CD nya. sy baru sadar kl hal ini ga bnr bbrp bulan lalu.
    Keputihan yg pernah sy alami rasanya beraneka ragam, mulai dr yg rutin spt flek putih susu, serbuk putih susu, lendir putih susi, lendir kuning, parutan keju putih-kuning-sampai kehijauan,sampai yg lendir coklat atau lendir bening bercampur darah (yg ini cm bbrp hari hilang sndr).
    yg ingin sy tanyakan:
    1. Jk sy ingin tes lab utk keputihan sy, nanti bgmn prosedur pengambilan cairan miss V sy? apa yg mengambil dokter dan susternya? blh tidak sy sndr yg ambil cairan nya di toilet? sy pemalu akut dok.
    2. Adakah obat generik utk keputihan sy, dok? sy pernah dgr diflucan, dst2, tp sy tdk tahu obat mana yg cocok utk keputihan sy.
    3. apa dngn kondisi ini sy bs melakukan imunisasi pencegahan kanker serviks, dok?
    Sekian, dok :) terima kasih banyak :) sy sangat menghargai atas adanya kesempatan ini.
    Salam hormat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo saya, biasanya saya sendiri yg Ambil... Klo ke lab, petugas lab yang Ambil...
      Pengobatan harus sesuai penyebabnya..gak bisa asal minum obat ya
      Boleh vaksinasi...

      Delete
    2. Ooo...begitu... terima kasih atas jawabannya, dok :)
      hmm..sy pernah baca di internet katanya ada yg cek keputihan lewat USG, apa benar bisa dok?
      katanya tes lab mahal ya, dok? katanya sampai jutaan, apakah benar, dok?
      Dok, lebih baik berobat keputihan lewat deskripsi keputihan yg dialami kemudian diberi resep obat atau tes lab terdahulu baru dari hasil tes diberi resep obat?
      Terima kasih banyak atas jawabannya, dok :)
      Salam hormat.

      Delete
    3. Saya gak pernah pake USG....baca dimana?
      Gak mahal...kec cek klamidia....
      Mendingan cek dulu baru dapat obat...

      Delete
    4. Saya baca di forum hasil cerita dari pasien keputihan, dok. Katanya pasien yg bersangkutan krn masih virgin, ia dulu memeriksakan keputihan nya lewat USG (oleh dokter). Sedangkan ibu nya dulu2 sebelum ada USG dan masih virgin, memeriksakan keputihannya lewat sejenis alat yg dimasukan ke *maaf* anus.
      Dok, saat ini sy sedang mencoba mengkonsumsi jamu2an utk menyembuhkan keputihan, dengan resiko pengeringan rahim jika dikonsumsi terlalu sering. Mungkin baru saya kurangi/stop saat ada perubahan positif.
      Tanda2 keputihan yang sembuh itu seperti apa ya, dok?
      Dok, berhubung keputihan saya sudah sangat lama, tes apa yg harus saya ambil utk mengecek keadaan rahim atau organ2 di sekitarnya apa dlm keadaan masih baik atau sudah bermasalah. Adakah pengecekan utk itu bagi yg blm menikah (virgin), dok?
      Banyak2 terima kasih dok atas jawabannya. Terima kasih banyak :)
      Salam hormat.

      Delete
    5. Gak bisa cek keputihan lewat USG...kecuali klo dokter curiga penyebab Dari organ dalam, misalnya kista.... Atau utk melihat apakah Ada komplikasi Dari keputihan... Tapi USG tidak bisa melihat apakah penyebabnya bakteri, jamur atau parasite...
      Gak selalu hrs periksa organ dalam kok... Kecuali klo mau menikah dalam waktu dekat boleh lah untuk melihat kemungkinan penyulit kesuburan.... Biasa ke dokter kandungan ya

      Delete
    6. Sore dok :) maaf kemarin terputus lama :) kena banjir parah :(
      baru hr ini bs balik hidup normal :) tempat dokter bgmn? moga2 tempat dokter aman sentosa :D hehehe

      Ooo...begitu...jadi USG itu utk cek komplikasi dan utk mengetahui penyebab itu tetap harus dr tes lab... ooo...saya mengerti sekarang, dok :)

