Halo semua rekan yang tertarik dengan kesehatan kulit, semoga artikelnya berguna... Ditunggu selalu komentar dan inputnya... Khusus untuk intermezzo, adalah pengalaman unik selama praktek yang menurut saya cukup menarik untuk dishare... Happy reading...

Wednesday, March 20, 2013

Holiday time!!!!

Wah udah waktunya liburan nih....
Baru balik hari Minggu (24 Maret 2013) malam ya..
Kayaknya gak bakal sempat buka ipad nih.... 
Jadi jawab pertanyaannya bakal telat ya...

Klo urgent, cepetan berobat ke dokter kulit terdekat yaaaaa...

God bless you all....

46 comments:

  1. Selamat menikmati liburannya dokter susi

    Nama saya fitri 29 tahun.

    Saya ingin tanya mengenai metode tca cross dok.
    Apakah itu hanya cocok untuk bekas jerawat yg cekung (bopeng)?
    Lalu metode apa yang paling bagus untuk bekas luka yg hipertropik scar ya dok.. Seperti sedikit menonjol keluar. Terlihat seperti ada jerawat kecilnya dok, padahal itu bekas jerawat. Terima kasih dokter atas jwbannya

    Gbu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk yang cekung..
      Klo yg hypertrophic, paling bagus dengan suntik triamcinolon acetonide

      Delete
    2. Dok apakah sumtikan tersebut merupakan steroid dok? Dan apakah steroid itu malah menimbulkan jerawat dok? Terima kasih

      Delete
    3. Ya... Gak nimbulin jerawat khan disuntiknya pas di scar

      Delete
  2. Hai dokter susi, saya dwi andini.

    Saya pernah pakai retin a dok, diberikan oleh spkk tapi sepertinya saya tidak cocok dan diberhentikan karena kulit saya luka sampai berdarah dan keropeng.

    Yang ingin saya tanyakan adalah,
    Apakah dgn masalah tersebut saya jadi bahaya ya dok untuk laser fraksional atau co2 untuk menghilangkan bopeng. Pakai retin a saja kulit saya luka dan gak cocok.

    Bagaimana ya pendapat dokter.

    Terima kasih. Gbu dok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak juga sih...cuma persiapan kulit sebelum laser tidak Akan maksimal tanpa tretinoin ya...
      Biasanya coba di lakukan test spot Aja...laser area kecil untuk melihat efektifitas Dan efek samping yg timbul...

      Delete
  3. Halo Dok,
    Perkenalkan nama saya Deni, 22 tahun.
    Saya ingin menanyakan tentang masalah warna kulit.
    Saya terlahir memiliki warna kulit putih. Namun 6-7 tahun yang lalu, ketika saya masih sekolah
    saya terpapar matahari yang cukup banyak dan kurang peduli dengan perawatan kuulit. Alhasil saya
    memiliki farmer tan pada tubuh saya (kulit gelap 5-6 tone pada wajah, leher dan lengan saja).
    1 tahun belakangan saya mencoba untuk merawat diri, hingga bagian lengan saya bisa hampir kembali
    2-3 tone lebih cerah daripada warna kulit asli saya.
    Namun yang menjadi masalah adalah pada bagian wajah dan leher. Warna kulit saya pada bagian tersebut, menurut saya masih terasa gelap 5-4 tone dari kulit
    asli saya yang ada di bagian dada maupun lengan dalam. Saya sudah mencoba menggunakan sunblock physical
    setiap hari dan sun avoidance, berikut perawatan dengan tretinoin, hidroquinon hingga kortikosteroid
    pada waktu-waktu tertentu, namun sepertinya pengembalian warna kulit tidak dapat bekerja maksimal seperti pada lengan saya (yang
    notabene tidak terlalu mendapatkan perawatan macam2). Apakah kulit wajah dan leher saya sudah berada
    pada titik dimana ia tidak bisa kembali putih seperti semula?? Meskipun area tersebut 5-6 tone lebih gelap
    daripada badan saya? apakah mungkin kebiasaan saya bekerja di depan monitor seperti laptop dan ipad mempunyai
    pengaruh dalam hal ini?
    Mohon informasi dan masukkan dari dokter.
    Terima Kasih banyak untuk jawabannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo mau kembali...sinar matahari harus dihindari sekali.. Walau pun pakai sunblok, perlindungan tetap gak bisa maksimal..krn area tersebut gak bisa kamu tutup dgn pakaian khan...
      Gak pengaruh

      Delete
  4. sore dok, saya deni 21 tahun..
    saya perhatikan dekat2 di bagian bibir bawah saya di sebelah kiri dan kanannya terdapat titik2 kecil yang berwarna lebih terang dari warna bibir saya. Kalau saya rasa dengan lidah, kumpulan titik2 ini sedikit agak kasar.

