Halo semua rekan yang tertarik dengan kesehatan kulit, semoga artikelnya berguna... Ditunggu selalu komentar dan inputnya... Khusus untuk intermezzo, adalah pengalaman unik selama praktek yang menurut saya cukup menarik untuk dishare... Happy reading...

Tuesday, April 16, 2013

Tolong donk, direply aja.....!!

Untuk semua teman yang bertanya untuk masalah yang sama, tolong ya direply di bawah jawaban saya, supaya semua tanya jawabnya nyambung....Jangan buat komentar baru ya!
Sangat menyusahkan saya, jadi maaf saja akan saya delete.....

79 comments:

  1. hai dok saya vina, dok saya mau tanya , kebetulan beberapa bulan akhir ini saya mengalami keputihan, tapi keputihan nya tidak wajar karena banyak , terkadang disertai gatal dan ada selaput2 berwarna putih gading seperti keju, kira2 itu knp ya dok? mohon solusin nya terima kasih. apa bisa merupakan gejala2 penyakit yg berbahaya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan besar sih keputihan karena jamur candida
      ke dokter kulit ya biar pasti

      Delete
    2. Dok mau tanya ag2 sama af2 sama nga?
      Soalnya kmaren ini saya dikasi ag2 n sempet konsul dkasi af2
      Karna saya ingat sama2 ada 2 jadi saya ttap pakai.

      Apakah tidak apa2?
      Terima kasih

      Delete
  2. Dokter susi yth. Saya ina. Dok bahas ttg tca accros dok, dokter susi melakukan tindakan tersebut atau tidak? Bagusan mana dok dgn laser untuk bopeng dan lebih beresiko menambah scar atau tidak? Terima kasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya...tapi saya cuma sedia TCA 50%... Bisa dicoba..lebih murah dari laser...terutama utk ice pick scar

      Delete
    2. Terima kasih dok atas jawabannya
      Dokter praktek selain di puri dimana lagi ya?

      Dok saya mau tanya lagi, betul gak kalau suntik mengempiskan keloid di muka pakai triamcolon, bisa berakibat bopeng?

      Delete
    3. Yg bisa TCA cuma di puri..
      Gak bopeng, krn saat Mulai rata, hrs di hentikan penyuntikannya...

      Delete
  3. Hai Dok, nama saya Indry pengguna Erha Balikpapan. skrg yg ditangani masih masalah bekas jerawat yang merah dengan krim AF2. dan saya jg mengalami sedikit bruntusan kecil2 diwajah dok, terasa jika dipegang tapi kalau dilihat tidak terlalu kelihatan. itu bagaimana cara menghilangkannya dok agar terlihat rata dengan kulit lainnya, apakah bisa hilang ? dan kalau bisa, hilangnya hanya memakai krim khusus atau melakukan tindakan? terimaksih dok :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mesti jelas dulu itu apa... Klo millium sebaiknya dikeluarkan...

      Delete
  4. Nha 20thn
    Hai dok.?
    Saya Mw Tanya,
    sya pke tretinoin untuk pngobatan Jrawat,udh sekitar 3 bulan,tpi sya Sm sekali ga mngalami reaksi kemerahan ato pengelupasan,
    ap ini tandanya cocok ato tidak?
    Sya pake kadar 0;025 2bulan,stu bulan ini pke yg 0,05.trmakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lha jerawatnya mendingan gak? Gak perlu mesti merah mengelupas khan? Yg penting jerawat membaik kah?

      Delete
    2. Jerawatnya membaik,
      tinggal bekasnya,,v kult wajah saya jadi sangat berminyak dan kusam,,pdhal di siang hari sy pake sunblock spf 30.
      Bgaimna ea dok agar kulit tdak trlalu brminyak?krna sblumnya minyakny tak separah ini

      Delete
    3. Bisa dicoba dgn toner yg mengandung alcohol utk ngurangin minyak..

      Delete
  5. millium itu seperti apa ya dok? terus maksudnya dikeluarin itu bagaimana ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Closed comedones atau white heads...bintik putih keras gak Ada matanya..

