Halo semua rekan yang tertarik dengan kesehatan kulit, semoga artikelnya berguna... Ditunggu selalu komentar dan inputnya... Khusus untuk intermezzo, adalah pengalaman unik selama praktek yang menurut saya cukup menarik untuk dishare... Happy reading...

Thursday, February 7, 2013

Sorry semuanya....respons telat nih !!

Sorry ya semua follower blog saya...
Saya baru saja pulang dari perawatan di RSPI Puri Indah... sudah 5 hari gak praktek juga karena sakit.... :(
but thanks God... sudah mulai pulih sekarang....

Harap sabar ya...

God bless you all!!

74 comments:

  1. lusiyana
    haii dok, saya pasien baru d erha solo, pertama dtng dg keluhan bekas jrwat baru yg super byk, dpt amg3, af5, ag2,cc 10. yg mau sy tanyakan dok apa benar2 tdk bs pake makeup ya? dg bekas jrwat segitu byk mustahil bwt kerja ga pake makeup bs di keluarin nanti. makasih dok atas wktunya. sukses

    ReplyDelete
    Replies
    1. Make up Akan memperlambat perbaikan jerawat.... Kamu yg mesti menentukan sendiri.... Klo pake makeup penyembuhan Lebih lambat ya

      Delete
  2. Salam kenal dok ,nama saya Lia
    Sblumnya semoga sehat selalu yaa...
    sy ingin menanyakan masalah stretch mark,umur sy baru 20th,berat sy juga cuma 46kg,masih jauh dr ideal,tp byk stretch mark yg muncul diarea pangkal paha yg warnanya putih,sbelumnya sy tidak prnah terlalu gemuk,
    apa masih bisa dihilangkan dok?
    apa benar vitacid 0,1% bisa menghilangkan stretch mark?
    makasi dok,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Stretch mark memang dilema... Bisa juga akibat obat2 an...
      Boleh dicoba... Memang banyak dipakai kok... Hasil bervariasi

      Delete
  3. Saya viona, dokter prakter di erha kemanggisan hari apa dan jam berapa ? saya sudah menghubungi kontak erha tapi selalu sibuk . makasih dok

    ReplyDelete
  4. Halo dok saya Renata usia 18 tahun. 6 bulan terakhir saya menjalankan perawatan wajah di dokter kulit langganan saya. Saya tidak pernah mengambil tindakan seperti facial sama sekali selama perawatan, saya hanya menggunakan krim-krim, facial wash, serum, dan sunblock yang diberikan dokter tersebut. Namun setelah krim-krimnya habis, saya berencana untuk tidak menggunakannya lagi, selepas pemakaian krim tersebut kulit saya tiba" mengalami gatal", kemerahan, dan beruntusan (ada yg agak besar seperti jerawat juga) di daerah tulang pipi, bawah mata, samping mata, dagu dan atas bibir. Rasanya gatal sekali. Sudah berlangsung sekitar 4 hari, saya hanya membersihkan kulit saya dengan milk cleanser dan toner merk viva dan memberikan pelembab Avene Skin Recovery Cream pagi dan malam, menghindari sinar matahari sebisa mungkin namun belum kunjung sembuh. kira" ini gejala apa ya dok? iritasi? alergi? atau karena ketergantungan pada krim-krim dokter tersebut? setiap saya tanya dokternya, dia menyuruh saya membeli krim lain dan membuat saya lebih takut untuk memakainya. Apa yang harus saya lakukan agar kulit saya bisa pulih kembali? Maaf atas pertanyaan saya yang panjang, terima kasih dok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Renata utk bisa menjawab pertanyaan kamu, saya mesti tahu pasti kandungan krim yang kamu gunakan...
      Mestinya sih klo stop obat dokter, kondisi kulit kembali seperti sebelum pakai, tapi mestinya gak malah jadi gatal dan bruntusan... Coba baca postingan saya tentang ketergantungan krim ya

      Delete
  5. Bu dokter perawatan di RS prakteknya sendiri? :D
    kejadian langka :D
    Cepat sembuh dan pulih ya, dok :)
    GBU selalu :)
    Salam
    Tien

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe..klo sakit, ya paling enak dirawat di RS tempat prakt..kenal ama semua dokternya...hahahha

