Halo semua rekan yang tertarik dengan kesehatan kulit, semoga artikelnya berguna... Ditunggu selalu komentar dan inputnya... Khusus untuk intermezzo, adalah pengalaman unik selama praktek yang menurut saya cukup menarik untuk dishare... Happy reading...

Tuesday, March 12, 2013

Kalo urgent, segera berobat dulu ya!!

Beberapa kali saya perhatikan, banyak penanya yang mengirim pertanyaan yang sama berhari-hari atau berkali-kali.... Moron sabar yaaaaaa....

Kegiatan saya sangat banyak.... Jadi hampir tidak mungkin menjawab setiap hari...apalagi semakin hari pertanyaan semakin banyak.... Berikan waktu 3-5 hari untuk menjawab pertanyaan kamu semua....

Untuk yang urgent, atau buru-buru, atau merasa was-was dengan kondisinya, sebaiknya segera berobat ke dokter kulit dan kelamin terdekat dahulu ya..... Untuk mendapatkan pertolongan dengan segera dan tepat....

Terus tolong diingat, saya tidak akan menerima konsultasi melalui foto, email maupun FB ya.... Maaf ya....

God bless you all!

30 comments:

  1. Hi Dok, salam kenal saya Nanda. Blom lama ini saya berobat sama bu dokter di untuk disihidrotik (ditangan dan kaki)& dikasih Urbason (untuk 5 hari) & Pantazol (karena saya ada maag) plus salep. Disihidrotiknya sempat hilang beberapa saat (bintil2 ditangan mengering). Tapi beberapa hari sesudah obatnya habis, bintilnya muncul lagi dok.Kira-kira kenapa ya dok kok bisa muncul lagi, padahal sudah sempat hilang. Mohon infonya ya Dok. Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Paling sering krn penyebab masih Ada. Penyebab bisa infeksi maupun alergi... Biasanya klo berulang perlu cek lab.

      Delete
  2. Hallo Dok,

    Nama saya Alex Liew (23thn), saya memiliki scar dimuka dari bayi (+3cm). Any recommendation dok untuk jenis laser & klinik khusus utk pria yg recommended (Jkt area) ??

    *FYI kulit saya normal & tdk berjerawat.

    Thx dok, GBU.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mesti dicek tipe scarnya... Coba ke dokter kulit dulu untuk mengetahui pasti option treatmentnya

      Delete
  3. Hai Dok,

    Saya Rendy pria 23 thn, mmpunyai keluhan gatal yang teramat sangat di selangkangan sudah sekitar 5 bulan lalu. Ada tips nya untuk berobat ke dokter kulit ? karena saya malu dok.Bagaimana akibat jangka panjang jika tidak diobati ?
    Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba cari dokter kulit yang laki-laki supaya gak malu...mungkin jamur...coba Aja pake obat jamur yang dijual bebas dahulu ya

      Delete
  4. Yth, dokter susi,
    Nama saya intan. saya mempunyai masalah dengan lubang bekas jerawat atau bopeng. Ada hipertropik scar dan juga ada atropic scar juga dokter. Yang ingin saya tanyakan adalah,
    1. apakah setiap tindakan laser co2/fraksional/erbium yag yg ablatif pasien diharuskan memakai tretinoin dulu dalam dosis yang cukup tinggi?
    2. Apa bedanya laser co2/fraksional/erbium yag yang ablatif ya dok? Mana yang paling bagus untuk pigmen kulit asia dan yang tidak terlalu ablatif
    3. Apa saja resiko/ efek samping dari kegagalan tindakan laser tsb. Dan bagaimana pencegahannya.
    4. Apakah dokter melakukan tindakan tsb.

    Maaf pertanyaannya awam sekali.
    Sebelum dan seaudahnya saya ucapkan terima kasih.

    Intan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebaiknya pakai tretinoin...dosis yang paling kecil 0.025% juga boleh kok..
      Hasil berivariasi..tergantung baca dimana... hehehehe
      Biasanya efek samping yang paling mungkin adalah hiperpigmentasi...pencegahannya ya dengan priming menggunakan tretinoin dan hidrokuinon sebelumnya...
      Di erha sekarang pakai smartxide dan fraxel...dua2nya pakai sistem fractional

      Delete
  5. malam dok, nama saya frans 21 thn, belum pernah berhubungan sex.
    saya mau tanya, dulu ketika saya sering melakukan masturbasi dan kadang setelahnya muncul keinginan kencing terus menerus disertai dengan sakit ketika kencing (mungkin di bagian prostat) yang berlangsung sekitar 30 menit lalu normal kembali.

    yang ingin saya tanyakan apakah ini adalah penyakit? sekarang saya sudah jarang melakukan masturbasi (sekitar 10 hari sekali) dan sudah sangat jarang merasa sakit seperti dulu setelah masturbasi.

    terima kasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hal ini sebaiknya ditanyakan ke bagian urolog ya...

      Delete
  6. terima kasih banyak Dokter atas tanggapannya..

    Ada hal lain yang ingin saya tanyakan, saya belum di sunat dan beberapa minggu belakangan saya memutuskan untuk membuat kepala penis saya tidak tertutup kulup setiap saat dengan menarik kulit kulup. Hal tersebut berhasil karena kulit tertahan oleh bagian belakang kepala penis yang cukup besar.

    Yang ingin saya tanyakan mengapa bagian belakang kepala penis saya sering terasa gatal (apa mungkin terkena rambut kelamin)? sebelum saya membuka kepala penis setiap waktu saya selalu menjaga kebersihan dan kesehatan kelamin terutama ketika mandi.

