Halo semua rekan yang tertarik dengan kesehatan kulit, semoga artikelnya berguna... Ditunggu selalu komentar dan inputnya... Khusus untuk intermezzo, adalah pengalaman unik selama praktek yang menurut saya cukup menarik untuk dishare... Happy reading...

Sunday, November 25, 2012

TOLOOOONG..... muka saya kok berbulu ya???

Ini kejadian nyata minggu ini ....

Hari Selasa minggu ini, tiba-tiba suara HP berdering saat saya sedang praktek... Saya diamkan... karena sedang memeriksa muka pasien... 
Bunyiiiii terus... berkali-kali... gak diangkat kok ya gak dimatiin... heran...
Biasanya orang klo telpon trus lama gak diangkat biasanya kita berpikir pasti orang yg dituju sedang tak punya kesempatan mengangkat... Saat sempat, kemudian saya reject...
Eh...gak sampai 1 menit, bunyi lagi..... hadooooh ganggu aja..... hehehe salah saya juga sih gak di-silent.... Tapi klo di-silent saya gak bisa dengar klo ada emergency call dari rumah sakit... membeladiri.com hahahahaha

Saat telpon kedua, akhirnya saya angkat dengan terpaksa... eh, ternyata ada seorang ibu dari Madiun yang telp.... Beliau terdengar resah.... Katanya mukanya berbulu halus... padahal biasanya gak getooo....

Wah, dalam hati saya berpikir pasti gara-gara obat nih....
Ternyata si ibu membenarkan bahwa sejak 3 bulan terakhir pakai krim dari dokter di kota beliau.... Beliau resah dan cemas dengan bertambah banyaknya bulu... di Madiun gak ada dokter yang bisa mengobati katanya.....

Muka berbulu bisa muncul akibat krim yang mengandung kortikosteroid....
Masalah ini memang gak akan dialami oleh semua orang... Secara teoritis bulu halus yang muncul biasanya setelah pemakaian kortikosteroid jangka panjang... namun tanpa diketahui sebabnya pada beberapa orang bisa muncul lebih cepat.... ada yang dalam 1 bulan muncul dengan lebatnya..... Kasian...

Itulah pentingnya mengetahui apakah terdapat kortikosteroid dalam krim yang digunakan... Tanyakan pada dokter anda...

Kortikosteroid boleh digunakan untuk jangka pendek... memiliki efek mengurangi radang, mengurangi reaksi iritasi dan punya efek memutihkan (terjadi karena penciutan pembuluh darah pada awalnya)... Boleh digunakan secara terbatas... Pasien sebaiknya mengetahui sehingga dapat diwanti-wanti untuk tidak terus mengulang krim tanpa seijin dokternya....

Semoga informasi ini membantu yaaaaaa


46 comments:

  1. dokter...saya rika
    saya mo tanya dok..udah hampir sebulan ini saya pake glucore yg 8%, dan kayane g ada efek apapun (kulit g mengelupas, g perih juga). sekarang saya tambah pake vitacid 0,025% krn malah muncul jerawat juga komedo.
    yg saya pengen tau..
    1. apa glycore memang punya efek purging juga dok??dulu saya emang berjerawat, tapi g banyak. sekarang mala hampir di sepanjang garis tumbuh rambut berjerawat yang sakit banget.
    2. kapan saya bisa nambah kadar obat dok??kan kayane kl 8% g ada efek ni...kapan boleh nambah ke 10%??
    3. bolehkah make glycore dan vitacid setelah facial dok??kulit saya perih cuman pas abis facial aja. abis itu ya biasa lagi.
    makasi banyak dokter untuk jawabannya...GBU

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baru ganti shampoo gak?
      Boleh Aja naikkin konsentrasinya....hehehe nunggu abis Aja...sayang khan?

      Delete
    2. Memang ada hubungannya dengan ganti shampoo dok? Apa hubungannya dgn muka berjerawat?

      Delete
    3. Soalnya pertanyaan di atas muncul jerawat di sepanjang garis rambutnya ... Bisa Aja krn ganti shampoo