      Delete
  6. malam dok, gws anyway, smoga full recovery 100%. keep healthy dok :)

    ohy, saya bagus, laki2 umur 20thn. saya ingin menanyakan obat roaccutane untk jerawat.
    tmn saya menganjurkan untk memakai obat tsb dok, karena saya bnyk jerawat dalam dan jerawat di badan.
    tmn saya dpt resep obat dr dokternya sendiri. saya disuruh pakai roaccutane 10mg yg isi 10 selama 10hari.
    kondisi saya skrg : sehat dan lg liburan kuliah (jd dirumah trs) sampai maret, tdk ada aktfitas luar rmh.

    pertanyaannya dan ingin make sure ke dokter :
    1. apakah ada efek sampingnya dok memakai roaccutane? apa saja?
    2. apakah obat ini aman?
    3. jika saya memakai krim AST dg obat ini, boleh tidak?

    terimakasih dok, ditunggu pencerahannya. GBU

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya sih roaccutane relatif aman...selama kamu gak punya kecenderungan untuk stress...krn beberapa kasus meningkatkan angka depresi, paranoid...tapi jarang kok... Relatif aman apalagi klo jangka pendek...krn pemakaian yang benar harusnya beberapa bulan
      Boleh aja digabung AST

      Delete
  7. waah cepet sembuh ya dokter baik :)
    saya vika dok, usia 21 tahun. saya ada masalah dengan jerawat dok kemudian menggunakan mediklin TR pada malam hari dan mediklin + parasol 33 pada siang hari. jerawat berkurang dan seperti biasa kulit kering dan cenderung ngelupas yang mau saya tanyakan maksimal pemakaian Mediklin ini berapa lama ya dok? soalnya kan antibiotik jadi khawatir jika dipakai terlalu lama

    terimakasih dokter baik :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak Ada batasan....klo saya biasanya mediklin TR dipakenya setelah jerawat membaik....krn sangat baik untuk ngurangin bekas....

      Delete
  8. malam, dokter....
    saya Shinta,20 tahun...saya pasien ERHA dengan keluhan jerawat yg tidak terlalu parah di bagian dahi...diberi krim AMG3, AF5 untuk pagi dan siang, dan untuk malam Zg 7,5 dan AST,, namun setelah pemakaian 1 bulan, jerawat saya tersebut masih ada dan merah... mengapa demikian dok? kira-kira krim mana yg harus diganti dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semua krim yang kamu pakai itu untuk jerawat kok.. Walaupun masih mungkin jerawat muncul krn masih Ada penyebabnya....
      Coba kamu kontrol ke dokter kamu ya...Soalnya tiap dokter beda2 pemberian obatnya...

      Delete
  9. pagi dok.
    saya ingin menanyakan di daerah selangkangan saya terdapat benjolan berwarna merah dan sedikit berbau busuk, dan jika memakai cd, daerah cd saya suka basah dan bau.
    yang saya ingin tanyakan.
    1. apa nama penyakit itu ?
    2. apa obat untuk penyakit tersebut ?
    terima kasih dok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah keluhan begitu banyak.... Paling mungkin kista atherom.... Mungkin terinfeksi...Makanya basah Dan berbau... Ke dokter terdekat ya

      Delete
    2. kalo ke dokter umum bisa gak dok ?
      atau harus ke dokter spesialis kulit dan kelamin ?
      trims dok pencerahannya..
      :)

      Delete
  10. malem dok saya egi 22 thun, saya punya bekas luka di wajah kceil2 tapi lumyan bnyak , sma ada bekas jerawat juga , klo bkas luka udah hapir 8 tahun ,,dlu cuek2 aja ,,skrang g tau knpa sya minder,,,nah pertanyaannya , jenis perawatan buat bekas lua bisa pake dermaroller atau cream lainnya ,,,mohon rekomendasinya dok ...newbie banget ane kalo kya ginian takut slah langkah lagi kya dlu ,,mksh sblumnya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bekas luka krn apa? Jenis bekasnya apa? Ke dokter Aja dulu..krn biasanya tetap di rekomendasikan pakai krim dulu...klo gak mempan, baru dech tindakan...