    Titik2 ini baru saya sadari semakin meluas dibandingkan sekitar 5 tahun yang lalu.

    Yang ingin saya tanyakan mengapa hal ini bisa terjadi? apakah ini penyakit atau berbahaya?
    Apakah titik2 kecil itu dapat meluas selama beberapa tahun ke depan ke seluruh bagian bibir bawah saya?
    Bagaimana cara menghilangkan titik2 di bibir saya ini?

    terima kasih banyak dok atas sumbangsihnya dengan memberikan banyak informasi di blog ini..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin fordyce spot... Aman kok...coba browsing apakah mirip ya..

      Delete
    2. sore dok, saya deni lagi yang usah 21 tahun itu
      fordyce spot yang dokter usulkan untuk browsing itu tepat dok dengan yang ada di bibir saya. Apakah ada treatment sehari2 untuk mencegah meluasnya fordyce spot atau bahkan menghilangkannya?

      terima kasih dok sebelumnya atas jawaban dokter
      GBU dok karena sudah membagikan ilmu secara gratis

      Delete
    3. Gak usah diapa-apain.....klo terganggu, boleh laser..pencegahan gak Ada

      Delete
  5. halo dok,
    Nama saya Nensy berumur 18th.
    saya pernah mendengar mitos jika cacar itu datang sekali seumur hidup. Dulu ketika umur saya 7th, mama saya terkena cacar dan tertular kepada saya, tapi pd saat itu saya baru merasakan gejala seperti badan panas & pusing. Waktu mama k SPKK saya jg di periksa dan di berikan parasetamol agar gejalanya hilang. Dan bnar keesokannya saya sembuh & tidak ada cacar yg kluar.
    apakah ada kemungkinan saya kena cacar nantinya? Karena saya ingin mengikuti pendidikan pesiar, dan saya takut saya terkena cacar ketika bekerja nanti, krena klo waktu di kapal kena cacar bisa dipulangkan. Mohon jawabannya ya dok, terimakasih. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masalah gak jelas apakah wkt kecil itu kamu udah kena apa belum.... Coba vaksinasi cacar Aja ya....

      Delete
  6. Halo Dok.
    Saya seorang pria bernama Danbi, usia 22 tahun.
    Saya mau bertanya tentang kulit kelamin saya nih dok.

    Kira2 1 minggu terakhir ini saya berganti sabun, sabun antiseptik gitu.
    Lalu baru 2 hari ini, kulit Mr.P saya dari batang sampai kepala kok kering sekali dan kasar ya dok?
    Tapi tidak gatal dan perih dok. Jika kena air kulitnya tidak kering dan halus kembali dok.
    Setelah beberapa lama, kulit Mr,P saya kembali kering dan kasar lagi.

    Penyebabnya kira2 kenapa ya dok? Lalu pengobatan dan penanggulangannya gimana dok?
    Terakhir juga saya melakukan masturbasi dengan sabun antiseptik tersebut dok.

    Pengaruh dari sabun? Masturbasi? Jamur? Atau ada suatu penyakit kelamin lainnya dok?
    Jika dilembabkan dengan baby oil bagaimana ya dok?

    Saya butuh banget jawaban dari dokter.
    Thanks before ya dok.
    Sukses selalu, GBU :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pengaruh sabun...Jgn pakai antiseptic...bisa terlalu kering, akhirnya cracking Dan luka

      Delete
  7. Malam dok, saya Randy, mau nanya lagi..hehe. Btw apakah penggunaan produk2 erha itu aman bila dikenakan bersamaan dengan produk lain? Semisal saya suka lupa bawa acs bp, dan sebagai penggantinya saya sering memakai sabun muka lain seperti garnier, dsb. Thx dr.Susie yang baik hati :D

    ReplyDelete
  8. halo dok
    nama saya michael 23 tahun.

    saya mau bertanya di kepala kelamin saya timbul bintik warna merah. tetapi bintik tersebut hilang untuk 2 hari ke depan. dan muncul lagi pada saat 1 minggu bsoknya(tetapi di tempat yang berbeda di kepala kelamin saya). bintik merah tersebut hanya muncul 1 bintik atau 2 bintik.

    saya pernah berhubungan intim dengan lawan jenis.tetapi saya memakai kondom terus dok. apa itu ya dok bintik merah tersebut?apakah penyakit pms. tetapi di kepala kelamin saya tidak gatal, tidak nyeri, dan tidak ada luka, ataupun pembengkakan kelenjar getah bening.Mohon bantuan nya dok.thank you dok..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walah bisa macam2.. Herpes bisa juga... Klo hilang sendiri gak usah terlalu kuatir sih...