      Delete
  2. Halo dokter Susie, saya Shilvi...
    Dok, sejak April tahun ini saya melakukan perawatan wajah di salah satu klinik kecantikan. Masalah saya adalah pori2 besar, komedo, jerawat dan bekasnya. setelah bbrp bulan perawatan kondisi wajah saya tambah membaik namun komedo malah semakin banyak. Bahkan komedo muncul di daerah yg dulunya tidak berkomedo.Suatu saat sy pernah telat membeli krim yg mengakibatkan hampir seluruh wajah saya muncul jerawat kecil2 (sebelum perawatan tidak muncul). Dokter di klinik menganggap itu kesalahan saya karena telat membeli krim, dan tidak memperbaiki pola makan.Belakangan ini komedo seakin besar2 dan stlh difacial meninggalkan bekas kehitaman yang lama hilang, skrg kondisi wajah saya tmpak kasar dan banyak noda2. apakah ada indikasi rangkaian perawatan (facial, peeling, dan mesoterapi) dan krim membuat pori2 wjah saya membesar? atau memang benar hal ini disebabkan pola makan sy yg salah (FYI: pola makan saya tidak bnyk berubah)? kemudia, utk kulit wajah saya yg berpotensi keloid apakah laser membantu utk memperbaiki kondisi wajah saya? Sy pernah dengar ttg laser resurfacing dan laser peel. thank u so much for the answers :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sulit buat saya menjawab krn saya tidak mengetahui persis kandungan krim yg kamu pakai... Pengaruh makanan bervariasi pada tiap orang. Yg pasti Komedo harus dikeluarkan dgn benar, krn sulit utk dapat keluar sendiri. Anjuran saya bukan laser, tapi jerawat diobati sampai tuntas dulu, baru kemudian peremajaan

      Delete
  3. mlm dok, saya steven. lalu, jika memang muka sudah berbulu halus diwajah. apa solusi nya dok?
    sepertinya saya juga memiliki masalah yang sama, dikarenakan memakai anc4 dg jangka panjang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung jenis bulunya...klo harus bisa depilating, klo Kasar pakai laser hair removal atau IPL... anc4 harusnya gak Ada steroidnya ....

      Delete
  4. Hello dok,,sy rere,,dok apakah
    serum kolagen dpt merangsang
    tumbuhnya bulu diwajah??,,
    sy kn pernah dermaroller di
    klinik,,makin lama kok bulu
    jg makin keliatan subur gitu,apa
    itu efek serumnya??,,,sy gak pake kosme klinik itu),,
    ohya dok, apakah klo pake olive oil ato coconut oil juga dpt menyuburkan bulu diwajah dok??,,trus baiknya gimana dok??,,
    mohn pencerahannya,,terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah mestinya gak ya... Saya gak punya pengalaman dgn olive oil Dan coconut oil

      Delete
  5. saya steven lg dok.
    ooh, saya bulunya halus kok, dan rada terganggu karena klo dipertegas muka saya berbulu.
    saya mau nnya dok, dulu (skitar 3 thn lalu), ketika ada jerawat di daerah leher bagian kiri (dkt2 kuping, saya pakaikan AG2 berkala. lalu hanya di daerah situ yg tumbuh rambut2 kasar (sampai skrg), sedangkan leher bagian kanan tidak tumbuh bulu sama sekali karena saya tidak pernah memakaikan krim ag2 ke daerah leher kanan. pertanyaannya, ag2 itu mengandung steroid atau tidak?
    skrg saya pakai ast, apakah mengandung steroid jg?


    ooh anc4 tidak mengandung steroid. bgslah klo bgtu. thanks dok infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sy gak tau krim dulu... Yg skg kayaknya gak pake steroid...

      Delete
  6. Dokter...saya Lia,
    saya juga punya kasus seperti itu sepertinya..
    sekitar 2 tahun yg lalu wajah saya mengalami belang di bagian depan (mungkin karena terbakar sinar matahari), selain itu kulit dibawah mata saya sering hitam.
    lalu saya ikutan membeli krim merk china di suatu toko kosmetik pasar, karena ada yg bilang bisa memutihkan wajah.
    memang benar dokter, wajah saya seluruhnya menjadi rata bersih kembali dalam waktu singkat sekitar 2 minggu sudah nampak hasilnya tanpa proses pengelupasan/panas di kulit.
    namun saya terus saja menggunakannya selama 2 tahun.
    kemudian berganti krim lain selama 4 bulan yg saya beli via online, kali ini terjadi pengelupasan dan panas perih dikulit ketika memakai krim malamnya.
    waktu itu saya tahan saja dokter rasa panasnya.
    sampai akhirnya... ketika saya bercermin, saya kaget sekali... ada bulu2 tumbuh di seluruh wajah saya ketika saya tarik kulit wajah saya. dan bulu yg paling Nampak adalah area yg intens saya beri krim nya, yaitu daerah pipi, dahi dan didekat pelipis mata.
    sejak saat itu saya curiga pada krim nya, karena dulu tidak seperti ini.
    lalu saya takut dan stop memakainya. saya kira bulu nya akan hilang dengan sendirinya, namun sudah 4 bulan stop total memakai krim nya, tidak juga kembali normal dokter..
    saya coba mencabut beberapa bulu nya dengan pinset, bukannya hilang tapi tumbuhnya malah semakin cepat dan lebih panjang daripada bulu lain disekitarnya yg tidak dicabut.
    sekarang saya takut untuk mencoba2 pakai cara "asal-asalan" saya dokter, yaitu dengan mencabutinya.