      Delete
  11. Hai dok. Saya Shanti, usia 23 tahun.
    Sudah 2 minggu ini saya merasakan ada yg aneh dengan vagina saya.
    1. Saya merasakan adanya daging tumbuh persis di kulit belakang lubang vagina (kulit antara vagina dan anus) namun daging tersebut bkn bintil2 melainkan berbentuk huruf v krn ada di sebelah kiri dan kanan.
    2. Kemudian, krn saya penasaran saya pun melihatnya dengan kaca dan menemukan hal yg aneh lg. terdapat daging gepeng bewarna pink di kiri dan kanan dekat mulut vagina (dilipatan dalam dekat mulut vagina)

    Saya terakhir berhubungan seks dengan pasangan saya januari lalu. Sebelumnya sekitar bulan november atau desember, di penisnya terdapat bisul. Krn kami pikir itu bisul biasa, saya pun menyarankan untuk membeli obat pemecah bisul saja.

    Yg mau saya tanyakan :
    1. Daging tumbuh di bagina saya itu apakah normal dok? Atau abnormal? Jika abnormal, apakah itu kutil? Jika memang kutil, saya bingung menular dari siapa, krn pasangan saya tidak memiliki kutil kelamin. Apakah bisa menular lewat toilet seat atau handuk?
    2. Bisul yg ada dipenis pasangan saya, apakah bisul biasa atau bisul abnormal?

    Mohon bantuan untuk di jawab ya dok. Saya bingung sekali..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Paling mungkin kutil.... Bisa Aja pasangan kamu punya kutil subklinis...kutil datar yg gak Keliatan.... Berobat Aja ya ke dokter kulit n kelamin terdekat...

      Delete
    2. Tapi bisa sembuh kan dok? Saya khawatir sekali.. Kemuidian, jika mau tahu apakah pasangan saya punya kutil atau tidak, apa yg harus dilakukan?

      Delete
    3. Tanya berobat Aja ke dokter kulit terdekat ya utk diperiksa...

      Delete
  12. Nama saya Ivan
    Mau tanya dok.
    berobat di Erha berapa ya harganya?
    mulai dari konsultasi, facial, obat, injeksi, dll..??
    soalnya saya anak mahasiswa, mau nyoba ke Erha tapi liat-liat harga dulu :D hehehe
    Thanks Dok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung dimana...langsung telp ke erha yg mau kamu datangi...kisaran biaya konsultasinya 150-170rb... Harga total sulit diprediksi...Ada dokter yg klo ngasih obat banyak...Ada yg dikit...

      Delete
  13. Hai dr.Susie yang baik saya Dea baru tadi ke dokter kulit dan mendapat 3 obat untuk jerawat. Benzolac CL untuk pagi dan Medi-Klin TR warna ungu untuk malam. Yang saya ingin tanyakan, apa benar Benzolax CL untuk pagi dan Medi-Klin TR untuk malam? karena teman saya bilang benzolac CL itu untuk malam. Yang mana benar ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mediklin tr harus malam... Benzolac cl bisa pagi atau malam sih...

      Delete
  14. Nama saya shin 21 tahun. Dok saya mau tanya, saya mengalami gatal" udah seminggu ini gatalnya seperti biduran dan ketika gatalnya dibalik telapak tangan gatalnya seperti bintik", kalau di garuk semakin banyak dan besar bintiknya.
    Gatalnya juga sampai ke penis dok, yg awalny penis saya sehat" saja sekarang jadi gatal.
    Awal gatalnya pada kantung testis lalu ke batang penis, apalagi kl malam hari penis terasa gatal sekali karena saat mengantuk & tidak sadar terlalu menggaruk batang penis saya dok sehingga kulit penis menjadi kasar dah agak kembung (apa mungkin karena garukan ?). Dan terdapat benjolan" kecil pada kantung testis bonjolannya gatal & agak keras. Dan satu lagi dok di kepala penis terdapat kulit yg kemerahan dan menonjol. Saya ini kenapa ya dok ? :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah...kemungkinannya macam2.... Coba ke dokter dech... Scabies masih mungkin, biduran juga bisa...

      Delete
    2. Kl ada bekas bintik" merah kecoklatan dsekitar pangkal paha itu scabies dok ?