      Delete
    2. dok, ternyata benar diwajah saya terdapat beberapa milia. tp sebagian dihidung dan disekitarnya ada bruntusan kecil2 bgt, ada yg berisi dan ada yg tdk berisi hanya bruntus saja, difacial ttp muncul kmbali dok. bagaimna sih dok cara agar wajah saya rata dgn kulit sekitarnya (tdk bruntusan apapun bentuknya) ? skrg saya masih diberi krim bekas jerawat. dan apakah nnti suatu saat wajah saya pasti berubah mulus atau msh timbul lagi ? trmaksih dok :)

      Delete
    3. Coba kamu tanyakan langsung ke dokter erha Balikpapan...krn beliau yg langsung liat muka kamu..

      Delete
  6. Halo dok..
    Nama saya andy umurbsaya 23 tahun..
    Saya sedang mengalami masalah jerawat yg cukup parah ni dok dan saya sudah memakai vitacid selama 8 bulan..
    Nah yg saya mau tanyakan boleh ga memakai vitacid dalam jangka waktu lama?
    Dan saya rencana mau memakai sabun muka yg mengandung salicylic acid dan memakai vitacid boleh ga dok?
    Tolong d bantu ya dok..thx..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh...aman....Masalahnya sembuh gak jerawatnya?

      Delete
  7. dok nama saya fandi, usia 31 tahun ada 2 pertanyaan yg ingin saya ajukan seputar kulit dan kelamin .
    1. saya sebelumnya kaget melihat ada banyak bentol2 merah kehitaman di kulit scrotum saya , nah dokter yg memeriksa mengatakan itu angiokeratoma , bukan sesuatu yg berbahaya . apakah benar itu dok ?? soalnya dokter yg memeriksa saya tersebut kurang informatif terkesan buru2 karena banyak pasien.
    2. masih di dokter yg sama , saya sudah berobat 6 bulan terakhir ini saya memiliki keluhan komedo yg banyak di hidung serta pori2 yg besar, nah saya diberi krim yg selalu sama isinya retinol (malam hari) serta glicolic acid lotion 5% di pagi hari serta sunblock. tetapi kok jadi banget ya dok.. bahkan saya lihat dahi saya jadi agak berkerut apalagi setelah memakai sabun wajah kering sekali.
    untuk keluhan no,1 saya tidak diberi obat apa2 , karena saat itu lagi rame , dokter myakinkan saya kalau itu bukan sesuatu yg berbahaya (angiokeratoma tadi),
    thx atas jawaban dokter

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kemungkinan angiokeratoma...gak bahaya kok..gak perlu ditreatment..
      Untuk muka sih mestinya gak kering ya..klo tetap kering, coba Tanya ke dokter kamu apakah bisa tambah moisturizer...

      Delete
  8. Halo dok, Nama saya azah umur 15 .

    saya punya masalah sama kulit, bisa dibilang sayapunya penyakit prurigo, syukurlah bintil" nya udag agak jarang. tapi bekasnya ini dok yg menjadi masalah . jadi gimana caranya buat menghilangkan bekas luka bintil" itu ... prurigo saya ga parah . cuma bekasnya menyebar di tangan dan di kaki
    mohon bantu . terimakasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai pemutih ringan bisa kok... Misalnya hidrokuinon 2 % yg dijual bebas...terus jgn lupa pelembab Biar gak kering

      Delete
  9. mlm dok.saya mau tanya,di dekat (ma'af) lobang anus saya ada benjolan aga memanjang kalo di pencet di dalam nya kaya ada isi nya gitu,itu terjadi sejak saya kelas 2 sd dan sekarang usia saya 30 tahun.kadang kalo bengkak terasa sakit.kira2 itu penyakit apa..? terimakasih sebalum mya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin fistula perianal... Coba ke dokter ya

      Delete
  10. Sore dok, nama saya Refani, saya udh pake vitacid 0.05% selama 3bulan lebih, jerawat saya udah mulai membaik, tapi ada satu bekas jerawat yang bentuknya seperti jerawat, setiap hari saya oles mediklin gak kempes juga, harus diapain ya dok?
    Terimakasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mesti jelas itu apa...klo bener jerawat banded, bisa coba suntik

      Delete
  11. Hi dok ini Cori, sy pasien baru dokter Susie, kemarin jerawat merah kecil2 di pipi ada isinya, komedoan. Dok kasi saya siang Acne Moisturizer 2, Acne Moisturizer 3, malam Erymed dan AG, cuci muka ACSBP, Uda seminggu jerawat yg lama baekan si dok sama dibantu facial, tp kok masi ada keluar kecil2 yg baru ya. Gara2 apa ya? apa ada obatnya ga cocok atau purging? AG itu obat apa ya? thank u

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngobatin jerawat perlu waktu 3-6 bulan ya...semua obatnya buat mengobati jerawat Dari luar...klo mau yg sangat efektif, harus minum isotretinoin...