    lalu bagaimana ini solusinya ya dokter,,? untuk menyembuhkannya seperti semula, tanpa tumbuh2 kembali.
    bila memakai cara waxing atau cukur, tentu akan sama seperti yg saya cabuti dengan pinset. makin tumbuh panjang dan subur.
    selain dengan laser, adakah cara yg lain dokter?
    apakah bulu karena efek samping kortikosteroid bisa runtuh sendiri dokter dan kembali normal seperti dulu?
    saya juga pernah dengar tentang siklus (haircycle), ini maksudnya bagaimana ya dokter..?
    lalu ada info jg, katanya setelah pembersihan steroid yg menumpuk didalam kulit, maka bulu akan runtuh dengan sendirinya.
    apakah ini benar dokter..?
    bila benar, butuh berapa lama waktu nya ya dokter..?

    terimakasih.. maaf bila saya bertanya terlalu banyak dan detail dokter.

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasa stop kortikosteroid bisa hilang perlahan, waktu bervariasi
      Pilihannya IPL....
      Berobat dech ke dokter kulit terdekat...

      Delete
  7. Dokter...Saya Lia lagi,
    apakah, mski pemakaian sudah dihentikan selama 3 bulanan... zat steroid nya masih menumpuk dalam kulit.
    lalu memebersihkannya bagaimana dok, bila sudah menumpuk tahunan?
    bisakah kembali normal wajahnya.. sperti dahulu.. dengan pemakaian krim yg mengelupaskan jaringn kulit, sehingga bulu nya pun ikut lepas dengan penantian waktu haircycle nya juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya Akan membaik sendiri kok.... Emg perlu waktu...
      Wah sori gak punya pengalaman klo bulu akibat steroid diberikan krim yang bersifat mengelupas

      Delete
  8. Dok, nama saya cicky.
    Sekarang saya lagi perawatan dengan theraskin krim htmh 0.05. Kadang2 saya selingi dengan tretinoin 0.05% (vitacid) + hq 4% (melanox forte). Kandungan htmh itu sendiri terdiri dari tretinoin 0.05. Dengan perawatan selingan antara htmh dan vitacid+melanox gak akan saling menginactiv kan dok atau juga over ? Saya sih gak mengalami purging dan lainnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak over... Cuma ngapain pake tretinoin yang beda merk ya?

      Delete
  9. Dok, nama sy anna
    Apa krim tretonoin bisa menimbulkan bulu2 halus? Sdh 2 mggu ini sy menggunakan vitacid 0,025% dan sy merasa d diatas bibir sy terdpt kumis.. sblm nya mmg ada, tp tipis.. tp ko sy mrsa stlh menggunakan vitacid semakin tebal?
    Satu lg dok, apa kumis faktor hormone/keturunan bs dihilangkan? Dgn cara apa? Maaf klo pertanyaan sy terlalu byk.. mohon pencerahannya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jarang banget disebabkan tretinoin.... Bisa Aja krn kulit Lebih cerah, bulu seakan2 Lebih jelas...

      Delete
    2. Ini Anna lg dok.. jd ga masalah ya dok klo dpakai keseluruh wajah.. apa bulu halus sprti kumis bisa di hilangkan dok ? Apa cara alami sprti masker lumpur efektif atw memang hrs dgn tindakan? Hasilnya permanent ga dok apa hrs rutin... kira2 biayanya brp ya dok..

      Delete
    3. bisa dilaser atau IPL... perlu 5-6 x, selang sebulan... hasil bisa permanet... biaya tergantung klinik, die rha klo gak salah 800 rb per tindakan ya

      Delete
  10. siang dok apa glycore 10 bisa buat obatin merah2 iritasi di wajah gara2 cream malam? wajah saya ga cerah dan merah2 gt gara2 cream......atauselain glycore pake apa ya dok?thanks

    ivan

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak... klo merah krn iritasi, ke dokter aja ya krn perlu pakai steroid jangka pendek...atau yg paling gampang, stop krim yang jadi penyebab iritasinya

      Delete
  11. Dok, kalo vitacid dicampur sama melanox hq2% dipake seluruh muka gitu gapapa kan ya? atau gak boleh? makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh Aja.... Asal gak pedih ya... Klo pedih, jangan tiap hari

      Delete
    2. Kalo pake yg 4% terlalu keras ya, apa boleh difcoba dulu? makasih dok

      Delete
    3. coba 2% dulu aja...klo ternyata kuat, baru naikkin...