      Delete
    3. Gak juga....jamur candida juga bisa Ada lesi satelit... Berobat Aja ya.. Biar pasti gak nebak2

      Delete
  15. Haloo dokter,saya friska..dokter muka saya lagi jerawatan banyak neh..jerawat batu tpi merah-merah gitu dokter trus klu tersentuh sakit padahal kulit muka agk putih jadi jerawatnya kelihatan bnget, saya jadi gak pede..saat saya pke sabun anti jerawat yg dijual dipasaran sama lotion jerawat yg mengandung sulfur tpi ko lama ya prosesnya...kira-kira obat yg cocok buat sembuhin jerawat saya apa ya dokter???
    Mohon infonya...
    Trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo udah coba obatin sendiri gak sembuh, ya ke dokter dong.... Biasanya perlu obat minum...

      Delete
  16. Ini saya lagi dok shin 20 th. Setelag penyakit gatal" saya mulai mereda kenapa sekarang kulit di bekas sunat pada penis membesar ya dok ? Sebelumnya gatal" lalu g sengaja saya garuk tapi lebih tepatnya sya tekan" dngn dua jari/ dplintir bagian yg gatal tsb. Sekarang jd membesar. Itu knpa ya dok ? Kanker / apa ? :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin Lebih baik kamu berobat Aja ke dokter terdekat...jangan nebak2 yang malah bikin stress.

      Delete
    2. Dok saya sudah konsultasi kedokter spk dan ada yg saya lupa tanyakan. Saya bisa lanjut tany dsni kan dok. Saya telah dberi cream scabimite 5% lalu saya ada bekas luka garukan ddaerah penis. Itu langsung dpakai apa tunggu sampai kering lukanya dulu ya dok ? Trus untuk bekas bintik" hitam apa bisa hilang dengan sendirinya ? Terimakasih

      Delete
  17. Selamat Sore Dok

    Saya Dana 16 thn , saya mau bertanya

    - didaerah buah zakar saya ada banyak lubang lubang hitam, bentuknya bervariasi ada yg besar ada yg kecil , terkadang terasa gatal & terkadang tidak ...

    - di pinggir kulit kelamin saya juga ada namun hanya 2 buah, dan ketika saya mengorek lubang tsb , ada semacam daki bewarna putih susu & ketika saya mencabutnya penis saya langsung menciut ukuranya, namun bbrapa saat kmudian normal kembali ukurannya ..

    Apa Jenis penyakit saya ini ? Utk diketahui saya belum pernah melakukan sex tpi Saya pernah onani ..

    Trimakasih sbelumnya ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah saya bingung dgn penjelasan kamu.... Tapi yg pasti di area buah zakar bisa juga terdapat semacam Komedo...

      Delete
  18. Halo dok, semoga sehat selalu yaa.....saya nurul, menikah, 2 anak. Sdh bertahun2 nih rambut saya rontok ga kelar2. Skrg menipis :( +/- 6bln lalu konsul erha, dikasih sampo, scalp gel (cm ambil sekali), hair growth, suplemen zinc (cm ambil sekali). ga ada improve tuh. Lalu 2bln yg lalu saya konsumsi pantogar dan minuman collagen. Rontok berkurang byk, lalu collagen saya hentikan dan minum pil pemutih (isi glutathione activator 500mg dan vit C 500mg). Baru jalan seminggu rambut saya rontok serontok rontoknya. Lalu saya hentikan. Skrg minum pantogar lagi + shampo revita ( isi copper peptides, emu oil, biotin, ketoconazole, msm, cysteine, taurine, apple polyphenol, carnitine tartrate, dll ) + hair tonic rudy hadisuwarno yg ada DHT blockers-nya. Apakah tindakan saya sdh tepat? Saya takut pake minoxidil krn tumbuh bulu2 halus dibawah mata dan anak2 rambut di dahi udah nyaris nyatu dgn alis. Adakah tindakan di erha yg bisa menghentikan dan menumbuhkan rambut yg terbukti efektif, misal laser atau dermaroller? Apa rekomendasi dokter untuk kasus saya ini? Apa saya perlu kembali konsumsi minuman kolagen? Apa perlu tambahan suplemen smacam biotin, zinc dll (ga terdpt di dlm pantogar) Oya, dikeluarga saya ga ada keturunan botak/thin hair. Mohon pencerahannya dok, terimakasih. GBU

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terapi yang terakhir kamu lakukan boleh dikerjakan... Coba minimal 3 bulan untuk me nilai keberhasilan ya... Di erha bisa hene laser...
      Mendingan coba yang sekarang Aja selama 3 bulan... Klo berhasil teruskan klo gak berhasil, mulai tambahkan supplement lain secara bertahap...
      Dermaroller boleh di pertimbangkan bila yang lain tak berefek ya... Tapi biasa tambah PRP..