      Delete
    2. kalo herpes gejala nya gmna dok?kalo bisa dilihat dengan sehari2 se dok..untuk sekrang se gak muncul2 lagi dok...oh iya dok kalo diketiak saya ada kayak seperti kulit kering dan berwarna merah itu apa ya dok?apakah biang keringat, untuk sekrang saya tidak terlalu gatal dok..

      Delete
    3. lenting air, kadang kayak jerawat
      jamur di ketiak

      Delete
  9. hallo dok,,, nama saya mita umur 25 tahun....saya menjadi pasien erha sudah 1 thun,,, pertama kali ke erha dengan keluhan muka beruntusan jerawat kecil kecil dan berminyak... Tpi sampai skrg muka msh beruntusan berkurangx pun sedikit.....
    Kira2 penyebabnya apa ya dok?!

    ReplyDelete
  10. salam hangat dokter
    nama saya meti umur 25 tahun. Mo tanya!!
    Saya sudah 1 tahun perawatan di erha,,, dulu pertama kali datang dgn keluhan kulit muka beruntusan dan berminyak....truz sampai skrg beruntusan belum hilang tpi kulit saya sudah gk berminyak.
    Kira2 penyebab beruntusanx nie karena apa ya dokter... ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin millium... Mesti dikeluarkan...Tanya pasti diagnosis kamu ke dokternya

      Delete
  11. Selamat sore dok dan salam kenal.
    Saya Ayu di Jogja.. Saya mau bertanya dok , saya mempunyai masalah dengan jerawat.. Pertamnya saya hnya menggunakan sabun antiseptik yg dijual bebas . tapi knapa bberapa hari ini jerawat sya smakin banyak namun hanya timbul2 merah dn kecil kecil disputaran pipi kanan dan kiri. Dan sya putuskan untuk mmbawa ke klinik kecantikan . Untuk facial say pilih Bio Acne Light Therapy . Jerawat saya smua dipencet dok . Dan
    setelah itu diolesi lotion jerawat. Yg saya ingin tnyakan . kenapa jerawat yg kmren dipencet ketika besok nya saya bgun tidur knp ada yg bernanah lagi ? Dan apakah aman kalo klinik kecantikan tersebut memencet jerawat . llu apa bopeng atau bekasnya nanti mau hilang? skian dok
    terimakasih hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin infeksi atau meradang...yg penting klo facial, yang boleh dipencet cuma yang bentuknya biji...yg gede gak boleh dipencet yaaaaaa...

      Delete
  12. Selamat pagi dok, nama saya alexandra umur 23 tahun. Saya mau bertanya tentang eksim ketombe, apakah eksim ketombe itu tidak bs sembuh total? Karna dari bangku smp saya mengalami gatal itu, cuma sempet sembuh setelah sma itu terjadi lagi dan ga cm dikepala tp dipunggung dan perut, saya juga diberi obat daivonex sekarang tetapi ketika mengalami beban pikiran pasti akan terasa gatal lagi dok

    Dan apakah itu mengganggu siklus datang bulan jg?karna saya sering telat datang bulan dan bs lebih dari 1bulan saya terlambat.
    Terimakasi sebelumnya dr.Susie

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya...biasanya gak bisa sembuh total... Hrs cari pemicunya...klo pemicu stress, memang repot...:) ..soalnya hidup ini pasti Ada stressnya...
      Biasanya sih gak ngaruh ke siklus menstruasi ya...

      Delete
    2. Waduh dok repot jg ternyata karna pemicunya adalah beban pikiran,meditasi atau yoga itu bisa ngaruh gak sih dok?
      Dari februari sampai sekarang belum datang bulan, apakah itu berbahaya dok?
      Terimakasih dokter :)

      Delete
    3. Dok maaf saya mau bertanya lagi,desember lalu saya tes di lab hasilnya
      TPHA negative
      VDRL negative
      HIV nonreaktive
      Preparat gram ditemukan kuman batang gram negatip dan diplococcus gram dgn latar belakang sel leokosit dan epitel sedikit
      Jamur candoda dam trichomononas ga ditemukan
      Preparat Go ditemukan kuman diplococus gram negatip ekstraselluler dgn latar belakang sel leokosit dan epitel sedikit
      Pap smear : papanicolaou kelas II radang non spesifik
      Itu maksudnya gimana sih dok? Sbnrnya saya sudah nanya ke dokter saya cm beliau bilang ga perlu kuatir