      Dok, blh tanya 1 lagi, dok? :D
      1. Vaksin kanker serviks kan ada 2 jenis, cervavix dan gardasil.
      ada dokter teman saya yang mengatakan kalo wanita tdk perlu vaksin2 ini krn vaksin tersebut hny dibutuhkan oleh wanita yang tidak yakin akan kesetiaan suaminya. Katanya begitu, krn itu teman saya batal vaksin krn dokternya tidak merekomendasikan. Apa benar seperti itu, dok?
      2. Jika utk wanita yg bukan krn takut penularan penyakit kelamin, tp hanya utk mencegah kanker serviks akibat keputihan kronis yg sudah lama, apakah vaksin ini bisa bermanfaat utk tujuan tersebut?
      3. Utk tujuan mencegah kanker serviks akibat keputihan kronis,kira2 vaksin manakah yg lbh cocok, cervavix atau gardasil?

      Banyak2 terima kasih dok :) maaf merepotkan dokter Susie terus :)
      terima kasih banyak, dok :)
      Salam hormat :)

      Delete
    7. Dokter lagi sakit? :D wah...dokter jg bisa sakit :)
      Yoda, gpp deh, dok :)
      Dok, terima kasih banyak atas jawaban2 kemarin ya, dok :)
      saya sangat menghargai semua jawaban dokter :)
      terima kasih juga atas waktu dokter :)
      semoga someday saya akan ngobatin keputihan ini :)
      terima kasih banyak, dok :)
      cepat sembuh ya, dok dan stay happy :)
      Banyak2 terima kasih :)
      Salam hormat :)

      Delete
  8. Hi dokter sy aida kmrn sy send komen jg di thread cacar airnya dokter tp blm dbles, sy sdg cacar niy dok dah dari sabtu yg lalu tp smp skrg msh bnyk yg blm kering, td sy priksain lg ke dokter kulit rspp tp ga dpt salep buat ngilangin bekas dimuka. Pertanyaan saya :
    1. Kpn salep penghilang bekas itu sdh mulai di pake?
    2. Kl mau priksa dg dokter di erha kemanggisan jadwalnya kpn?
    3. Sy sbetulnya jg pk erha tp sjk cacar sy brentiin. Pakenya amg3, af1, sabun acsbp > utk pagi/siang, kl mlm sy pake aftss+CC25..Apk obat2 itu bs dpakai utk menghilangkan bekas cacarnya at sbaiknya periksa lg?
    Dtunggu jawabannya yaa dok...tq..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo udh gak merah...Soalnya obat penghilang bekas klo dipake terlalu buru2 Dan cacar belum sembuh benar, malah suka merah Dan iritasi... Untuk Bantu spy bekas gak banyak, minum vitamin c dosis tinggi ya...
      Selasa 11-16, kamis 10-15
      Cc25 bisa ngilangin bekas...cuma mulai ya klo udh kering benar, tidak merah lagi ya

      Delete
  9. malem dokter. saya sofy. sok..mau tanya ni. suamiku usia , kulit menurutku normal. sedikit berminyak di daerah hidung. cuman dong..sekarang tu di hidungnya berminyak agk lebih g seperti biasanya, trus kan ada komedonya..kl dobersihin ndiri gtu pake tangan tu bau banget dok, g enak banget. kok komedo bisa beraroma si dok??apa penyebabnya ya doketr?/trus menurut doketr musti diapain?makasi dokter..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Soalnya kandungannya lemak.... Jadi bisa berbau agak tengik.... Klo mengganggu di facial aja

      Delete
  10. Siang dokter susie, saya ervine, 22tahun.. Mau nanya dok, saya dulu tidak pernah jerawatan sama sekali.. Tetapi akhir2 ini ga tau kenapa jerawat2 kecil muncul terus2an tiba2 dan komedo2 itam jadi banyak.. Di cobain pakai tea tree oil body shop jerawat jadi merah2 n ad bbrapa si yg kering, tapi muncul lagi ditempat lain? Apa memang reaksi na bgtu dok? Atau saya perlu ke dokter? N apakah diperlukan peeling? Oiya.. Ada beberapa bagian yang sudah kering, tapi berbekas merah dan ad lubang kecil? Perawatan apakah yg bagus untuk menghilangkan nya setelah treatment acne ini dok? Thanks before...