      Delete
  19. Oke dok. Ini saya sudah yg ke 3x shampoan dengan revita. Memang rontoknya berkurang lumayan byk. Sekarang bagaimana numbuhin rambutnya lagi. Terus terang kurang yakin dgn hair tonic rudy ini, tp cuma itu satu2nya di pasaran yg ada DHT blockers dan terjangkau harganya :) saya sudah baca2 dr situs luar ttg dermaroller for hair loss, saya tertarik. Dr yg saya baca dermaroller for hair loss itu bs home use, tp saya ga tau belinya dimana. Apa dokter ada info mengenai ini? Oya, klo di roller sebaiknya kan pake tonic/serum yg mumpuni, dokter ada rekomendasi gak? Oiya, sebaiknya pakai roller yg pjg jarumnya brp dok? Thanks dok, GBU. - nurul -

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak bisa komentar...Soalnya saya cuma pake roller yg paling bagus yang diapproved FDA yang merk dermaroller... Dan dermalpunch.... Yg lain gak bisa kasih masukan
      Trus biasanya saya pakai growth factor... Coba browsing sendiri ya utk merk lain, apalagi yg home use.

      Delete
    2. Growth factor berupa apa dok? Dimana saya bisa mendapatkannya? Terimakasih - nurul -

      Delete
    3. Cairan.... Gak dijual bebas...coba browsing Aja yang dijual bebas

      Delete
    4. Sudah googling HGH. Yg dijual disini dlm bentuk spray (mahal) dan oral. Tp berupa releaser/activator. Klo yg berupa suplemen itu dok, berapa banyak konsumsi per harinya? Isinya L-Ornithine, L- Arginine, L-Glutamine, L-Lysine juga Colostrum. Apakah semakin banyak semakin baik? Rontoknya stagnan nih dok. Saya masih konsumsi pantogar juga. Sebaiknya saya tambah suplemen HGH atau khusus rambut ( isi biotin 1000mg, zinc, dht blockers dll) dok? Mohon sarannya. Terimakasih. GBU

      Delete
    5. Growth factor yg saya pakai utk dermalpunch bu... Gak pernah pake yang oral

      Delete
  20. Selamat siang dok, saya ervine.. Saya mau nanya, semenjak saya pindah, ke daerah yang cuaca nya panas dan muka saya oil banget.. Saya jdi jerawatan dok, padahal dulu ga pernah.. Dan ini saya jg uda konsultasi ke dokter, dan memakai krimnya.. Tapi masi blom sembuh dok.. Dan di dokter saia ini ga di kasi obat mnum.. Stiap konsul obat yg dkasi tetap sama...

    Saia mau nanya dok,
    Apakah jerawat terjadi karena cuaca panas?? Kalo iya, bagaimana saia mengatasi dan merawat kulit saia dok? Oiya, kalo cuci muka 4x sehari di musim panas gini boleh dok?? Ga berlebihan kan?

    Apakah saya perlu bantuan suplemen untuk mengatasi jerawat pada muka saia?
    Kalo perlu, suplemen yang mengandung zinc aj ato apc complex lebi bagus dok?
    Muka saya oily, jdi takutt untuk vit e nya dok, kata nya bikin muka tmbah oily..

    Thanks

    Regards,
    Ervine

    Maap dok, saya banyak tanya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cuci muka 3-4 x masih ok... Jangan berlebihan.
      Cuaca panas bisa jadi penyebab. Coba Aja minta obat minum klo penyembuhan lambat.
      Supplement boleh dicoba asal gak Ada vit e...

      Delete
    2. terima kasih banyak dok atas saran nya..^^
      semoga bisa baikan ni muka..

      Delete
  21. Malem dok, nama saya Dita, saya mau nanya nih dok

    Muka saya kan jerawatan, tiap malem udh pake vitacid 0.05% sekitar 5mingguan, paginya pake mediklin, terus udah 10hari minum clindamycin 150mg, tapi kok belum terlalu ngefek ya?
    Sama kalo pake Benzolac-cl tapi malemnya pake treti boleh?

    Makasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo udah coba pakai macam2 gak sembuh, ke dokter Aja dech... Semua obat yang kamu pake itu harusnya dengan supervisi yang benar...

      Delete
  22. Dok, nama saya dita

    mau nanya dok, kalau di erha ada yang bisa dibeli tanpa resep dokter ga ya dok? soalnya saya udh cari glycore10 di bandung gak ketemu ketemu, saya lagi nyari yang ada kandungan glycolic acid nya buat bekas jerawat, sama kalo hq itu maksimal digunain berapa hari ya?

    makasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. Langsung ke erhalogy Aja... Ada yang dijual bebas...
      Berapa lama ya tergantung respons kulit

      Delete
  23. pagi dok, nama saya ari.
    gini dok, daerah selangkangan saya gatal" dan bentuknya sama dengan gambar yang saya temukan di google dok.
    http://3.bp.blogspot.com/-9JkcOCqRnFU/Te8BX6GT8-I/AAAAAAAAAEo/5V02E1JxBY4/s1600/tinea_cruris12.JPG
    kira kira itu penyakit apa ya dok ?
    apa ada obatnya di apotik ?
    mohon penjelasannya dok.
    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya gak liat gambarnya... Tapi mungkin jamur... Coba Aja obat jamur dulu.. Yang dijual bebas Aja dulu

      Delete
  24. Halo dok,nama saya viko 18 thn
    mau tanya dok,wajah saya kan banyak jerawat,udah 1 mnggu pake produk erha
    yang acne cream yg AG2 sma facial wash
    koq wjah saya jadi kasar dan terkelupas ya dok
    apa ini bahaya dok??
    Trus cara pake cream yg AG2 dipake ke seluruh wajah ato cman bagian yg ad jerawatnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin krn kering....soal cara pemakaian, tergantung anjuran dokternya.... Krn dokternya yang melihat langsung wajah kamu

      Delete
  25. Halo dokter... Saya Dede, 21 tahun.. Sy mau tanya dok, apa penggunaan retinoid acid bisa di gabung sama glycolic dok? Biar efek anti aging sama cerahnya dapet gt dok..hehehehe.. Trimakasih dok.. Mohon dibalas ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa ditumpuk atau dicampur saat mau dipakai...jangan dicampur jadi 1 pot ya

      Delete
  26. Sore dok, nama saya eggy, di wajah saya kan banyak bekas jerawatnya ya dok flek gitu, saya pakein hq 2% ga terlalu ngaruh dok, sama kalo malem 2hari sekali saya pakein glycore trs vitacid, apa itu udh bener? kalo saya mau pake melanox forte dipakenya sesudah vitacid apa seblm ya? boleh semuka atau hanya di spot jerawatnya aja ya dok? makasih dok :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tiap hari juga boleh klo gak pedih.... Coba pake di flek dulu setelah pake vitacid...liat response kulitnya dulu

      Delete
  27. siang dokter susie..
    nama saya rere wanita umur 23 tahun dan belum menikah
    dok, saya mau tanya ni.. didaerah selangkangan saya itu kulitnya lebih gelap dari yang lain. ada rekomendasi obat yang dijual di apotik ga dok? untuk memutihkan selangkangan
    sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba Aja hidrokuinon 2%... Gunakan 3x perminggu Aja...hati2 iritasi...segera hentikan bila Ada Tanya iritasi ya

      Delete
  28. Malem dok

    Nama saya karin dok, saya mau tanya, kalo pemakaian krim yg kandungannya fluocinolone acetonide 0.01% treti 0.05% dan Hydroquinone 4$ selama 1 minggu aman dok? bisa seluruh muka? Kebetulan di wajah saya jerawatnya tinggal sedikit

    Terimakasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aman..bisa 1 bulan, boleh seluruh muka... Yang penting Jgn kelamaan

      Delete
  29. Maaf dok saya mau tnya nech
    Wajah saya ada jerawat kecil" tapi sering timbul menurut dokter memakai mediklin TR itu bagus tidak untuk mengatasi jerawat,,,
    Tolong dijawab dok
    Dan trima ksih sebelum ya,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh Aja dicoba..tapi tetap bisa purging ya.

      Delete

Sebutkan nama terlebih dahulu, bila ingin mendapatkan respons...thank you.. Tanpa nama akan langsung saya hapus ya......

Note: Only a member of this blog may post a comment.