      Delete
  12. salam kenal dr. susie.. aku rini,, mw tanya nih dokter belum cukup 1 bulan aku pake krim dari erha tp kok bulu di wajah saya tambah banyak.. apakah bulu ini akan bertambah panjang?? sy dikasih krim erha 6, CC 10 untuk malam, AMG 6 n ASG untuk siang n erha 1 untuk facial wash .. tolong dokter apakah salah satu diantara krim ini ada yang mengandung steroid??

    mohon penjelasannya dokter.. ^-^..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mestinya gak Ada steroidnya.... Belum tau apakah Ada formula baru yang digunakan di erha... Coba Aja hentikan cc10, trus pantau bulunya ya..

      Delete
  13. Wahyu
    Sy jg bermasalah dengan bulu di wajah yg baru saya sadari sebulan terakhir. Sy shock karena tiba2 sy berjambang dan bahkan hingga ke pipi. Setiap saat sy berfikir mencoba mencari tahu apa penyebabnya, apakah karena "Oval Maskulin" yg sy pakai sejak -+ 2 tahun terakhir, ataukah karena "PIL Kianpi"(penambah berat badan dan pemulih stamina) yg saya konsumsi 4 bulan terakhir ini ?
    Mohon pencerahan Dok !

    ReplyDelete
    Replies
    1. Isinya yg saya tahu cuma ginseng, selebihnya sy tdk tahu Dok.
      Skrang sy mulai bfikir dan myadari bhwa mgkin ini mmg alami pengaruh hormon dan mpertimbangkan untuk mgunakan obat prontok bulu permanen meski sampe skarang sy belum dapat krn di Apotek pun susah.

      Mohon saran Bu dokter !

      Delete
    2. Bisa coba dengan IPL...klo bulunya tebal..klo bulu halus, biasanya akan pulih sendiri dalam hitungan bulan... Hair removal cream banyak kok dijual...

      Delete
  14. halo dokter.. Salam kenal sebelumnya.. Saya mau tanya, bekas jerawat saya susah hilangnya.. Ada cara alami nggak ya buat hilangkan bekas jerawat itu?

    ReplyDelete
  15. Selamat pagi dokter, nama saya irene. Beberapa hari yg lalu saya ke Erha Kemanggisan dg keluhan kulit wajah terdapat flek hitam, bekas jerawat yg merah, broken capilaries dan wajah kusam. Saya di beri cream pagi: amg 2 dan asg, cream malam: amg 3 dan cc 10. Yg ingin saya tanyakan, adakah kandungan kortikosteroid di dalam cream tsb dan bolehkan bekas jerawat yg merah di beri cc10? Sebab saya pernah membaca keluhan pasien erha lainnya, ketika bekas jerawat merahnya di beri cc 10, malah warnanya berubah menjadi coklat. Demikian, terima kasih atas kesediaan dokter untuk menjawab pertanyaan saya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Efek tiap orang beda2... Jadi dokternya akan menilai masing2 muka... Utk memberikan apa yg menurut dokternya paling baik

      Delete
  16. selamat sore ibu dokter yg ramah, salam kenal... saya Ulfa Angelina.
    maaf dokter, saya mau tanya..
    kalau sudah terlanjur memakai krim steroid, lalu tumbuh bulu2 halus. bisa hilang dengan sendirinya tidak dok? berapa lama gitu?
    efek dari steroid nya itu berapa lama ya dok kalau sdh pakai tahunan lalu dihentikan?
    beberapa orang yg melakukan perawatan di salah 1 klinik N** dgn dokter yg bukan spesialis kulit, mengaku sampai bertahun2 memakai krim yg tanpa disadari mengandung steroid.
    mohon solusinya dokter... obat apa yg bisa menjadi penawar dari steroid yg terlanjur nemplok di wajah dok..
    biar hilang dan ga tumbuh2 lagi rambut2nya di pipi gitu dok. kalau di pipi depan serem banget dokter... :( hickss...
    cowok aja ga kaya gitu dok.. paling hanya pipi samping krna hormon.
    thanks dokter atas perhatian dan tanggapannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mestinya bisa hilang perlahan sih...waktunya gak tentu berapa lama... Perlahan2 Akan pulih...kadang waktunya panjang.... Klo muncul pembuluh darah yg biasanya permanen...
      Gak Ada penawar

      Delete
    2. pembuluh darah yg permanen itu maksudnya yg bagaimana ya dok..?
      apa yg seperti urat2 merah dipipi itu...