      Delete
    2. malam dokter Susie, dengan Setiawan, saya ingin bertanya ttg apa bedanya ya dok krim ECC dan krim CC dari Erha Clinic, apakah hanya beda ada tidaknya pemutih ? atau ada bahan aktif lain yg beda ya dok ? saya agak penasaran dengan isi ECC, soalnya sbelumny pernah dapat krim itu, selalu CC, dan ini diganti ECC karena saya tidak mau putih ...

      terima kasih sebelumnya

      Delete
    3. Malam dok, dengan Setiawan...

      ECC-1 dok, itu bahan aktifnya apa ya dokter ? kalau dari bau nya mirip kayak AMG-1 tapi teksturnya lebih encer, bole tau gak dok isinya apa ... tks sblmnya

      Delete
    4. Azelaic acid dgn poly hydroxy acid

      Delete
  12. Halo dokter, saya Dede 21 tahun, pasien erha clinic surabaya. Saya mau tanya dok, setelah office peeling salah 1 hal yg harus di perhatikan adalah "jangan berkeringat berlebih". Apa setelah chemical peeling (sehari ato dua hari) itu gg boleh olahraga dok? Mengingat aktifitas olahraga saya yg sgt rutin sekali :( (5x seminggu). Apa kalo berkeringat berlebih gitu efek nya bakal menurun dok? Mohon dijawab ya dok :) GBU

    ReplyDelete
    Replies
    1. Takut ya klo olahraga, jadi panas Dan berkeringat..terus gatal...wah bisa runyam... :)

      Delete
  13. Halo dokter Susi, salam kenal. Nama saya Hellen. Sudah 2 hari ini saya mengalami gatal2 di lengan tangan kiri. Dan saya jg merasakan ada benjolan di ketiak kanan. Apakah gatal2 dan benjolan itu ada hubungannya dok? Sy pernah mmbaca artikel internet, berdasarkan gejala yg saya alami, itu trmasuk klenjar getah bening. Apa itu bener dok? Mohon infonya. Terimakasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo gatal2nya menjadi infeksi krn kamu garuk...bisa Ada berhubungan dengan kelenjar membesar di ketiak...

      Delete
  14. selamat pagi dokter, saya rio ingin bertanya. pada 17 april yang lalu raya ke lokalisasi kemudian di onani oleh cewek yang ada di situ, kemudian saya meraba raba tubuhnya. apakah ini beresiko hiv? tolong bantuannya dok saya benar2 takut. terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oral sex bisa menularkan HIV... Klo raba Aja sih ngak....

      Delete
    2. Malem dok...Saya Andi 23 tahun..kalo saya sudah di test VDRL dan TPHA negative, apakah ada penyakit PMS yang lain saya bisa terkena ya dok?terima kasih...

      Delete
    3. Lah tergantung risiko kamu..klo kamu pengaruh sex bebas..bisa Ada kena herpes, HIV, dll..

      Delete
    4. berarti VDRL ama TPHA itu hanya untuk penyakit sipilis ya dok?untuk yang lain tidak terdeteksi dengan hanya test itu ya dok?