      Delete
    4. Meditasi atau yoga yg menenangkan pikiran mestinya sih membantu...
      Utk menstruasi tak lancer, mesti Tanya ke dokter kandungan ya

      Delete
    5. Diplodocus ditemukan pada gonore... Tapi klo ekstraseluar, biasanya terlihat pada pasien yg sudah minum obat... Coba cek ulang lagi Aja... Klo ekstraseluar, biasanya kuman mati...

      Delete
    6. Kadang saya sudah usaha dok berpikir baik2 saja atau berpositive thinking tp ya kadang susah jg buat tidak terbebani
      Mungkin saya mau coba meditasi semoga bs membantu
      Kalo masalah ke dokter kandungan,mungkin akan saya coba karna saya mulai merasa aneh dengan perut bagian bawah krn rasanya agak nyeri dan membuat saya ingin buang air kecil terus

      Itu saya tes lab lagi dengan tes yg sama kah dok?

      Delete
    7. yup...coba ke dokter kulit dan kelamin ya

      Delete
  13. Halo dok saya Pratiwi umur 19 tahun, saya pasien erha di bandung.saya menggunakan cream erha6+erha9 dan amg1+af 4 atau asg.sudah hampir 2 tahun kombinasinya tidak berubah dan muka saya baik baik saja sampai beberapa bulan terakhir ini jadi timbul jerawat dan lama hilang padahal sudah diberi Al1.apakah jerawat tersebut karena kombinasi obat yang sama terus menerus?dan apa diantara obat tersebut ada yang mengandung steroid?selain itu apa perbedaan af4 dan asg dok?thanks before dok,sukses selalu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. AF 4 efek anti jerawatnya lbh kuat dari asg...krn Ada sulfurnya....
      Apa Bentuk jerawatnya?

      Delete
  14. Yth dokter susi rendra,
    Nama saya arti 30 thn

    Saya punya bekas jerawat di dagu dok, banyak sekali. Bekas jerawat yg menonjol keluar kecil kecil ukurannya. Bentuknya seperti jerawat yg kecil kecil tapi sudah tidak ada nanahnya dok. Hanya daging tumbuh kecil kecil dan banyak.

    Pertanyaan saya. Itu bisa dihilangkan gak ya dok? Dengan suntikan triamcolone, saya baca salah satu artikel dr susi rendra di blog ini dokter mengatakan bahwa bekas luka hipertropik bisa dengan suntikan triamicolone. Perlu berapa sesi suntikan dok, karena agak banyak tonjolannya dan apa efek sampingnya?
    Terima kasih dok. GBU

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya kemungkinan keloid atau scar hipertrofik... Coba berobat Aja ke dokter kulit terdekat utk memastikan kondisi kamu... Suntikan biasanya 2 minggu sekali...hasil bervariasi, biasanya 1-3 Kali suntik sudah Mulai keliatan hasilnya

      Delete
  15. Yth dokter susi
    Terima kasih atas jawabannya.
    Saya masih ingin lanjut bertanya
    1. Apakah dokter bisa melakukan injeksi tsb.

    2. Dokter bisa ditemui praktek dmn dan hari apa?

    3. Apakah jika saya berhenti suntik hipertropik scar itu bisa tumbuh lagi bahkan lebih besar?

    4. Resikonya apa ya dok?

    Terima kasih
    GBU

    ReplyDelete
    Replies
    1. RSPI Puri Indah, telp 25 695 222, langsung kontak sendiri aja ya
      suntikan hanya mengempiskan..gak menghilangkan

      Delete
    2. Thank u dokter untuk jadwal prakteknya

      Berarti hipertropic scar setelah berhenti suntik dapat membesar lagi ya dok?

      Delete
    3. gak kok...biasanya bisa tetap flat...walaupun ada yg kemudian menebal lagi

      Delete
  16. selaamat malam dok, nama saya rachman 18thn jakarta. mau bertanya tentang seputar benjolan pada alat kelamin di thread apa? atau disini boleh? terimakasih

    ReplyDelete

Sebutkan nama terlebih dahulu, bila ingin mendapatkan respons...thank you.. Tanpa nama akan langsung saya hapus ya......

Note: Only a member of this blog may post a comment.