    Regards,
    Ervine

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin penyebab masih ada, jadi masih keluar terus
      Klo udh coba obat yang dijual bebas masih bermsalah, berobat aja ya
      Peeling jerawat kadang perlu dikerjakan...

      Delete
    2. Terima kasih dok advice nya.. Akan di coba ke dokter kulit terdekat..:)

      Regards,
      Ervine

      Delete
  11. halo dokter saya adi, seminggu lalu saya kgt ada darah di cd, setelah saya bersihkan tyt ada semacam jerawat/bisul di kulit kelamin di bagian bekas lipatan sunat yang sepertinya baru pecah. Lalu setelah saya cuci, saya kasih betadine dan bioplacenton. Sekarang sudah seminggu, itu masih ada disana, tidak gatal dan tidak juga sakit, sudah mengecil tapi masih ada seperti bintik kuning/putih ditengah benjolan kecil itu seperti mata jerawat. Kira-kira ini apa ya dok? trima kasih atas jawabannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba dech browsing molluscum contagiosum, apakah kayak gitu?Masih mungkin juga bisul beneran

      Delete
  12. Dokter, saya cicky.

    Kalau penggunaan tretinoin memang bisa menyebabkan spidervein kah?.. Kalau retinoid iti sama.dengan tretinoin atau beda ?

    ReplyDelete
  13. bukan spider vein...pada beberapa orang dikatakan menimbulkan telangiektasia...namun kemungkinan lebih jarang dibandingkan kortikosteroid...
    Retinoid golongan besarnya

    ReplyDelete
  14. dok nama aku icha,
    mau tanya donk, ak kan lagi minum ro accutane 10 mg tiap dua hari sekali, ini udah masuk bulan ketiga, tersu sama dokter ak, aku disaranin BHA peel. menurut dokter boleh ga sih accutan user melakukan peeling?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh Aja... Cuma pasti Lebih kering ya dibandingin yang gak minum roaccutane

      Delete
  15. Dok..sy Sakti, sudah 1.5bln ke erha dg keluhan jerawat kecil2 komedo n di dahi banyak banget bruntusan n jerawat. Pertama dikasih af5 pagi n amg2+af1 mlm. yg di pipi jerawat2 kecil berkurang tp keriiing bgt, jidat blm berkurang. kontrol ke2 diganti amg3 pagi n amg2+cc5. Oya sy memang ada dermatitis atopik jd serba susah. Seminggu pakai obatnya jidat sy makin gak karu2an ada yg radang n jadi komedoan banyak bgt di dahi.

    sy kontrol lg n diganti amg3+af1 pagi siang n erha5+cc5. pertanyaannya kenapa ya dahi kok nggak menunjukkan tanda2 berkurang, malah makin banyak komedo n jerawatnya.

    Oiya kalo sabun acsbp krn berscrub apa nggak makin membuat radang ya? apalagi sy atopik begini sepertinya nggak boleh yg harsh.. mohon pencerahannya ya Dok, makasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba dahinya minta dbershin, dikeluarkan komedonya..biar cepet... Yg gede perlu suntik..
      Emg susah klo atopic...
      Scrubnya hrs lembut..Jgn terlalu keras, malah merangsang jerawat

      Delete
  16. dok, saya citra. dokter saya meresepkan Accutane 10mg per hari. jerawat saya ringan, tp masih muncul 1 atau 2. sudah setahun saya pakai krim malam yg mengandung tertinoin. karena masih suka muncul, jadi dokter saya meresepkan isotret. yg jadi pertanyaan saya:
    1. apakah saya akan tetap mengalami purging dg keadaan jerawat ringan dan telah memakai krim yg mengandung treti, takutnya sih tambah parah.
    2. apakah aman untuk jangka panjang jika mengkonsumsi isotret, karena yg saya baca di forum, byk juga yg mengalami relaps malah lebih parah dari sebelum mengkonsumsi isotret.
    trimakasih dokter

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa Aja purging... Aman selama gak hamil..

      Delete
    2. Penyebab purging apa aja dok? Apa krn di wajah masih ada bakteri dan krn masih ada jerawat di bawah kulit?

      Delete

Sebutkan nama terlebih dahulu, bila ingin mendapatkan respons...thank you.. Tanpa nama akan langsung saya hapus ya......

Note: Only a member of this blog may post a comment.