      Delete
  15. Halo..selamat pagi Dok...saya Alex, 28 tahun tidak bersunat..saya mempunyai masalah dengan sebagian kulit (maaf) kulup yang menyatu dengan kepalanya, apa yang seharusnya saya lakukan tanpa mengurangi nilai estetisnya?...terima kasih atas saran dan jawabannya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mestinya sirkumsisi yg paling baik...cuma sebaiknya konsultasi Aja ke dokter urolog/ kulit spy pasti

      Delete
  16. Hi dr. Susie, saya Jenny umur 23th dan belum menikah. Saya punya beberapa pertanyaan:
    1. Kadang di daerah vagina saya suka timbul bisul/jerawat ketika menjelang menstruasi/setelah mens, apakah ini normal? Kira2 penyebabnya apa ya dok, apakah pengaruh hormonal?
    2. Di daerah labia minora, tepatnya di lipatan bagian atas klitoris dekat daerah tumbuhnya rambut (bukan di klitorisnya) ada 1 bintil/bentol kecil yg hilang timbul tapi di tempat yg sama,tdk bertambah byk,warnanya sama dengan warna kulit sekitar, tdk gatal maupun sakit. Hanya kalau diraba seperti ada isinya (seperti jerawat batu di telinga yg belum ada matanya). Menurut dokter itu apa ya? Apakah berbahaya?
    Untuk informasi tambahan sy secara teratur mencukur sendiri rambut kemaluan, apakah itu berpengaruh?
    Dan kalau mau periksa, saran dr.Susie lebih baik saya periksa kemana/perlu tes apa ya? Krn sebelumnya saya pernah konsul ke dokter obgyn 1x, tp jwban beliau kurang jelas.
    Maaf agak panjang dok & Thanks before atas kesediaan dokter untuk menjawab + solusinya. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yg penting sudah pernah berhubungan seksual blom? Herpes bisa, molluscum bisa, bisul biasa juga bisa...pd mereka yg sering cukup, bisa terjadi ingrowing hair

      Delete
    2. saya juga begini dok , tapi saya masih gadis ,
      sering timbul kaya bisul tiap selesai menstruasi ,
      itu wajar atau gimana ya dok ?

      Delete
    3. Bisa Aja... Terutama klo sering cukur...

      Delete
  17. dok nama saya budi, 30 tahun,
    saya sudah berobat ke dokter kulit di daerah saya, wajah saya berjerawat, berkomedo dan ada beberapa bekas jerawat, satu bulan perawatan jerawat saya sudah membaik dan tinggal bekas2nya saja, namun komedo masih ada, tetapi sudah cukup terkontrol.
    dokter memberi saya krem malam yg katanya isinya retin, Hq, dan krem AHA untuk pagi, juga sunblock dan sabun wajah.
    nah krem malam saya sudah berubah warna jadi kecoklatan, padahal sudah saya simpan di kulkas sesuai instruksi, dokter saya tsb sedang cuti melahirkan. jadi saya belum konsultasi lagi. nah kira2 krim yg sudah berubah warna (krim malam) nya tersebut apakah masih boleh dipakai dok mengingat masih ada seperempat jar lebih.?
    terima kasih atas jawabannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah gak boleh dipakai..walau pun di kulkas, paling tahan 1-1.5 bulan klo mengandung hidrokuinon

      Delete
  18. Halo dok..nama saya budi..
    Lngsng aja ni dok..saya kan sedang memakai vitacid..
    Nah saya ingin coba memakai sabun jf sulfur dok..kira2 boleh ga dok?
    Dan untuk pengobatan menggunakan vitacid kira2 brp lama ya dok?
    Gpp kan kalau di pake dlm jangka panjang?
    Thx ya dok tolong d bantu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh... Gak Ada batasan waktu, aman kok

      Delete
    2. Trus kalau mau hilangin bekas jerawatnya...bagusnya pake obat apa ya dok?
      Untuk bekas bopengnya hilanginnya cmn bisa di treatment ya dok?
      Thx ya dok dah mw bantu jwb....

      Delete
    3. Coba dulu Aja vitacidnya... Biasanya lumayan utk bekas hitam

      Delete
  19. Halo Buk Dokter,
    Saya Indra, 30 tahun. seminggu yang lalu, 24 may 2013 saya berhubungan badan dengan seorang wanita. Keesokan harinya, saya memperhatikan ada luka terbuka di alat kelamin saya (kepala), bagian bawah. Sampai saat ini luka tersebut masih ada. Untuk gejala, saya tidak merasakan nyeri saat kencing, panas ataupun gejala lainnya. Semuanya masih normal.