      berarti bulu yg muncul akibat steroid itu tidak permanen dan akan hilang sendiri kah dok..? kalau sudah stop obat2 steroid/krim2 steroid.

      oia dokter, ada yg bilang metode elektrolisis dapat menghilangkan bulu2 secara pasti dan permanen dibandingkan laser, apakah "dokter spesialis kulit" juga menangani elektrolisis tsb?
      barangkali dokter tau, dimana ya dok adanya elektrolisis?
      apakah dokter Susi menangani juga?
      saran dokter Susi bgaimana gtu, apakah mesti didiemin aja nuggu sampai hilang sendiri..
      atau bgaimana dok..? datang ke dokter kulit biasa cuma didiemin aja dok soalnya..

      diatas, ada pasien yg minum pil kianpi ya dok...
      pil tsb bikin orang cepat gemuk lho dok... pada tembem2 pipinya setelah meminumnya...
      apa itu mengandung steroid jg ya..? bnyak orang awam kurus yg tergiur pingin gemuk jdinya...

      maaf dokter panjang tulisannya... tp makasih atas ilmu nya yg sudah dishare ke teman2.. God Bless U dok..

      Delete
    3. Iya urat2 merah..
      Klo bulu biasanya bisa hilang kok...saya gak ngerjain electrolysis.. Bisa coba pake krim hair removal..tapi risiko iritasi ya..

      Delete
  17. selamat malam dok, nama saya rara. saya mau nanya dok, saya udah hampir 3 bulan menggunakan krim perawatan dokter yang ada di jogja. saya memakai krim tersebut hanya untuk membersih bekas jerwt saya, dan alhmdulillah skrg bekas jerawatnya udh hilang tapi kok ada bulu2 halus yg muncul ya dok? dan sama urat merah saya di pipi agak keliatan walaupun gak terlalu melebar. apa krim yg dr dokter tmpt saya itu ada streoidnya ya dok? apa yang harus saya lakukakn dok? apa langsung dihentikan pemakaiannya apa saya harus konsultasi ke dokter tempt saya perawatn ? saya bingung dok soalnya kalo di hentikan, saya bingung harus make apa saat kuliah nnti. pasti bakalan kusam kalo gak pake apa. :( :(
    demikian pertanyaan saya, makasih atas perhatiannya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba balik Aja ke dokter kamu dulu ya...konsultasikan masalah yg kamu hadapi

      Delete
  18. Malam dokter, saya Ambar. Saya sudah 5 bulan ini perawatan di klinik Natas** ,dikasih facial wash, toner, krim malam-pagi, dan anti iritasi. berobat awal krn masalah komedo dan jerawat diwajah. 2 minggu kemudian kulit terasa perih dan terbakar, bulan selanjutnya saya Chemical peeling dok disarankan oleh dokter disitu. Eh 1 minggu kemudian malah makin parah keadaan muka saya. Bulan kedua sering gatel dan timbul bruntusan di jidat dan pipi seperti komedo jerawat yg keras2 gitu. Anehnya timbul dibagian yg tdk pernah ada jerawat. Sudah smpe bulan sekarang muka saya sering gatel dan keadaan lebih buruk. Waktu awal bulan mei saya konsul ke dokter di klinik Natas** Bandung. Kata nyaa: krim saya dinaikkan, dan byk faktor akibat jerawat,bla bla bla. Sblm make produk dr klinik itu kulit saya sangat tidak sensitif. Dan saya konfirmasi lg ke dokter di klinik itu tdk mengandung steroid, padahal jelas tiap bulannya wajah saya semakin banyak timbul bulu halus. Diarea dahi dan pipi kanan kiri, yg notabennya gak pernah ada bulu. Dr awal memang bagian paling gatel hebat yg ditumbuhi bulu2 tsb, di kening dan pipi. Pipi saya bersih awal sblm perawatan. Jerawat 1-2. Dan saya tidak ada gen rambut yg notabennya subur dan tidak ada turunan badan yg berbulu.

    Kenapa dokter di klinik notabennya lebih ngambil keuntungan, padahal jelas wajah saya langsung banyak bulu-bulu halus.

    Mohon pencerahannya dok atas kasus saya.
    Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah saya gak bisa jawab...krn saya gak bisa nebak isi pikiran orang.. Maaf ya..mungkin cari opini Dari dokter kulit lain Dan stop krim yg gak bikin kulit Lebih baik

      Delete

Sebutkan nama terlebih dahulu, bila ingin mendapatkan respons...thank you.. Tanpa nama akan langsung saya hapus ya......

Note: Only a member of this blog may post a comment.