    Apakah bintil2 kecil dibelakang kepala penis itu adalah hal yang normal?
    Pertanyaan terakhir, bagaimana dok caranya menghilangkan keratosis pilaris di bagian lengan atas? biasa di daerah tersebut bulu2 halus tangan saya mudah rontok ketika dicabut.

    terima kasih banyak dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tolong reply di jawaban sebelumnya. Jgn buat baru..jadi gak ketauan kamu siapa...
      Ini namanya pearly penile papule... Normal gak perlu terapi
      Keratosis pilaris gak bisa hilang permanen..yg penting rajin pake pelembab

      Delete
  7. Yth. Dokter yang baik,
    Saya Evi wanita berkerudung umur 27 tahun sejak umur 18 sudah berketombe, tapi dulu hanya ringan saja cukup keramas hilang sampai berhari-hari, sekarang semakin parah, baru keramas sudah gatal lagi, terus ketombenya sudah meluas ke kuping dan kadang alis, padahal pake samphoo ketombe sudah coba yang mengandung zinc, selenium, dan terakhir ketomed, treatment apa lagi ya dok agar mengurangi ketombenya? Saya memang ada kebiasaan buruk yaitu tanpa sadar tiap gatal di garuk keras jadi sekarang banyak bekas luka di kepala dan sekitar kuping. Terima Kasih sebelumnya atas jawabannya dokter.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu eksim ketombe... Lebih parah dri ketombe biasa.. Nama ilmiah seborrhoeic dermatitis..
      Berobat Aja ke dokter terdekat ya..biasa perlu obat minum

      Delete
  8. pagi dok, keluhan saya sama seperti di atas, gatal di selangkangan.
    dan setelah saya cari tau apa nama penyakitnya di internet, ternyata itu penyakit tinea cruisis.
    kalo boleh tau, obat yang di jual di apotik untuk mengobati tinea cruisis apa ya dok ?
    trims...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Penyakit jamur...coba Aja krim anti jamur yang dijual bebas dulu ya..

      Delete
  9. Dok, nama saya andi, saya kan udah pake vitacid slama kurleb 2 bulan, jadinya flek bekas jerawatnya banyak, saya udah pakein hydroquinon 2% tp gak terlalu ngefek, kalo saya pakein yg 4% boleh dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh Aja... Tapi kalo gak Ada kemajuan, segera berobat Aja ya Biar Lebih cepat membaik...

      Delete
    2. oke dok, kalau dipake seluruh muka bisa dok? jadi saya tumpuk pake vitacid? ohiya dok kaka saya kan pasien erha cimanuk, dia dikasih resep cc25, katanya sih buat flek hitam, apa saya boleh pake itu? atau harus konsul dulu ya dok

      Makasih

      Delete
    3. Boleh tumpuk... Paling bagus sih konsultasi dulu..khan kondisi kamu belum tentu sama dgn Kakak kamu

      Delete
    4. oke dok, ntar sy mau coba konsul, tapi kalo misal saya dikasih resep, ga semua harus di tebus kan dok?

      Delete
    5. Maksudnya apa sih ya? Coba langsung Tanya ke dokternya Aja dech...

      Delete
  10. Salam kenal dokter cantik.
    Perkenalkan nama sy rhere .
    Dokter saya telah 5 tahun menderita jerawatan ini dok.saya gk tau kenapa jerawat ni betah bgt di wajah saya.
    Saya sudah pernah perawatan di skin care natasha tp tak ad hasil malah semakin byk.kin saya gk cck dg creamnya.lalu sya berusaha lg.kebetulan saya pnya tmn seorg dok umum ktya suntik vit c 1 mgu sekali.tp bila saya hentikan slma 1bln wajah saya mekar jrwtnya.wow...
    Akhirnya sy cb gooogle akhirnya sy ketemu dg tretinoin dan sunblock parasol ktya ampuh tp ud 1 thn sya pake vitacid 0.1.masi tetep jrwtnya bertahan.sampe makanaan pun saya jaga.dokter sya mohon solusinya yah....
    Terimakasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba berobatnya ke dokter kulit Dan kelamin ya.... Biasanya sih klo lagi jerawatan parah malah gak dikasih tretinoin Dan sunblok.. Di tunda dulu... Yg penting beres in jerawat dulu, biasa dgn antibiotic Dan obat jerawat lainnya...

      Delete
  11. Malem dok, saya eggy, dok saya mau coba azelaic acid 20% utk jerawat saya, itu dipakenya pagi/malam ya dok? kebetulan saya malam pake vitacid juga, aza 20 itu katanya bisa buat mutihin muka ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pagi boleh, malam juga boleh...bisa mutihin...tapi coba aplikasi 1x Dulu dlm sehari..sering iritasi

      Delete
    2. dok saya eggy, kalo untuk azelaic acid dipakenya di tmpt yg berjerawat atau boleh seluruh wajah?
      makasih

      Delete
    3. Boleh seluruh wajah...klo iritasi, stop ya

      Delete
    4. kalo dipake malem berbarengan dengan vitacid bisa ga ya dok? udah coba beberapa hari, gak ada iritasi

      Delete

Sebutkan nama terlebih dahulu, bila ingin mendapatkan respons...thank you.. Tanpa nama akan langsung saya hapus ya......

Note: Only a member of this blog may post a comment.