    Saat ini saya berada di timur tengah, dan belum ke dokter. Saya ingin menanyakan kepada bu Dokter mengenai permasalahan saya tersebut, apakah luka tersebut merupakan salah satu jenis penyakit kelamin yg umum terjadi ( sipilis, herpes, gonorhoea )??

    Saat ini saya baru saja mengkonsumsi obat acyclovir dan cefixime. Mohon masukannya bu Dokter.
    Terima kasih banyak..

    God bless you

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo langsung muncul 1 hari kemudian, biasanya sih bukan sifilis ya... Herpes masih mungkin, tapi biasanya Ada nyeri... Bisa Aja akibat gesekan yg berlebihan khan..

      Delete
  20. dok, saya andi saya ada melanox forte sudah 2 bln lebih dibuka, tdk disimpan di kulkas, warna tdk berubah, apa masih bisa dipakai? terimakaih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa...selama blom berubah warna Dan masih blom expired

      Delete
  21. Halo dok nama saya iwan..
    Saya saat ini sedang memakai vitacid..
    Nah saya sekarang ingin coba pakai sabun mujabjf sulfur dok..kira2 boleh ga dok?
    Biasa kalau pakai vitacid biasa brp lama dok?
    Boleh tudak jika d pakai dlm jangka waktu lama?
    Thx ya dok tolong di bantu...

    ReplyDelete
  22. Halo dok, saya made 26th belum sunat, di leher penis saya tepatnya di bawah kepala penis sebelah kanan ada ruam merah disertai bintik hitam ditengahnya, kulitnya terlihat agak tipis dibandingkan sekitarnya tp tidak sakit dan tidak gatal. Pas diperhatikan ternyata ruamnya terus membesar dan ini sudah terjadi sekitar 7th. Itu penyakitnya apa ya dok? Penyebab dan pengobatanya bagaimana? Apakah menular? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf ya Made...saya gak bisa bayangin...coba ke dokter kulit terdekat ya...coba browsing lentigo

      Delete
  23. halo dok sy cecil, sy pasien erha.mau tanya sy ada problem dgb jerawat dan skrg jerawat sdh membaik sisa bekas2 nya sj..cm sy disuruh kontrol bulan depan n masih dgn obat yg sama..apa sy perlu untuk laser apy menghilangkan bekas jerawat secara cepat atau cukuo pakai krim saja? umur sy 19thn.thx dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung jenis bekasnya ya... Langsung tanyakan dokter kamu... Klo merah bisa dilaser vbeam....

      Delete
  24. Halo dokter Susie. Saya Dilla 18th.
    Begini nih dok. Di muka saya kan ada banyak bekas jerawat. Nah, baru 2 minggu ini saya pakai vitaquin karena dianjurkan oleh teman ibu saya.
    Sebelumnya saya sudah tes iritasi yang pemakaian 24 jam itu dok, dan gak terjadi iritasi apa-apa. Saya pake vitaquinnya juga udah berdasar aturan.
    Tapi, mulai dua hari yang lalu bagian muka yang diolesi vitaquin memerah dok.
    Ada solusi gak dok untuk muka saya yang memerah? Pemakaian vitaquinnya lebih baik dihentikan atau diteruskan saja?
    Tolong bantuannya ya dok. Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemerahan karena iritasi atau gak kuat pake krim biasanya bisa Aja baru terjadi dalam 3-7 hari kemudian... Coba stop dulu, klo dicoba lagi masih merah, coba ke dokter Aja ya

      Delete
  25. hai dr susie yang baik, perkenalkan nama saya lydia, saya salut loh sama dokter, ditengah kesibukannya masih punya waktu untuk menjawab pertanyaan2 di website ini. o iya, saya mau ikutan nanya bileh ya dok :
    1. saya memiliki syringoma dan milia. dan saya ingin laser co2. berapa lama penyembuhan untuk laser syringoma dan milia ini? dan berapa kali lasernya? kemungkinan balik untuk syringoma biasanya dalam hitungan tahun atau bulan ya dok?
    2. saya punya flek yang disebabkan HPI, apakah laser pigmen efektif? dan apakah flek saya ini bisa hilang dalam sekali laser? o iya fleknya ada di tulang pipi kiri dan kanan.
    3. ini cm pertanyaan oot ya dok, dokter ini yg praktek di klinik permata tendean juga bukan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya gak suka laser syringoma, Soalnya hasilnya biasanya kurang oke...bekas kurang bagus Dan sering banget kambuh lagi... Klo milia boleh Aja laser, penyembuhan 1 mingguan
      Laser pigment bisa dicoba, tapi biasanya perlu beberapa kali sesi
      Bukan, yg di klinik permata itu dr susiani Wong...

      Delete
  26. o iya dok, satu lagi kelupaan, kalau saya pakai serum misal merek clarins atau yg lain, apakah saya boleh memakai beberapa serum dalam sekali pakai?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh Aja... Tapi klo muncul reaksi yang gak diinginkan ya hrs di stop yaa..

      Delete
  27. halo dok , kenalin nama saya kiki maylan , saya 18 taun , saya jerawatan dok , awalnya jerawat biasa trus ak pake jf sulfur makin meradang dok (pemakaian jf sulfurnya kemaren terlalu sering)
    sekarang pori pori saya sepertinya tersumbat dok , karna banyak sekali blackhead dimuka saya seperti beruntusan .
    gimana ya dok nanganinnya , kulit saya kering .
    kemaren saya k apotek mau beli benzolac tapi karna lagi kosong saya dikasih obat jerawat pimplex dok ,
    mohon pencerahannya dok T.T
    saya susah cocok pake facial wash dok , jadi cuci muka pake air saja ,
    makasi sebelumnya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin alergi sulfur... Klo blackhead banyak, facial Aja..asal di tempat yg bener spy gak tambah radang... Klo udh ngobatin sendiri gak berhasil, mendingan berobat ya

      Delete
  28. Malam dok..saya lilis 21th..saya pnya mslah dg rambut..rambut saya rontok smpai hampir botak di ubun2..memang tdk sampai 100 helai per hari,tapi efeknya parah..5 thn lalu saya pindah ke jkta,dan disitu rambut saya mulai tipis smpai skrg..saya ga otak atik rmbt saya dgn hairdryer,pewarna,catokan,dll..saya jg jarang gnti shampoo..dulu rmbut saya tebel+pnjang..apa pnyebabnya ya dok?bisa tebal lg kan rmbut saya?makasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. Penyebab bisa macam2... Terutama stress..klo lagi rontok, rambutnya mesti pendek ya

      Delete
  29. Hallo dr. Susie, saya Desy umur 23th dan sudah pernah berhubungan. Saya punya beberapa pertanyaan:
    1. Di daerah labia manora saya suka timbul bisul/jerawat ketika menjelang menstruasi/setelah mens dan terasa gatal, jika diperhatikan seperti ada isinya dok tapi ga ada matanya, apakah ini normal? Kira2 penyebabnya apa ya dok, apakah pengaruh hormonal atau imun saya?
    2. Di daerah maaf (bokong), ada timbul bintil (semacam kutil & menyebar),warnanya merah muda seperti daging, tdk gatal maupun sakit. Menurut dokter itu apa ya? Apakah berbahaya?
    dan sebelumnya saya pernah berkonsultasi dgn Dr.Spkk hanya saja informasi yang diberikan kurang jelas dan sudah dilakukan pengangkatan dengan listrik (saya lupa namanya) hanya saja saya rasa belum maksimal dok, karna di daerah sekitar maaf (anus) jika diperhatikan seperti ada bintil.
    Satu lagi dok, dr informasi yang saya dapat dr dokter yang bersangkutan dia hanya bilang itu virus dan menganjurkan saya untuk suntik HPV sebelum menikah
    Menurut Dr.Susie lebih baik saya periksa lagi/perlu tes apa ya?
    Maaf agak panjang dok dan terima kasih atas kesediaan dokter untuk menjawab & solusinya. ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mo.luscum contagiosum juga bisa yg di bokong.. Bisul biasa masih mungkin yg mirip jerawat... Cari second opinion Aja klo ragu

      Delete

Sebutkan nama terlebih dahulu, bila ingin mendapatkan respons...thank you.. Tanpa nama akan langsung saya hapus ya......

Note: Only a member of this blog may post a comment.